Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 189283 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fahri Fazri
"Tesis ini membahas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas di Industri suplier alat berat, di tengah persaingan industri suplier alat berat yang semakin ketat. Penelitian ini adalah penilitian kuantitatif dengan pengolahan data primer menggunakan metode SEM. Penelitian ini menggunakan PT Traktor Nusantara sebagai studi kasus. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa customer experience dan transaction cost terbukti berpengaruh terhadap loyalitas perusahaan pelanggan, dimana hal ini bermanfaat untuk pemilihan strategi PT Traktor Nusantara.
Hasil uji hipotesis penelitian menjelaskan variabel antecedent yang dapat mempengaruhi loyalitas adalah customer experience, transaction cost, dengan mediasi trust. Kedua variabel tersebut juga penting dalam menciptakan relationship satisfaction.

This thesis discusses the factors that influence supplier loyalty in the heavy equipment industry, amid heavy equipment supplier industry competition increasingly fierce. This research is a quantitative penilitian primary data processing using SEM. This study uses PT Traktor Nusantara as a case study. Results of this study explained that the customer experience and proven transaction costs affect the company's customer loyalty, where it is beneficial for the election strategy of PT Traktor Nusantara.
The result of the research hypothesis to explain the antecedent variables that can affect loyalty is customer experience, transaction costs, with the mediation of trust. Both of these variables are also important in creating a relationship satisfaction.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T44882
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bahar Buasan
"Relationship marketing pada industri jasa konstruksi memiliki perbedaan dari mainstream yang selama ini berlaku di dunia pemasaran pada umumnya. Di dalam dunia konstruksi, dikenal dengan menggunakan sistem tender sebelum terjadinya kerjasama proyek antara perusahaan kontraktor dan pelanggannya sehingga hal ini menjadi menarik untuk melihat bagaimana posisi relationship marketing di dalam industri jasa konstruksi yang menggunakan sistem tender dalam mengukur loyalitas pelanggan.
Di dalam hipotesis awal diduga variabel kepercayaan, biaya, dan komitmen mempunyai peranan penting didalam memberikan kepuasan pelanggan yang pada akhirnya berimplikasi pada loyalitas pelanggan. Hasil penelitian membuktikan hanya variabel trust yang cukup signifikan dalam membentuk komitmen dan loyalitas pelanggan, sedangkan faktor transaction cost tidak cukup signifikan dalam membentuk loyalitas dari pelanggan.
Dari hasil yang diperoleh maka penelitian ini memberikan suatu pemahaman baru di dalam dunia jasa konstruksi bahwa meskipun faktor transaction cost selama ini dinilai memiliki peranan yang sangat penting dalam menciptakan loyalitas pelanggan namun ternyata hasilnya menyatakan sebaliknya, bahwa faktor transaction cost dinilai tidak signifikan dalam membentuk loyalitas pelanggan. Dalam penelitian ini menemukan bahwa trust lah yang memiliki peran yang signifikan dalam menciptakan loyalitas pelanggan.

Relationship marketing the construction services industry differs from mainstream applications common to the marketing world in general. In the construction industry, known with its use of the tender system prior to the cooperative project between corporate contractor and their customers, makes it interesting to see how relationship marketing in the construction service industry deals with the tender system in terms of measuring customer loyalty.
In the initial hypothesis, it was expected that trust, cost and commitment variables would play a major role in producing customer satisfaction. The results of the research proved that trust variables significantly influenced customer commitment and loyalty, while transaction cost does not influence customer loyalty in significant terms.
The findings of the research provides alternative understanding relevant to the construction service industry that although transaction cost is considered influential in creating customer loyalty, the reverse is true in the construction industry and that transaction costs did not significantly produced customer loyalty. The research concludes that trust instead played a significant role in shaping customer loyalty.
"
Depok: Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T42948
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alia Latifah Hanum
"Tingginya potensi pasar layanan TV berbayar di Indonesia yang dibarengi dengan munculnya banyak operator baru membuat persaingan industri ini menjadi sangat ketat sehingga loyalitas konsumen dinilai sebagai faktor yang sangat krusial bagi kelangsungan bisnis. Penelitian ini merupakan sebuah studi kuatintatif dengan 179 responden pelangan TV berbayar di area Jabodetabek, dengan tujuan untuk mempelajari pengaruh kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan, trust, switching cost, dan persepsi harga terhadap loyalitas pelanggan TV berbayar di Indonesia. Hasil analisis menunjukkan kualitas pelayanan terbukti signifikan mempengaruhi trust dan kepuasan konsumen, selain itu switching cost dan persepsi harga terbukti signifikan mempengaruhi loyalitas konsumen.
Namun demikian trust dan kepuasan konsumen tidak terbukti signifikan mempengaruhi loyalitas konsumen, demikian juga dengan kualitas pelayanan yang tidak terbukti mempengaruhi loyalitas konsumen secara langsung. Hal menarik ditemukan bahwa meskipun kualitas pelayanan signifikan mempengaruhi kepuasan pelanggan dan trust, namun pengaruh keduanya terhadap loyalitas tidaklah signifikan. Hasil ini menunjukkan bahwa loyalitas konsumen tidak bergantung pada kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen, seperti yang selama ini ditekankan. Faktor lain seperti switching cost dan persepsi harga juga ternyata menjadi faktor yang harus dipertimbangkan dalam mengembangkan strategi bisnis guna meningkatkan loyalitas konsumen layanan TV berbayar.

