Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 191571 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Jordy Herfandi
"Lambung kapal perang membutuhkan material dengan spesifikasi ketangguhan yang baik agar dapat menahan beban kejut Biasanya lambung kapal terbuat dari baja jenis HSLA High Strength Low Alloy Baja jenis ini sangat berpotensi untuk ditingkatkan sifat mekanisnya agar sesuai digunakan sebagai material lambung kapal perang khususnya ketangguhan Oleh karena itu penelitian ini mempelajari proses perlakuan panas untuk meningkatkan sifat mekanis baha HSLA grade EH36 khususnya ketangguhan Proses perlakuan panas yang dilakukan adalah Austenisasi pada temperatur 850 900 dan 950 oC selama 20 menit diikuti dengan pendinginan cepat menggunakan media air oli dan oli panas Perlakuan panas selanjutnya adalah Tempering pada temperatur 600 oC selama 30 menit Karakterisasi yang dilakukan meliputi uji kekerasan mikro dan pengujian impak serta pengamatan struktur mikro dengan menggunakan mikroskop optik Hasil dari perlakuan panas berhasil meningkatkan ketangguhan baja HSLA grade EH36 dari 6 80 Joule cm2 menjadi 37 90 Joule cm2 atau 325 lebih tinggi dari ketangguhan kondisi awal Perlakuan panas berhasil mendapatkan fasa ferit acicular yang fraksi volumenya menurun seiring dengan peningkatan temperatur austenisasi yaitu 50 5 pada 850°C 18 pada 900°C dan 9 pada 950°C

Ship hull requires material with specification of good toughness to be able to stand for impact load Usually ship hull is made of HSLA Steel High Strength Low Alloy This type of steel is very potential to be improved on mechanic properties to suit the use in warship hull particularly its toughness Therefore this research studied heat treatment process to improve mechanic properties of HSLA Steel grade EH36 Heat treatment was Austenisation at 850 900 dan 950 oC for 20 minutes followed by quenching in water oil and hot oil Further heat treatment was tempering performed at 600 oC for 30 minutes Characterisation including hardness testing and impact testing as well as microstructure observation by using optical microscope Heat treatment succeed to improve toughness of HSLA steel grade EH36 from 6 80 Joule cm2 to 37 90 Joule cm2 or as much as 325 higher than as rolled condition Heat treatment successfully obtained acicular ferrite which decreases with increasing temperature 50 5 at austenisation 850°C 18 at austenisation 900°C and 9 at austenisation 950°C
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S58353
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Faris Naufal
"Proses perlakuan panas dilakukan terhadap baja EH36 untuk mendapatkan ferit acicular guna memperoleh baja dengan ketangguhan tinggi untuk aplikasi lambung kapal perang. Perlakuan panas tersebut terdiri dari austenisasi pada 9000C selama 5, 15, dan 25 menit diikuti dengan pendinginan di media air, oli, dan oli panas kemudian temper pada 2000C selama 1 jam lalu didinginkan di media air. Karakterisasi yang dilakukan mencakup pengamatan struktur mikro dengan mikroskop optik, uji kekerasan Vickers, dan uji impak Charpy. Fasa yang didapat diidentifikasi dengan membandingkan dengan literatur. Perlakuan panas tersebut berhasil menghasilkan struktur mikro ferit acicular dengan ukuran butir yang sangat halus. Didapat kecenderungan dimana fraksi ferit acicular meningkat dengan meningkatnya waktu austenisasi dari 8% menjadi 11% untuk media air, 17% menjadi 21% untuk media oli, dan dari 10% menjadi 24% untuk media oli panas. Fraksi tertinggi sebesar 24% didapat pada waktu austenisasi 25 menit diikuti dengan pendinginan oli panas. Didapat pula ketangguhan yang meningkat dari 6.80 J/cm2 pada kondisi awal menjadi 33.2 J/cm2 untuk waktu austenisasi 25 menit yang diikuti dengan pendinginan oli.

