Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 17897 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
Rinda Tiara
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pelaksanaan program pelatihan
pada BLK Kabupaten Bogor berserta kendala-kendala yang dihadapi dalam
rangka meningkatkan kompetensi tenaga kerja. Teori yang digunakan adalah
Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM), pelatihan, proses atau tahapan
pelatihan, kompetensi dan konsep ketenagakerjaan. Pendekatan penelitian ini
adalah post positivist dengan teknik pengumpulan data studi kepustakaan dan
wawancara mendalam. Hasil penelitian ini adalah pelaksanaan program pelatihan
pada BLK Kabupaten Bogor belum dilakukan secara optimal, terlihat dari tidak
semua komponen pelatihan yang bisa disesuai dengan Pedoman Pelatihan
Berbasis Kompetensi. Belum optimalnya pelaksanaan program pelatihan pada
BLK Kabupaten Bogor disebabkan oleh beberapa kendala diantaranya:
Kurangnya jumlah instuktur atau tenaga pelatih, Ketersediaan sarana dan fasilitas
pelatihan yang kurang memadai, Peserta pelatihan dari berbagai disiplin ilmu dan
Cakupan dari Kabupaten Bogor yang cukup luas.

ABSTRACT
This research aims to describe the implementation of a training program at the
Vocational Training Centre (BLK) in Kabupaten Bogor along with the constraints
faced in order to increase the labour competency. The theory used the Human
Resource Management (HRM), training, processes or phases of training,
competency and employment concept. The approach of this research is postpositivist.
The data collected technic are the literature study and in-depth
interviews. The result of this research is the implementation of a training program
at the Bogor Regency BLK has not yet optimal. It can be seen from all parts of
training that can be adapted to the Competency Based Training Guidelines. Not
yet optimal of implementation of training programs at the Bogor Regency BLK
caused by several problems including: Lack of the trainers, Availability of
facilities and training facilities are inadequate, The trainees from various
knowledges and Scope of the Bogor Regency is quite extensive."
2016
S64044
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nurhayati Rospita Sari
"ABSTRAK
Penelitian ini mengkaji masalah kompetensi. Bertitik tolak dari penelitian terdahulu
dan beragam journal, maka ditengarai, job specification menjadi landasan bagi
kompetensi. Dalam konteks ini, kompetensi selaras dengan job specification. Namun
dalam kenyataannya tidaklah demikian.
Paradigma dan Pendekatan penelitian ini adalah positivistic quantitative. Jenis dan
sifat penelitian ini adalah explanative correlational dan associative. Populasi sasaran
sebanyak 94 pegawai, dan teknik penarikan sampel yang digunakan adalah non
probability-purposive sampling dengan menggunakan total sampling, maka sampel
sasarannya juga sebanyak 94 responden. Sumber data penelitian ini meliputi primary
secondary data. Sedangkan metode pengumpulan data meliputi: metode observasi,
metode dokumentasi, metode kuesioner dan metode survey.
Dilakukan pre test untuk keperluan uji kualitas data yang hanya meliputi uji
instrument penelitian. Mengingat penelitian tidak menggunakan regression analysis
model. Pada uji instrument penelitian, khususnya uji validitas digunakan uji KMO
sedangkan uji reliabilitas digunakan cronbach’s alpha dan untuk metode analisis data
digunakan univariate analysis dan importance performance analysis.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesesuaian antara aktualitas atau
kenyataan dengan harapan atau kepentingan kompetensi adalah tinggi. Kendati demikian,
ada beberapa dimensi kompetensi yang harus diupayakan peningkatannya yaitu skill dan
attitude. Karena, dari hasil temuan di lapangan menunjukkan bahwa a. information
seeking; b. team work and cooperation; dan c. technical / profesional / managerial
expertise tergolong rendah tingkat kompentensinya. Jadi kurang selaras dengan job
specification.