Big market potentiality of pay-TV in Indonesia along with the emergence of many new service providers has made the market very competitive nowadays. This condition turns customer loyalty into one of the most crucial factor for the success of the business itself. This is a quantitative study with 179 customers of Pay-TV service located in Jabodetabek area as respondents, purposed to examine the effect of service quality, customer satisfaction, trust, switching cost, and price perception on customer loyalty in pay-TV services in Indonesia. The result shows that switching cost and price perception significantly affect customer loyalty on pay-TV services.
Interesting findings are that eventough service quality strongly affecting customer satisfaction and trust, in fact the effects of both variabels on customer loyalty was not significant. In business aspect, these results shows that customer loyalty was not determined by service quality and customer satisfaction, as has always been emphasized. In fact, other aspects like switching cost, and price perception has turn out to be the important factors to be considered in developing business strategies to increase the customer loyalty in pay-TV services in Indonesia.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T49425
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Berlian Temara
"Ini adalah sebuah realitas dipasar bahwa perusahaan dalam bisnisnya terkadang menimbulkan switching cost kepada konsumennya, untuk menghambat mereka beralih ke perusahaan yang lain. Dalam situasi yang kompetitif, seperti industri pembiayaan, dimana sebagian besar konsumen berhubungan dengan perusahaan hanya pada sekali pertemuan, memiliki potensi switching cost sebagai penghambat dan sebuah bahan pengikat dari loyalitas pelanggan dapat berubah? Untuk mengatasi masalah tersebut, penelitian ini meneliti efek moderasi switching cost terhadap Customer Loyalty diukur melalui nilai customer satisfacion dan Perceived Vaue.
Hasilnya, diperoleh dari kuesioner berbasis e-mail terhadap konsumen pengguna perusahaan pembiayaan, menunjukkan bahwa untuk meningkatkan Customer Loyalty perusahaan harus fokus terutama kepada Customer Satisfaction dan Perceived Vaue. Efek moderasi switching cost hanya akan memperkuat hubungan hal tersebut. Mengingat penemuan utama tersebut, penelitian ini memberikan implikasi strategis terhadap Customer Loyalty dalam industri pembiayaan konsumen.

It is a marketplace reality that company sometimes inflict switching cost on their customer, to inhibit them from defecting to other company. In a competitive setting, such as financial industries, where most of customers contact with company only at once, has the potential of switching cost as an exit barriers and a binding ingredient of customer loyalty become altered? To address that issue, this research examines the moderating effect of switching cost on customer loyalty through both satisfaction and perceived value measures.
The results, evoked from an e-mail based questionnaire to the user?s of consumer financing company, indicate that to increase customer loyalty company has to focus primarily to customer satisfaction and perceived value. Moderating effect of switching cost will only strengthen this relationship. In light of the major findings, this research sets forth strategic implication for customer loyalty in the setting of consumer financing industries.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ryzky Pamungkas
"Industri garmen saat ini menghadapi tantangan cukup besar dalam memenuhi permintaan buyer dari luar negeri. Tren fast fashion membuat siklus produksi garmen menjadi lebih pendek dan membuat pabrik garmen harus bekerjasama dengan suplier yang dapat diandalkan, terutama suplier benang jahit, untuk memenuhi kebutuhan produksi di pabrik garmen dalam waktu singkat. Penelitian ini menekankan pentingnya membangun kemitraan strategis antara pabrik garmen dan suplier benang jahit dalam kerangka hubungan pemasaran B2B untuk memastikan rantai pasok yang efektif dan berkesinambungan. Penelitian terdahulu menyatakan terdapat pengaruh positif antara commitment, trust, dan Relative dependence terhadap customer satsifaction dan customer loyalty dalam hubungan distributor dan seller. Penelitian ini membangun model untuk menganalisis lebih lanjut pengaruh faktor-faktor Affective commitment, Instrumental Commitment, Capability-based Trust, Benevolence-based Trust, dan Relative dependence untuk mencapai customer satisfaction dan customer loyalty dalam hubungan pabrik garmen dan suplier benang jahit. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pengumpulan data melalui survei yang dikirimkan kepada pabrik garmen yang berada di Propinsi Banten, Jawa Barat, dan DKI Jakarta. Analisis data dilakukan dengan menggunakan SmartPLS untuk menentukan hubungan antara variabel-variabel penelitian. Temuan dari penelitian ini menyatakan Affective commitment, Instrumental Commitment, Capability-based Trust, dan Benevolence-based Trust dapat meningkatkan customer satisfaction dan customer loyalty, namun relative dependendence ditemukan tidak berpengaruh signifikan terhadap customer satisfaction dan customer loyalty. Temuan ini memberikan wawasan baru bagi perusahaan dalam mengembangkan strategi bisnisnya.

