Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 144821 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Adwinchia, Inggritha
"ABSTRAK
Pertumbuhan pasar e-commerce di Indonesia sangat tinggi dan merupakan yang terbesar di dunia. Sebagai negara yang penduduknya didominasi oleh kelas menengah, perkembangan e-commerce di Indonesia disambut dengan positif. Para generasi milenial atau anak muda Indonesia yang berusia 14-30 tahun adalah konsumen terbesar yang mendorong pertumbuhan ini. Salah satu usaha e-commerce di Indonesia yang sangat berkembang merupakan Zalora Indonesia. Sebagai usaha e-commerce yang bergerak di bidang fashion untuk pria dan wanita, Zalora menerapkan berbagai strategi pemasaran yang mengikuti tren pembelian online yang dilakukan oleh para generasi milenial. Tulisan ini dibuat menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan studi kasus. Data yang dikumpulkan menggunakan observasi online pada situs Zalora.co.id dan media sosial yang digunakan, serta mobile app yang dimiliki oleh Zalora Indonesia. Zalora Indonesia dapat dikatakan telah berhasil memahami perilaku pembeli online dan menerapkan pemahaman tersebut ke dalam sebuah strategi pemasaran yang terintegrasi.

ABSTRACT
E-commerce in Indonesia is growing fast and became one of the fastest in the world. Indonesia dominated by middle-class citizen whom is the biggest consumer of e-commerce, so they push e-commerce to grow positively and succeedly. Indonesia youths or millennials aged 14-30 years old are the biggest consumer of online shopping that force e-commerce into a new promising place to shop. One of the growing e-commerce businesses in Indonesia is Zalora. Zalora Indonesia is fashion retail e-commerce for men and women. To boost their business, Zalora uses a great marketing strategy by analyze Indonesian millenials behavior toward online shopping. By using qualitative research with study case method, this paper collects all the data by online observation on Zalora’s website, social media, and mobile app. Based on online observation, Zalora has succeed to understand Indonesian millennials behavior toward online shopping and apply the understanding into an integrated marketing strategy."
[Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, ], 2015
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Bagja Rohmana
"Penelitian ini bertujuan untuk meneliti apakah faktor-faktor e-commerce system success model, antara lain information quality, system quality, service quality, savings, entertainment, parasocial interaction, perceived value dan user satisfaction memiliki pengaruh terhadap intention to reuse. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan menggunakan metode pengumpulan data dengan Google Form yang dilakukan pada 145 responden yang memenuhi kriteria yang telah ditentukan. Pengolahan data kemudian dilakukan menggunakan software Smart PLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa information quality, system quality dan service quality tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap intention to reuse melalui perceived value dan user satisfaction. Savings memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perceived value, namun tidak terhadap user satisfaction. Entertainment memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perceived value dan user satisfaction. Parasocial interaction tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perceived value, namun berpengaruh terhadap user satisfaction. Perceived value memiliki pengaruh yang signifikan terhadap user satisfaction. Dan user satisfaction memiliki pengaruh yang signifikan terhadap intention to reuse.

This study aims to examine whether e-commerce system success model factors, which are information quality, system quality, service quality, savings, entertainment, parasocial interaction, perceived value and user satisfaction have a role in the influence of intention to reuse. This study uses descriptive analysis using data collection methods with Google Form which was conducted on 145 respondents who met the predetermined criteria. Data processing is then carried out using SmartPLS 3.0. The results of this study indicate information quality, system quality and service quality doesn’t have significant effect on intention to reuse through perceived value and user satisfaction. Savings has significant influence on perceived value, but doesn’t have significant influence on user satisfaction. Entertainment has significant influence on perceived value and user satisfaction. Parasocial interaction doesn’t have significant influence on perceived value, but influence user satisfaction. Perceived value has significant influence on user satisfaction. And user satisfaction has significant influence on intention to reuse."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nandana Makarim Himawan
"Penelitian ini meneliti bagaimana aspek fungsional dan psikologis Online Customer Service Experience (OCSE) mempengaruhi pembelian impulsif online pada platform e-commerce. Penelitian ini menguji peran mediasi loyalitas sikap (Attitudinal loyalty) pelanggan terhadap OCSE dan pembelian impulsif online, dan peran moderasi pengendalian diri (self-control) konsumen terhadap loyalitas sikap (Attitudinal loyalty) dan pembelian impulsif. Penelitian ini memperoleh 260 responden yang berusia 17-50 tahun yang memiliki pengalaman menggunakan e-commerce sebelumnya. Pengambilan data menggunakan metode survei dngan kuesioner yang disebarkan secara daring melalui Whatsapp dan Line. Pengolahan data dilakukan menggunakan PLS-SEM, hasil penelitian menunjukkan pengaruh dimensi OCSE dan pembelian impulsif online, dengan loyalitas sikap (Attitudinal loyalty) bertindak sebagai mediator dan tidak ada efek moderasi dari pengendalian diri (self-control). Studi ini berkontribusi pada literatur teoritis tentang pembelian impulsif online dan pengalaman pelanggan, dan menekankan untuk mempertimbangkan tidak hanya aspek fungsional platform tetapi juga faktor psikologis yang memengaruhi pengalaman belanja konsumen.

