Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 151959 dokumen yang sesuai dengan query
cover
"Peningkatan konsentrasi magnesium dalam tubuh secara bermakna dapat meningkatkan kesehatan otak. Memelihara kadar magnesium dalam cairan serebrospinal (CSS) sangat penting untuk meningkatkan densitas neuron pada areal hipokampus. Kompleksitas dan adaptabilitas komunikasi neural sangat penting bagi fungsi otak.magnesium memiliki peran penting dalam perkembangan plastisitas sinaps melalui tiga mekanisme utama yaitu sebagai kofaktor enzim-enzim neural, meningkatkan pelepasan glutamat di membran pre-sinaps, dan meningkatkan konsentrasi magnesium intraseluler. Suplementasi magnesium dalam diet sehari-hari sangat diperlukan. Permasalahan yang belum tuntas adalah belum ditemukan jenis magnesium yang memiliki kemampuan melewati barier darah otak.
"
330 ASCSM 9 (2010)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Evie Sylviani
"ABSTRAK
Saat ini Pemerintah sedang mencanangkan gerakan pengembangan Usaha
Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Hal ini menjadi sangat panting karena
perekonomian Indonesia banyak didominasi oleh UMKM. Untuk dapat
mengcmbangkan usahanya, UMKM memerlukan sebuah lembaga pembiayaan
khususnya perbankan.
Seperti kita ketahui, pembcrian lcredit oleh pcrbankan kepada para nasabahnya
hams disertai beberapa prasyarat yang hams dipenuhi antara lain bidang manajemen,
pemasaran, produksi, pengalaman, keterampilan, modal kerja dan agunan. UMKM di
Indonesia pada umurrmya memiliki banyak kelemahan baik dalam bidang
manajemen, pemasaran, produksi, pengalaman, ketcrampilan, modal I-ccrja dan
agunan, sehingga dinilai kurang memenuhi persyaratan teknis perbankan. Untuk
itulah di perlukan suatu lembaga yang dapat mcnjembatani gap tersebut. Dcngan
demikian, meskipun UMKM memiliki kelemahan-kelemahan tersebut, lembaga
pemben kredit/perbankan tetap bersedia menyalurkan dananya untuk mcmbiayai
kegiatan UMKM.
Sebagai Salah satu perusahaan asuransi, PT Askrindo melihat peluang yang dapat
member-ikan tambahan pendapatan bagi organisasi, ditambah Iagi adanya suatu
kebijakan Pemerintah yang mewajibkan pihak pcrbankan untuk meminta penjaminan
kepada PT Askrindo terhadap kredit yang diberikan ke nasabah.
Dari data jumlah penjaminan yang ada di PT Askrindo, jumlah penjaminan yang
diperoleh dari tahun ke tahun menunjukkan kecendenmgan menurun. Dari analisis
terhadap wawancara yang dilakukan, disimpulkan bahwa penurunan jumlah
penjaminan tersebut Iebih banyak disebabkan oleh kebijakan manajemen yang
menurunkan monvasz karyawan serta tidak adanya sharing knowledge antar
karyawan.
Dari beberapa teori tentang motivasi, pcnulis mengkaitkan teori pcngharapan (Vroom
1964) sebagai salah satu tcori yang dapat menyelesaikan pcrmasalahan di PT
Askrindo. Aplikasi dan teori tcrsebut dapat melalui rekomendasi penerapan reward
dan pumlvlmzent yang benar, perubahan desain kerja yang dapat memotivasi
karyawan, pembuatan jcnjang karir yang jelas dan mcmbudayakan sharing
knowledge. Rekomendasi ini tidak akan bczjalan tanpa adanya dukungan dad pihak
manajemen PT Askrindo. Dengan pelaksanaan rekomendasi tcrsebut diharapkan
motivasi dan karyawan akan rneningkat dan pada akhirnya akan meningkatkan
jumlah penjarninan PT Askrindo,

ABSTRACT
At this moment, the government has establishing the development of Usaha Milcro,
Kecil dan Menengah (UMKA/Q movement. This is a crucial part since Indonesian
economy is dominated by UMKM. To improve their business, UMKM needs a handing
institution, and banking in particular.
Credit irom banking institutions to its customers need to be accompanied by requirements
in management, marketing, production, experiences, skills, capital, and collateral.
UMKM in Indonesia have many weaknesses in management, marketing, production,
experiences, skills, capital, and collateral, so they seems to be unqualified for the banking
technical requirernents.'1`herefore, an institution is needed to fulfill the gap. So, even
UMKM have many weaknesses, they still can obtain the fund for its operation.
