Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 20420 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
Hanny Susana
"Saat ini, informasi menjadi suaru kebutuhan yang sangat penting meliputi semua bidang dalam kehidupan fidusia. Usaha pemenuhan kebutuhan informasi menuntut adanya sumber inforasi yang dapat dijangkau dimana pun dan kapan pun serta cepat, mudah dan murah. Dengan adanya metode penyajian informasi melalui internet mendorong berkembangnya perpustakaan dijital (Digital Library). Pada skripsi ini, penulis mencoba membuat perpustakaan dijital dalam bentuk paket informasi yang menggunakan sistem manajemen database dan antar muka pengguna berbasiskan web. Paket perangkat lunak yang dikembangkan ditujukan untuk pengguna dari semua kalangan sehingga tampilan antar muka dibuat sederhana agar mudah dipahami tanpa mengurangi aktivitasnya. Perpustakaan dijital yang dibuat ini melingkupi informasi multimedia baik berupa data teks atau dokumen, data citra data audio maupun data video. Pada perpustakaan dijital ini terdapat pula pembedaan akses antara administrator, pengguna yang belum mendaftar serta pengguna yang telah mendaftar."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
S40136
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Syamsiah
"Pada perpustakaan dijital, terdapat sejumlah data yang untuk mengaksesnya membutuhkan antar muka pengguna yang dapat memudahkan navigasi pengguna dalam mencari dokumen yang diinginkannya. Berbeda dengan perpustakaan dijital yang telah ada, perpustakaan dijital yang diterapkan pada Departemen Elektro FTUI ini mengintegrasikan sejumlah data multimedia, termasuk di dalamnya data video. Oleh karenanya selain dirancang antar muka pengguna yang mengikuti persyaratan yang telah ditentukan untuk perpustakaan dijital, juga dalam antar muka pengguna ini diintegrasikan data multimedia yang untuk mengintegrasikan data multimedia ini berbeda caranya dengan yang bukan data multimedia. Dalam skripsi ini dirancang sebuah platform antar muka pengguna yang mengintegrasikan berbagai jenis data termasuk di dalamnya data multimedia. Perangkat lunak yang digunakan adalah PHP sebagai scripting language. Apache sebagai Webserver, dan My SQL sebagai database penyimpan data file dan struktur direktori yang ada. Hasil angket menunjukkan bahwa 73% pengguna menyatakan bahwa mereka sangat mudah menentukan sedang berada di halaman mana mereka saat ini. Selanjutnya sebanyak 55% responden menyatakan bahwa mereka dapat dengan sangat mudah mengerti isi halaman utama dan begitu pula dengan konsistensi halaman yang disajikan, serta proses download. Sedangkan untuk kompatibilitas dengan berbagai browser, sebanyak 64% pengguna menyatakan bahwa antar muka pengguna dengan integrasi data multimedia ini sangatlah kompatibel."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2006
S40268
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Seiring dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, perkembangan internet juga mengalami perkembangan yang cukup pesat, hal ini terlihat dari semakin banyaknya pemanfaatan internet dalam segala bidang kehidupan khususnya dalam bidang pendidikan. STIKOM BALI merupakan salah satu Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Teknik Komputer yang berada di pulau Bali. Sebagai salah satu Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Teknik Komputer yang berada di pulau Bali tentunya STIKOM BALI memiliki banyak sistem informasi yang menunjang proses pembelajaran. Salah satu sistem informasi yang dimanfaatkan oleh STIKOM BALI adalah sistem informasi perkuliahan. Dengan adanya sistem informasi ini, mahasiswa dapat mengetahui berbagai jenis informasi mengenai perkuliahan di STIKOM BALI. Sistem informasi perkuliahan ini dapat diakses oleh berbagai macam perangkat, mulai dari komputer sampai dengan smartphone. Dan yang menjadi permasalahan adalah semua perangkat tersebut memiliki layar dengan resolusi yang berbeda – beda, sehingga jika sistem informasi perkuliahan ini diakses melalui smartphone yang memiliki layar dengan resolusi kecil, maka konten yang ditampilkan menjadi rusak, atau jika bisa ditampilkan secara penuh atau mungkin akan direpotkan dengan aktifitas zoom-in dan zoom-out untuk membaca konten. Salah satu pemecahan dari masalah diatas adalah dengan menerapkan teknologi Web Design Responsive. Dengan menerapkan teknologi Web Design Responsive pada sistem informasi perkuliahan, maka sistem informasi perkuliahan ini akan langsung beradaptasi dengan ukuran layar device yang mengaksesnya."
005 JEI 3:1 (2013)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1992
S37968
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Simarmata, Avrinson B.H.
"Pada skripsi ini dibahas proses perancangan dan pembuatan alat Casselle Changer berbasis Mikrokontroler 8032. Mikrokontroler 8032 berfungsi sebagai pengendali utama yaitu untuk mengendalikan rak dan pemutar kaset digital serta menerima masukan dari keypad atau komputer. Proses pemilihan dan pengambilan kaset menggunakan tip buah motor stepper yang dikendalikan langsung oleh mikrokontroler.
