Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 67281 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
Ito, Kiyosi
"A systematic, self-contained treatment of the theory of stochastic differential equations in infinite dimensional spaces. Included is a discussion of Schwartz spaces of distributions in relation to probability theory and infinite dimensional stochastic analysis, as well as the random variables and stochastic processes that take values in infinite dimensional spaces."
Philadelphia: Society for Industrial and Applied Mathematics, 2002
e20450769
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Puspita Kencana Sari
"Item Response Theory (IRT) sering digunakan dalam pengembangan adaptive test. Teori ini mengukur estimasi ability peserta ujian dari setiap soal (item) yang dijawab oleh peserta ujian. Parameter soal yang digunakan terdiri dari tiga jenis yaitu difficulty, discrimination, dan guessing. Namun, biasanya hanya para ahli (expert) yang dapat memberikan estimasi nilai masing-masing parameter tersebut. Oleh karena itu, dilakukan penelitian tugas akhir ini untuk melakukan perhitungan parameterparameter soal secara otomatis melalui sistem dengan menggunakan algoritma yang sesuai konsep IRT. Selanjutnya, soal-soal tersebut dipergunakan dalam adaptive test system yang telah dikembangkan. Untuk membantu penelitian, dilakukan pengembangan prototype TPA Online Test System. Dalam pengembangan prototype ini, parameter soal yang digunakan hanya dua parameter yaitu difficulty dan discrimination. Soal-soal yang digunakan adalah soal-soal Tes Potensi Akademik (TPA). Tugas akhir ini melibatkan 24 orang responden untuk mengukur estimasi parameter soal. Kemudian, tiga orang peserta ujian dilibatkan untuk menguji coba adaptive online test system. Dari jumlah jawaban benar kemudian dihitung untuk menentukan kelulusan peserta ujian tersebut. Grafik yang diperoleh dari hasil estimasi parameter beberapa soal menunjukkan bahwa probabilitas responden menjawab benar untuk kelompok ability yang lebih tinggi belum tentu lebih besar dari kelompok ability rendah. Hal ini dipengaruhi oleh kesiapan responden dalam menjawab soal-soal TPA. Sedangkan untuk ujicoba adaptive online test, grafik perubahan ability menunjukkan perubahan yang signifikan di awal tes dan konvergen ke suatu nilai tertentu setelah menjawab sejumlah soal yang cukup banyak. Nilai inilah yang dianggap sebagai estimasi ability peserta ujian tersebut. Ketika ujian, terjadi pengulangan soal yang ditampilkan kepada peserta ujian yang disebabkan terbatasnya alternatif soal pada bank soal. Untuk penelitian selanjutnya, sebaiknya responden diberi waktu untuk mempersiapkan diri dan jumlah responden yang lebih banyak agar data observasi lebih valid. Selain menambah bank soal, untuk menghindari pengulangan soal sebaiknya ditambahkan atribut sebagai flag. Penentuan kelulusan bukan hanya dari jumlah jawaban benar,namun perlu juga memperhitungkan estimasi ability peserta ujian."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2006
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Embretson, Susan E.
New Jersey: Lawrence erlbaum assossiate, 2000
150.287 EMB i
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Brown, B. Malcolm, editor
"This is a collection of contributed papers which focus on recent results in areas of differential equations, function spaces, operator theory and interpolation theory. In particular, it covers current work on measures of non-compactness and real interpolation, sharp Hardy-Littlewood-Sobolev inequalites, the HELP inequality, error estimates and spectral theory of elliptic operators, pseudo differential operators with discontinuous symbols, variable exponent spaces and entropy numbers. "
Basel: Springer, 2012
e20419515
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Maula Kurnia
"Salah satu teknologi e-assessment yang dikembangkan saat ini adalah adaptive assessment. Teknologi ini memungkinkan soal ujian beradaptasi dengan tingkat kemampuan peserta ujian. Dalam adaptive assessment, soal yang diberikan tergantung dari jawaban soal sebelumnya: benar atau salah. Hasilnya adalah level atau tingkat kecakapan (proficiency) peserta ujian. Salah satu metode yang digunakan dalam adaptive assessment, yaitu model IRT yang diimplementasikan dalam pembuatan aplikasi Ujian Penjurusan SMU pada skripsi ini.
