Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4374 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Hesmondhalgh, David
London: Sage, 2013
338.477 HES c
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Mahesa Juwita
"Tesis ini membahas gerakan sosial industri kreatif yang bersama-sama mempropagandakan semangat nasionalisme melalui media masing-masing. Gerakan sosial ini timbul sebagai bentuk keprihatinan terhadap krisis jati diri di kalangan generasi muda yang ditengarai karena mereka kurang mengenal kekayaan budayanya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian menyarankan bahwa untuk mengajak generasi muda bangga terhadap keindonesiaannya adalah dengan mengemas simbol-simbol identitas dan unsur-unsur kebudayaan melalui cara-cara kreatif yang menarik dan modern. Generasi muda yang bangga menjadi “orang Indonesia” tentunya akan berdampak positif bagi Ketahanan Nasional.

This thesis discusses the social movement of creative industries propagandize the spirit of nationalism by their own media. This social movement arose as a form of concern for the crisis of identity among the younger generation which identified because they are less familiar with cultural richness. This research is a qualitative descriptive design. The results suggest that to make the younger generation be proud of their nationality, the symbols of identity and cultural elements should be repackaged attractively in creative and modern ways.Young people who are proud to be "an Indonesian" will certainly have a positive impact for National Resilience."
Depok: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2013
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Naudin, Annette
"This book explores the lived experience of cultural entrepreneurship examining the challenges associated with cultural labour including the insecurities of managing precarious working conditions. Drawing on interviews conducted with cultural workers, Cultural Entrepreneurship focuses on how individuals articulate their experience of entrepreneurship in the cultural and creative industries. Noting the importance of place, the local cultural milieu is examined as a means of situating entrepreneurial practices through cultural and enterprise policies, local networks, and significant relationships. Within this framework, the cultural entrepreneurs’ stories reveal means of subverting or re-interpreting identities and the possibility for ‘rethinking cultural entrepreneurship.’
Aimed at researchers, academics and students investigating cultural entrepreneurship, cultural policy and cultural labour, Cultural Entrepreneurship will additionally be of value to creative industry consultants, cultural policymakers, and those setting up creative enterprises. Researchers from fields such as geography, investigating different aspects of the cultural industries in relation to cultural policy and place, will also find this book to be a useful contribution."
New York: Routledge, 2018
e20529108
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Mufti Fannani
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor dalam industri kreatif yang mempengaruhi jumlah tenaga kerja dalm sektor industri kreatif itu sendiri di Indonesia. Penelitian ini menggunakan data panel berupa 64 observasi yang terdiri dari 16 subsektor industri kreatif dalam 4 tahun 2010-2013 . Hasil uji statistik dengan metode Fixed Effect Model menunjukkan bahwa jumlah perusahaan dan jumlah ekspor industri kreatif memiliki pengaruh positif dan mempengaruhi jumlah tenaga kerjanya secara signifikan.Komponen lainnya, yaitu jumlah konsumsi rumah tangga, tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap jumlah tenaga kerja dalam sektor industri kreatif di Indonesia.

The objective of this study is to analyze the factors in creative industries affecting the total quantity of labors in the creative industries itself in Indonesia. Data used in this study is a panel data that consists of 64 observations with 16 creative industries subsectors within 4 years 2010 2013 . Statistical results using the Fixed Effect Model method shows that company quantity and export quantity affecting the labors positively and statistically significant. The other components, household consumption, have no significant effect on the quantity of labors in the creative industries of Indonesia."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Mario Ekaputta
"Pekerjaan lepas industri kreatif menjadi tren pekerjaan yang berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. PT Haloka Group Indonesia sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang industri kreatif ingin memanfaatkan momentum ini untuk mengembangkan salah satu brand mereka, Halokarier, melalui sebuah sistem berbasis web. Aplikasi yang dikembangkan berpacu pada beberapa aplikasi pencarian pekerjaan lepas yang sudah beredar, tetapi nantinya pasar aplikasi akan berfokus pada klien dan pekerja lepas lokal. Dilakukanlah requirements gathering dengan mewawancarai beberapa pekerja lepas dan para pemilik bisnis yang sering menggunakan jasa pekerja lepas. Rancangan sistem pun dibuat berdasarkan masukan serta ide yang didapat. Pengembangan aplikasi dilakukan dengan metode waterfall process model. Setelah aplikasi secara fungsional telah siap, dilakukan evaluasi untuk menilai kecocokannya dengan proses bisnis dengan metode User Acceptance Test (UAT). Berdasarkan hasil evaluasi, sistem telah berjalan dengan baik secara fungsional dan dapat ditingkatkan lagi dari segi antarmuka.

