Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 88910 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Agus Triyono
"Parkir basement menimbulkan emisi kendaraan bermotor yang akan mengganggu kesehatan manusia yang terlibat langsung dalam ruang parkir basement. Penelitian ini bertujuan membuat model pengendalian ruang parkir basement ramah lingkungan, dengan mengkombinasikan aspek teknis dengan memasukkan peran perilaku manusia.
Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental dengan metode mix methods (kuantitatif dan kualitatif). Pengumpulan data dengan pengukuran konsentrasi pencemar, pemeriksaan kesehatan, pengisian kuesioner perilaku ramah lingkungan, dan pembuatan model pengendalian ruang parkir basement ramah lingkungan. Analisis data dengan deskriptif dan structural equation modelling (SEM).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Berdasarkan hasil analisis konsentrasi pencemar di udara ruang parkir basement didapatkan semua parameter memenuhi syarat sesuai Nilai Ambang Batas dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi dan syarat dalam Peraturan Menteri Kesehatan, kecuali parameter debu total yang melebihi konsentrasi maksimal dalam Peraturan Menteri Kesehatan; 2)
Berdasarkan hasil analisis kondisi kesehatan petugas di parkir basement dengan parameter Sick Building Syndrome didapatkan 30% mengeluh dan 70% normal; Fungsi Paru didapatkan 17% ada gangguan dan 83% normal; dan CO darah didapatkan 46 % ada gangguan dan 54% normal. 3) Berdasarkan faktor penentu perilaku ramah lingkungan didapatkan bahwa perilaku ramah lingkungan ditentukan oleh adanya intensi untuk berperilaku, sedangkan intensi dipengaruhi oleh norma subyektif, sikap, dan persepsi.4).
Berdasarkan hasil uji model struktural penelitian, penulis membuat model pengendalian ruang parkir basement ramah lingkungan yang terdiri atas 3 jalur untuk menjadi perilaku ramah lingkungan, yaitu a. Norma subyektif mempengaruhi intensi dan intensi mempengaruhi perilaku; b.Sikap mempengaruhi intensi dan intensi mempengaruhi perilaku; c.Persepsi mempengaruhi sikap, sikap mempengaruhi intensi dan intensi mempengaruhi perilaku. Berdasarkan 3 jalur tersebut yang paling signifikan adalah peran norma subyektif yang menjadi pengungkit untuk mempengaruhi intensi dan selanjutnya menjadikan perilaku ramah lingkungan.

Basement parking cause emissions motor vehicle which could affect human health that are directly involved in the parking area.The research is aimed at creating a model control basement parking space environment-friendly, by combining technical aspects to include the role human behavior.
This research used a quasi-experimental mehod with a method mixed methods (quantitative and qualitative research). Data collection with measurements concentration pollutants, medical check-up, filling questionnaire on environment-friendly; and making model control basement parking space environment-friendly. Data Analysis with descriptive and structural equation modeling (SEM).
Results of the study showed that: 1) Based on the result analysis of pollutants concentration in the air space basement parking is obtained all parameters to fulfill the requirement to The threshold in the regulation of the Minister of Manpower and Transmigration and Conditions in the regulation of the Minister of Health, except the dust total that exceeded maximum concentration in the regulation of the Minister of Health Care; 2).
Based on the result analysis of health officials in parking area also Trigger the Syndrome are with the parameter obtained by 30% complain and 70 percent normal lung function; there is trouble gained 17 percent and 83 percent normal; and CO blood provided by 46 percent are female and 54 percent normal. 3) Based on the determining factor on environment-friendly found that the behavior is determined by the attention to behave, while attention is influenced by norma subjective, attitude, and the perception. 4).
Based on the structural model research, I make a model control basement parking space environment-friendly consists of 3 routes to be on environment-friendly, namely a. Norma subjective affected attention and attention influence on ; b. The attitude affected attention and attention influence on; c. Perception influence the, the attitude affected attention and attention influence behavior. Based on 3 path is that the most powerful its significance is the role norms subjective to levers to influence attention and made on environment- friendly.
"
Depok: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 2015
D-Pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Robby Yudo Purnomo
"Parkir merupakan salah satu elemen dalam bidang transportasi. Berdasarkan Undang-Undang No 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, parkir adalah keadaan kendaraan berhenti atau tidak bergerak untuk beberapa saat dan ditinggalkan oleh pengemudinya. Keberadaan tempat parkir sering menimbulkan efek negatif terhadap kondisi lalu lintas, antara lain adalah pembangunan fasilitas parkir off street yang tidak memenuhi kebutuhan parkir pada lokasi tersebut. Supply dari lahan parkir sering tidak menemui demand. Masalah berikutnya adalah dalam pencarian parkir. Pada beberapa penelitian mengatakan bahwa waktu mencari parkir dapat mencapai 15 menit Gantelet Lefauconnier, 2006 . Oleh karena itu perlu dilakukan optimasi konfigurasi parkir serta faktor-faktor lain yang memengaruhi. Linear Programming digunakan untuk mengoptimasi konfigurasi yang paling optimal terhadap searching time dan walking distance.