This study explores how the functional and psychological aspects of the Online Customer Service Experience (OCSE) affect online impulsive buying on e-commerce platforms. This research examines the mediating role of customers' attitudinal loyalty between the OCSE and online impulsive buying, and the moderating role of customers' self-control between attitudinal loyalty and impulsive buying. The research received 260 respondents aged 17-50 with prior e-commerce experience. The research data is collected through online survey that is distributed through Whatsapp and Line. Using PLS-SEM, the findings show an influence between the OCSE dimensions and online impulsive buying, with attitudinal loyalty acting as a mediator and no moderating effect is found from self-control. The study contributes to the theoretical literature on online impulsive buying and customer experience and highlights the importance of considering not just the functional aspects of the platform but also the psychological factors that influence user experience."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Miranti Setiasih Achari
"E-Commerce merupakan cara bisnis yang banyak digemari pengusaha belakangan ini karena cara ini memberikan banyak keuntungan, baik untuk perusahaan maupun konsumen. Zalora merupakan pelopor perusahaan e-Commerce B2C (Business-to-Customer) yang ada di Indonesia sejak awal tahun 2012. Penelitian ini mengambil objek konsumen website Zalora Indonesia yang berada di wilayah Jabodetabek, berusia antara 18-49 tahun, dengan latar belakang pendidikan minimal SMA, dan pernah berbelanja di website Zalora.
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh kepercayaan konsumen dengan niat pembelian ulang mereka di website tersebut. Variabel-variabel terkait yang digunakan dalam penelitian ini adalah Trust, Reputation, Capability of Order Fulfilment, Website Quality dan Repurchase Intention. Responden dalam penelitian ini berjumlah 256 dan metode analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM), diolah dengan program LISREL 8.70.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keseluruhan hipotesis penelitian diterima dan hal ini membuktikan bahwa peran mediasi kepercayaan memiliki hubungan yang signifikan dan positif dengan niat pembelian ulang.

E-Commerce is another way to do business which commonly used by entrepreneurs nowadays because it gives a lot of benefits; not only for the company, but also for the customers. Zalora is the first e-Commerce company for Business-to-Customers (B2C) in Indonesia since early 2012. This study took an object of customers from Zalora Indonesia website who live around Jabodetabek, 18-49 years old, have minimal education background in high school, and have experience of buying in Zalora’s website.
The purpose of this study is to see the influence of customers’ trust to their repurchase intention in Zalora’s website. Related variables that are used in this study are Trust, Reputation, Capability of Order Fulfillment, Website Quality and Repurchase Intention. The numbers of respondents who participate in this study are 256 and method of analysis that used in this study is Structural Equation Modeling (SEM), processed with LISREL 8.70 software.
The results of this study indicate that all of the hypotheses are accepted and this proved that role of mediating trust have significant and positive relationship to repurchase intention.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S54582
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Akhmad Adrian Wiryatomo
"E-niaga atau E-commerce telah menjadi suatu hal yang esensial dan fenomena yang berkembang pesat saat ini. Kenyamanan dan kemudahan belanja online menjadikan hal ini tren yang juga berkembang di kalangan konsumen. Kebiasaan ini telah meningkatkan minat perusahaan-perusahaan e-commerce untuk fokus pada bidang ini. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menentukan hubungan antara perceived risk, attributes of online shopping, dan subjective norms dengan online shopping behavior dan dengan variabel mediator purchase intention. Subjek analisis adalah masyarakat Jabodetabek yang pernah bertransaksi di e commerce B2C di Indonesia. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan aplikasi SPSS dan SmartPLS. Structural Equation Modelling digunakan untuk menguji kesesuaian model dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian adalah bahwa perceived risk berpengaruh positif namun kecil, attributes of online shopping sangat berpengaruh, dan subjective norms hanya memiliki pengaruh kecil, serta purchase intention juga terbukti menjadi variabel mediator yang berfungsi dengan baik.

