Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 148334 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Mohammad Himawan Teguh A.
"Penelitian ini dilakukan untuk melihat pengaruh dari gaya berpikir dan system justification terhadap kepercayaan pada Tuhan dengan populasi mahasiswa Universitas Indonesia. Kepercayaan pada Tuhan didefinisikan sebagai sebuah pengetahuan dan perasaan individu yang subjektif dan didasari oleh sebuah pengalaman mengenai hal terkait Tuhan, dan seringkali implisit. Gaya berpikir didefinisikan sebagai sebuah konfigurasi dari sebuah kemampuan umum untuk mengarahkan atensi, penilaian, dan motivasi yang menghasilkan sebuah tingkah laku yang terlihat dan penting dalam penyelesaian tugas-tugas seorang individu. System justification didefinisikan sebagai proses psikologis dimana kondisi yang sudah ada, baik itu berupa sosial, politik, ekonomi, seksual, atau hukum, diterima, dijelaskan, dan dijustifikasi hanya karena mereka tercipta. Pengukuran kepercayaan terhadap Tuhan dilakukan dengan menggunakan alat ukur Belief in God Scale (BiGS) yang disusun oleh Norenzayan dan Willard (2012). Pengukuran gaya berpikir dilakukan dengan menggunakan alat ukur Cognitive Reflection Test (CRT) yang disusun oleh Frederick (2005). Pengukuran system justification dilakukan dengan menggunakan dua alat, yaitu General System Justification Scale (GSJS) yang diciptakan oleh Kay dan Jost (2003) dan Religious System Justification Scale (RSJS) yang merupakan adaptasi dari GSJS yang diberikan konteks keagamaan. Partisipan penelitian berjumlah 277 mahasiswa di Universitas Indonesia. Melalui teknik Multiple Regression, diketahui bahwa terdapat pengaruh system justification terhadap kepercayaan pada Tuhan yang signifikan, namun tidak terdapat pengaruh gaya berpikir terhadap kepercayaan pada Tuhan yang signifikan.

This research is conducted to see the influence of cognitive styles and system justification towards belief in God with college students of Universitas Indonesia as the population. Belief in God is defined as the subjective, experience-based, often implicit knowledge and emotions on the matter of God. Cognitive style is defined as a configuration of domain-general abilities of directing attention, valuation, and motivation that produces a particular salience landscape within which one undertakes one?s tasks. System Justification is defined as the psychological process whereby prevailing conditions, be they social, political, economic, sexual, or legal, are accepted, explained, and justified simply because they exist. Belief in God is measured with Belief in God Scale which was created by Norenzayan and Willard (2012). Cognitive style is measured with Cognitive Reflective Test (CRT) which was created by Frederick (2005). System justification is measured with to measurement, General System Justification Scale (GSJS) which was created by Kay and Jost (2003) and Religious System Justification Scale (RSJS) as an adaptation version of GSJS which was imbued with religiousity context. Participants of this study consist of 277 college students of Universitas Indonesia. Using Multiple Regression as statistical analysis, there result point out that system justification influences belief in God significantly, while there are no influence given by cognitive style towards belief in God.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2015
S58743
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Istiqomah
"ABSTRAK
Penelitian ini meneliti hubungan antara system justifying belief, belief in a just world dan ideologi konservatif terhadap subjective well-being pada buruh outsourcing. Sebanyak 321 buruh outsourcing yang sedang dipekerjakan di perusahaan berpartisipasi dalam penelitian ini dengan mengisi satu set kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan system justifying belief, belief in a just world dan ideologi konservatif berkorelasi secara positif dan signifikan terhadap aspek kognitif subjective well-being. Semakin tinggi keyakinan terhadap system justifying belief, belief in a just world dan ideologi konservatif semakin tinggi pula aspek kognitif subjective well-being buruh outsourcing. Sedangkan aspek afektif subjective well-being tidak ditemukan berkorelasi. Hal ini disebabkan pengukuran aspek afektif lebih dipengaruhi kepribadian individu. Secara tidak langsung penelitian ini dapat menggambarkan fungsi paliatif dari ideologi dalam membantu meringankan kelompok tak beruntung (status ekonomi rendah) dalam menghadapi ketidaksetaraan sehingga mereka yang tidak diuntungkan oleh sistem tetap mengakui perbedaan sosial ekonomi adalah sah dan adil (mendukung status quo). Penelitian-penelitian selanjutnya disarankan untuk memberi perhatian besar pada pengembangan dan pembuatan model subjective well-being dengan menambah beberapa variabel yang mungkin dapat lebih memperkuat hubungan antara system justifying belief, belief in a just world dan ideologi konservatif terhadap subjective well-being.