ABSTRACT
This study examines the issue of competence. Pointed start from previous research
and a variety of journals, it is suspected, job specification as the basis for competence. In
this context, competencies aligned with the job specification. But in reality it is not.
Paradigm and positivistic research approach is quantitative. The type and nature of
the study was correlational and associative explanative. Target population as much as 94
employees, and the techniques sample collecting is non-probability purposive sampling
using total sampling, the target sample as well as 94 respondents. Data sources include
primary secondary research data. While the methods of data collection include :
observation, documentation methods, methods of question naires and survey methods.
Pre-test conducted for the purpose of testing the quality of the test data that only
includes the research instrument. Given, the study did not user egression analysis models.
In the test the research instrument, particularly the validity test is used while the KMO
test reliability test used Cronbach's alpha. As for the method of data analysis, used
univariate analysis and the importance performance analysis.
The results showed that the level of concord ance between factual or reality with
expectations or interests of competence is high. Nevertheless, there are several
dimensions that should be pursued competency increase the skiil and attitude. Because of
the findings in the field showed that : a. information seeking, b. team workand
cooperation, and c. technical/professional/managerial expertise. Thirdly it is low
competence level. Lesssoin tune with the job specification."
2013
T35008
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Syaurah Haninah
"Pemerintah sejatinya memiliki tanggung jawab untuk mengatasi permasalahan pengangguran. Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan meningkatkan keterampilan untuk bekerja bagi masyarakat lewat pelaksanaan program pelatihan kerja. Pada DKI Jakarta, program pelatihan tersebut dilaksanakan oleh Pusat Pelatihan Kerja Daerah (PPKD) yang salah satunya adalah PPKD Jakarta Timur. Namun, untuk memastikan bahwa masyarakat yang mengikuti pelatihan dapat terserap pada pasar tenaga kerja PPKD Jakarta Timur perlu untuk melakukan kolaborasi dengan para pemangku kepentingan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses kolaboratif dan faktor- faktor yang dapat mempengaruhinya berdasarkan teori collaborative governance milik Ansell & Gash (2008). Pendekatan dari penelitian ini adalah post-positivist dengan teknis pengumpulan data kualitatif. Peneliti menganalisa hasil wawancara mendalam serta studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini adalah kolaborasi yang dilakukan oleh PPKD Jakarta Timur dengan perusahaan dan Non-Governmental Organization yang dibahas dalam penelitian ini merupakan praktik yang baik, yakni dapat memenuhi seluruh dimensi yang ada: dialog tatap muka, membangun kepercayaan, komitmen terhadap proses, hasil sementara, kondisi awal, kepemimpinan fasilitatif, dan desain institusional.

The government has a responsibility to address unemployment issues. One of the steps taken is to enhance job skills for the community through the implementation of job training programs. In DKI Jakarta, these training programs are carried out by the Regional Job Training Center (PPKD), one of which is East Jakarta Job Training Center. However, to ensure that the community members participating in the training can be absorbed into the labor market, East Jakarta Job Training Center needs to collaborate with other stakeholders. This study aims to understand how the collaborative process and the factors that can influence it, based on Ansell & Gash's (2008) collaborative governance theory. The approach of this study is post-positivist with qualitative data collection techniques. The researcher analyzes the results of in-depth interviews and literature studies. The findings of this study indicate that the collaboration conducted by East Jakarta Job Training Center with companies and Non-Governmental Organizations discussed in this study is a good practice, meeting all the existing dimensions: face-to-face dialogue, building trust, commitment to the process, intermediate outcomes, initial conditions, facilitative leadership, and institutional design."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Farradisha Octaviany
"Pelayanan publik pada dasarnya hal yang penting untuk dilakukan karena ditujukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Akan tetapi, penyelenggaraan pelayanan publik di Indonesia masih belum optimal, khususnya pelayanan yang diberikan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia seperti pelayanan lembaga pelatihan kerja. Untuk mewujudkan tujuan dari lembaga pelatihan kerja, pelayanan pelaksanaan lembaga pelatihan kerja harus berkualitas. Salah satu lembaga pelatihan kerja yang sekaligus menjadi objek penelitian ini adalah PPKD Jakarta Timur. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelatihan kerja di PPKD Jakarta Timur yang spesifiknya adalah pada jenis pelatihan reguler PPKD Jakarta Timur dengan menggunakan service quality in skills training institute model milik Ibrahim, Rahman, dan Yasin (2014). Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data kuantitatif dan kualitatif (mixed methods). Teknik pengumpulan kuantitatif dilakukan melalui penyebaran kuesioner (survei) kepada peserta pelatihan PPKD Jakarta Timur angkatan 1 tahun 2024 dengan jumlah 170 responden, sedangkan untuk teknik pengumpulan data kualitatif dilakukan melalui wawancara mendalam. Temuan dari penelitian ini menghasilkan bahwa kualitas pelatihan reguler di PPKD Jakarta Timur baik karena kelima dimensi yang diteliti sudah memenuhi kategori baik. Namun demikian, hasil baik dengan beberapa catatan karena terdapat adanya hambatan atau permasalahan.

