Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 126969 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dimas Pungky Adipratama
"Batuan sekismika dengan jenis batuan spodumene dan lepidolite adalah batuan yang mengandung logam-logam berharga di dalamnya, dimana salah satu dari unsur logam-logam berharga tersebut terdapat unsur kandungan litium. Penelitian ini dilakukan untuk melakukan benefisiasi atau peningkatan terhadap kadar litium yang terkandung dalam batuan sekismika dengan tahapan proses hidrometalurgi menggunakan proses froth flotasi. Dalam percobaan ini bongkahan besar batuan pertama kali akan melalui tahapan crushing dan milling untuk menjadikan batuan menjadi bentuk serbuk halus hingga berukuruan -100 mesh. Kemudian, proses hidrometalurgi dimulai menggunakan tahapan flotasi dengan menggunakan kolektor berupa campuran dodecylamine dengan oleic acid dan frother berupa pine oil. Pada tahapan proses hidrometalurgi ini dilakukan beberapa variasi diantaranya adalah variasi pH (8, 9, 10 dan 11), rasio persen solid (2%, 4%, 6%, dan 8%), dan waktu (5, 10, 15, 20, dan 25 menit). Variasi tersebut dilakukan untuk mengetahui variabel yang menghasilkan persen recovery optimum dari benefisiasi litium. Sampel dan hasil percobaan ini dianalisis menggunakan ICP untuk mengetahui konsentrasi litium setelah dilakukan proses benefisiasi dengan metode hidrometalurgi tersebut. Hasil dari proses benefisiasi kadar litium dengan perolehan persen recovery terbaik terjadi pada variasi waktu 5 menit dan 15 menit, kemudian dengan variasi variabel 4% solid dan 6% solid, serta variabel pH terbaik pada pH 9. Nilai persen recovery optimum pada penelitian ini adalah 82,35% yang bersumber dari larutan terapung pada hasil flotasi dengan variasi waktu 15 menit, 6% solid, dan pH 9

Mica Schist rocks with spodumene and lepidolite types are rocks that contain precious metals in them, where one of the precious metal elements contains lithium. This research was conducted to perform beneficiation or increase the level of lithium contained in mica schisc rocks with the process of the hydrometallurgy using the froth flotation process. In this experiment, boulder of mica schisc rocks will first go through the stages of crushing and milling to turn the mica schisc rocks into a fine powder up to -100 mesh in size. Then, the hydrometallurgical process was started using a flotation step using a collector in the form of a mixture of dodecylamine with oleic acid and pine oil as the frother. During this step of the hydrometallurgical process, several variations were carried out including variations in pH (8, 9, 10 and 11), percent solid ratio (2%, 4%, 6%, and 8%), and time (5, 10, 15, 20 , and 25 minutes) to find out in which variation the highest percent recovery from the lithium beneficiation can occur. The sample and the results of this experiment are characterized by the ICP process to determine the lithium content after the beneficiation process using the hydrometallurgical method is carried out. The results of the lithium beneficiation process with the best percent recovery gain occurred at a time variation of 5 minutes and 15 minutes, then with a variable variation of 4% solid and 6% solid also the best pH variable at pH 9. The optimum percent recovery value in this study was 82.35% which was sourced from the floating solution on the flotation results with variations in time of 15 minutes, 6% solid, and pH 9"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Firdaus
"Pengembangan teknologi baterai di dunia saat ini menjadi salah satu alternatif sumber tenaga pada kendaraan otomotif. Perkembangan terkini teknologi baterai telah sampai pada penggunaan lithium karbonat (Li2CO3) sebagai bahan baku untuk menghasilkan baterai Lithium Ion. Oleh karena itu, kebutuhan material baku Li2CO3 akan meningkat sejalan dengan perkembangan riset baterai Lithium Ion ini. Di sisi lain, Indonesia disinyalir memiliki sumber daya alam mineral spodumene (LiAl(SiO3)2) dalam jumlah besar dan potensial untuk diproses menjadi Li2CO3. Proses ekstraksi spodumene menjadi Li2CO3 sebenarnya telah banyak dilakukan peneliti dan industri. Namun demikian, teknologi proses ekstraksi yang ada memiliki tahapan proses yang panjang dan melibatkan reagen dalam jumlah besar. Oleh karena itu, dibutuhkan proses yang lebih sederhana dan efisien. Dengan latar belakang tersebut, diusulkan teknologi ekstraksi hidrometalurgi baru dengan bahan caustic (NaOH) sebagai pelarut dalam proses pelindian untuk mendapatkan Li2CO3 pada penelitian ini. Campuran senyawa SiO2-Al2O3-LiOH yang dipanggang pada suhu 12000C digunakan sebagai mineral sintetis pengganti spodumene. Karakterisasi material dilakukan untuk menguji dan mengamati sifat fisika, kimia dan komposisi bahan mineral dan hasil ekstraksi yang didapatkan. Didapatkan perolehan maksimum lithium sebesar 9 % pada pelindian dengan NaOH selama 70 menit dan 8 % pada karbonasi dengan CO2 selama 10 dan 20 menit.

