Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 61715 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Amelia Indah Sari
"ABSTRAK
Transportasi merupakan sarana vital bagi manusia perkotaan saat ini. Di Indonesia sendiri, khususnya di Jakarta malah terjadi peledakan jumlah kendaraan hingga menyebabkan macet yang tak terhindarkan di setiap harinya.Untuk mengatasi kemacetan seperti ini, Pemerintah DKI Jakarta sedang mengembangkan transportasi massal yang aman dan nyaman seperti Transjakarta, Kopaja AC, Monorail, dll. Disaat masalah transportasi belum terpecahkan, muncul berbagai macam transportasi berbasis teknologi yang mudah dan menawarkan berbagai fitur dan harganya murah seperti misalnya Go-Jek, Blu-Jek, GrabTaxi, Uber, dan lain sebagainya. Diantara transportasi berbasis teknologi ini yang paling kontroversial adalah Uber. Hal ini dikarenakan Uber sangat disukai masyarakat namun banyak melanggar aturan sehingga dikecam oleh Pemerintah. Brand Activation adalah sebuah konsep yang dirasa mampu membedah fenomena ini. Konsep Brand Activation terdiri dari prduk, identitas, pegawai dan komunikasi. Dengan membedah ke-empat hal ini, dapat dilihat bahwa Uber telah melakukan Brand Activation. Tetapi sayang, Brand Activation yang dibangun Uber kurang maksimal sehingga timbul banyak masalah terutama dengan pemerintah.

ABSTRACT
Transportation becomes a vital element in the urban age nowadays. In Indonesia, especially in Jakarta, the very huge amount of vehicle causing one of the biggest problem in the daily activities of the citizens, traffic jam. To overcome this situation, the government of DKI Jakarta is now developing the mass transportation which is better than the previous, such as, Transjakarta, Kopaja AC, Monorail, etc. During this critical moment, where the problem has not been solved yet, another kinds of transportation like Go-Jek, Blu-Jek, GrabTaxi, and Uber, appears to be an alternative way. These technology-based transportation brings us a new feature in terms of simplicity, comfortness, and the cost as well. Among many technology-based transportation, Uber is considered to be the controversial one for the reason of infringement of the government regulation, contrary to the fact that Uber is well appreciated by the public. Brand Activation is a concept that regard as a way to dissect this phenomenon. This concept consists of product, identities, employee and communications. By dissecting these fourth elements, it can be seen that Uber has been doing the Brand Activation. Unfortunately, the Brand Activation which has been built by Uber is not maximal and it is impacted to emerge many problems especially with government.
"
2015
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Claudia Michelle Paramesvari
"ABSTRAK
Dewasa ini, sedikit usaha yang dilakukan untuk menelaah isu yang berhubungan dengan pemasaran dalam industri pemakaman, khususnya taman makam. Padahal, industri ini memiliki prospek cerah khususnya diIndonesia. Selain permintaan yang semakin meningkat, ditemukan adanya pertumbuhan tren melaksanakan upacara pemakaman yang mewah - termasuk pembelian lahan makam premium oleh orang-orang kaya di Indonesia. Di lain sisi, memasarkan produk industri pemakaman dianggap sulit oleh karena adanya beberapa kendala seperti sifat produk yang kontroversial ataupun kebudayaan setempat menyangkut kematian. Pemasaran memainkan peran penting dalam jenis perusahaan apapun. Namun, ketika menyangkut bisnis pemakaman, kemampuan untuk memasarkan brand dapat menjadi faktor yang sangat menentukan kesuksesan perusahaan.
Brand activation merupakan salah satu strategi pemasaran yang sangat berpengaruh dalam menciptakan ekuitas brand pada benak konsumen. Dengan brand activation yang mumpuni, pemakaman yang dianggap seram dapat dianggap sebagai tempat wisata, sementara lahan makam dapat laku keras meski dibanderol harga hingga milyaran Rupiah. Pada penulisan ini akan dibahas lebih jauh mengenai empat pilar yang menyokong aktivitas brand activation ? identitas, produk & layanan, karyawan dan komunikasi, serta praktiknya oleh salah satu pemain industri pemakaman terbesar di Indonesia, San Diego Hills Memorial Park

ABSTRACT
Presently, a little effort has been done to examine issues related to marketing in funeral industry,spesifically cemetery. Meanwhile, in Indonesia, the industry itself has a promising prospect since the demand continuosly raises and moreover, there is the growing trend for luxurious funeral ceremonies ? including purchase of premium cemetery lot, among wealthy Indonesians. On the other hand, marketing products of funeral industry is considered precarious for its product?s controversial nature and for local custom or cultural issues on death. Marketing plays a central role on any kind of company, but when it comes to cemetery business, the ability to market the brand can be the deciding factor to determine the company?s success in the industry.
