Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 112458 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ferry Kurniawan
"Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta (2011-2014). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan karya ilmiah dosen meliputi kebijakan, pengadaan, pengolahan, pelayanan (akses dan diseminasi) dan pelestarian serta kendala yang dihadapi di Perpustakaan Universitas Katolik Atma Jaya Jakarta. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukakan dengan observasi, wawancara.
Hasil dari penelitian ini adalah pengelolaan karya ilmiah dosen masih belum berjalan seperti yang diharapkan, terlihat dari masih sedikitnya jumlah karya ilmiah yang terkumpul dan belum semua dosen mengumpulkannya pada perpustakaan. Permasalahan yang terjadi tidak terletak pada teknologi dan kebijakan yang sudah ada, namun pada implementasi kebijakan yang belum maksimal dilakukan. Karena belum adanya laporan mengenai karya ilmiah dosen kepada pihak universitas selaku pembuat kebijakan.

This thesis discusses Management of lecturer?s scholarly publications at Atma Jaya Catholic University (2011-2014). The purpose of this study was to describe the management of Lecturer Scholarly Publications includes policies, acquisition, processing, services (access and dissemination), and the preservation and obstacles encountered in the Library of the Catholic University of Atma Jaya Jakarta. Data collected by observation and interview.
Results from this study is the management of Lecturer's Scholarly Publications is still not working as expected, it seen by the small number of Scholarly Publications collected and not all lecturers collect Scholarly Publcations at the library. The problems that occurred not on the technologies and policies that already exist, but on implementation of policy. because of the lack of reports of scientific work as a university lecturer to the policy makers. Because of the lack of reports of Lecturer?s Scholarly Publication to the university as the policy makers."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2015
S61484
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adisurya Aulia Rahman
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai proses pembentukan modal sosial di dalam
layanan Perpustakaan Universitas Paramadina. Penelitian ini merupakan
penelitian kualitatif dengan metode studi etnografi. Temuan yang diperoleh dalam
penelitian ini menunjukan bahwa aktivitas yang terjadi antara pustakawan dan
pengguna pada layanan perpustakaan dapat membangun modal sosial di
perpustakaan. Kedekatan yang terjalin, tingginya frekuensi kegiatan bersama serta
adanya norma untuk tidak saling mengganggu merupakan contoh aktivitas yang
menonjol dalam layanan perpustakaan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah
proses pembentukan modal sosial dalam layanan di Perpustakaan Universitas
Paramadina dibangun berdasarkan rasa saling percaya, saling menghargai serta
adanya jaringan sosial yang terjalin antara pustakawan dan pengguna.

ABSTRACT
This study discusses about process of social capital formation in library service at
Library of Paramadina University. This study is a qualitative research with
ethnographic method. The findings obtained in this study indicate that the activity
that occurs between librarians and users in library services could build social
capital in the library. The closeness between librarians and users, the high
frequency of joint activities as well as the norm to not interfere with each other are
example of a prominent activity in the library service. The conclusion of this
study is that the process of social capital formation in library service at Library of
University Paramadina built based on mutual trust, mutual respect and the
existence of social networks that exist between librarians and users."
2014
S54546
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
London: Taylor Graham , 1994
027.7 NEW
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Fitria Rahmilasari
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas Analisis website Repositori Institusi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menggunakan Indikator Webometrics Rangking web Of Repositories. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan analisis website repositori institusi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menggunakan Indikator Webometrics Rangking web Of Repositories yaitu: Visibility (V), Size (S), Rich File (R), Altmetrics (A) dan Scholar (Sc). Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Pengumpulan data dilakukakan dengan observasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini adalah nilai webometrics website repositori institusi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta adalah sebesar 66,03 % dengan rincian nilai indikator size sebesar 8,5 %, visibility 18,41 %, rich file 1,84 %, altmetrics 12,3 %, scholar 24,67 %. Serta dengan nilai pembobotan 66,03 % diperkirakan website repositori institusi UIN Syarif Hidayatullah berada pada peringkat ke-31 pada periode juli 2015. Selain itu, dari hasil analisa diketahui beberapa hal yang menyebabkan website repositori institusi UIN Syarif Hidayatulllah sedikit yang terindek oleh Google serta tidak terindeks oleh webometric. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yaitu: 1) faktor teknologi web, yaitu penggunakan bahasa javascript sehingga mesin pencarian sulit untuk mengindeks halaman web; 2) tidak semua files/records yang terdapat pada website repositori institusi UIN Syarif Hidayatullah terdapat fulltext; 3) website repositori institusi belum mendaftar di Google Scholar yang menyebabkan karya ilmiahnya sedikit yang terdindeks Google Scholar.