E commerce has become an essential and rapidly growing phenomenon today. The convenience and ease of online shopping make this a trend that is also growing among consumers. This practice has increased the interest of e commerce companies to focus on this field. Therefore, this study aims to determine the relationship between perceived risk, attributes of online shopping, and subjective norms with online shopping behavior and with purchase intention as mediator variable. The subject of analysis is the Jabodetabek people who have transacted in B2C e commerce in Indonesia. The data collected is then analyzed using SPSS and SmartPLS applications. Stuctural Equation Modeling is used to test the suitability of models and hypothesis testing. The result of the research is that perceived risk has positive but small effect, attributes of online shopping is very influential, and subjective norms only have small influence, and purchase intention also proved to be a mediator variable that works well."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dalila Putri Paramadani
"ABSTRAK
Penggunaan internet di Indonesia sudah semakin melesat terutama pada bidang e-commerce online shopping yang berhubungan dengan produk fashion. Produsen melihat penjualan secara online dapat menjadi peluang untuk meningkatkan suatu penjualan karena di zaman sekarang mempunyai toko offline dan online dapat memudahkan produsen untuk memasarkan produknya terutama di bidang fashion. Sebagai online shopping yang sudah cukup terkenal, Zalora Indonesia memiliki berbagai macam penawaran tetapi dalam melakukan pembelian online seorang konsumen juga memiliki banyak pertimbangan sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli produk di Zalora Indonesia. Pertimbangan tersebut berdasarkan harga, pelayanan, fasilitas dan kualitas yang diberikan. Sebagai situs belanja online fashion yang terkenal Zalora Indonesia dapat memberikan pengalaman yang serupa dengan pembelian secara offline.

ABSTRACT
The use of internet in Indonesia has continuously increased in the field of e commerce online shopping mostly in the production of fashion. Producers sees a bigger opportunity in online business as nowadays having both online and offline business can increased sales mostly in the field of fashion. As one of the most popular online shopping website, Zalora Indonesia offers a lot of different key ideas to the consumer but in the process of purchasing product in online shop a consumer also have a lot of thought to put into before actually making the purchase. The factor of consideration are varies most of them are through price,service,facility and quality the shop offer. As a well known online shop,it is believed that Zalora Indonesia can give the same experience as an offline shop."
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Ginting, Astrid Emia
"Pada kehidupan masyarakat modern, penggunaan internet dan online shopping adalah hal yang tidak asing lagi. Di Indonesia, khususnya di kota besar seperti Jakarta dan sekitarnya, melakukan kegiatan belanja secara online adalah hal yang lumrah. Dalam memenuhi kebutuhannya dan waktu luang yang sempit, seringkali masyarakat menggunakan fasilitas online shopping ini. Salah satu situs yang menjadi tujuan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sandangnya adalah Zalora Indonesia (zalora.co.id).
Penelitian ini ingin membuktikan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi konsumen untuk berbelanja lagi di situs online shopping yang sama. Faktor-faktor yang diuji adalah perceived ease-of-use, perceived usefulness dan trust. Ketiga faktor ini diuji terhadap faktor enjoyment dan repurchase intention. Penelitian ini juga ingin melihat apakah faktor enjoyment dapat berperan sebagai mediasi. Dalam penelitian ini, yang menjadi sampel adalah mereka yang pernah berbelanja di zalora.co.id selama 6 bulan terakhir, berusia diatas 17 tahun dan tinggal di wilayah Jabodetabek. Data yang terkumpul kemudian diolah menggunakan teknik multiple regression pada software SPSS.
Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa perceived ease-of-use, perceived usefulness dan trust memiliki pengaruh positif terhadap enjoyment dan repurchase intention konsumen serta enjoyment dapat menjadi faktor mediasi antara hubungan perceived ease-of-use, perceived usefulness, trust dengan repurchase intention dalam konteks berbelanja di situs Zalora Indonesia.

In modern society, the usage of internet and online shopping are very common. In Indonesia, especially the big cities such as Jakarta and the surrounding areas, the practice of online shopping is usual. To fulfill their needs and the lack of spare time, people tend to use online shopping. One of the sites most people visit to fulfill their fashion and apparel needs is Zalora Indonesia (zalora.co.id).
This research wants to prove what are the factors affecting consumers to shop at the same online shopping site. Factors being tested in this research are perceived ease-of-use, perceived usefulness and trust. All three factors were tested to factor enjoyment and factor repurchase intention. This research also tested if enjoyment could be a mediating factor. In this research, the samples are those who had shopped at zalora.co.id for the last 6 months, 17 years old and older and live around Jabodetabek. Data collected then analyzed with multiple regression technique using SPSS software.
The result showed that perceived ease-of-use, perceived usefulness and trust have positive affect to consumers enjoyment and repurchase intention and also enjoyment has proven to have mediating effect between the relationship of perceived ease-of-use, perceived usefulness, trust and repurchase intention in the context of shopping at Zalora Indonesia.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S64285
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ratyuhono Linggarnusantra Putra
"Pada zaman sekarang, media baru sangat dekat dengan kehidupan masyarakat sehari-hari. Keberadaan internet serta dukungan kemajuan teknologi yang menghasilkan berbagai gadget dan smartphone canggih mulai dari harga yang mahal hingga harga yang murah membuat segala golongan masyarakat dapat mengakses informasi melalui media baru, seperti social media dan berbagai aplikasi. Kondisi ini dilihat oleh tim sukses calon pasangan presiden dan wakil presiden Indonesia periode 2014-2019 Jokowi-JK sebagai sebuah peluang untuk menggaet massa yang banyak dan cepat. Karakter-karakter yang dimiliki oleh media baru sangat mendukung tujuan dari tim sukses Jokowi-JK yang ingin mendapatkan dukungan sebanyak mungkin untuk memenangkan pemilihan presiden RI 2014. Berdasarkan pertimbangan tersebut, akhirnya tim sukses Jokowi-JK memutuskan untuk menggunakan digital marketing sebagai salah satu strategi dalam berkampanye. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan menggunakan figur publik yang sudah eksis di social media untuk ikut terlibat dalam kampanye ini dengan harapan para penggemar mereka ikut terpengaruh untuk mendukung pasangan Jokowi-JK. Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis menggunakan konsep digital marketing dan opinion leader untuk membahas fenomena komunikasi politik ini. Penulis memberikan judul Analisis Penggunaan Opinion Leader dalam Strategi Digital Marketing Kampanye Komunikasi Politik (Studi Terhadap Kampanye Jokowi-JK Sebagai Pasangan Capres-Cawapres Indonesia Pada Pemilihan Presiden 2014) untuk karya tulis ini, dengan tujuan mengetahui penggunaan opinion leader dalam media digital sebagai strategi kampanye kubu Jokowi-JK.

