Ditemukan 62184 dokumen yang sesuai dengan query
Tikah Nur Utami
"Tahap pemilihan rute merupakan salah satu tahap dalam perencanaan transportasi, yang bertujuan untuk mendapatkan flow kendaraan pada setiap ruas jalan. Masalah pemilihan rute ini dapat dimodelkan berdasar pada Prinsip Keseimbangan yang dikemukakan oleh Wardrop, di mana waktu tempuh perjalanan untuk setiap rute yang menghubungkan daerah asal dengan daerah tujuan yang sama memiliki waktu tempuh yang minimum dan relatif sama. Lamanya waktu tempuh perjalanan tergantung pada keadaan lalu lintas, di mana pada waktu sebenarnya keadaan lalu lintas setiap waktunya akan mengalami perubahan atau bersifat dinamis. Waktu tempuh perjalanan yang dihitung jika kondisi perjalanan pada setiap ruas jalan tidak berubah dari keadaan pada saat berangkat dari daerah asal sampai tiba di tujuan ketika melalui suatu rute merupakan waktu tempuh sesaat. Pada skripsi dibahas model pemilihan rute berdasarkan kondisi keseimbangan lalu lintas yang dinamis pada waktu sesaat. Langkah awal penyelesaian dari masalah tersebut adalah mendiskretisasi waktu tempuh, selanjutnya membuat pendekatan variational inequality untuk model matematisnya. Pada tahap penyelesaian dibuat model pemrograman nonlinear yang setara dengan model variational inequality tersebut dengan metode relaksasi. Selanjutnya digunakan Algoritma Frank Wolfe dengan menyisipkan metode all or nothing dalam penyelesaian masalah pemrograman nonlinear tersebut.
Route choice phase is one of the phases in transportation planning, which aims to get a traffic flow on any road. This route choice problem can be modeled based on the equilibrium principle stated byWardrop, where the travel time for each route that connects the same of the origin to the destination have the minimum travel time and relatively equal. The length of travel time depends on traffic conditions, in real time the traffic conditions will change every time or be dynamic. Calculated travel time if the traffic condition on every link has not changed from the state at the time of departure from origin to arrive at the destination when through the route is an instantaneous travel time. In this skripsi, it will be explained about Instantaneous Dynamic User Optimal route choice models. The first step of solving that problem is formulating the model in discrete time, and then using variational inequality approach. At the stage of completion is made nonlinear programming model that is equivalent to the variational inequality models with relaxation methods. Frank Wolfe algorithm is then used with apply all or nothing method in solving the nonlinear programming problem."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2014
S57234
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
WPP 22(1-5)2010
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Mujib Ridha
"Mahasiswa UI yang berjumlah > 38.000 jiwa, berbagai mahasiswa melakukan perjalanan untuk tujuan pendidikan baik dari UI dan keluar kampus. Perjalanan tersebut menimbulkan dampak kemacetan baik didalam kampus maupun di luar. Kemacetan ini diduga disebabkan karena banyak diantara nya mahasiswa universitas Indonesia yang menggunakan kendaraan pribadi baik mobil maupun motor. Tidak maksimalnya penggunaan angkutan kereta api listrik mungkin menjadi salah satu penyebab kemacetan tersebut. Sehingga dibutuhkan keterpaduan diantara kedua moda tersebut. Penelitian ini bertujuan memperoleh distribusi karakteristik mahasiswa Universitas Indonesia pengguna moda kendaraan pribadi yang akan beralih ke moda KRL dan memperoleh suatu model pemilihan moda dengan menggunakan model Logit dimana metode estimasi parameter yang digunakan adalah pendekatan maximum likelihood selanjutnya lakukan pengujian statistik. Pemodelan Logit dapat menjelaskan probabilitas pelaku perjalanan dalam memilih moda kendaraan pribadi dan KRL bila dilihat dari cost, time dan dan mengetahui perubahan probabilitas pelaku perjalanan bila terjadi perubahan cost, time. Asumsi dasar yang diberlakukan jika terdapat kebijakan pemberlakuan tarif khusus kepada mahasiswa Universitas Indonesia akan mempengaruhi tingkat penggunaan KRL Ekonomi-AC dan juga faktor biaya operasional KRL yang tinggi dapat mempengaruhinya. Pengumpulan data dilakukan melalui internet seperti facebook, email dan google docs tanpa membatasi sampel dengan pertanyaan antara lain meliputi : karakteristik sosio-ekonomi, tujuan perjalanan, kepemilikan kendaraan bermotor, biaya transportasi perhari, biaya perjalanan menuju stasiun keberangkatan dan stasiun kedatangan, peralihan moda. Hasil analisis menunjukkan pengaruh tarif KRL Ekonomi-AC yang diberlakukan serta penghematan waktu perjalanan mempengaruhi Mahasiswa Universitas Indonesia pengguna kendaraan pribadi untuk menggunakan KRL Ekonomi AC.
