Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 59692 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1994
S38612
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fachrurrazie
"ABSTRAK
Glukosa oksidase pada permukaan elektroda BDD yang termodifikasi
AuNP telah dibuat untuk aplikasi sel bahan bakar enzimatik (SBE). AuNP-BDD
dibuat dengan cara merendam BDD termodifikasi nitrogen (N-BDD)
menggunakan AuNP, sedangkan N-BDD disusun dengan menggunakan metode
fotokimia pada larutan amonia dan disinari UV 254 nm. respon elektrokimia dari transfer elektron dan oksidasi glukosa pada elektroda termodifikasi telah diamati dengan tujuan untuk memfabrikasi sebuah SBE. Voltametri siklik (CV)
mengamati puncak reduksi oksigen di 0,14 V pada konsentrasi glukosa yang
berbeda (0,1-0,9 M) pada larutan penyangga fosfat (PBS) pada pH 7. Selanjutnya, variasi scan rate menunjukkan arus puncak memiliki nilai linear (R2 = 0.99) terhadap scan rate1/2 bahwa puncak ini dikendalikan oleh proses kontrol difusi. Sebuah SBE Model laboratorium dibangun dengan menggunakan elektroda AuNP-BDD-GOks sebagai anoda dan kalium ferrosanida-ferrisianida sebagai katoda dengan sistem terbuka. Dari studi discharge, elektroda itu ditemukan juga bekerja pada potensial optimal. Oleh karena itu, penelitian ini menyimpulkan bahwa modifikasi elektroda pada penelitian ini menjanjikan untuk aplikasi SBE

ABSTRACT
Glucose oxidase immobilized in gold nanoparticles-modified boron-doped
diamond was prepared for an application in enzymatic fuel cells (EFCs). AuNPs- BDD was prepared by immersing nitrogen-modified BDD (N-BDD) in a colloidal AuNPs, whereas N-BDD was prepared using photochemical method in an ammonia solution under UV light. The electroanalytical responses of the electron transfer and the oxidation discharge of glucose at the electrode were studied in order to build an EFC. Cyclic voltammetry observed an oxygen reduction peak at 0.14 V. The current of this peak was linear (R2= 0.99) with different glucose concentrations (0.1-0.9 M) and phosphate buffer solution (PBS) at pH of 7. Furthermore, the scan rate dependency showed that this peak was controlled by diffusion control process. A laboratory model EFC was built by mounting the anode with a potassium ferrocyanide-ferricyanide cathode in open system. From these discharge studies, the electrode was found to be well working at the optimum potential. Hence, the current study concluded that the modified electrode is a promising electrode for EFC."
2016
T46210
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hendra Fadholi Adi Prabowo
"Fluktuasi dari harga minyak dan crude palm oil (CPO) pada dekade terakhir menyebabkan masyarakat beralih menggunakan energi baru. Solusi alternatif adalah energi terbarukan dan energi fosil lainnya. Opsi energi terbarukan membutuhkan waktu yang lama untuk penelitian potensi energi lokal. Sehingga, energi fosil lain yang dipilih sebagai solusi. Pembangkit yang lama masih menggunakan biodiesel sebagai bahan bakar utama dan pembangkit yang baru dibangun memiliki spesifikasi dual fuel reciprocating engine. Mesin dual fuel dapat beroperasi dengan bahan bakar biodiesel atau gas untuk menghasilkan energi listrik. Pembangkit yang baru saat ini masih menggunakan biodiesel untuk operasi. Pada study ini, kajian ekonomi dari gas (LNG) sebagai bahan bakar utama akan dibandingkan dengan biodiesel. Total investasi dari fasilitas regasifikasi dan bahan bakar LNG akan dibandingkan dengan operasi dengan bahan bakar biodiesel selama 20 tahun. Variabel yang digunakan adalah capacity factor pembangkit, eskalasi beban listrik pelanggan, interest rate dan regasification cost. Metode analisis finansial IRR, NPV dan payback period digunakan untuk mengetahui kelayakan investasi fasilitas. Variabel tetap yang digunakan dalam perhitungan CAPEX, OPEX, kurs dollar, Kalori gas, heat rate, interest rate dan pajak. Hasil disebut layak jika tarif LNG dapat lebih rendah 20% dibanding tarif biodiesel (B20). Perhitungan analisis finansial terhadap fasilitas LNG dengan tarif regasifikasi $4,5/MMBtu menunjukan IRR 10,77%, NPV $16.611.452 dan payback period 12 tahun 9 bulan. Nilai IRR lebih besar dari Minimum Attractive Rate of Return (MARR) 10%. NPV bernilai $16.611.452 dan Payback period menunjukan investasi layak secara ekonomi. Alternatif menggunakan LNG dapat mengurangi biaya bahan bakar pembangkit. Eskalasi gas 3% pertahun memberikan tarif baru bahan bakar pembangkit sebesar Rp. 2.190/ kWh. Nilai tersebut memberikan pernghematan 22% dibandingkan tarif biodiesel sebesar Rp. 2.824/ kWh. Eskalasi gas 2% pertahun dapat memberikan pernghematan 27% /kWh. Eskalasi gas 1% pertahun dapat memberikan penghematan 31% / kWh. Hasil perhitungan biaya bahan bakar LNG dapat menghemat lebih dari 20% dibanding biodiesel. Kesimpulannya study finansial dari fasilitas regasifikasi LNG di lokasi ini adalah layak.

