Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 183131 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Febri Aulia Masitha
"Material pipa yang digunakan pada PT.X sebagai alat transmisi gas adalah pipa baja karbon API 5L Grade B. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan dan menganalisis tekanan operasi maksimum yang diperbolehkan pada pipa (MAOP) yang terdapat pada empat jalur PT.X . Faktor yang mempengaruhi perhitungan dari MAOP didapat berdasarkan hasil inspeksi lapangan, faktor tersebut antara lain ketebalan pipa yang diukur menggunakan alat ultrasonic testing, kondisi lingkungan pipa (misalnya pH dan resistivitas), tegangan luluh maksimum material pipa, faktor sambungan pipa, faktor suhu. Perhitungan dilakukan menggunakan Standar ASME B31.8 dan Perangkat Lunak RSTRENG. Dimana berdasarkan hasil perhitungan, keempat jalur pipa gas memiliki tekanan operasi yang berada dibawah tekanan maksimum yang diperbolehkan dan tekanan desain yang mengindikasikan bahwa pipa bekerja pada tekanan yang aman.

Pipe material that used in PT.X as gas transmission device is carbon steel API 5L Grade B. This study aims to determine and analyze the maximum allowable operating pressure (MAOP) contained in the four pipa gas PT.X. Factors affecting the calculation of MAOP obtained by field inspection results, thickness of the pipe is measured using Ultrasonic Testing Machine, pipe environmental conditions (pH and resistivity), the maximum yield stress of pipe material, pipe connection factor, temperature factor. The calculation based on ASME B31.8 standard and RSTRENG software. The result of the calculation is below the maximum allowable operating pressure and pressure designs indicate that the pipe work is in safe pressure."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S57206
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Meryanalinda
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui laju korosi dan sisa umur dari empat jalur pipa yang diinspeksi pada PT.X. Kecepatan korosivitas, keadaan lingkungan dan kandungan gas akan mempengaruhi nilai ketahanan pipa. Perhitungan ini menggunakan standar ASME B.31.8, API 570 dan perangkat lunak RSTRENG.
Berdasarkan hasil inspeksi, keempat jalur pipa mengalami pengurangan ketebalan, semakin besar pengurangan ketebalan maka laju korosi semakin meningkat dan sisa umur pipa semakin menurun. Berdasarkan kekuatan pipa, keempat jalur pipa masih dalam batas aman ( MAOP > P desain). Secara umum, semua jalur pipa dalam keadaan aman kecuali daerah B jalur PPP 1 - SKG.

The purpose of this study is to determine the corrosion rate and the remaining life of four pipa gas inspected at PT.X. Corrosion rate, environmental and gas content will affect the resistance of the pipe. This calculation based on standard ASME B.31.8, API 570 and software RSTRENG.
The results of the inspection, four pipa gass experienced a reduction in thickness, the greater the reduction in the thickness, the corrosion rate will increase and the remaining life in safe limits (MAOP> P design). Genarally, all of the gaslines are safe, except gaslines area B PPP 1 - SKG 1.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S57207
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Ramayanti
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa sifat kimia dari anoda korban magnesium serta mengetahui desain perhitungan anoda korban magnesium tersebut pada empat jalur pipa yang memiliki nilai resistivitas yang berbeda yaitu PPP 1 - SKG 1, SP 1 - PPP 1, SP B - SP C, SKG A - SP A pada PT X.
Pengujian komposisi dilakukan dengan OES serta pengujian efisiensi, polarisasi dan EIS dilakukan pada larutan CaSO4.2H2O.Mg(OH)2 sesuai standar ASTM G-97. Berdasarkan komposisinya, anoda korban ini merupakan jenis high potential yang memiliki kandungan mangan yang tinggi. Efisiensi yang diperoleh adalah 50.09%, laju korosi sebesar 0.763mm/year serta diperoleh nilai tahanan elektrolit (Rs) sebesar 125, nilai tahanan transfer muatan adalah 868, nilai dari kapasitansi dari double layer (Cdl) sebesar 29 nF dan juga nilai elemen Warburg sebesar 139 ).