The development of battery technology in the world today to be one of the alternative sources of energy in automotive vehicles. Recent developments in battery technology have come to the use of lithium carbonate (Li2CO3) as a raw material to produce Lithium Ion battery. Therefore, the raw material needs of Li2CO3 will increase in line with the development of the Lithium Ion battery research. On the other hand, Indonesia has natural resources allegedly spodumene (LiAl2SiO6) in bulk and potential for processing into Li2CO3. The spodumene into Li2CO3 extraction process has actually done a lot of research and industry. However, the existing extraction technology has a long process steps and involve large amounts of reagents. Therefore, it takes the process much simpler and efficient. With this background, the proposed new hydrometallurgical extraction technology with caustic material (NaOH) as a solvent in the leaching process to get Li2CO3 was performed. SiO2-Al2O3-LiOH mixture are roasted at a temperature of 12000C, which is used, as a synthetic mineral, to substitute spodumene. Material characterization performed to test and observe the physical, chemical and mineral composition and. It is obtained 9% lithium of leaching with NaOH for 70 minutes and 8% in carbonation with CO2 for 10 and 20 minutes."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S53368
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Afif Denaldy
"Penelitian ini bertujuan untuk menghilangkan kandungan besi dalam larutan sehingga
pada akhirnya produk yang dihasilkan hanya mengandung nikel dan kobalt. Nikel dan
kobalt kemudian akan diolah dalam pembuatan suku cadang baterai lithium. Proses
penghilangan ini menggunakan pereaksi kalsium karbonat (CaCO3), dengan dua
parameter yaitu pH dan konsentrasi. Parameter untuk pH adalah pH 1, pH 2, dan pH 3,
sedangkan parameter lainnya adalah konsentrasi, yaitu konsentrasi 10% dan
konsentrasi 15%. Karakterisasi residu dilakukan dengan dua alat, yaitu SEM EDS dan
XRD. Keduanya merupakan hasil semi kuantitatif. Untuk filtrat digunakan alat ICP
yang datanya bersifat kualitatif. Data tersebut akan difokuskan pada tiga unsur utama
yaitu besi, nikel, dan kobalt. Unsur-unsur tersebut akan dibandingkan berdasarkan data
yang peneliti lakukan, dan dibandingkan dengan data di literatur. Kondisi optimal pada
percobaan ini adaalah pada konsentrasi 10%, suhu 90oC, 2 jam pengadukan dan
pemanasan, pada pH 3.

This study was aiming to remove the iron content in the solution so in the end of the
product will be only nickel and cobalt contained. The nickel and cobalt then will be
process in making the lithium battery parts. This removal process using calcium
carbonate (CaCO3) as the reagent, with two parameters which are pH and
concentration. The parameter for pH is pH 1, pH 2, and pH 3, and the other parameter
is concentration which are 10% concentration and 15% concentration. The
characterization of residue will be done with two tools, which are SEM EDS and XRD.
