Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 152607 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Desi Arisandy
"[Skripsi ini membahas tentang fenomena mobile commerce transportasi darat seperti ojek online, pemesanan taksi maupun pembelian e-ticketing yang menawarkan sejumlah layanan produk dan jasa yang canggih untuk pengguna
ponsel dan sedang digemari oleh penggunanya. Pemesanan layanan transportasi melalui perangkat mobile (pembelian mobile) telah menjadi nyaman melalui aplikasi mobile layanan transportasi, tetapi banyak konsumen masih tidak
memanfaatkan aplikasi tersebut secara maksimal. Dari perspektif mobile vendor (penyedia layanan jasa aplikasi transport), mempertahankan pelanggan saat ini dan memfasilitasi pembelian lanjutan mereka sangat penting untuk membuat keuntungan dan mencapai pembangunan berkelanjutan. Oleh karena itu, penting untuk memahami faktor-faktor penentu yang mempengaruhi intensitas niat
konsumen konsumen dalam menggunakan aplikasi mobile layanan transportasi darat. Penelitian ini menggunakan metode SEM (Structural Equation Modelling) dengan 159 responden. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kepuasan menjadi faktor penentu utama dalam mempengaruhi niat keberlanjutan konsumen. Variabel kepuasan dipengaruhi oleh aliran dan kepercayaan yang dipengaruhi oleh kualitas
informasi, kualitas layanan serta privasi dan keamanan. Hasil penelitian ini memberikan beberapa implikasi penting untuk penelitian mobile commerce terhadap perilaku konsumen dalam melakukan pembelian.

This thesis discusses the phenomenon of mobile commerce online ground transportation such as taxis, taxi booking or purchase e-ticketing service that offers a number of advanced products and services for mobile users and are favored by users. Booking transportation services through mobile devices (mobile purchases) have become comfortable transportation services through mobile applications, but many consumers still do not take advantage of the application to the fullest. From the perspective of mobile vendor (service provider transport
applications), retaining current customers and facilitating the purchase of their continued very important to make a profit and achieve sustainable development. Therefore, it is important to understand the determinants affecting consumer intention intensity consumers to use mobile application service ground
transportation. This study uses SEM (Structural Equation Modelling) with 159 respondents. Results of this study stated that satisfaction becomes a major determining factor in influencing the sustainability of consumer intentions. Variable satisfaction is influenced by the flow and trust that is influenced by the quality of information, quality of service as well as privacy and security. The results provide some important implications for mobile commerce research on consumer behavior in the purchase., This thesis discusses the phenomenon of mobile commerce online ground
transportation such as taxis, taxi booking or purchase e-ticketing service that
offers a number of advanced products and services for mobile users and are
favored by users. Booking transportation services through mobile devices (mobile
purchases) have become comfortable transportation services through mobile
applications, but many consumers still do not take advantage of the application to
the fullest. From the perspective of mobile vendor (service provider transport
applications), retaining current customers and facilitating the purchase of their
continued very important to make a profit and achieve sustainable development.
Therefore, it is important to understand the determinants affecting consumer
intention intensity consumers to use mobile application service ground
transportation. This study uses SEM (Structural Equation Modelling) with 159
respondents. Results of this study stated that satisfaction becomes a major
determining factor in influencing the sustainability of consumer intentions.
Variable satisfaction is influenced by the flow and trust that is influenced by the
quality of information, quality of service as well as privacy and security. The
results provide some important implications for mobile commerce research on
consumer behavior in the purchase.]
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S62212
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maulana Wildan Abdurrahman
"Dengan berkembangnya teknologi, teknologi dalam mobil pun semakin canggih. Salah satunya adalah pada sistem infotainment media mobil. Beberapa sistem infotainment mobil kini dapat terhubung dengan smartphone melalui aplikasi smartphone connected car infotainment system seperti Android Auto dan Apple CarPlay. Meskipun sistem ini sudah banyak digunakan pengemudi, namun masih belum jelas apa saja faktor yang memengaruhi niat pengemudi untuk menggunakan sistem ini. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis niat pengguna terhadap penggunaan sistem infotainment mobil yang terhubung dengan smartphone yaitu Android Auto dan Apple CarPlay dengan mencari faktor-faktor apa saja yang memengaruhinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner melalui media sosial dan berhasil mendapatkan sebanyak 82 responden. Pengolahan data dilakukan dengan aplikasi SmartPLS dengan menggunakan metode PLS-SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor perceived task-technology-fit, prior similar experience, computer self-efficacy, dan driving enjoyment memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap perceived usefulness dan perceived ease of use yang secara tidak langsung juga memiliki pengaruh terhadap intention to use. Perceived usefulness merupakan variabel yang memiliki pengaruh yang paling signifikan terhadap intention to use. Perusahaan penyedia dan pengembang Car Infotainment System juga sebaiknya mengimplementasikan Android Auto dan Apple CarPlay pada produk-produknya di masa depan.