The garment industry is currently facing considerable challenges in meeting the demands of overseas buyers. The fast fashion trend has shortened garmen production cycles and forced garmen factories to work with reliable suppliers, especially sewing thread suppliers, to fulfil the production needs of garmen factories in a short period of time. This research emphasises the importance of building strategic partnerships between garmen factories and sewing thread suppliers within the framework of B2B marketing relationships to ensure an effective and sustainable supply chain. Previous research states that there is a positive influence between commitment, trust, and Relative dependence on customer satisfaction and customer loyalty in distributor and seller relationships. This study builds a model to further analyse the influence of Affective commitment, Instrumental Commitment, Capability-based Trust, Benevolence-based Trust, and Relative dependence factors to achieve customer satisfaction and customer loyalty in the relationship between garmen factories and sewing thread suppliers. The research method used is quantitative method with data collection through surveys sent to garmen factories located in Banten, West Java, and DKI Jakarta Provinces. Data analysis was conducted using SmartPLS to determine the relationship between the research variables. The findings of this study state that Affective commitment, Instrumental Commitment, Capability-based Trust, and Benevolence-based Trust can increase customer satisfaction and customer loyalty, but Relative dependence was found to have no significant effect on customer satisfaction and customer loyalty. These findings provide new insights for companies in developing their business strategies."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eric Fazar Irawan
"ABSTRAK
Tesis ini membahas mengenai pengaruh moderasi variabel demografi terhadap
hubungan orientasi pemasaran relasional dengan loyalitas pelanggan. Dalam
penelitian ini digunakan construct orientasi pemasaran relasional sebagai suatu
bangunan multi dimensional yang terdiri atas 5 komponen perilaku yakni :
Kepercayaan, Komitmen, Komunikasi, Keterikatan dan Kepuasan. Penelitian
dilakukan di tahun 2012 dengan jumlah responden sebanyak 100 orang.
Responden adalah para pelanggan dari CV. XYZ sebuah perusahaan jasa yang
menjadi agen penjualan mesin-mesin produksi untuk industri makanan terutama
untuk produk biskuit, usaha lain dari CV XYZ adalah pembuatan spareparts
mesin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel demografi jenis kelamin
memberikan efek moderasi terhadap hubungan orientasi pemasaran relasional
dengan loyalitas pelanggan. Terdapat pengaruh interaksi pada variabel kepuasan
dan loyalitas pelanggan. Sedangkan variabel pendidikan memberikan pengaruh
moderasi main effect pada variabel kepuasan dan loyalitas pelanggan. Hasil
penelitian bisa digunakan sebagai acuan perusahaan dalam mengambil strategi
pemasaran relasional dan juga sebagai acuan untuk penelitian selanjutnya.