Both of them are the semi quantitative result. For the filtrate it will used the ICP tools
which the data is qualitative. The data will be focusing on three main elements, which
are iron, nickel, and cobalt. Those elements will be compared based on the data that
the researcher got and compared with the literature data. The optimal condition on
removing the iron content is on 10% reagent concentration, 90oC, 2 hours of stirring
and heating, and at pH 3.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abdul Muzakki
"Separator dapat berfungsi sebagai penghalang fisik untuk mencegah terjadinya korsleting internal antara elektroda dan dapat membentu pergerakan ion elektrolit. Sampai sekarang, separator polimer yang banyak digunakan dalam baterai lithium-ion komersial adalah PP. Namun dalam mempertimbangkan masalah lingkungan, polimer ramah lingkungan juga sedang dikembangkan dalam pembuatan separator. Separator dengan berbahan dasar selulosa asetat dinilai memiliki proses fabrikasi yang lebih ramah lingkungan dan dapat terdegradasi secara alami. Fokus penelitian ini adalah proses fabrikasi separator baterai padat berbasis selulosa melalui metode Pemisahan Fase Terinduksi Non-pelarut (NIPS) dengan pelarut etil asetat dan non-pelarut air. Dalam penilitian ini akan diselidiki pengaruh waktu evaporasi selama proses pencetakkan terhadap morfologi serta performa membran. Pengujian yang dilakukan antara lain Fourier Transform Infrared Spectroscopy (FTIR), porositas, penyerapan elektrolit, keterbasahan membran, tarik, stabilitas dimensi, dan konduktivitas ionik dengan Electrochemical Impedance Spectroscopy (EIS). Pengujian yang dilakukan menghasilkan kesimpulan bahwa peningkatan waktu evaporasi selama proses pencetakkan menurunkan porositas, penyerapan elektrolit, kemampuan pembasahan, dan konduktivitas ionik, namun meningkatkan kekuatan tarik. Sampel CA30 menunjukkan nilai porositas, penyerapan elektrolit, dan konduktivitas ionik yang paling tinggi di antara sampel lainnya dengan nilai sebesar 28,7% ; 40,4% ; dan 1,5 × 10-5 S.cm-1. Sedangkan untuk kekuatan tarik tertinggi didapatkan pada sampel CA50 dengan nilai sebesar 34,02 MPa.

The separator can serve as a physical barrier to prevent an internal short circuit between the electrodes and facilitate the movement of electrolyte ions. Until now, the polymer separator widely used in commercial lithium-ion batteries was PP. However, environmentally friendly polymers are also developed for separator manufacture. Separators made from cellulose acetate have a more environmentally friendly fabrication process and can be degraded naturally. This research focuses on the fabrication process of cellulose-based solid battery separators through the NIPS method with ethyl acetate and non-solvents (water). In this research, the effect of evaporation time during the printing process will be investigated on the morphology and performance of the membrane. Tests carried out included FTIR, porosity, electrolyte uptake, wettability, tensile, dimensional stability, and ionic conductivity with EIS. The tests concluded that increasing the evaporation time during the printing process decreases the porosity, electrolyte absorption, wetting ability, and ionic conductivity. However, it increases tensile strength. The CA30 sample showed the highest porosity, electrolyte absorption, and ionic conductivity values among the other samples with a value of 28.7% ; 40.4% ; and 1.5 × 10-5 S.cm-1. Meanwhile, the highest tensile strength was found in the CA50 sample with a value of 34.02 MPa."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Balqis Nabilah
"Li4Ti5O12 merupakan senyawa yang banyak digunakan pada anoda baterai litium ion karena sifatnya zero strain dan terhindar dari pembentukan SEI. Namun, LTO memiliki konduktifitas elektrik yang rendah 10-9 S/cm sehingga ditambahkan unsur Sn untuk meningkatkan konduktifitas elektriknya dan meningkatkan kapasitas spesifiknya. Namun, pada unsur Sn terjadi perubahan volume yang besar hingga saat proses charge/discharge. Untuk menyelesaikan masalah ini ditambahkan karbon yang telah diaktivasi karena memiliki sifat konduktifitas elektrik yang baik dan dapat menahan ekspansi volume yang terjadi. LTO-C disintesis dengan metode sol-hidrotermal sebelum dicampur dengan unsur Sn menggunakan metode mekanokimia. Variasi persentase penambahan karbon aktif yang digunakan adalah 1wt, 3wt, dan 5wt. Karakterisasi yang digunakan yaitu XRD dan SEM EDS. Untuk pengujian performa baterai dilakukan pengujian EIS, CV, dan CD. Penelitian ini membahas efek penambahan karbon aktif pada komposit LTO/Sn. Performa elektrokimia paling baik diperoleh sampel LTO3 C/15 Sn.

