Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 219922 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Indira Julisha
"ABSTRAK
Terdapat berbagai strategi promosi dan pemasaran yang dilakukan melalui film untuk menarik minat penonton terhadap suatu lokasi wisata. Salah satu yang menjadi orientasi dari strategi promosi adalah dengan memerhatikan 3 (tiga) faktor penarik film-induced tourism, yaitu 3P (Place, Personality, dan Performance) dalam film. Perfilman mancanegara telah mempertimbangkan ketiga aspek dengan baik, di mana pembuat film telah menggambarkan lokasi wisata secara maksimal ditambah dengan penggunaan off-locations yang mulai banyak digunakan oleh beberapa film, pembangunan karakterisasi atau penokohan yang kuat telah didukung oleh penggunaan nama-nama aktor dan aktris yang dikenal oleh masyarakat dunia, serta genre yang mampu mewujudkan film-induced tourism sangat bervariasi. Perfilman mancanegara mampu menarik calon wisatawan meskipun film-filmnya hanya menonjolkan satu atau dua faktor penarik saja. Berbeda dengan perfilman Indonesia, nampaknya para pembuat film masih mengandalkan aspek Place dengan menggambarkan seputar keindahan alam suatu lokasi saja, sementara popularitas para pemain film hanya dikenal oleh penonton dalam negeri dan genre yang mampu menarik minat wisatawan masih didominasi oleh film bergenre drama. Film-film Indonesia masih perlu meningkatkan aspek Performance dan Personality.

ABSTRACT
There are several promotional and marketing strategies that are implemented through a film in order to attract audiences to a tourist location. One of the orientations of the promotion strategy is to pay attention to the pull factors of film-induced tourism, known as 3P (Place, Personality and Performance). During this time, foreign movie industries have considered the use of these three aspects carefully, in which the filmmakers have succedeed in portraying specific locations (on-locations and off-locations), constructing powerful characters in movies which is supported by the use of the well-known actors and actresses world widely, and producing films with a lot of different genres. In contrast to Indonesian movie industry, it seems that the filmmakers still rely on the “Place” aspect by showing the natural beauty of certain places, while the popularity of the actors and actresses is only known by the domestic audience and the genre that attracts tourists is still dominated by drama movies. Indonesian films need to improve the two other aspects, Performance and Personality."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Adi Pamungkas
"Pandemi Covid-19 menyebabkan kesadaran wisatawan dan para pemangku kepentingan akan pentingnya implementasi model aktivitas wisata slow tourism semakin tinggi. Namun, pemahaman wisatawan terhadap konsep slow tourism sebagai perwujudan pariwisata berkualitas dan berkelanjutan masih cukup rendah. Diperlukan narasi pesan yang rasional agar konsep tersebut dapat lebih dipahami oleh wisatawan sehingga dapat diimplementasikan secara utuh. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pesan naratif slow tourism dibangun di dalam video promosi pariwisata Jiwa Jagad Jawi yang diproduksi oleh Wonderful Indonesia sebagai konten promosi di era kenormalan baru pascapandemi Covid-19. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan pendekatan interpretatif melalui metode analisis wacana. Peneliti menggunakan teori paradigma naratif Walter Fisher guna menganalisis bagaimana narasi rasional tentang konsep slow tourism dibangun di dalam setiap adegan yang ditampilkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa narasi konsep slow tourism dibangun melalui pendekatan kearifan lokal dengan menitikberatkan pada aspek locality yang dimiliki destinasi. Penelitian lebih lanjut diperlukan guna mengetahui efek penggunaan narasi slow tourism di dalam video promosi pariwisata terhadap minat dan keputusan berkunjung wisatawan ke destinasi yang dipromosikan. Selain itu para pemangku kepentingan juga perlu mengidentifikasi potensi locality dari destinasi Wonderful Indonesia lainnya sehingga dapat dijadikan landasan narasi dalam komunikasi yang dilakukan, termasuk dalam membangun pesan terkait aktivitas wisata slow tourism.