ABSTRACT
This mini-thesis describes an analysis of UIN Syarif Hidayatullah Jakarta’s Institutional Repository website using indicators from Webometrics Ranking web of Repositories. The purpose of this study is to describes the analysis of institutional repository website of UIN Syarif Hidayatullah Jakarta using 5 Webometrics Ranking web of Repositories indicators; Visibility (V), Size (S), Rich Files (R), Altmetrics (A) and Scholar (Sc). This quantitative research conducted using experimental method. Data collected by observation, interview, and literature study. The result of this study shows the webometrics value of Institutioal Repository (IR) Syarif Hidayatullah Jakarta’s website amounted to 66.03% with the details of the size indicator value of 8.5%, visibility 18.41%, rich files 1.84%, altmetrics 12, 3%, scholar 24.67%. As well as the estimated value of the weighting 66.03% institutional repository website UIN Syarif Hidayatullah was ranked 31st. Besides, result from the analysis shown several things that makes the Institutioal Repository (IR) Syarif Hidayatullah Jakarta’s website have low index by Google and have no index at all by webometrics was caused by several factors. There are: 1) web’s technological factor, which might be caused by javascript language that makes the searching machine found some difficulties to indexing the web page; 2) not all the files/records on the UIN Syarif Hidayatullah’s institutional repository website have a fulltext document; 3) Institutional Repository website on UIN was not registered on Google Scholar which made its scientific research was less indexed by Google Scholar."
2015
S59600
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Regina Syafinas
"Skripsi ini membahas persepsi pemustaka terhadap layanan Perpustakaan Universitas Katolik Atma Jaya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui persepsi pemustaka terhadap layanan, koleksi, sumber daya manusia, sarana dan prasarana serta harapan pemustaka untuk kemajuan layanan Perpustakaan Universitas Katolik Atma Jaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei.
Hasil penelitian ini persepsi pemustaka terhadap layanan adalah baik dengan skor 2,83. Persepsi pemustaka terhadap koleksi adalah baik dengan skor 2,77. Persepsi pemustaka terhadap sumber daya manusia adalah baik dengan skor 2,84. Persepsi pemustaka terhadap sarana dan prasarana adalah baik dengan skor 2,78. Rentang untuk kategori baik adalah 2,6-3,3. Harapan pemustaka adalah sebanyak 17,1% mengaharapkan untuk memperbaiki sarana internet agar server yang digunakan tidak mudah down, 16,2% mengharapakan untuk memperluas ruang baca, dan 8,6% mengharapkan untuk memperbanyak koleksi.

