Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 155459 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"Tujuan peneitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan kognitif dan daya tahan retensi siswa pada materi ajar listrik arus searah antara kelas yang menerapkan model pembelajaran inkuiri terbombing berbantuan Cmaptools dan kelas yang menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing tanpa Cmaptools. Penelitian ini menggunakan desain penelitian randomized control group pretest-postest selama tujuh hari. Sampel penelitian ini adalah siswa siswi kelas X-2 dan X-3 di salah satu SMA Negeri di Kota Bandung dengan jumlah masing-masing 38 dan 36 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata gain yang dinormalisi pada kelas yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan Cmaptools sebesar 0,68 dan tanpa bantuan Cmaptools 0,54. Berdasarkan uji beda rata-rata , pada taraf kepercayaan 95% hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing baerbantuan Cmaptools secara signifikan dapat lebih meningkatkan kemampuan kognitif siswa dibandingkan model pembelajaran model inkuiri terbimbing tanpa Cmaptools. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan Cmaptools lebih dapat mempertahankan retensi siswa pada materi ajar listrik arus searah dibandingkan dengan penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing tanpa berbantuan Cmaptools."
JURPEND 14:1 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Azizah
"This classroom action research was held at SMAN I Koto Baru Dharmasrya with the aim is to improving student's motivation in laering mathematic through cooperative learning with two stay- two stray model plus hula hoop as a media."
Padang Panjang: Dinas pendidikan kota Padangpanjang, 2013
370 JGR 10:1 (2013)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Yakob
"Karya akhir ini membahas materi dan metode pembelajaran cerpen tingkat MTs. Penulisan karya akhir ini meliputi pemilihan materi cerpen, analisis unsur intrinsik, pembuatan silabus, merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan mendeskripsikan pembelajaran cerpen dengan materi dan metode yang variatif.
Karya akhir ini menggunakan metode deskripsi dengan melakukan kajian pustaka. Materi ajar diimplementasikan dalam proses pembelajaran menggunakan metode diskusi untuk membahas tokoh dan penokohan, metode inkuiri membahas alur dan latar, dan metode sosiodrama membahas tema dan amanat.

This final paper discusses short story materials and teaching methods for MTs students. This paper aims to offer short story materials, intrinsic elements analysis, syllabus and lesson plan design (RPP), and describing teaching short story in more various method.
This final paper applies descriptive method by conducting library study. In teaching activity, discussion method is carried to discuss character and characterization, inquiry method to elaborate plot and setting, and sociodrama method to scrutinize theme."
2009
T26222
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Hema Anita
"one or factors that determine the success of education process in classroom is teacher. Teachers not only has role as teacher that transfer knowledge to the students but also as a model. The are various ways conducted by the techers to improve students study result."
Padang Panjang: Dinas pendidikan kota Padangpanjang, 2013
370 JGR 10:1 (2013)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"Penelitian ini dilandasi adanya isu bahwa kemampuan apresiasi cerpen mahasiswa masih belum memuaskan sehingga perlu dicari pemecahan masalah. Salah satu solusinya adalah pembelajaran sastra melalui model investigasi kelompok (MIK). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain kelompok kontrol prates-pascates yang dirandom. Data penelitian ini berupa hasil tes, angket dan wawancara serta observasi yang diolah secara kuantitatif. Sumber data utama adalah mahasiswa JPBD FPBS UPI Bandung dan data tambahan dosen sastra indonesia di jurusan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan hasil perbandingan awal dan akhir kelompok eksperimen dan kelompok kontrol serta kemampuan akhir mereka dikonsultasikan dengan tabel distribusi t, harga tl.a pada a = 0,01, n = 74 ialah 2,37780 dan harga t hitung sebesar 1,16943. Dengan demikian t hitung lebih kecil daripada harga tl.a. Jadi kemampuan apresiasi cerpen indonesia mahasiswa yang menggunakan Model Investigasi Kelompok lebih tinggi daripada menggunakan Model Terlangsung diterima pada taraf nyata a = 0,05 atau tingkat kepercayaan 95%. Dengan kata lain MIK secara kualitas efektif untuk meningkatkan kemampuan kemampuan mahasiswa JPBD FPBS UPI. Penelitian ini menemukan bahwa prosedur yang digunakan dalam MIK berkontribusi positif terhadap peningkatan kemampuan apresiasi cerpen Indonesia."
JURPEND 14:1 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Sulistyoweni Widanarko
"Kemampuan berkomunikasi, merencanakan dan merancang, serta kode etik profesi yang diamati oleh beberapa industriawan terhadap lulusan S1 baru bidang Teknik Mesin masih lemah. Oleh karenanya untuk meningkatkan kualitas lulusan dan memperkecil kesenjangan antara kebutuhan perguruan tinggi dan dunia kerja, perlu dilakukan perbaikan kurikulum dan strategi pembelajarannya. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan model pembelajaran yang mampu mengantisipasi kesenjangan antara kebutuhan kompetensi lulusan perguruan tinggi dan dunia kerja.
Inovasi Iptek
Kesenjangan kompetensi lulusan perguruan tinggi dan dunia kerja yang ditemukan dalam penelitian ini mencakup dua hal pokok yang terdiri dari lima kompetensi, yaitu pertama, kemampuan dalam merancang rekayasa di bidang permesinan yang memperhatikan kaidah prosedur dalam desain, kaidah penelitian dan ekonomi, kedua, kemampuan bersosialisasi dengan lingkungan (kemampuan berkomunikasi, bekerja dalam grup, perilaku sesuai dengan kode etik profesi). Ke lima kompetensi di atas selanjutnya disebut '5SB'."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
cover
M. E. Anni Yuliah
"This study reviews the learning model towards conscious matter how tax can affect the increase in tax revenue
optimization Primary tax service office Bandung Cibeunying. Community learning formulated on the formation
mechanism of compliance is obtained from the analysis of the perception of the factors that influence the optimization of
tax revenue. The method of research uses descriptive method in order to obtain a model of the learning society to formulate
conscious care tax effect on tax revenue optimization. Descriptive method with a case study in Bandung Primary tax
service office Cibeunying uses quantitative analysis with path analysis.
The research finds that the tax administration does not directly influence tax compliance, tax authorities but through
a process of productivity and taxation concepts that optimize tax revenue. Learning model society to realize tax matter
affects the increase in tax revenue optimization in Bandung Primary tax service office Cibeunying. Implementation
research seeks to contain the elements of a good educational decision-making, an enabling environment, and qualified
human resources so that a positive image is obtained from 1) productivity resulting from empowerment, payroll
proportionate and conducive working environment, 2) Administrai tax service that is able to generate customer
satisfaction in order to reach customer loyalty, and 3) the concept of taxation that creates empowerment, independence
and well-being."
STIA LAN , {s.a.}
350 JIA 9:3 (2012)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Indra Yenita
"English is one of foreign language learned by junior high school students. learning consist of learning four integrated skills, listening , speaking, reading and writing .Writing is supposed to be the most difficult skill for the students. In this case the writer tried to use an approach in learning and teaching process, that is RDAS ( Read discuss arrange and stick)."
Padang Panjang: Dinas pendidikan kota Padangpanjang, 2013
370 JGR 10:1 (2013)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"There are many people who think that critical thinking is something difficult to do and is inteded to those who study at college or those who study philosophy and for those who possesess high IQ (genius)...."
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>