Penentuan posisi lagu dilakukan secara otomatis dengan memamfaatkan sinyal jeda antar lagu, atau secara manual oleh pemakai. Posisi direpresentasikan dengan menggunakan pencacahan oleh mikrokontroler. Data lagu-lagu berupa posisi, judul, nama penyanyi, iirik dan album lagu disimpan dan ditampilkan pada komputer dengan menggunakan file database. Antarmuka antara komputer dan mikrokontroler menggunakan komunikasi serial. Bahasa pemrograman yang digunakan ialah Borland Delphi Versi 1.0. dan bahasa pemrograman Assembler MCS-51."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997
S38897
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kusharyono Pratomo
"Perpustakaan digital merupakan salah satu fasilitas penyebaran media informasi kepada mahasiswa pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Disediakan berbagai layanan yang mendukung perpustakaan digital tersebut, salah satunya adalah aplikasi pencarian database. Aplikasi pencarian database pada perpustakaan digital merupakan salah satu layanan yang bertujuan untuk memberi kemudahan kepada pengguna dalam melakukan pencarian dokumen yang ada di dalam database dengan cepat. Pada skripsi ini akan dibahas mengenai perancangan, perbandingan serta pengujian aplikasi pencarian metoda information retrieval model boolean dan vector space. Perancangan disertai dengan penghilangan stop word, penggunaan stemming dan term weighting untuk meningkatkan performa dan efisiensi. Aplikasi pencarian dengan performa yang sesuai akan diimplementasikan pada perpustakaan digital. Hasil pengujian dan analisa menunjukkan bahwa setiap aplikasi pencarian memiliki kelebihan dan kekurangan. Aplikasi pencarian yang paling sesuai untuk diterapkan pada perpustakaan digital adalah aplikasi pencarian metode information retrieval model boolean."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
S40074
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yudhi Rismawan
"Tugas akhir ini dilakukan dengan tujuan merancang bangun suatu synchronous collaborative system untuk memudahkan proses pembelajaran kolaboratif berbasis web, dengan mempergunakan beberapa collaborative tools yang bersifat real time. Kegiatan dimulai dengan menentukan persyaratan yang harus dipenuhi oleh sistem yaitu diantaranya terdapat subsistem untuk mengakomodir proses komunikasi dan media penyampaian informasi secara realtime. Proses dilanjutkan dengan pemodelan sistem, sehingga teridentifikasi beberapa subsistem yang akan digunakan yaitu audio conference, online chat, online note dan shared presentation. Setelah itu, dilakukan rancang bangun arsitektural sistem yang mencakup database, server dan client. Proses berikutnya adalah rancang bangun dan integrasi komponen-komponen yang telah teridentifikasi. Pengujian sistem dilakukan terhadap kriteria fungsional melalui survey kepada pengguna terhadap performansi produk, sedangkan kriteria nonfungsional dilakukan melalui pengambilan sampel waktu tunda terhadap 2 kondisi koneksi yaitu modem dan LAN.
Dari hasil survey didapat nilai rata-rata untuk usabilitas, fungsionalitas, efisiensi dan general adalah diatas 3,5 dalam skala maksimum 4. Dari hasil pengujian waktu tunda didapatkan waktu tunda rata-rata dari audio conference adalah 2,9 ms dalam kondisi modem dan 2,4 ms dalam kondisi LAN, chat adalah 1,5 ms dalam kondisi modem dan 1,4 ms dalam kondisi LAN, online note sebesar 1,7 ms untuk kondisi modem dan 1,6 ms untuk kondisi LAN, shared presentation sebesar 1,4 ms untuk modem dan 1,3 ms untuk LAN. Sehingga disimpulkan sistem akan berjalan lebih baik pada kondisi jaringan LAN.

This final project is done in purpose to design and implement a synchronous collaborative system in supporting a collaborative learning process through the web. The application used some of the real time collaborative tools. The design process is started with defining the requirement that should be fulfilled by the system which is to provide communication process and information transmission media in real time. Then the process is continued with the modelling of the system, so in the process several subsystems are identified such as audio conference, online chat, shared presentation and online note. The next process is architectural design of the system which includes the database, server and client. After that the identified subsystem is then designed, implemented and integrated. The sistem is tested to fulfill the functional and nonfunctional criteria, the functionality test is done by surveying the user and the nonfunctionality test is done by taking sample of latency in 2 different connection conditions which is in modem and in LAN condition.
The survey for usability, functionality, efficiency and system as general gives average score above 3,5 in the range of 4. The latency test gives average latency for audio conference is 2,9 ms for modem and 2,4 for LAN, chat is 1,5 ms for modem and 1,4 for LAN, online note is 1,7 ms for modem and 1,6 ms for LAN, shared presentation is 1,4 ms for modem and 1,3 ms for LAN. So from the result can be concluded that the system run better in LAN network condition.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S40583
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Tri Kuntoro Priyambodo
Yogyakarta: Andi Yogyakarta, 2009
530 TRI f
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
"Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat pada abad ini membawa dampak yang sangat signifikan terhadap dunia pendidikan, di mana proses peralihan dari abad industrialisasi ke abad pengetahuan menuntut setiap bidang dalam kehidupan berubah sangat cepat dan harus dapat beradaptasi dengan cepat. Begitu pula dengan pendidikan, karakteristik umum model pembelajaran abad pengetahuan berbeda dengan karakteristik pembelajaran abad industrialisasi. Model praktik pendidikan yang dianggap menguntungkan pada abad industrial, seperti belajar fakta, drill dan praktik, kaidah dan prosedur digantikan dengan belajar dalam konteks dunia nyata, otentik melalui problem dan proyek, inkuiri, discovery, dan invensi dalam praktik abad pengetahuan. Akan tetapi pola belajar yang diterapkan pada masa industrialisasi sudah dianggap tidak cocok lagi di abad pengetahuan, di mana perkembangan teknologi informasi dan komunikasi berkembang begitu pesat, dan teknologi tersebut merupakan katalis penting untuk gerakan menuju metode belajar di abad pengetahuan. Makalah ini akan membahas perancangan model pembelajaran abad 21 dengan cara mengintegrasikan model pembelajaran Project Based Learning, Project Oriented Learning, dan Cooperative Learning dengan teknologi informasi Web 2.0."
TEKNODIK 19:1 (2015) (1)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>