UI students, representing > 38 000 inhabitants, miscellaneous travel students for educational purposes, both in and out of the UI campus. Travel congestion effects both inside and outside campus. Overloading is believed to be caused by many of its Indonesian University students who use cars and cars and motorcycles. No maximum electrical use of rail transport may be one reason these bottlenecks. This requires the integration between the two modes. This study aimed to obtain the distribution characteristics of Indonesian students at the University of the user modes of private vehicles will switch to electric railway train and obtain a mode choice model using Logit model where the parameter estimation method used is maximum likelihood approach and then perform statistical tests. Logit probability model can explain the traveler in choosing the mode of private vehicles and electric railway trains when viewed from the time, cost and the probability and the change journey to find out if there are changes in cost, time. The basic assumption is imposed if there is a policy enforcement special rates for students at the University of Indonesia will affect the level of use of the electric railway train (Economy-AC) as well as operational cost factor high electric railway trains that can affect it. Data collected through the internet such as facebook, email and google docs without limiting the sample to the questions include: socio-economic characteristics, trip purpose, vehicle ownership, daily transportation costs, travel expenses to the station of departure and arrival stations, switching modes. The results show the influence of an electric railway train fare (Economy-AC) applies and the impact of travel time savings, University of Indonesia Student private vehicle use train users (Economic-AC)."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
S50705
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Hamidah
"Tahap pemilihan rute merupakan salah satu tahap dalam perencanaan transportasi yang bertujuan untuk mendapatkan debit kendaraan pada tiap rutenya. Model pemilihan rute yang biasa digunakan adalah model pemilihan rute berdasarkan prinsip user equilibrium yang dikembangkan oleh Wardrop pada tahun 1952, dimana keadaan lalulintas dianggap tetap (statis). Kondisi user equilibrium bersifat statis tidak dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah transportasi bersifat real time atau keadaannya berubah-ubah (dinamis). Untuk itu, diperlukan kondisi user equilibrium yang bersifat dinamis (Dynamic User Optimal). Pada skripsi ini akan dibahas model pemilihan rute berdasarkan kondisi Dynamic User Optimal yang menggunakan waktu tempuh aktual, yang disebut juga Ideal Dynamic User Optimal. Waktu tempuh aktual adalah waktu tempuh sebenarnya yang dilalui pengendara, pada waktu tempuh aktual tidak ada asumsi keadaan jalan akan tetap seperti pada waktu berangkat. Pemilihan rute berdasarkan Ideal Dynamic User Optimal dapat dimodelkan dalam bentuk permasalahan Variational inequality. Waktu pada permasalahan Variational inequality ini berikutnya diubah menjadi bentuk diskrit dan dibagi menjadi beberapa interval waktu. Selanjutnya dibentuk masalah pemrograman non linear yang setara dengan permasalahan Variational inequality tersebut menggunakan algoritma relaksasi. Algoritma Frank-Wolfe yang disisipkan dengan metode All Or Nothing digunakan untuk menyelesaikan masalah pemrograman non linear yang setara tersebut. Pada model pemilihan rute berdasarkan kondisi Ideal Dynamic User Optimal, waktu tempuh aktual untuk setiap rute dan setiap waktu sesaatnya akan sama dan waktu tersebut adalah waktu minimum. Pada skripsi ini juga diselesaikan masalah pemilihan rute berdasarkan Ideal Dynamic User Optimal pada suatu contoh jaringan transportasi virtual dengan dua nilai awal yang berbeda dan untuk perhitungan digunakan bantuan perangkat lunak.
