Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 160497 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Lisia Astari Pertiwi
"Dengan semakin populernya kegiatan CSR, motif perusahaan untuk melakukan CSR menjadi semakin kompleks. Terdapat keinginan perusahaan untuk secara tulus membantu lingkungan sosial, namun terdapat pula tuntutan dari berbagai pemangku kepentingan untuk melakukan kegiatan CSR yang bersifat strategis bagi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari persepsi pelanggan kepada CSR perusahaan terhadap kepercayaan dan kepuasan pelanggan, yang kemudian mempengaruhi loyalitas pelanggan. Penelitian ini membandingkan dua kegiatan CSR yang berbeda, yaitu cause-related marketing dan donasi pelanggan (filantropi) yang dilakukan oleh GrabTaxi dan Alfamart.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada konteks cause-related marketing pelanggan mampu menerima bahwa motif perusahaan tidak murni untuk menolong lingkungan sosial, namun juga untuk mencapai tujuan strategis perusahaan. Namun sebaliknya, pada konteks donasi pelanggan, persepsi bahwa kegiatan CSR dilakukan untuk kepentingan perusahaan secara signifikan mengurangi kepuasan pelanggan, sementara motif murni untuk menolong lingkungan sosial meningkatkan kepercayaan pelanggan pada perusahaan.

The increase in demand of CSR from various stakeholders has caused company's CSR motives to be more complex. CSR activities are not only founded on the benevolence of corporate agents but also as part of a corporate strategy formulated in pursuit of stakeholder interest. To further achieve understanding of the impact of CSR motives on customer trust and satisfaction, which can impact customer loyalty, this research compares two distinct CSR activities conducted by GrabTaxi and Alfamart.
Results have shown that in the context of cause-related marketing, customers can accept that CSR is motivated by multiple motives (benevolent and strategic). However, in the context of customer donation (philantrophy), CSR motives that are founded upon corporate interest leads to a decrease in customer satisfaction while CSR motives founded on benevolence leads to an increase in customer trust.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S60847
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gagah Budi Prakasa
"Corporate Social Responsibility (CSR) telah menjadi gagasan luas di pasar global. Pemerintah Indonesia mendorong Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) melalui Program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) yang disahkan Peraturan Menteri PER-05/MBU/04/2021. Sebagai Bank Himbara, Bank Mandiri, Bank Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI), dan Bank Tabungan Negara (BTN) secara konsisten menunjukkan prestasinya dalam program-program CSR. Tujuan penelitian ini mengeksplorasi pengaruh empat dimensi CSR yakni Philanthropy Responsibility, Ethical Responsibility, Legal Responsibility, dan Economic Responsibility terhadap Brand Equity (BE) dengan peran mediasi Corporate Image (CI) dan Trust (TR). Metode Partial Least Squares-Structural Equation Modelling (PLS-SEM) dengan disjoint two-stage approach digunakan untuk menguji hipotesis dengan 393 sampel nasabah milenilal dan z Bank BUMN di seluruh Indonesia. Hasil studi menunjukkan bahwa CSR tidak memiliki pengaruh langsung yang signifikan terhadap BE. Sementara itu, TR dan CI secara positif dan signifikan memediasi pengaruh antara CSR dan BE. Temuan ini mengindikasikan bahwa praktik CSR yang berhasil akan meningkatkan citra bank di benak nasabah. Nasabah merasa bahwa mereka berkontribusi secara sosial karena menerima layanan dari organisasi yang bertanggung jawab secara sosial. Praktik CSR menciptakan kepercayaan nasabah terhadap layanan keuangan bank. Oleh karena itu, reputasi dan kepercayaan berkontribusi dalam membangun BE bagi perusahaan.