Freelancing in creative industry has become a rapidly growing job trend in recent years. PT Haloka Group Indonesia as a company engaged in the creative industry wants to take advantage of this momentum to develop one of their brands, Halokarier, through a web-based platform. The developed application is based on existing freelance’s job searching applications, but the market will focus on local clients and freelancers. Requirements gathering was carried out by interviewing several freelancers and business owners who ofter use the services of freelancers. The system design was made based on the input and ideas obtained. Application development is carried out using the waterfall process model. After the application is functionally ready, an evaluation is carried out to assess its compability with business processes using the User Acceptance Test (UAT) method. Based on the evaluation, the system has run well functionally and can be improved in terms of user interface."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Desfira Utami
" ABSTRAK
Skripsi ini membahas mengenai peran pemerintah Korea dalam mendorong pembangunan industri budaya seperti film, drama dan musik di Korea. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan menganalisa tentang peran pemerintah Kim Young-sam 1993-1998 dan Kim Dae-jung 1998-2003 . Untuk menganalisa, penulis menggunakan teori governed interdependence dari Linda Weiss. Temuan penulis menunjukan bahwa kedua pemerintah berperan menyesuaikan hubungan koordinatif dengan sektor swasta bisnis dan praktisi budaya untuk mendorong pembangunan industri budaya termasuk film, drama dan musik. Berdasarkan bentuk-bentuk dalam teori governed interdependence, hubungan koordinatif pemerintah-swasta terjadi secara berkelanjutan dari periode pemerintah Kim Young-sam ke pemerintah Kim Dae-jung.
ABSTRACT This undergraduate thesis discusses the roles of two Republic of Korean presidential administrations in developing national cultural industries such as film, drama and music. This research employs a qualitative method which analyzes the roles of the Kim Young sam 1993 1998 and Kim Dae jung 1998 2003 administrations, applying Linda Weiss rsquo governed interdependence theory. The findings of this research show that both administrations adjusted coordinative relations with the private sector consisting of business and cultural practitioners in order to foster cultural industries development. Based on the forms of governed interdependence, public private coordinative relations were consistently implemented during the Kim Young sam and Kim Dae jung administrations."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
S66166
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Johan Rio Pamungkas
"Proyek akhir ini membahas tentang pengaruh Undang-Undang Diplomasi Publik Korea Selatan ditinjau dari peran industrialisasi budayanya. Undang-Undang Diplomasi Publik mempunyai tujuan untuk meningkatkan citra negara Korea Selatan. Citra negara bagi Korea Selatan sangat penting untuk menguatkan posisi mereka sebagai negara dengan kekuatan menengah serta untuk mengurangi persepsi negatif akibat konflik dengan Korea Utara. Dengan menggunakan konsep diplomasi publik serta metode sejarah, penelitian ini menganalisis alasan Korea Selatan memerlukan Undang-Undang Diplomasi Publik kemudian pelaksanaan diplomasi publik setelah pengesahan undang-undang tersebut dan manfaat dari undang-undang itu terhadap peningkatan citra negara Korea Selatan yang ditinjau secara kritis dari peran industrialisasi budaya Korea Selatan. Industrialisasi budaya Korea Selatan mencakup musik, festival film dan pariwisata. Industrialisasi budaya ini kemudian dimanfaatkan oleh Korea Selatan dalam diplomasi publiknya yang sejalan dengan penerapan Undang-Undang Diplomasi Publik. Hasil dari penelitian kemudian, memperlihatkan benar-benar ada peningkatan citra negara Korea Selatan setelah adanya Undang-Undang Diplomasi Publik yang dipengaruhi oleh industrialisasi budaya Korea Selatan.

