Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 175237 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Situmorang, Dea Marsally
"Tesis ini memaparkan mengenai kegiatan restart-up bisnis UKM yang bergerak di pengolahan susu sapi menjadi yogurt dengan memakai bakteri asam laktat Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophillus. UKM ini memproduksi yogurt dengan merek Q Healthy Yogurt. Produk Q Healthy Yogurt tidak menggunakan bahan pengawet buatan. Produk Q Healthy Yogurt ini berbentuk stick dan memiliki enam varian rasa, yakni rasa anggur, melon, lemon, stroberi, sirsak, dan orange. UKM yang telah berjalan selama enam tahun ini, sempat vakum selama 4 bulan. UKM tidak pernah mencatat apapun dan belum memisahkan keuangan pribadi dengan bisnis. UKM juga sering ditipu oleh beberapa reseller. Dengan adanya business coaching, UKM ini berhasil menjalankan kembali bisnisnya dengan sistem yang baru. Laba bersih makin meningkat dari bulan September hingga November 2015. Strategi pemasaran online juga sudah diterapkan, diharapkan dapat meningkatkan tingkat kesadaran dari masyarakat. UKM juga masih dalam pengupayaan dalam menjadi anggota Kadin Bogor.

This thesis is about restart-up bisnis of small medium enterprise (SME) which produced yogurt as milk product using lactat acid bacteria, Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophillus. This small medium enterprise produced yogurt is Q Healthy Yogurt. This SME did not use any preservative. Its products is packaged in stick and have six flavor, such as grape, honeydew, lemon, strawberry, soursop, and orange. SME has established for six years, and has stopped working for 4 months. The history of SME has never been noted and did not have financial management yet. SME was laid by several resellers. With business coaching, SME was restart-up business with new system. Its profit continous raised from September to December 2015. Online marketing was applied so that it can raise level of people?s awareness. SME has been trying to be part of Kadin Bogor."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alusi Freeta Ratu Mondru
"ABSTRAK
Tesis ini membahas tentang business coaching yang dilakukan penulis selaku
coach terhadap Saelia Craft, sebuah UKM yang memproduksi handmade fashion
accessories berupa tas dan dompet dengan bahan utama anyaman bambu. Tujuan
penelitian ini adalah meningkatkan kinerja bisnis UKM dengan fokus pada
pengembangan kondisi internalnya. Strategi yang diajukan dalam business
coaching ini adalah melakukan pelatihan SDM, menetapan harga jual ideal, dan
menambahan saluran pemasaran menggunakan media sosial. Metode yang
digunakan dalam penelitian adalah analisis data kualitatif. Pada akhir periode
business coaching, belum semua strategi terlaksana dengan baik, akan tetapi
Saelia Craft telah berhasil menjual produk dengan harga baru yang ditetapkan

ABSTRACT
This thesis is about business coaching conducted by the author towards Saelia
Craft, an SME that produces handmade fashion accessories such as handbags and
wallets with woven bamboo as main material. The purpose of this study is to
improve the SME?s business performance by focusing on enhancing its internal
condition. Strategies proposed in this business coaching are conducting human
resources training, setting the ideal selling price, and adding new marketing
channels using social media. Method used in this thesis is qualitative data analysis.
At the end of business coaching, not all strategies implemented well, but Saelia
Craft has been successfully selling its product with the new selling price"
2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Angelia Restu Yuliani
"Tesis ini membahas tentang business coaching dilakukan oleh penulis dan Prefere, UKM yang menjual produk fashon seperti kaus kaki, manset, gamis dan jilbab. Tujuan dari skripsi ini adalah untuk membangun strategi sehingga Prefere dapat memenangkan persaingan di pasar Instagram. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara. Selanjutnya, jenis wawancara yang digunakan adalah wawancara setengah terstruktur. Hasil pelatihan bisnis adalah Prefere mampu bersaing secara sehat di pasar Instagram dengan menggunakan strategi diferensiasi dan memberi nilai tambah bagi produk-produknya.