This thesis is studying about users perception to Universitas Katolik Atma Jaya library service. The purpose of this study is to understand user perception about the service, collection, librarians, facilities and infrastructure, and user expectation for Universitas Katolik Atma Jaya library service progress. The research uses quantitative approach with survey method.
The results of this research is user perception about the service is good with a score of 2,83. User perception about the collection is good with a score of 2,77. User perception about the librarians is good with a score of 2,84. Range for good category is 2,6-3,3. User perception about the facilities and infrastuructue is god with a score 2,78. The user expectation is 17,1% expecting the internet can more better, 16,2% expecting to expand the reading room, and 8,6% expecting to expand the collection.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S46758
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sintha Ratnawati
"Penelitian ini berlujuan mengukur dan mempelajari kualitas jasa yang dilihat dari besar dan arah perbedaan antara harapan dan persepsi pengguna terhadap pelayanan perpustakaan. Kerangka teoritis yang dituturkan di sini mengadaptasi Model Kesenjangan Kualitas Jasa. Penelitian dilakukan dengan metode kuesioner dan dilengkapi dengan wawancara terhadap 276 mahasiswa.
Hasilnya menunjukkan kualitas jasa perpustakaan setempat tidak buruk, meskipun masih di bawah harapan pengguna. Dari identifikasi dimensi diketahui adanya lima dimensi yang menjadi dasar penilaian kualitas jasa, yaitu assurance, empati, responsiveness, reliabilitas, dan tangibles. Kelima dimensi tersebut mempunyai interkorelasi dalam pencapaian kualitas jasa. Masing-masing dimensi mempunyai derajat kepentingan dan menunjukkan tingkat kesenjangan yang berbeda. Reliabilitas dan tangibles merupakan dua dimensi yang dianggap paling penting namun kesenjangannya cenderung tinggi. Dalam hal reliabilitas, kekurangan tersebut mencakup keterbatasan koleksi, ketidakakuratan katalog terpasang, serta tidak terciptanya suasana tenang seperti yang terjadi di perpustakaan pada umumnya. Mengenai tangibles, tanggapan responden banyak berkaitan dengan sarana komputer yang terbatas serta sempitnya ruang baca yang tidak mampu menampung pengguna. Dalam hal assurance, responden melihat pengetahuan, keramahan, dan kernampuan petugas cukup memadai, sementara gangguan keramahan mengurangi kemantapan responden menggunakan jasa perpustakaan. Perhatian dan bantuan secara teknis, yang menjadi bagian dari dimensi empati, dipandang cukup baik. Walaupun demikian, perpustakaan diharapkan lebih memperhatikan kepentingan pengguna dalam mengembangkan jasa. Memaklumi adanya keterbatasan sumber daya, responden menilai petugas memberikan pelayanan dengan cukup cepat. Dilihat lebih jauh, kesenjangan itu terjadi akibat pihak perpustakaan kurang rnengetahui aspirasi pengguna serta komunikasi yang tidak terjalin dengan baik di antara keduanya. Penilaian dari sudut pandang pengguna akan membantu pengelola perpustakaan menentukan prioritas pembenahan pelayanan guna memberikan jasa yang sesuai dengan keperluan pengguna.

Identification of Dimension and Evaluation of Service Quality at Atma Jaya Catholic University Library - Jakarta The objective of this empirical research is to measure and study service quality based on magnitude and direction of the discrepancy between users' expectation and perception of library services. This conceptual framework adopts Gaps Model of Service Quality; Data were collected using questionnaire and interviews toward 276 students.
The findings indicate that service quality of the library is adequate, although it is lower than users' expectation. Identification of dimensions reveals five dimensions of service quality: assurance, empathy, responsiveness, reliability, and tangibles relevant to the library services. There is inter-correlation between five dimensions of service quality. Each dimension has different importance level and gap score. Reliability and tangibles are the most important dimensions while their gap magnitude are high. The gap in the reliability dimension came from lack of collections, inaccuracy of online catalogue, and unavailability of noiseless environment in the reading room commonly offered in the library. As to the tangibles, limited computer facilities, and overcrowded reading room, contribute to the high gap score. Meanwhile in the assurance dimension, library users appraise knowledge, ability and courtesy of library staff, whereas security vulnerability decrease respondents' confidence in using library services. Technical assistance and attention, which are compose empathy dimension, are appraised positively, although users still expect the library pay more attention to their need when designing service offered to them. Recognizing of library's limited resources, respondents justify that library staffs provide an adequate quick service. Further research's insight showed that discrepancy between users' expectation and perception of library services is caused by ineffective communication and lack of understanding of users' aspiration. Library user assessment will facilitate the library give right priority to the service improvement appropriate to the users' requirement."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2003
T10844
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ribka Prima Setyanty
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas tentang persepsi pustakawan mengenai pergeseran peran
pustakawan di abad elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi
pustakawan Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya Jakarta dan
mengetahui apa saja strategi yang dimiliki pustakawan Unika Atma Jaya dalam
menghadapi pergeseran perannya di abad elektronik. Penelitian ini adalah
penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Data penelitian diperoleh dengan
cara memeriksa dokumen terkait, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian ini
juga dikaitkan dengan kompetensi pustakawan abad 21 oleh American Library
Association.

