Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 100727 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Karatoruan Angelique Steffanie
"[ABSTRAK
Komedi situasi (sitcom) merupakan salah satu bentuk tayangan di televisi yang berusaha
menampilkan potret realita sosial. Meskipun berakar dari fakta dan kondisi masyarakat,
komedi situasi juga merekonstruksi paradigma audiens dengan representasi yang
disuguhkan dalam bentuk audio sekaligus visual.
Tetangga Masa Gitu sebagai sebuah sitcom baru berusaha menampilkan sosok perempuan
Indonesia yang baru dan berbeda dengan stereotipe konvensional. Tetapi di saat yang sama,
terdapat bagian dari identitas lama yang masih dipertahankan. Hal ini menunjukkan adanya
sebuah ideologi yang mendasari representasi tersebut dan berusaha dikukuhkan. Melalui
tesis ini, penulis melihat sebuah redefinisi yang semu dari sosok perempuan yang digagas
dalam episode-episode sitcom ini.
Teori Representasi digunakan untuk meninjau dialog-dialog dan cuplikan adegan dalam
tayangan Tetangga Masa Gitu dan menunjukkan proses redefinisi identitas perempuan.
Tesis ini mencoba memberikan pemahaman akan representasi dalam televisi yang
meskipun berubah, akan selalu terhubung dengan akar identitas sebuah masyarakat.

ABSTRACT
Situation comedy (Sitcom) is one kind of television show presenting snapshots of a society.
Eventhough it is based on fact and social conditions, a sitcom also reshapes its audiences?
paradigm through audio & visual representations showed in it.
As a new sitcom, Tetangga Masa Gitu is trying to present a new model of Indonesian
women, which differs from the conventional stereotypes. However, there are parts of the
old identity that emerge in the sitcom. It shows that there is this one form of ideology
constructing the way this sitcom represents women. In this research, the aim is to see the
false redefinition on women narrated in episodes of this sitcom.
Theory of representation is used to analyze dialogues and screenshots, and identify the
process of redefining women?s identity. This thesis attempt to provide understanding upon
representations in television which tends to change, yet is always connected to its root in
social identity.;Situation comedy (Sitcom) is one kind of television show presenting snapshots of a society.
Eventhough it is based on fact and social conditions, a sitcom also reshapes its audiences’
paradigm through audio & visual representations showed in it.
As a new sitcom, Tetangga Masa Gitu is trying to present a new model of Indonesian
women, which differs from the conventional stereotypes. However, there are parts of the
old identity that emerge in the sitcom. It shows that there is this one form of ideology
constructing the way this sitcom represents women. In this research, the aim is to see the
false redefinition on women narrated in episodes of this sitcom.
Theory of representation is used to analyze dialogues and screenshots, and identify the
process of redefining women’s identity. This thesis attempt to provide understanding upon
representations in television which tends to change, yet is always connected to its root in
social identity., Situation comedy (Sitcom) is one kind of television show presenting snapshots of a society.
Eventhough it is based on fact and social conditions, a sitcom also reshapes its audiences’
paradigm through audio & visual representations showed in it.
As a new sitcom, Tetangga Masa Gitu is trying to present a new model of Indonesian
women, which differs from the conventional stereotypes. However, there are parts of the
old identity that emerge in the sitcom. It shows that there is this one form of ideology
constructing the way this sitcom represents women. In this research, the aim is to see the
false redefinition on women narrated in episodes of this sitcom.
Theory of representation is used to analyze dialogues and screenshots, and identify the
process of redefining women’s identity. This thesis attempt to provide understanding upon
representations in television which tends to change, yet is always connected to its root in
social identity.]"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
T43267
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Munculnya representasi perempuan yang tidak mainstream di dalam sinetron, dimana perempuan dikonstruksikan sebagai individu yang independen berdampak kepada pola relasi antara perempuan dan laki-laki. Apabila melihat kondisi sinetron di Indonesia, belum banyak sinetron yang berhasil menampilkan konstruksi yang tidak mainstream terhadap tokoh perempuan. Perubahan konstruksi perempuan tidak terlepas dari bagaimana konstruksi laki-laki ditampilkan di dalam sinetron tersebut sehingga hal ini merupakan salah satu bentuk peran media dalam mengubah stigma peran gender kepada masyarakat. Namun, dalam proses konstruksi tersebut terdapat suatu realitas baru yang ditampilkan oleh media melalui sinetron. Baudrillard menjelaskan bahwa hiperrealitas merupakan suatu kondisi dimana realitas yang dibangun di dalam media melebihi kondisi yang sebenarnya. Hal seperti ini menjadikan masyarakat sebagai konsumen meyakini realitas baru tersebut sebagai ilustrasi dalam kehidupan nyata. Penelitian ini merupakan suatu penelitian kualitatif terhadap sinetron komedi Tetangga Masa Gitu? dengan menggunakan metode analisis isi wacana sinetron. Relasi antara laki-laki dan perempuan dalam sinetron ini ditunjukan oleh adanya faktor kepemilikan ekonomi dalam diri perempuan sehingga pola relasi yang terjadi menunjukan adanya kondisi hiperrealitas.