The Covid-19 pandemic has increased the awareness of travelers and stakeholders about the importance of implementing slow tourism as a tourism activity model. However, traveler’s understanding of slow tourism as manifestation of quality and sustainable tourism is still low. It requires a rational narrative message to make the concept completely understood and fully implemented. This study aims to analyze how narrative messages about slow tourism are constructed into a tourism promotional video named Jiwa Jagad Jawi produced by Wonderful Indonesia as tourism promotional content in new normal era. This research is qualitative with interpretive approach through discourse analysis method. The author uses Walter Fisher's narrative paradigm to analyze how the video constructs a rational narrative message about slow tourism through each scene. The findings show that the narrative of slow tourism was constructed through a local wisdom approach with the locality aspect of the destination as a key point. Further research is needed to determine the effects of slow tourism narratives in tourism promotional videos on traveler’s interest and decision to visit destinations. Stakeholders also require to identifying locality aspect from other Wonderful Indonesia destinations to be used as key narratives of communication, including to build messages about slow tourism."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hafizha Hudaya Attahiyyat
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas terbentuknya destination image pada India melalui media
film The Best Exotic Marigold Hotel, yang memiliki tujuan untuk mengetahui dan
menguji apakah menonton film populer tertentu dapat mengubah aspek kognitif
dan afektif individu mengenai destinasi wisata yang ditampilkan dalam film
tersebut, bersamaan dengan konsep empati, familiarity dan respon konsumen
AIDA.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain eksperimental
laboratorium, partisipan pada penelitian ini adalah mahasiswa sarjana di Jakarta
berjumlah 50 orang yang sesuai dengan kriteria penelitian dan dibagi menjadi dua
kelompok secara randomisasi (kelompok kontrol dan eksperimental). Metode
analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik
parametrik untuk membuktikan hipotesa dalam penelitian ini.
Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelompok
kontrol dan eksperimental pada variabel destination image dan familiarity.
Partisipan dalam kelompok eksperimental juga menunjukkan pengaruh secara
positif dalam keterlibatan empati mereka terhadap elemen-elemen film. Namun,
tidak ada perbedaan signifikan antara kelompok kontrol dan eksperimental pada
variabel respon konsumen. Oleh karena itu, film The Best Exotic Marigold Hotel
membantu dalam meningkatkan citra India, tetapi terbukti tidak efektif dalam
memotivasi partisipan untuk berkunjung

ABSTRACT
This research disscusses about forming destination image on India through the
feature film The Best Exotic Marigold Hotel, to assess the extent to which viewing
a specific popular feature film altered cognitive and affective images of the place
it depicted, as well as concept of empathy, familiarity and AIDA hierarchy of
effects model.
This quantitative research employed a laboratory experiment, participants were
undergraduate students in Jakarta, totaling 50 people according to the research
criteria and were divided randomly into two groups (control and experimental
groups). The data analysis methods are descriptive statistical analysis and
parametric statistical analysis to prove the hypothesis in this research.
The results showed a significant difference between the control and experimental
groups in the destination image and familiarity variables. Participants in the
experimental group also showed a postive influence in their empathy involvement
towards the elements of the film. However, there was no significant difference
between the control and experimental groups on hierarchy of effects model.
Therefore, The Best Exotic Marigold Hotel helps in enchancing the image of
India, but proved to be ineffective in motivating participants to visit India"
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
T42329
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Raditya Bagas Syaputra
"Ketatnya persaingan industri perfilman Indonesia menuntut pembuat film untuk melakukan promosi yang lebih gencar terhadap filmnya. Salah satu strategi yang dapat dilakukan untuk mempromosikan film adalah melalui social media marketing. Media sosial seperti Twitter dapat memberikan sarana bagi para pembuat film untuk mengundang perhatian serta minat khalayak luas untuk menyaksikan film yang mereka buat. Penelitian ini menganalisis pemasaran melalui media sosial yang dilakukan oleh film Mencuri Raden Saleh pada akun Twitter resmi @mrs_film. Analisis tersebut dilakukan berdasarkan empat elemen pemasaran di media sosial yang digagas oleh Susan Gunelius, yaitu: (1) Content creation; (2) Content sharing; (3) Connections; dan (3) Community Building. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode case study dengan rancangan single case study. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi literatur. Hasil analisis mengungkapkan bahwa penggunaan Twitter oleh film Mencuri Raden Saleh sebagai salah satu bentuk strategi social media marketing merupakan sarana yang efektif dalam mempromosikan film tersebut. Studi selanjutnya direkomendasikan untuk meneliti penggunaan empat elemen kesuksesan strategi social media marketing oleh Susan Gunelius melalui media sosial yang berbeda-beda di setiap elemennya, sebab dampak masing-masing media sosial terhadap pemasaran film bersifat unik dan tergantung dari media sosial yang digunakan.

