Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 75633 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Anisa Fajrina Djuanda
"[ABSTRAK
Meskipun sejak tahun 1973 status homoseksualitas tidak lagi dianggap sebagai ketidakwarasan, kehadiran masyarakat homofobia masih tak terhindarkan sampai saat ini. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat apa yang sebenarnya terjadi di dunia queer setelah adanya gay rights movements. Menerapkan teori Hall mengenai identitas budaya dan teori Butler mengenai performativitas, melalui film An Englishman in New York (2009), makalah ini menunjukkan bahwa queer diaspora menciptakan identitas baru bagi penduduk asli dan imigran. Karya ini juga memperlihatkan bahwa sesungguhnya alasan mengapa queer pada era 1970 suka menunjukkan identitas gender mereka dengan queer fashion adalah karena tekanan dari masyarakat homofobi.
ABSTRACT
Although since 1973 the status of homosexuality is no longer considered as insanity, the presence of homophobic society is still inevitable until now. This study, then, aims to see what was actually happening in queer worlds after gay rights movements. Applying Hall?s cultural identity and Butler?s performativity theories through the movie An Englishman in New York (2009), this paper shows that queer diaspora creates new identities for both the indigenous people and the immigrants. This piece also reveals that the reason why 1970s queers liked to show their gender identities with queer fashion was because of the pressure from homophobic society., Although since 1973 the status of homosexuality is no longer considered as insanity, the presence of homophobic society is still inevitable until now. This study, then, aims to see what was actually happening in queer worlds after gay rights movements. Applying Hall’s cultural identity and Butler’s performativity theories through the movie An Englishman in New York (2009), this paper shows that queer diaspora creates new identities for both the indigenous people and the immigrants. This piece also reveals that the reason why 1970s queers liked to show their gender identities with queer fashion was because of the pressure from homophobic society.]"
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2015
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Fandra Febriand
"Penelitian ini tentang representasi identitas diaspora Tionghoa dalam dua film, yaitu The Journey (Malaysia) dan Ngenest (Indonesia). Peran diaspora Tionghoa sejak awal kehadiran film di kedua negara (akhir 1920-an) sangat signifikan. Akan tetapi, sejak periode akhir 1960-an hingga tahun 2000, peran itu dan tema ketionghoaan berkurang sangat drastis akibat dari kebijakan politik kedua negara terhadap diaspora Tionghoa. Baru setelah tahun 2000-an, seiring perubahan politik di Indonesia dan ketersediaan teknologi dalam pembuatan film di Malaysia, film bertema ketionghoaan kembali hadir di kedua negara. The Journey (2014) dan Ngenest (2015) diproduksi pada era setelah tahun 2010-an, dan disutradarai oleh diaspora Tionghoa. Menggunakan metode kualitatif, penelitian ini melakukan analisis mendalam terhadap unsur-unsur pembentuk kedua film, yaitu unsur naratif dan unsur sinematik. Konsep representasi dan identitas dari Stuart Hall digunakan sebagai kerangka teoritis dalam penelitian ini untuk memahami representasi identitas diaspora Tionghoa dalam kedua film dari dua negara ini.
Temuan dari penelitian ini adalah bahwa kedua film sama-sama merepsentasikan hal- hal berikut, namun dengan cara yang berbeda, yaitu: 1) tradisi adalah bagian dari penanda identitas diaspora Tionghoa; 2) dinamika identitas yaitu berupa tegangan antara tradisi dengan modernitas (The Journey) dan antara ketionghoaan dengan pandangan diskriminatif terhadapnya (Ngenest); 3) ketidakadaan relasi dengan Tiongkok sebagai negara secara politis. Representasi identitas diaspora Tionghoa di dalam kedua film sangat berbeda karena tidak terlepas dari perbedaan sosial, budaya, dan politik identitas terhadap diaspora Tionghoa di kedua negara tersebut. Masing-masing tokoh utama dalam kedua film merepresentasikan bagaimana identitas diaspora Tionghoa berada dalam kondisi “being” dan “becoming” dalam konteks konsep identitas dari Stuart Hall, yaitu identitas adalah a matter of “becoming” as well as of “being”.