The fluctuation of oil prices and crude palm oil (CPO) in the last decade challenges peoples to use new energy. Alternative solutions are renewable energy and other fossil energy. The renewable energy option needs more time studies in the local energy potential. Hence, another fossil energy is one of the solutions. The existing Power Plant used biodiesel as fuel, and the new Power Plant specification is dual fuel reciprocating engine. The dual-fuel engine can use biodiesel or gas to generate electricity. The new Power Plant still used Biodiesel (B20) for operation. In this study, the economic assessment of gas (LNG) as the primary fuel compared to biodiesel. Total investment cost of LNG Regasification Plant and LNG fuel cost compared to biodiesel operation expenditure cost for 20 years. The variables are a capacity factor, customer load escalation, interest rate, and regasification cost. Financial analysis method IRR, NPV, and Payback period used as investment feasibility of regasification plant. Fix variables consist of CAPEX, OPEX, Dollar rate, Gas Calorific Value, heat rate, interest rate, and Tax. The result is feasible if the LNG tariff lowers 20% than the biodiesel (B20) tariff. The financial analysis of the LNG plant used regasification tariff $4,5/MMBtu result are IRR 10,77%, NPV $16.611.452, and payback period 12 years 9 months. IRR’s value is higher than the Minimum Attractive Rate of Return (MARR) 10%. The NPV is $16.611.452 and the payback period of 12 years 9 months show the investment is economically justified. The alternative using LNG reduces fuel expenditure. Escalation of gas price 3% per year show new tariff of the power plant approx. Rp. 2190 / kWh. This value provided savings approx. 22% than biodiesel tariff Rp. 2.824/ kWh. Escalation of gas price 2% per year provided savings 27%/ kWh. Escalation of gas price 1% per year provided savings 31%/ kWh. The result of the LNG fuel price calculation provided savings of more than 20% from biodiesel fuel price. The conclusion is the study of the LNG regasification plant in Southeast Maluku is feasible. "
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Cahyo
"Penelitian analisis tekno-ekonomi Crude Palm Oil (CPO) bertujuan untuk mengetahui karakteristik viskositas dan densitas CPO sebagai bahan bakar mesin diesel serta dampak penggunaan CPO terhadap karakteristik mesin seperti performance, karakteristik parameter pembakaran, keandalan dan emisi gas buang yang dihasilkan.
Penelitian dilakukan dengan metode pengujian operasi (running test) menggunakan 100% CPO selama 375 jam 58 menit pada mesin diesel Type MAK 8M453B dengan 8 cylinder inline dan daya mampu gross 1,200 KW. Suhu pemanasan CPO pada Flow Control Module selama pengujian dijaga pada rentang 77 0C s.d 83 0C untuk mendapatkan rentang viskositas kinematik CPO di inlet mesin  sebesar 11 cSt s.d. 13 cSt. Selama running test, dilakukan uji performance, uji karakteristik pembakaran (engine analyzer), uji emisi gas buang dan pengambilan sampel CPO. Sementara sebelum dan sesudah running test dilakukan uji sampel CPO serta minyak pelumas. Uji Scanning Electron Microscope (SEM) juga dilakukan untuk mengetahui komposisi logam pada deposit.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa viskositas kinematik dan densitas CPO cenderung menurun ketika suhu dinaikkan dengan kurva berbentuk parabolic polinomial untuk viskositas kinematik dan cenderung linier untuk densitas. Specific Fuel Consumption (SFC) pada beban maksimum 1.200 kW gross sebesar 0,298 liter/kWh. Persamaan polinomial SFC terhadap beban adalah y = 10-07x2 - 0,0003x + 0,4496. Kadar emisi gas buang NOx sebesar 2.075,4 mg/Nm3 s.d. 2797,7 mg/Nm3, melebihi batasan standar baku mutu lingkungan (maksimum 1.400 mg/Nm3). Terbentuk deposit keras berupa lelehan di permukaan cylinder head, piston dan valve serta nozzle dengan kandungan komposisi logam Calcium (Ca) yang bersifat keras dan sulit dibersihkan. Akumulasi deposit menyebabkan tergoresnya dinding permukaan liner.
Pengoperasian menggunakan bahan bakar CPO menurunkan tekanan pembakaran sebesar 14 % pada beban maksimum dibandingkan beroperasi menggunakan biodiesel/B20; menurunkan Indicated Horse Power (IHP) mesin rata-rata sebesar 7,44 %; memperpendek interval pemeliharaan periodik yang berdampak pada peningkatan signifikan pada kebutuhan biaya fix dan variable O&M dan penurunan capacity factor mesin. Kualitas minyak pelumas mengalami degradasi dengan indikasi kenaikan viskositas minyak pelumas dan terdapat kenaikan kontaminan logam silica (Si) dan besi (Fe).
Berdasarkan hasil perhitungan pada analisis keekonomian, harga keekonomian CPO tahun 2018 sebesar Rp.7.238,11/liter, lebih rendah Rp. 1.142,73/liter terhadap harga indeks pasar rata-rata pada tahun 2018. Sementara pada tahun 2019, harga keekonomian bahan bakar CPO sebesar Rp. 6.515,25/liter, lebih rendah Rp. 1.002,54/liter terhadap harga indeks pasar rata-rata CPO pada tahun 2019 dan lebih rendah Rp. 1.857,42/liter terhadap harga suplier CPO di ULPLTD-MG Bontang.