Corporate Social Responsibility (CSR) is a widespread notion in the global market. The Government of Indonesia encourages State-Owned Enterprises (BUMN) to realize the Sustainable Development Goals (SDGs) through Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) which has been approved by Ministerial Regulation PER-05/MBU/04/2021. As BUMN’s Bank, Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI), and Bank Tabungan Negara (BTN) consistently show their achievements in CSR programs. The purpose of this study explores the influence of four dimensions of CSR namely Philanthropy Responsibility, Ethical Responsibility, Legal Responsibility, and Economic Responsibility on Brand Equity (BE) with the mediating role of Corporate Image (CI) and Trust (TR). The Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) method with a two-stage disjoint approach was used to test the hypothesis with 393 samples of millennial customers and z state-owned banks throughout Indonesia. The results of the study show that CSR does not have a significant direct effect on BE. Meanwhile, TR and CI positively and significantly mediate the effect between CSR and BE. This finding developed that successful CSR practices will improve the bank's image in the minds of customers. Customers feel that they are contributing socially by receiving services from socially responsible organizations. CSR practices create customer trust in bank financial services. Therefore, reputation and trust contribute to building BE for the company.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
D. Nova Nur Praditya
"Corporate Social Responsibility merupakan sebuah konsep mengenai perilaku etis perusahaan terhadap semua stakeholders, bukan hanya stockholder. Dalam penelitian lainnya dijelaskan bahwa corporate social responsibility bukan merupakan “marketing gimmick” tapi sebuah cara pertanggungjawaban perusahaan dengan menggunakan iklan atau cara lainnya agar dapat memainkan peran perusahaan dalam menciptakan perilaku yang berkesinambungan, dan memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap konsumen, stakeholder dan perusahaan (Mannet and Suddir, 2011). Perusahaan yang dapat menjalankan corporate social responsibility dan berhasil dalam memberikan informasi kepada konsumen, maka citra perusahaan tersebut akan meningkat yang selanjutnya akan mempengaruhi perilaku konsumen dan pengambilan keputusan konsumen (Griffing, 2002). Ketika perusahaan menyampaikan informasi, maka belum tentu konsumen dapat memahami informasi atau inisiatif yang disampaikan oleh perusahaan, karena konsumen akan melakukan penyaringan informasi yang diterima. Apabila konsumen mendeteksi adanya kemungkinan resiko dari suatu aktivitas perusahaan, walaupun perusahaan dapat memenuhi program corporate social responsibility maka hubungan positif antara perusahaan dan corporate image perusahaan menjadi terganggu (Chiu & Lung Shu, 2012).
Atas dasar penjelasan di atas, penelitian ini akan menganalisa mengenai pengaruh corporate social responsibility terhadap corporate image sebuah perusahaan, dimana hubungan keduanya dievaluasi berdasarkan persepsi terhadap resiko dari inisiatif dan aktivitas perusahaan, serta tingkat kepercayaan konsumen terhadap informasi yang diberikan oleh perusahaan.Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai hubungan antara corporate social responsibility dengan corporate image yang pada prosesnya dipengaruhi oleh persepsi resiko (perception of risk) dan tingkat kepercayaan pada informasi (trust of information)

Corporate Social Responsibility is a concept of corporate ethical behavior towards all stakeholders, not just stockholders. In another study explained that corporate social responsibility is not only a "marketing gimmick" but a way of corporate responsibility by using advertising or other means so that the company can play a role in creating a sustainable behavior, and contribute greatly to consumers, stakeholders and companies (Mannet and Suddir, 2011).Companies that run corporate social responsibility and succeed in providing information to consumer will increase the image of the company which in turn will effect consumer behavior and consumer decision making (Griffing, 2002). When companies deliver information, consumers may not necessarily understand the information submitted by the company, because consumers will sort the information received. When consumers detect any possible risk of an activity, although the company can fulfill corporate social responsibility program that a positive relationship between the company and the company's corporate image becomes impaired (Lung Chiu & Shu, 2012).
Based on those theories, this research will analyze the influence of corporate social responsibility to company corporate image, where the relationship is evaluated based on the perception of risk from the initiatives and activities of the company, as well as the trust level of consumer in the information provided by the company.The aim of this research is to provide empirical evidence on the relationship between corporate social responsibility and corporate image where in the process influenced by perception of risk and the level of reliance on the information (trust of information)
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Reyhan Prasidya Kusumawardhana
"ABSTRAK
Fokus dari penelitian ini adalah untuk menguji efek dari Corporate Social Responsibility (CSR), Persepsi Kualitas, dan Citra Perusahaan terhadap Niat Pembelian di Indonesia. Penelitian ini dilengkapi dengan contoh studi kasus Indosat sebagai perusahaan telekomunikasi terbesar ketiga di Indonesia. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengukur mana dari tiga konstruk yang mempengaruhi niat pembelian lebih dari yang lain dan untuk mensimulasikan langkah strategis yang dapat diimplementasikan untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Convenience sampling digunakan untuk penelitian ini dan sampel terdiri sekitar wilayah Jabodetabek. Hipotesis diuji dengan menggunakan software Statistical Package for Social Science (SPSS) versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa memang CSR, Persepsi Kualitas, dan Corporate Image niat beli masing-masing pengaruh pelanggan.

