Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 91668 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Siti Khoiriyah Uswah
"Penelitian ini membahas mengenai bagaimana peran orang tua dalam pemilihan bahan bacaan anak di Perpustakaan Rimba Baca yang bertujuan untuk menggambarkan bagaimana peran orang tua terkait kebebasan anak dalam memilih bahan bacaan yang disukainya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Fokus pembahasan yaitu dengan menganalisis peran orang tua serta beberapa aspek seperti latar belakang pendidikan orang tua, pekerjaan orang tua, serta cara berkomunikasi orang tua yang kemudian dikaitkan dengan preferensi pemilihan bahan bacaan anak, mencakup karakteristik bahan bacaan anak, jenis bahan bacaan anak, strategi pencarian dan pemilihan bahan bacaan anak, perbedaan gender, aspek-aspek yang berkembang dalam diri anak, kemampuan, serta motivasi dan minat.
Hasil penelitian ini yaitu, baik secara langsung maupun tidak langsung, orang tua memiliki peran besar dalam proses pemilihan bahan bacaan anak. Salah satu peran yang dilakukan orang tua yaitu seringnya orang tua mengajak anaknya untuk pergi ke perpustakaan dan memperkenalkan berbagai jenis bahan bacaan. Dalam proses pemilihannya di Perpustakaan Rimba Baca, tidak semua orang tua memberikan kebebasan secara langsung kepada anaknya untuk memilih suatu bahan bacaan tertentu, melainkan dengan membimbing, mengawasi serta memberi saran terhadap suatu bahan bacaan yang bagus menurut orang tua informan. Dapat disimpulkan bahwa perbedaan peran setiap orang tua menyebabkan perbedaan jenis bahan bacaan yang dipilih dan diminati oleh anak.

This research discusses the role of parents toward children reading material selection at Rimba Baca Library. The purpose of this research is to describe how the role of parents related to children?s freedom for selecting reading material. This research is done by applying qualitative approach and case study method. The focus of the discussion is to analyze the role of parents as well as some aspects such as the educational background of parents, occupation, and the way they communicate and relate them with the selection of reading material preferences, including reading material characteristics, types of reading materials, search strategies and reading material selection, gender differences, develop aspects in children, children's ability, motivation and interest.
The result showed that, either directly or indirectly, parents have a major role in the process of children reading material selection. One of the role of the parents is they often encourage their children to go to the library and introduce various types of reading materials. In reading material selection process at Rimba Baca Library, not all parents give the freedom for their children to choose their reading materials, but also by guiding, supervising and providing advice on a good reading materials. It can be concluded that the difference in the role of each parent cause different types of reading materials chosen and preferred by children.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016
S62579
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nisa Prianti Yasti
"Penelitian ini membahas mengenai minat baca anak di Sekolah Citra Alam Jakarta. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini yaitu minat baca anak pada usia masa tengah dan akhir yang berusia 8 ndash; 10 tahun yang memiliki nilai Bahasa Indonesia tertinggi dan terendah di kelas berdasarkan aspek-aspek minat baca anak yaitu keterampilan membaca, ketertarikan anak dalam membaca, lingkungan, tingkat ekonomi, tempat tinggal, usia, dan gender. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi minat anak dalam membaca di Sekolah Citra Alam.
Pendekatan penelitian yang digunakan ialah kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa lingkungan dan ketersediaan bahan bacaan merupakan faktor dominan yang memengaruhi minat baca anak. Sedangkan untuk aspek tingkat ekonomi tidak berpengaruh terhadap minat baca anak di Sekolah Citra Alam.

This study discusses the children's interest in the Sekolah Alam Jakarta. Issues discussed in this research that children's interest in ages past middle and end were aged 8 10 years have a value of Indonesian highs and lows in the classroom based on aspects of children's interest in which reading skills, child's interest in reading, the environment, economic level, place of residence, age, and gender. This study aimed to analyze the factors that affect a child's interest in reading in the Sekolah Citra Alam.
The approach used in this study is qualitative case study method. The results of this study indicate that the environment and the availability of reading materials is the dominant factor affecting children's interest. As for the aspects of economic levels do not affect the children's interest in the Sekolah Citra Alam.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016
S66156
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wulandari
"Penelitian ini membahas mengenai pemanfaatan koleksi buku anak di perpustakaan anak Rimba Baca. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pemanfaatan koleksi buku anak di dalam perpustakaan dan di luar perpustakaan, faktor yang mendorong pengguna dan manfaat dari pemanfaatan koleksi buku anak Rimba Baca. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah pemanfaatan koleksi buku anak di Perpustakaan Anak Rimba Baca sudah cukup baik dilihat dari kegiatan peminjaman oleh pengguna yang meminjam lima buku per minggu untuk dibaca di rumah dan di dalam perpustakaan pengguna diberikan akses terbuka kesemua sumber dan media bagi anak. Faktor yang mendorong pengguna memanfaatkan koleksi buku anak adalah kebutuhan belajar anak, kelengkapan koleksi buku anak dan suasana perpustakaan yang nyaman. Koleksi tersebut dipakai dan bermanfaat bagi penggunanya, seperti memberikan pengguna referensi buku anak yang terbaru dan memberikan ide untuk kegiatan belajar bersama keluarga di rumah. Namun, Rimba Baca perlu meningkatkan judul dan jenis koleksi buku anak yang berbahasa Indonesia dan harus dapat mempertahankan kesan positif yang telah didapatnya selama ini.