As one of the insurance company, PT Askrindo sees the opportunities to earn more
rcvenue to the company, align with the govemment regulation that banking has to ask for
assurance to PT Askrindo about the credits they distribute to customers.
Assurance data in PT Askrindo shows that the number of assurance is declining. Analysis
Hom the interviews can be summarized that the declining numbers of assurance is caused
by management policy which is reducing the employees motivation and there is not
activities of knowledge sharing between employees.
From several theories of Motivation, the writer assume that the Expectancy theory
(V room, 1964) as one theory that can solve the problems in PT Askrindo. The
recommendations are establishing reward and punishment system, work design
modification, the development of career path system, and improving knowledge sharing
culture. Key success factor in this recommendation is the support and involvement of PT
Askrindo?s management. With he implementation of the recommendations, employees
motivation will improve and the number of PT. Asltrindo?s assurance will increase.

"
2007
T34099
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Miskadi
"ABSTRAK
Program Molivational Enhancement Group Counseling Untuk
Meningkatkan Motivasi Narapidana Mengikuti Program Rehabilitasi
Di Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Cirebon?.
(83 halaman + xiv halaman, 10 Tabel, 4 Gambar, dan 4 Lampiran).
Lapas Narkotika adalah Lapas khusus bagi narapidana kasus narkoba
Narapidana narkoba tidak hanya sebagai pelaku kejahatan tetapi juga
sebagai korban, schingga mengalami ketegantungan. Karena im, narapidana
narkoba perlu mendapatkan pembinaan khusus. Mereka tidak hanya
mendapatkan pcmbinaan bidang kepribadian dan kemandirian yang umum
di Lapas, tetapi juga pembinaan rehabilitasi yaitu pemulihan kondisi fisik,
mental-psikologis, dan sosial.
Motivasi narapidana untuk mengikuti program rehabilitasi
merupakan salah satu faktor penting bagi keberhasilan proses rehabilitasi.
Proscs meningkatkan motivasi narapidana untuk mengikuti program
rehabilitasi, dilakukan melalui program motivasional enhancement group
counseling. Program ini sebagai penunjang dan satu kesatuan dengan
program rehabilitasi yang telah ada di Lapas. Selain itu, program ini juga
berperan dalam mengatasi ketimpangan jumlah dan kapabilitas pemgas
dengan narapidana.
Prinsip-prinsip clasar motivational enhancement adalah terapi
melalui suatu pendekatan konseling yang berpusat pada narapidana untuk memulai petubahan perilaku dengan menolong narapidana untuk
mernecahkan masalah melalui peningkatan motivasi internal dan memandu
menyusun langkah-langkah perubahan. Sementara itu, group counseling
(konseling kelompok) memelihara pertumbuhan orientasi yang berfokus
pada proses penemuan sumber-sumber kekuatan internal. Kelompok
menyediakan empati dan dukungan yang dibutuhkan untuk menciptakan
suasana (atmosfer) kepercayaan lmtuk memulai sharing dan el-rplorasi
mengenai perubahan perilaku tersebut
Motivational enhancement group counseling untuk rneningkatkan
motivasi narapidana m gikuti program rehabilitasi diharapkan berhasil
membimbing narapidana agar dapat menyusun langkah-langkah perubahan
untuk sembuh dari ketergantungan narkoba dan tidak kombali
menyalahgunakannya (relapse), sehingga tidak kembali menjadi narapidana.

"
2007
T34133
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Wistiadola Septiani
"[Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas program pelatihan autonomysupportive behaviors pada guru PAUD dalam meningkatkan perilaku mendukung otonomi anak prasekolah melalui kegiatan pelatihan. Jenis penelitian adalah penelitian terapan
dengan desain penelitian pretest-posttest design. Alat ukur yang digunakan dalam
penelitian berdasarkan sebelas perilaku instruksional mendukung otonomi yang
dikembangkan oleh Reeve & Jang (2006). Hasil penelitian menunjukkan bahwa program
cukup efektif untuk meningkatkan perilaku guru PAUD dalam mendukung otonomi anak
prasekolah dan terdapat perbedaan yang signifikan terutama pada perilaku ?memberikan
pujian sebagai umpan balik atas suatu pencapaian suatu aktivitas? dan ?memberi dorongan
untuk meningkatkan dan mempertahankan keterlibatan siswa;The purpose of this study is measuring the effectiveness of autonomy-supportive behaviors
training program for early childhood teacher to increase the behavior of supporting
autonomy of preschool children. The type of research is applied research with pretestposttest
study design. Measuring instrument used in research is based on eleven
instructional behavior of autonomy support which developed by Reeve & Jang (2006). The
result show that the program is effective to increase the behavior of early childhood teacher
in supporting preschool children?s autonomy and there are significance differences in the
behavior of ?praise as informational feedback about the student?s improvement or mastery?