Heat treatment was conducted on EH36 steel to obtain acicular ferrite in order to achieve high toughness for ship hull application. The heat treatment consists of austenitization at 9000C for 5, 15, and 25 minutes followed by cooling in water, oil, and hot oil and then tempered at 2000C for 1 hour followed by cooling in water. Characterization consists of metallography examination with optical microscope, Vickers hardness test, and Charpy impact test. Phases within the steel were identified by comparing with literature. The heat treatment was able to produce very fine acicular ferrite structure. There is a tendency where acicular ferrite volume fraction increases by increasing austenitization time from 8% to 11% in water quenching, 17% to 21% in oil quenching, and 10% to 24% in hot oil quenching. Highest fraction of 24% was obtained in 25 minute austenitization followed by hot oil quenching. Toughness was also increased from 6.80 J/cm2 before heat treatment to 33.2 J/cm2 in 25 minute austenitization followed by oil quenching. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S58611
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Achmad Tri Sudrajat
"Lambung kapal biasanya terbuat dari baja HSLA (High Strength Low Alloy). Baja ini sangat potensial untuk ditingkatkan sesuai dengan spesifikasi untuk lambung kapal perang, khususnya ketangguhan. Oleh karena itu, penelitian ini mempelajari proses perlakuan panas untuk meningkatkan sifat mekanis baja HSLA grade AH36. Baja ini diproduksi oleh PT. Krakatau Steel, yang memiliki kandungan karbon 0.062 %. Perlakuan panas yang dilakukan adalah austenisasi pada 900 oC selama 10 menit, diikuti dengan pendinginan dengan media air, oli, dan udara. Perlakuan panas selanjutnya adalah tempering, yang dilakukan pada 200 oC selama 20 menit diikuti dengan pendinginan air. Karakterisasi meliputi uji kekerasan, pengujian impak, dan pengujian tarik, serta pengamatan struktur mikro dengan menggunakan mikroskop optik dan SEM (Scanning Electron Microscope) - EDX. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efek dari perlakuan panas quenching tempering meningkatkan kekuatan dan ketangguhan, khususnya material as-quenching tempering menggunakan media air. Dengan meningkatnya kekuatan dan ketangguhan baja HSLA grade AH36, material ini berada dalam range nilai kekuatan dan ketangguhan material baja HSLA grade AH40.

Ship hull is usually made by HSLA (High Strength Low Alloy) steel. This steel is potential to be improved to suit the specification for warship hull, which is required to be toughness. Therefore, this research studied the heat treatment process to increase the properties of AH36 grade HSLA steel. The steel was produced by PT. Krakatau Steel, which has a carbon content of 0.062%. Heat treatment was heated by austenization at 900 oC for 10 minutes, followed by quenching in water, oil, and air. Further heat treatment was tempering, which was performed at 200 oC for 20 minutes followed by water quenching. Characterrization included hardness, impact testing, and tensile testing, as well as microstructure observations by using optical microscope and SEM (Scanning Microscope Electron) - EDX. The results show effect of heat treatment quenching tempering increases strength and toughness, especially as-quenching tempering material using water media.With the increase of strength and toughness of AH36 grade HSLA steel, this material is in the range of values the strength and toughness of AH40 grade HSLA steel."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S44651
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
R. Dwisunu Aji Ibrahim, auhtor
"Lambung kapal terbuat dari baja ABS grade A dengan spesifikasi ABS (American Bureau of Shipping), dengan persyaratan kekuatan dan ketangguhan yang tinggi. Dalam penelitian ini, perlakuan panas Quenching dan Tempering (QT) dilakukan untuk pelat baja ABS grade A yang dibuat oleh PT. Krakatau Steel, untuk mendapatkan kekuatan dan ketangguhan yang tinggi. Setelah austenisasi pada temperatur 900 °C selama 10 menit diikuti dengan Quenching dalam air, oli dan udara. Tempering dilakukan pada temperatur 200 °C selama 20 menit. Laju pendinginan direkam oleh data akuisisi. Dilakukan pengujian tarik, impak (pada temperatur 0 °C, -20 °C dan -40 °C), Kekerasan dan pengamatan struktur mikro.
