Ditemukan 119316 dokumen yang sesuai dengan query
"Latar belakang penelitian ini dilakukan karena pentingnya pemahaman konsep bagi siswa dalam mempelajari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), khususnya pembelajaran Fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang perbedaan peningkatan pemahaman konsep siswa yang mendapatkan pembelajaran ILD berorientasi conceptual change (CC) dibandingkan dengan peningkatan pemahaman konsep siswa yang mendapatkan pembelajaran ILD berorientasi common sense (CS) pada materi hukum Newton. Penelitian ini berupa penelitian kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design yang dilakukan pada kelas IX di sebuah SMP Negeri di Kabupaten Pandeglang. Hasil uji statistik menunjukan bahwa peningkatan pemahaman konsep siswa yang mendapatkan pembelajaran ILD berorientasi CC ( 0.42) pada materi Hukum Newton lebih signifikan dibandingkan peningkatan pemahaman konsep siswa yang mendapatkan pembelajaran ILD berorientasi CS ( 0.32) pada materi Hukum Newton dengan kategori sedang pada taraf signifikansi."
JURPEND 15:1 (2015)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Rankin, William.
Bandung Mizan 2000,
531.14 Ran m
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Vini Mariyane Rosya
"Tesis ini membahas pemikiran Rabbi Isaac Mayer Wise mengenai konsep identitas Yahudi Amerika pada akhir abad ke-19. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah ketidakjelasan antara identitas Yahudi dengan identitas Amerika untuk menempatkan imigran Yahudi dalam konteks nasional Amerika. Ketidakjelasan identitas ini memunculkan kondisi tidak ideal dalam kehidupan beragama, berbudaya dan bernegara pada kelompok Yahudi Sephardik, Ashkenazik, dan Yahudi Eropa Timur. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dengan menggunakan literatur yang ditulis langsung oleh Wise. Data-data tersebut akan dianalisis menggunakan teori identitas. Hasil penelitian menunjukkan bagaimana definisi Yahudi-Amerika yang mampu menjawab tantangan Amerika.
This thesis discusses the thought of Rabbi Isaac Mayer Wise on American Jewish identity concept in the late 19th century. The focus of this research problem is the vagueness between American Jewish identity with the identity of the Jewish immigrants to place in the context of American national. The vagueness of this identity bring conditions are not ideal in religious life, culture and the state for the group Sephardic Jews, Ashkenazi, and Eastern European Jewish. Collecting data of this study using literature method. These literature written directly by Wise. These data will be analyzed using the theory of identity. The results show how the definition of Jewish-Americans were able to meet the challenges of Americans were able to meet the chalenges of America."
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Singer, Isaac Bashevis
New York: Foreign Languages Press, 1978
839.09 SIN n
Buku Teks Universitas Indonesia Library
JPP 35:3 (2002)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Khairani Muslim
"
ABSTRAKPenelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menguasai konsep IPA melalui proses penemuan langsung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model inkuiri ilmiah terhadap peningkatan Keterampilan Proses Sains siswa (KPS). Metode penelitian adalah quasi eksperimen dengan model pretest and postest control group design. Penelitian dilakukan di salah satu SMP di Kota Padang di kelas VII. Proses pembelajaran dalam penelitian ini dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan. Pembelajaran dikolaborasikan dengan tipe pembelajaran connected yang menggabungkan konsep belajar Fisika, Kimia dan Biologi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal esai, kuesioner, lembar observasi KPS, dan format wawancara. Analisis kuantitatif dilakukan dengan menggunakan uji rata perbedaan (sampel independen t-test atau Mann-Whitney) dengan bantuan software SPSS 16 for Windows dan Microsoft Excel 2007. Berdasarkan hasil perbedaan rerata N gain siswa pada model pembelajaran inkuiri ilmiah dan inkuiri pada kemampuan KPS siswa memperoleh hasil sig uji (dua tailed) 0.386 ≥ (α) 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model inkuiri ilmiah dapat meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa."
Jakarta: Pusat Pendidikan Sains, UIN Syarif Hidayatullah, 2015
370 EDU 7:1 (2015)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Sobolev, Leonid
Moscow : Progress Publishers, 1965
891.74 S 302 bx
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Indra Yenita
"English is an international language . In this Global era, english is realy needed since english is used in many countries.In this research, the researcher applies PQ4R method."
Padang panjang: Dinas pendidikan Kota Padangpanjang, 2014
370 JGR 11: 1 ( 2014)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
"Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 100/PUU-XI/2013 menyatakan pancasila sebagai dasar negara yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945 kedudukannya tidak bisa disejajarkan dengan UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI yang oleh Pasal 34 ayat (3b) huruf a UU Parpol disebut sebagai empat pilar berbangsa dan bernegara. Mengingat manfaatnya bagi upaya membangun karakter bangsa, Mahkamah Konstitusi tetap menyatakan konstitusional upaya partai politik maupun lembaga negara lainnya yang melaksanakan pendidikan politik melalui pemasyarakatan Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika. Mahkamah Konstitusi memberikan model pendidikan karakter yang perlu dikembangkan yaitu tidak terbatas kepada keempat hal tersebut, melainkan masih banyak aspek lainnya antara lain, negara hukum, kedaulatan rakyat, wawasan nusantara, ketahanan nasional, dan lain sebagainya. Pemerintah pada dasarnya memegang tanggung jawab utama dalam melaksanakan pendidikan karakter bagi warga negaranya. Pemerintah perlu memikirkan alternatif untuk membentuk sebuah lembaga khusus untuk merumuskan dan melaksanakan pendidikan karakter bangsa yang efektif"
JK 11 (1-4) 2014
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Ruth Hagengruber, editor
"Emilie du Châtelet was one of the most influential woman philosophers of the Enlightenment. Her writings on natural philosophy, physics, and mechanics had a decisive impact on important scientific debates of the 18th century. Particularly, she took an innovative and outstanding position in the controversy between Newton and Leibniz, one of the fundamental scientific discourses of that time.
The contributions in this volume focus on this "Leibnitian turn". They analyze the nature and motivation of Emilie du Châtelet's synthesis of Newtonian and Leibnitian philosophy. Apart from the Institutions Physiques they deal with Emilie du Châtelet's annotated translation of Isaac Newton's Principia.
The chapters presented here collectively demonstrate that her work was an essential contribution to the mediation between empiricist and rationalist positions in the history of science."
Dordrecht: [, Springer], 2012
e20410629
eBooks Universitas Indonesia Library