ABSTRACT
This undergraduate thesis discusses the librarian perception about librarian?s
shifting role in electronic era. This research aims to determine perception of
Unika Atma Jaya Jakarta?s librarian about their shifting role and to get overview
about their strategy so they can survive in electronic era. This study was a
qualitative research with case study method. The research data obtained by
examining relevant documents, interviews, and observation. The results of this
study was also associated with the 21th century competencies of librarian by
American Library Association."
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S42189
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Mohd. Isnaini
"Penelitian ini membahas tentang komunikasi organisasi, kemampuan berkomunikasi merupakan salah satu faktor yang menentukan organisasi dapat hidup, sukses dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan masukan yang baik bagi pengelolaan perpustakaan perguruan tinggi khususnya pada komunikasi organisasi, dimana dengan komunikasi yang baik menjadikan kinerja perpustakaan menjadi lebih baik. Pimpinan dengan seluruh anggota organisasi di harapkan dapat berkomunikasi secara terbuka, penuh kejujuran, dan keadilan. Disamping itu yang tidak kalah pentingya dalam suatu organisasi adalah budaya organisasi, dimana dengan komunikasi yang baik di harapkan membantu budaya kerja organisasi menjadi semakin baik. Metode dalam penelitian ini adalah bersipat deskriptif dengan pendekatan secara kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, pengamatan dan dokumentasi.
This research is about the organizational communication. Communication is one of the factor that determine the successful, effectivity and enduring of the organizational. The objective of this research is to suggest good college library management especially for organizational communication which good communication makes better library performance. The leader and all the employees are expected to do open communication, full of honest and fairness. Besides that last but not least in an organization, organizational culture is also important, which by doing good communication the culture of working organization become better. The research is descriptive with qualitative approach, data collection was conducted by in-depth interviews, observation and documentation."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2011
T28879
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Poole, Frazer G.
Bandung: ITB Press, 1981
R 022.317 FRA d
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Dharma Halim
"ABSTRAK
Perpustakaan Unika Atma Jaya berfungsi sebagai penyedia sumber belajar untuk menunjang kegiatan tri dharma universitas. Penggunanya, termasuk mahasiswa, dapat menggunakan Atmalib, yaitu katalog daring yang disediakan Perpustakaan untuk melakukan penelusuran bahan pustaka. Namun, rekaman aktifitas penelusuran menunjukkan bahwa tingkat kegagalan aktifitas penelusuran masih melebihi batas toleransi yang diijinkan. Oleh karena itu, faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan penelusuran bahan pustaka di katalog Perpustakaan perlu diketahui. Berdasarkan sejumlah penelitian sebelumnya, sejumlah hipotesis disusun. Data dikumpulkan melalui survei terhadap mahasiswa Unika Atma Jaya kemudian diolah menggunakan PLS-SEM dan perangkat lunak SmartPLS. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa faktor kognitif sehubungan sumber informasi serta strategi penelusuran berpengaruh secara signifikan terhadap keberhasilan penelusuran. Strategi penelusuran dipengaruhi secara signifikan oleh literasi informasi. Sebaliknya, keahlian melakukan penelusuran secara spesifik di Atmalib serta faktor kognitif sehubungan kebutuhan informasi tidak terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap keberhasilan penelusuran.
ABSTRACT
Library serves as a learning resource centre to support tri dharma activity of Atma Jaya Catholic University. Patrons, including students, are encouraged to use Atmalib as an online library catalogue to do the searching. Unfortunately, the searching log shows a high rate of failure more than acceptable. Library catalogue search success factors need to be identified. Some hypotheses are generated based on previous researches. Data were collected through a survey to students of Atma Jaya Catholic University then were analyzed using PLS-SEM and SmartPLS software. In conclusion, cognitive factors related to information sources and searching strategy significantly act as searching success factors. Searching strategy significantly influenced by information literacy. In contrast, cognitive factors related to information needs and searching expertise on Atmalib are not proven to influence searching success significantly.

"
2019
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>