Penelitian menunjukkan bahwa perlakuan panas Quenching dan Tempering (QT) dapat meningkatkan kekuatan dan ketangguhan pelat baja ABS grade A. Kuat tarik baja ABS grade A dengan media quenching air dan oli temper /as-QT (626 N/mm² dan 548 N/mm²) memiliki kekuatan tarik yang lebih tinggi dibandingkan sampel as-rolled ( 515 N/mm²). Nilai kekerasan sampel ABS A as-QT air (314 BHN) mengalami kenaikan 182 % dari ABS A as-rolled (173 BHN) pada posisi transversal. Namun mengalami penurunan nilai kekerasan setelah proses tempering sebesar 29,37 % dari nilai Quenched. Nilai impak untuk baja as-QT air (319 Joule) meningkat 10 kali dari nilai impak as-rolled (31 Joule) pada temperatur impak -40 °C. Perlakuan panas Quenching-Tempering dapat merubah mikro struktur dari ABS A as-rolled (ferit dan perlit ) menjadi ABS as-QT (ferit, bainit dan sisa austenit). Perlakuan panas QT air dapat meningkatkan kekuatan tarik, kekerasan dan ketangguhan pada baja ABS A as-rolled.

Hull ship are made of ABS steel plate with the ABS (American Bureau of shipping) grade A specification’s and high strength and toughness requirement. In this research the ABS grade A steel made by PT. Krakatau Steel, has been heat treated by quenching and tempering (QT) process to obtain the high strength and toughness requirement. After austenization process at 900 °C with the holding time of 10 minutes, the steel was quenched in water,oil and air media. Tempering treatment has been done at temperature of 200 °C with the holding time of 20 minutes. Cooling rate were recorded by data aquisition. Moreover, tensile testing, impact (at temperature of 0 °C, -20 °C and -40 °C), hardness test and microstructure observations has been conducted.
The research shown that Quenching and Tempering (QT) heat treatment can improve ABS’s-grade A steel plate strength and toughness. Tensile strength ABS grade A steel with water and oil quenching media tempered / as-QT (626 N/mm ² and 548 N/mm ²) has a higher tensile strength compared to as-rolled samples (515 N/mm ² ). Value hardness as-QT water (314 BHN) increased 182% from ABS A as-rolled (173 BHN) in transverse position. But hardness has decreased values after tempering at 29.37% of the value of quenched. Impact values for the as-QT water (319 Joule) increased 10 times of the value of impact as-rolled (31 Joule) impact on the temperature of -40 ° C. Improvement in the microstructure of the as-rolled ABS A (ferrite and pearlite) into ABS as-QT (ferrite, bainite and residual austenite). QT-water heat treatment can improve the tensile strength, hardness and toughness of the steel ABS A as-rolled.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S55852
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Taufiqurrachman
"Sebuah studi dilakukan untuk mengetahui hubungan struktur mikro dan ketangguhan impak dengan berbagai kandungan unsur nikel di dalam elektroda pada pengelasan baja SM570-TMC dengan multi-pass flux-cored arc welding. Logam induk yang digunakan adalah plat baja SM570-TMC dengan ketebalan 16 mm. Pengelasan dilakukan dengan metode flux-cored arc welding (FCAW) dengan posisi datar (1G). Tiga buah plat SM570-TMC dilas dengan elektroda-eletroda yang memiliki kandungan nikel yang bervariasi: 0,4%, 0,8%, dan 1,4% nikel. Efek dari kandungan nikel terhadap plat hasil pengelasan dipelajari pada studi ini. Inverstigasi terdiri dari observasi struktur mikro dan pengujian mekanik. Hasilnya menunjukkan pada temperatur 25 dan 0 oC tidak ada perbedaan kekuatan impak logam las yang signifikan antara 0,4% Ni dan 0,8% Ni. Akan tetapi pada -20 oC, logam las dengan elektroda 0,8% Ni menunjukkan kekuatan impak yang jauh lebih baik. Hal ini karena pembentukan ferit asikular (AF) pada logam las 0,8% Ni mampu meningkatkan ketangguhan impaknya pada temperatur rendah. Di satu sisi, logam las dengan 1,4% Ni menunjukkan ketangguhan impak yang rendah pada semua temperatur pengujian. Adanya segregasi mikro akibat tingginya konsentrasi Ni mampu menurunkan ketangguhan impaknya.