Route choice phase is one of the phases in transportation planning, which aims to determine vehicle flow on every route. Route choice model based on user equilibrium condition is usually used as the route choice model. Static user equilibrium can’t be used to solve dynamic transportation network problem (real time problem). Therefore, Dynamic user equilibrium (commonly named Dynamic User Optimal) is needed to solve this kind of problem. Dynamic User Optimal that uses actual travel time as its travel time is called Ideal Dynamic User Optimal. In this skripsi, Ideal Dynamic User Optimal condition is used to determine vehicle flows on every route. Route choice model based on Ideal Dynamic User Optimal can be modeled into a Variational inequality problem. Time in this Variational inequality problem transformed into discrete type, where the time is transformed into several intervals. Variational inequality problem can be solved by relaxation algorithm. On each relaxation algorithm’s iteration, the Nonlinear Programming model that equivalent with the Variational inequality problem is searched. This Nonlinear Programming is solved by Frank-Wolfe method and All-Or-Nothing algorithm. On route choice model based on Ideal Dynamic User Optimal condition, the actual travel time for every route will be same and it is the minimal travel time that users can achieve. In this skripsi, route choice model based on Ideal Dynamic User Optimal is applied to a simple transportation network with two different initial points and software is used to ease the computation."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2014
S57231
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Tanjung, Evanita Noviati
"
ABSTRAKTesis ini akan membahas mengenai akibat hokum serta sanksi dari keterlambatan pendaftaran Jaminan Fidusia oleh Notaris dan kedudukan Akta Jaminan Fidusi dengan penegasan kembali karena lahirnya ketentuan dalam Pasal 4 Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2015 tentang Tata Cara Pendaftaran Jaminan Fidusia dan Biaya Pembuatan Akta Jaminan Fidusia yang mengatur mengenai jangka waktu pendaftaran jaminan fidusia. Penelitian ini adalah penelitian hokum normatif dengan sifat penelitian eksplanatoris. Hasil penelitian ini adalah bahwa akibat hukum dari keterlambatan pendaftaran jaminan fidusia adalah tidak dapat didaftarkan karena pendaftaran jaminan fidusia pada saat ini menggunakan system elektronik, namun sanksi dari keterlambatan pendaftaran jaminan fidusia belum pernah diatur dalam Undang-Undang Jaminan Fidusia serta peraturan pelaksanaan lainnya. Kedudukan Akta Jaminan Fidusia dengan Penegasan Kembali merupakan akta baru yang sah karena didasari oleh kuasa yang diberikan dalam Akta Jaminan Fidusia yang sebelumnya.
ABSTRACTThis tesis will discuss the legal concequences and sanctions of lateness in the registration of fiduciary assignment by a Notary and Position of Fiduciary Assignment With the Reaffirmation since the birth of the provisions of Article 4 Government Regulation of the Republic of Indonesia Number 21 2015 about Registration of the Fiduciary Assignment Procedures and Fees Making a Fiduciary Assignment Deed governing period registration of the fiduciary assignement. This research is a normative legal research with the nature of explanatory research. The result of this study is the legal concequences of the lateness in the registration of fiduciary assignment is not able to be registered because the fiduciary assignment registration at this time using the electronic system, but the sanctions from the lateness in the registration of fiduciary assignment has never been regulated in law of the fiduciary assignment as well as other implementation regulations. The position of the fiduciary assignment deed with the reaffirmation of the new certificate is legitimate because it is based on the authority given in the fiduciary assignment deed previously."
Depok: Universitas Indonesia, 2016
T44907
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1995
S38410
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Rouli Ferawati
"Krisis yang menimpa Indonesia pada beberapa tahun dalam dasawarsa 1990-an disebut orang sudah bersifat multidimensi, krisis berjurus banyak. Artinya tidak hanya terbatas pada krisis ekonomi, tetapi juga politik, hukum bahkan kepercayaan. Di saat bangsa Indonesia bergulat dalam mengatasi berbagai krisis tersebut, terkuak skandal Bank Bali (BB), yang diledakkan oleh seorang pakar hukum perbankan ke permukaan khalayak ramai. Skandal Bank Bali (BB) berawal dari ketidakwajaran besarnya komisi atau fee Rp546 miliar yang diterima PT. Era Giat Prima (PT. EGP)pimpinan Setya Novanto dan Djoko S. Tjandra dari Bank Bali (BB), sebagai hasil jerih payah kedua orang itu mencairkan piutang Bank Bali (BB) pada BPPN melalui Bank Indonesia sebesar Rp904 miliar.Piutang itu konon berasal dari hutang macet tiga buah Bank (Bank Tiara, BDNI dan BUN) kepada Bank Bali (BB) yang tak tertagihkan, karena ketiga bank tadi telah diambil alih pemerintah (BPPN). Karena ada kebijakan penjaminan pemerintah terhadap setiap bank yang diambil alih atau dilikuidasi, maka tagihan itu diajukan ke Bank Indonesia melalui BPPN. Pembentukan Perjanjian Cessie Bank Bali (BB) tersebut dapat dilihat dari 2 (dua) segi yaitu segi hukum perjanjian dan segi hukum kebendaan. Dilihat dari segi hukum perjanjian, perjanjian cessie tersebut tidak salah satu syarat sahnya perjanjian yaitu sebab atau causa yang halal dan dari segi hukum kebendaan perjanjian cessie tersebut tidak memenuhi salah satu syarat umum cessie yaitu rechtstitel yang sah dan syarat khusus"