Emergence of non-mainstream way of women representations in soap operas, where women are constructed as an independent individual, brought an impact to the patterns of relation between men and women. If we look at Indonesian soap operas, there are not many of them that can manage to present a non-mainstream construction of female characters. The shift on women representation is associated to how the men were represented in said soap operas, therefore this is a form of the role of the media in altering gender stigma in the society. However, in the process of construction there is a new reality presented by the media through soap operas. Baudrillard established that hyperreality is a condition in which the reality that are presented by the media overtook the real world. This makes the society, as a consumer, became convinced that the new reality is a description of real life. This research is a qualitative study on a sitcom titled Tetangga Masa Gitu? with the analysis on the contents of the sinetron. Relation between men and women shown in this sitcom is based on the factors of economic ownership, resulting in hyperreality in the patterns of relation."
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Aldi Safitra
"Komedi merupakan pilihan hiburan populer yang memiliki banyak penggemar. Selain menghibur, komedi juga rentan dengan masalah ketersinggungan. Komedi sebagai seni pertunjukan yang objeknya bersifat universal sering kali membawakan topik-topik yang sensitif. Teori humor superior menjelaskan bahwa tawa muncul dari rasa superior terhadap objek komedi, sehingga objek komedi dipandang rendah. Namun komedian sering kali berlindung dengan pembenaran teori kognitifif komedi yang menyatakan bahwa dibutuhkan kesadaran bahwa komedi adalah pertunjukan hiburan, sehingga penampilan komedi hanya dapat dilihat dalam konteks tujuannya menghibur. Penelitian ini berusaha menjelaskan hubungan antara komedi sebagai hiburan dan validitas ketersinggungan sebagai respons terhadap komedi. Penelitian ini juga berusaha menjelaskan tanggung jawab komedian terhadap komedinya. Dari hasil analisis, ditemukan bahwa komedian bebas menampilkan komedi tentang apapun, jika hanya jika, komedian tersebut mampu bertanggung jawab terhadap konsekuensi yang disebabkan komedinya. Komedian juga secara moral harus terbuka terhadap tanggapan yang diberikan terhadap komedinya.

Comedy is a popular entertainment that has a large fans. Besides being entertaining, comedy is also prone to the problem of offense. Comedy as a performing art with universal object often presents sensitive topics. The theory of superior humor explains that laughter arises from a sense of superiority of the object of comedy, so that the object of comedy is looked inferior. However, comedians often take refuge in the justification of the cognitive theory of comedy which states that it takes awareness that comedy is an entertainment, so that comedy performances can only be seen in the context of its purpose to entertain. This research trying to explain the relationship between comedy as entertainment and the validity of offending as a response to comedy. This research also tries to explain the comedian's responsibility towards his comedy. From the results of the analysis, it was found that comedians are free to present comedy about anything, as long as, the comedian is able to take responsibility for the consequences caused by his comedy. Comedians must also be morally open to the responses given to their comedies."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Dinda Maharani
"[ABSTRAK
Artikel ini menjabarkan unsur-unsur comedia dell?arte yang terkandung dalam drama berjudul Le Médecin malgré lui karya Molière. Moliére adalah seorang dramawan asal Prancis yang dianggap sebagai salah satu ahli genre komedi. Beberapa karya Molière seperti yang diangkat dalam topik ini kental dengan pengaruh comedia dell?arte. Tulisan ini akan berfokus dalam analisis unsur-unsur comedia dell?arte yang terdapat pada Le Médecin malgré lui melalui metode paratif yang mencakup analisis alur, tokoh, dan tema. Dari hasil analisis tersebut dapat ditemukan bahwa terdapat beberapa persamaan antara comedia dell?arte dengan drama Le Médecin malgré lui pada bagian tema dan alur. Sementara pada bagian tokoh terdapat sedikit perbedaan.ABSTRACT This article describes the aspects of comedia dell?arte in Le Médecin malgré lui a drama written by Molière. Molière was a french playwright who is considered to be one of the greatest masters of comedy. Many works of Molière?s were heavily influenced by comedia dell?arte, and one of them is Le Médecin malgré lui. This article scrutinizes the elements of comedia dell?arte that we may