Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5676 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Maks Agustinus
"The development of information technology has prompted traditional catalogue to become online catalogue (OPAC). Since OPAC is mostly developed on the basis of traditional catalogue, it solely puts the text version of the traditional catalogue to online. Instead, visual information can also be provided online easily. The recommendation to add several visual features in OPAC is expected to make it more useful for users. Survey shows that the additional features are expected by users to be available in OPAC."
Jakarta: Perpustakaan Nasional RI, 2012
020 VIS 14:3 (2012)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Himma Dewiyana
"Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas temu kembali menggunakan fasilitas pencarian spesifik pada katalog online perpustakaan universitas sumatera utara. Penelitian menggunakan ekperimen yaitu dengan mengukur dan membandingkan nilai precision hasil pencarian dengan menggunakan fasilitas pencaharian sederhana dan pencarian spesifik pada ruas judul dan subjek. Data menunjukkan bahwa hasil pengujian penggunaan fasilitas pencaharian sederhana secara umum mendapat nilai pecision sebesar 0,06, pasien rata-rata 0,73, dan pencarian spesifik pada ruas judul secara umum sebesar 0,06, pecision rata-rata 0,66, sedangkan pada ruas subjek secara umum mendapatkan nilai precision sebesar 0,08, rata-rata 0,48. hasil pengujian menunjukkan fasilitas pencarian yang paling efektif pada OPAC perpustakaan USU adalah pencarian sederhana; kedua, penggunaan pencarian spesifik dengan ruas judul, dan ketiga, fasilitas pencarian spesifik pada ruas subjek"
Medan: Politeknik Negeri Medan, 2019
338 PLMD 22:4 (2019)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Robertus Nursuksma
"LONTAR adalah aplikasi library online milik UI yang digunakan internal untuk kepentingan UI. Saat ini kinerja dari LONTAR dikeluhkan oleh para pengguna karena lambat pada periode waktu tertentu. Hal ini memicu keingintahuan penulis untuk mengetahui dan mencoba mengukur kinerja dari LONTAR. Pengujian kinerja dilakukan dengan memanfaatkan tools dari Rational yaitu Rational Robot dan Rational TestManager. Pengujian ini menganggap aplikasi LONTAR, beban jaringan dan database LONTAR sebagai satu kesatuan objek pengujian, dengan kata lain tidak melakukan segregasi faktor penyumbang cepat-lambatnya response time yang dirasakan oleh pengguna. Penelitian lebih lanjut tetap dibutuhkan untuk mengetahui persentase atau nilai beban kinerja yang disumbangkan oleh komponen-komponen seperti jaringan, struktur aplikasi dan server LONTAR terhadap kinerja LONTAR. Pengukuran kinerja telah dilakukan pada aplikasi dalam mode read-only yaitu pada fungsi pencarian dari LONTAR, dan dijalankan pada periode dimana sistem dalam keadaan minim gangguan dari luar yaitu malam hari. Kesimpulan yang didapatkan adalah kinerja LONTAR dan jaringan pada malam hari masih cukup baik, oleh karena itu terdapat kemungkinan kinerja yang lambat disebabkan oleh faktor lain yang hanya muncul pada saat non-malam hari seperti bandwith jaringan yang berkurang dan sebagainya. Hal-hal ini membutuhkan penelitian yang lebih lanjut dan tidak akan dibahas pada laporan proyek akhir ini.

LONTAR is a digital online library which is owned and has been used internally by University of Indonesia. Currently, LONTAR's performance has been critized by its users because of slow response time. Performance test has been conducted with Rational Robot and Rational TestManager. The test assumed the following components: LONTAR application, network and database as a single tested object. Each component contributions to overall system performace has not been investigated yet. Performance test was conducted on the application in read-only mode by testing the inquiry function from LONTAR. It relates to the select operation which cost less than update and deletion in the system, and logicaly faster than those operations. To reduce disturbance on the system, the testing was conducted in the night time when network load is relatively small and the application is not too busy serving the users. The result of performance test is LONTAR's performance is still on acceptable condition. This rises the possibility from another factors which might affect the performance on day time, such as low bandwith because of viruses and worms. Those hidden factors would need to be investigated in more detail which beyond the scope of this final project."
Depok: Universitas Indonesia, 2006
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Taufik Ridwan
"Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah menggambarkan pemanfaatan OPAC dan mengidentifikasi kendala yang dihadapi dalam pemanfaatannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan cara mengumpulkan data melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pemanfaatan di perpustakaan Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon oleh pengguna masih belum optimal. Kendala dalam penggunaan OPAC terdiri dari dua, yaitu kendala internal dan kendala eksternal.
