Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 192917 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Zetira Wendriany Egistya
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perceived job characteristics yang terdiri dari tiga dimensi (responsibility, knowledge of results, dan work meaningfulness) dan atribut organisasional terhadap intensi untuk melamar kerja pada PT Aneka Tambang (ANTAM). Penelitian ini melibatkan 111 sampel mahasiswa aktif S1 Teknik Metalurgi tingkat akhir pada enam perguruan tinggi dengan menggunakan kuesioner. Pengujian data dilakukan secara simultan dengan metode Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menemukan bahwa responsibility berpengaruh positif terhadap intensi untuk melamar pekerjaan.
Sementara knowledge of result dan work meaningfulness tidak berpengaruh terhadap intensi untuk melamar pekerjaan. Hasil ini menunjukkan bahwa perusahaan perlu memberikan otonomi dalam pekerjaan untuk meningkatkan rasa tanggungjawab dalam bekerja. Selain itu, ditemukan bahwa organizational attractiveness memediasi penuh hubungan antara atribut organisasional dengan intensi untuk melamar pekerjaan. Hasil ini menunjukkan bahwa perusahaan perlu meningkatkan daya tariknya untuk menimbulkan keinginan pelamar untuk melamar pekerjaan di perusahaan tersebut melalui informasi terkait atribut organisasional pada iklan rekrutmen.
This research aims to analyze the effect of perceived job characteristics which comprise of three dimensions (responsibility, knowledge of results, and work meaningfulness) and organizational attributes towards intention to apply at PT Aneka Tambang (ANTAM). This research involved 111 sample of final year Metallurgical Engineering students at six colleges using questionnaire. The data was tested simultaneously using Partial Least Squares (PLS) method. The result found that responsibility have positive effect on intention to apply. While knowledge of result and work meaningfulness did not affect intention to apply. This findings showed that employer should give more autonomy at work to increase sense of responsibility.
Beside, the result showed that organizational attractiveness fully mediated the relationship between organizational attributes and intention to apply. This findings showed that employer should enhance their attractiveness to force applicants? intention to apply using employment ads with information of organizational attributes"
2015
S60358
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aninda Fatkhurroji
"ABSTRAK
Sumber daya manusia yang kompeten merupakan aset penting dalam mencapai tujuan
strategis perusahaan. Sumber daya manusia yang kompeten ini diperoleh melalui
aktivitas rekrutmen. Keefektifan proses rekrutmen dapat dipengaruhi oleh faktor
eksternal yaitu publisitas perusahaan dan strategi pengiklanan lowongan kerja yang
efektif. Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh publisitas
negatif perusahaan dan spesifikasi iklan lowongan kerja terhadap job pursuit intention
dengan dimediasi oleh variabel attitude toward recruiting advertisement dan
organizational attractiveness. Penelitian ini melibatkan 140 fresh graduate Universitas
Indonesia lulusan tahun 2013-2016. Hasil pengolahan data yang diolah dengan
menggunakan Structural Equational Modelling (SEM) menunjukan bahwa job pursuit
intention individu secara signifikan dipengaruhi oleh organizational attractiveness,
publisitas negatif perusahaan, dan spesifikasi iklan lowongan kerja

ABSTRACT
Competent human resources is an important asset in achieving company's objectives.
These competent human resources is obtained by recruitment process. The
effectiveness of recruitment process can be influenced by external factors, namely
publicity and job advertising strategy. This quantitative research aims to see the effect
of negative publicity and job advertisement specification toward job pursuit intention
mediated by attitude toward recruiting advertisement and organizational attractiveness.
This study involved 140 fresh graduate of Universitas Indonesian in 2013-2016. The
data which processed by using Equational Structural Modeling (SEM) showed that job
pursuit intention is significantly influenced by organizational attractiveness, negative
publicity, and job advertisement specification;"
2016
S64874
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dyah Ayu Pithaloka
"Studi ini menyelidiki peran keterikatan karyawan dan kepuasan kerja dalam hubungan antara persepsi dukungan organisasi dan keinginan karyawan untuk terus bekerja di perusahaan. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana keterikatan karyawan, kepuasan kerja, dan dukungan organisasi mempengaruhi keinginan karyawan untuk tetap bersama perusahaan. Mengingat pentingnya dukungan organisasi dalam meningkatkan keinginan karyawan untuk tetap bekerja diperusahaan yang dapat dilihat dari tingkat keterikatan karyawan dan juga kepuasan kerja karyawan PT. Yodya Karya (Persero). Analisis kuantitatif dengan teknik Structure Equation Modeling (SEM) digunakan untuk menguji pengaruh dukungan organisasi. Hasil penelitian adalah terdapat pengaruh positif antara persepsi dukungan organisasi terhadap keinginan karyawan untuk tetap tinggal di perusahaan yang dimediasi oleh kepuasan kerja. Temuan ini dapat membantu untuk lebih memahami bahwa keinginan tinggal karyawan di perusahaan harus didukung yang dapat dilihat dari kepuasan kerja.