and the behavior of ?offering encouragements to boost or sustain the student?s engagement;The purpose of this study is measuring the effectiveness of autonomy-supportive behaviors
training program for early childhood teacher to increase the behavior of supporting
autonomy of preschool children. The type of research is applied research with pretestposttest
study design. Measuring instrument used in research is based on eleven
instructional behavior of autonomy support which developed by Reeve & Jang (2006). The
result show that the program is effective to increase the behavior of early childhood teacher
in supporting preschool children?s autonomy and there are significance differences in the
behavior of ?praise as informational feedback about the student?s improvement or mastery?
and the behavior of ?offering encouragements to boost or sustain the student?s engagement;The purpose of this study is measuring the effectiveness of autonomy-supportive behaviors
training program for early childhood teacher to increase the behavior of supporting
autonomy of preschool children. The type of research is applied research with pretestposttest
study design. Measuring instrument used in research is based on eleven
instructional behavior of autonomy support which developed by Reeve & Jang (2006). The
result show that the program is effective to increase the behavior of early childhood teacher
in supporting preschool children?s autonomy and there are significance differences in the
behavior of ?praise as informational feedback about the student?s improvement or mastery?
and the behavior of ?offering encouragements to boost or sustain the student?s engagement;The purpose of this study is measuring the effectiveness of autonomy-supportive behaviors
training program for early childhood teacher to increase the behavior of supporting
autonomy of preschool children. The type of research is applied research with pretestposttest
study design. Measuring instrument used in research is based on eleven
instructional behavior of autonomy support which developed by Reeve & Jang (2006). The
result show that the program is effective to increase the behavior of early childhood teacher
in supporting preschool children?s autonomy and there are significance differences in the
behavior of ?praise as informational feedback about the student?s improvement or mastery?
and the behavior of ?offering encouragements to boost or sustain the student?s engagement;The purpose of this study is measuring the effectiveness of autonomy-supportive behaviors
training program for early childhood teacher to increase the behavior of supporting
autonomy of preschool children. The type of research is applied research with pretestposttest
study design. Measuring instrument used in research is based on eleven
instructional behavior of autonomy support which developed by Reeve & Jang (2006). The
result show that the program is effective to increase the behavior of early childhood teacher
in supporting preschool children?s autonomy and there are significance differences in the
behavior of ?praise as informational feedback about the student?s improvement or mastery?
and the behavior of ?offering encouragements to boost or sustain the student?s engagement, The purpose of this study is measuring the effectiveness of autonomy-supportive behaviors
training program for early childhood teacher to increase the behavior of supporting
autonomy of preschool children. The type of research is applied research with pretestposttest
study design. Measuring instrument used in research is based on eleven
instructional behavior of autonomy support which developed by Reeve & Jang (2006). The
result show that the program is effective to increase the behavior of early childhood teacher
in supporting preschool children’s autonomy and there are significance differences in the
behavior of ‘praise as informational feedback about the student’s improvement or mastery’
and the behavior of ‘offering encouragements to boost or sustain the student’s engagement]"
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2015
T44097
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aristya Puspita Adi Wardhani
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari intervensi kognitif-perilaku dalam menurunkan kecemasan sosial pada siswa SMA di lingkungan akademik. Intervensi ini disusun berdasarkan tiga level tujuan intervensi kognitif-perilaku yang dikemukakan oleh Stallard (2005). Penelitian ini menggunakan mixed method design, yaitu dengan menggabungkan data secara kualitatif dan kuantitatif untuk melihat sejauhmana kecemasan sosial subjek penelitian sebelum dan setelah pemberian intervensi kognitif-perilaku. Data kualitatif diperoleh dengan wawancara terhadap subjek, guru dan teman sekolah dengan berpedoman pada tiga subskala kecemasan sosial dari La Greca dan Lopez (1998). Data kuantitatif diperoleh dengan mengukur tingkat kecemasan subjek menggunakan alat ukur Social Anxiety Scale for Adolescent (SAS-A) yang telah diadaptasi oleh Oktarani (2014).