Brand activation is one of the marketing strategy that affects brand equity. Savvy brand activation can make a creepy visit to a cemetery seems no longer creepy but fun as an excursion, it also can make people crave for a hundred million rupiah priced cemetery lot. This review will examine further on the cornerstones of brand activation ? identity, product & services, and communication, and its practice by one of the biggest company in the funeral industry in Indonesia, San Diego Hills Memorial Park.
"
2016
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Seniyya Zahra
"Profil Perusahaan Rozafa merupakan UMKM yang bergerak di bidang fesyen muslimah, dengan produk antara lain dress muslimah (gamis), hijab, dan alat salat. UMKM ini beroperasi di Jakarta Timur sejak 2015. Awalnya UMKM ini bernama Roza Fashion namun kemudian berganti nama menjadi Rozafa pada 2020 lalu. Rozafa memiliki tujuan mendorong para muslimah untuk berbusana sesuai dengan kaidah agama Islam, atau yang dikenal dengan berbusana syari. Oleh karena itu, produk yang mereka produksi memiliki ukuran yang lebih besar dan tidak mengikuti lekuk tubuh. UMKM ini sudah mendaftarkan mereknya di tiga kementerian dan beberapa kali bekerja sama sebagai utusan DKI Jakarta dalam event tertentu. Dalam menjalankan bisnisnya, Rozafa menggunakan metode word of mouth dan berfokus pada penjualan dan pemasaran secara offline. UMKM ini baru berkecimpung di dunia digital pada Juli 2020, yaitu sejak pandemi berlangsung di Indonesia. Analisis Situasi Strength Rozafa sangat memerhatikan kualitas produk, hal ini ditandai dengan testimoni yang diberikan pelanggan dan penilaian positif di setiap toko di marketplace. Rozafa selaku UMKM telah diakui oleh tiga kementerian Republik Indonesia, yaitu Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Industri, dan beberapa kali diutus untuk mewakili DKI Jakarta dalam event besar yang diselenggarakan ketiga kementerian tersebut. Rozafa secara resmi telah terdaftar mereknya di Kemenkop UKM, sehingga merek Rozafa sudah dinyatakan legal dan akan mendapatkan pendampingan dan pemberdayaan dari program Kementerian. Memiliki toko di berbagai marketplace (Shopee, Tokopedia, dan Lazada) sehingga memudahkan calon konsumen dalam menemukan dan membeli produknya. Rozafa sudah memiliki media sosial berupa Instagram dengan akun @roza_fa.id. Weakness Belum memiliki target pasar yang spesifik sehingga produk pun belum menyesuaikan dengan keinginan, kebutuhan, dan tren yang sedang ada di masyarakat Pemilik dan karyawan Rozafa tidak memiliki pengalaman di bidang online, khususnya pemasaran online. Rozafa belum memanfaatkan media sosial yang dimiliki, yaitu Instagram (@roza_fa.id) sebagai kanal komunikasi ke publik eksternal dengan konsisten dan belum ada perencanaan khusus mengenai konten yang akan dibagikan. Kanal media sosial dan marketplace belum terintegrasi satu sama lain Tanggung jawab karyawan tidak ada batasan pembagian bidang kerja yang jelas Kurangnya brand awareness terhadap Rozafa Opportunity Dukungan pemerintah yang besar terhadap UMKM di masa pandemi. Hal ini disampaikan oleh pemerintah melalui Siaran Pers HM.4.6/88/SET.M.EKON.3/04/2021 pada 21 April 2021 dengan upaya mendorong para pelaku UMKM untuk on board ke platform digital dan mendorong perluasan ekspor produk Indonesia melalui kegiatan ASEAN Online Sale Day (AOSD) di 2020. Kampanye pemerintah untuk menggunakan produk lokal melalui #BanggaBuatanIndonesia dan #SemuaAdaDisini Tren media