Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 136321 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Annas Jiwa Pratama
"ABSTRAK
Studi ini merupakan sebuah eksplorasi metode experience sampling (ESM) dengan menggunakan smartphone app. Di dalam studi ini diteliti dampak ibadah salat kepada valensi dan arousal. Salat adalah ibadah wajib yang dilakukan umat Islam lima kali sehari. Walaupun ibadah ini adalah perilaku yang amat penting bagi umat Islam, penelitian mengenai dampak dari ibadah ini sangat minim. Studi ini juga melihat bagaimana konten doa, spesifiknya doa untuk bersyukur, berdampak kepada valensi. Sebanyak 60 orang mahasiswa Fakultas Psikologi melaporkan kondisi afektif mereka lima kali sehari selama tujuh hari. Partisipan dibagi ke dalam dua kelompok; satu kelompok melaporkan setelah salat, dan kelompok yang kedua sebelum salat. Sebuah smartphone app dikembangkan khusus untuk penelitian. Secara keseluruhan partisipan mengisi sebanyak 1.316 kali. Sesuai dengan prediksi, valensi yang dilaporkan setelah salat lebih tinggi daripada yang dilaporkan sebelumnya. Doa bersyukur juga memprediksi meningkatnya valensi. Arousal tidak berbeda setelah atau sebelum salat.

ABSTRACT
This study is an exploration of the use of smartphone app in experience sampling method. In this study the effects of salat on valence and arousal is examined. Salat is a mandatory prayer ritual for Muslims, conducted five times a day. Despite the significance of this act for Muslims, only a handful of studies on the psychological effects of this ritual has been conducted. This study also examines the impact of the contents of prayer, in particular how prayer is used to give thanks to the divine, affects valence. In this study 60 first-year Psychology students report their affective state five times a day for seven days. Participants are divided into two groups; one reports after they conducted salat, another reports before salat. A smartphone app is developed for the purpose of the study. A total of 1.316 responses are procured. As predicted, valence reported after salat is higher than the ones reported before. Thanksgiving prayers also significantly predict an increase in valence. Arousal does not differ before and after salat.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
S62290
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tanya Fitriyani
"ABSTRAK
Fenomena kepadatan yang tinggi di dalam commuter line pada jam-jam sibuk sudah
menjadi hal yang dirasakan warga Jabodetabek sehari-hari, khususnya yang
berangkat kerja atau kuliah dari arah Bogor ke Jakarta pada pagi hari. Studi ini
meneliti tentang dampak kepadatan dalam commuter line pada fluktuasi valensi dan
arousal menggunakan experience sampling method. Studi ini juga ingin melihat
bagaimana trait neuroticism memoderasi hubungan antara periode waktu dan
valensi. Sebanyak 27 orang mahasiswa Universitas Indonesia melaporkan valensi
dan arousal mereka saat berangkat kuliah empat kali sehari selama lima hari.
Responden terbagi menjadi dua kelompok, kelompok kepadatan tinggi (yang
berangkat dari stasiun Bogor ke UI) dan kelompok kepadatan rendah (berangkat
dari stasiun Manggarai ke UI). Studi ini menggunakan smartphone dan aplikasi
sebagai media pengambilan data. Secara keseluruhan responden mengisi sebanyak
461 kali. Hasil menemukan bahwa valensi dan arousal tidak berbeda antara
kelompok kepadatan tinggi dan kelompok kepadatan rendah. Trait neuroticism juga
tidak memoderasi hubungan antara periode waktu dan valensi.