With the development of technology, the technology in the car is even more sophisticated. One of them is the car's media infotainment system. Several car infotainment systems can now be connected to a smartphone through connected car infotainment system smartphone applications such as Android Auto and Apple CarPlay. Although this system is already widely used by drivers, it is still unclear what factors influence drivers' intention to use this system. Therefore, this study aims to analyze user intentions towards using a smartphone-connected car infotainment system, namely Android Auto and Apple CarPlay by looking for what factors influence it. This study used a quantitative approach by distributing questionnaires through social media and managed to get as many as 82 respondents. Data processing is carried out with the SmartPLS application using the PLS-SEM method. The results showed that perceived task-technology-fit, prior similar experience, computer self-efficacy, and driving enjoyment factors had a significant positive effect on perceived usefulness and perceived ease of use which indirectly also had an influence on intention to use. Perceived usefulness is a variable that has the most significant influence on intention to use. Car Infotainment System providers and developers should also implement Android Auto and Apple CarPlay in their products in the future.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ratna Herawati
"Munculnya jasa reservasi transportasi berbasis aplikasi sangat mengambil perhatian masyarakat di Jabodetabek untuk menggunakan aplikasi tersebut dan bergabung menjadi pengemudi maupun pengguna. Namun, masih banyak sekali kesulitan dalam menggunakan aplikasi yang dirasakan baik dari sisi pengemudi maupun pengguna. Sebuah penelitian terkait persepsi pengguna dan pengemudi terhadap teknologi tersebut dibutuhkan untuk terus mengembangkan jasa reservasi transportasi berbasis aplikasi ini. Penelitian ini berfokus pada studi kasus PT Gojek Indonesia. Analisis faktor yang berhubungan dengan proses pengadopsian pengguna dan pengemudi terhadap produk teknologi jasa reservasi transportasi berbasis aplikasi akan dilakukan menggunakan model terintegrasi Technology Acceptance Model (TAM) dan Theory of Planned Behavior (TPB). Analisis akan dilakukan dan data akan diolah menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari sisi pengemudi kesan positif yang dirasakan tergolong rendah, namun kebermanfaatan dirasakan tergolong tinggi sehingga Gojek diharapkan mampu meningkatkan kualitas aplikasi untuk meningkatkan kesan positif. Dari sisi pengguna, kesan positif dan kebermanfaatan sudah dinilai cukup tinggi sehingga Gojek diharapkan mampu mempertahankan posisi dengan memberikan beberapa inovasi agar terus dapat berkompetisi.

The new service of online transportation reservation is currently popular, encouraging other people to join as a driver and as a user. However, there are still many difficulties in using the applications from both the driver's side and the user’s side. A related study of users and drivers perception about technology adoption is needed to develop transportation reservation applications. This research focuses on case study of PT Gojek Indonesia. Analysis of factors related to users and drivers’ technology adoption of transportation reservation applications will be done using the integrated model Technology Acceptance Model (TAM) and Theory of Planned Behavior (TPB). The analysis will be conducted and the data will be processed using the method of Structural Equation Modelling (SEM). The results showed low attitude towards behavior, yet high perceived usefulness from the driver's side so Gojek is expected to improve the quality of its application to enhance the positive impression from the driver's side. From the user side, the attitude towards behavior and perceived usefulness has been rated high enough so that Gojek is expected to maintain their current position by providing some innovation."