Dari hasil perhitungan disain anoda korban pada keempat jalur pipa, dapat diketahui bahwa resistivitas mempengaruhi umur dan kebutuhan anoda yang diperlukan dan diperoleh bahwa penggunaan anoda korban magnesiumtidak cocok untuk keempat wilayah jalur pipa.

The main aim of this experiment is to analyze the chemical properties of magnesium sacrificial anode and knowing the design calculations of the magnesium sacrificial anode on four pipeline which have different resistivity values, that is PPP 1 - SKG 1, SP 1 - PPP 1, SP B - SP C, SKG A - SP A at PT X.
Composition test were done by OES and efficiency, polarization and EIS testing performed on CaSO4.2H2O.Mg(OH)2 solution according to the standard ASTM G-97. Based on the composition, the type of this sacrificial anode is high potential who have a high manganese content. Efficiency obtained is 50.09%, the corrosion rate is 0.763mm / year and the obtained value of electrolyte resistivity is 125 Ω, the charge transfer resistance value is 868 Ω, the value of the capacitance of the double layer (Cdl) is 29 nF and also the value of Warburg element value is 139 ).
From the results of design calculations sacrificial anodes on the four pipelines, it can be seen that the resistivity affects the age and needs of the required anode and found that the use of sacrificial anodes is not suitable for the fourth region of the pipeline.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S58485
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lucky Abdul Malik
"Penilaian risiko pipa penyalur dilakukan sebagai bagian dari pipeline integrity management. Dengan bertambahnya umur pipa penyalur, maka kemungkinan kerusakan akan semakin meningkat kecuali dilakukan tatakelola yang tepat dalam upaya untuk menekan risiko. Penelitian ini menjelaskan tentang analisis risiko berdasarkan kemungkinan dan konsekuensi kegagalan sejalan dengan korosi yang terjadi pada pipa penyalur. Penentuan laju korosi yang cermat sangat penting untuk mengambil keputusan terkait integrity dan efektivitas dalam memastikan keandalan pipa penyalur. Penentuan laju korosi yang akurat sangat sulit ditentukan karena sejumlah faktor yang mempengaruhi reaksi korosi. Estimasi laju korosi yang umum digunakan pada pipa penyalur adalah dengan alat In-line inspection(ILI). Laju korosi digunakan sebagai dasar untuk estimasi integrity pipa penyalur dalam suatu periode waktu. Sedangkan kemungkinan kegagalan dihitung menggunakan metode distribusi Weibull dua parameter dan estimasi konsekuensi kegagalan disiapkan berdasarkan sejumlah rujukan standar API 581. Dengan memahami tingkat ketidakpastian ILI, maka diharapkan penentuan laju korosi akan dapat lebih akurat sehingga kondisi integrity pipa penyalur di masa depan akan lebih baik termasuk juga mitigasi yang perlu dilakukan. Tesis ini juga dilengkapi dengan studi kasus yang terjadi pada PT. X untuk memahami risiko pipa penyalur terkait dengan degradasi alami material. Berdasarkan perhitungan, pipa penyalur dikategorikan ke dalam peringkat risiko 5C yang berarti dalam kondisi risiko medium-high. Variasi tingkat kegagalan terhadap segmen atau sub segmen pipa penyalur juga diperoleh dengan kemungkinan kegagalan tercepat pada selang waktu kurang dari tiga tahun dan kegagalan
Risk assessment of gas pipeline is carried out as part of pipeline integrity management. As the life of the pipeline increases, the likelihood of failure will increase unless proper governance is carried out in an effort to reduce risk. This study describes the risk analysis based on the likelihood and consequences of failure in line with corrosion that occurs in the gas pipeline. A careful determination of the rate of corrosion is very important to make decisions regarding integrity and effectiveness in ensuring the reliability of the pipeline. Accurate determination of the rate of corrosion is very difficult to determine because of a number of factors that influence a corrosion reaction. Corrosion rate estimation that is commonly