The techno-economic analysis of Crude Palm Oil (CPO) aims to determine the viscosity and density characteristics of CPO as diesel engine fuel and the impact of CPO use on engine characteristics such as performance, characteristics of combustion parameters, reliability and exhaust emissions produced.
The research method was carried out by running test using 100% CPO for 375 hours 58 minutes on a diesel engine MAK Type 8M453B with 8 inline cylinders and a gross capable power of 1,200 kW. CPO heating temperature in the Flow Control Module during testing is maintained in the range of 77 0C to 83 0C to get the kinematic viscosity range of CPO at the engine inlet of 11 cSt to 13 cSt. During the running test, a performance test, a combustion characteristics test (engine analyzer test), a flue gas emission test and CPO sampling was conducted. While before and after running test CPO and lubricant oil samples were tested. The Scanning Electron Microscope (SEM) test was also carried out to determine the metal composition of the deposit.
The results showed that kinematic viscosity and CPO density tended to decrease when the temperature was raised with a polynomial shaped parabolic curve for kinematic viscosity and tended to be linear for density. Specific Fuel Consumption (SFC) at a maximum load of 1,200 kW gross is 0,298 liters/ kWh. The SFC polynomial equation for load is y = 10-07x2 - 0,0003x + 0,4496. NOx exhaust gas emission levels of 2,075.4 mg/Nm3 s.d. 2,797.7 mg/Nm3, exceeding the limits for environmental quality standards (maximum 1,400 mg/Nm3). A hard deposit formed in the form of a melt on the surface of the cylinder head, piston and valve as well as a nozzle with a metal composition of Calcium (Ca) which is hard and difficult to clean. Accumulated deposits cause scratching of the liner surface.
Operations using CPO fuel reduce combustion pressure by 14% at maximum load compared to operating using biodiesel/ B20; reduce machine Indicated Horse Power (IHP) by an average of 7.44%; shortening periodic maintenance intervals which results in a significant increase for fix and variable O&M costs and a decrease in engine capacity factor. The quality of the lubricating oil is degraded with an indication of an increase in the viscosity of the lubricating oil and an increase in metal (Si) and iron (Fe) contaminants.
Based on economic analysis, the economic price of CPO in 2018 is Rp.7,238.11 /liters, lower Rp. 1,142.73 /liters against the average market index price in 2018. While in 2019, the economic price of CPO fuel is Rp. 6,515.25 / liters, lower Rp. 1,002.54 / liters against the CPO average market index price in 2019 and lower Rp. 1,857.42 / liters of CPO supplier prices in ULPLTD-MG Bontang.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
T54036
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
M. Fajri Jufri
"ABSTRAK
Rasio elektrifikasi di Provinsi Jambi merupakan yang terendah di Sumatera dengan rasio eletrifikasi sebesar 39,59 . Dibutuhkan adanya tambahan energi listrik di daerah Jambi, terutama di daerah yang belum terjangkau energi listrik salah satunya adalah dengan memanfaatkan biogas yang berasal dari limbah cair pengolahan kelapa sawit atau sering disebut Palm Oil Mill Effluent POME , menjadi energi listrik. Sebagaimana diketahui kelapa sawit merupakan komoditas perkebunan yang terbesar di jambi, limbah cair dari pengolahan kelapa sawit masih belum dimanfaatkan hanya ditampung pada kolam terbuka yang dapat menyebabkan terbentuknya emisi gas rumah kaca. Pada penelitian ini akan digunakan data-data dari salah satu perkebunan kelapa sawit di Jambi, dengan produksi POME sekitar 144.859 ton/tahun. Dengan COD sebesar 64.005 mg/l. Berdasarkan kajian teknologi yang dilakukan dipilih tipe bioreaktor anaerob jenis Continues Stirred Tank Reactor CSTR dengan volume bioreaktor sebesar 2808 m3 dan HRT selama 6,79 hari . Digunakan simulasi untuk memprakirakan proses dan hasil yang terjadi pada sistem Pembangkit Listrik Biogas dari POME PLTBg POME .Berdasarkan hasil simulasi bahan baku POME sebesar 167766 kg/jam dapat menghasilkan 2777 kg/jam. Hasil simulasi Gas Engine menghasilkan energi listrik sebesar 1050 kW. Produksi biogas sebesar 2.988.889 m3/ tahun, serta energi listrik yang dihasilkan sekitar 5380 MWh per tahunnya.Nilai investasi sekitar 3.663.119 USD dapat menarik para investor jika harga jual tarif listrik diwilayah sumatera lebih dari 1.500 IDR/kWh, dengan IRR sebesar 11,2 dan NPV sebesar USD 43.010. dan payback period sekitar 8 tahun.

