Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 187523 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
Choirul Anam
"ABSTRAK
Tesis ini membahas tentang dampak penerapan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan Dana Desa terhadap tingkat kemiskinan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan model estimasi regresi cross section untuk mengestimasi pengaruh transparansi dan akuntabilitas pengelolaan Dana Desa tahun 2016 terhadap tingkat kemiskinan pada 53 desa di Kabupaten Bangkalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan aspek transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan Dana Desa berdampak terhadap pengurangan tingkat kemiskinan masyarakat desa. Namun demikian, karena rendahnya kualitas SDM aparatur desa dan masih lemahnya pengawasan terhadap pengelolaan Dana Desa, maka perlu ditingkatkan pelatihan pengelolaan Dana Desa dan peningkatan pengawasan oleh pihak eksternal.

ABSTRACT
This thesis discusses the impact of the implementation of transparency and accountability in the management of village funds on poverty levels. This research is a quantitative descriptive research using cross section regression estimation model to estimate the effect of transparency and accountability of village funds management in 2016 to poverty level on 53 villages in Bangkalan regency. The results of research indicate that the implementation of transparency and accountability in village funds management has an impact on poverty reduction of rural communities. However, due to the low quality of human resources of the village apparatus and the lack of supervision over the management of village funds, it is necessary to improve the training of village funds management and increase supervision by external parties"
2017
T49795
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"konang district has a problem on fresh water supply particularly in dry season. Two villages in the district, namely Pakes and Konang, are densely populated areas having agriculture activities, so available of sufficent fresh water in necessary. A fresh water source that can be developed in this area is deep groundwater source from potential aquifers. A geological study has been conducted to identify potential aquifer based on lithological aspect and geological structure. According to the regional stratigraphy, the study area consists of Tawun Formation and Ngrayong Formation. They compose of carbonaceous claystone (the oldest rock unit), carbonaceous claystone with sandy limestone intercalations, sandy limestone interbeded with carbonaceous claystone, tuffaceous sandstone with claystone intercalations, and reef limestone (the youngest) respectively. Strike and dip positions of the rocks layers are N110oE/22o - N150oE/26o, located on the south anticline axis with wavy plan to gentle slope of hilly morphology. Among the rock unit, only sandy limestone has fine sand with subangular in shape and open pack. Qualitatively, this rock has good porosity and parmeability and is enables to save and to flow subsurface water. Thrus, the sandy limestone is considered as a potensial zone for fresh water resources. Whereas, carbonaceous claystone with clay grainsize has low porosity and permeability, so it is potential as a cap rock"
EKBPPGN
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Tahsinul Manaf
"Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui:
1) Penerapan sistem perencanaan dan penyusunan program perpustakaan.
2) Penerapan sistem penganggaran perpustakaan.
3) Peran pimpinan perpustakaan dalam pengambilan keputusan proses perencanaan, penyusunan program dan pengendalian anggaran perpustakaan pada masa.
Subyek penelitian adalah kepala perpustakaan dan pustakawan di lingkungan perpustakaan serta kepala Pusdiklat dan pimpinan proyek PPKP BPPT. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode dokumenter dan wawancara semi terstruktur.
Hasil penelitian menunjukkan:
1) Perencanaan perpustakaan BPPT telah dilakukan sesuai dengan sistem dan mekanisme perencanaan. Perencanaan dilakukan secara bersama-sama antara pustakawan dan pimpinan perpustakaan dengan koordinasi kepala perpustakaan.
2) Penganggaran sebagai suatu siklus dalam perencanaan belum termasuk dalam siklus perencanaan, oleh karena itu anggaran belum berfungsi sebagai alat perencanaan di perpustakaan BPPT, sehingga manajemen perpustakaan sulit melakukan kegiatan dengan langkah yang pasti.
3) Fungsi pengendalian anggaran perpustakaan telah dilakukan dengan baik pada awal kegiatan, selama kegiatan maupun di akhir kegiatan. Sehingga telah memenuhi target fisik maupun pcnyerapan dana yang optimal.
4) Peran kepala perpustakaan dalam memperjuangkan anggaran perpustakaan telah optimal.

The Application System in Planning the Program and the Controlling of the Budget of the Library A Case of Study in the Library of BPPT Jakarta in Term of Year 1998/1999, 1999/2000 and 2000 The objective of research is to comprehend:
1) The Application system or planning and arrangement of the library
2) The Application system of budget controlling of the library
3) The Application system of budgeting for the library
4) The role of the head of library in taking the decision for the planning process, arrangement and controlling the budget of the library programs.