This final project discusses the influence of South Korea's Public Diplomacy Law in terms of its cultural industrialization role. The Public Diplomacy Law has the objective of enhancing the image of the country of South Korea. The country's image for South Korea is very important to strengthen their position as a middle power country and to reduce negative perceptions due to conflict with North Korea. By using the concept of public diplomacy and historical methods, this study analyzes the reasons South Korea needs a Public Diplomacy Law then the implementation of public diplomacy after the ratification of the law and the benefits of the law on improving the image of the country of South Korea which is critically reviewed from its role South Korean cultural industrialization. South Korea's cultural industrialization includes music, film festivals and tourism. This cultural industrialization is then used by South Korea in its public diplomacy which is in line with the implementation of the Public Diplomacy Law. The results of later research show that there is actually an increase in the image of the country of South Korea after the Public Diplomacy Act was influenced by the industrialization of South Korean culture."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ataslina Sri Basuki
1993
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Kaharjanu Fajar Respati
"[Skripsi ini membahas sebuah komunitas bernama Kineforum. Komunitas Kineforum merupakan sebuah komunitas yang menyediakan ruang pemutaran bagi film?film yang termajinalkan. Penelitian ini melihat apa latar belakang munculnya komunitas Kineforum, bagaimana komunitas dapat bertahan dan bagaimana peran komunitas bagi masyarakat Indonesia. Studi ini memakai pendekatan kualitatif dengan menggunakan wawancara mendalam, observasi dan data sekunder. Hasil studi ini menunjukan bahwa kineforum ini muncul sebagai sebuah respon dari kondisi Cultural Industries perfilman di Indonesia. Kemudian Kineforum ini dapat bertahan dikarenakan bentuknya yang merupakan sebuah komunitas subkultur. Terakhir Peran kineforum bagi masyarakat Indonesia adalah menyediakan ruang pemutaran film dan juga mereproduksi pengetahuan tentang film.
;This study discuss about Kineforum Community. Kineforum is a community that provides a screening room for films are marginalized. This study explore how this community emergence, survive and the role of this community for the film community in Indonesia. This study use a qualitative approach using in-depth interviews, observation and secondary data. Results of this study showed that Kineforum emerged as a response to the Cultural Industries. Kineforum can survive because the shape of this association is a community. Lastly, the role of Kineforum for the film community in Indonesia is to provide a screening room and also reproduce knowledge about movies.
, This study discuss about Kineforum Community. Kineforum is a community that provides a screening room for films are marginalized. This study explore how this community emergence, survive and the role of this community for the film community in Indonesia. This study use a qualitative approach using in-depth interviews, observation and secondary data. Results of this study showed that Kineforum emerged as a response to the Cultural Industries. Kineforum can survive because the shape of this association is a community. Lastly, the role of Kineforum for the film community in Indonesia is to provide a screening room and also reproduce knowledge about movies.
]"
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
S59378
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zuhaira Dzaatul Himmah
"Skripsi ini membahas pemaknaan bulan dalam otome game Hana Awase Mizuchi Hen yang skenarionya ditulis oleh Project Gekka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konstruksi makna bulan dalam game tersebut. Metode analisis dalam skripsi ini menggunakan metode semiotik denotasi-konotasi Rolland Barthes. Pembahasan makna bulan dalam skripsi ini dikaitkan dengan konsep kepercayaan dan kebudayaan Jepang yang berkaitan dengan bulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bulan dalam Otome game Hana Awase Mizuchi Hen memiliki makna konotasi . Makna konotasi bulan yang didapatkan dalam penelitian ini ada 4 yaitu: 1) bulan sebagai kami (神, dewa); 2) bulan sebagai simbol kekuatan; 3) bulan sebagai simbol kesempurnaan proses; dan 4) bulan sebagai simbol kegilaan.

This study focused on meaning construction of moon being epicted in otome game Hana Awase Mizuchi Hen, a game written by Project Gekka. The purpose of this study is to analyze the moon?s meaning in this game. The method that being used in this study is Roland Barthes? denotation-conotation method. The meaning of the moon in this study are linked to Japanese religious beliefs and culture. The result of this study shows that the moon in Otome game Hana Awase have 4 connotation meaning, which is: 1) moon as kami (神, deity); 2) moon as symbol of power; 3) moon as symbol of a complete process; and 4) moon as symbol of insanity."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2016
S65978
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>