ABSTRACT
Electrification ratio Jambi Province is the lowest in Sumatra with eletrification ratio around to 39.59 . Needed the addition of electrical energy in Jambi, especially in areas which not reached by electricity. One of choice is using biogas derived from liquid waste from palm oil mill or called Palm Oil Mill Effluent POME into electrical energy.As it is known palm oil is the largest plantation commodity in Jambi, liquid waste from palm oil mill is still not used only accommodated in open ponds which can lead to the formation of greenhouse gas emissions.In this research will be using data from one of the oil palm plantations in Jambi, with POME production about 144 859 tonnes year. With COD 64 005 mg l. Based on studies conducted chosen technology type anaerobic bioreactor types Continues Stirred Tank Reactor CSTR with volume of bioreaktor 2808 m3 and HRT for 6,79 days Using a simulation to predict the processes and outcomes that occur on the system of POME Biogas Power Plant PLTBg POME .Based on simulation results feed POME 16766 kg hour will be produce methane 2777 kg hour, it can be generate electicity 1050 kW.Biogas production amounted to 2,988,889 m3 year, and the electrical energy produced approximately 5380 MWh per year.Investment value approximately 3,663,119 , will be attractive for investors if the sale price of electricity tariffs in the region of Sumatra more than 1,500 IDR kWh, with an IRR of 11 2 and a NPV of USD 43 010. and payback period of about 8 years.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
T49684
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rahma Larasati
"ABSTRAK
Rencana kebutuhan masing - masing moda transportasi penting dialokasikan secara tepat karena konsumsi bahan bakar tersebut menempati terbesar kedua penggunaan bahan bakar lainnya. Pada penulsan ini, analisa menggunakan beberapa metode peramalan akan kebutuhan setiap perjalanan kereta api dan dievaluasi untuk hasil yang terbaik antara lain : regresi linier berganda, support vector machine SVM dan neural network ANN . Adapun analisis regresi linier memberikan gambaran hubungan linier antara variabel prediksi terhadap variabel terikat. Langkah selanjutnya dipilih parameter pengaruh untuk variabel terikat sebagai variabel prediksi yang mempunyai signifikan pengaruh. Dari ketiga metode tersebutdievaluasi untuk indikasi accuracy of prediction dengan nilai RSME root square mean error terendah. Hasil ditunjukan oleh metode SVM untuk mode prediksi terbaik yang dapat digunakan untuk membuat permintaan waktu akan datang akan konsumsi bahan bakar perjalanan kereta api.