Sistem ujian yang dirancang pada skripsi ini digunakan untuk menentukan jurusan yang sebaiknya diambil oleh seorang siswa SMU, yaitu IPA atau IPS. Ujian menggunakan 4 buah mata pelajaran untuk menentukan jurusan, yaitu Matematika dan Biologi yang mewakili mata pelajaran IPA dan Sejarah dan Sosiologi yang mewakili mata pelajaran IPS. Selain menentukan jurusan yang sebaiknya diambil seorang siswa, sistem ini juga dapat digunakan untuk menentukan tingkat kecakapan (proficiency) seorang siswa terhadap sebuah mata pelajaran.
Pada skripsi ini tingkat kesulitan soal maksimum yang digunakan adalah 7 [2]. Perancangan dan implementasi sistem Ujian Penjurusan SMU yang Adaptif dengan model IRT ini telah berhasil menentukan tingkat kemampuan peserta sekaligus memanfaatkannya sebagai acuan dalam penentuan jurusan. Waktu respon sistem Ujian Penjurusan SMU ini pun cukup baik, yaitu sebesar 0,12106 detik untuk memilih dan menampilkan soal ujian per satu soal, dan sebesar 0,18837 detik untuk mengolah dan menampilkan hasil ujian untuk ditampilkan pada halaman evaluasi ujian."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
S40761
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pintanugra Persadanta
"Item response model digunakan untuk menganalisa baik tidaknya soal dan menyeleksi soal-soal yang baik berdasarkan latent ability peserta tes dan karakteristik soal yang terdiri dari tingkat diskriminasi soal dan kesulitan soal.
Dalam skripsi ini, penaksiran parameter latent ability, diskriminasi soal dan kesulitan soal dilakukan dengan metode penaksiran joint maximum likelihood, sedangkan seleksi soal dilakukan dengan menggunakan item information function.
Metode diatas diterapkan untuk menyeleksi soal tes Matematika semester genap tahun ajaran 2007-2008 berdasarkan jawaban siswa kelas VII SMP XYZ di kota A, pada tes tersebut. Tes terdiri dari 30 soal dan diikuti oleh 143 siswa."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2008
S27751
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Inge Evita Putri
"Adaptive online test system merupakan sistem ujian terotomasi yang dilakukan secara adaptive, dengan menyesuaikan tingkat kesulitan soal dengan kemampuan masingmasing peserta ujian. Tujuan dari adaptive online test system adalah menggunakan seminimal mungkin pertanyaan untuk mengestimasi ability peserta ujian. Penelitian
ini menitikberatkan pada penerapan item response theory yang dikombinasikan dengan kingsbury and Zara procedure, pada adaptive online test system untuk lingkungan pendidikan, mulai dari Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Umum (SMU). Penelitian ini dilakukan untuk menjawab apakah kombinasi tersebut mampu menempatkan peserta ujian pada tingkat ability yang berbeda, tanpa
mempengaruhi efisiensi ujian. Berdasarkan hasil eksperimen, dapat disimpulkan bahwa adaptive online test system yang dikembangkan dengan menerapkan item response theory dengan two-parameter logistic model, yang dikombinasikan dengan Kingsbury and Zara procedure, mampu menempatkan peserta ujian pada tingkat
ability yang berbeda sesuai dengan kemampuannya, tanpa mempengaruhi efisiensi ujian secara signifikan."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2005
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sudaryono
Depok: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 2011
JPK 17:5(2011)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Gilbert, Robert P.
New York: Academic Press, 1969
515.35 GIL f
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>