ABSTRACT
High density phenomenon in commuter line rush hour has been felt by Jabodetabek
citizens everyday, specifically people who commute to work or campus from Bogor
to Jakarta every morning. This study examines the impact of density in commuter
line on valence and arousal fluctuations using experience sampling method. This
study also examines how neuroticism trait moderates the relation between time and
valence. 27 students of University of Indonesia who are commuter line passengers
report their valence and arousal during their commutes to campus four times a day
for five days. Respondents are divided into two groups, high density (who commute
from Bogor station to UI) and low density (who commute from Manggarai station
to UI). This study use smartphone and application as data collection method. A total
of 461 responses are obtained. The results found that there are no differences
between high density and low density group. And also neuroticism does not
moderate the relation between time and valence."
2016
S65135
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Simanjuntak, Aprian Waratorang.
"ABSTRAK
Travel impedance didefinisikan sebagai hambatan dari lingkungan yang menghalangi individu dalam melakukan perjalanan dan mencapai tujuan. Dengan tingkat kepadatan jalan di Jakarta saat ini, travel impedance dalam mengendarai suatu moda transportasi berpotensi menurunkan well-being. Studi ini meneliti tentang dampak paparan travel impedance ketika mengendarai sepeda motor dan fluktuasi valensi dan arousal yang dialami sebelum dan setelah berkendara. Valensi dan arousal merupakan dimensi-dimensi core affect, yaitu konstruk psikologi yang merupakan komponen afektif dari well-being. Studi ini juga ingin melihat bagaimana trait neuroticism memoderasi dampak travel impedance terhadap valensi. Metode yang digunakan adalah experience sampling method, dengan aplikasi smartphone sebagai alat pengambilan data. Sebanyak 29 orang responden diminta untuk melaporkan kondisi valensi dan arousal mereka dua kali sehari, selama 10 hari. Hasilnya menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan valensi dan arousal antara kelompok yang belum terpapar travel impedance (diukur sebelum berkendara) dengan kelompok yang telah terpapar travel impedance (diukur setelah berkendara). Trait neuroticism juga tidak memoderasi hubungan antara travel impedance dan valensi.

ABSTRACT
Travel impedance is defined as behavioral constraint on movement and goal attainment. With the level of congestion in Jakarta today, travel impedance in riding a transportation modes potentially reduce well-being. This study examined the impact of exposure to travel impedance related to riding motorcycle and fluctuations of valence and arousal before and after riding. Valence and arousal are dimensions of core affect, a psychological construct which is the affective component of well-being. This study also examined how neuroticism trait moderate the impact of travel impedance on valence. Method used in this research is the experience sampling method, with a smartphone application being used for data collecting. A total of 29 respondents were asked to report the condition of the valence and arousal them twice a day, for 10 days. The results indicated that there is no difference in valence and arousal between before travel impedance group (measured before riding) and after travel impedance group (measured after riding). Trait neuroticism also does not moderate the relationship between the travel impedance and valence."
2016
S64860
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Esti Ramaditia Mulatsih
" ABSTRAK
Analisis cluster merupakan teknik multivariat yang digunakan untuk mengelompokkan objek berdasarkan karakteristik yang dimilikinya. Salah satu teknik dalam analisis cluster adalah metode Fuzzy K-Means lebih dikenal dengan Fuzzy C-Means , yang merupakan versi fuzzy dari metode K-Means clustering. Seperti pada metode K-Means, FCM juga sangat sensitif terhadap penentuan pusat-pusat awal cluster. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diusulkan modifikasi dari metode FCM dengan menggunakan metode sampling dengan probabilitas. Metode sampling digunakan untuk menaksir lokasi pusat-pusat awal cluster untuk digunakan ke dalam proses clustering. Dalam tugas akhir ini, metode sampling yang digunakan adalah simple random sampling dan ranked set sampling. Modifikasi dari metode FCM dengan menggunakan kedua metode sampling tersebut masing-masingnya disebut dengan SRS Fuzzy C-Means dan Ranked Fuzzy C-Means. Kedua metode tersebut kemudian diuji pada himpunan data pasien liver di India. Hasil eksperimen menunjukkan bahwa Ranked Fuzzy C-Means lebih efisien dibandingkan SRS Fuzzy C-Means dan FCM.
ABSTRACT Cluster analysis is a multivariate technique that is used to group objects based on characteristics. One technique in cluster analysis is a method Fuzzy C Means or better known as Fuzzy C Means , which is a fuzzy version of K Means clustering method. As the K Means method, FCM is also very sensitive to the determination of the initial cluster centers. To overcome these problems, the proposed modification of the FCM method using probability sampling methods. The sampling method is used to estimate the initial cluster centers to be used in the clustering process. In this thesis, the sampling method used was simple random sampling and ranked set sampling. Modifications of the FCM method using both the sampling method each being with SRS Fuzzy C Means and Ranked Fuzzy C Means. Both methods are then tested on a data set of liver patients in India. The experimental results showed that Ranked Fuzzy C Means is more efficient than SRS Fuzzy C Means and FCM."
Depok: Universitas Indonesia, 2017
S66638
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nila Aisyarah
"ABSTRAK
Fokus dari riset ini adalah ingin mengetahui pengaruh Visual Servicescape Aesthetics Comprehension Appreciation VSACA atau tampilan visual terhadap kesenangan pleasure , antusias arousal , Perceived Perceptual Experience Quality PPEQ atau persepsi kualitas pengalaman yang berdampak pada kepuasan satisfaction dan keinginan untuk membayar lebih willingness to pay more pada Hotel Artotel Jakarta. Desain penelitian ini adalah konklusif-deskriptif-cross sectional, metode penelitian adalah kuantitatif dan metode pengambilan sample adalah non probability sampling yaitu conveinience sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner online melalui Instagram kepada orang yang sudah pernah mengunjungi Artotel dan pengisian kuesioner dengan cara self administered. Pada pengolahan data pre-test, peneliti menggunakan SPSS 23.0. Sedangkan pengolahan main-test menggunakan Structural Equation Model SEM dengan software Lisrel 8.70. Hasil dari penelitian ini adalah Visual Servicescape Aesthetics Comprehension Appreciation VSACA pada Individu berpengaruh pada Perceived Perceptual Experience Quality PPEQ , kesenangan pleasure , dan antusias arousal dan antusias arousal . PPEQ Perceived Perceptual Experience Quality , kesenangan pleasure dan antusias arousal memiliki pengaruh pada kepuasan satisfaction . Kepuasan memiliki pengaruh signifikan pada keinginan untuk membayar lebih willingness to pay more.