ABSTRACT
Fuel requirement plan needs to be accuraately allocated because it occupes the second largest usage portion in transportation sector. This thesis evaluates and analyzes several prediction methods to forecast fuel requirement of a train trip. The methods are multple linear regression, support vector machine SVM and neural network ANN . Linear regression analysis provides an overview of the linear relationship between indenpendent variable and the predicted variables, i.e. the fuel consumption of the train trip. This method then used to select a subset of independent variable that significantly influence the predicted variables. Moreover the three methods are evaluated their accuracy using RSME root square mean error . The result show the support vector machine is the most appropriate model to predict the fuel consumption of the train trip."
2018
T51497
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sesia Fitri Anisa
"

Pada penelitian ini, diterapkan teknologi konversi trigliserida dari limbah minyak kelapa sawit untuk menghasilkan biodiesel dengan menggunakan reaktor plasma jenis Dielectric Barrier Discharge (DBD). Reaktor plasma DBD memiliki kelebihan dibandingkan metode konvensional antara lain tidak memerlukan dinding yang tahan tekanan tinggi, mudah diperbesar skalanya, perolehan (yield) produk dapat mencapai hampir 100 % tanpa ada reaksi pembentukan sabun dan gliserol sehingga tidak memerlukan pemisahan dan waktu reaksi yang dibutuhkan sangat singkat. Kondisi operasi yang diterapkan adalah tekanan pada 1 atm, laju alir reaktan 1,33 mL/s, laju alir gas argon 25,3 mL/s, volume umpan 200 ml, rasio molar minyak : metanol (1:1), temperatur reaksi 50 oC, waktu reaksi  120 menit, dan tegangan 220 VAC. Biodiesel yang diperoleh memiliki yield FAME sebesar 56,26%. Karakterisasi produk biodiesel yang dilakukan meliputi GC-MS, GC-FAME, densitas, viskositas, bilangan peroksida, bilangan asam, dan kadar air dalam minyak.