Li4Ti5O12 is a widely used compound on the lithium ion battery due to its zero strain property and could avoid SEI formation. However, LTO has a low electrical conductivity 10 9 S cm so Sn is added to increase its electrical conductivity and specific capacity. But in Sn can occur large volume changes when charge discharge process. To solve this problem activated carbon is added because it has good electrical conductivity and can withstand the volume expansion. LTO C was synthesized by sol hydrothermal method before we mix it with Sn using mechanochemical method. The variation of activated carbon addition was 1wt , 3wt , and 5wt . XRD and SEM EDS were used for material characterization. For the battery performance testing we used EIS, CV, and CD. This research will explain the effect of carbon active addition on composite LTO Sn. LTO3 C 15 Snhas the best electrochemical performance."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bambang Prihandoko
"Komposit elektrolit dibuat dalam bentuk plat sebagai komponen sel baterai lithium. Komposit elektrolit ini bermatrik soda lime silica atau windows glasses dan menggunakan filler LTAP ( Lithium Titanium Aluminum Phosphate ). Tetapi tahap pertama dilakukan pembuatan gelas konduktif dengan mencampurkan soda lime silica dan Li2O dalam variasi penambahan. Kemudian komposit dibuat dengan menvariasikan filler LTAP dari 0%wt sampai 80%wt.
Pembuatan plat komposit dilakukan dengan metoda sheet cating atau press yang menggunakan hydraulic press. Sampel dibuat pada ukuran 2cmx2cm dengan tebal hamper 1 mm. Sampel selanjutkan dipanaskan pada suhu di atas Tg soda lime silica, yaitu 6000C selama 1 jam, sehingga matrik melembek dan berfungsi sebagai perekat. Plat komposit kemudian didinginkan cepat ( quenching ) dengan nitrogen cair pada suhu -1000C. Sampel dikarakterisasi dengan XRD, SEM-EDX, konduktifitas, mikro hardness, porositas dan densitas.
Komposisi matrik terbaik adalah 92,5%wt soda lime silica dan 7,5%wt Li2O. Dan komposisi komposit terbaik adalah 75%wt LTAP dan 25%wt soda lime silica. Porositasnya mencapai 40%. Analisa SEM menunjukan bahwa soda lime silica dapat berfungsi sebagai lem. Analisa XRD menyatakan bahwa LTAP tidak bereaksi dan soda lime silica tidak berubah dan tetap berstruktur amorf. Konduktifitas ioniknya berada di sekitar 10-7 S/cm akibat banyaknya pori. Pada pengujian performance, komposit memberikan respon yang baik dengan bahan elektroda grafit dan LiMn2O4 dalam pengujian impedansi EIS. Komposit LTAP dan soda lime silica dapat digunakan sebagai lembaran elektrolit.

The composite electrolyte materials had make in the plat form as a component of lithium battery. The composite has a matrix of soda lime silica ( window glasses ) and a filler of (Lithium Titanium Aluminum Phosphate ). But the first step is to make conductive glasses with a mixing material of soda lime silica and variation composition Li2O. Then the composition of composite has a variation of LTAP filler from 0% wt to 80% wt.
Composite plate had form with press method of sheet casting or hydraulic press. Then plate sample has sinter on the temperature above Tg, namely 6000C, so that the matrix can use as glue. After sintering of 1 hour plate quenched with nitrogen liquid on temperature of ? 1000C. The samples are 2 cm x 2 cm with thickness of 1 mm. The samples have analyzer with XRD, SEM-EDX, EIS, micro hardness, porosity and density.