ABSTRACT
This thesis discusses moderating impact of demographic variables (gender and
education) on marketing relationship orientation with customer loyalty. In this
research, relationship market ing orientation used construct as a multidimensional
structure consisting of five components namely behavior: Trust,
Commitment, Communication, Bonding and Satisfaction. The study aims to test
moderating impact of demographic variables (gender and education) on marketing
relationship orientation with customer loyalty. Research conducted in 2012 with
the number of respondents were 100 people. Respondents were customers of CV.
XYZ which is a service company as a sales agent of production process
machineries for the food industry, especially for biscuit products, others business
of CV XYZ is manufacturing of spare parts machines. The results showed that the
demographic variables - gender has moderating effect on relationship marketing
orientation with customer loyalty. There was an interaction effects on customer
satisfaction and loyalty variable. While the education variable providing
moderation main effect on customer satisfaction and loyalty variable. The results
can be used as a reference for company to evaluate relationship marketing strategy
as well as a reference for future studies"
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T34735
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Assyla Ridha Adhani
"Kemajuan teknologi yang begitu pesat mengubah cara individu melakukan aktivitas sehari-hari termasuk bagaimana kita melakukan transaksi. Maka, tidak heran jika saat ini orang-orang melakukan pembayaran menggunakan dompet digital. Namun, dengan semua potensi manfaat yang dapat diperoleh, ada juga risiko yang harus dihadapi terutama pada masalah privasi yang terkait saat menggunakan dompet digital. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara trade-off pengungkapan data pribadi dengan manfaat dan resiko yang dirasakan dan dampaknya kepada kepercayaan dan loyalitas pengguna dalam layanan E-Wallet. Penilitian ini dibuat berdasarkan kombinasi Privacy Calculus Theory dan Relational Mediator Meta-Analytic Framework untuk menggambarkan pengaruh trade-off pengungkapan data pribadi terhadap kepercayaan dan loyalitas. Sebanyak 914 responden diperoleh melalui metode purposive dan convenience sampling, kemudian dianalisis menggunakan PLS-SEM. Temuan penelitian memvalidasi bahwa manfaat yang dirasakan (perceived credibility, information interest, perceived control, perceived ease of use) memiliki hubungan positif dengan perceived value, sedangkan cost yang dirasakan (privacy concern, perceived vulnerability) memiliki hubungan negatif dengan nilai yang dirasakan. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived value memiliki dampak positif terhadap kepercayaan dan loyalitas pengguna serta variable kepercayaan memiliki peran mediasi antara perceived value dan loyalitas.

The rapid advancement of technology changes the way individuals conduct activities on a daily basis including how we do transactions. It should come as no surprise that people nowadays mainly pays using digital wallets. In presence of all the potential benefits gained, there are also risks especially on privacy issues associated when using digital wallets. This study aims to examine the relationship between personal data disclosure’s trade-off with perceived benefits and cost as an antecedent, trust, and attitude loyalty in E-Wallet services. This research is build based on the combination of the Privacy Calculus Theory and the Relational Mediator Meta-Analytic Framework to describe the effect of personal data disclosure’s trade-off to trust and loyalty. A total of 914 respondents were obtained through purposive and convenience sampling method, then analysed using the PLS- SEM. The research findings validate that perceived benefits (perceived credibility, information interest, perceived control, perceived ease of use) have a positive relationship with perceived value, whereas perceived cost (privacy concern, perceived vulnerability) have a negative relationship with perceived value. The result further confirmed that perceived value positively influence trust and attitude loyalty as well as trust is a mediating role between the relationship of perceived value and attitude loyalty."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
M. Farid Nuranshory
"Tingkat persaingan perbankan di Indonesia dalam meningkatkan service delivery terlihat sangat ketat, setiap bank berupaya untuk menjadi nomor satu dalam memberikan layanan prima (service excellence) kepada nasabahnya. Disisi lain saat ini nasabah semakin canggih (sophisticated) dan sangat menuntut (demanding), sehingga mereka tidak hanya mencari harga yang kompetitif dan layanan yang baik saja, namun mereka menginginkan experience yang mengesankan ketika berinteraksi dengan produk maupun layanan yang diberikan. Hal ini menyebabkan bank harus berpikir ulang mengenai dirinya agar dapat berkompetisi secara efektif dan mendiferensiasi dirinya di pasar dengan mengetahui bagaimana nasabah mereka mengalami layanan yang mereka berikan. Disamping itu bank harus dapat memahami faktor-faktor yang mempengaruhi customer experience dalam ber-bank (bank customer experience), komitmen serta loyalitas mereka terhadap bank yang digunakan. Penelitian ini merujuk pada konseptual model customer experience dibangun oleh Vehoef et al (2009), model ini terdiri dari beberapa elemen yang membentuk customer experience, yaitu social environment, service interface, atmosphere, price, brand, electronic channel dan past experience. Penelitian dilakukan terhadap nasabah empat bank besar di Jabodetabek dimana dalam 1 bulan terakhir melakukan interaksi/transaksi perbankan baik melalui walk-in channel atau e-channel, dari hasil penelitian ini didapat bahwa faktor service quality menjadi faktor yang berkorelasi paling kuat, baik terhadap customer experience satisfaction maupun customer emotion satisfaction, namun demikian tidak hanya service quality saja yang berkorelasi terhadap customer experience, terdapat faktor-faktor lain yang juga berkorelasi yaitu brand, bank atmosphere, environment influence dan e-channel serta past experience. Penelitian ini memberikan hasil bahwa customer experience memiliki pengaruh kepada customer experience satisfaction demikian halnya dengan customer emotion satisfaction. Dalam kaitannya dengan customer loyalty, keduanya memiliki pengaruh yang tidak jauh berbeda, hal ini menunjukkan bahwa customer emotion satisfaction juga menjadi hal yang penting untuk diperhatikan dalam menciptakan customer loyalty.