This research is about the representation of the Chinese diaspora‟s identity in two different films, The Journey (Malaysia) and Ngenest (Indonesia). Since the late 1920s, when the cinema has just started to be introduced in both countries, the contributions of the Chinese diaspora has been very significant. However, from the late 1960s to 2000, there has been a decline in the participation of the Chinese diaspora in the cinema which results in the decline of Chinese-themed films. This phenomenon was a result of the two countries' political policies towards the Chinese diaspora. It was only after the 2000s, along with political changes in Indonesia and the availability of technology in filmmaking in Malaysia, that Chinese-themed films returned to both countries. The Journey (2014) and Ngenest (2015) were produced in the post-2010s era, and were directed by the Chinese diaspora. Using qualitative methods, this research conducts an in-depth analysis of the elements of the two films, which are the narrative elements and cinematic elements. Stuart Hall's concept of representation and identity was used as a theoretical framework to understand the representation of Chinese diaspora identity in the two films from these two countries.
The findings of this study are that both films represent the followings: 1) tradition is part of the identity marker of the Chinese diaspora; 2) the dynamics of identity in the form of tension between tradition and modernity (The Journey) and between Chinese and discriminatory views against it (Ngenest); 3) the absence of relations with China as a country politically. However, there were differences in how those things were represented. The different representations were related with the differences in terms of social, cultural, and identity politics of the Chinese diaspora in both countries. Using Stuart Hall‟s concept of identity, it can be seen that each of the main characters in both films represents how the identity of the Chinese diaspora is in a state of "being" and "becoming".
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sabrina Hotulinii Elizabeth
"Brave adalah film fantasi animasi tahun 2012 yang diproduksi oleh Pixar Animation Studios. Film ini menyajikan penggambaran yang bernuansa dan kompleks dari protagonis wanita feminis pertama, Merida, melampaui narasi tingkat permukaan dan menantang norma gender tradisional. Studi ini menganggap bahwa metode Merida menangani konfliknya dapat diterapkan dalam menggambarkan perubahan masyarakat dalam peran perempuan saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana Pixar merepresentasikan tokoh protagonis perempuan dengan nilai feminis melalui tanda-tanda dan simbolisme dalam film animasi Brave (2012). Kajian ini menggunakan pendekatan analisis semiotik, yang mengacu pada metodologi analisis film David Bordwell dan kerangka analisis semiotik Roland Barthes. Analisis ini berfokus pada adegan signifikan, pengembangan karakter, dialog, dan citra visual untuk mengungkap cara bernuansa feminisme dikomunikasikan melalui tanda-tanda dan simbolisme. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Brave (2012) memasukkan rangkaian tanda-tanda dan simbolisme yang memperlihatkan prinsip-prinsip feminis, antara lain rambut merah Merida yang merepresentasikan simbol penting atas otonomi dirinya, kekuatan dan independensi Merida dalam menantang konsep tradisional feminitas diilustrasikan dengan busur dan panah sebagai motif utamanya, dan dialog serta interaksi antar karakter menyoroti diskusi feminis dengan menguraikan nilai tekad diri sendiri dan penghapusan harapan patriarkal.

Brave is a 2012 animated fantasy film produced by Pixar Animation Studios. The film presents a nuanced and complex portrayal of the first feminist female protagonist, Merida, going beyond surface-level narratives and challenges traditional gender norms. The study suggests that the methods in which Merida deals with such conflict can be applicable in illustrating societal shifts in women's roles today. This study aims to examine how Pixar represents female protagonists with feminist values through signs and symbolism in the animated film Brave (2012). The study employs a semiotic analysis approach, drawing on David Bordwell's film analysis methodologies and Roland Barthes' semiotic analysis framework. The analysis focuses on key scenes, character development, dialogue, and visual motifs to uncover the nuanced ways in which feminism is communicated through signs and symbolism. The results of the study reveal that Brave (2012) incorporated an array of symbols and signs that highlight feminist principles, including Merida's red hair, which represents a strong symbol of her autonomy, Merida's strength and agency are illustrated with archery as the key motive, challenging traditional concepts of femininity, and the dialogue and interactions between characters highlight feminist discourse by outlining the value of self-determination and the eradication of patriarchal expectations."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Divika Nur Fadhilah
"[Film Prayers for Bobby (2009) mengangkat permasalahan mengenai homoseksualitas dan proses pengakuan diri. Dengan menggunakan metode analisis film, penulis menganalisis bagaimana institusi berpengaruh terhadap kondisi psikologis karakter homoseksual selama proses pengakuan diri. Hingga saat ini, belum terdapat banyak penelitian yang menganalisis hubungan dalam institusi sosial, seperti keluarga, agama, dan masyarakat yang memberikan tekanan dalam pembentukan identitas karakter homoseksual. Penelitian ini menggunakan teori Weeks mengenai seksualitas (1986) dan teori Hill mengenai tahapan-tahapan dalam proses pengakuan diri (2002) sebagai kerangka teori. Hasil utama penelitian ini menunjukkan bahwa karakter homoseksual di dalam film gagal untuk melewati seluruh tahapan proses pengakuan diri karena adanya pengekangan dari institusi. Kegagalan pengakuan diri tersebut menyebabkan karakter utama untuk bunuh diri, yang juga mencerminkan ketidakstabilan kondisi psikologisnya.

