Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 97643 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ferdinan Aurifio
"Berjalan kaki merupakan salah satu moda transportasi dasar yang mudah dan murah di dalam suatu kota yang memiliki pergerakan barang manusia dan barangnya tinggi. Trotoar adalah suatu jalur yang dikhususkan bagi pejalan kaki. Namun sayangnya trotoar tidak dianggap sebagai infrastruktur yang melekat pada sistem transportasi dan perancangan kota yang baik. Tidak dilengkapinya fasilitas, kurangnya perawatan, dan kurangnya pengontrolan terhadap pemanfaatan non pejalan kaki yang ada membuat kondisi trotoar bervariasi dari segi fisik dan sosial. Untuk itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola kualitas trotoar berdasarkan konektivitas dan kualitas pelayanan trotoardi wilayah edukasional Kelurahan Grogol dan mengetahui pandangan mahasiswa sebagai pejalan kaki terhadap pelayanan trotoar yang dilewati. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan langsung dengan bantuan kuisioner sesuai parameter GWI (Global Walkability Index). Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis kuantitatifchi-square. Hasil dari penelitian ini didapatkan pola kualitas trotoar semakin baik pada kawasan perumahan sedangkan buruk pada kawasan komersil dan juga pintu masuk universitas. Secara persepi, trotoar yang dinilai berdasarkan variabel kenyaman, keamanan, dan kseselamatan hasilnya sejalan dengan pandangan pejalan kaki.

Walking is one of basic transport modes which is easy and affordable in urban area with people and freight high mobility. Sidewalk is street specially provided for pedestrian. But, sidewalks are not perceived as important part of transport system and city planning. Not equipped by facility, lack of maintainance, and lack of controlling in non pedestrian utilization have impacted on variation of sidewalks physical and social condition. Therefore, the purpose of this research is to identify the pattern of sidewalks quality based on connectivity and quality of pedestrian path in Grogol Subdistrict educational area and to identify students perception toward sidewalks service. Data collection is conducted through direct observation by using questionnairers according to GWI (Global Walkability Indexparameter). Theanalysismethod that been used in this research are descriptive analysis and chi-square quantitative analysis. Results show that sidewalks quality pattern tend to be better in settlement area, whilst tend to be worse in commercial area and university?s gate. As for perception, sidewalks are perceived based on amenity, security, and safety along with pedestrian perception.
"
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2015
S60830
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Saputri Nur Barlian
"Jalur pejalan kaki atau yang biasa kita sebut sebagai ?trotoar? memiliki peranan yang sangat penting untuk membentuk satu komunitas yang berkelanjutan, efisien, dan sehat. Hal ini dikarenakan jalur trotoar merupakan salah satu elemen penting dalam sistem transportasi dan perencanaan sebuah kota atau kawasan.
Di UI sendiri, kampus UI Jakarta di Salemba telah pindah ke Depok yang mengakibatkan jumlah mahasiswa bertambah. Hal ini memberi dampak adanya kebutuhan akan perencanaan sistem transportasi yang lebih efektif dan lebih mudah dijangkau. Kita tahu di UI terdapat dua moda transportasi yang bisa diakses oleh umum baik oleh sivitas UI maupun non UI, yaitu bis kuning dan sepeda kuning. Akan tetapi, kedua moda transportasi di atas memiliki batasan yaitu pada waktu operasional, lokasi jangkauan, dan jumlahnya. Oleh karena itu, berjalan masih menjadi pilihan utama bagi sivitas UI ketika menuju ke kampus atau kembali dari kampus.
Sebagai salah satu Kampus Hijau di Indonesia, Universitas Indonesia telah memberikan perhatiannya kepada jalur pejalan kaki. Akan tetapi, sudahkah efektif jalur pejalan kaki di UI? Dalam skripsi ini, saya membuat sebuah kesimpulan dari hasil pengamatan tentang sejauh mana UI mengakomodasi kebutuhan pejalan kaki dan sejauh mana efektivitas trotoar di Kampus UI Depok serta bagaimana pandangan sivitas UI tentang jalur pejalan kaki di UI.

Sidewalks or usually we call it ?trotoar? have very important role in making efficient, healthy, and sustainable community. Sidewalks or trotoar are one of the essential elements in transportation system which is often forgotten or not even be a part in planning of a city or region.
