Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 106704 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fara Shabrina
"ABSTRAK
Interioritas pada saat ini sering dipahami sebagai suatu keterhubungan
yang hanya dapat terjadi antara manusia dengan ruang dalam (interior). Pada
skripsi ini elemen jendela didefinisikan sebagai horizon yang menjadi poin
transisi yang memungkinkan adanya keterhubungan antara ruang dalam dan luar.
Dengan berlandaskan pada teori-teori mengenai ruang, interioritas, dan faktorfaktor
yang mempengaruhi interioritas oleh Merlaeau-Ponty, serta menganalisa
kasus untuk mencapai esensi interioritas yang terjadi berdasarkan metode
fenomenologi Heidegger, ternyata membuktikan bahwa pemilihan atau
pengolahan ruang luar dapat menjadikan ruang luar sebagai interioritas utama atau
dapat mendukung atau menggantikan interioritas dengan ruang dalam.

ABSTRACT
Nowadays, interiority is often understood as a relationship that can only
occur between human and inside space. In this paper, the architectural element,
window, is defined as horizon. The window is used as a transition point which
allows the connection between inside and outside space. Based on the theories
about space, interiority, and the factors that influence the interiority by Merlaeau-
Ponty, and by analyzing cases to reach the essence of interiority that occur based
on Heidegger's phenomenological method, the research shows us that by
selecting or building the outer space can somehow make the outside space as the
main interiority or it can support or replace the interiority of the inside space."
2015
S58078
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Helga Sania Putri
"Transposisi dalam lingkup interior berperan dalam menghadirkan multi-interpretasi dan persepsi bagi manusia. Pada skripsi ini, pembahasan mengenai transposisi ditujukan sebagai sebuah kondisi interioritas pada ruang yang bersifat ambivalen. Dalam hal ini, transposisi mampu menghadirkan ambivalensi pada ruang pameran karena adanya perubahan persepsi manusia di dalam ruang tersebut. Perubahan persepsi itu dipengaruhi oleh adanya peralihan pada dua unsur, yakni sudut pandang manusia, serta komposisi spasial yang terdapat pada ruang tersebut. Untuk mewujudkannya, maka penerapan transposisi memerlukan medium yang berfungsi sebagai stimulus bagi manusia dalam mengembangkan konsepsi ruang berbasis event tersebut. Visual sebagai elemen yang representatif dalam ranah arsitektur dan interior lantas digunakan sebagai media eksplorasi yang diuraikan dalam skripsi ini. Selain untuk mengidentifikasi karakter ruang dan pemosisian diri manusia, elemen visual juga digunakan sebagai mekanisme untuk melihat dan membaca jejak peralihan karakter spasial. Jejak tersebut lantas digunakan untuk menghasilkan persepsi baru lainnya, seperti ruang tanpa batas (boundless), ruang dengan kesan tactile, serta ruang sebagai representasi suatu image tertentu. Oleh karena itu, ambivalensi interioritas dalam ruang pameran pada akhirnya dapat diperoleh melalui grafis, bayangan, maupun pengaturan objek visual di dalam ruang tersebut.
Melalui transposisi, setiap fenomena yang terjadi di dalam ruang dapat terbangun dengan karakter yang beragam, sehingga dapat memberi interioritas yang dinamis, terlebih dalam sebuah lingkup ruang pameran. Oleh karena itu, manusia diharapkan mampu berpartisipasi secara aktif dalam memahami setiap makna dari sebuah ruang berbasis event yang ia alami.