The subjects of the research are the head of Library and the librarian them selves and also the head of Pusdiklat (the education and training center), in the directors of PPKP project of BPPT. Environment of library and the head of training center and the head of project in BPPT.. The data were obtained by documenting and interviewing semi - structured method.
The result of the research shows that
1) The planning of BPPT library has been done according t the planning system and mechanism the planning were carried out by librarian together with the leader of library which coordinated with the head of library.
2) Budgeting performed as s a cycles and the planning not involved in the cycles of panning, there fore the budgeting could not work as a planning instrument in the library of BPPT, as the management of the library is having difficulties in doing its activities convincely.
3) The function of budget controlling in the library has been done very well. Even at the beginning of activity, during the activity till the end of activity. There for it would reach the physical target and the optimal.
4) The role of the head of library in the future in maintaining the budget of the library has been done properly."
2001
T10968
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dini Anitasari Sabaniah
"[ABSTRAK
Tesis ini mendiskusikan tentang bagaimana perempuan agensi mengelola faktorfaktor
yang bersifat struktural dan kultural yang mendukung dan menghambat
keagensiannya pada saat konflik dan pasca konflik. Studi sebelumnya telah
membuktikan bahwa dalam situasi konflik perempuan mampu memunculkan
keagensiannya. Namun dari studi yang telah ada umumnya tidak membahas
secara komprehensif bagaimana keagensian tersebut bekerja dan apa faktor-faktor
struktural dan kultural yang mendukung maupun yang menghambat keagensian
perempuan saat dan pasca konflik.
Tesis ini merupakan hasil penelitian kualitataif dengan mengambil studi kasus di
Kabupaten Poso Provinsi Sulawesi Tengah. Pemilihan Kabupaten Poso
didasarkan pada pertimbangan bahwa Poso dikenal sebagai wilayah yang pernah
mengalami konflik. Beberapa tahun terakhir situasi damai terjadi di Poso,
berangsung-angsur masyarakat Poso termasuk perempuan mulai menata
kehidupannya kembali. Gejala yang terjadi di Poso ini dinilai oleh peneliti dapat
mengungkap permasalahan dan menjawab pertanyaan penelitian.
Argumentasi penelitian ini adalah bahwa perempuan dalam situasi konflik satu
sisi dihadapkan persoalan yang sulit, namun, di sisi lain perempuan juga mampu
menjadi agensi. Studi ini menggunakan ‘Analisis Archer membedakan Agen dan
Struktur dengan pendekatan Morphogenesis’. Analisis morphogenesis Archer
menjelaskan bekerjanya ‘keagensian’ yang saling mempengaruhi dengan kultur
(struktur) melalui tiga tahap, yaitu: (1) Structural conditioning, yang merujuk
pada struktur sebelumnya yang mengkondisikan namun tidak menentukan; (2)
Social interaction, yang muncul dari tindakan yang berorientasi pada realitas dan
kebutuhan yang berasal dari agen dan mengarah pada dua hal; yakni (3) Structural
elaboration atau reproduction, yaitu sebuah perubahan dalam hubungan dalam
sebuah sistem sosial. memungkinkan menghasilkan konfigurasi sosio-kultur yang memiliki sifat
perubahan dari agen.
Hasil penelitian memperlihatkan bahwa saat dan pasca konflik perubahan
konfigurasi sosio-kultur yang terjadi adalah konfigurasi sosio-kultur yang
memiliki sifat perubahan dari agen primer (passive agents) menuju lebih banyak
lagi kumpulan agen (active agents). Active agents yang dimaksud adalah
kumpulan agen-agen yang terorganisir yang berusaha ke luar dari batas-batas
struktur dan sistem kultur serta sosio-kultur yang ada menuju ‘we’ bersama-sama
berusaha untuk mengubah struktur yang ada tersebut atau dengan kata lain
mentransformasikan dirinya untuk tujuan mencapai perubahan sosial yang
transformatif. Di dalam perubahan sosial yang transformatif sebagai hasil dari
formasi siklus morphogenesis (morphogenetic cycles) maka peran baru akan
diciptakan hingga terjadi posisi baru dimana akan lebih banyak lagi agen yang
terlibat.

ABSTRACT
This thesis discusses how women's agency manage structural and cultural
factors that enable and contrains agency during conflict and post-conflict.
Previous studies have shown that in conflict situations women are able to emerged
their agency. However, the existing studies generally do not discuss
comprehensively how it works and what is the structural factors and cultural that
support or obstruct women agency during and after conflict.