Banking competition in improving service delivery in Indonesia looks very tight, each bank strives to be number one in providing excellent service (service excellence) to its customers. On the other hand, currently customers become more sophisticated and demanding, so they are not just looking for the competitive price and good service, but they want a memorable experience when interacting with the product or services provided. This led the bank to think again about themselves in order to compete effectively and differentiate themselves in the marketplace by knowing how their customers experience to the service that they provide. In addition, the bank must be able to understand the factors that affect the customer experience when interacting with the bank (the bank customer experience), their commitment and loyalty to the bank. This study refers to the conceptual model of customer experience from Vehoef et al (2009), the model is composed of several elements of the customer experience, the social environment, service interface, atmosphere, price, brand, electronic channel and past experience. Research conducted on the four major bank customers in Greater Jakarta, where in the last one month interaction / transaction with the bank either through walk-in channels or e-channel, the results of this study found that the factor of service quality is the most strongly correlated to both the customer experience satisfaction and customer emotion satisfaction, however, not only the service quality are correlated to the customer experience, there are other factors that also correlate i.e. the brand, the bank atmosphere, environment influence and e-channel as well as past experience. This study provides results that the customer experience has impact on customer experience satisfaction and customer emotion satisfaction. In terms of customer loyalty, both customer experience satisfaction and customer emotion satisfaction have the effect is not much different, it indicates that customer satisfaction emotion also be important to consider in creating customer loyalty.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
T43475
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadhifa Rizqy Audeta
"Tingginya tingkat persaingan bisnis di Indonesia sebab semakin banyak alternatif brand skincare. Generasi Z dinilai memiliki daya beli yang lebih rendah dibandingkan generasi sebelumnya, yang membuat mereka lebih sadar akan harga dan mengurangi nilai loyalitas terhadap suatu merek. Penelitian ini fokus pada pengaruh Customer Perceived Value (X1) dan Competitive Advantage (X2) terhadap Customer Loyalty (Y) dengan Trust (M) sebagai mediasi pada Generasi Z pengguna brand Skintific di Indonesia. Dengan menggunakan metode kuantitatif dan kuesioner kepada 220 responden, hasil analisis Structural Equation Modelling-Partial Least Square (SEM-PLS) menunjukkan bahwa Customer Perceived Value dan Competitive Advantage berpengaruh positif dan signifikan terhadap Customer Loyalty melalui peran Trust sebagai mediasi. Temuan ini memberikan pemahaman mendalam tentang faktor-faktor yang memengaruhi loyalitas pelanggan, khususnya pada Generasi Z di dalam pasar skincare, memberikan pandangan yang berharga bagi perkembangan merek Skintific.

With a surge in skincare brand alternatives, Indonesia's business landscape witnesses heightened competition. Generation Z, characterized by lower purchasing power, prioritizes price consciousness, leading to reduced brand loyalty. This study focuses on examining the influence of Customer Perceived Value (X1) and Competitive Advantage (X2) on Customer Loyalty (Y) among Generation Z users of the Skintific brand in Indonesia, with Trust (M) serving as a mediating factor.Through a quantitative method involving 220 respondents and questionnaire analysis, Structural Equation Modelling- Partial Least Square (SEM-PLS) reveals that Customer Perceived Value and Competitive Advantage significantly and positively impact Customer Loyalty, mediated by Trust. These findings provide a comprehensive understanding of factors influencing customer loyalty, particularly within the Generation Z skincare market, offering valuable insights for the development of the Skintific brand."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>