Diantara kendala internal yang ditemukan diantaranya 1) tidak mempunyai banyak waktu untuk melakukan penelusuran dengan OPAC, 2) terlalu banyak temuan (list) dan 3) harus tahu dengan kata kunci yang tepat. Kendala eksternal yang dihadapi pengguna dalam menggunakan fasilitas OPAC diantaranya, 1) sering mati lampu, 2) akses OPAC yang lambat, 3) keterbatasan jumlah komputer, 4) komputer banyak yang rusak dan 5) perbedaan antara informasi di OPAC dan di rak.

The objectives of this study is to describe the utilization of OPAC and identify the obstacles encountered in its utilization. This study used a qualitative approach by collecting data through interviews, observation and documentation. The results of this study concluded that the utilization of the library of the Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon by the user is still not optimal. Constraints in the use of OPAC consists of two, namely the internal constraints and external constraints.
Among the internal constraints that are found include 1) do not have much time to do a search with OPAC, 2) too many findings (list), and 3) must know the appropriate keywords. External constraints faced by users in using the OPAC facilities including, 1) often there is electricity, 2) a slow OPAC access, 3) limited number of computers, 4) there are many demaged computers 5) there are different information between OPAC and on the shelves.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2011
T29235
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Santi Mariana
"Peningkatan kunjungan di situs web Online Public Access Catalog (OPAC) Perpustakaan Universitas Indonesia perlu disertai dengan peningkatan kualitas pelayanan, salah satunya melalui penyusunan sistem rekomendasi buku dalam situs web OPAC. Untuk menyusun sistem tersebut, penggalian pola asosiasi antar buku dilakukan dengan menggunakan salah satu metode data mining yaitu association rules. Dua algoritma digunakan yakni algoritma Apriori dan Apriori Inverse. Untuk menguji dan menyeleksi pola yang dihasilkan, objective interestingness measure dilakukan dan menghasilkan sembilan belas pola asosiasi sebagai luaran (output) akhir penelitian.

An increasing use of Online Public Access Catalog (OPAC) Universitas Indonesia Library's website should be followed by a service quality improvement, such as organizing a book recommendation system. To build mentioned system, user behaviors in terms of loaned books were discovered by using one of data mining techniques namely association rules. In this research, two algorithms were used which are Apriori and Apriori Inverse. After all association rules were gathered, objective interestingness measure were conducted to evaluate the quality of association rules and resulted nineteen association rules as final output."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S63316
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Westport: Meckler , 1991
025.3 INT
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Hasugian, Jonner
"Tujuan penelitian ini adalah:
1) untuk mengevaluasi dan membandingkan secara deskriptif kemampuan fungsional dan kelengkapan antarmuka sistem OPAC yang tersedia di Perpustakaan USU dan U.K Petra dengan menggunakan checklist OPAC, yang disusun oleh Joan M. Cherry, dan kawan-kawan;
2) untuk mengidentifikasi kemampuan fungsional dan kelengkapan antarmuka sistem OPAC berdasarkan keinginan pengguna di Perpustakaan USU dan U.K Petra;
3) untuk mengetahui perbedaan secara deskriptif antara kemampuan fungsional dan antarmuka sistem OPAC yang tersedia, dengan kemampuan fungsional dan antarmuka sistem OPAC yang diinginkan oleh pengguna di Perpustakaan USU dan U.K Petra;
4) untuk membandingan secara deskriptif hasil identifikasi kemampuan fungsional dan kelengkapan antarmuka sistem OPAC di Perpustakaan USU, dengan hasil identifikasi kemampuan fungsional dan kelengkapan antarmuka sistem OPAC di U.K Petra.
Penelitian ini dilakukan pada bulan April s.d. Mei 2000. Ada dua kegiatan utama yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu:
1) mengevaluasi kemampuan fungsional dan kelengkapan antarmuka sistem OPAC yang tersedia di Perpustakaan USU, yaitu KAUT, dan yang tersedia di Perpustakaan U.K. Petra, yaitu katalog online SPEKTRA;
2) mengidentifikasi kemampuan fungsional dan kelengkapan antarmuka sistem OPAC berdasarkan keinginan pengguna di Perpustakaan USU dan U.K Petra. Pengguna sistem OPAC yang terjaring menjadi populasi penelitian ini adalah, di Perpustakaan USU terdiri dari pustakawan 24 orang, dan anggota perpustakaan 131 orang; sedangkan di Perpustakaan U.K. Petra terdiri dari pustakawan 12 orang, dan anggota perpustakaan 115 orang. Sampel penelitian sama dengan populasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan fungsional dan kelengkapan antarmuka sistem OPAC yang dimiliki KAUT, lebih lengkap atau lebih baik dari yang dimiliki oleh katalog online SPEKTRA. KAUT memenuhi 70 fitur dari 145 fitur yang ideal dapat tersedia pada sistem OPAC, sedangkan katalog online SPEKTRA hanya memenuhi 65 fitur dari 145 fitur yang ideal dapat tersedia pada sistein OPAC. Rata-rata persentase dari skor yang diperoleh KAUT untuk semua fitur yang dievaluasi adalah 48,27%, sedangkan yang diperoleh katalog online SPEKTRA adalah 43,62%.