sosial yang digunakan sebagai media komunikasi pemasaran oleh organisasi dan perusahaan. Hal ini dapat dimanfaatkan oleh Rozafa untuk menggunakan media sosial dalam membangun brand awareness, terlebih dari hasil survei juga menunjukkan mayoritas responden menggunakan media sosial dalam mencari informasi terkait produk Muslimah Berdasarkan analisis kompetitor yang sudah dipaparkan di bagian sebelumnya, tidak ada kompetitor yang menjual produk alat salat, khususnya mukena Threat Perilaku masyarakat di marketplace yang cenderung memilih harga termurah dibanding kualitas, sehingga Rozafa dengan harga produk yang relatif tinggi kurang bisa bersaing, terutama untuk produk hijab Pembatasan aktivitas di luar rumah oleh pemerintah selama masa pandemi, termasuk kegiatan bazar, pameran, dan event lainnya sehingga Rozafa kehilangan salah satu sumber utama omzet Perubahan perilaku konsumen yang beralih dari luring ke pembelian secara daring, terutama sejak adanya pandemi Covid-19. Hal ini mengancam bisnis Rozafa yang hanya melakukan penjualan dan pemasaran secara luring sebelum pandemi berlangsung. Pernyataan Masalah Belum banyak masyarakat yang mengenal Rozafa dan produknya sehingga belum memiliki brand awareness dan interaksi dengan audiens. Usulan Program Program yang diusulkan berupa strategi marketing public relations yang berfokus pada aktivasi media sosial dengan nama “Teman Hijrahmu”. Strategi ini akan dilakukan di akun Instagram Rozafa (@roza_fa.id). Berikut rincian kegiatan program: Menyusun editorial plan untuk konten kreatif Instagram (@rozafaofficial) sebagai fondasi awal dalam membangun awareness dan interaksi dengan target sasaran. Giveaway #IsengBerhadiah: program yang dilaksanakan di Instagram sebagai langkah lanjutan dalam meningkatkan brand engagement Rozafa dengan audiens. IG Live “Ngopi Bareng”: sesi mini talkshow yang akan dilaksanakan di IG Live Rozafa bersama KOL terpilih untuk berbincang seputar topik islami, khususnya hijrah. Meluncurkan kampanye #MyHijrahStory #TemanHijrahmu melalui akun Instagram dan TikTok @rozafaofficial untuk meningkatkan dan memperluas awareness masyarakat yang masuk ke dalam target sasaran Rozafa. Kampanye ini akan dituangkan ke dalam challenge di Instagram yang akan dibantu dikampanyekan oleh KOL. Tujuan Program ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan komunikasi UMKM Rozafa dengan membangun brand awareness terutama di media sosial Instagram dan membangun interaksi dengan konsumen dan calon konsumen Rozafa melalui program humas pemasaran yang mengedukasi target pasar mengenai berbusana sesuai dengan kaidah Islam sebagai value dari Rozafa, melalui konten kreatif, program Ngopi Bareng, dan kampanye #MyHijrahStory. Target Khalayak Demografis Jenis Kelamin : Perempuan Usia : 20 – 35 Tahun Agama : Islam Pendapatan : middle hingga high income SES : A dan B Geografis : Pulau Jawa Psikografis Kelas sosial : A dan B Gaya hidup : agamis (menjalankan agama Islam dengan penuh keimanan) Karakteristik personal : memiliki ketertarikan pada busana Syari, merupakan pribadi yang periang, suka berinteraksi, dan humble. Pesan Kunci Rozafa merupakan merek busana muslimah syari kekinian yang berkualitas tinggi, cocok untuk muslimah yang ingin stylish dan tetap sesuai dengan kaidah Islam. Jadwal Februari - Juli 2022 Anggaran Rp10.410.000 Evaluasi Monitoring social media monitoring Observasi langsung Rapat monitoring program Tahap Evaluasi Evaluasi input Evaluasi output Evaluasi outcome.