Public services are fundamentally important as they are aimed at fulfilling the needs of the community. However, the provision of public services in Indonesia is still not optimal, especially services provided to improve the quality of human resources such as training institution services. To achieve the goals of training institutions, the implementation of training institution services must be of high quality. One of the training institutions that is also the object of this research is the East Jakarta Training Center (PPKD Jakarta Timur). This research aims to analyze the quality of training at PPKD Jakarta Timur, specifically focusing on the regular training provided by PPKD Jakarta Timur using the service quality in skills training institute model developed by Ibrahim, Rahman, and Yasin (2014). This research adopts a quantitative approach with both quantitative and qualitative data collection techniques (mixed methods). The quantitative data collection technique is carried out through the distribution of questionnaires (surveys) to the participants of PPKD Jakarta Timur's training class of the 2024 batch, totaling 170 respondents, while qualitative data collection is done through in-depth interviews. The findings of this research indicate that the quality of regular training at PPKD Jakarta Timur is good because all five dimensions studied meet the criteria for good quality. However, there are still some notes to be made as there are barriers or problems present."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Neti Eria
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan terhadap turnover intention yang dimediasi oleh kepuasan kerja karyawan bagian staff di PT KCJ Juanda.Data penelitian ini diperoleh dari 125 responden melalui kuesioner yang disebarkan kepada karyawan tersebut.data ini diolah dengan metode Structural Equation Model.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif antara pelatihan dan co-worker support for training terhadap kepuasan kerja karyawan, dan kepuasan kerja karyawan berpengaruh negatif terhadap turnover intention.

This study aims to determine the effect of training on turnover intention is mediated by employee job satisfaction the section staff PT KCJ Juanda. The data were collected from 125 respondents through a questionare distributed to those employees. This data is processed by the method of Structural Equation Model.
This research found there is positive effectof effective training program and co-worker support for training on employee job satisfaction, and negative effect of job satisfaction on turnover intention.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S65645
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Restu Fitri Ariani
"ABSTRAK
Pindah kerja merupakan berpindahnya seseorang dari satu pekerjaan ke pekerjaan yang lain. Pindah kerja mempunyai dampak positif dan negatif namun dalam kasus Indonesia pindah kerja dapat menyebabkan peningkatan persaingan di pasar tenaga kerja sehingga memicu meningkatnya pengangguran. Teori modal manusia memberikan hipotesis bahwa pelatihan dapat mengurangi pindah kerja. Di Indonesia dalam 5 tahun terakhir jumlah peserta pelatihan secara rata rata mengalami peningkatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari pelatihan terhadap keputusan untuk pindah kerja pada tenaga kerja Indonesia, dengan menggunakan metode difference in difference dan data panel IFLS tahun 2007 dan 2014. Penelitian ini belum menemukan bukti yang cukup mengenai teori modal manusia bahwa pelatihan dapat mengurangi pindah kerja. Namun, penelitian ini juga memberikan hasil yang signifikan dan berbeda dengan teori model manusia tentang dampak pelatihan khusus di mana jenis pelatihan ini justru meningkatkan pindah kerja pada pekerja di Indonesia. Faktor sosial demografi yang ditemukan mempunyai dampak terhadap pindah kerja diantaranya kohor, gender, dan tempat tinggal. Kemudian faktor karakteristik pekerjaan yang mempunyai dampak signifikan adalah keanggotaan serikat kerja. Individu yang mengikuti serikat pekerja lebih cenderung untuk menetap pada pekerjaan lamanya.