This study discusses the use of childrens book collections by children and parents in the Rimba Baca childrens library. This research aims to identify the use of childrens book collections by children and parents both inside libraries and outside libraries, factors that encourage users and the impact of utilizing the Rimba Baca childrens book collection. This type of research is qualitative with a case study method. Data collection is done by observation and interviews. The results of this study are that the use of childrens book collections in the Rimba Baca Childrens Library is quite good in terms of lending activities by users who borrow five books per week to read at home and at in the library users are given open access to all sources and media for children. Factors that encourage users to use childrens book collections are childrens learning needs, the completeness of childrens book collections and a comfortable library atmosphere. The collection is used and useful for its users, such as giving users the latest childrens book references and providing ideas for learning activities with family at home. However, Rimba Baca needs to improve the title and type of collection of childrens books that speak Indonesian and must be able to maintain the positive impression that has been gained so far. "
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rindy Priyanka Estri
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi apa yang menjadi motivasi intrinsik dan ekstrinsik orangtua mengajak anaknya berkunjung dan memanfaatkan Perpustakaan Anak Rimba Baca, serta latar belakang ekonomi, pendidikan, dan sosial yang mendukung terjadinya motivasi pemanfaatan tersebut. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Informan dalam penelitian ini berjumlah dua belas orang yang terdiri dari sepuluh pemustaka dan dua orang pihak perpustakaan.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah: motivasi intrinsik orangtua adalah edukasi, rekreasi, dan sosialisasi. Motivasi ekstrinsik yang menjadi pendorong untuk memanfaatkan perpustakaan adalah tempat dan koleksi yang dimiliki perpustakaan tersebut. Motivasi pemanfaatan dapat timbul karena didukung latar belakang ekonomi dan pendidikan orangtua, kebiasaan membaca dalam keluarga dan kegiatan sekolah yang mendukung.

The purposes of this research are to identify the intrinsic and extrinsic motivation of the parents who bring their children for using Rimba Baca and the economic, academic, and social background which are supported the motivations. This research uses descriptive qualitative approach with case study method. There are twelve informants in this research, consists of are ten users, and two people from Rimba Baca Children Library.
The conclusions from this research are: intrinsic motivations of the parents are education, recreation, and socialization. Extrinsic motivations of the parents to use the library are place and collections in that library. The motivations of library use can emerge because they are supported by economic and academic background of the parents, reading habit in the family, and supporting school activities.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S55107
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakhri Mubin Asyraf
"ABSTRACT
Skripsi ini membahas mengenai minat baca anak pada pola asuh orangtua di Kelurahan Margahayu, Bekasi Timur. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan minat baca anak dengan penerapan pola asuh orangtua. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil dari penelitian ini menggambarkan bahwa jenis pola asuh yang menunjukkan kondisi sesuai untuk minat baca anak adalah pola asuh otoritatif. Orangtua yang menggunakan pola asuh otoritatif akan menyediakan bahan bacaan berkualitas kepada anaknya seperti buku bergambar, komik, buku fiksi, dan biografi yang sesuai dengan usia anak. Dengan memberikan bahan bacaan ini akan merangsang rasa ingin tahu anak sehingga mereka tertarik untuk membaca buku. Kondisi lingkungan seperti adanya Taman Bacaan Masyarakat atau lokasi tempat tinggal yang dekat dengan perpustakaan daerah juga menjadi faktor pendukung perkembangan minat baca anak. Pada pola pengasuhan otoritatif orangtua memberikan perhatian dan kasih sayang secara langsung sehingga anak berkembang menjadi pribadi yang memiliki rasa percaya diri, penurut, dan menghargai orang lain. Sehingga orangtua dapat lebih efektif dalam meningkatkan minat baca anak.