2016
S62057
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Nigel Cakrawardhana
"Saat aplikasi seluler meningkat, hal itu menimbulkan pertanyaan terhadap bagaimana konteks digital baru akan dipelajari. Namun, literatur yang ada tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian m-commerce telah menciptakan dikotomi palsu antara lingkungan eksternal (e-servicescape) dan respons internal (perilaku konsumen). Oleh karena itu, makalah ini mensintesis dua jalur studi untuk menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi niat pembelian dalam aplikasi belanja ritel. Faktor e-servicescape seperti tata letak dan fungsionalitas dan daya tarik estetika, serta faktor perilaku konsumen seperti nilai hedonis dan utilitarian telah diperdebatkan secara positif mempengaruhi niat pembelian. Oleh karena itu, kontribusi ini ditujukan bagi akademisi dan pemasar untuk mempertimbangkan perspektif yang lebih menyeluruh untuk mengeksplorasi faktor-faktor yang mendorong niat pembelian dalam aplikasi belanja.
As mobile application rises, it raises concerns towards how the new digital context will be studied. However, existing literatures on factors that affect m-commerce purchase have created a false dichotomy between the external environment (e-servicescape) and internal responses (consumer behavior). Therefore, this paper is synthesizing the two pathways of study to determine the factors influencing purchase intention within retail shopping apps. E-servicescape factors such as layout and functionality and aesthetic appeal, as well as consumer behavior factors such as hedonic and utilitarian value have been argued to positively affect purchase intention. Therefore, this contribution is aimed for academics and marketers to consider a more wholesome perspective to explore the factors driving a purchase intention within a shopping app."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Anissa Clarita
"Permintaan terhadap mobil listrik telah meningkat secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir, namun masih mewakili sebagian kecil dari total kendaraan baru yang terjual secara global. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi niat pembelian konsumen terhadap mobil listrik di wilayah Jabodetabek. Dengan menggunakan metode survei, data dikumpulkan dari individu-individu yang dinilai mampu membeli mobil listrik, baik melalui skema cicilan maupun pembayaran tunai, dan dianalisis menggunakan model persamaan struktural partial least squares (PLS-SEM) untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa insentif pemerintah, kemudahan akses infrastruktur pengisian daya, persepsi nilai jual kembali, diversifikasi produk, pengaruh sosial, kepedulian lingkungan, dan sikap konsumen secara signifikan dan positif mempengaruhi niat pembelian terhadap mobil listrik. Namun, persepsi terhadap harga pembelian tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan. Temuan ini menunjukkan bahwa inisiatif strategis dari pembuat kebijakan dan produsen, seperti insentif pemerintah yang berkelanjutan, perluasan infrastruktur pengisian daya, dan strategi pemasaran yang efektif dengan memanfaatkan pengaruh sosial dan manfaat lingkungan, sangat penting untuk mempromosikan adopsi mobil listrik di Jabodetabek. Penelitian ini memberikan wawasan berharga untuk memahami perilaku konsumen terhadap mobil listrik di pasar berkembang dan menawarkan informasi berguna untuk meningkatkan penetrasi pasar.

The demand for electric cars has significantly increased in recent years, but it represents only a small fraction of the total new vehicles sold globally. This study aims to analyze the factors influencing consumer purchase intentions towards electric cars in the Greater Jakarta area (Jabodetabek). Using a survey method, data were collected from individuals who are considered capable of purchasing electric cars, either through installment plans or cash payments, and analyzed using partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) to test the research hypotheses. The results indicate that government incentives, ease of access to charging infrastructure, perception of resale value, product diversification, social influence, environmental concern, and consumer attitudes significantly and positively influence purchase intentions towards electric cars. However, the perception of purchase price did not show a significant effect. The findings suggest that strategic initiatives by policymakers and manufacturers, such as continuous government incentives, expansion of charging infrastructure, and effective marketing strategies leveraging social influence and environmental benefits, are crucial for promoting electric car adoption in Jabodetabek. This study provides valuable insights for understanding consumer behavior towards electric cars in emerging markets and offers useful information for enhancing market penetration."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Harun Al Rasyid
"Kepopuleran smartphone dan perangkat digital lainnya membuat fungsi navigasi online berbasis aplikasi menjelma menjadi sebuah win-win solution bagi pihak pengguna, pemilik bisnis lokal, dan pemerintah. Meskipun begitu, kesulitan-kesulitan yang masih dirasakan pengguna dalam menggunakan fungsi navigasi online disinyalir dapat mengancam keberlanjutan pemakaian dan menghentikan kebermanfaatan yang dirasakan. Penelitian ini berfokus menguji adopsi teknologi pada fungsi navigasi online menggunakan kombinasi TAM, TPB, DIT, dan TRA berdasarkan metodologi SEM. Penelitian ini mengambil studi kasus di Indonesia, khususnya di Jabodetabek, untuk dua bahan kajian, yaitu Google Maps dan Waze, atas dasar diakuisisinya Waze oleh Google pada tahun 2013.