Company Profile Rozafa is an MSME (Micro, Small & Medium Enterprises) Muslim fashion, with products including Muslim dresses (gamis), hijabs, and prayer tools. This MSME has been operating in East Jakarta since 2015. Rozafa has the aim of encouraging Muslim women to dress according to Islamic religious principles, or what is known as shari'a attire. Rozafa is a registered brand in three ministries and have worked together several times as representatives of DKI Jakarta in certain events. In running their business, Rozafa uses the word of mouth method and focuses on offline sales and marketing. This MSME has only been involved in the digital world since July 2020, since the pandemic took place in Indonesia. Situation Analysis Strength The quality of Rozafa's products is very good, this is indicated by the testimonials given by customers and positive ratings in every store in the marketplace. Rozafa as an MSME has been recognized by three ministries of the Republic of Indonesia, the Ministry of Cooperatives and SMEs, the Ministry of Trade, and the Ministry of Industry, and has been sent several times to represent DKI Jakarta in big events organized by the three ministries. Rozafa has officially registered its brand at the Kemenkop UKM. so that Rozafa brand has been declared legal and will receive assistance and empowerment from the Ministry program. Rozafa has stores in various marketplaces (Shopee, Tokopedia, and Lazada) making it easier for potential consumers to find and buy their products. Weakness Rozafa does not have a specific target market so that the product has not adjusted to the wants, needs, and trends that are currently in the community Rozafa's owners and employees have no experience in online marketing Rozafa has not consistently used various communication channels to the external public, especially social media Rozafa's social media and marketplaces are not integrated with each other So many responsibilities are carried out by one employee and there are no clear boundaries for the job description Lack of brand awareness of Rozafa Opportunities 1. Government support for MSMEs during the pandemic. This was conveyed by the government through Press Release HM.4.6/88/SET.M.EKON.3/04/2021 on 21 April 2021, they want to encourage MSME to be on board to digital platforms and encourage the expansion of Indonesian product exports through ASEAN Online Sale Day (AOSD) in 2020 Government campaign to use local products through #BanggaBuatanIndonesia and #SemuaAdaDisini The trend of social media being used as a marketing communication medium by organizations and companies. This can be an opportunity for Rozafa to use social media to build brand awareness. The survey results also show that the majority of respondents use social media to find information related to Muslimah products Based on the competitor analysis described in the previous section, there are no competitors who sell prayer tools, especially mukena Threat People in the marketplace tend to choose the cheapest price compared to quality, so Rozafa with a relatively high product price is less able to compete, especially for hijab products. Restrictions on activities outside the home by the government during the pandemic, including bazaar, exhibitions, and other events so that Rozafa loses one of the main sources of turnover. Changes in consumer behavior that switch from offline to online purchases since the Covid-19 pandemic. This threatens Rozafa's business, which only did sales and marketing offline before the pandemic. Problem Statement Not many people know Rozafa and its products, so they don't have strong brand awareness and interaction with audience. Strategy The strategy to solve Rozafa's problems using the marketing public relations concept with the name "Teman Hijrahmu". This strategy will be carried out on Rozafa's Instagram account (@roza_fa.id). This strategy has several activities: Make an editorial plan for Rozafa's creative social media content, it is Instagram (@rozafaofficial) as the initial foundation in building awareness and engagement with the target audience. #IsengBerhadiah Giveaway: a program implemented on Instagram as a further step in increasing Rozafa's interaction with the audience. IG Live “Ngopi Bareng”: a mini talk show session that will be held on Rozafa's IG Live with selected KOLs to talk about Islamic topics, especially hijrah. 4. The #MyHijrahStory campaign through Instagram accounts (@rozafaofficial) to increase and expand public awareness who are among Rozafa's targets. Target Audience Demographic Gender : Female Age : 20 – 35 years old Religion : Islam Income : middle to high income SES : A and B Geographical : Java Island Psychographic Social class : A and B Lifestyle: religious (practicing Islam with full faith) Personal characteristics: has an interest in Syari clothing, cheerful person, likes to interact, and humble. Key Message Rozafa is a modern high-quality shari'a Muslimah clothing brand, suitable for Muslim women who want to be stylish and still in accordance with Islamic rules. Budget Rp10.410.000 Evaluation Methods Monitoring social media monitoring Observation monitoring program meeting Evaluation Input Evaluation Output Evaluation Outcome Evaluation."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Hemas Dewi Arum
"Tren kecantikan berkembang pesat di berbagai belahan dunia termasuk di Indonesia yang diakui sebagai salah satu wilayah dengan pertumbuhan pasar kosmetik tercepat dan menjanjikan Tingkat persaingan dalam industri kosmetik tergolong tinggi dan Indonesia adalah pasar dengan penduduk muslim sebanyak 87 2 persen dari total populasi Wardah memiliki angka pertumbuhan lebih dari 80 persen per tahun dengan menggunakan brand ambassador sebagai salah satu strategi yang mampu membangun brand image dan brand awareness Terdapat delapan brand ambassador Wardah yang berasal dari latar belakang profesi sebagai pekerja seni dan merupakan sosok yang inspiratif yaitu Ria Miranda Zaskia Sungkar Ineke Koesherawati Dian Pelangi Dewi Sandra Lisa Namuri Tatjana Saphira dan Tulus Brand ambassador memiliki empat klasifikasi berdasarkan perannya yaitu testimonial endorsement actor dan spokesperson Dengan lima indikator yang menjadi penilaian yaitu transference congruence credibility attractiveness dan power Setidaknya terdapat empat manfaat penggunaan brand ambassador yaitu liputan media merubah persepsi merek menarik pelanggan baru dan menyegarkan kampanye yang ada.