Parking is one of the elements in the transportation. Based on UU No. 22 of 2009 on Road Traffic and Transportation, parking is a state of a stop or stationary vehicle for a while and left by the driver. The existence of parking places often causes negative effects on traffic conditions, among others is the construction of off street parking facilities that do not meet the needs of parking at that location. Supply from parking lots often does not meet demand. The next problem is in parking search. In some studies, It says that parking search time can reach 15 minutes Gantelet Lefauconnier, 2006 . Therefore it is necessary to optimise the parking configuration as well as other factors that affect. Linear Programming is used to optimise the most optimal configuration of searching time and walking distance."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S69762
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tiyana Brotoadi
"Angkutan Barang berperan sangat penting dalam kegiatan ekonomi, namun jika tidak diatur dengan baik akan berdampak buruk terhadap lingkungan (kemacetan, polusi, kecelakaan dll). Tujuan penelitian adalah pengembangan model optimasi pengaturan ruang parkir off street dengan simulasi dinamis. Metode pengembangan model optimasi ruang parkir didasarkan pada pembagian ruang parkir atas ruang untuk angkutan barang dan ruang untuk non angkutan barang. Optimasi bertujuan meminimalkan nilai fungsi gabungan dari indek parkir angkutan barang dan indek parkir non angkutan barang. Pemberian bobot diberikan kepada indek parkir keduanya untuk merepresentasikan tingkat kepentingan terhadap kedua jenis kendaraan tersebut. Ruang parkir keduanya diatur secara dinamis tiap interval waktu tertentu, berdasarkan pada besarnya arus kendaraan masuk dan keluar pada waktu sebelumnya. Indek Parkir dibatasi oleh indek parkir maksimal yang diinginkan pengelola. Berdasarkan uji t terhadap varian nilai indek parkir gabungan, hasil aplikasi terhadap data parkir di Jatinegara Trade Center (JTC) memperlihatkan bahwa solusi model memberikan nilai indek parkir yang lebih baik dibandingkan nilai indek parkir aktual (tanpa optimasi).