Depok: [Fakultas Hukum Universitas Indonesia, ], 2005
S21176
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Listya Maharani Ardiningrum
"Kebutuhan darah diperlukan dalam berbagai penanganan medis yang berhubungan dengan kesehatan maupun keselamatan jiwa manusia. Hal ini menjadikan kebutuhan darah pada rumah sakit di beberapa wilayah Provinsi Banten sangat krusial. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Unit Transfusi Darah (UTD) perlu melakukan alokasi pendistribusian darah untuk rumah sakit. Metode Integer Linear Programming (ILP) seringkali digunakan dalam penyelesaian permasalahan distribusi darah. Maka dari itu, penelitian ini menggunakan metode ILP untuk menentukan perencanaan alokasi distribusi darah di Provinsi Banten. Perencanaan ini menggunakan metode alokasi perencanaan berkapasitas, yang dilakukan dengan tujuan pengeluaran biaya distribusi keseluruhan yang optimal. Model matematika yang dirancang diterjemahkan ke bahasa pemrograman LINGO 18 untuk dilakukan perhitungan. Hasil dari perhitungan model menunjukkan jumlah kantong darah yang perlu dialokasikan, dimana hal ini sesuai dengan permintaan rumah sakit dengan menyesuaikan dengan kapasitas UTD. Selain itu, dapat terlihat juga sumber dan tujuan pengalokasian kantong darah dari masing-masing UTD dan rumah sakit, yang dapat dikategorikan sebagai alokasi utama dan alternatif. Dari hasil tersebut, didapatkan bahwa UTD P dan UTD R melakukan alokasi kepada 15 rumah sakit sebagai tujuan utamanya. Sementara UTD Q, melakukan alokasi utama kepada 35 rumah sakit. Selain itu, hasil perhitungan keseluruhan menunjukkan bahwa total biaya dari keseluruhan distribusi antara UTD dan rumah sakit adalah sebesar Rp729.771.525. Perencanaan pengalokasian darah ini diharapkan dapat memudahkan rumah sakit dan pihak yang membutuhkan dalam pemerolehan darah."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Adhitya Novian Raidy
"Pengaturan lampu lalu lintas secara terdistribusi merupakan teknik pengaturan lampu lalu lintas yang tersinkronisasi antar sesama lampu lalu lintas dalam sebuah sistem lalu lintas dimana setiap persimpangan saling berhubungan dengan persimpangan tetangganya. Metode sinkronisasi yang digunakan dalam pengaturan lampu lalu lintas ini adalah metode sinkronisasi kuramoto, dimana penjabaran dan analisis algoritma telah dilakukan pada penelitian sebelumnya. Skripsi ini ingin mengembangkan sebuah simulasi dalam lingkungan tiga dimensi dengan menggunakan media simulasi open source Open Dynamics Engine yang mengrepresentasikan penerapan algoritma sinkronisasi kuramoto dalam kehidupan nyata.
Distributed traffic light control is a synchronize traffic light control between traffic light where for each crossroad system connect with it?s neighbours. Kuramoto synchronization was used as the method to synchronized between traffic light, which is analysis and conversion of the algorithm has been completed in the previous research. This research will develop a simulation in the three dimension environment using open source simulation media Open Dynamics Engine that will represents the application of the algorithm in the real life."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2009
S-Pdf
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
M. Try Sutrisno Gaus
"Skripsi ini membahas tentang bagaimana menentukan model lama waktu tunggu kendaraan dalam antrian dengan pola kedatangan kendaraan tertentu di persimpangan lampu lalu lintas. Teori yang digunakan banyak membahas tentang teori antrian. Diawal pembahasan, skripsi ini menentukan model waktu tunggu kendaraan untuk pola kedatangan yang bersifat umum. Setelah itu, penulis mengambil salah satu pola kedatangan kendaraan, yaitu pola kedatangan kendaraan berdistribusi compound poisson.
This thesis discusses how to determine delayed model of each vehicle in queue with the particular arrival pattern at signalized intersection. The theory is used a great deal about the theory of queues. At the beginning of the discussion, this paper determines the delay model for the arrival pattern of a general nature. After that, this paper determines the delay model for compound Poisson arrival pattern."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2011
S1576
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library