Trend in beauty is growing rapidly around the world including in Indonesia which is recognized as one of the region with the fastest growth and an expected growing cosmetics market The level of competition in cosmetics industry is tight and Indonesia is one of a markets with 87 2 percent muslims from its total population Wardah has a growth rate more than 80 percent per year by using brand ambassador as one of the strategies to build brand image and brand awareness There are eight people brand ambassadors of Wardah who come from professional background as an artist and an inspiring figure They are Ria Miranda Zaskia Sungkar Ineke Koesherawati Dian Pelangi Dewi Sandra Lisa Namuri Tatjana Saphira and Tulus Brand ambassador theory has four classifications based on their roles which are testimonials endorsements actor and spokesperson There are also five indicators used as assessment which are transference congruence credibility attractiveness and power There are at least four benefits of using brand ambassadors like media coverage changing perception of the brand attracting new customers and refreshing an existing."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Wenders von Wim
Frankfurt/Main: Suhrkamp, 2005
791.437 2 WEN d
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Meiske
"ABSTRAK
Penelitian ini secara empiris menguji dampak dari empatdimensi kepribadian merek (sincerity, excitement, competencedan sophistication) pada brand love, store brand loyaltyand positive word of mouth.Sayafokus pada pengecer online di Indonesia. Model yang diusulkan diuji menggunakan pemodelan persamaan struktural (SEM) dari 398 responden yang dikumpulkan. +WOM penting untuk mengurangi biaya pemasaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah empatdimensi brand personalitydan brand lovememiliki dampak positif pada store brand loyaltydanpositive word of mouth. Hasilnya menunjukkan bahwa tigadari empatdimensi kepribadian merek yaitu sincerity, competence, sophistication memiliki dampak positif pada brand lovedan melalui jalur store brand loyaltyke positif word of mouth. Dua dimensibrand personality yaitu sincerity, excitement berpengaruh secara positif terhadap+ WOM.Pengaruh tigadimensibrand personality pada + WOM karena brand love. Jadi, temuan ini memperkuat pentingnya membangun brand personality danbrand love dalam konteks ritel.

ABSTRACT
This research empirically tests the impact of four brand personality dimensions (sincerity, excitement, competence and sophistication) on brand love, store brand loyalty and positive word of mouth. I focused on online retailers in Indonesia. The proposed model is tested using structural equation modeling (SEM) from 398 collected respondents. +WOM is important to reduce marketing costs. The purpose of this study is to analyze whether the four dimensions of brand personality and brand love have a positive impact on store brand loyalty and positive word of mouth. The results demonstrated that three of four dimensions of brand personality namely sincerity, competence, sophistication have a positive impact on brand love and through store brand loyalty path to positive word of mouth. Two dimensions of brand personality, namely sincerity, excitement have a positive effect on + WOM. The effect of three dimensions brand personality on +WOM because brand love. So, this finding strengthens the importance of the brand personality brand love construct in the context of retailing.