Freight very important role in economic activity, but if are not well regulated will have a negative impact on the environment (congestion, pollution, accidents, etc.). The purpose of the research is the development of models optimization setting parking space off street with dynamic simulation. Development Method parking space optimization model is based on division of the parking space to freight and space for non-freight . Optimization aims to minimizing value of the combined function of freight parking index and nonfreight parking index. The weighting is given to parking index both to represent interest levels of both types of vehicles. Parking spaces are both set dynamically for each specified time interval, based on the magnitude of vehicle flow in and out at the previous time, where the parking index is restricted by parking index maximum who desired manager. Based t test to variance values parking index combined, the results of the application to data of parking in Djatinegara Trade Center (JTC) shows that model solution gives value parking index is better than value the actual parking index (without optimization)."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Devi Arika Hapsari
"Tesis ini berisi analisis tentang pengelolaan parkir on street di Kawasan Mayestik, Jakarta Selatan yang terdiri dari parkir on street lingkungan dan on street non lingkungan. Tujuannya untuk menganalisis pengelolaan parkir on street di Kawasan Mayestik, Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan teori parking management yang dikembangkan oleh Kodransky dan Hermann yang meliputi empat strategi antara lain: mekanisme tarif, pengaturan, desain fisik, serta kualitas layanan kontrak. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan post positivis, dengan metode penelitian deskriptif kualitatif, yang dilakukan dengan wawancara mendalam, dan studi kepustakaan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan parkir on street lingkungan Mayestik berjalan cukup baik walaupun masih dalam proses perbaikan infrastruktur dan fasilitas serta pengawasan dalam hal pungutan ganda. Permasalahan infrastruktur dan fasilitas dapat dilihat dari kondisi jalan di kawasan parkir on street yang masih kurang layak, yakni berlubang dan becek ketika hujan, serta penataan perparkiran yang masih belum rapi. Kemudian banyaknya Pedagang kaki lima yang berimbas pada semakin berkurangnya lahan parkir on street sehingga mengurangi potensi retribusi yang diterima oleh UP Perparkiran. Selanjutnya pada pemungutan retribusi masih dikeluhkan adanya pungutan ganda yang dilakukan oleh petugas parkir di lingkungan Mayestik sehingga pengguna jasa parkir merasa telah membayar biaya parkir dua kali. Pengelolaan yang cukup baik bisa dilihat dari peningkatan pendapatan retribusi yang diterima oleh Unit Pengelola Perparkiran sejak Kawasan Mayestik menggunakan sistem parkir terpadu dengan Perjanjian Kerja Sama dengan PT. Metroland. Sementara itu, pengelolaan parkir on street non lingkungan belum berjalan baik karena belum sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Seperti masih minimnya pengawasan dari aparat terkait tentang ketentuan tarif yang harus dibayar oleh pengguna jasa parkir.

The thesis consists of an analysis of On Street Parking Management in Mayestik Area, South Jakarta. The purpose of this thesis is to analyze on street parking management in Mayestik Area, South Jakarta. This research applied the parking management theory that was developed by Kodransky and Hermann. This theory has four strategies, as follows: tariff mechanism, regulation, physical design, and the quality of service contract. Method and techniques that used in this research is Post Positivist approach with qualitative descriptive method, and implemented indepth interview, and literature study. On street parking divided into two parts, which are environmental on street parking and non-environmental on street parking.
The result showed that the management of the environmental on-street parking went quite well, although some improvements still needed particularly in the term of infrastructure, facilities and supervision to reduce the double-tax policy. Infrastructure and facilities problems can be seen from the condition of roads in the area of on-street parking, which is perforated and muddy while it rains and less arrangement of the parking area. The amount of peddler also decreases the area that supposed to be on street parking area. This condition brings the new problem, which is the reduction of potential retribution, that soon will be gathered by a parking institution. The characteristic of well-managed parking management in Mayestik area can be seen through the rise of retribution income, since there is a contract agreement between the local parking institution and PT Metroland. While in the other hand, the non-environmental on street not run well because it is not fit to the regulation applied. The cause can be lack of supervision from the government about the fare regulation.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
T42445
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Benita Safitri
"Skripsi ini berisi analisis tentang pengelolaan parkir on street oleh Unit Pengelola Perparkiran DKI Jakarta di Melawai yang terdiri dari parkir on street lingkungan dan non lingkungan. Tujuannya untuk menganalisis pengelolaan parkir on street oleh Unit Pengelola Perparkiran di Melawai. Penelitian ini menggunakan teori parking management oleh Kodransky dan Hermann dengan pendekatan positivis, deskriptif, cross sectional, yang dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi, dan studi kepustakaan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan parkir on street lingkungan berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari terpenuhinya kesepuluh indikator yang digunakan. Sementara itu, pengelolaan parkir on street non lingkungan belum berjalan dengan baik. Dari sepuluh indikator, hanya satu indikator yang terpenuhi sedangkan sembilan indikator lainnya tidak terpenuhi.