A study was carried out to evaluate the relationship of microstructure and impact toughness for different nickel level of electrodes in multi-pass flux-cored arc welded SM570-TMC steel joint. The base metal used in this study was SM570-TMC plate with 16 mm thickness. The multi-pass welds were run by using flux-cored arc welding (FCAW) with the flat position (1G). Three SM570-TMC welded plates were fabricated with varying amount of nickel content of electrodes, 0.4%, 0.8% and 1.4% nickel. The effects of nickel were studied on the weld metals. The investigations consist of observation on the microstructure and mechanical tests. The results showed that there are no significant differences of impact energy at 25 and 0 oC between weld metal using 0.4% Ni and 0.8% Ni electrode. However, at -20 oC, the impact energy of 0.8% Ni weld metal is far more superior than the other. The formation of acicular ferrite (AF) on 0.8% Ni weld metal seems effetively improve its low temperature impact toughness. On the other hand, 1.4% Ni weld metal has the lowest impact toughness at all temperature. The higher Ni content caused microsegregation and significantly lower its impact toughness."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Yunan Hasbi
"Penelitian ini bertujuan memperoleh parameter optimal variabel proses dalam menghasilkan baja bainit Fe-Ni dengan kekuatan mencapai 1400 MPa yang mengacu standar rel tipe R60. Penelitian dilakukan dengan memvariasikan kandungan Ni yaitu 0%, 1%, 2%, 3% dan 4% berat. Selanjutnya sampel baja dilakukan canai dingin dengan variasi reduksi 10%, 30%, 50% dan 70%. Proses pemanasan diawali dengan austenisasi pada suhu 945 °C selama 20 menit dan dilanjutkan proses austemper pada suhu 400 °C selama 30 menit kemudian didinginkan menggunakan dua jenis media pendingin yaitu air dan udara. Struktur mikro dari analisis metalografi menggunakan etsa warna menunjukkan fasa bainit mulai terbentuk pada sampel Fe-3Ni. Ukuran butir semakin kecil seiring peningkatan unsur Ni. Adanya unsur Si mampu menekan pembentukan sementit karbida dengan dibuktikan tidak adanya kemunculan karbida melalui analisis Scanning Electron Microscopy (SEM). Analisis fasa juga dilakukan menggunakan X-Ray Diffraction (XRD). Pengujian tarik menunjukkan nilai optimal diperoleh pada baja Fe-4Ni red.70% berpendingin udara dengan nilai mencapai 972 MPa. Nilai kekerasan juga mengalami peningkatan seiring peningkatan unsur Ni.

The purpose of this study is to obtain optimal parameters from each variable process in producing Fe-Ni bainite steel with the target tensile strength up to 1400 MPa that fulfill the R60 standard. The study was conducted by varying the Ni content in steel which is 0%, 1%, 2%, 3% and 4% wt. Furthermore, steel specimens were carried out through cold rolled with various reduction of 10%, 30%, 50%, and 70%. The heating process starts at 945° C for 20 minutes and followed by austempering at 400 ° C for 30 minutes then cooled using two types of cooling media namely water and air. The microstructure of metallographic by color etching showed that the bainite phase appears to form in Fe-3Ni specimens for all cooling media. Grain size gets smaller as the nickel content increases. There was no indication about the existence of cementite carbide as evidenced by Scanning Electron Microscopy (SEM) analysis. Phase analysis was also carried out using X-Ray Diffraction (XRD) for further information. Tensile testing shows that the optimal value was obtained in red.70% Fe-4Ni steel with air cooling that is 972 MPa. The hardness also increases as Ni content increase.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
T53206
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gilang Prabowo
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh deformasi dan temperatur deformasi terhadap besar butir ferit dan persentase fasa ferit pada Baja HSLA A572 Grade 50 hasil proses canai panas. Benda uji berupa baja paduan rendah kekuatan tinggi (HSLA) dengan kandungan 0.028% Nb, 0,0085%C dan sejumlah kecil paduan lainnya yang di reheating pada temperatur sekitar 1150°C kemudian dilakukan canai panas pada temperatur 850°C dan 950°C dengan besar reduksi 0,1; 0,2; 0,3 kemudian dilakukan pendinginan udara. Perhitungan besar butir menggunakan metode intercept (ASTM E112). Dari hasil penelitian didapat dengan bertambahnya deformasi maka besar butir ferit akan semakin mengecil dan semakin besar laju pendinginan maka persentase fasa ferit yang dihasilkan akan semakin kecil.