found within the Le Médecin malgré lui. The method to analyze his work mainly emphasizes in the works plot, characters, and theme of drama. Through the analysis, it was find that there is a resemblance between the Le Médecin malgré lui and comedia dell?arte, particularly in the plot and the theme. Meanwhile, in the character?s area there is a slight difference.;This article describes the aspects of comedia dell?arte in Le Médecin malgré lui a drama written by Molière. Molière was a french playwright who is considered to be one of the greatest masters of comedy. Many works of Molière?s were heavily influenced by comedia dell?arte, and one of them is Le Médecin malgré lui. This article scrutinizes the elements of comedia dell?arte that we may found within the Le Médecin malgré lui. The method to analyze his work mainly emphasizes in the works plot, characters, and theme of drama. Through the analysis, it was find that there is a resemblance between the Le Médecin malgré lui and comedia dell?arte, particularly in the plot and the theme. Meanwhile, in the character?s area there is a slight difference., This article describes the aspects of comedia dell’arte in Le Médecin malgré lui a drama written by Molière. Molière was a french playwright who is considered to be one of the greatest masters of comedy. Many works of Molière’s were heavily influenced by comedia dell’arte, and one of them is Le Médecin malgré lui. This article scrutinizes the elements of comedia dell’arte that we may found within the Le Médecin malgré lui. The method to analyze his work mainly emphasizes in the works plot, characters, and theme of drama. Through the analysis, it was find that there is a resemblance between the Le Médecin malgré lui and comedia dell’arte, particularly in the plot and the theme. Meanwhile, in the character’s area there is a slight difference.]"
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2015
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Nadiya Dwi Madyananda
"ABSTRAK
Perubahan gaya hidup masyarakat kelas menengah-urban dipengaruhi oleh stimul visual-audio yang intens. Tayangan televisi, sebagai salah satu stimul, merupakan media representasi dunia nyata yang membentuk persepsi penonton melalui pengalaman visual. Penggambaran dunia tesebut dilakukan dengan menggunakan bahasa ruang yang dapat dilihat, dirasakan dan dimaknai oleh penonton. Ruang dibahasakan dengan menggunakan tanda-tanda berupa elemen-elemen ruang yang merujuk pada realita. Dengan desain set, tanda-tanda diorganisasikan sehingga dapat membangun dan memperkuat persepsi penonton terhadap representasi kelas menengah urban pada tayangan televisi.

ABSTRACT
The change of Urban-Middle class lifestyle is influenced by intentionally visual-auditory stimuls. The television shows, as one of the stimulation, is a media representation of the real world that create audience?s perception through the visual experience. The representation of that world using the language of space which can be seen, felt and interpreted by the audience. The language of space using signs like space elements which are refer to reality. With the set design, the signs are organized until could build and strengthen the audience's perception towards representation of the urban middle class on the telivision shows.
"
2016
S63450
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Candra Eko Mawarid
"ABSTRAK
Bekasi merupakan kota yang tumbuh karena adanya aktivitas kota Jakarta.
Awalnya Bekasi berbasis agraris kemudian berubah menjadi modern. Banyak cara
orang Bekasi mengungkapkan pandangannya terhadap suatu tempat, salah satunya
dengan stand up comedy. Melalui seni komedi orang dapat menyalurkan perasaan,
keresahan, kegelisahan, kecintaan, dan berbagai macam perasaan lainnya secara
jujur karena tiap manusia memiliki sense of place. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui identitas tempat berdasarkan materi stand up comedy tentang
Bekasi. Penelitian ini berjenis kualitatif menggunakan metode hermeneutika Paul
Ricouer. Berdasarkan keresahan comic yang menjadi narasumber, mereka
menggambarkan Bekasi sebagai wilayah yang kurang maju jika dibandingkan
Jakarta. Hal ini terjadi karena Bekasi merupakan bagian “pinggiran” dari Jakarta
dan para comic yang menjadi narasumber adalah mereka yang dibesarkan di
Bekasi, mengikuti perkembangan Bekasi, dan menganalogikannya dengan
perubahan yang terjadi di Jakarta. Tempat-tempat yang disebutkan dalam materi
komedi adalah tempat yang memiliki perspektif sosial bagi comic. Comic lebih
banyak memberikan makna berkonotasi negatif sebagai identitas tempat tentang
Bekasi dan identitas tersebut banyak menggunakan kiasan “jauh”, “norak”, dan
kondisi perdesaan.