This thesis discusses the business coaching conducted by writer and Prefere, SMEs that sells fashion products such as socks, hand socks, long dress and scarf. The aim of this thesis is to build a strategy so Prefere can win the competition in the Instagram market. Data were gathered using interview method. Furthermore, the type of interview that being used is a semi-structured interview. The result of business coaching is Prefere will be able to compete healthily in the Instagram market by using differentiation strategy and giving value added to its products.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Prisciella Tinova
"ABSTRAK
Tesis ini membahas mengenai business coaching yang dilakukan penulis dengan ukm Farani yang memproduksi busana muslim seperti gamis dan mukena. Tujuan dari penulisan tesis ini ialah untuk menyediakan anallisa yang tepat mengapa difersifikasi produk adalah solusi terbaik untuk menyingkirkan permasalahan utama. Penulis juga menyediakan studi perhitungan untuk studi kelayakan sehingga pelaku bisnis dapat yakin bahwa bisnis baru layak untuk dijalankan. Data yang dipakai selama penulisan tesis ini diambil dari hasil wawancara, baik dari pelaku bisnis, pelanggan, calon pelanggan, dan pesaing.

ABSTRACT
This thesis discusses about business coaching conducted by writer and Farani, a MSMEs that produce Muslim fashion, gamis and mukena. The aim of this thesis is to provide good analysis why product diversification is the best solution for Farani in order to get rid of the urgent problems. Author also provide feasibility study calculation so that business owner could be sure that the new line business feasible to run. Data were gathered using interview method, both from the business owner, customers, potential customers, and competitors.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Imam Supriyanto
"Thesis ini membahas business coaching yang dilakukan penulis dengan Karin Kukis, UMKM yang khusus memproduksi kue kering dan melakukan penjualan hanya dengan melalui jalur facebook. Tujuan dari thesis ini adalah membantu pertumbuhan bisnis Karin Kukis dengan merumuskan model bisnis yang berkelanjutan, untuk membantu produk menembus pasar yang lebih luas dan memberikan nilai lebih kepada pelanggan. Rekomendasi untuk karin kukis adalah melakukan perhitungan titik impas, melakukan pencatatan harian, meningkatkan identitas merek dengan melakukan perubahan pada logo, meningkatkan kemampuan dalam photografi, pembuatan website yang nantinya menjadi toko online sebagai salah satu sarana untuk berkomunikasi dengan konsumennya, dan berupaya optimal dalam hal perbaikan kemasan, sebab tanpa perbaikan kemasan maka produk tidak bisa dikirim lebih jauh dari Jakarta. Kesimpulan dari pembinaan dengan Karin Kukis telah dihasilkan perhitungan titik impas dan pencatatan harian yang telah disepakati, telah dibuatkan website dan ada masukan juga tentang perbaikan posisi kue dalam kemasan untuk menghindari kerusakan. Tidak semua dapat dijalankan karena keterbatasan waktu si pemilik usaha dalam persiapannya menghadapi lebaran tahun 2016.