used in conduit is by In-line inspection (ILI). Corrosion rate is used as a basis for estimating the integrity of the conduit in a period of time. While the probability of failure is calculated using the two parameter Weibull distribution method and the estimated consequences of failure are prepared based on a number of API 581. Standard references. mitigation needs to be done. This thesis is also complemented by a case study that occurred at PT. X to understand the risks of channel pipes associated with natural degradation of the material. Based on calculations, the pipeline is categorized into a risk matrix 5C which means it is in a medium-high risk condition. Variations in the failure rate of the pipeline segments or sub-segments are also obtained with the possibility of the fastest failure in an interval of less than three years and the longest failure in an interval of 11 years."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hendry Saputra Kusyanto
"Material pipa baja karbon API 5Lgrade B merupakan pipa baja yang banyak digunakan dalam industry minyak dan gas bumi. Jenis pipa tersebut sering terjadi kerusakan yang disebabkan oleh korosi internal. Penelitian ini dilakukan pada unit FGR karena terjadinya internal korosi yang tinggi. Penelitian ini dilakukan dengan metoda Risk Based Inspection untuk mengetahui tingkat risiko pada unit tersebut. Peneliti menganalisis perilaku korosi sampel pipa terkorosi API 5L grade B berupa struktur mikro, perubahan sifat mekanik dan perubahan komposisi kimia yang dibandingkan dengan pipa yang baru dan belum terkorosi.
Dari hasil penelitian tersebut didapatkan bahwa pipa penyalur pada unit FGR tersebut penilaian tingkat risiko yang didapatkan adalah medium risk dengan analisis komposisi kimia produk korosi yang dominan adalah FeCO3 Siderit yang diakibatkan dari proses oksidasi besi akibat adanya H2O dan CO2.

Carbon steel pipe material API 5L grade B is commonly used for distribution of oil and gas industry. It often occurs damage that is caused by internal corrossion. This research is done in flare gas recovery unit where high internal corrosion happened. It has been performed by risk based inspection method to know risk level of this part. The researcher analyze fluid composition and corroded sample API 5L grade B by developing of microstructure, mechanical denaturing and change of chemical composition comparing with new pipe sample.
The result is showing that the pipe API 5L grade B applied as distribution line is found existence of deterioration pipe material caused by internal corrosion and has risk at medium level medium risk. The chemical composition analysis at corroded sample API 5L grade B indicates dominant corrosion product is hematite FeCO3, that is caused by H2O and CO2. Mechanical properties of this sample is still meet the standard of API 5L grade B.
"
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2018
T49082
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
R. Ibrahim
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan operasional jalur pipa kondensat material API 5L Grade B terhadap disain sistem proteksi katodik. Verifikasi disain dilakukan pada data-data sekunder seperti hasil survey resistivitas tanah; disain awal sistem proteksi katodik; potential logger saat pemasangan, setelah pemasangan, satu bulan setelah pemasangan, serta hasil komisioning; hasil perhitungan umur sisa; dan hasil pengujian anoda korban.
Pengujian yang dilakukan adalah uji tarik dan uji komposisi kimia untuk menganalisis kelayakan konstruksi material API 5L Grade B serta uji metalografi dan laju korosi untuk menganalisis kelayakan disain sistem proteksi katodik pada jalur pipa kondensat material API 5L Grade B.
Dari hasil verifikasi pengujian dengan komisioning menunjukkan bahwa sisa umur pakai memenuhi design life. Guna meningkatkan faktor keamanan, maka perlu dilakukan modifikasi disain dalam hal jumlah anoda korban magnesium 32 lbs yang diperlukan dari 96 batang menjadi 100 batang.
