Hasil Pencarian

Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5603 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
Surya Asra
"ABSTRAK
Perbedaan karakteristik linguistik dalam tulisan akademik antara laki-laki dan perempuan merupakan suatu hal yang konsisten terjadi. Oleh karena itu, tesis ini bertujuan untuk menemukan perbedaan karakteristik linguistik tulisan akademik antara mahasiswa laki-laki dan mahasiswa perempuan dari perspektif linguistik. Metode paduan dengan pendekatan convergent parallel design digunakan untuk menganalisis 60 tulisan esei mahasiswa yang dipilih dengan cara purposive sampling technique. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa ada perbedaan karakteristik linguistik dalam tulisan akademik antara mahasiswa laki-laki dan mahasiswa perempuan. Mahasiswa perempuan ditemukan memiliki kemampuan yang lebih baik dalam kompetensi penyusunan paragraf, tanda penghubung, jumlah keluaran teks, pengaturan topik, penutup, pembuka kalimat, klausa, dan struktur sintaksis. Secara umum, hasil penelitian ini mendukung gagasan bahwa perbedaan karakteristik linguistik antara laki-laki dan perempuan harus dipertimbangkan dalam pengajaran keterampilan menulis akademik.

ABSTRACT
Differences of linguistic characteristics in academic writing between boys and girls are inevitable to happen. Therefore, this study aims at finding out the differences of boys rsquo and girls rsquo in linguistic characteristics of academic writing from the perspective of linguistics. Mixed method research with convergent parallel design is used to analyze sixty students rsquo essay writing chosen by using a purposive sampling technique. The result reveals that there are some differences of linguistic characteristics in academic writing between boys and girls. The girls are found more capable in paragraphing competences, linking devices, text output counts, topical organization, ending, sentence openings, clauses, and syntactical structures. The findings generally support the notion that differences of linguistic characteristics between boys and girls should be considered in teaching academic writing."
Lengkap +
2017
T48575
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Marti Fauziah Ariastuti
"Tesis ini membahas penggunaan ancangan pemelajaran berbasis data (Data-Driven Learning) di kelas penulisan akademik bahasa Inggris di sebuah perguruan tinggi negeri di Jakarta, Indonesia. Penelitian ini merupakan studi kasus yang melibatkan tiga belas pemelajar semester V, program studi bahasa dan kebudayaan Inggris. Penelitian berlangsung selama satu semester. Tujuan utama penelitian adalah melihat pengaruh penggunaan ancangan pemelajaran berbasis data bagi pemelajaran menulis dan pengaruh penggunaan korpus terhadap ketepatan dan keakurasian penggunaan kosakata pemelajar. Data penelitian diperoleh dari berbagai sumber, termasuk catatan pencarian pemelajar, refleksi pemelajar, dan vocabulary review, untuk mendukung validitas penelitian. Penelitian mendalam terhadap data menunjukkan sejumlah pengaruh positif penggunaan ancangan ini. Penggunaan korpus dapat menstimulasi daya analitis pemelajar akan pemelajaran pola dan kaidah bahasa target, sekaligus meningkatkan pemahaman mereka akan aspek leksiko-grammatikal. Hasil penelitian juga menunjukkan retensi pengetahuan kosakata pemelajar yang cukup baik. Penelitian lanjutan yang melibatkan lebih banyak pemelajar dan penggunaan korpus yang lebih besar menjadi tantangan di masa depan untuk memperkaya penelitian yang telah dilakukan.

This thesis discusses the use of Data-Driven Learning with small scale corpora in an English for Academic Writing course in a university in Jakarta, Indonesia. The research was based on a case study of thirteen fifth-semester undergraduate students majoring in English. The main purpose of the study was to examine the effects of the use of corpora on academic writing and the accuracy and appropriateness of vocabulary use of the writers. Various data sources were used, including students? search logs, recall protocols, and vocabulary reviews, to ensure the validity of the study. The close analysis of the data revealed several positive effects of the approach. The use of corpus technology stimulated the students to think critically when using patterns and rules of the target language and impoved their command of lexico-grammar. The result also showed that the retention of students? vocabulary knowledge when using DDL was satisfactory. Future challenges will be to conduct experimental research involving a larger number of students and using larger scale copora."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2011
T28312
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
New York: Cambridge University Press , 2012
808.042 7 ACA I
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Craswell, Gail
London : SAGE, 2005
372.623 CRA w (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Leki, Ilona
Cambridge, UK: Cambridge University Press, 1998
411 LEK a
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Meyers, Alan, 1945-
White Plains, NY: Pearson Education, 2014
808.042 MEY l
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Oshima, Alice
New York: Pearson Longman, 2006
808.042 OSH w
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Johns, Ann M.
New york: Cambridge University Press, 1997
808.042 JOH t (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Belcher, Wendy Laura
Los Angeles: Sage Publications, 2009
070.5 BEL w
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>