Transposition in interior sphere plays a role in presenting multi-interpretations and perceptions for humans. In this thesis, the discussion of transposition is intended as an ambivalent condition of interiority in space. In this case, transposition is able to present ambivalence in the exhibition space because of the changes which emerged in human’s perception toward the space itself. Changes in perception are affected by the transition of two elements, namely human’s point of view, and also the spatial composition of the space. To generate it, the practice of transposition requires a medium which functions as a stimulus for humans to develop the conception of event-based space. Visual as a representative element in the realm of architecture and interior is then used as the exploration medium described in this thesis. Besides identifying the character of space and positioning the human beings, the visual elements are also used as a mechanism to recite and trace the transitions of spatial characters. The trails are then used to generate new perceptions, such as boundless space, tactile impression space, and space as a representation of a particular image. Therefore, the ambivalence of interiority in the exhibition space can be obtained through visuals which manifested in graphics, reflections, shadows, and the arrangement of objects in the space.
Through transposition, every phenomenon which occurs in space can be formed from various characters, so that it can provide dynamic interiority, especially in the scope of the exhibition space. For that way, humans are expected to be able to actively participate in understanding every meaning of an event-based space where they are engaged in.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Amirah Hasna Ersaid
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas tentang representasi ruang dari sebuah film animasi yang merupakan hasil respons dari bagaimana aktivitas atau narasinya berlangsung. Dalam film animasi, ruang yang dipresentasikan merupakan ruang fiksi yang dapat membuat penontonnya melihat penggambaran abstrak yang sama. Walaupun berada di satu bidang layar yang datar dengan karakternya, penggambaran ruang dalam animasi tetap bisa membuat penontonnya merasakan kualitas dari ruang tersebut. Representasi visual yang dilihat dari film animasi mengkemas kualitas spasial interior dari media gambar dan memberikan kesan huni (immersion) dari layar, yang disebut interioritas.
Interioritas menjadi hasil presepsi seorang individu terhadap bagaimana penonton melihat ruang animasi tersebut dan dari kualitas ruang yang dihadirkan dalam film yang kemudian dapat diuraikan melalui mise-en-scéne. Fenomena ini menghasilkan pertanyaan mengenai bagaimana pembentukan kualitas representasi ruang dalam film animasi menghasilkan interioritas melalui mise-en-scéne. Pada skripsi ini, analisis elemen-elemen dari mise-en-scéne pada film animasi dilakukan untuk mengetahui bagaiamana representasi animasi dapat tersusun. Analisis tersebut menghasilkan cara untuk narasi dalam film animasi dituturkan dengan interaksi keseluruhan elemen yang berada di dalam layar, sehingga dapat menarasikan kualitas ruang pada film animasi.

ABSTRACT
This thesis discusses the representation of space which is the result of the activities or narrative that takes place in an animated film. In animated films, the space presented is a fictional space that can make the viewers see the same abstract idea. However, the depiction of space in animation can still make the audience feel the quality of the space. The visual representation displayed from animated films packs the spatial quality of the interior of the image media and provides a sense of occupancy from the screen, called interiority.
The interiority, then, is the result of individual perceptions of the audience seeing the animation space and from the quality of the space presented in the film which can then be described through mise-en-scéne. This phenomenon produces a question about how to make the quality of the representation of space in animated films that produce interiority through mise-en-scéne. In this thesis, the analysis of the elements of mise-en-scéne in the animated film is done to find out how the representation of animation can be arranged. This analysis produces a way for animated films to be told with the interaction of all the elements on the screen, so that they can narrate the quality of space in animated films."
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shanti Amelia
"Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) merupakan sasana yang dikelola oleh pemerintah atau badan swasta terkait sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat berusia lanjut. PSTW sebagai salah satu ruang hidup manusia lanjut usia memiliki pengaruh dalam memunculkan perilaku yang terjadi. Perilaku ini muncul sebagai manifestasi lanjut usia dalam berekspresi dan beraktivitas dalam konteks spasial yang dipengaruhi oleh interioritas tubuh manusia lanjut usia dan desain ruang interior di PSTW. Skripsi ini ditulis secara deskriptif menggunakan kajian literatur dan pembahasan studi kasus. Studi kasus dilakukan pada dua individu lanjut usia yang menetap di PSTW Budi Mulia 1 Cipayung dan dianalisis dengan menggunakan pemetaan perilaku sebagai perwujudan penulisan yang utuh untuk melihat variasi perilaku lanjut usia di dalamnya. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa intensitas perilaku lanjut usia yang muncul dipengaruhi oleh besarnya intensitas aktivitas yang dilakukan pada suatu ruang, dimana ruang tersebut merupakan ruang favoritnya di dalam PSTW.

Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) is a place that was managed by the government or private institution as a service form for the elderly community. PSTW as one of the elderly living space has an influence to elderly behaviors. This behavior has presented as a manifestation of expression and activities in the spatial context that is affected by the interiority of elderly bodies and implication of interior design in PSTW. This undergraduate thesis is written in descriptive method by using literature study and review of case studies. An analysis of case study was conducted in two eldery people who are living in PSTW Budi Mulia 1 Cipayung and presented by using behavioral mapping to see variations of elderly behaviors. The analysis showed that the intensity of elderly behavior is affected by the intensity of activities that appear on their everyday space, which belongs to their favorite space in PSTW.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S56203
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kelvin Andrean
"Ruang antara merupakan ruang yang menjembatani ruang luar dan ruang dalam pada arsitektur. Dalam penelusurannya terdapat hubungan antar ruang yang terjadi dengan atribut masing-masing sebagai penghasil kompleksitas makna. Posisi ruang antara dalam hubungan ruang dalam dan luar, akan memberi pemahaman utuh mengenai konsep space. Pada prosesnya, terdapat asal mula, batas ruang, pengguna ruang, kualitas, serta respon ruang yang menjadi atribut utama. Dengan demikian, skripsi ini akan menjelaskan posisi ruang antara, melalui sudut pandang Interioritas kepada hubungan antar ruang luar dan ruang dalam. Posisi ruang antara akan dijelaskan dengan lebih dalam melalui elemen yang didapati pada hubungan antar ruang berupa, (1) batas ruang yang dapat memberi akses fisik dan visual, sebagai respon ruang, serta (2) kualitas ruang yang dihasilkan berdasarkan karakteristiknya dan aspek fisiologis - psikologis.