ABSTRAK
This study examined the relationship between the system justifying belief, belief in a just world and conservative ideology on subjective well-being of the labor outsourcing. A total of 321 labors, who work in companies, participated in this study by completing a set of questionnaires. The results showed system justifying belief, belief in a just world and the conservative ideology has a significant and positive correlation to the cognitive aspects of subjective well-being. Meanwhile, belief in a just world and conservative ideology also have correlate to positive affect of subjective well-being. It means the higher the belief in system justifying belief, belief in a just world and the conservative ideology cause higher cognitive aspects of subjective well-being of labor outsourcing. While the affective aspects of subjective well-being was not found correlated. This is because the measurement of the affective aspects is more influenced by individual personality. Indirectly these studies also describe the palliative function of ideology in helping to alleviate the disadvantaged groups (low economic status) in facing of inequality, so they preserved the belief that existing social arrangement are fair, legitimate and justifable. Finally, further research is recommended to give greater attention to the development and modeling of subjective well-being by adding some variables that might justify further strengthen the relationship between system justifying belief, belief in a just world and conservative ideology on subjective well-being."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2009
T38295
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Seno Budhi Ajar
"ABSTRAK
Fokus penelitian ini mengenai karakteristik wilayah Ruang Suci Organisasi Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan adaptasi Organisasi Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dengan lingkungan dan masyarakat dalam memilih dan mempertahankan keberadaan ruang suci. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa persebaran ruang suci organisasi kepercayaan adalah acak namun terdapat wilayah yang menjadi konsentrasi ruang suci yaitu berada pada bagian barat daya keraton baik dekat maupun jauh dari ?garis axis mundi Yogyakarta? dengan perkembangan ruang suci yang terus menurun jumlahnya dengan titik Klimaks pada periode tahun 1999; karakteristik wilayah lokasi ruang suci yang dekat dengan garis axis mundi terbagi menjadi 3 jenis wilayah pesisir dengan ketinggian 10?25 mdpl, wilayah pusat keraton dengan ketinggian bagian selatan 50?100 mdpl dan bagian utara 100?200 mdpl, wilayah kaki gunung dengan ketinggian 200?300 mdpl dan semuanya berada pada wilayah pemukiman sedangkan kondisi wilayah ruang suci yang berlokasi jauh dari axis mundi mempunyai karakteristik khusus seperti pertemuan 2 sungai atau perbukitan menoreh; Masyarakat Yogyakarta bersikap netral terhadap ruang suci organisasi Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa jika organisasi tersebut resmi dan tidak menganggu lingkungan sosial; dasar pemilihan ruang suci oleh Organisasi Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa lebih banyak didasarkan secara pratical atau politik ruang daripada secara primodial atau puitis ruang.

ABSTRACT
The focus of the study is regional characteristics of Sacred Space Organization Belief in God Almighty and Adaptation Organizational Belief in the One Almighty God with the environment and the community in selecting and maintaining the existence of sacred space. This study is a descriptive qualitative research design. The study concluded that the distribution of the sacred space of Belief organizations Random however, there is a region at consentration of sacred space that is in the southwestern part of the palace both near and far from the "axis mundi Yogyakarta line" with the development of sacred space that continues to decline in number to the point of climax in the period 1999. Characteristics of the region sacred space location close to the line of the axis mundi is divided into 3 types of coastal areas with an altitude of 10?25 above sea level, the central region of the southern part of the palace with a height of 50?100 above sea level and 100?200 above sea level the north, the region of the mountain with an altitude of 200?300 above sea level feet and all located in residential areas while the condition of sacred space areas located far from the axis mundi has special characteristics such as rivers or hills meeting 2 incise. Community Yogyakarta neutral toward the sacred space of Organizations Belief in One Almighty if the organization authorized and does not disturb the environment sosial. Basic selection sacred space by Faith Organisation Against God Almighty is based more pratical or political space than primodial or poetic space.
"
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2014
T42589
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tulus Winarsunu
"Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab pertanyaan tentang 1 pembingkaian informasi seperti apakah yang paling mempengaruhi sikap terhadap program perubahan organisasi dan 2 bagaimanakah gaya kognisi memoderasi pengaruh pembingkaian informasi pada sikap terhadap program perubahan organisasi. Perspektif yang digunakan untuk menguji dua pertanyaan tersebut adalah expectancy value model of attitude dan cognitive-experiential self theory.
Dengan menggunakan desain quasi eksperimental, dalam penelitian ini dilakukan manipulasi terhadap empat strategi pembingkaian informasi yaitu pembingkaian aksi positif, aksi negatif, atribut positif, dan atribut negatif. Data dikumpulkan dari 358 middle manager PT Pos Indonesia melalui case scenarios-questionnaires dan dianalisis melalui ANCOVA untuk pertanyaan pertama dan moderated multiple regression untuk pertanyaan kedua.
Temuan penelitian menunjukan; 1 pembingkaian aksi positif paling mempengaruhi sikap terhadap program perubahan organisasi. 2 Gaya intuitif memiliki fungsi ganda; tidak hanya meningkatkan efek positif pembingkaian aksi negatif dan atribut positif, tetapi juga memperlemah pengaruh pembingkaian atribut negatif pada sikap terhadap program perubahan organisasi. 3 Gaya analitik memperlemah efek positif pembingkaian aksi positif pada sikap terhadap program perubahan organisasi. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi pengembangan teori informasi, framing effect, dan memperkaya teori Gaya Kognisi dalam pembentukan sikap.