This study investigates the role of employee engagement and job satisfaction in the relationship between perceived organizational support and employees' intention to stay at the company. The main objective of this study is to determine how employee engagement, job satisfaction, and organizational support perceptions affect employees' intention to stay with the company. Given the importance of organizational support in increasing employees' intention to stay working in the company, which can be seen from the level of employee engagement and also job satisfaction of PT Yodya Karya (Persero) employees. Quantitative analysis with Structure Equation Modeling (SEM) technique is used to test the effect of perceived organizational support. The result of the study is that there is a positive influence between perceived organizational support on employees' intention to stay in the company mediated by job satisfaction. This finding can help to better understand that employees' intention to stay in the company must be supported which can be seen from job satisfaction."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Khairunnisa Della Egaputri
"Penelitian in bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari perceived credibility of online job advertisement dan employer branding terhadap intention to apply dengan daya tarik organisasi sebagai variabel mediasi yang dilihat pada perusahaan tech start-up di Indonesia. Penelitian in juga memasukan karakteristik generasi Z yang diindikasikan memiliki karakteristik yang berbeda dengan generasi lainnya. Responden penelitian berjumlah 260 orang yang merupakan para pencari kerja generasi Z yang berdomisili di Jabodetabek. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan analisis Structural Equation Model (SEM). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara perceived credibility of online job advertisement dan employer branding terhadap intention to applyyang dimediasi secara parsial oleh variabel daya tarik organisasi.

The study aims to determine the influence of perceived credibility of online job advertisements and employer branding on intention to apply, with organizational attractiveness as a mediating variable, in tech start-up companies in Indonesia. The study also incorporates the characteristics of Generation Z, who are indicated to have distinct characteristics compared to other generations. The research respondents consist of 260 individuals who are job seekers from Generation Z residing in the Greater Jakarta area. The research method employed is quantitative using Structural Equation Model (SEM) analysis. The results of this study indicate that there is a positive and significant influence of perceived credibility of online job advertisements and employer branding on intention to apply, partially mediated by the organizational attractiveness variable."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Raedi Zulfahmi Hanifi
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari employer attractiveness terhadap intention to apply dengan menggunakan dimensi social value,market value, economic value, application value, cooperation value dan working environment. Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah generasi Y yang minimal mempunyai gelar sarjana dari 10 perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan jumlah sampel sebanyak 200 responden yang dikumpulkan dengan metode non-probability sampling. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini diolah dengan aplikasi SPSS ver. 23 menggunakan metode Multiple Regression Analysis. Hasil akhir dari penelitian ini menyatakan bahwa employer attractiveness memiliki pengaruh yang positif terhadap intention to apply secara keseluruhan dan dimensi yang paling mempengaruhi adalah social value. Economic value, cooperation value, dan working environment juga punya pengaruh positif sedangkan market value dan application value tidak mempunyai pengaruh yang signifikan.