"
2019
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rakhmania Anindhita Pithaloka
"Brand Love merupakan salah satu konstruk baru dalam komunikasi pemasaran untuk mengukur hubungan emosional antara brand dan konsumen. Brand Love didasarkan pada dugaan bahwa brand memiliki karakter manusia dan konsumen memiliki perasaan emosional terhadap brand. Penelitian mengenai Brand Love umumnya mengunakan pendekatan hubungan interpersonal dimana peranan identitas dan identifikasi menjadi penting. Sementara itu, adanya media baru membuat praktisi komunikasi pemasaran menciptakan komunitas brand online dengan dua aktivitas utama terkait interaktivitas adalah adalah kemampuan brand untuk menciptakan dan menanamakan nilai dalam komunitas penciptaan nilai dan bagaimana konsumen secara aktif berinteraksi di komunitas online tersebut Social Interactive Engagement.
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan model bahwa komunikasi pemasaran dalam komunitas online brand melalui variable Social Interactive Engagement dan Penciptaan Nilai berpengaruh terhadap Brand Love, yang termediasi oleh social identity dan di moderasi oleh sifat self expressive dari brand. Penelitian dilakukan melalui metode survey terhadap sample yang dikumpulkan secara purposive terhadap anggota komunitas online brand berusia 20-44 tahun dan bekerja di area Sudirman-SCBD Jakarta. Hipotesis kemudian diuji menggunakan Partial Least Square Structural Equation Modeling.
Penelitian ini menemukan adanya hubungan positif antara interaktivitas user melalui variabel Social Interactive Engagement dan penciptaan nilai terhadap Brand Love yang termediasi variabel identitas sosial dan termoderasi variabel self expressive brand. Penelitian ini memberikan sumbangsih bagi perkembangan teori Brand Love terutama pada indikator-indikatornya dan saran bagi praktisi komunikasi pemasaran untuk memanfaatkan komunitas online seabagai bagian strategi integrated marketing communication.
Rekomendasi penelitian ini adalah untuk melihat jugakonteks sosio-kultural, dan menggunakan pendekatan sampling probabilita agar hasil penelitian bisa ditarik ke populasi.

Brand Love is a new construct in marketing communications to measure emotional relationship between brand and consumer. Brand Love term was based on an allegation that brand has human characters and consumers develop an emotional feeling toward brand. Researches about Brand Love generally use interpersonal relationship approach, where the role of identity and identification matters. While the rise of new media makes marketers create virtual brand community with two of the main activity that happened with this interactivity is the ability of brand to create and seed value within the community, and how the consumer actively interact in the virtual community.
Objective of this research was to prove marketing communication model in virtual brand community with variable Social Interactive Engagement and Value Creation have effect on Brand Love that was mediated by social identity and moderated by self expressive character of the brand. Research used survey as a method toward sample that was collected by using purposive method. Samples are virtual brand community member age 20 44, working in Sudirman SCBD Jakarta. Hypothesis was tested by using Partial Least Square Structural Equation Modeling.
This research found positive correlation among user interactivity in virtual brand community through variabel Social Interactive Engagement and Value Creation toward Brand Love, mediated by Social Identity and moderated by Self Expressive Brand. This research has significance for theoretical development of Brand Love and suggestion for praktisi komunikasi pemasaran to utilize brand online community as a part of integrated pemasaran communication strategy.
The recommendation from this research is to also look at socio cultural context and using probability sampling approach, so the finding able to be applied in population.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
T48836
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rahmi Attika Karinaputri
"Dengan citra yang positif yang dimiliki oleh suatu merek lebih memungkinkan konsumen untuk memilih merek tersebut dalam melakukan pembelian. Citra merek yang positif merupakan salah satu faktor dalam pembentukan loyalitas merek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh citra merek terhadap loyalitas merek Scotch-Brite?.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain eksplanatif. Penelitian ini menggunakan metode regresi sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Scotch-Brite? memiliki citra merek yang baik; loyalitas merek Scotch-Brite? adalah baik; dan citra merek Scotch-Brite? memiliki hubungan yang positif terhadap loyalitas mereknya dan memiliki pengaruh yang kuat.

With a positive image that is owned by a brand allows more consumers to choose the brand in the purchase. Positive brand image is one of the factors in the formation of brand loyalty. This study aims to determine the influence of brand image on brand loyalty of Scotch-Brite? scourer.
This research is a quantitative research with explanative design. This study uses simple regression. The results of this study indicate that the Scotch-Brite? has a good brand image and a good brand loyalty; and brand image of Scotch - Brite ? has a positive and strong influence on brand loyalty.