This thesis discusses business coaching conducted by the author with Karin Kukis, SME?s which specialized in producing pastries and selling only through Facebook. The purpose of this study is to help Karin Kukis business to growth by formulating a sustainable business model, to help the product penetrate a wider market and provide more value to customers. Recommendations for Karin Kukis are make improvement in the internal business process by calculation of break-even point, provide the form of daily transaction recording, improve their brand identity by making changes to the logo, improve their skills in photography, making the website which will be online store and became one of the means to communicate with its customers, and seeks optimal in terms of improved packaging, because without the packaging improvements product could not be delivered further from Jakarta. The conclusion of the coaching with Karin Kukis is to make a calculation of break-even point, provide the form of daily transaction recording, create a website and there is also input in the cookies configuration in the jar to prevent the damage. Not all can be run due to time constraints of the business owners in preparation to face the Eid 2016.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Steffie Riski Prasetyani
"Tesis ini membahas mengenai pengembangan pemasaran melalui peningkatan identitas produk, perbaikan promosi, dan penambahan channel pada UMKM Kelapa Indung. UMKM Kelapa Indung bergerak pada industri makanan dan minuman, yang menjual produk serundeng. Metode analisis yang digunakan, yaitu STP, bauran pemasaran, peluang pasar, SWOT, dan Gap.
Hasil yang diperoleh dari business coaching adalah peningkatan identitas produk dengan melakukan perubahan logo, pengembangan kemasan, perbaikan promosi dengan melakukan perbaikan media sosial dan penambahan website, dan penambahan channel secara online melalui media sosial dan secara offline melalui toko ritel, yaitu pasar swalayan dan pusat oleh-oleh.

This thesis discusses about marketing development through product enhancement, promotion improvement, and channel addition for SME Kelapa Indung. SME Kelapa Indung engages in food and beverage industry that sells roasted coconut product. Analysis methods used is STP, marketing mix, market opportunity, SWOT, and Gap.
The results of business coaching are product identity enhancement by changing the logo and developing the packaging, online promotion improvement by improving social media and adding website, and channel addition by online through social media and by offline through retail stores, that is supermarket and merchandise center.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Firliana Alvira
"Penelitian ini mengkaji tantangan yang dihadapi oleh Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia, khususnya di De Saung, terkait peningkatan kinerja dan kesadaran merek mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode campuran, dengan memanfaatkan data primer dari kuesioner online dan offline yang disebar kepada pelanggan, serta data sekunder dari catatan keuangan. Alat analisis seperti analisis SWOT, analisis gap, dan analisis Pareto digunakan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berkontribusi terhadap penurunan kinerja De Saung. Temuan penelitian menunjukkan adanya penurunan kinerja De Saung, ditandai dengan penurunan pendapatan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Penurunan ini dapat disebabkan oleh kurang optimalnya pemanfaatan saluran promosi media sosial dan kurangnya penawaran promosi yang beragam. Selain itu, De Saung juga menghadapi persaingan dari bisnis sejenis, yang menuntut penyesuaian strategi mereka. Untuk mengatasi tantangan ini, penelitian ini menyarankan pengembangan saluran pemasaran untuk meningkatkan kesadaran merek. Penelitian ini memberikan wawasan berharga dan rekomendasi bagi UMKM, khususnya De Saung, untuk mendorong pertumbuhan dan kesuksesan di pasar.

This study examines the challenges faced by Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) in Indonesia, specifically in De Saung, regarding their performance improvement and brand awareness. The research adopts a mixed-methods approach, utilizing primary data from online and offline questionnaires distributed to customers and secondary data from financial records. Analytical tools such as SWOT analysis, gap analysis, and Pareto analysis are employed to identify the factors contributing to De Saung's performance decline. The findings indicate a decrease in De Saung's performance, characterized by a decline in income compared to previous years. This decline can be attributed to underutilized social media promotional channels and a lack of diverse promotional offerings. Additionally, De Saung faces competition from similar businesses, necessitating adjustments to their strategies. To address these challenges, the study proposes the development of marketing channels to enhance brand awareness. This research offers valuable insights and recommendations for MSMEs, specifically De Saung, to foster growth and success in the market."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Marlina Ririn Indriyani
"Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam perekonomian Indonesia telah diakui memiliki peran strategis dalam penyerapan tenaga kerja dan dalam kontribusinya terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Di tengah populasi UMKM dan kontribusinya yang besar, UMKM sering menghadapi tantangan dalam aspek bisnis fundamental, seperti perencanaan, manajemen operasional, model bisnis, inovasi, dan proses bisnis. Studi kasus dengan pendekatan business coaching ini mengevaluasi model bisnis UMKM saat ini yanh didukung dengan hasil analisis lingkungan eksternal dan internal perusahaan. Dalam prosesnya. peneliti usaha Hi Kuliner menggunakan analisis internal VRIO, segmentasi pasar, analisis eksternal PEST, analisis lingkungan eksternal dengan lima kekuatan Porter, dan analisis SWOT terhadap usaha Hi Kuliner dan terhadap model bisnis Hi Kuliner. Peta SWOT telah dilakukan untuk usaha Hi Kuliner dan untuk model bisnis Hi Kuliner. Berdasarkan hasil SWOT model bisnis dengan mempertimbangkan kondisi lingkungan eksternal dan internal perusahaan, peneliti dapat mengidentifikasi kesenjangan usaha yang mengarah pada pengembangan model bisnis baru dengan perbaikan utama diawali pada blok aktivitas kunci. Hasil penelitian dengan pendekatan business coaching ini menekankan pentingnya mengembangkan dan melakukan pembaruan aktivitas kunci yang sesuai dengan bisnis UMKM.

Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) in the Indonesian economy have been recognized as having a strategic role in employment and in their contribution to Gross Domestic Product (GDP). Despite their large population and contribution, MSMEs often face challenges in fundamental business aspects, such as planning, operational management, business models, innovation, and business processes. This case study with a business coaching approach evaluated the current business model of one small enterprise (subsequently called HK for Hi Kuliner) supported by the results of the analysis of the company's external and internal environment. In the process, we used VRIO internal analysis, market segmentation, PEST external analysis, external environment analysis with Porter's five forces, and Strength-Weakness-Opportunity-Threat analysis of HK business model. SWOT mapping has been done for HK as an enterprise and for HK product’s business model. Based on the SWOT results of the business model by considering the external and internal environmental conditions of the company, we can identify business model problems that led to the development of a new business model with the main improvements starting in the key activity blocks. The results of this research with a business coaching approach emphasize the importance of innovating key activities that are suitable for the HK business."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Herald Galingga Wira Shenta
"Penelitian ini mengkaji model bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam meningkatkan akses pasar melalui e-commerce dengan tujuan untuk memperluas segmen pelanggan. Peran signifikan UMKM dalam menyerap tenaga kerja dan berkontribusi terhadap pendapatan domestik bruto (PDB) dihadapkan pada tantangan penyesuaian tren konsumen dalam memperoleh barang atau jasa yang bergeser dari “luring” ke “daring” akibat pandemi COVID-19. Pada kenyataannya, belum semua UMKM siap menyesuaikan model bisnis mereka untuk mengoptimalisasi marketplace. Penelitian ini menggunakan pendekatan Business Coaching dengan fokus analisis pada kanvas model bisnis (BMC) sebuah UMKM skala kecil di Jakarta, Indonesia. Untuk memahami permasalahan yang dihadapi (analisis kesenjangan usaha) dan usulan solusi untuk mencapai target usaha, penelitian ini menggunakan kerangka analisis SWOT, VRIO, dan lima kekuatan Porter. Hasil evaluasi BMC saat ini menunjukkan bahwa pengusaha perlu memperluas basis pelanggannya (customer segment) untuk dapat menerima manfaat dari produk yang ditawarkan. Selain itu, perkuatan nilai manfaat yang ditawarkan (value proposition) melalui kanal foto produk yang ditampilkan di etalase e-commerce Tokopedia diprediksi dapat meningkatkan kepercayaan calon pembeli atas nilai manfaat yang ditawarkan oleh produk tersebut. Kanvas model bisnis yang baru pun dikembangkan untuk menjawab tuntutan ekspansi basis pelanggan dan dampak ikutannya dalam hal pengembangan komponen-komponen model bisnis lainnya dalam formasi sembilan blok sebagai respons terhadap hasil analisis lingkungan internal dan eksternal. Rekomendasi kanvas model bisnis yang baru dapat menjawab tuntutan perluasan segmen pelanggan dengan cara meningkatkan penjualan produk dan meningkatkan peringkat di kanal Tokopedia yang pada gilirannya akan meningkatkan kinerja usaha.