ABSTRACT
This thesis discusses about the chlidrens reading interest through parenting in the Margahayu village, East Bekasi. This study aims to describe the childrens reading interest through the implementation of parenting. The research is qualitative research with case study method. The result of this study illustrate that kind of parenting that shows the state according to childrens reading interest is authoritative parenting style. Parents who use authoritative parenting will provide quality reading materials to their children such as picture books, comics, fiction, and biography that suits the childs age. By providing reading materials will stimulate the curiosity of children so that they are interested in reading a book. Environmental conditions such as the Community Library or the location of a place to stay that is close to local libraries also a factor supporting the development of childrens reading interest. In authoritative parenting parents give attention and affection in person the child will develop into a person who has confidence, obedient, and respect for others. So that parents can be more effective in improving childrens reading interest.
"
2016
S64516
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dafin Hadidarma Putra Pratama
"Fungsi rekreasi dalam perpustakaan merupakan fungsi yang berguna mengubah perpustakaan menjadi tempat yang menarik sehingga dapat memenuhi kebutuhan rekreasi pemustakanya dalam menumbuhkan minat baca, khususnya pada anak. Tujuan dibuatnya penelitian ini yaitu untuk memberikan gambaran penerapan fungsi rekreasi dalam perpustakaan guna menumbuhkan minat baca anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses penerapan fungsi rekreasi dalam Rimba Baca dan apa faktor penghambat dan pendukung dalam penerapan fungsi rekreasi pada Rimba Baca untuk membangun minat baca anak. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis studi kasus. Hasil dari penelitian ini yang dilakukan di bulan Oktober dan  November Tahun 2022 bahwa dalam pelaksanaan operasionalnya Rimba Baca sangat mengedepankan fungsi rekreasi dalam seluruh aspek kegiatan. Hal tersebut dilaksanakan dengan cara menyediakan bahan bacaan yang beragam, tempat yang nyaman serta fasilitas dan program yang dapat mengemas kegiatan membaca jadi lebih menarik dan juga menyenangkan untuk anak. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah penerapan fungsi rekreasi dilakukan dengan memberikan pilihan kepada anak dalam membangun minat baca anak. Saran yang dapat diberikan oleh penulis adalah perlu adanya tinjauan kembali seputar gedung yang belum mampu menampung pengunjung dengan jumlah banyak, dan kurangnya tenaga ahli perpustakaan, serta belum berjalannya program rutin di Rimba Baca.

The recreational function in the library is a function that is useful in turning the library into an interesting place so that it can meet the recreational needs of its users in fostering interest in reading, especially in children. The purpose of this research is to provide an overview of the application of the recreational function in the library to foster children's interest in reading. The formulation of the problem in this study is how the process of implementing the recreational function in Rimba Baca and what are the inhibiting and supporting factors in implementing the recreational function in Rimba Baca to build children's interest in reading. In this study, researchers used qualitative methods with a case study analysis approach. The results of this research conducted in October and November 2022 show that in carrying out its operations, Rimba Baca prioritizes the function of recreation in all aspects of its activities. This is done by providing a variety of reading materials, comfortable places as well as facilities and programs that can make reading activities more interesting and fun for children. The conclusion obtained in this study is that the application of the recreational function is carried out by giving choices to children in building children's interest in reading. Suggestions that can be given by the author are that there is a need for a review regarding buildings that have not been able to accommodate large numbers of visitors, and the lack of library experts, and the routine program at Rimba Baca has not yet run."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Shinta Silviana
"Skripsi ini membahas mengenai pola asuh para orangtua yang menggunakan Perpustakaan Anak Rimba Baca sebagai upaya dalam menumbuhkan minat baca anak mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pola asuh orangtua ketika berada di perpustakaan dan di rumah, dan mengidentifikasi faktor-faktor yang menentukan pola asuh orangtua. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan jenis pola asuh orangtua merupakan pola asuh demokratis. Oleh karena jenis pola asuh tersebut, maka pola asuh orangtua ketika berada di perpustakaan ialah dengan memberikan kepercayaan kepada staf perpustakaan untuk membantu menumbuhkan minat baca anak melalui kegiatan perpustakaan. Sedangkan di rumah, para orangtua memberikan pengasuhan dengan meluangkan waktu untuk membacakan buku.

This undergraduate thesis discusses on parenting pattern that use at Perpustakaan Anak Rimba Baca as an effort to excite children’s reading interest. The purpose of this research are to identify the parenting at library and at home, and for identify the factors to determine the parenting. This type of research is qualitative research with case study method. The result of this research indicates that the type of parenting id authoritative parenting. Therefore, that type of parenting, the pattern of parenting when the parent at library is gives confidence to library staff in order to help increasing reading interest by library activity. Whereas, at home, parents can take some time to read their children a book."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Novia Dwi Indaryani
"Artikel ilmiah ini membahas mengenai jenis pola asuh orang tua yang berprofesi guru terhadap pengembangan minat baca anak di kompleks guru Pelabuhan Ratu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Kualitatif dengan pendekatan studi Etnografi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pendidikan orang tua, profesi orang tua dan lingkungan di sekitar anak (keluarga) berpengaruh dalam meningkatkan minat minat baca anak. Orang tua yang berprofesi sebagai guru menggunakan jenis pola asuh otoritatif (authorative parenting) dalam membangun minat baca anak. Mereka membebaskan anaknya untuk memilih apa yang mereka minati namun dengan batasan-batasan atau peraturan yang sudah disepakati terlebih dahulu. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pola asuh orang tua dalam membangun minat baca anak di lingkungan kompleks guru Pelabuhan Ratu dapat dikategorikan cukup baik dalam arti para orang tua peduli dengan minat baca dan mendukung anak dengan melengkapi fasilitas seperti bahan bacaan yang sesuai dengan usia anak sehingga anak dapat menyukai kegiatan membaca.