The best composition of conductive glasses is 92.5%wt of soda lime silica and 7.5% wt of Li2O. And the best composition of composite is 75%wt LTAP and 25%wt soda lime silica. The porosity of plat composite is ca. 40%. SEM analysis has that soda lime silica can to function as glue on the composite. XRD analysis has that LTAP don?t react with soda lime silica and soda lime silica don?t change and has the same structure as amorphous. The ionic conductivity of plat composite is ca.10-7 S/cm. In the test of electrolyte performance, the composite give a good respond with the electrode materials of graphite and LiMn2O4 in the EIS test. The composite can a good function as electrolyte.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
D1214
UI - Disertasi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Tin Rahmiati
"Baterai lithium sebagai kandidat komponen anoda mempunyai keunggulan dibanding material baterai lainnya. Anoda Li4Ti5O12 mempunyai sifat zero strain material, yaitu mempunyai struktur yang tetap pada proses charging/discharging dengan siklus yang berulang-ulang. Artinya, anoda Li4Ti5O12 mempunyai kapasitas yang tinggi pada siklus charging/discharging yang lama sehingga membuat baterai lebih tahan lama. Pembuatan anoda baterai Li4Ti5O12 menjadi komposit dengan keramik gelas sebagai matriks menghasilkan anoda baterai Li4Ti5O12 yang mempunyai sifat mekanis yang baik. Penambahan elektrolit Li2O sebagai dopan meningkatkan konduktivitas baterai. Konduktivitas yang diukur dengan metode EIS (Electrochemical Impedans Spectrometry) menunjukkan adanya konduktivitas bulk dan konduktivitas batas butir (grain boundary). Konduktivitas bulk diperoleh dari konduktivitas Li4Ti5O12 yang menunjukkan konduktivitas yang relatif tetap sehingga penambahan Li2O tidak berpengaruh terhadap Li4Ti5O12. Hal ini membuktikan bahwa Li2O tidak masuk ke dalam struktur Li4Ti5O12. Konduktivitas batas butir mengalami perubahan seiring dengan penambahan Li2O sebesar 2%, 4%, 6%, 8% dan 10%. Konduktivitas batas butir optimum diperoleh dari penambahan 4% Li2O yaitu sebesar 2,48x10-6 S/cm. Konduktivitas batas butir menunjukkan konduktivitas total dari anoda baterai lithium karena proses interkalasi saat charging/discharging lebih mudah terjadi pada batas butir. Dengan demikian, penambahan elektrolit Li2O sebagai dopan meningkatkan konduktivitas dari komposit keramik komponen anoda baterai Li4Ti5O12.

Lithium batteries have an excelent characteristic if we compare with other batteries material. Li4Ti5O12 as an anode, have zero strain material characteristic, which stability structure in charging/discharging process with long cycle time. It means, Li4Ti5O12 anode have high capacity in long cycle time so that occur approve life time of batteries. To produce lithium batteries become composite with glass ceramic as a matrix make anode Li4Ti5O12 batteries have good mechanical properties. Addition of electrolyte Li2O as a dopan can improve batteries conductivity. Measuring conductivity use EIS method (Electrochemical Impedans Spectrometry) indicate bulk conductivity and grain boundary conductivity. Bulk conductivity shows Li4Ti5O12 conductivity indicate relative fix so addition of Li2O not influence to Li4Ti5O12. That is approve Li2O not entered to Li4Ti5O12 structure. Grain boundary conductivity has change when added 2, 4, 6, 8 and 10 % Li2O. Grain boundary optimum conductivity get with addition of 4% Li2O which 2,48x10-6 S/cm. Grain boundary conductivity shows total conductivity from anode lithium batteries because of intercalation process when charging/discharging at grain boundary is more easily. So, addition of electrolyte Li2O as a dopan can improve conductivity of ceramic composites anode Li4Ti5O12 baterries componen."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
T29867
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Adream Bais Junior