As time passed by, Universitas Indonesia has moved their campus from Jakarta to Depok and the numbers of students also has been increasing significantly. This implies on the need of more effective and easily-accessible transportation system. As we know, Universitas Indonesia has two public transportation, those are yellow busses and yellow bikes. However, these two tranportation modes still have limited regarding their operational hours, scope, and numbers. Therefore, walking still remain as an option for students to go and back from campus.
As one of green campus in Indonesia, Universitas Indonesia has given concerns on sidewalks. But, do those sidewalks effective? This thesis has been concluded an observation on how far UI accomodates the needs of pedestrians and also what do UI students generally view about sidewalks in UI?
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S61200
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sinaga, Immanuel
"Dalam aktivitasnya manusia tidak terlepas dari aktivitas berjalan kaki. Berjalan kaki merupakan moda transportasi yang cukup ringan dan dapat dirasakan. Jalur pedestrian merupakan sebuah jawaban bagi manusia pengguna moda jalan kaki tersebut. Dalam kenyataannya, jalur pedestrian dapat menarik manusia untuk melakukan aktivitas disana dan tidak tertutup kemungkinan terjadi interaksi antara pejalan kaki, dan juga antara pejalan kaki dengan lingkungannya. Berkembangnya jalur pedestrian dapat menjadikan para pejalan kaki semakin banyak melalui jalur tersebut. Hal ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan aktivitas dan interaksi di sekitar lokasi jalur pedestrian tersebut. Namun, lama-kelamaan aktivitas maupun interaksi yang terjadi disana menjadi berdampak terhadap kualitas jalur pedestrian itu sendiri. Para pengguna jalur pedestrian dan aktor sekitarnya menjadi mengesampingkan tujuan utama dari jalur pedestrian tersebut dan lebih mengutamakan kepentingan individu, sehingga kualitas pedestrian menjadi kearah yang buruk.

Human activity can not be separated from the activity of walking. Walking is a simple transportation system which is commonly done by human activity. Pedestrian path is the right answer for that kind of this activity. In fact, pedestrian path can attract people to do activities, and it possibly happens to pedestrian to have interaction among them, and also between a pedestrian and their environment. The development of pedestrian paths can make pedestrian more and more through the pathways. It can be utilized to improve the activity and interaction around the pedestrian path. However, the activities and interactions will have an impact for the quality of the pedestrian itself. Pedestrian will be more individual and ignore the important thing of pedestrian path. Therefore, the quality of pedestrian goes into a bad situation.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S59382
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ilma Alyani
"Saat ini berjalan kaki masih belum menjadi moda transportasi favorit di kalangan masyarakat. Karena itu penelitian ini ingin menggali aspirasi tentang pendapat orang-orang tentang aktivitas berjalan kaki itu sendiri. Berbeda dari yang sudah ada, kali ini dicoba pendekatan kualitatif untuk mengeksplorasi alasan orang-orang tertarik dan tidak tertarik untuk berjalan kaki. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner berbasis web online survey .Setelah disaring, data yang diolah meliputi alasan yang membuat orang tertarik dan tidak tertarik untuk berjalan kaki, serta emosi yang dirasakan ketika berjalan kaki. Data ini kemudian dianalisis dengan statistik deskriptif dan uji korelasi Chi-Square menggunakan perangkat lunak SPSS.Hasil uji menunjukkan bahwa tidak ditemukan hubungan yang signifikan antara jenis kelamin dan suku bangsa dengan faktor-faktor yang membuat tertarik dan tidak tertarik untuk berjalan kaki. Namun terdapat pengecualian, yaitu didapatkan angka hasil uji yang menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara suku bangsa dengan faktor kesehatan serta jarak dan waktu pada alasan orang tidak tertarik untuk berjalan kaki.

