Ditemukan 62729 dokumen yang sesuai dengan query
Fania Oktaliani
"Wisatawan asing yang berkunjung ke Jepang setiap tahun mengalami peningkatan. JNTO sebagai organisasi promosi pariwisata Jepang berperan penting dalam melakukan kegiatan promosi di luar negeri. Dalam skripsi ini membahas mengenai upaya-upaya apa saja yang dilakukan oleh JNTO dalam mempromosikan pariwisata Jepang dan pengaruhnya baik terhadap Jepang sendiri maupun terhadap wisatawan asing yang berkunjung ke Jepang. Penelitian ini merupakan kajian kepustakaan dengan metode kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan kegiatan promosi yang dilakukan oleh JNTO untuk menarik wisatawan asing berkunjung ke Jepang membawa dampak yang positif. Selain mempengaruhi perekonomian Jepang, wisatawan asing yang berkunjung ke Jepang mengalami peningkatan.
Every year, the number of foreign tourist visiting Japan is increasing. As Japan's tourism promotion organization, JNTO has played an important role in the act of foreign promotion. This study will focused on discussing about the efforts that JNTO did in promoting Japan's tourism and how that effects visiting foreign tourist and to the nation itself. This study is a literature review using the qualitative method. The results of this study shows that JNTO's promotional act to attract foreign tourist has brought a positive impact. In addition to influencing the nation's economy, the number of foreign tourist that comes to japan has also increased."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2015
S59349
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Tokyo, Kasumigasaki Chiyoda-ku J.N.T.O, 1993.,
910.252 JAP t
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Rizky Aulia Pangestika
"Japan Travel Fair adalah salah satu aktivitas yang dilakukan oleh JNTO untuk mempromosikan pariwisata Jepang. Japan Travel Fair melakukan beberapa upaya untuk mempromosikan pariwisata Jepang diantaranya yaitu bekerja sama dengan travel agent dan eksibitor-eksibitor Jepang. Menggunakan metode kualitatif dengan sumber data penelitian berupa hasil dari observasi event, wawancara dengan penyelenggara dan studi literatur. Penelitian ini membahas metode promosi pariwisata yang digunakan pada acara Japan Travel Fair. Selama Japan Travel Fair berlangsung pengunjung yang datang juga dapat menemukan berbagai penawaran dan undian berhadiah menarik. Untuk menarik para pengunjung Japan Travel Fair dilakukan beberapa langkah promosi baik sebelum acara berlangsung dan pada saat berlangsungnya acara.
Japan Travel Fair is one of the activities carried out by JNTO to promote Japanese tourism. The Japan Travel Fair made several efforts to promote Japanese tourism, including cooperating with travel agents and exhibitors from Japan. Using qualitative methods with research data sources in the form of results from event observations, interviews with organizers and literature studies this study discusses tourism promotion methods used at the Japan Travel Fair. During the Japan Travel Fair, visitors who come can also find various attractive prizes and lotteries. To attract visitors to the Japan Travel Fair, several promotional steps were carried out both before the event took place and during the event."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Septalia Anugrah Wibyaninggar
"
ABSTRAKTesis ini membahas mengenai halal tourism di Jepang, sebuah strategi pariwisata baru di Jepang dengan wisatawan Muslim sebagai sasarannya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitis melalui pendekatan kualitatif dengan metode interpretasi data. Strategi halal tourism di Jepang mencakup bidang restoran, bidang akomodasi dan transportasi, organisasi yang menangani halal tourism, serta layanan informasi, dengan tetap mempertahankan kearifan lokal Jepang. Penerapan strategi halal tourism berimplikasi pada peningkatan ekonomi dan hubungan diplomasi.
ABSTRACTThis research attempts to investigate halal tourism in Japan as its new tourism strategy toward Muslim as its playing field. This study is an analytical descriptive research used qualitative approach through data interpretation method. The halal tourism strategy comprises restaurant, accommodations and transportation, association or institution which related to halal tourism, and also information services while maintaining Japanese local wisdom. Halal tourism strategy has implication to economic improvement and diplomatic relation."