"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2015
S59462
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Seravica Molasita Mahu
"ABSTRAK
Publisitas merupakan salah satu media promosi yang penting dalam mendukung
rangkaian strategi 360 komunikasi pemasaran terpadu (IMC). Publisitas masuk dalam ranah
public relations dimana tugas umum public relations adalah menjaga citra positif, menangani
publisitas negatif, dan meningkatkan efektivitas unsur-unsur dalam bauran promosi
(marketing mix). Berdasarkan isi pesannya, publikasi dapat dibedakan menjadi 2 jenis,
yaitu publikasi positif dan publikasi negative. Terutama sekali untuk public figure seperti
politisi, entertainers, dan atlet professional. Semuanya bersaing dalam pemahaman untuk
persetujuan dan penerimaan public, dan semua keuntungan dari menyampaikan citra yang
kuat dan diinginkan. Selebriti sebagai brand erat kaitanya dengan arus publisitas yang tinggi,
dimana melalui publisitas citra dibentuk dan dijadikan dasar dalam mengevaluasi serta
mendorong niat untuk menonton selebriti yang bersangkutan. Adapun, di sisi yang berbeda
terdapat beberapa kasus dimana publisitas negatif cenderung memiliki dampak positif pada
brand. Fenomena ini menunjukkan bagaimana publisitas negatif tidak selalu memiliki efek
negatif pada brand dan khususnya yang akan kita teliti adalah pada selebriti sebagai brand.
Dengan kondisi dimana selebriti tidak lepas dari berbagai pemberitaan, maka menjadi
menarik untuk diketahui bagaimana publisitas merubah citra selebritis dan pengaruhnya
terhadap evaluasi masyarakat atas selebriti dan sikap mereka atas selebriti tersebut yang akan
diukur dengan niat mereka untuk menonton acara dimana si selebritis terlibat di dalamnya.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan menguji 3 (Positif Prior
Brand Image, Negatif Prior Brand Image, dan Zero Prior Brand Image) x 2 (Publisitas
Positif dan Publisitas Negatif). Dilakukan studi pendahuluan untuk menentukan jenis
publisitas serta selebritis yang akan digunakan sebagai stimulus. Mengikutsertakan sebanyak
180 mahasiswa FEUI dengan rentang usia 17-25 sebagai partisipan dan digunakan stimulus
artikel pemberitaan untuk melihat efeknya pada intention to watch, brand evaluation, dan
perubahan brand image dari selebriti yang menjadi objek pemberitaan. Data yang diperoleh,
kemudian diolah dengan metode statistic anova dan Uji T.
Hasil menemukan bahwa publikasi negatif memberi efek positif intention to watch
pada positif prior brand image dan negatif prior brand image, sedangkan berefek sebaliknya
pada zero prior brand image. Untuk brand evaluation, nilai tertinggi diperoleh positif prior
brand image, diikuti zero prior brand image, dan nilai terendah diperoleh negatif prior brand
image. Sedangkan perubahan brand image kontras terlihat pada positif brand image yang
diberikan publikasi negatif serta cukup besar pada zero prior brand image pada kedua jenis
publikasi. Hasil ini membuktikan publikasi negatif cenderung memberi efek positif intention
to watch dan brand evaluation pada positif prior brand image namun tidak dapat menghindari
kekecewaan masyarakat dimana terdapat penurunan brand image yang cukup besar. Hal ini
selaras dengan penelitian sebelumnya dimana dikatakan, saat konsumen memiliki komitmen
yang tinggi terhadap perusahaan, konsumen akan cenderung bersikap defensif pada
pemberitaan negatif dan berpihak pada perusahaan.