Currently walking is still not being a favorite way to transport in our society. Therefore, this research explored the opinions of people about the activity of walking itself. Different from any researches before, this research tried qualitative approach to explore the reasons why people are interested in and not interested in walking. The research was conducted using web based questionnaire online survey .After filtered, processed data included the reasons why people are interested in and not interested in walking, also the emotion they felt when they walked. Then this data analyzed using descriptive statistics and Chi square correlation test using SPSS software.The test results showed that there is no significant correlation was found between gender and tribe with the reasons people are interested and not interested in walking. But there ares exclusions, the number of test results showed there are significant correlation between tribe and health also distance and time factors in the reasons why people are not interested in walking. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S70318
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eliezer Ryan
"Berjalan kaki merupakan wujud berpindah dari suatu tempat ke tempat lain, yang merupakan hal mendasar yang dilakukan manusia dalam beraktivitas. Jalan sebagai salah satu media untuk berpindah, merupakan sebuah ruang publik yang berada di luar ruangan. Di dalam skripsi ini, penulis mencoba melihat bagaimana kualitas jalan yang baik terbentuk dan hubungannya dengan seberapa besar jalan tersebut memberikan kesempatan untuk beraktivitas di sana. Kesempatan tersebut dilihat dari bagaimana kualitas kehadiran manusia ketika berada di sana yang pada akhirnya menarik (attract) orang lainnya. Hal tersebut diharapkan menciptakan fungsi jalan tidak hanya sebagai rute (route), tetapi menjadi sebuah destinasi (destination).

Walking is a form of moving from a place to the other place, and it is a basic thing that people do in their activity. Street as a media that people used to moving, is a public space that being outdoors. In this thesis, the author tries to look at how a good street?s quality are built and how the street provides an opportunity to do an activity in there. The opportunity is viewed from how the quality of people presence while he/she was there that in the end attract others. It is expected to create street?s function not only as a route but also as a destination.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S61087
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nelson Harto
"Kawasan Grogol merupakan suatu area mix-used yang dipenuhi oleh berbagai jenis pembangunan properti, seperti kawasan residensial, pendidikan, komersial dan fasilitas transportasi umum. Kawasan residensial atau wilayah permukiman sangat berkaitan dengan pergerakan manusia ke tempat tujuannya. Salah satu prasarana pergerakan tersebut adalah jalur pejalan kaki. Berbagai pusat kegiatan saling terhubung melalui jalur pejalan kaki. Namun sayangnya kualitas jalur pejalan kaki tidak sama di semua lokasi. Padahal kualitas tersebut mempengaruhi kesediaan orang untuk berjalan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan ekonomi terhadap kualitas jalur pejalan kaki di wilayah permukiman Grogol dengan menggunakan acuan parameter GWI (Global Walkability Index), yakni keselamatan, kenyamanan dan keamanan. Kualitas jalur pejalan kaki diukur setiap 100 meter di seluruh jalur di wilayah penelitian. Pengukuran dilakukan berdasarkan parameter GWI yang terdiri dari beberapa indikator.
Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis spatial dan analisis deskriptif dengan menggunakan uji Chi Square. Dari hasil analisis tersebut diketahui bahwa semakin jauh dari pusat kegiatan ekonomi, kualitas jalur pejalan kakinya semakin baik. Semakin mendekati perumahan yang teratur, semakin baik kualitas jalur pejalan kakinya.
Adapun kesimpulan yang didapat adalah adanya hubungan yang signifikan antara jarak terhadap pusat kegiatan ekonomi dan kualitas perumahan dengan kualitas jalur pejalan kaki.

Grogol is a mix-used area that is filled with different kinds of property growth, such as residential areas, educational, commercial and public transport facilities. Residential areas generate people movement to their destination. One of the movement infrastructure is the pedestrian paths. Activity centers are connected via pedestrian paths. But unfortunately the quality of pedestrian paths are not the same in all locations. This condition affect the quality of people's willingness to travel on foot.
This study aims to determine the effect of economic activity on the quality of pedestrian paths in residential areas by using GWI (Global walkability Index) parameter as reference. The parameters are safety, comfort and security. The quality of pedestrian paths are measured every 100 meters around the track in the area of research.
This research use spatial and desriptive analysis by using Chi Square test. From the analysis it was found that the farther from the center of economic activity, the quality of the pedestrian path is getting better. The closer to the planned housing area, the quality of the pedestrian paths are getting better.
The conclusions drawn that there is a significant correlation between the distance to the center of economic activity and quality of housing to the quality of pedestrian paths.