This thesis is the result of qualitative research on a case study in Poso,
Central Sulawesi Province. Poso district election based on the consideration that
the Poso region once known as a conflict area. The last few years the people of
poso have living in peace, Poso community gradually including women began to
organize their lives back. According to the researcher it is useful to examine the
phenomenon that accurs in Poso to uncover problems and answer research
questions.
The argument of this study is women in conflict situations, encountered
difficult situation, but on the other hand women also capable of being the agency.
This study uses ‘Archer’s analysis of Agen-Structure: the morphogenetic
approach’. The Archer’s analysis is explained the agency works interplay with
culture (structure) through three stages: (1) Structural conditioning, which refers
to the previous structure, but does not specify; (2) Social interaction, which
emergence from the actions oriented to the realities and needs and leads to two
things; are (3) Structural elaboration or reproduction, is a change in the
relationship in a social system.
At the stage of social interaction, agency works begins with the
emergence of self-consciousness, then the emergence of personal identity and
continued to the emergence of social identity. The third stage enables generating
socio-cultural configurations which have the changing nature of the agent.
The research findings showed socio-cultural configuration changes that
occur during and post-conflict changing nature of the primary agent (passive
agents) into collection agents (active agents). Active agents are organized agent,
that attempted to exit outside of the confines of existing structure and socioculture
systems and culture that exist towards 'we' and jointly try to change the
existing structure, or in other words to transform itself to achieve a transformative
social change. In transformative social change as a resulted of the formation cycle of morphogenesis (morphogenetic cycles) then the new role will be created until
there is a new position emerge and involving more agents., This thesis discusses how women's agency manage structural and cultural
factors that enable and contrains agency during conflict and post-conflict.
Previous studies have shown that in conflict situations women are able to emerged
their agency. However, the existing studies generally do not discuss
comprehensively how it works and what is the structural factors and cultural that
support or obstruct women agency during and after conflict.
This thesis is the result of qualitative research on a case study in Poso,
Central Sulawesi Province. Poso district election based on the consideration that
the Poso region once known as a conflict area. The last few years the people of
poso have living in peace, Poso community gradually including women began to
organize their lives back. According to the researcher it is useful to examine the
phenomenon that accurs in Poso to uncover problems and answer research
questions.
The argument of this study is women in conflict situations, encountered
difficult situation, but on the other hand women also capable of being the agency.
This study uses ‘Archer’s analysis of Agen-Structure: the morphogenetic
approach’. The Archer’s analysis is explained the agency works interplay with
culture (structure) through three stages: (1) Structural conditioning, which refers
to the previous structure, but does not specify; (2) Social interaction, which
emergence from the actions oriented to the realities and needs and leads to two
things; are (3) Structural elaboration or reproduction, is a change in the
relationship in a social system.
At the stage of social interaction, agency works begins with the
emergence of self-consciousness, then the emergence of personal identity and
continued to the emergence of social identity. The third stage enables generating
socio-cultural configurations which have the changing nature of the agent.
The research findings showed socio-cultural configuration changes that
occur during and post-conflict changing nature of the primary agent (passive
agents) into collection agents (active agents). Active agents are organized agent,
that attempted to exit outside of the confines of existing structure and socioculture
systems and culture that exist towards 'we' and jointly try to change the
existing structure, or in other words to transform itself to achieve a transformative
social change. In transformative social change as a resulted of the formation cycle of morphogenesis (morphogenetic cycles) then the new role will be created until
there is a new position emerge and involving more agents.]"
2015
T43903
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Diyah Parwita Desi
"Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya persoalan yang mengemuka berkaitan dengan pengelolaan keuangan sekolah baik yang bersumber dari dana APBD/APBN, dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), maupun dana masyarakat. Penelitian dimaksudkan untuk mengevaluasi proses pengelolaan keuangan, mengkaji peran faktor sumber daya manusia dan pemanfaatan teknologi informasi dalam pengelolaan keuangan, serta mengevaluasi akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan SMP negeri di Kabupaten Banyumas.
Penelitian menggunakan pendekatan studi kasus. Analisis bersifat deskriptif dan eksploratif. Data dikumpulkan dari 7 SMP negeri di Kabupaten Banyumas, dengan jumlah responden sebanyak 135 orang dari enam unsur pemangku kepentingan sekolah. Keenam unsur tersebut terdiri atas kepala sekolah, bendahara, guru, anggota komite sekolah, orang tua siswa, dan siswa.
Berdasarkan penelitian diketahui bahwa hambatan dan kendala teknis berkaitan dengan pengelolaan keuangan sekolah meliputi ketidakmandirian sekolah dalam pengelolaan keuangan yang bersumber dari dana APBD, perbedaan periode penganggaran APBD dengan RAPBS, tidak adanya pedoman teknis dalam penyusunan RAPBS, penggunaan dana komite sekolah, dan tata cara pembukuan, serta keterlambatan persetujuan RAPBS oleh kepala Dinas Pendidikan.