The thesis contains of analysis about on street parking management by the Jakarta City Government through the Parking Service of Technical Implementation Unit in Melawai, which consists of inside parking lot and outside. The purpose of this research is to analyze on street parking management by the Parking Service of Technical Implementation Unit in Melawai. This research uses theory of parking management by Kodransky and Hermann with positivist approach, descriptive design, cross sectional study, in-depth interview, observation and literature study.
The result shows that inside on street parking lot management in Melawai has running well. This can be seen from the ten indicators that used in this research, all being fulfilled. Meanwhile, the outside on street parking lot management has not running well. From the ten indicators, only one has being fulfilled, nine indicators have not being fulfilled.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Andri
"Kualitas udara di dalam ruang merupakan aspek yang sangat penting dalam mempengaruhi kesehatan penghuni bangunan. Buruknya kualitas udara dalam ruang dapat menyebabkan sebuah sindrom penyakit yang disebut dengan Sick Building Syndrome. Basemen merupakan tempat yang sangat berpotensi untuk menjadi lokasi terjadinya Sick Building Syndrome karena pada basemen banyak terdapat polutan - polutan seperti asap kendaraan bermotor, debu dan zat- zat beracun lain. Selain polutan basemen juga dapat menjadi tempat yang berpotensi sebagai medium berkembangnya mikroba - mikroba seperti bakter, kapang dan khamir karena pada basemen sangat berpotensi untuk terjadi akumulasi mikroba yang merugikan.
Pada penulisan karya ilmiah ini penulis mencoha mempelajari dan membuktikan gejala tersebut secara ilmiah dengan menggunaknn alat - alat berikut : Gas Analyzer, Gas Dust Sampler, Anemometer, Hobo dan Cawan petri dengan medium PDA untuk mengetahui suhu, kelembaban, kandungan gas baracun dalam udara, kandungan debu dalam udara. kecepatan angin dan konscntrasi mikroba dalam udara."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
S48579
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Citra Sari Ayu
"Penyediaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Jakarta semakin terdesak akibat persaingan kebutuhan lahan sehingga kaberadaannya menjadi sangat kurang. Pemanfaatan lahan saat ini lebih banyak berdimensi ekonomis dibandingkan ekologis, estetika lingkungan, dan sosial. Perlindungan terhadap keberadaan RTH di Jakarta sangat diperlukan mengingat fungsi yang diemban, yaitu: ekologis, estetika lingkungan, dan sosial yang dapat meningkatkan kualitas kola.
Penyediaan RTH dipenuhi oleh daerah perencanaan (perpetakan/persil) pribadi hingga skala kota. RTH daerah perencanaan dinamakan Dasar Hijau (DH). Untuk menjaga keseimbangan ekosistem, pengelolaan DH di Jakarta menjadi sangat penting mengingat permasalahan lingkungan hidup Jakarta yang bertambah parah. Untuk mengantisipasi hal tersebut Pemerintah DKI Jakarta menatapkan ketentuan Koefisien Dasar Hijau (KDH) dalam Perda No. 6 Tahun 1999. Akan tatapi ketentuan tersebut befum dapat dijalankan sebagaimana mestinya, dibutuhkan suatu peraturan yang lebih teknis atau operasional."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
S48351
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rr. Rani Aryanti
"Sekarang ini mai-mal beianja merupakan tempat yang aramai dikunjungi bleh masyarakat kita. Mereka pergi ke sana bukan hanya berlujuan untuk berbelanja, terkadang hanya untuk berjalan-jalan saja dan berekreasi. Mal-mal belanja ini sudah menjadi sebuah ruang publik altematif bagi masyarakat kota.
Ruang-ruang publik kota mulai tergantikan oleh "ruang-ruang publik" buatan yang dibuat sedemikian menyerupai ruang publik Iuar. Hal ini bukan suaiu hilangnya kehidupan publik metainkan kehidupan publik bertransfomasi menjadi bentuk dan lingkungan yang berbeda.
Ruang publik di mal-mal belanja dalam bangunan (enclosed shopping mall) mungkin teriihat milip dengan daerah pejalan kaki atau alun-alun kota yang berisi oleh orang-orang yang bersantai. Ini merupakan 'ruang publik" dengan peranan fungsi yang jelas: dimiliki oleh sebuah perusahaan pengembang yang memperbolehkan individu menggunakannya untuk tuiuan terientu. Ruang publik disini memiliki fungsi rekreasi yang diasosiasikan dengan kegiatan belanja, daripada memberikan kontribusi pada fungsi sosial aktif seperti komunikasi."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
S48310
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Meilia Sjamsuddin
"Maraknya pembangunan pusat perbelanjaan modern, seperti mal dan plaza, yang memisahkan kendaraan dan manusia. Sementara masih banyak pusat perbelanjaan yang menggabungkan kedua unsur ini (shopping street), tetapl kurang mendapat perhatian. Tempat ini sebenarnya mempunyai potensi untuk menjadi suatu pusat perbelanjaan yang menarik karena di dalamnya memperllatikan aspek manusia, pedestrian, yang belakangan im juga ramai dibicarakan. Tulisan ini bemiaksud membahas mengenai definisi shopping street dan unsur-unsur pembentuknya, dan kriteria bentuk fisik yang dibutuhkan guna rnenunjang terjadinya sebuah shopping street yang balk."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997
S49058
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fridolin Roengo Bala
"