This research examines the business model of Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) in increasing market access through e-commerce with the aim of expanding the customer segment. The significant role of MSMEs in absorbing labor and contributing to gross domestic product (GDP) is faced with the challenge of adjusting consumer trends in obtaining goods or services that have shifted from "offline" to "online" due to the COVID-19 pandemic. In reality, not all MSMEs are ready to adjust their business model to optimize the marketplace. This study uses the Business Coaching approach with an analysis focus on the business model canvas (BMC) of a small-scale MSMEs in Jakarta, Indonesia. To understand the problems faced (business gap analysis) and proposed solutions to achieve business targets, this study uses the SWOT analysis framework, VRIO, and Porter's five forces. The results of the current BMC evaluation show that entrepreneurs need to expand their customer base (customer segment) to be able to receive benefits from the products offered. In addition, strengthening the value proposition offered through the product photo channel displayed on the Tokopedia e-commerce storefront is predicted to increase the trust of potential buyers in the value benefits offered by the product. A new business model canvas was developed to respond to the demands of expanding the customer base and the associated impact in terms of developing other business model components in a nine-block formation in response to the results of an analysis of the internal and external environment. Recommendations for a new business model canvas can answer the demands of expanding customer segments by increasing product sales and increasing ratings on the Tokopedia channel which in turn will improve business performance."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ary Amry
"Sebagai penyumbang penyerapan tenaga kerja terbesar di Indonesia, UMKM memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia, kategori tersebut menyerap sekitar 97% tenaga kerja nasional. Dari sekian banyak jenis UMKM yang ada, UMKM di sektor konstruksi seperti pemasok bahan bangunan memiliki signifikansi tambahan karena kontribusi sektor konstruksi terhadap PDB Indonesia sekitar 10,7% pada tahun 2020. Konsumennya adalah pemilik bangunan, arsitek, dan kontraktor. Dengan pasar ini, perbaikan memiliki manfaat dalam situasi keseluruhan pada sektor konstruksi. Kajian dengan pendekatanbusiness coaching dilakukan pada salah satu UMKM yang masuk dalam kategori ini. Penelitian kualitatif dengan menggunakan kanvas model bisnis sebagai alat dilakukan untuk menemukan ketidaksesuaian pada model bisnis yang ada. Mengikuti temuan kami merumuskan perbaikan model bisnis untuk memicu intervensi dalam bentuk inovasi model bisnis. Dalam penelitian ini kami menemukan pengembangan kanal memiliki peran untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Selain itu mengusulkan model bisnis baru termasuk Kanal dan Hubungan Pelanggan yang akan mempengaruhi sumber daya Utama dan aktivitas Utama, karena model bisnis merupakan sistem aktivitas, yang memiliki interaksi dan saling ketergantungan antar komponen bangunan.

As the largest contributors to employment in Indonesia MSMEs have significant role in Indonesian economy, the category absorbs around 97% of the national workforce. And from many types of MSMEs that exist, those in the construction sector such as suppliers of building material have an additional significancy due construction sector contribution to Indonesia's GDP, around 10.7% in 2020. The consumer were the owners, architects, and contractors. With this market, the improvement should have a benefit in overall situation of construction sector.  A study with a business coaching approach was carried out on one of the MSMEs in this category. Qualitative research using business model canvas as tools was held to find discrepancy in existing business model. Follow the finding we formulated business model improvements to trigger an intervention in the form of a business model innovation. In this research we find Channel development has a role to improve the company performance. but it was necessary to propose a new business model including Channels and Customer Relations which will affect their Key resources and Key activities. because business models were an activity system, which has interactions and interdependencies between building components."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>