Hasil pengkajian mengenai peran faktor sumber daya manusia dan pemanfaatan teknologi informasi dalam pengelolaan keuangan SMP negeri di Kabupaten Banyumas menunjukkan bahwa latar belakang pendidikan, keahlian komputer, dan bimbingan teknis yang diikuti bendahara menunjang kualitas pelaksanaan pekerjaan perbendaharaan. Teknologi informasi oleh pengelola keuangan dimanfaatkan sebatas untuk sarana penunjang dalam membantu menyelesaikan pekerjaan perbendaharaan. Kelemahan dan kendala dalam faktor sumber daya manusia dan pemanfaatan teknologi informasi tersebut tidak mempengaruhi tingkat akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan. Secara umum, pengelolaan keuangan SMP negeri di Kabupaten Banyumas dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan keuangan sekolah telah diselenggarakan secara akuntabel dan transparan.
Kontribusi utama penelitian ini adalah rekomendasi untuk peningkatan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan sekolah. Rekomendasi tersebut adalah perlu ditetapkannya sekolah sebagai satuan kerja perangkat daerah (SKPD) sehingga pengelolaan keuangan sekolah yang bersumber dari dana APBD menjadi fleksibel. Di samping itu, perlu juga diterbitkan peraturan yang mengatur pengelolaan keuangan sekolah yang bersumber dari dana komite sekolah. Penelitian ini juga memberikan kontribusi bagi pengembangan akuntansi pemerintahan. Perlu dilakukan lebih banyak studi mengenai pengelolaan keuangan sekolah sebagai bagian dari praktek akuntansi pemerintahan. "
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2008
T25085
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
"Martajasah is one of the villages in Bangkalan Region, Madura, which have difficuly of fresh water. This area has a lot of potential thar can be developed, particularly the potential of regious tourism. To increase the utilization potential of the region and support the public healthy, in 2007 PPGN-BATAN cooperated with the Government of bangkalan has made one (I) exploration/production groundwater-wells with the expectation it can meet a demand of fresh water in the Martajasah Village area. To determine the capacity of the wells, the maximum discharge pumping and the optimum discharge pumping from the wells pumping test it is necessary should be conducted, which includes step draw down pumping test, constant rate pumping test and recovery test. The purpose of this activity is to determine amount of well loss, loss of aquifer, well hydraulics equations and the value of the efficiency of wells to determine the optimum and maximum discharge wells and calculate the value of transmissivity/transmissivity (T) from the aquifer. The scope of these activities include the preparation of working equipment, testing of all equipment, measurement of static groundwater table, pumping test, and analysis of pumping test. Based on the result from step draw down test, well hydraulics equations obtained Sw= 0.0079 Q + 0.000003 Q2, so that according to the well hydraulics equations are then obtained a maximum pumping discharge (Qmax)= 3.9 liters/second (336.7 m3/days) with the well efficiency (E)= 89%, so the optimum pumping discharge (Qopt)= 3.455 liters/second= 298.52 m3/day. based on the result from constant rate pumping test and recovery test showed adequate transmissivity of wells, ie T= 136.5 m2/day=5.6875 m2/hour= 0.094 m2/minute."
EKBPPGN
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Sumarman
"Penderita tuberkulosis yang telah selesai pengobatan namun tidak melaksanakan periksa ulang dahak pada fase akhir pengobatan jumlahnya mencapai 117 orang (20% dari total penderita). Pengawas Minum Obat (PMO) mempunyai tugas untuk mengingatkan penderita agar melaksanakan periksa ulang dahak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan peran PMO dengan kepatuhan periksa ulang dahak pada fase akhir pengobatan.
Desain penelitian yang digunakan adalah kasus kontrol. Kasus adalah penderita tuberkulosis paru basil tahan asam (BTA) positif berumur > 15 tahun yang telah selesai mendapatkan pengobatan kategori 1 dan tidak melakukan periksa ulang dahak pada bulan kelima atau akhir pengobatan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara statistik variabel confounder yaitu penyuluhan petugas dan pengetahuan penderita berhubungan bermakna dengan kepatuhan periksa ulang dahak pada fase akhir pengobatan penderita tuberkulosis dewasa. Hasil multivariat dengan regresi logistik menunjukkan bahwa peran PMO yang kurang baik berisiko sebesar 3,013 kali untuk menyebabkan penderita tidak patuh periksa ulang dahak pada fase akhir pengobatan dibandingkan dengan penderita yang memiliki peran PMO baik (95% CI = 1,615-5,621) setelah dikontrol variabel penyuluhan petugas dan pengetahuan penderita.