This research aims to find out the answer of 1 strategy in information framing as what is the most dominant influence of attitude towards organizational change program and 2 how is analytic style and intuitive to moderate the influence of information framing on attitude towards organizational change program. Perspective used to examine those two question are expectancy value model of attitude and cognitive experiential self theory.
This research using quasi experimental design and does manipulation towards four strategies of information framing that are positive action framing, negative action, positive attribute, and negative attribute. Data is collected from 358 middle managers of PT Pos Indonesia through case scenarios questionnaires and processed through ANCOVA to answer first question and moderated multiple regression for second question.
The finding shows 1 positive action framing influences most dominant on attitude towards organizational change program. 2 Intuitive style has double role, not only increasing positive effect of negative action framing and positive attribute framing, but also weakening the influence of negative attribute framing on attitude towards organizational change program. 3 Analytic style weakening positive effect of positive action framing on attitude towards organizational change program. This current study contributes to the development of theories of information, framing effects, and to the enrichment of the cognition theory in the formation of attitudes.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2017
D2307
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Joevarian
"Penelitian kali ini bertujuan untuk menemukan faktor pembentuk proses sekularisasi selain yang sudah ada dalam teori sebelumnya. Faktor itu adalah cognitive style tipe reflective. Dalam penelitian ini, dinyatakan hipotesis bahwa manipulasi cognitive style yang reflectiveakan mempengaruhi religious dan secular belief. Hipotesis ini dituangkan dalam dua studi. Studi pertama mencoba untuk menguji apakah ada perbedaan tingkat religious belief pada partisipan yang dimanipulasi untuk menyukai cognitive style tipe reflective dengan partisipan yang dimanipulasi untuk tidak menyukai cognitive style tipe reflective. Partisipan penelitian studi 1 berjumlah 56 orang mahasiswa Universitas Indonesia. Manipulasi antar kelompok pada studi kedua sama seperti studi pertama, namun variabel terikat yang diukur adalah secular belief. Partisipan penelitian studi 2 berjumlah 64 orang mahasiswa Psikologi Universitas Indonesia. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh manipulasi cognitive style tipe reflectiveterhadap religious belief, tetapi ada pengaruh terhadap secular belief. Model sekularisasi kemudian dirumuskan, dimana sekularisasi lebih berhubungan dengan secular belief daripada religious belief. Dengan demikian, cognitive style tipe reflective, menjadi faktor yang bisa mempengaruhi proses sekularisasi.