"
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Unversitas Indonesia, 2015
S59365
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andika Rizky Sulyat
"ABSTRAK
Berjalan kaki (walking) apabila dioptimalkan sebagai basis perencanaan sistem transportasi dapat mendukung terciptanya sistem transportasi berkelanjutan dan merupakan moda transportasi yang paling populis untuk kota negara berkembang seperti Jakarta. Sebagai segmen-segmen jalan penting di kota Jakarta, Jalan M.H Thamrin , Jalan Medan Merdeka Barat, dan Jalan Kebon Sirih menghubungkan berbagai pusat-pusat ekonomi dan bisnis Ibukota. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola walkability pada tiga segmen jalan ini dengan melakukan penilaian atribut fisik trotoar dengan mengacu pada Global Walkability Index (GWI), yang terdiri dari tiga komponen Keamanan, Kenyamanan, dan Keselamatan, dan analisis atribut kognitif berupa persepsi para pejalan kaki. Metode analisis yang digunakan dalam ini adalah analisis kualitatif dan deskriptif-spasial. Hasil penelitian menunjukkan segmen MH Thamrin menunjukkan tingkat kelayakan paling tinggi untuk zona perkantoran swasta dan zona komersil. Segmen Medan Merdeka Barat menunjukkan tingkat kelayakan tertinggi untuk zona perkantoran pemerintah. Segmen Kebon Sirih menunjukkan tingkat kelayakan paling rendah untuk zona perkantoran swasta dan zona perkantoran pemerintah. Adapun keterkaitan antara atribut fisik dan kognitif yakni pejalan kaki karena ?keharusan? cenderung berjalan kaki ke zona perkantoran (pemerintah dan swasta) yang memiliki rentang skor tingkat kelayakan tinggi. Sementara itu, pejalan kaki karena ?relaksasi? cenderung berjalan kaki ke zona komersil yang memiliki skor kelayakan trotoar lebih rendah, dan pejalan kaki sebagai ?olahraga/menyehatkan? cenderung berjalan kaki ke zona perkantoran (pemerintah dan swasta) yang memiliki tingkat kelayakan trotoar tinggi.

ABSTRACT
Walking is a type of transportation mode that supports sustainable transportation if optimized properly. For a city in a third world country such as Jakarta, walking can be the most populous mode of transportation. As important street segments in Jakarta, Jalan MH Thamrin, Jalan Medan Merdeka Barat, and Jalan Kebon Sirih Jakarta altogether connect many economic and business centers. This research aims to find out the walkability pattern on these segments. The walkability assessments consist of two types: physical attributes based on Global walkability Index (GWI), consisting of Comfort, Safety, and Security, and cognitive attributes, which focuses on the pedestrian?s perception. The method used in this research is qualitative and spatial-descriptive. The results shows that the pattern of walkability varies. In terms of physical attributes, MH Thamrin segment has the highest score for private office zone and commercial zone. Medan Merdeka Barat segment shows the highest score for government office zone, while Kebon Sirih segment shows the lowest score for private office zone and government office zone. Meanwhile, the correlation between these two attributes (the physical and the cognitive) is as follows: the pedestrians who perceive walking as ?mandatory? tend to walk to the office zones (government office zone and private office zone), the pedestrians who perceive it as a ?relaxation? tend to walk to commercial zone whose score is lower, and the ones who perceives it as a ?sport? tend to walk to the offices zone who have a higher score.
"
2016
S65338
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nasir Djalili
"Pengertian hubungan Kecepatan - Arus - Kepadatan adalah sangat penting untuk perencanaan, perancangan dan operasi dari fasilitas pejalan kaki, disana banyak kesamaan antara phenomena arus dari kendaraan dan pejalan kaki. Tujuh model diterapkan untuk mencari model terbaik dalam hubungan Kecepatan - Arus - Kepadatan aliran pejalan kaki dengan mengunakan fasilitas pejalan kaki berupa trotoar, 7 model tersebut terdiri dari 3 model aliran tunggal (single-regime model) yaitu : Greenshields, Underwood dan Greenberg dan 2 model aliran berganda (multi-regime model) yaitu : Greenberg dan Edie, berdasarkan kondisi yang dihadapi dilakukan pengembangan model yang sesuai dengan kondisi (U . I Depok model) diterapkan baik untuk single regime model maupun multi regime model.
Lokasi pengamatan berada didepan stasiun kereta api di Kampus UI Depok, dengan mengunakan kamera video yang ditempatkan pada ketinggian ± 5,50 meter dari muka tanah. Dan 7 model tersebut didapat 5 model yang terbaik dan realitis. Kondisi single regime model diwakili oleh model : Greenshields dan Underwood, sedangkan multi regime model diwakili oleh ketiga model yaitu : Greenberg, Edie dan modifikasi UI Depok model. Kesesuaian model tersebut diuji berdasarkan kondisi hubungan antara Kecepatan - Kepadatan dan berdasarkan hasil pengujian t dan uji F satistis.