The main purpose of this research is to study the effect of deformation and temperature deformation to the ferrite grain size and percentage of ferrite phase at HSLA A572 Grade 50 steel as a hot rolling process product. The specimen is High Strength Low Alloy Steel with 0,0285Nb, 0,0085%C content and other low alloy that reheated at 1150°C temperature and then hot rolled at 850°C and 950°C with deformation 0,1; 0,2 and 0,3 then air cooled. The measurement of ferrite grain use interceipt method (ASTM E112). The experiment results show that the increasing of percent deformation will cause a smaller ferrite grain size and the increasing cooling rate will cause smaller percentage of ferrite phase."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S52030
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Sutrisno
"ABSTRAK
Pengerasan permukaan baja karbon rendah St41 telah dilakukan melalui proses boronisasi padat dengan tekanan mekanik. Sampel baja St41 dimasukkan kedalam wadah, ditimbun dengan serbuk boronisasi dalam bentuk campuran 5% boron karbida (B4C), 90% silicon karbida (SiC), 5% kalium borofluoride (KBF4), dan diberi tekanan 10 kN. Sampel yang telah dimasukkan dalam wadah, dipanaskan pada temperature 600, 700, 800, 900,dan 10000C selama 2, 4, 6, dan 8 jam pada masing-masing temperature. Pendinginan sampel dilakukan secara alamiah pada suhu kamar. Setelah dipanaskan, sampel dikarakterisasi dengan mikroskop optic, uji kekerasan mikro, X-RD, dan ketahanan aus. Morfologi dan ketebalan lapisan boride yang terjadi diamati dan diukur pada potongan melintang sampel. Untuk menentukan fase yang terjadi dilakukan pencocokan kurva dengan software Match berdasarkan data kristalografi. Untuk menganalisis fase secara kuantitatif digunakan software GSAS untuk menentukan ukuran kristalit rata-rata, dan parameter kisi, pada masing-masing fase yang terbentuk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menambahkan tekanan mekanik untuk mencegah terjadinya oksidasi pada proses boronisasi padat dapat membentuk larutan padat intertisi lapisan besi boride pada permukaan baja St41. Dari hasil pengujian diperoleh kekerasan mikro pada permukaan lapisan besi boride sebesar 1703 HV dengan ketebalan 309 μm, dan ketahanan aus 36 kali ketahanan aus sampel semula. Harga kekerasan mikro dan ketebalan tersebut lebih besar jika dibandingkan dengan hasil-hasil penelitian terdahulu dan meningkat menjadi lebih dari 10 kali lipat harga kekerasan sampel semula. Dari hasil perhitungan diperoleh persamaan difusi D = D0 exp (-168,25 kJ/RT) dengan energi aktivasi sebesar 168,25 kJ.

ABSTRACT
Surface hardening of low carbon steel St41 has been done through the pack boronizing combining with mechanical pressure. The sample of St41 steel was inserted into the container, containing boronizing powder with a mixture of 5% in the form of boron carbide (B4C), 90% silicon carbide (SiC), 5% potassium borofluoride (KBF4), and given the mechanical pressure of 10 kN. Samples were heated at temperatures of 600, 700, 800, 900, and 10000C for 2, 4, 6, and 8 hours at each temperature. After heating, the samples were characterized by optical microscop, micro-hardness, X-RD, and wear resistance. Morphology and boride layer thicknes is observed and measured on a cross section of the sample. Quantitative phase analysis software GSAS used to determine phase, the average crystallite size, and lattice parameters of each phase formed. It is also obtained the surface layer hardness of iron boride was 1703 HV with a thickness of 309 μm, and wear resistance about 36 times than the wear resistance of the untreated sample. The hardness and the thickness is greater when compared with the results of previous studies 10 times to the hardness of untreated sample. Energy activation and diffusion equation have value 168,255 kJ and D = D0 exp (-168.25 kJ/RT).
"
2014
D1921
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tampubolon, Juristy Jerry Hartarto
"Telah diketahui bahwa deformasi plastis pada temperatur tinggi dapat meningkatkan sifat mekanis dari logam. Peningkatan sifat mekanis ini disebabkan oleh pengendalian struktur mikro. Sifat mekanis yang dihasilkan dipengaruhi oleh ukuran butir ferrit yang terbentuk. Pada penelitian kali ini dilakukan proses termomekanik terhadap baja HSLA A572 untuk mengetahui pengaruh besar reduksi pada temperatur tinggi terhadap distribusi ukuran butir ferrit.