Prayers for Bobby (2009) raises the issue of homosexuality and the coming out process. Using film analysis, the author analyzes how institutions affect the psychological condition of a homosexual character during the process of coming out. There has not been a lot of research that see the relation among institutions, such as family, religion, and society in repressing the identity formation of homosexuals. This research uses Weeks sexuality (1986) and Hill's stages of coming out process (2002) as the frameworks. The major findings show that the homosexual character in the film fails to pass the stages of coming out process due to the repression by the institutions. This failure of coming out has caused the main character to commit suicide, which in fact reflects his unstable psychological condition.;Prayers for Bobby (2009) raises the issue of homosexuality and the coming out process. Using film analysis, the author analyzes how institutions affect the psychological condition of a homosexual character during the process of coming out. There has not been a lot of research that see the relation among institutions, such as family, religion, and society in repressing the identity formation of homosexuals. This research uses Weeks’ sexuality (1986) and Hill’s stages of coming out process (2002) as the frameworks. The major findings show that the homosexual character in the film fails to pass the stages of coming out process due to the repression by the institutions. This failure of coming out has caused the main character to commit suicide, which in fact reflects his unstable psychological condition., Prayers for Bobby (2009) raises the issue of homosexuality and the coming out process. Using film analysis, the author analyzes how institutions affect the psychological condition of a homosexual character during the process of coming out. There has not been a lot of research that see the relation among institutions, such as family, religion, and society in repressing the identity formation of homosexuals. This research uses Weeks’ sexuality (1986) and Hill’s stages of coming out process (2002) as the frameworks. The major findings show that the homosexual character in the film fails to pass the stages of coming out process due to the repression by the institutions. This failure of coming out has caused the main character to commit suicide, which in fact reflects his unstable psychological condition.]
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2015
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Ni Putu Diah Asyanti
"Istilah Indo mengacu pada orang yang terlahir dari perkawinan pribumi dan bangsa pendatang di Hindia-Belanda. Salah satu film yang membahas mengenai kehidupan orang Indo di Hindia-Belanda adalah film Bumi Manusia. Film ini hadir di bioskop pada tahun 2019 dan merupakan hasil karya dari seorang sutradara kenamaan, Hanung Bramantyo. Penelitian ini membahas representasi orang Indo yang ada dalam film Bumi Manusia (2019) melalui tokoh kakak-beradik Annelies dan Robert Mellema. Dalam proses analisis, peneliti menggunakan metode kualitatif yang didukung oleh teori semiotika Roland Barthes dan konsep pemikiran Stuart Hall mengenai identitas budaya. Penelitian ini menunjukkan bahwa pada film Bumi Manusia, terdapat perbedaan penggambaran orang Indo melalui kedua tokoh. Perbedaan penggambaran tersebut disebabkan oleh perkembangan identitas dari kedua tokoh. Annelies yang awalnya seorang Indo, ingin dianggap sebagai pribumi dengan berperilaku baik dan tidak mengkotak-kotakan manusia sesuai rasnya. Di sisi lain, Robert yang ingin dianggap sebagai Belanda totok cenderung berperilaku kasar dan bertindak semena-mena pada pribumi.