Patients with tuberculosis who had completed treatment but did not do sputum rechecking at the end of treatment phase reached 117 people (20% of total patients). The drug consumption supervisor has a duty to remind the patient to carry out sputum rechecking. This study aims to determine the correlation role of drug consumption supervisor with the compliance sputum rechecking at the end of treatment phase.
The design study is case-control. Cases are positive pulmonary tuberculosis patients aged > 15 years who had completed a treatment category 1 and did not recheck the sputum at month 5 or the end of treatment. The results showed that statistically vari-able confounder knowledge of extension workers and patients correlated significantly with the compliance sputum rechecking at the end of treatment phase of adult tuberculosis patients.
The results of multivariate showed logistic regretion that drug consumption supervisor?s role is less well having 3,013 times the risk of causing the patient not adherent to recheck the sputum at the final phase of treatment compared to patients whose drug consumption supervisor role well (95% CI = 1,615 to 5,621) after the controlled variable extension officers and the knowledge of the patient."
Dinas Kesehatan Kabupaten Oku Timur Sumatera Selatan, 2011
AJ-Pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Yuniar Arifianto
"Peran utama dari negara adalah penyediaan beragam barang publik (public goods) atau pelayanan kepada publik/masyarakat luas. Pertahanan dan keamanan adalah salah satu kebutuhan dasar (basic needs) masyarakat dan merupakan barang publik utama yang sangat penting dalam rangka eksistensi suatu negara.
Supremasi sipil atas militer merupakan prasyarat utama dalam negara demokrasi. Adanya kendali sipil atas militer antara lain melalui kontrol/pengendalian anggaran belanja militer. Agar dapat dicapai pengendalian yang efektif diperlukan suatu sistem pengelolaan anggaran yang transparan dan akuntabel sesuai prinsip-prinsip good governance.
Sistem penganggaran militer di Indonesia, yaitu yang berlaku pada Departemen Pertahanan dan Tentara Nasional Indonesia (Dephan-TNI), merupakan bagian dari sistem penganggaran nasional (APBN), tetapi karena alasan sifat khas militer, yaitu sifat kerahasiaan (secrecy), mobilitas tinggi, kesatuan komando dan rantai komando, dalam tahap pelaksanaan anggarannya mempunyai sistem pengelolaan khusus yang terpisah dari sistem pelaksanaan anggaran nasional. Sistem pengelolaan anggaran belanja dan keuangan militer yang terpisah tersebut diduga cenderung tertutup dan kurang transparan. Alasan kerahasiaan (secrecy) selalu menjadi hambatan akuntabilitas dan transparansi anggaran militer.
Penelitian ini menganalisis sistem pengelolaan anggaran belanja (expenditure system) Dephan-TNI ditinjau dari aspek good governance (transparansi dan akuntabilitas publik) serta aspek pengendalian intern. Hasil penelitian terhadap implementasi sistem menunjukkan bahwa sistem pengelolaan anggaran belanja dan keuangan Dephan-TNI memitiki kelemahan inheren yang berpengaruh pada efektivitas sistem yaitu sistem otorisasi anggaran dan pendanaan yang tertalu kaku, birokratis dan tidak fleksibel; tidak adanya pemisahan tugas yang memadai sehingga melemahkan pengendalian intern; dan sistem pertanggungjawaban keuangan yang kurang transparan dan akuntabel yang berisiko menimbulkan penyimpangan (korupsi dan penyalahgunaan dana). Penelitian juga menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan signifikan kegiatan Dephan-TNI dengan departemen/lembaga non militer. Belum adanya aturan hukum yang jelas mengenai rahasia negara menyebabkan alasan kerahasiaan selalu menjadi dalih tidak diikutinya prinsip transparansi dan akuntabilitas.
Karena kelemahan tersebut perlu dilakukan perbaikan atas sistem pengelolaan anggaran belanja dan keuangan Dephan-TNI. Tidak perlu ada perlakuan khusus atas pengelolaan anggaran belanja militer (Dephan-TNI) secara menyeluruh. Perlakuan khusus harus ditetapkan secara terbatas pada hal-hal yang bersifat kontijensi dan rahasia seperti kegiatan operasi militer yang mendesak/mendadak dengan memperbaiki sistem pengendalian intern dan sistem pertanggungjawabon keuangan yang lebih transparan dan akuntabel dalam rangka mewujudkan good governance dalam pengelolaan keuangan negara."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2005
T15669
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>