ABSTRACT
Bekasi is a city that is growing due to Jakarta‟s activities. Initially, Bekasi is an
agrarian based town that changed into a modern city. People of Bekasi can
express their opinion about Bekasi in many ways and one of them is a stand-up
comedy. Through the art of comedy people can convey honestly about their
worries, anxiety, love, and many other feelings. The reason is every human being
has a sense of place of a place they‟ve known well. The purpose of this study is to
figure Bekasi‟s identity of place based on stand-up comedy materials about
Bekasi. This study uses qualitative research methods and hermeneutic Paul
Ricouer methods. Based on the restlessness of the comics, they describe Bekasi is
not great as other places, especially Jakarta. This thing happened because Bekasi
is a part of Jakarta‟s suburban area and the comics are they who grew up in
Bekasi, following the development of Bekasi, and compare with the changes that
happened in Jakarta. Places that mentioned in comedy material is a place that has
a social perspective for comics. The comics often used negative connotation
words as Bekasi‟s place identity and those words are “unreachably far”, “naff”,
and “rural condition”."
Universitas Indonesia, 2014
S54944
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mahrita Dwi Haryati
"[ ABSTRAK
Film komedi romantis Hollywood dikenal tidak ramah terhadap perempuan. Anggapan ini kemudian
dipertanyakan ketika tokoh utama wanita pada film The Holiday (2006) berasal dari latar belakang budaya yang
berbeda, yaitu Amerika dan Inggris, meskipun keduanya memiliki masalah percintaan yang serupa. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana produk Hollywood menggambarkan kuasa perempuan Amerika dan
Inggris dengan mengangkat isu relasi kuasa dalam hubungan romantis masing-masing tokoh. Dengan
menggunakan analisis semiotik visual pada delapan scene yang telah dipilih, penelitian ini menemukan bahwa
perempuan Amerika digambarkan sebagai lebih berkuasa daripada perempuan Inggris dalam hubungan romantis
meskipun dinamika keduanya serupa.

ABSTRACT
Hollywood romantic comedy has been known to be unfriendly to women. This notion is questioned when the
female leading characters in The Holiday (2006) have different cultural backgrounds, American and British, yet
both encounter similar relationship problems. This research aims at finding out how this Hollywood product
portrays the power of American and British women using their power in romantic relationships as the main
issue. Utilizing visual semiotic analysis in eight selected scenes, the research finds that American woman is
portrayed more powerful than the British in romantic relationships although their dynamics of power are alike., Hollywood romantic comedy has been known to be unfriendly to women. This notion is questioned when the
female leading characters in The Holiday (2006) have different cultural backgrounds, American and British, yet
both encounter similar relationship problems. This research aims at finding out how this Hollywood product
portrays the power of American and British women using their power in romantic relationships as the main
issue. Utilizing visual semiotic analysis in eight selected scenes, the research finds that American woman is
portrayed more powerful than the British in romantic relationships although their dynamics of power are alike.]"
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2015
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Desmonda Cathabel Christie
"ABSTRAK
Perfilman Indonesia dalam satu dekade terakhir ini kembali mengalami masa terpopulernya. Salah satu genre yang mendominasi daftar film terlaris adalah film komedi. Comic 8 merupakan salah satu film franchise bergenre komedi terlaris di Indonesia. Salah satu hal menarik dalam film ini adalah pola penggambaran perempuan yang stereotip yaitu dengan tubuh yang seksi dan pola tutur bahasa yang cenderung membungkam eksistensi perempuan dalam perspektif kesamaan gender. Pola penggambaran dan bahasa tutur Film Comic 8 yang menjadikan perempuan sebagai obyek tersebut, dianalisis menggunakan teori The Male Gaze. Teori ini menunjukkan bahwa perempuan disubordinasikan dan dijadikan objek seksual oleh standar perspektif patriarkal dalam tataran psikoanalitik khususnya dalam film Mulvey, 1989 . Melalui penggunaan ldquo;Muted Group theory rdquo; kemudian akan menjelaskan pola bahasa dan narasi yang membungkam perempuan, hal itu karena bahasa yang digunakan adalah bahasa yang dibuat oleh masyarakat patriarkal.