The term Indo refers to people born from marriages of natives and immigrants in the Dutch East Indies. One of the films that discusses the life of the Indos in the Dutch East Indies is Bumi Manusia. This film arrived in theaters in 2019 and is the work of a well-known director, Hanung Bramantyo. This study looks at how Indo people are portrayed in the film Bumi Manusia, specifically through the characters Annelies and Robert Mellema. This paper used the descriptive methods in the analysis, which were aided by Roland Barthes' semiotic theory and Stuart Hall's concept of cultural identity. This study reveals that there are differences in the depiction of the Indo in the film Bumi Manusia through the two characters. The difference in depiction is due to the two characters' desire for different identities. Annelies who want to be considered Natives tends to be well-behaved and does not divide humans based on race. On the other hand, Robert, who wanted to be considered a full-blooded Dutchman, acted rudely and arbitrarily toward natives."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Valda Kustarini
"Penelitian ini membahas pemaknaan dua film bertemakan hubungan antar etnis di Malaysia yang berjudul Potong Saga dan Halal oleh penonton muda Malaysia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan cara mewawancara informan yang kriterianya telah ditentukan terlebih dahulu. Informan dalam penelitian ini merupakan mahasiswa Malaysia yang berumur 21 sampai 22 tahun. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam secara langsung maupun daring menggunakan pedoman wawancara semi-terstruktur. Untuk menganalisa data yang telah diperoleh mengginakan teori encoding-decoding Stuart Hall dengan menggolongkan pemaknaan kedalam dominan, negosiasi, dan oposisi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pemaknaan mahasiswa Malaysia mengenai isu hubungan antar etnis di Malaysia dipengaruhi oleh faktor lingkungan. Generasi muda Malaysia cenderung lebih terbuka dan lebih mudah berteman dengan beragam etnis.

This research discusses about the construction of meaning of the movie themed ethnic relation in youth audiences (case study of Potong Saga and Halal). This research use qualitative method by interview informants with a certain criteria. Informants on this research are Malaysian youngsters aged 21 and 22 years old. Data collection method was  in-depth interview using a semi structured interview guide. Some interview were done face to face and some of them were done online. Stuart Hall's theory encoding-decoding was used to analyze data. Reception study theory would shows three reception, dominant, negotiation, and rejection. The result showed that the Malaysian youngsters in constructing meaning of ethnic relation film Potong Saga and Halal is different, backgrounds mattered from each of them. Malaysian youngsters were more open from the relation with different ethnics."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2018
T52073
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zahra Anindya Prameswari
"YouTube, sebagai media digital, dapat menjadi alat untuk mengonstruksi dan merepresentasikan identitas sosial. Dapat diakses oleh audiens dari seluruh dunia, YouTube juga membuat batasan antara dunia Barat dan Timur semakin semu, memberi jalan bagi orang-orang dari kedua budaya tersebut untuk berbagi pengaruh kepada audiens mereka. Dalam video YouTube mereka, Korean Englishman mengonstruksi dan merepresentasikan budaya Korea, dimana hal ini menunjukkan adanya narasi pasca-kolonial yaitu orang Barat bernarasi tentang orang Timur. Melalui Model Diskursif dari Pendekatan Konstruksionis dalam Teori Representasi oleh Stuart Hall serta perspektif pasca-kolonial dalam Teori Orientalisme, makalah ini menganalisis bahwa meskipun Korean Englishman bertujuan memperkenalkan budaya Korea kepada orang Inggris dan dunia, terdapat jejak-jejak pandangan Orientalisme dalam representasi mereka terhadap budaya Korea yang terlihat dalam 2 video yang akan dianalisis dalam makalah ini. Dalam mengidentifikasi tanda-tanda Orientalisme, analisis tekstual akan digunakan sebagai metode. Makalah ini menemukan bahwa perspektif Orientalisme seperti pembedaan, stereotip, dan eksotisisasi budaya Timur ditemukan dalam representasi budaya Korea oleh orang Inggris yang juga menyebabkan normalisasi perspektif Orientalisme yang dapat dilihat melalui penggunaan bahasa dan nada percakapan. Hal ini menunjukkan bahwa perilaku pasca-kolonial masih terjadi di zaman digital, meskipun disampaikan melalui sarana yang berbeda dan cara yang lebih halus.