ABSTRACT
The focus of this research is to examine the effect of Appreciation of Visual Service Aesthetic Visibility VSACA on pleasure, arousal, Perceived Perceptual Experience Quality PPEQ on satisfaction and willingness to pay more at Hotel Artotel Jakarta. The design of this study is conclusive descriptive cross sectional, the sampling method is non probability sampling conveinience sampling . The researcher spread the questionnaires online through Instagram to people who have been visited Artotel and filling the questionnaire by self administered. In the pre test data processing, researcher used SPSS 23.0. While the main test processing using Structural Equation Model SEM with software Lisrel 8.70. The results of this study are Visual Servicescape Aesthetics Comprehension Appreciation VSACA influence Perceived Perceptual Experience Quality PPEQ , pleasure, and arousal. PPEQ Perceived Perceptual Experience Quality , pleasure pleasure and enthusiasm passion have an influence on satisfaction satisfaction . Satisfaction has a significant influence on the willingness to pay more."
2017
S68316
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dewarangga Priutama
"Penelitian ini bertujuan untuk menguji bagaimanakah enam Prinsip Persuasi yang terdiri dari Reciprocity, Social Proof, Liking, Authority, Commitment and Consistency, dan Scarcity yang diterapkan pada iTunes dan App Store dapat mendorong terjadinya pembelian musik dan aplikasi pada pengguna Smartphone berbasis iOS di Indonesia. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer yang didapat dari kuesioner, sedangkan data sekunder diperoleh dari buku teks, internet dan jurnal.
Dari hasil analisis yang diuji didapat Scarcity dan Authority berpengaruh positif dan paling mempengaruhi pembelian. Sedangkan Reciprocity, Social Proof, Liking, Authority juga berpengaruh positif terhadap pembelian tetapi tidak setinggi dua bauran komunikasi lainnya. Hal ini berarti pembelian pada pengguna smartphone berbasis iOS lebih dipengaruhi oleh Scarcity dan Authority.