In-between space is a space that bridges the relation of inside and outside in architecture. In the process, an inside - outside relationship is established by each attribute which constructs a complexity of meaning in space. In-between space position in the inside - outside relationship will ultimately carry the ideation of space. It started with the origin of space, inhabitants, spatial quality, and architectures respond as the main attribute. Therefore, this thesis will clarify the in-between space, by presenting the perspective of Interiority, by exploring the connection of inside and outside. In-between positions will be examined by the elements of spatial relation through, (1) boundaries that give accessibility both physically and visually as architectural responses, also (2) spatial quality composed by inside - outside characteristic, and psychology - physiology aspect."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Destiana Ritaningsih
"Interioritas, merupakan hal yang paling mendasar dalam menciptakan sebuah pengalaman ruang. Dengan adanya pengalaman ruang maka dengan sendirinya keberadaan ruang serta kondisi sekelilingnya akan diakui oleh penggunanya. Mess sebagai metode, merupakan salah satu cara untuk menciptakan sebuah pengalaman ruang tertentu. Dengan adanya mekanisme mess tersebut, tercipta distorsi interioritas yang bertujuan untuk meingkatkan kepekaan pengguna terhadap ruang dan sekitarnya. Melalui penerapan mekanisme mess yang disajikan dalam sebuah konteks past-future, interioritas, dan narasi, mess menjadi sebuah metode baru dalam mendesain.

Interiority, is the most fundamental thing in order to creating an experience of the space. With space experience, the space existence and its surrounding conditions will be automatically recognized by the user. Mess as method, is the way to create an experience of a particular space. With the mechanism of mess, created interiority distortions that aims to increase the users sensitivity about the space and its surrounding. Through the implementation of the mechanism of mess that is presented in a past-future, interiority, and narrative context, mess becomes a new method of designing."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Chandrawati Hasanah
"Hiruk pikuk kehidupan ibukota menuntut perpindahan terjadi dengan cepat. Hal ini menjadikan ruang transisi sebagai ruang yang tidak terelakkan dalam kehidupan sehari-hari dan membentuk ruang transit sebagai ruang yang mewadahi transisi manusia dari titik A ke titik B. Fungsi dan interioritas ruang transit merupakan konsep yang bertolak belakang. Desakan kesibukan membuat fungsi dikedepankan dibanding interioritas ruang transit. Interioritas yang tidak tersampaikan memicu perilaku seenaknya dari user seperti perilaku user pada lost space yang berakibat pada pengabaian ruang dan berakhir dengan rusaknya ruang tersebut sehingga ruang tersebut bahkan tidak mampu untuk memenuhi fungsinya. Tugas akhir ini berisi tentang usaha menggapai interioritas ruang transit untuk mencegah kecenderungan ruang transit menjadi lost space dengan memanfaatkan mekanisme pertahanan spasial.

Rush in city life demands people to move efficiently from point A to point B which makes transitional space as an unavoidable space in daily life. Function and interiority of transitional space are concepts which work in dualism, but the force of rush makes the function to be more prioritized than the interiority. Interiority which is not conveyed properly drives unintended user behaviour such as act in lost space. The act makes desertion of space which ends up with space selfdestruction. It even makes the space incapable to fulfill its function.This final project contains an effort to prevent the tendency of lost space and reach the proper interiority of transitional space by applying spatial defense mechanism."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Valencia Tandy
"Manusia membentuk ruang dan merasakan ruang yang ada di sekitarnya saat beraktivitas. Tugas akhir ini memaparkan metode melipat narasi ruang dalam memperkaya pengalaman ruang manusia. Penelitian terhadap keterampilan (crafting) masyarakat pribumi Suku Dayak dikembangkan untuk membentuk narasi ruang. Manusia dapat menghayati ruang dalam dimensi waktu yang berbeda. Lipatan terhadap memori masa lalu berpadu dengan gagasan masa depan membentuk suatu perjalanan ruang manusia. Jejak ruang utama maupun pendukung menjadi keseluruhan ruang yang menunjukkan kebiasaan manusia dan terwujudnya dalam elemen interior. Melipat narasi ruang sebagai suatu metode baru untuk merancang ruang dalam (interior) diterapkan pada konteks ruang interaksi antar penggunanya.