In this era, new media is very close to people’s daily lives. Internet presence and support the advancement of technology that produces a variety of gadgets and smartphones from a heavy price to the low price make al segments of the society can access information through new media, such as social media and a variety of applications. This condition is seen by a support team for Indonesia’s president and vice president candidate, Jokowi-JK, for 2014-2019 as an opportunity to rake in a lot of mass fastly. The characters are owned by the new media strongly supports the goal of Jokowi-JK who want to get as much support as possible to win the Indonesia presidential election 2014. Based on these considerations, ultimately support team of Jokowi-JK decided to use digital marketing as one of the strategies in the political campaign. One of the method is using some celebrities and public figures that already exist in the social media to get involved in this campaign with the expectations of grabbing their fans too tosupport Jokowi-JK too. Based on this background, the authors use the concept of digital marketing and opinion leader to discuss the phenomenon of this political campaign. The author gives the title Analysis of Opinion Leader Usage in Digital Marketing Campaign Strategies of Political Communication (Study of Jokowi-JK Campaign As Candidate of President-Vice President of Indonesia in The President Election 2014) to this paper, in order to know the form of digital marketing strategies and determine the use of opinion leader in digital world by the team of Jokowi-JK."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Veronica
"

Pertumbuhan e-commerce di Indonesia menunjukkan peningkatan yang signifikan dan sektor fashion menjadi salah satu kategori terbesar dalam penjualan online. Intensi repurchase dan WOM adalah dua faktor penting yang menentukan keberhasilan jangka panjang dan profitabilitas platform e-commerce. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi intensi repurchase dan WOM pada e-commerce fashion, khususnya Zalora. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain deskriptif konklusif dengan metode non-probability purposive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 235 responden yang merupakan pengguna aktif Zalora dari generasi Y dan Z. Analisis data dilakukan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan metode Partial Least Squares (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Cash on Delivery, Reputation, dan Information memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Customer Trust tetapi Return Policy Leniency tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Reputation berserta Product Availability dan Timely Product Delivery juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Customer Satisfaction tetapi Information dan Shipment Condition tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Sementara Customer Trust dan Customer Satisfaction memiliki hubungan yang signifikan terhadap Repurchase dan WOM Intention.


The growth of e-commerce in Indonesia has shown a significant increase, and the fashion sector has become one of the largest categories in online sales. Repurchase intention and WOM are two important factors that determine the long-term success and profitability of e-commerce platforms. This study aims to analyze the factors that influence repurchase intention and WOM in fashion e-commerce, specifically Zalora. The research method used is a quantitative approach with a descriptive conclusive design and a non-probability purposive sampling method. Data were collected through questionnaires distributed to 235 respondents who are active Zalora users from generations Y and Z. Data analysis was conducted using Structural Equation Modeling (SEM) with the Partial Least Squares (PLS) method. The results of the study indicate that Cash on Delivery, Reputation, and Information have a significant influence on Customer Trust, but Return Policy Leniency does not have a significant influence. Reputation, along with Product Availability and Timely Product Delivery, also have a significant influence on Customer Satisfaction, but Information and Shipment Condition do not have a significant influence. Meanwhile, Customer Trust and Customer Satisfaction have a significant relationship with Repurchase and WOM Intention.

"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Oleksy, Jerome E.
Englewood Cliffs: Prentice-Hall, 1981
621.381 5 OLE m (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>