This study aims to examine how Six Principles of Persuasion consisting of Reciprocity, Social Proof, Liking, Authority, Commitment and Consistency, and Scarcity can lead to purchases on iOS-based smartphone users in Indonesia. The data used in this study is primary data obtained from questionnaires, while secondary data obtained from textbooks, internet and journal.
From the results of the analysis are obtained Scarcity and Authority tested positive effect and the influence of purchase. While reciprocity, Social Proof, Liking, Authority also has a positive effect on the purchase but not as high as the other two communications mix. This means purchases on iOS-based smartphone users are more affected by Scarcity and Authority.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
T41825
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Rayhan Alam
"Mobile apps memudahkan berbagai aktivitas konsumen. Popularitas penggunaan dan perkembangan dari mobile apps mendorong brand terkemuka untuk meluncurkan aplikasi mereka masing-masing. Aplikasi yang sering disebut sebagai branded app ini dapat meningkatkan nilai tambah bagi brand karena dapat meningkatkan hubungan dengan konsumen. Namun, sebagian besar aplikasi tidak rutin digunakan oleh pengguna tiap bulannya. Beberapa studi empiris telah mengonfirmasi alasan yang mendasari penggunaan aplikasi mobile berdasarkan kegunaan dan kemudahannya. Namun, masih sedikit yang meneliti dorongan emosional apa yang mendasari intensi penggunaan dari branded app. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan teori pleasure, arousal, dan dominance untuk menggambarkan alasan emosional yang mendasari penggunaan aplikasi Kopi Kenangan. Aplikasi Kopi Kenangan dipilih karena keberhasilannya meningkatkan sales pada tahun pertama peluncurannya. Penelitian ini melibatkan 302 responden yang berdomisili di Indonesia dan pernah melakukan pembelian menggunakan aplikasi tersebut dalam 3 bulan terakhir. Dari hasil penelitian, ditemukan arousal dan dominance memengaruhi secara positif brand loyalty dan continuous usage intention.

Mobile apps enhance consumer’s activities. The growth and development of mobile apps drive well-known brands to launch their own apps. Branded apps add more value for the brands since it enables them to be more connected to their consumers. However, the majority of apps are not routinely used every month. Latest empirical studies have investigated the underlying motivations for users to continuously use branded apps. This research used Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) with PAD (Pleasure, Arousal, and Dominance) theory to portray the emotional approach of why users are continuously using the Kopi Kenangan app. The Kopi Kenangan app was chosen because of its success of increasing sales in its first year of lauching. This research involved 302 respondents located in Indonesia and have made at least a transaction in the last 3 months. Arousal and dominance have significantly and positively influence brand loyalty and continuous usage intention."
Depok: Fakultas Ekonomi dan BIsnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tities Dian Puspitasari
"Smartphone merupakan penggabungan fungsi telepon dengan kemampuan komputer. Komponen utama dari smartphone yang membedakan telepon genggam adalah smartphone bersistem operasi seperti komputer. Tantangan utama untuk pengembang sistem operasi smartphone adalah mempertahankan kepuasan dan loyalitas pengguna smartphone untuk merebut dan memimpin pangsa pasar. Dalam penelitian ini menggunakan metode Data Envelopment Analysis (DEA) untuk menganalisis dan membandingkan kepuasan dan loyalitas pengguna smartphone. Model DEA yang digunakan adalah BCC-O (variable return to scale- output oriented) dengan Decision Making Unit (DMU) lima sistem operasi yang tersebar di Indonesia. Pengguna Android dan iOS adalah pengguna yang mempunyai loyalitas tinggi. Microsoft (Windows Mobile) adalah sistem operasi yang tidak efisien, sehingga pengembang sistem operasi tersebut harus lebih memperhatikan pasar.

Smartphone is combination from a cell phone with a computer-like capabilities. The main components of the smartphone that distinguishes a cell phone is a smartphone operating system such as a computer. A major challenge for developers of smartphone operating system is how to maintain customer satisfaction and loyalty of smartphone users to capture and lead the market share. This study uses Data Envelopment Analysis (DEA) to analyze and compare the smartphone user satisfaction and loyalty. DEA models used are BCC-O (variable returns to scale - output-oriented) with the Decision Making Unit (DMU) scattered five operating systems in Indonesia. Android and IOS users are users who have high loyalty. Microsoft (Windows Mobile) operating system is not efficient, so the operating system developers should pay more attention to the market.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
T31074
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Frensa Dhyan Oktaviani
"ABSTRAK
Penelitian ini menguji emosi (arousal dan valence) pengguna media sosial Twitter dalam menggunakan Twitter. Penelitian ini menggunakan TAM untuk menjelaskan pengaruh penggunaan media sosial Twitter sebagai media pemasaran acara Banyuwangi Festival terhadap sikap dalam menggunakan. Sikap yang ditunjukan akan mempengaruhi pengguna untuk menghadiri acara Banyuwangi Festival yang sesungguhnya. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif, dengan jumlah sampel sebanyak 135 responden, responden dari penelitian ini yaitu flower Twitter Banyuwangi Festival. Penelitian ini menggunakan metode analisis SEM dengan software LISREL.Hasil dari penelian ini menunjukan bahwa hanya Percieved Ease of Use yang dipengaruhi oleh emosi (Valence). Sikap pengguna media sosial Twitter dalam penelitian ini hanya dipengaruhi oleh Perceived Ease of Use dan Perceived Enjoyment, dan sikap yang tunjukan pengguna pada saat menggunakan Media Sosial Twitter mempengaruhi pengguna untuk menghadiri acara yang sesungguhnya.

