Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 37140 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"Beberapa tahun terakhir ini, gencar dibahas di berbagai forum terutama mas-media mengenai issue pelayaran asing mendominasi angkutan dalam dan luar negeri, serta berbagai pemikiran tentang cara penanggulangannya termasuk pemberlakuan asa cabotage secara aktif dan sebagainya. Tulisan ini tidaklah secara khusus membahas masalah pelayarannya yaitu operator kapal dan kapalnya tetapi lebih pada masalah keagenan kapal sebagai suatu mata rantai transportasi laut. ...."
IKI 2:10 (2006)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Ragil Tri Indrawati
"Kapal merupakan salah satu armada angkutan yang memiliki peranan vital. Perdagangan, ekspor-impor, dan industri tidak dapat terlepas dari sarana angkutan berupa kapal. Dalam pengoperasiannya, kapal membutuhkan daya mesin yang sesuai sehingga kecepatan kapal tercapai. Penggunaan bahan bakar yang sehemat mungkin menjadi hal yang sangat penting. Penghematan bahan bakar erat kaitannya dengan hambatan kapal yang terjadi.Penghematan pemakaian energi pada pengoperasian kapal menjadi topik yang menarik dan sangat penting untuk dikaji.
Tujuan penelitian ini untuk mencari konfigurasi S/L optimum untuk mendapatkan nilai hambatan terendah sehingga akan mengurangi konsumsi bahan bakar pada saat kapal beroperasi dan membandingkan nilai hambatan yang terjadi pada kapal katamaran dan monohull. Dua buah model kapal catamaran dengan lambung simetris dan variasi rasio jarak lambung S/L 0,2 , 0,3 dan 0,4 digunakan dalam penelitian ini. Metode eksperimen (towing tank) dan numerik (HullSpeed- MaxsurfPro 11.12) dilakukan dalam penelitian denganvariasi kecepatan pada angka Froude 0.2 -1.0.
Hasil menunjukkan bahwa hambatan total kapal katamaran terbesar dengan rasio jarak lambung S/L 0,4 terjadi pada Fr < 0,3 dan Fr 0,4 - 1,0. Sedangkan untuk Fn 0,3 - 0,4 nilai koefisien hambatan terbesar dimiliki oleh rasio S/L 0,2 yang ditunjukkan dengan puncak hambatan gelombang paling tinggi (hump resistance). Dari hasil kedua metode menunjukkan bahwa monohull menghasilkan nilai hambatan yang lebih besar daripada katamaran khususnya pada 0.4 ≤ Fn ≤ 0.8.

Ship is one of the transportion that has a vital role. Trade, exports - imports and industry can't be separated from means of transportation of ship. In operation, the vessel requires engine power accordingly so that the ship's speed is reached. The use of fuel efficient as possible becomes very important. Fuel savings is closely related to resistance vessels occurs. Saving energy consumption on the operation of the ship became an interesting topic and very important to assess.
The purpose of this study to look for the configuration S / L optimum to obtain the lowest resistance values so that will reduce fuel consumption when the vessel to operate and compare the value of resistance that occurs in catamaran and monohull.Two models of catamaran with symmetrical and variation of unstagerred demi hulls configuration(S/L) 0.2, 0.3 and 0.4 used in this study. Experimental method (towing tank) and numerical (HullSpeed-MaxsurfPro 11:12) conducted the study with the velocity variations in the Froude number 0.1 -1.0.