Dari hasil perhitungan most allowable operating pressure (MAOP), pengujian tarik, dan pengujian komposisi kimia menunjukkan material API 5L Grade B dapat dinyatakan layak secara konstruksi sebagai material pipa kondensat.
Sementara itu, dari hasil uji metalografi dan laju korosi menunjukkan sistem proteksi katodik layak secara disain untuk dipasang pada jalur pipa kondensat dengan material API 5L Grade B. Secara umum, jalur pipa kondensat dengan material API 5L Grade B yang dipasangi sistem proteksi katodik dapat dinyatakan layak secara operasional.

The main aim of this experiment is to analyze of the operational reliability of API 5L Grade B material condensate pipeline using cathodic protection system. Design verfication was done by the secondary datas such as: soil resistivity; cathodic protection system design before verification; installation, before installation, one month after installation, and commissioning test potential loggers; remaining life assessment; and sacrificial anode laboratory test results.
Tensile test and chemical composition test were done to analyze of constructional reliability of API 5L Grade B materials. Metallography and corrosion rate tests were done for analyzing of design reliability of condensate pipeline using cathodic protection system.
The result of design verification showed that according to commissioning test, the cathodic protection system was reliable operationally, but, to increase safety factor, it is necessary to redesign of quantity of 32 lbs magnesium anodes from 96 pieces to 100 pieces.
The result of most allowable operating pressure (MAOP) calculation, tensile test, and chemical composition test showed that API 5L Grade B material was reliable constructionally as a condensate pipeline material.
The result of metallography and corrosion tests showed that cathodic protection system design was reliable to protect API 5L Grade B condensate pipeline from the external corrosion. Generally, API 5L Grade B condensate pipeline with cathodic protection system installed was reliable operationally.
"
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2012
T31279
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Alban Naufal
"Material baja karbon API 5L Grade B banyak digunakan dalam industri minyak dan gas dengan sistem operasi tekanan dan suhu yang cukup tinggi. Penelitian ini dilakukan terhadap analisis korosi pipa penyalur bahan bakar di wilayah Jakarta terhadap manajemen resiko berdasarkan nilai index sum dan menganalisis perilaku korosi sampel material pipa API 5L Grade B berupa struktur mikro, pengaruh sifat mekanis, dan laju korosi pada pipa penyalur.
Hasil analisa memperlihatkan bahwa pipa API 5L Grade B yang digunakan sebagai jalur distribusi bahan bakar ditemukan adanya cacat yang pada awalnya berupa korosi seragam kemudian membentuk korosi celah setelah itu membentuk korosi sumuran dan berakibat pada kemunduran bahan pipa dengan tingkat resiko pipa penyalur berada pada level medium risk.

Carbon steel material API 5L Grade B was used by industry of the oil and gas with the pressure operating system and with high enough temperature. This research was conducted to corrosion analysis pipelines for fuel in Jakarta on risk management based on the value of the index sum and analyze the corrosion behavior of the material sample pipe API 5L Grade B is a micro-structure, the influence of mechanical properties and corrosion rate in the conduit.
The results of the analysis showed that the pipe API 5L Grade B used as a distribution line of fuel is defects and the result is deterioration of pipe materials with the risk level of the pipeline is at the medium level of risk.
"
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2015
T28560
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Edyos Wyndu Saleppang Kila
"Material pipa baja karbon API 5L grade B dalam industri minyak dan gas banyak digunakan pada pipa penyalur dengan tekanan operasi dan suhu yang cukup tinggi, terutama pada jalur distribusi gas dan uap dimana saat operasionalnya sering terjadi kerusakan yang diakibatkan korosi. Penelitian ini dilakukan dengan analisis indeks korosi menggunakan metoda manajemen resiko terhadap pipa jalur distribusi gas pada area produksi gas berdasarkan nilai index sum dan menganalisis perilaku korosi sampel pipa API 5L Grade B berupa struktur mikro, perubahan sifat mekanik, dan perubahan komposisi kimia pada pipa yang terkorosi.