The tight competition in the Indonesian film industry requires filmmakers to carry out more vigorous promotion of their films. One strategy that can be done to promote films is through social media marketing. Social media such as Twitter can provide a means for filmmakers to attract the attention and interest of a wide audience to watch the films that they produced. This study analyses marketing through social media carried out by the film Mencuri Raden Saleh on the official Twitter account @mrs_film. The analysis was conducted based on four elements of marketing on social media initiated by Susan Gunelius, namely: (1) Content creation; (2) Content sharing; (3) Connection; and (3) Community Development. The method used in this research is a case study method with a single case study design. The data collection technique used is literature study. The results of the analysis reveal that the use of Twitter by the film Mencuri Raden Saleh as a form of social media marketing strategy is an effective means of promoting the film. Further studies are recommended to examine the use of the four elements of successful social media marketing strategy by Susan Gunelius through different social media in each element,"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Lindgren, Ernest
New York: Collier Books, 1970
791.4 LIN a
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
London: Routledge, 1996
791.43 INT
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Bettetini, Gianfranco
Paris: Mouton, 1973
419 BET l
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Burch, Noel
New York : Praeger 1, 1973
791.43 BUR t
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
New York: Oxford University Press, 1979
791.43 FIL
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Firman Hadiansyah
"Adaptasi film ke dalam novel atau sebaliknya seialu menimbulkan perubahan, sebagai akibat dari perbedaan media dan hasil interpretasi penulis dan sutradara. Penelitian ini bertujuan untuk memperlihatkan sejumlah persamaan dan perbedaan mendasar yang dihasilkan oleh adaptasi dari film ke dalam novel Biala Tak Berdawai, dilihat dari unsurunsur penceritaan.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan strukturalisme yang memfokuskan pada unsur-unsur intrinsik yang terdapat dalam film dan novel Biola Tak Berdawai. Unsur-unsur film dan novel yang dianalisis dan dibandingkan dalam penelitian ini adalah alur penyajian, alur sebab akibat, tokoh dan penokohan, latar ruang dan Tatar waktu.
Hasil analisis film dan novel Biola Tak Berdawai terhadap unsurunsur di atas, menunjukkan persamaan sekaligus perbedaan. Cerita dalam film dan novel pada dasarnya sama tetapi menjadi terkesan berbeda ketika Dewa dijadikan penutur di dalam novel. Tokoh Dewa menjadi serba tahu dan mampu menuturkan dengan fasih mengenai kejadian-kejadian yang ada di sekelilingnya, padahal di dalam film, tokoh Dewa digambarkan sebagai anak yang sangat sulit untuk berkomunikasi dengan prang fain dikarenakan penyakit autis dan cacat ganda. Dengan demikian, tokoh utama di dalam novel tidak hanya Renjani, tetapi juga Dewa. Perbedaan Iainnya terletak pada berupa kemunculan cerita pewayangan di dalam novel, juga terdapat penghilangan, dan penambahan beberapa cerita. Semua perbedaan tersebut menunjukkan adanya perbedaan interpretasi penulis novel atas cerita film Biola Tak Berdawai.
Berbeda dengan unsur alur penyajian, alur sebab akibat antara film dan novel tidak menunjukkan perbedaan. Dad awal hingga akhir cerita, novel adaptasi tetap bersetia terhadap film sebagai cerita pertama. Begitu juga dengan latar ruang dan waktu.

The adaptation of film into novel or vice verse always produces changes as the consequence of the different media and the result of the actor and the director's interpretation. This study aims to present some basic similarities and differences which are produced by the adaptation from film into novel Biola Talc Berdawai, and viewed from the story elements.
The method used is structuralism, focusing on the intrinsic elements in film and novel Biota Tak Berdawai. The film and novel elements which are analyzed and compared in this study are plot, the characters and characterization, and setting.
The result of the analysis of film and novel Biola Tak Berdawai to the mentioned elements presents similarities and differences at the same time. The story in film and novel is basically the same but it imprisons different when Dewa is made as a narrator in the novel. The character of Dewa knows everything and he can utter fluently what happens in his surrounding, whereas in film the character of Dewa is showed as the boy who has difficulty to communicating with other people because he is autistic and has double deformity. So the main character in the novel is not only Renjani but also Dewa. The other difference is on the presence of things pertaining to the wayang story in the novel. All those differences present the difference of the writer's interpretation on the story of Biota Tak Berdawai film.
It is different to plot presence, the cause and effect plot between film and novel does not present the difference. From the beginning until the end of story, adapted novel keep loyal to film as the original story. It also happens to the setting of place and time.
"
Jakarta: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2006
T17618
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>