The results showed that the total resistance of the largest catamaran with unstagerred demihulls configurationS/L 0.4 occurred at Fr <0.3 and Fr 0.4 to 1.0. As for the Fn from 0.3 up to 0.4 the value of the total resistance coefficient of the biggest obstacles is owned by the ratio S/L 0.2 as indicated by the highest peak of the wave resistance (Hump resistance). From the results of both methods showed that the monohull produces greater resistance value than catamaran partially 0.4 ≤ Fn ≤ 0.8.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S1385
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
cover
"NKRI merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Indonesia mempunyai hak eksklusif untuk memanfaatkan sumber daya kelautan dan berbagai kepentingan terkait perairan ZEE (sampai dengan 200 mil dari garis pangkal). Untuk mengoptimalkan nilai manfaat sumberdaya kelautan bagi pengembangan wilayah secara berkelanjutan dan menjamin kepentingan umum secara luas, diperlukan intervensi kebijakan dan penanganan khusus oleh Pemerintah untuk pengelolaan wilayah maritim. Namun demikian, masalah-masalah kelautan termasuk pembangunan ekonomi kelautan mempunyai hubungan yang erat dengan ketentuan-ketentuan hukum internasional. Oleh karena itu dalam pembangunan terkait masalah kelautan di Indonesia, ketentuan-ketentuan yang terdapat dalam konvensi-konvensi internasional haruslah menjadi acuan. Dari beberapa kemungkinan jenis jasa pelayanan khusus, maka yang mungkin dapat kita berikan dan dapat ditagihkan kepada kapal-kapal asing yang melakukan lintas damai di perairan Indonesia antara lain adalah Pilotage atau jasa pemanduan…. "
IKI 4:24 (2008)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Budihardjo
"Salah satu kebutuhan mendasar agar aparat pemerintah dapat bekerja dengan baik dan bertanggung jawab adalah dengan memperhatikan kesehatannya termasuk kesehatan keluarganya, dan sampai saat ini pelayanan kesehatan di Puskesmas belum sepenuhnya dapat memberikan kepuasan kepada pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien peserta wajib PT Askes wajib yang berobat rawat jalan di Puskesmas se Kabupaten Sambas. Pengukuran kepuasan pasien dilakukan terhadap 105 responden yang dibagi secara proporsional pada 17 Puskesmas. Jenis penelitian merupakan deskriptif analitik yang dilakukan dengan pendekatan cross sectional secara kuantitatif. Faktor karakteristik yang ingin diketahui hubungannya dengan kepuasan pasien adalah karakteristik pasien yang terdiri dari umur, jenis kelamin, pendidikan, golongan, dan jabatan, sedangkan karakteristik pelayanan Puskesmas yang terdiri pemeriksa. Analisa data dilakukan secara univariat, bivariat, dan multivariat.
Hasil yang didapat menunjukan bahwa proporsi pasien yang puas sebesar 54,3%. Uji bivariat dengan Chi-Square didapat faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien adalah faktor pendidikan dan faktor pemeriksa uji multivariat dengan regresi logistik didapat faktor yang dominan adalah faktor pemeriksa, dimana pasien yang dilayani tenaga medis akan mendapatkan kepuasan lebih kurang 3,5 kali dibanding dengan pasien yang dilayani tenaga paramedis. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada semua pihak yang terkait, untuk memperhatikan faktor pemeriksa atau tenaga medis di Puskesmas, apabila ingin meningkatkan kepuasan pasien yang berobat di Puskesmas, khususnya pasien peserta wajib PT Askes.

One of basic needs for the government officers in doing their duties well and responsibility is by paying attention to his health and his family health Up to now, the health care service at the Public Health Center (PHC) has not satisfied the patient yet. This study has object to know the factors that relating to the satisfaction of Askes obliged patients who are having medical treatment in the Public Health Centers in Sambas Regency. The measurement of the satisfaction of the patient was conducted to 105 respondents who were classified proportionally for 17 Public Health Centers. The design of study is descriptive analysis using a cross sectional approach quantitatively. The characteristic factors, that were wanted to be known related to the satisfaction of the patient, are first, characteristic of the patient, including age, sex, education, group and profession, second, the characteristic of the Public Health Center that consists to the examiner. The data analysis was conducted by univariate, bivariate and multivariate models.
The result of the study shows that the proportions of the satisfied patients is 54.3 percent The bivariate test with Chi-Square shows that the factors related to the satisfactory of the patients are education and the examiner. The multivariate test using logistic regression shows the dominant factor is the role of examiner factor, where the patient served by the medical officers will have satisfaction at least 3.5 times comparing to the patient who have been served by paramedic officers. Based on the result of this study, it is suggested that all related institutions should pay attention to the examiner or medical officers at the Public Health Centers, if they want to increase the satisfaction of patient at the Public Health Centers, especially for the Askes obliged patients.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2000
T1008
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rully Andhika
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
S35524
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Sugianto
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1993
S36730
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Candra Dwi Putro
"Kapal merupakan sebuah bangunan sistemik yang digunakan manusia sebagai sarana untuk melakukan segala aktivitas di wilayah perairan seperti laut, sungai dsb. Aktivitas-aktivitas tersebut diantaranya eksplorasi, pelayaran, penelitian ekosistem laut, penyebrangan, penangkapan ikan, dan tentunya pengangkutan barang yang dijadikan sebagai muatan kapal. Aplikasi kapal multi hull sebagai moda transportasi sungai maupun laut terus dikembangkan. Salah satu hal yang membuat kapal ini populer yaitu karena tersedianya geladak yang lebih luas dan tingkat stabilitasnya lebih bagus dibandingkan kapal lambung tunggal.