ABSTRACT
This research aims to analyze the emotion (arousal and valence) of Twitter users when they use Twitter. This research uses TAM to explain the influence of Twitter as a marketing strategy for Banyuwangi Festival towards the attitude in using Twitter. The attitude shown will influence Twitter users to attend the event, Banyuwangi Festival. This research uses descriptive research design with the total samples of 135 respondents. The respondents in this research are the followers of Banyuwangi Festival Twitter. This research uses SEM analytical methodology by using LISREL as the software. This research found that only Perceived Ease of Use which is affected by valence. This research also found that the attitude of Twitter users is affected by the Perceived Ease of Use and Perceived Enjoyment, and the attitude shown by Twitter users when they use Twitter affect them to attend the event, Banyuwangi Festival.
"
2015
S60360
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alif Kurniatmojo
"ABSTRAK
Telekomunikasi mobile saat ini sudah tertanam dalam keseharian manusia, baik itu melalui telepon, akses web, maupun aplikasi (mobile app). Tidak hanya media sosial atau portal berita, banyak universitas di dunia sudah mengembangkan atau bahkan meluncurkan mobile app resmi universitas untuk dapat membantu aktivitas mahasiswa. Oleh karena itu, Universitas Indonesia sebagai salah satu universitas negeri terbaik di Indonesia yang terus berusaha menjadi sebuah world class university turut mulai mengembangkan mobile app resminya. Akan tetapi, mobile app resmi yang dikembangkan oleh universitas indonesia saat ini hanya berisikan informasi umum mengenai UI dan belum berisikan konten yang secara spesifik dapat membantu aktivitas mahasiswa. Oleh karena itu, dilakukan penelitian untuk dapat mengembangkan sebuah mobile app dengan fungsi tertentu yang secara khusus didesain sesuai dengan kebutuhan mahasiswa Universitas Indonesia. Penelitian ini dimulai dari penyeleksian fungsi portal web UI hingga perancangan desain mobile app user interface. Pada proses seleksi fungsi mobile app, digunakan metode Pareto Analysis. Pada proses pembentukan Information Architecture dan Application Flow Diagram, digunakan metode TOPSIS dengan kriteria UX untuk menentukan urutan halaman fungsi mobile app berdasarkan prioritas penggunaan mobile app. Pada proses perancangan desain mobile app digunakan metode gabungan antara perbandingan dengan beberapa mobile app universitas yang sudah ada dengan metode Conjoint Analysis untuk mencari desain halaman utama mobile app yang paling sesuai dengan preferensi pengguna. Penelitian ini menghasilkan sebuah mobile app beta prototype berdasarkan proses penelitian yang telah dilakukan.

ABSTRACT
Nowadays, mobile communication has become embedded in users’ daily communicative practices through telephony, web access, and applications (apps). Not only social media or news portal, many of university worldwide has develop or even launch their official mobile app for helping student’s activities. Therefore Universitas Indonesia as one of best state university in Indonesia that keep progressing to become one of the world class university also began to develop it’s official mobile app. However, official mobile app that already developed by Universitas Indonesia just contain general information about the university and still hasn’t consisted of contents those specifically help student’s daily activities. Therefore a research conducted to develop a mobile app with certain function that are specifically designed to suit the needs of Universitas Indonesia student. This research starts from the selection of Universitas Indonesia web portal functionality to the mobile app user interface design. Pareto Analysis method is used in the selection process of mobile app functionality. TOPSIS method with UX criteria is used in the formation process of Information Architecture and Application Flow Diagram to determine the order of mobile app pages based on mobile app usage priority. Combined method between university mobile app comparison and conjoint analysis method to find the mobile app main page design that suits the user preference is used in the process of designing the mobile app. This study produced a mobile app beta prototype based on the process of research that has been done.
"
2015
S59253
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>