Keunggulan KAUT dari katalog online SPEKTRA adalah untuk fitur penelusuran, fitur titik akses, dan fitur tampilan layar. Keunggulan katalog online SPEKTRA dari KAUT adalah untuk fitur pengaturan pengoperasian, dan fitur bantuan pengguna. Sedangkan untuk fitur karakteristik pangkalan data, fitur bantuan penelusuran subyek, fitur pengaturan keluaran, dan fitur periiitah, KAUT dan katalog online SPEKTRA memperoleh skor yang sama. Kedua sistem sama-sama tidak memenuhi satu fitur pun dari 8 fitur bantuan penelusurau subyek yang ideal dapat tersedia pada sistem OPAC.
Hasil identifikasi menunjukkan bahwa jumlah fitur kemampuan fungsional dan kelengkapan antarmuka sistem OPAC yang dinyatakan responden sebagai fitur yang dibutuhkan perlu tersedia pada sistem OPAC di Perpustakaan USU adalah 115 fitur, dan di Perpustakaan U.K Petra adalah 114 fitur.
Terdapat perbedaan yang nyata antara fitur kemampuan fungsional dan kelengkapan antarmuka sistem OPAC yang tersedia, dengan fitur kemampuan fungsional dan kelengkapan antarmuka sistem OPAC yang dibutuhkan atau diinginkan responden perlu tersedia pada sistem OPAC di Perpustakaan USU dan U.K Petra. Jumlah fitur yang tersedia pada sistem OPAC di Perpustakaan USU saat ini adalah 70 fitur, sedangkan jumlah fitur yang dibutuhkan atau diharapakan responden adalah 115 fitur. Jumlah fitur yang tersedia pada sistem OPAC di Perpustakaan UK. Petra saat ini adalah 65 fitur, sedangkan jumlah fitur yang dibutuhkan atau diinginkan responden perlu tersedia adalah 114 fitur. Data mengindikasikan bahwa fitur kemampuan fungsional dan kelengkapan antarmuka sistem OPAC yang diinginkan responden lebih banyak dan bervariasi, dari fitur kemampuan fungsional dari kelengkapan antarmuka sistem OPAC yang tersedia saat ini di kedua perpustakaan.
Diinterprestasikan bahwa responden di Perpustakaan USU dan U.K. Petra menginginkan sistem OPAC yang memiliki kemampuan fungsional dan kelengkapan antarmuka yang lebih baik dari pada yang dimiliki saat ini.

Analysis of Functional Capabilities and Interface Facilities Systems of OPACS: A Case Study on Libraries of North Sumatra University and Petra Christian University This study is aimed at:
1) Descriptively evaluating and comparing functional capabilities and interface facilities systems of OPACs at the libraries of North Sumatra University and Petra Christian University by using an OPAC checklist developed by Joan M. Cherry and associates;
2) Identifying functional capabilities and interface facilities systems of OPAC based on the users' demands at the libraries of North Sumatra University and Petra Christian University;
3) Descriptively identifying the differences between the functional capabilities and interface system of OPAC available and those of OPAC as demanded by users of the libraries of North Sumatra University and Petra Christian University;
4) Descriptively comparing the results of identification of the functional capabilities and interface facilities systems of OPAC in the library of North Sumatra University with those of Petra Christian University.
The research was conducted from April to May 2000. There were two main activities performed in this study namely:
1) Evaluating the functional capabilities and interface facilities systems of OPAC called KAUT in the library of North Sumatra University and those of OPAC called SPEKTRA in the library of Petra Christian University;
2) Identifying the functional capabilities and interface facilities systems of OPAC in the library of North Sumatra University and those of OPAC in the library of Petra Christian University based on users' demands. The OPAC users as the population in this study consisted of 24 librarians and 131 library members in the North Sumatra University and 12 librarians and 115 library members in the Petra Christian University. The research sample is the same as the population.
The results of the research indicate that the functional capabilities and interface facilities systems of OPAC in KAUT is more complete or better than those of SPEKTRA online catalog. KAUT has 70 features out of 145 ideal features in comparison with the SPEKTRA with 65 features out of 145 ideal features. In other words, the average percentage or score achieved by KAUT is 48.27% and 43.62% by SPEKTRA.
The advantages of KAUT over SPEKTRA can be found in searching features, access point features, and screen display features. The advantages of SPEKTRA online catalog over KAUT are in operational control features and user assistance features. For the database characteristics features, subject search aids features, output control features, and commands features, both KAUT and SPEKTRA receive similar scores. None of 8 ideal subject search aids features in OPAC is found in both systems.