The purpose of this research is examining the influence of employer attractiveness toward intention to apply. Further employer attractiveness dimensions breakdown of social value, market value, economic value, application value, cooperation value and working environment was used. The object or respondents that were used in this research are generation Y individuals who minimum have an undergraduate degree from top 10 reputable universities in Indonesia. This research was performed with 200 respondents that collected through non probability sampling. Data collected in this research were analyzed using multiple regression analysis with the aid of SPSS ver. 23. The final result of this research found that employer attractiveness has positive influence to intention to apply as a whole and the most impactful dimension is social value. Economic value, cooperation value, and working environment also have a positive influence while market value and application value have insignificant influence.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Annisa Maryam Karimah
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh person-job fit dan person-organization fit terhadap organizational citizenship behavior (OCB) dengan keterikatan pegawai sebagai variabel mediasi. Penelitian ini mengambil studi pada PT Aneka Tambang (ANTAM) Tbk dengan karyawan tetap kantor pusat perusahaan ANTAM Tbk sebagai objek penelitian. Penelitian ini menggunakan teori person-job fit, person-organization fit, organizational citizenship behavior, dan keterikatan pegawai untuk mengkaji permasalahan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey kuesioner menggunakan total sampling terhadap karyawan tetap PT ANTAM Tbk di head office yang berjumlah 144 responden. Penelitian ini menggunakan metode analisis jalur (path analysis) untuk menguji hipotesis. Hasil menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antar setiap variabel. Selain itu terdapat pula pengaruh signifikan antara person-job fit terhadap organizational citizenship behavior melalui keterikatan pegawai dan person-organization fit terhadap organizational citizenship behavior melalui keterikatan pegawai.
This study aims to analyze the effects of person-job fit and person-organization fit on organizational citizenship behavior (OCB) with employee engagement as a mediating variable. This research takes a study in Aneka Tambang (ANTAM) Tbk company with permanent employees of PT ANTAM Tbk at head office as the object of research. This study uses the theory of person-job fit, person-organization fit, organizational citizenship behavior, and employee engagement to study the problem. The data collection technique used in this study was a quantitative approach using a questionnaire survey method that used total sampling of permanent employees of the PT ANTAM Tbk at the head office which amounted to 144 respondents. This study using path analysis method) to test the hypothesis.The result show that there is a significant efffect between each variable. Furthermore, there is a significant effect between person-job fit on organizational citizenship behavior (OCB) with employee engagement as a mediating variable and person-organization fit on organizational citizenship behavior (OCB) with employee engagement as a mediating variable."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bintang Bagaskara Korda
"Organisasi harus memiliki kinerja pertumbuhan yang baik dalam menghadapi tantangan global. Kinerja organisasi menjadi salah satu bagian yang utama untuk menaikkan pertumbuhan organisasi, dimana didukung oleh kinerja karyawan, serta variabel lain yang memengaruhinya. Penelitian ini bertujuan untuk membuat analisis tentang pengaruh persepsi karyawan tentang budaya organisasi (perceived organizational culture) terhadap kinerja karyawan, serta pengaruhnya melalui mediasi kepuasan kerja dan komitmen karyawan. Penelitian ini juga dimaksudkan untuk menjawab justifikasi perbedaan hipotesis penelitian sebelumnya. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan cara menyebarkan kuesioner terhadap karyawan yang bekerja minimal satu tahun di salah satu perusahaan coating. Ukuran sampel adalah populasi perusahaan. Pengujian pada satu perusahaan dikarenakan terdapat fenomena studi kasus yang sesuai dengan teori. Data dianalisis dengan Partial Least Square Structural Equation Modeling, yang dibantu oleh software SmartPLS. Dalam hasil yang ditemukan, penelitian membuktikan ternyata persepsi karyawan tentang budaya organisasi dapat memengaruhi dan meningkatkan kinerja karyawan, juga memengaruhi komitmen organisasi dan kepuasan kerja, dimana kedua variabel yang dimaksud juga dapat memediasi persepsi karyawan tentang budaya organisasi untuk meningkatkan kinerja karyawan. Dengan kata lain, kinerja karyawan dapat ditingkatkan dengan meningkatkan kepuasan kerja dan komitmen karyawan. Kepuasan kerja juga dapat meningkatkan dan memengaruhi komitmen karyawan. Keterbaruan dan keaslian dalam studi ini, adalah menemukan indikasi pengaruh hubungan perceived organizational culture dengan kinerja karyawan, pengaruh antar variabel seperti kepuasan kerja, komitmen karyawan terhadap kinerja karyawan merupakan penelitian yang memperluas teori pada penelitian sebelumnya. Penggunaan variabel mediasi juga menambahkan perluasan dan perkembangan teori. Penelitian pada perusahaan jasa coating juga merupakan hal baru yang dibangun untuk melengkapi hubungan antar variabel dalam organisasi untuk berbagai jenis industri jasa.