ABSTRACT
The focus of this study is to examine the effects of Corporate Social Responsibility (CSR), Perceived Quality, and Corporate image towards the Purchase Intention in Indonesia. This research is was completed with a case study example of Indosat as the third largest telecommunication company in Indonesia. Moreover, this research aims to measure which of the three construct that affect purchase intention more than the others and to simulate the strategic move that may be implemented to improve the company?s performance. Convenience sampling was used for this research and the samples consists around Jabodetabek area. The hypotheses are tested using Statistical Package for Social Science (SPSS) version 22. The results shows that indeed CSR, Perceived Quality, and Corporate Image each influences customer?s purchase intention."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unversitas Indonesia, 2016
S64555
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Hartanti
"Definisi CSR sejatinya telah diuraikan semenjak tahun 1950-an. Semanjak itu definisi CSR berkembang luas di kalangan bisnis. Namun demikian katan$an akademisi dan pendidikan memandans perlu untuk metakukan kajian ilmiah terhadap CSR karena terlihat bahwa CSR sefaagar suatu konsep berkembang luas yang berdampak pada kepentingan stakeholder perusahaan, dalam hal ini masyarakat umum,"
2006
EBAR-III-SeptDesl2006-113
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Reza Rahman
Jakarta: Buku Kita, 2009
658.4 REZ c
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Putri Permata Sari
"Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh pengungkapan corporate social responsibility (CSR) terhadap biaya utang yang diukur melalui yield spread. Penelitian ini menggunakan sampel perusahaan publik di Indonesia yang menerbitkan obligasi dalam rentang tahun 2011-2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengungkapan CSR berpengaruh negatif terhadap yield spread sebagai proksi biaya utang. Hal ini disebabkan karena informasi mengenai aktivitas CSR dapat mengurangi adanya informasi asimetri, terutama bagi investor publik. Pengungkapan CSR memungkinkan investor untuk dapat menilai perusahaan dengan lebih baik sehingga imbal hasil yang diminta oleh investor dapat menjadi semakin rendah.

The aim of this research is to analyze the impact of corporate social responsibility (CSR) disclosure on cost of debt as measured by bond yield spread. Sample of this research are firms that issued bonds during the year of 2011-2015. The result of this study indicates that CSR disclosure has negative impact on yield spread. Informations regarding the firms’ CSR activities are believed to reduce asymmetric information, mainly for public investors. Such CSR disclosure could enhance investors’ assessment of the firms and therefore they may require lower yield."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S62675
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"India's increasing population has attracted a host of multinational corporations (MNCs) to enter the country to tap its market. Because of their enthusiasm and the favorable market conditions, these MNCs get carried away and sometimes regulations are flouted. The absence of clear regulations leads to problems when government agencies find fault with MNCs products."
[s.l]: [s.n], 2006
300 APS 6:1 (2006)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Syafira Ramadhea JR
"Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh jenis struktur kepemilikan dan aktivitas dewan komisaris terhadap pengungkapan corporate social responsibility. Jenis struktur kepemilikan meliputi institusional, asing, dan publik, serta aktivitas dewan komisaris meliputi pengawasan dewan komisaris dan frekuensi rapat dewan komisaris. Metode penelitian ini adalah regresi linear berganda dari 104 sampel perusahaan manufaktur pada tahun 2013.
Hasil penelitian ini membuktikan pengawasan dewan komisaris ternyata berpengaruh positif terhadap pengungkapan corporate social responbility. Adapun kepemilikan institusional, asing, dan publik, serta frekuensi rapat dewan komisaris tidak ada berpengaruh terhadap pengungkapan corporate social responsibility.

The objective of this research is to analyze the effect of the type of ownership structure and the activities of the board of commissioners on corporate social responsibility disclosure. The types of ownership include institutional, foreign, and public ownership, the activities of the board commissioners include the board of commissioner meeting frequency and monitoring. The research method used is multiple linear regression of 104 samples from manufacturing companies for period 2013.
The result of this research indicates the board of commissioner monitoring has positive effect on corporate social responsibility disclosure. Institutional, foreign, and public ownership, and the board of commissioner meeting do not have effect on corporate social responsibility disclosure.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Umi Muawanah
"ABSTRAK
Bukti empiris hubungan corporate social responsibility (CSR) dengan nilai perusahaan masih inconclusive dan menimbulkan ruang diskusi bagi para peneliti mengenai apa dan bagaimana pengaruhnya. penelitian ini bertujuan untuk menguju dan menganalisis tentang hal ini. model penelitian dikembangkan dengan menambahkan empat variabel kontrol yang meliputi ukuran, market share, leverge, dan pertumbuhan perusahaan. hasil analisis regresi menunjukkan bahwa indeks analisis meliputi empat variabel kontekstual. Namun pada saat analisis tidak memasukkan empat variabel dalam model, hasilnya kontradiktif. Hasil ini menimbulkan implikasi riset berikutnya sekaligus juga tunduk pada keterbatasan metodologis."
Jakarta : Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis , 2019
657 ATB 12:1 (2019)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>