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2016
T44985
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Surfia Miana
"Gempa Bumi Besar Jepang Timur dan Tsunami Maret 2011 telah mempengaruhi perkembangan ekonomi dan industri di Jepang. Industri pariwisata merupakan salah satu industri yang terkena dampak bencana tersebut. Skripsi ini membahas mengenai dampak yang diakibatkan gempa bumi dan tsunami terhadap pertumbuhan pariwisata Jepang, khususnya pada inbound dan outbound, hingga akhir tahun 2012. Penelitian ini merupakan kajian kepustakaan dengan metode deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemerintah Jepang melalui berbagai upaya dan kebijakannya di bidang pariwisata mampu merekonstruksi wilayah Tohoku dan memulihkan pariwisata di wilayah tersebut. Jepang bahkan berhasil meningkatkan rasio pertumbuhan pariwisata nasional secara positif.
The Great East Japan Earthquake and Tsunami March 2011 has affected the economic and industry growth in Japan. Tourism industry is one of the industries affected by the disaster. The focus of this study is about the impacts of earthquake and tsunami on Japanese tourism growth, especially inbound and outbound tourism, until the end of fiscal year 2012. This study is a literature review using descriptive-analytical method. The result shows that Japanese government, through various efforts and act, was able to reconstruct Tohoku and recover Japanese tourism in the affected area. Japan even succeeded to increase the growth rate of national tourism positively."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S46939
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Arina Pramudita
"Pariwisata merupakan salah satu sektor penting dalam pertumbuhan ekonomi di Jepang. Berdasarkan target yang diinginkan pemerintah untuk mendatangkan wisatawan asing 25 juta di tahun 2020, industri pariwisata Jepang mulai memberikan perhatian terhadap wisatawan muslim. Penelitian ini membahas mengenai industri pariwisata Jepang yang meningkatkan upaya menarik wisatawan muslim. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi analisis dengan tinjauan pustaka sebagai sumber.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa industri pariwisata Jepang mampu menyesuaikan antara penawaran dan permintaan wisatawan muslim sebagai upaya menarik wisatawan asing ke Jepang sebagai pasar potensial. Menyesuaikan penawaran dan permintaan tersebut dengan cara meningkatnya fasilitas dan kesadaran Jepang untuk menyesuaikan dengan peraturan Islam untuk kenyamanan wisatawan muslim selama berada di Jepang. Dengan terpenuhinya kenyamanan untuk wisatawan muslim, maka dapat membuka kesempatan yang lebih besar untuk mencapai target di tahun 2020.
Tourism has been importance as one of sectors enhacing economic growth in Japan. According to the government’s goal of attracting 25 million tourist by 2020, Japanese tourism industry is beginning to pay attention to muslim tourists. This article is about Japanese tourism industry boosting efforts to attracts muslim tourists. This article using descriptive-analytical method and literature review as a sources. The result shows that Japanese tourism industry was able to adjusts between supply and demand from muslim tourists as an efforts to attract muslim tourist to Japan as a big potential target. The balance between supply and demand accompanying with increasing facility and mindful that related Islam law to make muslim tourists more comfortable. And have a big chace to reach the target in 2020."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Venni Astria
"Pariwisata merupakan industri yang sarat akan informasi. Media sosial sering menjadi sumber dari informasi. Media sosial tidak hanya menyajikan informasi akan destinasi wisata Jepang, namun juga pengalaman maupun kesan wisatawan tersebut sebagai acuan dalam menentukan keputusan, keyakinan, dan meningkatkan kualitas perjalanan. Selain itu, bagi pihak penyedia produk atau jasa dalam pariwisata, media sosial juga menjadi sarana promosi yang baru. Dalam skripsi ini diangkat juga demografi pariwisata Jepang sebagai dampak media sosial. Penelitian ini merupakan kajian kepustakaan dengan metode deskriptif analisis.