"Pemisah pada baterai lithium-ion (LIB) berfungsi sebagai pemisah antara anoda dan katoda untuk mencegah terjadinya arus pendek, namun tetap memungkinkan pergerakan ion elektrolit. Pemisah yang banyak digunakan dalam LIB komersial biasanya berbahan dasar poliolefin. Pemisah baterai yang terbuat dari bahan ramah lingkungan seperti selulosa asetat memiliki sifat mekanik dan termal yang sesuai, tidak beracun, dan hidrofilisitas yang baik. Fokus penelitian ini adalah karakteristik membran pemisah LIB berbahan selulosa asetat yang diproduksi menggunakan Temperature and Non-solvent Induction Phase Separation (N-TIPS) dengan DMSO dan pelarut non-udara, serta penambahan asam sitrat. sebagai agen pengikat silang. Pada penelitian ini yang menjadi fokus utama adalah pada variasi konsentrasi asam sitrat yaitu 0%; 5%; 10%; dan 15%. Hasil penelitian menunjukkan kuat tarik setelah penambahan asam sitrat sebesar 38,543 MPa; 68.291 MPa; 73.093 MPa; dan 68,963 MPa serta elongasi sebesar 5,334%; 8,908%; 6,575%; 7,130%; 50,093% untuk 0%; 5%; 10%; dan konsentrasi asam sitrat 15%, masing-masing. Selain itu, konduktivitas ionik membran ini adalah 2,16 × 10-5 S/cm; 2,53 × 10-7 S/cm; 6,63 × 10-9 S/cm; dan 3,91×10-7 S/cm sebesar 0%; 5%; 10%; dan konsentrasi asam sitrat 15%, masing-masing. Jika dibandingkan dengan membran Celgard, 4,80 10-6 S/cm, penambahan asam sitrat menurunkan konduktivitas ionik di bawah Celgard. Selanjutnya, membran dengan kinerja terbaik, asam sitrat 10%, memiliki ketahanan termal tertinggi sebesar 3,97%, keterbasahan sebesar 39,26 nM/m, dan porositas sebesar 2,17%.

The separator in a lithium-ion battery (LIB) functions as a separator between the anode and cathode to prevent short circuits, but still allows the movement of electrolyte ions. Separators that are widely used in commercial LIBs are usually polyolefin based. Battery separators made from sustainable materials such as cellulose acetate have suitable mechanical and thermal properties, non-toxicity, and good hydrophilicity. The focus of this research is the characteristics of LIB separator membranes made from cellulose acetate which were produced using a Temperature and Non-solvent Induced Phase Separation (N-TIPS) with DMSO and non-air solvents, as well as the addition of citric acid as a crosslinking agent. In this study, the main focus is on the variation of citric acid concentration, namely 0%; 5%; 10%; and 15%. The result shows a tensile strength after the addition of citric acid with the value of 38.543 MPa; 68.291 MPa; 73.093 MPa; and 68.963 MPa and elongation of 5.334%; 8.908%; 6.575%; 7.130%; 50.093% for 0%; 5%; 10%; and 15% citric acid concentration, respectively. Additionally, the ionic conductivity of these membranes is 2.16 × 10-5 S/cm; 2.53 × 10-7 S/cm; 6.63 × 10-9 S/cm; and 3.91 × 10-7 S/cm for 0%; 5%; 10%; and 15% citric acid concentration, respectively. If compared to Celgard membrane, 4.80 10-6 S/cm, the addition of citric acid lowered the ionic conductivity below Celgard. Furthermore, the best performing membrane, 10% citric acid, has the highest thermal resistance at 3.97%, wettability of 39.26 nM/m, and a porosity of 2.17%."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohammad Ridho Nugraha
"Litium Titanat, Li4Ti5O12 (LTO) adalah kandidat yang menjanjikan sebagai bahan anoda baterai lithium ion. Dalam penelitian ini, LTO/C@ZnO disintesis dengan LTO nanorod dengan metode hidrotermal dari TiO2 xerogel yang dibuat dengan metode sol-gel, litium hidroksida (LiOH), Karbon aktif, dan Zinc Oksida (ZnO) nanorod. Tiga variasi penambahan konten ZnO dalam % berat, yaitu, 4, 7 dan 10%, diberi label sampel LTO/C@ZnO-4, LTO C@ZnO-7 dan LTO/C@ZnO-10. Karakterisasi dilakukan menggunakan XRD, SEM, FE-SEM, dan BET. Ini dilakukan untuk mengamati efek penambahan ZnO pada struktur, morfologi, dan luas permukaan sampel yang dihasilkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kapasitas optimum dari masing- masing sampel adalah 32,84 mAh/g dalam LTO/C@ZnO-4 dengan ukuran kristal 11,86 nm dan luas permukaan 348,736 m2/g. Dalam pengujian cyclic voltametry, menunjukkan pergeseran dalam tegangan reaksi dan pengurangan kapasitas yang disebabkan oleh penambahan C@ZnO dan kurangnya Li4Ti5O12 yang terbentuk.