Dari hasil pengujian diperoleh Greenshields model adalah model terbaik untuk single regime model, dikarenakan Underwood mempunyai kelemahan dalam menentukan besarnya kepadatan macet atau maksimum (jam density) hasilnya kurang realitis dan hasil uji t menunjukan kurang memenuhi syarat. UI Depok model adalah model terbaik untuk multi regime model dengan memperhitungkan standard kesalahan yang paling minimal dan hasil uji t terbaik dari 2 multi regime model lainnya."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1998
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ibnu Faisal Abbas
"Sebagai upaya untuk mengatasi kemacetan di Kota Bogor, Pemerintah Kota Bogor bersama dengan Kementerian BUMN merencanakan pembangunan Trem Bogor dalam kota agar dapat menghubungkan konektivitas antar moda transportasi lainnya. Salah satunya yaitu dapat menghubungkan dengan Kereta Rel Listrik (KRL) yang berada di Stasiun KRL Bogor. Namun hal tersebut juga dapat berpotensi menimbulkan masalah baru yang disebabkan oleh volume calon penumpang yang meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis pemodelan rencana pergerakan dan fasilitas pejalan kaki di Stasiun KRL Bogor akibat Pembangunan Trem Bogor dan menemukan solusi terbaik untuk memperbaiki tingkat pelayanan. Peneliti menggunakan aplikasi perangkat lunak PTV Vissim untuk mempermudah dalam pembuatan model searah penelitian. Sehingga didapat hasil yang menjadi validasi untuk membandingkan kondisi aktual di lapangan dengan hasil model yang telah dibuat. Sehingga tingkat pelayanan (Level of Service) Pejalan kaki yang akan menjadi standar acuan untuk menentukan kelayakan. Berdasarkan hasil penelitian maka diketahui LOS akibat adanya Trem Bogor berkisar dari LOS A sampai LOS C yang menunjukkan masih layak walaupun terdapat sedikit hambatan.  

As an effort to overcome traffic jams in the city of Bogor, the Bogor City Government together with the Ministry of BUMN is planning to build Bogor Inner City Tram so that it can connect connectivity between other modes of transportation. One of them can be connected to the Electric Rail Train (KRL) at the Bogor KRL Station. However, this also has the potential to create new problems caused by the increasing volume of prospective passengers. This study aims to analyze the modeling of movement plans and pedestrian facilities at the Bogor KRL Station as a result of the Bogor Tram Construction and find the best solution to improve service levels. Researchers use the PTV Vissim software application to facilitate model creation in the direction of research. So that the results become validation to compare the actual conditions in the field with the results of the model that has been made. So that the level of service for Pedestrians will become the reference standard for determining eligibility. Based on the results of the study, it is known that the LOS due to the Bogor Tram ranges from LOS A to LOS C which shows that it is still feasible even though there are few obstacles. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadra Iovanny
"Pejalan kaki di kawasan ini mempunyai banyak halangan dalam berjalan yang disebabkan oleh penggunaan fasilitas penunjang (street furniture). Fasilitas-fasilitas penunjang ialah tiang listrik, boks telepon, pepohonan dan pot bunga, halte/peneduh, tempat duduk, kios atau pedagang kaki lima, papan informasi, hydrant dan lainnya. Bila penggunaan fasilitas penunjang ini tidak baik maka lebar jalur pejalan kaki yang menjadi korban karena penggunaan fasilitas dan halangan tersebut.
Studi ini menganalisa suatu kawasan pejalan kaki dilihat dari lebar efektif trotoar. Lebar efektif trotoar adalah lebar jalur yang digunakan secara penuh oleh pejalan kaki. Lokasi studi dilakukan di JI.H.O.S Cokroaminoto tepatnya di salah satu kawasan CBD Menteng.
Dalam mencapai lebar efektif digunakan data distribusi pejalan kaki, yaitu mencari lebar jalur pejalan yang sering dilewati oleh pejalan kaki sehingga bisa didapat nilai reduksi lebar efektit Dengan nilai reduksi lebar efektif trotoar mengurangi lebar trotoar pakai (disebabkan adanya pengurangan lebar trotoar sebenarnya dengan fasilitas dan/atau halangan yang ada) maka didapat lebar efektif trotoar."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Unversitas Indonesia, 2000
S34869
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>