Dalam pengoperasiannya, kapal multihull memiliki gaya hambat yang kecil dengan pengaturan jarak lambung untuk menghasilkan daya dorong mesin yang lebih kecil sehingga tercipta efisiensi konsumsi BBM yang optimal. Tujuan penelitian ini untuk mencari konfigurasi S/L optimum untuk mendapatkan nilai hambatan terendah sehingga akan mengurangi konsumsi bahan bakar pada saat kapal beroperasi dan membandingkan nilai hambatan yang terjadi pada kapal katamaran dan monohull.
Dua buah model kapal catamaran dengan lambung simetris dan variasi rasio jarak lambung S/L 0,4 , 0,5 dan 0,6 digunakan dalam penelitian ini. Metode eksperimen (kolam percobaan) dan numerik (HullSpeed- MaxsurfPro 11.12) dilakukan dalam penelitian denganvariasi kecepatan pada angka Froude 0.2 -0.6. Pengujian Monohull dilakukan dengan displacemen yang sama dengan displacemen Kapal Katamaran.
Hasil menunjukkan bahwa hambatan total kapal katamaran terbesar dengan rasio jarak lambung S/L 0,5 terjadi pada Fr ≈ 0,2. Sedangkan untuk Fn 0,3-0,6 nilai koefisien hambatan terbesar dimiliki oleh rasio S/L 0,4 yang ditunjukkan dengan grafik tertinggi dibanding grafik yang lain. Dari hasil kedua metode menunjukkan bahwa monohull menghasilkan nilai hambatan yang lebih besar daripada katamaran khususnya pada 0.2 ≤ Fn ≤ 0.6.

Ship is a systemic building that human use as a vessel as means to perform all activities in areas such as ocean, rivers, etc.. These activities include exploration, shipping, marine ecosystem research, crossing, fishing, and transport of goods is used as a cargo ship. Application of multi-hull vessel for river and sea transportation modes continue to be developed. One of the things that makes catamaran ship is popular because of the availability of a wider deck and the level of stability is better than single-hull vessels.
In operation, multi hull vessel has little drag related the spacing of the hulls to produce smaller thrust machines so as to create an optimum fuel consumption efficiency. The purpose of this study to find the configuration of S / L optimum to obtain the lowest resistance value so that it will reduce fuel consumption when operating the vessel and compare the value of resistance that occurred on board the catamaran and monohull.
Two models of the ship hull catamaran with symmetrical hull and the variation of the distance ratio S / L 0.4, 0.5 and 0.6 used in this experiment. Experimental methods (towing tank with load cell) and numerical (HullSpeed-MaxsurfPro 11:12) performed in the study with speed at Froude number 0.2 -0.6 variation. Monohull testing performed by the same displacemen as catamaran ship.
The results showed that the total resistance of the largest catamaran boat hull with spacing ratio S / L 0.4 occurred at Fn ≈ 0.2. As for the Fn from 0.3 to 0.6 the drag coefficient has the largest ratio of S / L 0.4 are shown in the graph are the highest compared to other graphs. From the results of both methods showed that the monohull produces greater resistance value than the catamaran, especially at 0.2 ≤ Fn ≤ 0.6.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2012
S42675
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Erwin Gunawan
"ABSTRAK
Grosse akta pendaftaran kapal merupakan bukti pendaftaran hak milik atas kapal yang diberikan kepada pemilik kapal yang merupakan salinan dari minuta (asli akta) pendaftaran kapal yang dikeluarkan oleh Pejabat Umum yang berwenang. Apabila terjadi kehilangan atas grosse akta ini maka dapat dilakukan penggantian sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.Kesimpulan dari penelitian tesis ini untuk melakukan proses penggantian Grosse Akta tersebut memerlukan suatu penetapan yang dikeluarkan oleh pengadilan terlebih dahulu,dimana juga terdapat beberapa akibat hukum yang dapat ditimbulkan oleh hilangnya grosse akta tersebut

ABSTRACT
Ship Registration Authentic Instrument Deed is a proof of registration which given to the owner of the registered ship. This document is a copy of minuta (original deed) registration of the ship issued by General Authorized Officer . In the event of losses of this Authentic instrument, the replacement can be performed in accordance with the legislation by the court.The Summary of this thesis conclude The Process of Recovery of requires a determination issued by the court in advance, where there are also some problems that can arise by the loss of this authentic instrument deed"
2016
T45897
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>