Lithium titanate, Li4Ti5O12 (LTO) is a promising candidate as lithium ion battery anode material. In this investigation, LTO/C@ZnO was synthesized with LTO nanorod by hydrothermal method using TiO2 xerogel that prepared by the sol-gel method, lithium hydroxide (LiOH), Activated carbon, and Zinc Oxide (ZnO) nanorod. Three variations of ZnO content addition in weight% , i.e., 4, 7 and 10%, labelled as sample LTO/C@ZnO-4, LTO/C@ZnO-7 and LTO/C@ZnO-10, respectively. The characterizations were made using XRD, SEM, FE-SEM, and BET testing. These were performed to observe the effect of ZnO addition on astructure, morphology, and surface area of the resulting samples. Result showed that the optimum discharge capacity from each samples was 32.84 mAh/g in LTO/C@ZnO-4 with the crystallite size of 11.86 nm and the surface area of 348.736 m2/g. In cyclic voltammetry testing, it shows a shift in reaction voltage and reduction in capacity that caused by the addition of C@ZnO and the lack of Li4Ti5O12 that are formed.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rangga Aji Pamungkas
"[Peningkatan temperatur baterai litium-ion pada kendaraan listrik dapat mengakibatkan berkurangnya kapasitas dan jumlah siklus kerja sebuah baterai litium-ion. Bahkan, sel baterai dapat mengalami thermal runaway yang berakibat baterai litium-ion dapat terbakar dan meledak. Salah satu jenis alat penukar kalor yang bisa digunakan sebagai sistem manajemen termal pada baterai litium-ion adalah pipa kalor melingkar pelat datar. Penelitian ini dilakukan untuk menguji kinerja pipa kalor melingkar pelat datar dan mencari nilai hambatan termal yang dihasilkan dengan variasi fluida kerja akuades, alkohol, dan aseton dengan filling ratio sebesar 60%. Dari hasil penelitian ini, aseton merupakan fluida kerja terbaik yang menghasilkan hambatan termal sebesar 0,22 Watt/°C dan temperatur evaporator sebesar 49,89°C pada beban fluks kalor sebesar 1,61 Watt/cm2.;The increasing temperature of lithium-ion battery used in electric vehicle can cause major thermal runaway that can result in battery fire and explosion. One of the heat exchanger that can be used as thermal management system for lithium-ion battery of electric vehicle is Flat Plate Loop Heat Pipe. This research was conducted to test the performance of flat plate loop heat pipe and to determine the thermal resistance of flat plate loop heat pipe that used aquades, alcohol, and acetone as working fluid with 60% of filling ratio. The result showed that acetone is the best working fluid from among of the two other working fluids and had a heat pipe thermal resistance 0.22 Watt/°C with evaporator temperature was 49.89°C under maximum heat flux load of 1.61 Watt/cm2., The increasing temperature of lithium-ion battery used in electric vehicle can cause major thermal runaway that can result in battery fire and explosion. One of the heat exchanger that can be used as thermal management system for lithium-ion battery of electric vehicle is Flat Plate Loop Heat Pipe. This research was conducted to test the performance of flat plate loop heat pipe and to determine the thermal resistance of flat plate loop heat pipe that used aquades, alcohol, and acetone as working fluid with 60% of filling ratio. The result showed that acetone is the best working fluid from among of the two other working fluids and had a heat pipe thermal resistance 0.22 Watt/°C with evaporator temperature was 49.89°C under maximum heat flux load of 1.61 Watt/cm2.]"
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S58609
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>