Didapatkan bahwa ukuran butir ferrit pada bagian ketebalan memiliki nilai yang berbeda. Perbedaan ukuran antara permukaan atas dan bawah tidak memiliki nilai yang sangat signifikan terhadap nilai kekerasan. Sementara itu ukuran butir bagian tengah pada dimensi ketebalan sampel memiliki nilai yang paling rendah untuk setiap variasi besar reduksi.

It has been known that plastic deformation at high temperatures could increase the mechanical properties of a metal. Improved mechanical properties is due to the microstructure control. The resulting mechanical properties is influenced by the ferrite grain size. In the present study thermomechanical process was performed on A572 HSLA steels to investigate the influence of hot roll reduction at elevated temperature to the ferrite grain size distribution.
It was found that the ferrite grain size on the thickness has a different value for each position. Difference in size between the upper and lower surfaces have no significant value to the value of hardness properties. While the grain size at the center of the sample thickness dimension has the lowest value for any of the variation reduction.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S53029
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Amri Kiswara
"Studi terhadap penghalusan butir terus dikembangkan untuk mendapatkan sifat mekanis yang lebih baik pada baja karbon rendah. Ferit merupakan salah satu fasa yang sering ditemui dalam struktur mikro baja karbon rendah. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui proses perubahan morfologi butir ferit dengan variasi temperatur canai hangat yaitu berkisar antara 500_C-700_C dan sifat mekanis yang dihasilkan dengan melihat strukur mikro, nilai kekerasannya, juga ketahanannya terhadap laju korosi polarisasi. Proses yang diterapkan ialah proses canai hangat (warm working) yang berbasis pada proses Thermomechanical Treatment dimana terjadi modifikasi terhadap temperatur pemanasan ulang dan temperatur akhir deformasi canai, dengan waktu tahan 120 menit dan deformasi searah tunggal sebesar 70% dengan menggunakan mesin rol berkapasitas 20 ton dan didinginkan dengan pendinginan udara. Baja karbon rendah yang digunakan mengandung 0.12%C. Untuk melihat fasa ferit digunakan nital 3% dan perhitungan butir ferit dengan menggunakan metode Heyn Intercept sesuai ASTM E112. Untuk mengetahui ketahanan korosi digunakan uji polarisasi di larutan garam NaCl 3.5% yang sesuai dengan ASTM G102. Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa ukuran butir ferit tereduksi sesudah dilakukan pemanasan ulang dan deformasi dengan diameter terkecil yang didapat sekitar 6.54 _ 0.34 _m, dan nilai kekerasannya yang menurun serta laju korosi yang semakin menurun seiring dengan menurunnya nilai kekerasan yaitu ketika nilai kekerasannya 162.966 HVN dan laju korosinya polarisasinya yaitu 2.063 mpy.

Studies of grain refinement have continued to be developed to obtain better mechanical properties in low carbon steel. Ferrite is one of the most common phases in the microstructure of low carbon steel. The purpose of this study was to determine the process that changes the morphology of ferrite grains with warm rolling temperature variation ranging from 500_C - 700_C and mechanical properties generated by looking at the microstructure, hardness values, as well as the corrosion resistance to polarization test. The process applied is the warm working process based on the modification process of thermomechanical treatment on the reheating temperature and the final rolling deformation temperature, with holding time applied is 120 minutes and a single unidirectional deformation of 70% by using roller machine capacity with 20 tons and then cooled with air cooling. Low carbon steel that used contains 0.12%wt carbon. Nital 3% was used to view the ferrite phase and ferrite grain calculation used Heyn Intercept method according to ASTM E112. Polarization test was used for determining corrosion resistance in 3.5% NaCl saline solution in accordance with ASTM G102. The test results showed that the ferrite grain size is reduced after reheating and deformation applied with the smallest diameter of ferrite grain size is obtained around 6.54 _ 0.34 ?m, and value of its hardness and corrosion rate decreases with decreasing the hardness value when the value of hardness reached 162.966 HVN and corrosion rate of polarization test is 2.063 mpy."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S51547
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>