 


In this research an innovated technology is applied by conversing triglyceride from used palm oil or wasted cooking oil to biodiesel with Dielectric Barrier Discharge (DBD) type plasma reactor. DBD plasma reactors have the advantage compare to conventional method of not requiring high pressure resistant walls, easily enlarged in scale, the product yield can reach nearly 100% without any formation of soap and glycerol thus doesnt require separation and the reaction time required is very short. The operating conditions used are pressure at 1 atm, flow rate of wasted cooking oil and methanol at 1,33 mL/s, flow rate of argon gas at 25,3 mL/s, volume of the reactant at 200 ml, molar ratios of oil : methanol (1:1),  feed temperature at 50 oC, reaction time of 120 minutes, and voltage at 220 VAC. The biodiesel obtained as the final product has a FAME yield of 56,26%. Characterization of biodiesel include GC-MS, GC-FAME, density, viscosity, peroxide value, acid number, and water content.

 

"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nino Teguh Pamuji
"Salah satu struktur biaya dalam industri pembangkit tenaga listrik adalah bahan bakar. Harga bahan bakar minyak yang relatif tinggi telah menyebabkan biaya pembangkitan atau Cost of Electricity (COE) dari pembangkit yang menggunakan bahan bakar minyak seperti MFO menjadi tinggi, sehingga konsumsi bahan bakar MFO pada PLTU minyak diturunkan, hal tersebut mengakibatkan kapasitas listrik yang dibangkitkan oleh PLTU minyak cenderung turun setiap tahunnya. Alternatif bahan bakar yang lebih murah untuk PLTU minyak diperlukan, salah satu alternatif bahan bakar yang dapat digunakan adalah Coal Water Mixture (CWM), yaitu Coal Slurry berupa campuran antara batubara dan air serta zat aditif yang berbentuk suspensi kental yang dapat menggantikan minyak bakar berat MFO (Marine Fuel Oil) yang biasa digunakan di industriindustri yang menggunakan boiler sebagai penghasil uap untuk proses maupun untuk pembangkit listrik. Untuk dapat memanfaatkan CWM, modifikasi pada boiler pembangkit perlu dilakukan.
Penelitian ini bertujuan menganalisa kelayakan pemanfaatan CWM pada PLTU serta batasan setiap parameternya agar prinsip "to produce electricity at the lowest possible cost" tetap terpenuhi. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah metode probabilistik dengan simulasi Monte Carlo. Penelitian ini berhasil membuktikan bahwa pemanfatan CWM pada PLTU layak dilakukan dan dapat menurunkan biaya pembangkitan listrik pada PLTU.

One of structure of cost on power generation industry is fuel. The price of oil fuel which relatively high has make the Cost of Electricity (COE) of the Power Generation that using MFO as the fuel has become higher too, therefore the consumption of MFO on the steam turbine power plant has been decreased every year, these situation has cause the electricity that being generate by Steam turbine power plants is getting lower every year. Fuel alternative which is more cheaper for steam turbine power plant is needed, one of the fuel alternative that can be used is Coal Water Mixture (CWM), a coal slurry that a mix of coal and water and additives in a form of suspension which can be used as a replacement of MFO (Marine Fuel Oil) in Indutries that have boiler to produce steam for process or for power generation. In order to utilize CWM, a modification on the boiler of the existing steam turbine power plant is required.
This study has purpose to analyze the feasibility of CWM utilization on steam turbine power plant and the boundary of each parameters so the principle "to produce electricity at the lowest possible cost" can be achieved. In order to analyze each parameters this reasearch is using probabilistic methode by monte carlo simulation. This reasearch has proving that the utilization of CWM on steam turbine power plant is feasible to apply and it can reduce the power generation cost on steam turbine power pkant."
Depok: Universitas Indonesia, 2015
T44441
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>