Hasil penelitian menunjukkan tingginya kesan positif yang dirasakan perihal kebermanfaatan dan kemudahan yang dirasakan baik untuk Google Maps dan Waze. Analisis usefulness/EOU, technology adoption lifecycle, dan technology lifecycle menunjukkan bahwa Google Maps dan Waze telah diadopsi oleh early majority dan berada di ujung kurva. Hal ini mengindikasikan tahap mature di dalam product life cycle dan karena itu, pihak pengembang aplikasi seyogyanya mulai berfokus pada pengembangan bisnis daripada pengembangan teknis dan spesifik mengingat kedua aplikasi ini telah memiliki bargaining power yang tinggi. Selain itu pihak pengembang juga seyogyanya mulai berfokus pada inovasi radikal agar tidak tergeser oleh teknologi baru yang diusung pesaing.

The proliferation of smartphones and other digital devices contributed to the rising of online navigation services as a win-win solution for users, local business owners, and the government. Despite the enormous advantage, difficulties perceived during usage could threaten the sustainability of usage and hinder the advantage. This research is focused on studying online navigation services technology adoption using a combination of TAM, TPB, DIT, and TRA within the framework of SEM. This research uses a study case in Indonesia, particularly in Greater Jakarta Area, on two objects, Google Maps and Waze, based on the acquizition of Waze by Google in 2013.
Result found a highly positive impression on usefulness an ease of use for the two applications. Analyses of usefulness/EOU, technology adoption lifecycle, and technology lifecycle found out that Google Maps and Waze have been adopted by the "early majority" and that the two applications are then positioned on the edge of the technology lifecycle curve. This indicates a "mature" stage in the product life cycle and therefore, the developer of the two applications is ought to be more focused on business development rather than on technical and specific aspects considering that they already have a strong "bargaining powers" within users eyes. Also, the developer is ought to start focusing on radical innovation to secure current position on the market should any new technology be developed by competitors.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S63326
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alya Isti Safira
"Social distancing yang diterapkan untuk mitigasi penyebaran COVID-19 menyebabkan terjadinya pengurangan interaksi tatap muka antar individu. Hal ini menyebabkan beralihnya pertemuan langsung menjadi pertemuan virtual, sehingga terjadi peningkatan dalam penggunaan aplikasi video conference untuk berkomunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan dan niat keberlanjutan penggunaan aplikasi video conference pada masa yang akan datang, termasuk saat era new normal maupun setelah pandemi COVID-19 berakhir. Penelitian ini merupakan modifikasi dari expectation confirmation model (ECM), model yang terbukti dapat menyelidiki niat berkelanjutan sistem informasi. Responden terdiri dari 556 pengguna aplikasi video conference dalam tiga bulan terakhir. Analisis dilakukan dengan metode partial least square SEM dengan SmartPLS 3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa confirmation (konfirmasi ekspektasi), perceived ease of use (kemudahan), perceived usefulness (kebermanfaatan), service quality (kualitas layanan), way to express affection (mengekspresikan kedekatan), dan system quality (kualitas sistem) berpengaruh positif dan signifikan terhadap satisfaction (kepuasan). Kemudian, perceived usefulness (kebermanfaatan) dan satisfaction (kepuasan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap continuance intention (keberlanjutan) penggunaan aplikasi video conference. Penelitian ini dapat membantu penelitian sebelumnya untuk menganalisis faktor yang memengaruhi kepuasan dan niat keberlanjutan penggunaan aplikasi video conference.