The results of the identification show that the number of features for functional capabilities and interface facilities systems of OPACs demanded by the users is 115 features for the North Sumatra University library and 114 features for the Petra Christian University library.
There is a significant difference between the functional capabilities and interface facilities systems of OPAC available and those of OPAC as expected by the respondents both in North Sumatra University and Petra Christian University libraries. The number of features available at KAUT is 70 whereas the demanded number is 115. In the SPEKTRA online catalog, the number of features available is 65 while the demanded number is 114. The data obtained suggest that the functional capabilities and interface facilities systems of OPAC demanded by the users should be larger in number of features and more varied than those available now in both university libraries.
It can be interpreted that the users of OPAC in both universities demand better functional capabilities and interface facilities features than those available now.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2000
T11541
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Zenia Annabel
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas tingkat kepuasan mahasiswa FEB UI terhadap pangkalan data dalam jaringan Perpustakaan UI. Pengambilan data dilakukan dengan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner terhadap 97 responden yang merupakan mahasiswa program S1 FEB UI. Penelitian ini dilakukan pada bulan April 2017. Penilaian terhadap layanan berbasis web didasari oleh enam dimensi yang memengaruhi penilaian tingkat kepuasan terhadap perpustakaan digital, yaitu kualitas informasi, kualitas sistem, kualitas layanan, kegunaan, kemudahan, dan penyerapan kognitif. Enam dimensi ini berasal dari model yang merupakan perkembangan ulang dari model ISSM Information System Success Model oleh Masrek 2016 . Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa mahasiswa FEB UI merasa puas dengan layanan pangkalan data dalam jaringan Perpustakaan UI. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan rata-rata keseluruhan dimensi yang menunjukkan hasil yang positif.

ABSTRACT
This study discusses the level of student satisfaction in FEB UI to the online database Universitas Indonesia Library. The research uses quantitative approach and uses quesionnaire for data collecting which spread to 97 respondens. This research has taken in April 2017. The assessment of web based service is based on six dimentions that influence the level of satisfaction of digital library. Those dimentions which is derived from a model based on the re specified ISSM Information System Success Model by Masrek 2016 , are information quality, system quality, service quality, perceived usefulness, perceived ease of use, and cognitive absorption. The resulted in this research found that student in FEB UI are satisfied with the online database Universitas Indonesia Library. This thing can be seen from the calculation of the average overall dimention that show positive result."
2017
S67396
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yaya Suhendar
Jakarta: Kencana Prenada Media , 2010
025.313 YAY p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Trinarni Hardjoprakoso
"Skripsi ini bertujuan : 1. Mencoba perangkat lunak Foxbase+ untuk tugas perpustakaan yaitu tugas pengadaan, katalog dan sirkulasi. 2. Mengaitkan data perpustakaan dan data lain dalam satu sistem terpadu khusus di bidang pengadaan, katalog dan sirkulasi. 3. Mengkaji kekuatan dan kelemahan perangkat lunak Foxbase+.untuk keperluan perpustakaan.
Kalau semula FoxBASE+ digunakan untuk DBMS(Data Base Management System) dengan data numerik, kini dicoba dikembangkan dengan menggunakan data bibliografis. Perangkat lunak FoxBASE+ dipilih sebagai topik dalam skripsi ini karena penulis telah melakukan pengamatan pada perpustakaan-perpustakaan yang telah menggunakan komputer. Umumnya meski menggunakan dBASE III yang termasuk kelompok DBMS, beberapa di antaranya juga menggunakan perangkat lunak khusus untuk perpustakaan.
Karena FoxBASE+ termasuk kelompok DBMS, maka penulis ingin mencobanya untuk keperluan perpustakaan. Selain itu penulis mencoba dengan berbagai usaha agar sistem yang dimiliki perangkat lunak FoxBASE+ dapat diprogram untuk keperluan perpustakaan dengan cara memasukkan data dari fungsi perpustakaan seperti pengadaan, katalog dan sirkulasi ke dalam program FoxBASE+.
FoxBASE+ merupakan salah satu aplikasi perangkat lunak yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Dengan segala kelebihannya penggunaan FoxBASE+ dapat menjadi ideal karena selain dapat digunakan pada personal komputer (PC) dapat pula digunakan pada jaringan (network) yang cakupannya lebih luas.
FoxBASE+ dapat pula dikatakan lebih sebagai bahasa pemrograman dari pada sekedar paket aplikasi biasa, karena dengan FoxBASE+ dapat dibuat aplikasi program dengan fasilitas berkas yang terdapat di dalamnya. Disamping itu FoxBASE+ dapat diperoleh secara mudah di pasaran bebas Indonesia dengan harga murah. Oleh karena itu penulis mencoba untuk memakai perangkat lunak ini."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1989
S15676
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>