YouTube, as a digital medium, can be used as a tool to construct and represent social identities. Having the ability to reach a worldwide audience, YouTube also makes the barrier between the West and the East more subtle, paving the way for people embodying both cultures to share and create influence towards their audience. In their YouTube videos, Korean Englishman construct and represent Korean culture, which reflects a postcolonial narration of the West narrating the East. Through the Discursive Model of the Constructionist Approach of Representation by Stuart Hall and the postcolonial perspective of Orientalism, the paper attempts to analyze how although Korean Englishman aimed to capture and introduce Korean culture to British people and the world, there are traces of Orientalist views in their representation of Korean culture which are shown in 2 of their videos that are analyzed in this paper. In identifying the signs of Orientalism, the analysis will use textual analysis as a method. The article discovers that orientalist values such as otherness, stereotyping, and exoticization of the East are found in the representation of Korean culture by the British which perpetuates the normalization of orientalist views impacted by the language use and tone of the conversations. This reveals how postcolonial events are still prevalent in the digital era, although displayed in different mediums and delivered in a more indirect manner."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Whida Rositama
"Tesis ini bertujuan untuk memaparkan representasi kota New York yang terdapat pada film “The Mortal Instruments: City of Bones'. Fokus analisis adalah menganalisis unsur naratif dan sinematografis film, serta memaknai simbol yang terdapat pada film “The Mortal Instruments: City of Bones' untuk menggali bentuk representasi dalam film tersebut. Analisis ini menggunakan teori semiotik dan representasi dengan pendekatan objektif dan metode deskriptif kualitatif. Hasil dari analisis ini adalah film The Mortal Instruments: City of Bones merepresentasikan kota New York sebagai kota yang modern namun tetap spiritual, kota yang sarat akan identitas dan kota yang rindu akan kehangatan.

This thesis aims to describe the city of New York representations contained in "The Mortal Instruments : City of Bones" movie. The focus of the analysis is to analyze the elements of narrative and cinematographic, as well as the meaning of the symbols contained in "The Mortal Instruments : City of Bones" movie to explore the forms of representation inside. This analysis uses semiotic and representation theory with the objective approach and qualitative descriptive method. The results of this analysis is 'The Mortal Instruments : City of Bones' movie represents the city of New York as a modern city but still spiritual, loaded by identity and miss the warmth.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
T43366
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Manope, Benito Calvin Alexander
"An Elephant Sitting Still (Dà xiàng xídì'érzuò) merupakan film pertama sekaligus film terakhir karya Hu Bo (胡波), seorang produser dan novelis Cina terkenal. Film ini yang dirilis pada 2018 ini mengisahkan tentang kehidupan empat tokoh utama yaitu Yu Cheng, Wei Bu, Huang Ling, dan Kakek Wang Jin yang tinggal di wilayah kumuh dan penuh dengan permasalahan. Terlepas dari berbagai masalah yang dihadapi, mereka semua melakukan perjalanan ke kota Cina utara untuk melihat gajah yang duduk di Manzhouli. Pada akhirnya mereka tetap tidak dapat melihat gajah tersebut. Penelitian ini akan membahas mengenai pemaknaan gajah yang duduk di Manzhouli dan keterkaitannya dengan alur pada film An Elephant Sitting Still (Dà xiàng xídì'érzuò). Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa gajah yang duduk film ini merupakan sebuah simbolisasi yang lebih mendalam dari sekedar harapan.

An Elephant Sitting Still (Dà xiàng xídì'érzuò) is the first and last film by Hu Bo (胡波), a famous Chinese producer and novelist. The film, released in 2018, tells the story of the lives of the four main characters Yu Cheng, Wei Bu, Huang Ling, and Grandpa Wang Jin who live in a slum and are full of problems. Despite their problems, they all travel to a northern Chinese city to see the elephant sitting in Manzhouli. In the end, they still cannot see the elephant. This research will discuss the meaning of the elephant sitting in Manzhouli and its relationship with the plot in the film An Elephant Sitting Still (Dà xiàng xídì'érzuò). In this research, the method used is qualitative method with data collection method in the form of literature study. The results of this study show that the film's sitting elephant is a symbolisation that is deeper than just hope.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Jessica Rachel Uli Rohana
"Artikel ini membahas tentang konflik ibu dan anak dalam film J'ai Tué Ma Mère karya Xavier Dolan. Artikel ini menggunakan teknik penelitian kualitatif dengan data studi kepustakaan. Data yang digunakan dalam analisis meliputi aspek naratif dan aspek sinematografis dalam film. Analisis menunjukkan bahwa konflik yang terjadi antara tokoh ibu dan anak dalam film ini disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu perbedaan, kesulitan berkomunikasi, dan adanya keputusan sepihak orang tua tokoh utama.

This article examines the conflict between mother and son in Xavier Dolan's film J'ai Tué Ma Mère. This article uses qualitative method with a document review method. The data examined in the analysis include narrative elements and cinematography in film. The analysis shows that the conflict between mother and son in the film is provoked by several causes; personal differences, communication problems, and one-sided decisions made by the parents.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2015
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>