Dari data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa intervensi kognitif-perilaku ini dapat menurunkan tingkat kecemasan sosial subjek di lingkungan akademik. Agar mendapatkan hasil penelitian yang optimal, penting untuk membangun kepercayaan terhadap subjek penelitian dan melibatkan orang lain di sekitar subjek saat intervensi dilakukan.

The intervention program based on three levels of cognitive-behavioral intervention objectives defined by Stallard (2005). This research study uses mixed method design, by combining data qualitatively and quantitatively to see the extent of social anxiety of the research participant before and after the cognitive-behavioral intervention is given. The qualitative data were obtained by interviewing the participant, participant's teachers, and participant's schoolmates. The interviewing guide is based on three social anxiety subscales defined by La Greca and Lopez (1998). Therefore, the quantitative data were obtained by measuring the level of anxiety of the participant using the Social Anxiety Scale for Adolescent (SAS-A) that had been adapted to Bahasa Indonesia by Oktarani (2014).
The result showed that cognitive-behavioral intervention can reduce the level of social anxiety of the participant in the academic environment. Building trust with the participant and involving other people around the participant-such as parents and teacher- are important in order to get the optimum research results.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2019
T53252
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dono Baswardono
Jakarta: Elex Media Komputindo, 2006
150 DON b
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Hera Lestari Mikarsa
Jakarta: UI-Press, 2006
PGB 0398
UI - Pidato  Universitas Indonesia Library
cover
Dyah Ratu Rosari
"ABSTRAK
Minat untuk memilih judul tulisan ini berawal dari kenyataan bahwa pada
dasarnya narpidana yang kurang percaya diri itu enggan untuk bergaul,
tidak mempunyai gairah untuk menghasilkan karya sendiri. Disamping itu
khususnya narapidana yang akan bebas, mereka tidak mempunyai
pandangan atau cita-cita setelah hebas nanti. Kurang percaya diri ini
disebabkan karcna adanya sikap pesimis, mereka masih khawatir atau ragu
kalau tidak diterima di Iingkungan masyarakat. Apalagi stigma masyarakat
masih bersifat negatif Berdasarkan wawancara dan pengisian kuesioner, diperoleh hasil bahwa mereka berkeinginan untuk melakukan usaha setelah hebas nanti, akan
tetapi mereka masih kurang percaya diri, apakah bisa terlaksana dengan
baik. Sedangkan masyarakat mungkin sebagian bclum pcrcaya dengan eks
narapidana. Berdasarkan pandangan-pandangan tersebut, maka menurut penulis,
program untuk meningkatkan rasa percaya diri terhadap narapidana yang
akan bebas menjadi penting untuk dilakukan. Hal tersebut didasari oleh
pandangan bahwa dengan memiliki rasa percaya diri yang tinggi, mereka
akan menjadi manusia yang kreatifl akan dapat mcnciptakan sendiri lahan
kerja bagi dirinya dan bahkan mungkin bagi orang Iain.
Oleh karena itu, dalam tugas akhir ini penulis memilih pelatihan tehnik
meningkatkan rasa percaya diri sebagai upaya memberikan bekal mental
bagi narapidana yang akan bebas.

"
2007
T34075
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Situmorang, Happy
"Pengemudi sepeda motor usia dewasa menengah (40-65 tahun) dikenal sebagai pengemudi yang paling sedikit mengalami kecelakaan dan juga paling jarang melakukan perilaku mengemudi berisiko terutama mengebut. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan peran normlessness trait dan persepsi risiko dalam menghambat pengemudi motor usia dewasa menengah untuk mengebut. Sampel penelitian ini adalah 150 orang pengemudi sepeda motor dewasa menengah (40-65 tahun).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa normlessness trait dan persepsi risiko tidak memiliki pengaruh terhadap pengambilan keputusan mengebut. Penelitian selanjutnya ada baiknya mencermati pengaruh faktor internal yang lain seperti penurunan kondisi fisik, kognitif dan persepsi terhadap perilaku mengebut pada pengemudi usia dewasa menengah.

The middle adulthood (40th up to 65th year old) motorcyclists was found fewer doing risky driving behavior, especially speeding, than younger motorcyclists. This study specifically aims to prove the influence of normlessness trait and risk perception as internal factor inhibits speeding behavior the middle-adulthood motorcyclist. The sample was 150 old drivers (whose age is 40-65 years old).
The results showed that normlessness trait and the perception of risk has no influence on the speeding decision-making. The next study ought to considering the influence of others internal factors such as the decline in physical, cognitive, and perception ability for speeding in middle-adulthood motorcyclist.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2013
S52517
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>