ABSTRACT
Job mobility is the transfer of workers from one job to another. Job mobility has both positive and negative impacts, but in the case of Indonesia, it can cause increased competition in the labor market, thereby triggering increased unemployment. The human capital theory provides the hypothesis that training can reduce job mobility. In Indonesia, in the last five years, the number of trainees has, on average increased. This study aims to determine the impact of training on the decision to move to Indonesian workers, using the difference in difference method and IFLS panel data in 2007 and 2014. This study does not find sufficient evidence regarding the theory of human capital that training can reduce job mobility. However, this study also provides significant results and differs from the human capital theory of the impact of specific training where specific training increases work shifts for workers in Indonesia. Socio demographic factors that found to affect work shifts included cohorts, gender, cities. And the occupational characteristics factor that has a significant impact is the union. Individuals who join a labor union are more likely to stay in their old jobs."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dimas Nugroho Wardhana Putra
"ABSTRAK
Penelitian ini menguji pengaruh employee empowerment, team cohesion dan employee training terhadap kepuasan kerja pada 74 karyawan yang terdiri dari manajer dan kepala divisi yang bekerja pada Kantor Pusat Bank Bukopin. Analisis data menggunakan metode regresi berganda dengan alat bantu software SPSS 24. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang positif tetapi tidak signifikan dari employee empowerment terhadap kepuasan kerja, sedangkan dua variabel lainnya yaitu team cohesion dan employee training memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja manajer dan kepala divisi kantor pusat Bank Bukopin.

ABSTRACT
This study examines the impact of employee empowerment, team cohesion and employee training on job satisfaction of 74 employees consisting of managers and division heads working at the Head Office of Bukopin Bank. Multiple regression method with SPSS 24 software tool were used for data analysis. The result of the research shows positive but not significant influence from employee empowerment to job satisfaction, and positive and significant influence from team cohesion and employee training to job satisfaction.
"
2017
S67172
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lidianti
"ABSTRAK
Penulisan tugas akhir ini bertujuan untuk membantu PT. XY dalam menemukan
alternatif pemecahan masalah yang sedang dihadapi. PT. XY adalah sebuah
pemsahaan yang bergerak dibidang jasa layanan perbankan syariah. Sejumlah
pcrmasalahan yang terdapat di PT. XY berkaitan dengan pejabat Kepala Cabang
sebagi ujung tombak pelaksanaan operasional bisnis perusahaan di Kantor
Cabang_ Keberadaan Kepala Cabang yang memenuhi prasyaratan kompetensi
menjadi kcbutuhan yang harus dapat dipenuhi, mengingat operasional dan
tuntutan pencapaian target usaha tidak dapat menunggu. Berdasarkan
pertimbangan tersebut maka pada penulisan tugas akhir ini mengajukan usulan
"Program Penyusunan Model Kompetcnsi dan Program Pcngembangan
Kompetensi Kepala Cabang PT. XY? sebagai altematifpemecahan masalah yang
dihadapi PT. XY.
Model kompetensi disusun berdasarkan informasi maupun data-data yang
dihimpun melalui wawancara dengan pihak-pihak yang terkait, sena
menterjemahkan visi dan misi perusahaan, analisa deskripsi jabatan umuk Kepala
Cahang, sehingga diperoleh gambaran job requirement yang diturunkan menjadi
kompetensi khusus untuk jabatan Kepala Cabang. Rancangan model kompetensi
yang telah disepakati akan digunakan untuk mengulcur kompetensi Kepala
Cabang_ Hasil pengukuran yang diperoleh menjadi profil kompetensi yang perlu
dikernbangkan dari kcseluruhan Kepala Cabang. Program pengembangan
kompetensi Kepala Cabang dilakukan dengan dua pendekatan, yaitu: pendekatan
individual dan pendekatan kelompok.
Agar program penyusunan model kompetensi, pengukuran kompctensi dan
pengembangan kompetensi yang diajukan dapat berjalan dengan baik maka
disarankan PT. XY melalcukan koordinasi dengan pihak-pihal-c yang terkait untuk
mempcroleh lcomitmen dan dukungan dalam pelaksanaan program, membentuk
tim yang bertanggungjawab terhadap pelaksanaan program, bekerja sama dengan
konsultan yang dianggap kompcten dalam melaksanakan program tersebut, dan
melalcukan evaluasi terhadap pelaksanaan program.

"
2007
T34119
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Esti Yunita
1986
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>