ABSTRACT
The Indonesian film world has been experiencing its most popular time in the last decade. One of the dominating genre of the popular list is comedy, and Comic 8 is one movie that starts out the most successful comedy film franchise in Indonesia. What really worth noting in this movie is the use of stereotypical imagery of women which tends to silence the existence of women, seen through the lens of gender equality. The objectifying image of women is analyzed with The Male Gaze theory in which the theory points out that women are being put in a subordinate position and as a sexual object to satisfy the visuals of men, in the psychoanalytic realm, specifically in films Mulvey, 1989 . The Muted Group theory then explains the sexist language and narrative made by patriarchal society, which leads to the silencing of women West and Turner, 2010 . "
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
"[Bekasi merupakan kota yang tumbuh karena adanya aktivitas kota Jakarta.
Awalnya Bekasi berbasis agraris kemudian berubah menjadi modern. Banyak cara
orang Bekasi mengungkapkan pandangannya terhadap suatu tempat, salah satunya dengan stand up comedy. Melalui seni komedi orang dapat menyalurkan perasaan,
keresahan, kegelisahan, kecintaan, dan berbagai macam perasaan lainnya secara jujur karena tiap manusia memiliki sense of place. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui identitas tempat berdasarkan materi stand up comedy tentang Bekasi. Penelitian ini berjenis kualitatif menggunakan metode hermeneutika Paul Ricouer. Berdasarkan keresahan comic yang menjadi narasumber, mereka
menggambarkan Bekasi sebagai wilayah yang kurang maju jika dibandingkan Jakarta. Hal ini terjadi karena Bekasi merupakan bagian “pinggiran” dari Jakarta dan para comic yang menjadi narasumber adalah mereka yang dibesarkan di Bekasi, mengikuti perkembangan Bekasi, dan menganalogikannya dengan perubahan yang terjadi di Jakarta. Tempat-tempat yang disebutkan dalam materi komedi adalah tempat yang memiliki perspektif sosial bagi comic. Comic lebih
banyak memberikan makna berkonotasi negatif sebagai identitas tempat tentang Bekasi dan identitas tersebut banyak menggunakan kiasan “jauh”, “norak”, dan kondisi perdesaan., Bekasi is a city that is growing due to Jakarta‟s activities. Initially, Bekasi is an agrarian based town that changed into a modern city. People of Bekasi can express their opinion about Bekasi in many ways and one of them is a stand-up comedy. Through the art of comedy people can convey honestly about their worries, anxiety, love, and many other feelings. The reason is every human being has a sense of place of a place they‟ve known well. The purpose of this study is to figure Bekasi‟s identity of place based on stand-up comedy materials about
Bekasi. This study uses qualitative research methods and hermeneutic Paul Ricouer methods. Based on the restlessness of the comics, they describe Bekasi is not great as other places, especially Jakarta. This thing happened because Bekasi is a part of Jakarta‟s suburban area and the comics are they who grew up in Bekasi, following the development of Bekasi, and compare with the changes that happened in Jakarta. Places that mentioned in comedy material is a place that has a social perspective for comics. The comics often used negative connotation
words as Bekasi‟s place identity and those words are “unreachably far”, “naff”, and “rural condition”.]"
Universitas Indonesia, 2014
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gustim Prima Aditya
"Stand-up comedy adalah salah satu jenis komedi yang dalam beberapa tahun belakangan ini menjadi komedi favorit di seluruh dunia. Dalam pembuatan materi, seorang comic, begitu sebutan bagi pelaku stand-up comedy, tidak lepas dari penggunaan unsur kebahasaan. Bahasa yang digunakannya sarat dengan pemainan kata dan banyak menggunakan majas.Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan permainan kata dan majas dalam meteri stand-up comedy Adam Fields 28 Januari 2014 dan membuktikan bahwa stand-up comedy mengandalkan konflik yang terjadi dan keambiguitasan bahasa. Dengan menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif, penelitian ini dianalisis dengan teori bentuk majas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi stand-up comedy Adam Fields sangat memperhatikan unsur keberbahasaan dengan banyaknya penggunaan majas dan permainan kata yang membangun humor
Stand up comedy is a kind of comedy that in the last few years becomes popular all over the world. While arranging the material, the actor of stand up comedy, the so called comic, cannot be separated from the use of linguistic elements. He uses wordplay and figures of speech. One of the performances of Adam Fields, a top comedian in the Netherland, posted on Youtube on 28 January 2014, is the subject of research in this paper. The purpose of this study is to describe the word play and the figures of speech in a stand up set comedy, relies on conflict and language ambiguity. Through qualitative and quantitative methods, this study is analyzed using the theory of the forms of figure of speech.The result of this research show that stand up comedy of Adam Fields is very concern about the use of linguistic element. Furthermore, he uses a lot of figure of speech and wordplay."
2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>