Present study aims to find factor that can shape the process of secularization other than what previous theory mentioned. The factor is named reflective cognitive style. Hypothetically, manipulation of reflective cognitive style should influence religious and secular belief. This hypothesis is manifested within two studies. First study aims to answer whether there is difference on religious belief between participants that is given manipulation that favor reflective cognitive style and participants that is given manipulation that dislike reflective cognitive style. For this study, the samples are 56 college students of Universitas Indonesia. Manipulation for second study is no different with first study. But for second study, secular belief is measured as dependent variable. The samples are 64 college students of Faculty of Psychology Universitas Indonesia. Statistical test shown that there is no effect of reflective cognitive style manipulation on religious belief, but there is effect on secular belief. Secularization model, are thus, being formulated. In this formulation, secularization is linked with secular belief but not with religious belief. And so, reflective cognitive style became one factor that can influence secularization process.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
S56781
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Syiifaa Aqiilla Ramadhani Laksana
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara gaya pengasuhan dengan intensi penggunaan hukuman fisik dan kepercayaan terhadap mitos hukuman fisik dengan intensi penggunaan hukuman fisik pada orang tua dengan anak usia early childhood. Gaya pengasuhan diukur menggunakan Parenting Styles and Dimensions Questionnaire milik Robinson dkk., 1995, kepercayaan terhadap mitos hukuman fisik diukur menggunakan Corporal Punishment Myth Scale (Kish & Newcombe, 2015), dan intensi penggunaan hukuman fisik diukur menggunakan vignettes dalam Corporal Punishment Myth Scale. Analisis statistika menggunakan Spearman correlation dengan arah pengujian 1-tailed. Terdapat 122 ayah dan ibu (M = 32.34, SD = 6.12) dengan anak usia 2-6 tahun (M = 3.66, SD = 1.33) yang berpartisipasi dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara gaya pengasuhan authoritarian dengan intensi penggunaan hukuman fisik. Hasil yang sama juga ditemukan antara kepercayaan terhadap mitos hukuman fisik dengan intensi penggunaan hukuman fisik. Gaya pengasuhan permissive menunjukkan hubungan yang positif dan signifikan dengan intensi penggunaan hukuman fisik, tetapi dengan arah korelasi yang berkebalikan dengan hipotesis. Tidak ditemukan hubungan yang negatif dan signifikan antara gaya pengasuhan authoritative dengan intensi penggunaan hukuman fisik. Hasil penelitian dapat menjadi acuan bagi konselor untuk melaksanakan intervensi bagi orang tua dengan anak usia early childhood.

The present study aims to search whether there is a relationship between parenting styles, belief in corporal punishment myth, and corporal punishment use intention. Parenting styles were measured with Parenting Styles and Dimensions Questionnaire, constructed by Robinson et al., 1995; belief in corporal punishment myth was measured with Corporal Punishment Myth Scale, constructed by Kish and Newcombe (2015); and corporal punishment use intentions was measured with vignettes inside the Corporal Punishment Myth Scale. Spearman correlation with 1-tailed tests was used for hypothesis testing. There are 122 parents consist of mother and father (M = 32.34, SD = 6.12) with their 2-6 years old children (M = 3.66, SD = 1.33) participating in this study. The results showed that there is a positive and significant correlation between authoritarian parenting style with corporal punishment use intention. A positive and significant correlation between belief in corporal punishment myth with corporal punishment use intention is also found. While in permissive parenting style, there is a positive and significant correlation with corporal punishment use intention, but the direction is contradictive with the hypothesis. Lastly, there is no negative and significant correlation between authoritative parenting style and corporal punishment use intention. Research implications are discussed."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Kementrian kebudayaan dan Pariwisata. Proyek pelestarian dan Pengembangan Tradisi dan Kepercayaan, 2003
R 299.598 ENS I
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Isnaeni Fajar
"ABSTRAK
Pengambilan perspektif Tuhan terbukti dapat mempengaruhi evaluasi bias pada outgroup Ginges, Sheikh, Atran, Argo, 2016 . Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efek moderasi representasi Tuhan pada pengaruh pengambilan perspektif Tuhan terhadap evaluasi bias pada tiga target outgroup yang berbeda yaitu Tionghoa, non-Muslim, dan Tionghoa-non Muslim N = 219 . Partisipan diberikan skenario pemberian hukuman orang ketiga dimana mereka dapat memberikan hukuman pada outgroup dari perspektif diri dan Tuhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perspektif Tuhan meningkatkan evaluasi bias pada outgroup jika dibandingkan dengan perspektif diri. Kemudian, individu cenderung menunjukkan evaluasi bias dari perspektif Tuhan yang lebih tinggi kepada outgroup non-Muslim. Akan tetapi, individu akan cenderung untuk menunjukkan evaluasi bias dari perspektif Tuhan yang lebih tinggi kepada outgroup Tionghoa pada konteks adil. Temuan ini menunjukkan bahwa konteks memiliki peran penting untuk mempengaruhi evaluasi bias pada outgroup.

ABSTRACT
God rsquo s perspective can influence evaluation bias towards outgroup Ginges, Sheikh, Atran, Argo, 2016 . This experiment aims to explore the moderation effect of God rsquo s representation in using God rsquo s perspective on three different outgroups, Tionghoa, non Muslim, and Tionghoa non Muslim N 219 . Participant were presented with third party punishment scenario which they could punish the outgroup with both self and God rsquo s perspective. Results show that God rsquo s perspective increase evaluation bias towards outgroup when compared to self perspective. Moreover, people tend to show higher evaluation bias from God rsquo s perspective towards non Muslim compared to Tionghoa. However, people tend to show higher evaluation bias from God rsquo s perspective towards Tionghoa in a fair context. These results indicate that context has an important role to influence evaluation bias towards outgroup. "
2017
T49215
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>