Penelitian bertujuan untuk mengetahui dampak dari kebijakan biaya dan ruang parkir yang diberlakukan pada kawasan Jakarta terhadap pengurangan penggunaan mobil pribadi. Penelitian ini dilakukan dengan 2 skenario. Skenario pertama adalah penerapan kenaikan tarif parkir dan skenario kedua adalah kombinasi penerapan kenaikan tarif parkir dan pengurangan ruang parkir sebanyak 50%. Dalam pembuatan kuesioner survei, digunakan metode Stated Preference dan Revealed Preference. Dari kuesioner yang sudah dibuat, dilakukan pengumpulan data dengan cara tatap muka dan juga secara online. Setelah data sudah terkumpul, dilakukan pengolahan untuk melihat persentase responden yang berpindah moda dengan diterapkannnya kenaikan tarif parkir dan juga adanya pengurangan ruang parkir. Kemudian untuk membuat hasil dari penelitian ini dapat digunakan secara lebih luas, dibuatlah model logit untuk setiap kelompok data. Fungsi utilitas dibangun dengan variabel bebas yaitu tarif parkir dan menggunakan metode regresi logistik. Fungsi utilitas kemudian diuji kelayakannya dengan menggunakan uji Omnibus dan uji Hosmer Lemeshow dan kemudian hasil model dibandingkan dengan hasil data survei. Setelah dilakukan analisis terhadap pengolahan data, terdapat kecenderungan bahwa semakin mahal tarif parkir yang diterapkan, semakin banyak responden yang memilih untuk berpindah moda. Selain itu, dengan diterapkannya pengurangan ruang parkir, dampak terhadap pengurangan mobil pribadi lebih besar dibandingkan dengan tidak diterapkannya pengurangan ruang parkir.

 


This study aims to determine the impact of the application of cost and parking space policies imposed on the area of Jakarta on the reduction of the private car uses. This research was conducted in 2 scenarios. The first scenario is the increase in parking rates and the second scenario is a combination of the increase in parking rates and parking space reduction by 50%. In making survey questionnaires, used the Sttated Preference and Revealed Preference methods. Stated Preference and Revealed Preference methods are used to make the questionnaires. From the questionnaire that has been made, data collection is done by ‘face to face’ method and online method. After the data has been collected, processing is carried out to see the percentage of respondents who switch modes with the application of increases in parking rates and also a reduction in parking space. To make the results of this study can applied generally, a logit model is created for each group of data. The utility function is built with the independent variable parking rates, using the logistic regression method. Then, the utility function is tested for its feasibility using the Omnibus test and the Hosmer Lemeshow test and then the model results are compared with the results of the survey data. After an analysis of data processing, there is a tendency that the more expensive parking rates are applied, the more respondents choose to switch modes. In addition, with the reduction of parking spaces, the impact on reducing private cars is greater than not reducing parking spaces.

 

"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>