Organizations had to maintain a good growth performance in facing global challenges. Organizational performance was one of the main parts to increase organizational growth, which was supported by employee performance, as well as other variables those influenced it. The research was aimed to analyze of the influence that Perceived Organizational Culture (POC) has on employee performance, as well as the mediating effect of job satisfaction and employee commitment. Research is also used to answer the justification for differences in previous research hypotheses. The methodology of this research is quantitative, by distributing questionnaires to employees who have worked for at least one year in a coating company. The sample size is the company population. Testing on one company because there is a case study phenomenon that is in accordance with the theory. Data were analyzed by Partial Least Square Structural Equation Modeling, assisted by SmartPLS software. In the results found, research proves that perceived organizational culture can influence and improve employee performance, also affect organizational commitment, and job satisfaction, where the two variables in question can also mediate perceived organizational culture to improve employee performance. On the other words, employee performance can be improved by increasing job satisfaction and employee commitment. Job satisfaction can also increase and affect employee commitment. The novelty and originality in this study, namely finding indications of the influence of the relationship between perceived organizational culture and employee performance, the affect between variables such as job satisfaction, employee commitment to employee performance is research that expands theory on previous studies. The use of mediation also adds expansion and development of theory. Research on coating service companies is also a new thing that was built to complement the relationships between variables in organizations for various types of service industries."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sesilia Dhea Ajeng Arsanti
"Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh employer brand attractiveness terhadap intensi untuk melamar pekerjaan dengan menggunakan reputasi organisasi sebagai variabel mediasi. Variabel employer brand attractiveness diukur dengan beberapa indikator dari Berthon, untuk variabel reputasi organisasi diukur menggunakan indikator dari Bergammi dan Bagozzi, dan yang terakhir untuk variabel intensi untuk melamar pekerjaan diukur menggunakan beberapa indikator dari Lievens et al. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dimana pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dengan jumlah responden terkumpul sebanyak 425 responden. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan analisis deskriptif, analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda, analisis mediasi (causal step), dan analisis sobel test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya tarik merek perusahaan mempengaruhi intensi untuk melamar pekerjaan secara signifikan; employer brand attractiveness mempengaruhi reputasi organisasi secara signifikan; dan reputasi organisasi mempengaruhi intensi untuk melamar pekerjaan secara positif. Hasil analisis mediasi menunjukkan bahwa reputasi organisasi tidak memediasi pengaruh employer brand attractiveness terhadap intensi untuk melamar pekerjaan dalam penelitian ini.

This study aims to examine of Employer Brand Attractiveness on Intention to Apply by considering organizational reputation as a mediating variable. Employer Brand Attractiveness variable is measured by several indicators from Berthon, for organizational reputation measured by several indicators by Bergammi and Bagozzi, and the last for intention to apply variable measures by several indicators from Lievens et al. The study uses quatitative approach, collecting data by distributing questionnaires with 425 respondents collected. Data analysis was done by descriptive analysis, regression analysis, mediation analysis (causal step) and sobel test analysis. The results showed that employer brand attractiveness affect intention to apply significantly; employer brand attractiveness affects organizational reputation significantly; and organizational reputation affects intention to apply significantly. Based on mediation analysis, organizational reputation does not mediate the effect of employer brand attractiveness on intention to apply."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wyanet Yogasmara Putri
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh supervisory support terhadap organizational citizenship behavior dan peran participation in decision making dan kepuasan kerja sebagai mediator dalam hubungan tersebut. Responden dalam penelitian ini adalah 255 karyawan PT XYZ. Dengan menggunakan metode Structural Equation Model (SEM), hasil penelitian ini menunjukkan bahwa supervisory support berpengaruh positif dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior. Participation in decision making sebagai mediator ditemukan berhubungan negatif dengan supervisory support dan organizational citizenship behavior. Ditemukan pula bahwa kepuasan kerja tidak memediasi hubungan antara supervisory support dan organizational citizenship behavior.

This study aims to determine the effect of supervisory support towards organizational citizenship behavior and the role of participation in decision making and job satisfaction as mediators in this relationship. Respondents in this study were 255 employees of PT XYZ. By using Structural Equation Model (SEM), the results of this study indicate that supervisory support has positive and significant effect towards organizational citizenship behavior. Participation in decision making as a mediator was found negatively related to supervisory support and organizational citizenship behavior. The result also discovers that job satisfaction does not mediate the relationship between supervisory support and organizational citizenship behavior.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S65132
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nabila Mutia
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perceived organizational support terhadap kepuasan kerja karyawan PT. X. Variabel independen dalam penelitian ini adalah perceived organizational support yang diukur menggunakan Survey Perceived Organizational Support sedangkan variabel dependen dari penelitian ini ialah kepuasan kerja yang diukur menggunakan Michigan Organizational Assessment Questionnaire Subscale. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Responden yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 74 karyawan tetap PT. X yang telah bekerja minimal satu tahun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perceived organizational support memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan kerja karyawan PT. X.

This research examines the analysis influences of perceived organizational support on job satisfaction among employees in PT. X. The independent variable is perceived organizational support which is scaled with Survey Perceived Organizational Support and the dependent variable is job satisfaction which is scaled with Michigan Organizational Assessment Questionnaire Subscale. This research is a quantitative research with the questionnaire as a research instrument. Respondent of the research was 74 permanent employees in PT. X who had working period for more than a year. The result of this research showed that perceived organizational support has positive influences on job satisfaction among employees in PT. X."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
S62910
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>