Tourism is an industry which packed with information. One of the information source is social media. Social media give, not only the information about Japan tourist destination, but also the experiences and review from other tourist, as a reference in taking decision, to make sure, and to rise the quality of the trip. In addition, social media also become a new promotion place for the product and service provider in tourism. In this paper is also discuss the Japanese tourism demography as an impact of social media. This study is a review of literature with descriptive-analysis methods."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S58054
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Marga Apsari
"Awa Odori (tarian Awa) adalah bagian dari perayaan obon yang diadakan pada tanggal 12—15 Agustus di Tokushima, Jepang. Sejak 1920-an, Awa Odori mulai dikembangkan menjadi objek pariwisata kebudayaan Tokushima. Sebagai objek pariwisata, Awa Odori diharapakan dapat berkontribusi di bidang ekonomi. Jumlah wisatawan yang datang ke Tokushima untuk menonton Awa Odori naik setiap tahunnya. Pada tahun 2011, 1,3 juta wisatawan datang ke Tokushima untuk menikmati Awa Odori. Seiring dengan naiknya jumlah wisatawan dan penginap, Produk domestik bruto (PDB) Tokushima pun juga naik. Berkembangnya Awa Odori sebagai objek pariwisata kebudayaan Tokushima tidak lepas dari peran pemerintah, swasta dan masyarakat setempat. Pemerintah mempromosikan Awa Odori, pihak swasta dan masyarakat setempat memfasilitasi para wisatawan.
Awa Odori (Awa dance) is a part of obon festival which is held on August 12—15 in Tokushima, Japan. Since around 1920, Awa Odori was developed into Tokushima's cultural tourism object. As a tourism object, Awa Odori is expected to contribute in the economic field. The tourists who come to Tokushima to watch Awa Odori is rising every year. In 2011, 1,3 million tourists came to Tokushima to enjoy Awa Odori. Along with the rising number of tourists and overnight tourists, Tokushima's GDP is also rising. Government, private sectors and local communities also have role in the development of Awa Odori as Tokushima's cultural tourism object. The government promotes Awa Odori, while private sectors and local communities provides the facility for tourists."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2015
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Dinda Rahma Dewanti
"Dalam menghadapi Tokyo 2020, Jepang menargetkan jumlah kunjungan wisatawan internasional mencapai 20 juta wisatawan. Dalam upaya meningkatkan jumlah kunjungan internasional, Jepang melihat pasar wisatawan ASEAN dan menargetkan wisatawan muslim sebagai pasar yang berpontensi. Jepang merekonstruksi pariwisatanya menjadi ramah muslim, salah satunya adalah makanan halal. Untuk memproduksi makanan halal, Jepang bekerja sama dengan Malaysia dalam membentuk lembaga sertifikasi halal. Dalam memberikan informasi dan mempromosikan makanan halal, Jepang menggunakan media promosi online yaitu media sosial. Upaya tersebut mendapat respon yang positif serta meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan muslim ASEAN.
In facing the Tokyo 2020, Japan is targeting the number of international tourist arrivals up to 20 million tourists. As an effort to increase the number of international visitors, Japan sees ASEAN tourist market and Moslem tourist destination as potential markets. Japan is currently reconstructing their tourism to be a Muslim friendly tourism by providing halal food. They coorperate with Malaysia in establishing halal certification institute to produce it. To give more information and promotion about halal food, Japan uses online promotion such as social media. Those efforts have been responded well and made the number of ASEAN Moslem visitors increased."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2017
S69933
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Janette Rouli Andwitasari
"Penelitian ini membahas peran ama dalam pariwisata kota Toba di prefektur Mie, Jepang. Ama merupakan wanita yang menyelam sampai kedalaman 5 mdash;25 meter ke dasar laut untuk mencari rumput laut dan awabi siput laut tanpa menggunakan tabung oksigen. Kota Toba bertransformasi menjadi kota turisme berkat ama. Tujuan penelitian adalah untuk memaparkan bagaimana peran ama sebagai penjaga tradisi dalam pariwisata kota Toba. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan ama berperan sebagai penjaga tradisi yang mengupayakan konservasi laut dengan praktik ramah lingkungannya dan turut berkontribusi dalam pariwisata sebagai destinasi wisata budaya dan ikon kota Toba.
This study discusses the role of ama in Toba City Tourism in Mie Prefecture, Japan. Ama is a woman who could do free diving until 5 mdash 25 meters into the bottom of the sea to picks seaweed and their prize catch, awabi abalone . Toba city has transformed into a tourism city because of ama. The purposes of this study is focuses on the explanation of ama rsquo s role as guardian of the tradition in Toba city tourism. This study uses descriptive qualitative method. The result of this study indicates that ama has involve as guardian of the tradition which seeks marine conservation with their sustainable practice while also contributes in Toba rsquo s tourism as cultural tourism destination and city icon."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2017
S68830
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library