The undergraduate thesis discusses about the type of parenting of parents working as teachers in relation to the development of chidrens reading interest at Kompleks Guru Pelabuhan Ratu. This is a qualitative research with ethnographic study approach. The result show that parents education background, profession, and childrens surrounding environment (family) are advancing childrens reading interest. Parents working as teachers use authoritative parenting method in building childrens reading interest. They let their children free to choose any reading materials they are interested in yet with boundaries or rules which have been agreed beforehand. The conclusion from this research is parentings style on increasing of children reading interest in environment of Kompleks Guru Pelabuhan Ratu are quite good in the sense of parents concerned with reading and supporting the child?s with facilities such as reading material according with age so that the child can love reading."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2015
S61103
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mazarani Oktavia Myzar
"Penelitian ini membahas mengenai pembinaan minat baca melalui Program Cinta Membaca di Perpustakaan Yayasan Pustaka Kelana. Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan Program Cinta Membaca, dan mengetahui kendala yang dialami Perpustakaan Yayasan Pustaka Kelana dalam menumbuhkan minat baca anak melalui Program Cinta Membaca. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus.
Hasil dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kategori peserta Program Cinta Membaca, proses Program Cinta Membaca, pembinaan minat baca melalui Program Cinta Membaca, kendala pembinaan minat baca pada Program Cinta Membaca, manfaat Program Cinta Membaca dalam menumbuhkan minat baca, serta sikap gemar membaca melalui Program Cinta Membaca. Program Cinta Membaca mampu menumbuhkan minat baca anak melalui pembinaan minat baca dengan hadiah wisata yang menjadi motivasi eksternal anak.

This study discusses the fostering of reading interest through Program Cinta Membaca in Library of Yayasan Pustaka Kelana. The purpose of this study is to describe Program Cinta Membaca, and to know the obstacles experienced by the Library of Yayasan Pustaka Kelana in growing children 39 s reading interest through Program Cinta Membaca. This research is a qualitative research with case study method. Methods of data collection conducted by observation, interview and document studies.
The result of this research is describing the categories of participants in Program Cinta Membaca, process of Program Cinta Membaca, build interest in reading through Program Cinta Membaca, constraints in building reading interest on Program Cinta Membaca, responses of Program Cinta Membaca in growing children 39 s reading interest, and reading attitude through Program Cinta Membaca. Program Cinta Membaca is able to foster children 39 s reading interest through build interest in reading with educational tour prizes that become external motivation of children.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dian Wahono
"Penelitian ini adalah mengenai penyampaian informasi yang ditujukan bagi anak-anak. Tujuan penelitian ini memahami penyampaian informasi kepada anak-anak, yang disampaikan melalui media buku bacaan bergambar. Metode yang dipakai adalah analisis isi dengan pendekatan kualitatif. Objeknya adalah dua buah buku bacaan bergambar berjudul Aku Diganggul dan Tidak Adil. Kedua buku ini tergabung dalam buku seri Kenali Perasaanmu. Dari penelitian ini dihasilkan bahwa dalam penyampaian informasi kepada anak-anak, ilustrasi adalah faktor yang paling dominan karena dapat menarik minat anak-anak untuk mengaksesnya. Ketiadaan aliterasi dan bentuk kalimat yang kurang sesuai bagi anak-anak ini kemungkinan disebabkan karena buku_-buku ini adalah karya terjemahan dari Bahasa Inggris. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah buku-buku ini diperuntukkan bagi anak usia 2 atau 3 s.d. 6 tahun dan hendaknya dibaca bersarna orangtua agar informasi yang terdapat dalam buku dapat tersampaikan dengan baik kepada anak-anak. Ilustrasi-ilustrasi dalam buku ini sangat tepat sesuai dengan fungsi-fungsinya. Ketiadaan aliterasi dan bentuk-bentuk kalimat yang terlampau panjang dapat menjadi faktor penghambat buku ini sebagai media penyampaian informasi yang baik bagi anak-anak."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2007
S15270
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>