A decrease in face-to-face encounters between people is caused by social distancing that is applied to reduce the spread of COVID-19. This has led to the switch from direct meetings to virtual meetings, leading to an increase in the use of applications for video conferencing to communicate. The goal of this study is to explore the factors affecting satisfaction and the decision to continue using video conferencing applications in the future, even after the COVID-19 pandemic ends during the new normal period. This research is a modification to the expectation confirmation model (ECM), a model that has been proven to analyze the sustainable intention of information systems. The respondents consisted of 556 users of video conferencing applications in the last three months. The analysis was performed using the partial least square SEM method with SmartPLS 3. The findings of this study show that confirmation, perceived ease of use, perceived usefulness, service quality, way to express affection, and system quality have a positive and significant effect on satisfaction. Then, perceived usefulness and satisfaction have a positive and significant effect on continuance intention of video conferencing applications. This study enriches previous researches to analyze the factors that influence satisfaction and intention to continue using video conferencing applications."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ellysa Utin Apandi
"ABSTRAK
Salah satu fenomena dari adanya perkembangan teknologi adalah adanya industri start-up dengan produk teknologi berupa aplikasi. Salah satu dari aplikasi yang popular saat ini adalah aplikasi yang digunakan sebagai sarana penunjang transportasi masyarakat atau dikenal dengan transportasi berbasis aplikasi online. Munculnya tiga perusahaan start-up yang menawarkan layanan transportasi online berbasis aplikasi, seperti Go-Jek, Grab, dan Uber, mewarnai persaingan bisnis di dalam industri jasa transportasi tersebut. Fokus dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi consumer switchover intention pada industri jasa transportasi berbasis aplikasi online. Structural equation modeling dan pendekatan multi sampel digunakan sebagai teknik untuk menganalisis model penelitian yang diajukan di dalam penelitian. Dari hasil penelitian diketahui bahwa faktor-faktor TPB, yaitu attitude dan propensity to anthropomorphise memiliki pengaruh yang signifikan terhadap brand love, baik pada pengguna dengan keterlibatan tinggi maupun pengguna dengan keterlibatan rendah. Faktor TPB lainnya seperti subjective norm dan affordability memiliki peran minor, di mana subjective norm berpengaruh terhadap brand love pada pengguna dengan keterlibatan rendah, sedangkan affordability tidak berpengaruh pada keduanya. Forgiveness memainkan peran penting dalam menjaga kelangsungan hubungan konsumen-provider. Di mana brand love, agreeableness, dan service failure severity memiliki pengaruh signifikan terhadap switchover intention ketika dimediasi oleh forgiveness di mana adanya skenario terjadinya kegagalan layanan.

ABSTRACT
One of the phenomena of the development of technology is the existence of start up industry with technology products in the form of applications. One of the most popular applications today is an application that is used as a means of supporting public transport, known as an online application based transport. The emergence of three start up companies Go Jek, Grab, and Uber that offer application based online transportation services, coloring the business competition within the transport service industry. The focus of this research is to analyze the factors influencing consumer switchover intention in online application based transport services. Structural equation modeling and multi sample approach were used as a technique to analyze the research models proposed in the study. From the results TPB factors, namely attitude and propensity to anthropomorphize has a significant influence on brand love, both on high involved users and low involved users. While subjective norms and affordability have a minor role, in which subjective norm affects brand love on low involved users, while affordability does not affect both of them. Forgiveness plays an important role in maintaining customer provider relationships. Where brand love, agreeableness, and service failure severity have significant influence on switchover intention when mediated by forgiveness in the scenario of service failure occurs."
2018
T49981
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shinta Fauziah
"Terjadinya peningkatan pengguna aplikasi seluler mendorong peluang untuk mempermudah konsultasi kesehatan melalui telemedicine di era pandemi COVID-19. Di Indonesia sendiri terjadi peningkatan penggunaan telemedicine selama pandemi COVID19. Namun, setelah pandemi COVID-19, masyarakat cenderung akan berkonsultasi secara offline kembali karena ketika berkonsultasi pada telemedicine masyarakat akan merasa beresiko karena tidak dapat bertemu dokter secara langsung dan layanan online seringkali menimbulkan isu-isu privasi. Rasa ketidakpastian dan beresiko dapat dikurangi dengan membangun kepercayaan masyarakat melalui proses trust transfer. Oleh karena itu, penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat memengaruhi trust transfer agar masyarakat tetap berlanjut menggunakan layanan konsultasi telemedicine walaupun pandemi COVID-19 telah berakhir. Kemudian dilakukan penyebaran survei kepada masyarakat Indonesia yang sedang atau pernah berkonsultasi menggunakan aplikasi telemedicine dan mendapatkan 457 responden valid. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan analisis PLS-SEM dengan bantuan program SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa trust in doctor dipengaruhi oleh perceived reputation, telemedicine quality, dan familiarity. Kemudian trust in telemedicine dipengaruhi oleh disposition to trust dan telemedicine quality. Sedangkan trust in technology dipengaruhi oleh perceived reputation, telemedicine quality, dan familiarity. Selanjutnya trust in doctor dan trust in technology berpengaruh secara positif terhadap trust in telemedicine services namun tidak berpengaruh secara langsung terhadap continuance intention. Selain itu, satisfaction dan perceived usefulness berpengaruh positif secara langsung terhadap continuance intention.