Human creates space and experience the surrounding space while doing activities. This final project describes the narrative space pleating method of enriching human spatial experience. Research on crafting of indigenous Dayak is developed to form a narrative space. Humans can live in a space different time dimension. Pleats of past memories and future ideas create a human spatial journey. Traces of main and supporting room become a whole space that displays human habits and its realization in the interior's element. Pleating narrative space as a new method to design the interior is applied to the context of the interaction space among users."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S57414
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ratna Puspa Indah
"Skripsi ini membahas tentang adanya ruang healing yang terdapat pada area Pesantren Daarut Tauhid, Gegerkalong Bandung. Pesantren Daarut Tauhid tidak seperti pesantren lain, bangunannya menyebar dan membaur dengan bangunan milik masyarakat umum. Pola persebaran ini menciptakan ruang healing yang cukup kuat. Ruang healing di sini berarti ruang itu memiliki potensi untuk menyembuhkan, memberikan ketenangan batin dan ruhani. Faktor apa saja yang mendukung terciptanya suasana kampung healing pada area Gegerkalong? Selain karena pola persebaran, ruang interior pesantren dan pola interaksi yang terbuka ke masyarakat sekitar pesantren ternyata memberikan pengaruh cukup besar pada proses healing tersebut. Kualitas space yang terbuka dan tidak mengisolasi santrinya dalam berkegiatan menjadi salah satu kunci tercapainya kawasan kampung healing.
This writing will analyze the presence of healing space that exists in Daarut Tauhid Islamic Dormitory area, Gegerkalong Bandung. The Daarut Tauhid Islamic Dormitory is different with another dormitory; the buildings are spreading and blending with local residential home. These spreading patterns interestingly create a healing space. Healing space that mentioned here is a potential space to curing, giving the need for healthcare. What is the crucial factor which promoted the healing atmosphere inside the Gegerkalong suburban area? Besides of the building spreading patterns, evidently interiority of space and free-connection with the civil society and existing neighborhood around the Islamic dormitory give big influence of healing process. The space which is opened and not isolating the student when taking some activities are the key of the suburban-healing area."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S65718
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Qatrun Nada Audy
"ABSTRAK
Transportasi urban adalah salah satu public sphere yang telah menjadi rutinitas
setiap harinya warga Jakarta. Sering terjadinya sexual harassment dalam
transportasi umum yang ada. Adanya kejahatan - kejahatan yang terjadi
menjadikan wanita sebagai obyek kejahatan tersebut. Hal ini menyebabkan
timbulnya perasaan resah dan tidak aman pada interioritas wanita dalam
menggunakan pada transportasi umum. Hadirnya ruang jender pada beberapa
transportasi umum, ruang khusus wanita pada transjakarta dan KRL membuat
adanya perbedaan dari wanita ketika berada di ruang khusus wanita dengan ruang
yang umum. Skripsi ini membahas mengenai kehadiran ruang jender,
pengaruhnya bagi wanita pengguna transportasi umum dan perbedaan respon atas
ruang segregation & non ? segregation pada ruang khusus wanita yang terdapat
pada KRL. Untuk itu dilakukan observasi situasi pada KRL, wawancara, serta
pengumpulan data melalui kuisioner. Kehadiran ruang jender ini mempengaruhi
pilihan dan respon wanita terhadap situasi berdasarkan interioritas wanita yang
dihadapi setiap harinya.

ABSTRACT
Urban transportation is one of the public areas which become routine Jakarta
citizen. Sexual harassment that frequently happened to transportation renders
women as object of the crime, which create feeling restless and frightened on the
women‟s interiority in travel with public transport. Gender space for some of
public transport provides the difference interiority of women when they are in
women-only space and public space. This thesis discusses presence and impact of
gender space on women response in segregation and non-segregation space.
Methods of this research are observations on the situation of KRL, interviews, and
collecting datas from online questionnaires. This space presence gender influence
the choice and women‟s response to the situation based on womem‟s interiority in
everyday life."
2016
S64297
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>