ABSTRACT
Publicity is one of the important media campaign in support of a series of strate
integrated marketing communications (IMC). Publicity is in the realm of public relations
in which the general duty of public relations is to maintain a positive image, handle negative
publicity, and increase the effectiveness of the elements in the promotion mix (marketing
mix). Based on the content of the message, the publication can be divided into 2 types,
positive publicity and negative publicity. Especially for public figures such as politicians,
entertainers, and professional athletes, all these compete in some sense for public approval
and acceptance, and all benefit from conveying a strong and desireable image. Celebrities as
brand currently exposed with high publicity, publicity through which the image is formed and
used as the basis for evaluating and encouraging the intention to watch the celebrity in
question. Meanwhile, in a different hand, there are several cases where negative publicity is
likely to have a positive impact on the brand. This phenomenon shows how the negative
publicity does not always have a negative effect on the brand and specially in celebrities as
brand. With a condition in which a celebrity can not be separated from a variety of reports, it
became interesting to know how publicity change the image of celebrity and its effect on the
public evaluation and the celebrities that will be measured by their intention to watch a show
where the celebrities involved in it.
This research uses experimental methods, with test 3 (Positive Brand Image Prior,
Prior Negative Brand Image and Brand Image Prior Zero) x 2 (Positive Publicity and
Negative Publicity). Conducted a preliminary study we determine the type of publicity and
celebrities that will be used as a stimulus. Include as many as 180 students, aged 17-25 UI as
a participant and used stimulus news article to see its effect on the intention to watch, brand
evaluations, and changes in brand image of celebrities who became the object of preaching.
Data obtained, then processed with ANOVA statistical methods and Test T.
Results found that the negative publicity give a positive effect on the intention to
watch for prior positive brand image and prior negative brand image, while the opposite
effect on zero prior brand image. For brand evaluation, the highest value obtained prior
positive brand image, followed by zero prior brand image, and the lowest value obtained
prior negative brand image. While the change in brand image contrast seen in a positive
brand image with negative publicity and quite large at zero prior brand image in both types
of publications. These results prove negative publicity tends to have a positive effect intention
to watch and brand evaluation on prior positive brand image but can not avoid the
frustration of the people where there is a decrease substantial brand image. This is consistent
with previous studies where it was said, when consumers have a strong commitment to the
company, consumers will tend to be defensive in negative publicity and reward firms."
2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aqilla Faras Dhiya
"Industri kecantikan di Indonesia memiliki perkembangan yang pesat dalam beberapa waktu ke belakang. Perkembangan ini diikuti dengan tren dari produk kecantikan yang semakin sadar akan dampaknya terhadap lingkungan. Salah satu nama besar dalam produk kecantikan Indonesia yang menyatakan kepeduliannya terhadap lingkungan adalah The Body Shop. The Body Shop adalah produk kecantikan yang berasal dari Inggris, dan kini sudah berada di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh dari brand positioning The Body Shop Indonesia terhadap brand image mereka. Untuk itu, penelitian ini akan menganalisis kampanye #KerenTanpaNyampah dari The Body Shop Indonesia melalui platform Facebook, Twitter, YouTube, Instagram, dan Tiktok, dan membandingkannya dengan tinjauan literatur dari penelitian sebelumnya. Hasil penelitian ini menemukan bahwa brand positioning dari kampanye #KerenTanpaNyampah bertujuan untuk mengajak para pelanggan The Body Shop Indonesia untuk sadar akan limbah yang mereka hasilkan dari produk kecantikan. Sementara itu, brand image dari TBSI adalah produk kecantikan yang ramah lingkungan. Menggunakan konsep komunikasi tematik, ditemui bahwa positioning dari The Body Shop Indonesia dalam kampanye #KerenTanpaNyampah ikut memperkuat brand image dari The Body Shop sebagai produk kecantikan yang ramah lingkungan.
The beauty industry in Indonesia has developed rapidly. This development is followed by a trend of beauty products that are increasingly aware of their impact on the environment. One of the big names in Indonesian beauty products who have expressed their concern for the environment is The Body Shop. The Body Shop is a beauty product originating from England. This study aims to see how The Body Shop Indonesia's brand positioning influencing their brand image. This study will analyze the #KerenTanpaNyampah campaign from The Body Shop Indonesia through the platforms Facebook, Twitter, YouTube, Instagram, and Tiktok, and compare it with literature reviews from previous studies. The results of this study found that the brand positioning of the #KerenTanpaNyampah campaign aims to invite The Body Shop Indonesia customers to be aware of the waste they produce from beauty products. TBSI's brand image is an environmentally friendly beauty product. Using the concept of thematic communication, it was found that the positioning of The Body Shop Indonesia in the #KerenTanpaNyampah campaign helped strengthen the brand image of The Body Shop as an environmentally friendly beauty product.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>