The increase in mobile application users encourages opportunities to facilitate health consultations through telemedicine in the era of the COVID-19 pandemic. In Indonesia, there has been an increase in the use of telemedicine during the COVID-19 pandemic. However, after the COVID-19 pandemic, people tend to consult offline again because when consulting on telemedicine, people will feel risky because they cannot meet doctors in person and online services often cause privacy issues. The sense of uncertainty and risk can be reduced by building public trust through the trust transfer process. Therefore, this study aims to determine the factors that can affect trust transfer so that people continue to use telemedicine consulting services even though the COVID-19 pandemic has ended. Then the survey was distributed to the Indonesian people who were or have been consulted using the telemedicine application and got 457 valid respondents. This research is quantitative research using PLS-SEM analysis with the help of the SmartPLS program. The results showed that trust in doctor was influenced by perceived reputation, telemedicine quality, and familiarity. Then trust in telemedicine is influenced by disposition to trust and telemedicine quality. Meanwhile, trust in technology is influenced by perceived reputation, telemedicine quality, and familiarity. Furthermore, trust in doctor and trust in technology have a positive effect on trust in telemedicine services but do not directly affect continuance intention. In addition, satisfaction and perceived usefulness have a direct positive effect on continuance intention."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rayana Anargya
"Layanan pembayaran seluler semakin populer di Indonesia, menawarkan cara yang nyaman dan aman untuk melakukan transaksi digital. Seiring dengan terus berkembangnya penyedia digital di negara ini, minat dalam mengadopsi layanan pembayaran seluler semakin meningkat. Oleh karena itu, memahami faktor-faktor yang mempengaruhi intention to use layanan ini sangat penting bagi pengembangan layanan pembayaran seluler di Indonesia. Penelitian ini menyelidiki faktor-faktor penggerak dan faktor-faktor yang mempengaruhi intention to use layanan pembayaran seluler pada Generasi Z Indonesia, dalam rentang usia 17 hingga 28 tahun dan telah mengumpulkan 215 responden. Penelitian ini terdiri dari beberapa tahap analisis data menggunakan software SmartPLS 4 dan SPSS 26, serta menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan metode pengambilan non-probability sampling menggunakan kuesioner yang diisi sendiri dengan purposive sampling. Peneliti menggunakan metode analisis data Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) untuk memahami hubungan antara konstruk-konstruk yang ada. Berdasarkan penelitian ini, innovativeness dan perceived ease of use memiliki pengaruh positif terhadap perceived usefulness dari layanan pembayaran seluler, sementara stress tidak berpengaruh negatif terhadap perceived usefulness. Selain itu, perceived satisfaction dan perceived usefulness memiliki pengaruh positif terhadap intention to use layanan pembayaran seluler, sementara perceived trust tidak, dan perceived risk tidak memiliki pengaruh negatif terhadap intention to use layanan pembayaran seluler. Hasil penelitian ini menawarkan opsi bagi perusahaan untuk memperkuat dan mengintegrasikan layanan pembayaran yang didukung oleh teknologi ini.

Mobile payment services have become increasingly popular in Indonesia, offering a convenient and secure way to make digital transactions. As the country’s digital providers continue to expand, there is growing interest in adopting mobile payment services. Therefore, understanding the factors that influence the intention to use these services is crucial for the development of mobile payment services in Indonesia. This research investigates the drivers and factors that impact the intention to use mobile payment services in Indonesia’s Generation Z, in the ages of 17 to 28 years old and has collected 215 respondents. The research consists of several stages of data analysis using SmartPLS 4 and SPSS 26 software, and employs a quantitative research design with non-probability sampling method using a self-administered questionnaire with purposive sampling. The researcher utilized Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) data analysis method to understand relationships between constructs. Based on this research, innovativeness and perceived ease of use has a positive influence on the perceived usefulness of mobile payment services, while stress does not negatively influence perceived usefulness. Moreover, perceived usefulness and perceived satisfaction has a positive influence on the intention to use mobile payment services, while perceived trust does not, and perceived risk does not have a negative influence on the intention to use mobile payment services. The results offer options for companies to strengthen and integrate this technology-driven payment service."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>