Hasil memperlihatkan bahwa pipa API 5L grade yang digunakan sebagai jalur distribusi gas pada area produksi gas ditemukan adanya cacat atau kemunduran bahan pipa dan memiliki resiko pada skala medium (medium risk). Analisis komposisi kimia pada sample pipa API 5L grade B menunjukkan bahwa didalam bahan terdapat kandungan oksigen yang tinggi (range 20 ? 30 %) sebagai pembentuk besi oksida jika bereaksi dengan logam besi (Fe).

Carbon steel pipe material API 5L grade B commonly used for distribution of gas and vapour high pressure and temperature pipeline in oil and gas industry, it is often happened of damage caused by corrosion process. This research has been performed by analyzed of corrosion index using risk management method at gas pipeline distribution in gas production area based on index sum value and results study for corrosion process of pipe API 5L grade B sample has been developed of microstructure, mechanic denaturing, and change of chemical composition at pipe corrosion.
Result is showing that pipe API 5L grade applied as distribution line of gas at production gas area is found existence of deformity or deterioration of pipe material and has risk at medium scale (medium risk). Chemical composition analysis at pipe sample API 5L grade B indicates that in material there is high oxygen content (range 20 - 30 %) as iron oxide former if reacts with iron metal (Fe).
"
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2011
T26409
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Supriyadi
"Pipa penyalur minyak umumnya menggunakan material baja karbon. Salah satu masalah besar dalam penggunaan material tersebut yang berkaitan dengan korosi dan biasanya terjadi kebocoran adalah akibat adanya pengaruh konsentrasi ion klorida yang terlarut dalam media air sehingga lingkungan bersifat korosif (asam). Oleh karena itu sebagai upaya untuk mengatasi masalah tersebut perlu diketahui besaran laju korosi material baja karbon tersebut.
Dalam penelitian ini dilakukan perbandingan antara laju korosi yang diperoleh dari metode pengujian linear polarisasi resistance dan pengukuran metal loss dengan peralatan ultrasonic thickness meter. Output dari kedua metode tersebut selanjutnya diperoleh hubungan laju korosi melalui analysis of variance dengan menggunakan software.
Studi pengaruh kadar klorida dilakukan untuk mengetahui korosi internal pipa baja karbon API 5L Grade B yang digunakan sebagai pipa penyalur minyak di lapangan. Metode pengujian polarisasi resistance dilakukan dalam media larutan air formasi NaCl 1%, 2% dan 3.5%. Laju korosi internal pipa baja karbon API 5L Grade B cenderung meningkat seiring dengan meningkatnya konsentrasi klorida dalam media larutan. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa pipa baja karbon API 5L Grade B memiliki ketahanan korosi yang cukup pada fluida dengan konsentrasi klorida 1%, 2% dan 3.5%.

Oil pipeline is commonly used carbon steel. One of the big caused on using that material which related to corrosion problem and usually there is such as leakage due to effect of ion chloride concentration in water that causes corrosive environment (acid). In order to overcome this problem is necessarily to know corrosion rate of this steel.
In this study, output comparison of corrosion rate measurement methods are resistance polarization and metal loss measurement with ultrasonic. Correlation factor between both methods of corrosion rate measurement will achieved by analysis of variance from software.
The aim of this research is to study effect chloride level to internal corrosion carbon steel API 5L Grade B and carbon steel that used as oil pipeline in the field. A method used for corrosion testing is resistance polarization which was used formation water solution with NaCl 1%, 2% and 3.5%. The corrosion rate for carbon steel API 5L Grade B tend to increase accompanied with more chloride content in the medium, respectively. This research also explain that carbon steel API 5L Grade B have corrosion resistance fairly to fluid with chloride content 1%, 2% and 3.5%.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
T35265
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yuhani Djaya
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2004
T39727
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>