Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 46680 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
Meindra Sabri
"Kawasan industri dapat mempengaruhi keputusan perusahaan untuk mengekspor melalui fasilitas yang lebih baik dan ekonomi aglomerasi. Studi ini meneliti apakah keputusan ekspor perusahaan di kawasan industri lebih baik daripada di luar kawasan industri. Kemudian melihat lebih jauh karakteristik kawasan industri seperti apa yang menentukan keputusan perusahaan untuk melakukan ekspor.
Metode treatment effect digunakan untuk membandingkan keputusan perusahaan untuk mengekspor di dalam dan di luar kawasan industri. Model probit dikembangkan untuk menilai bagaimana karakteristik industri (jarak pelabuhan, kapasitas pelabuhan, listrik, air, jumlah penyewa dan insentif fiskal) mempengaruhi keputusan ekspor perusahaan. Untuk memperkuat analisis kuantitatif, kami melakukan analisis kualitatif melalui wawancara mendalam dengan pengelola kawasan industri, Himpunan Kawasan Industri  dan institusi terkait.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keputusan perusahaan untuk mengekspor di kawasan industri lebih tinggi daripada di luar kawasan industri. Pada tingkat nasional, karakteristik kawasan industri yang mempengaruhi keputusan ekspor perusahaan adalah sumber air, dan insentif fiskal. Di tingkat daerah, terutama di wilayah Jabotabek+, hampir semuanya berpengaruh kecuali kapasitas pelabuhan. Infrastruktur seperti sumber listrik dan air berpengaruh positif terhadap keputusan perusahaan untuk melakukan ekspor. Ekonomi aglomerasi yang diwakili oleh jumlah perusahaan manufaktur dan kebijakan fiskal pemerintah efektif dalam meningkatkan keputusan ekspor perusahaan.

The industrial estate might influence the firms decision to export through better facilities and agglomeration economies. This paper investigates whether firms export decision in the industrial estates is better than outside. We then assessed on how the industrial estate characteristics determined firms decision to export.
Treatment effect methods were used to compare firms decision to export inside and outside of the industrial estate. A probit model was developed to assess how industrial estate characteristics (port distance, port capacity, electricity, water, the number of tenants and fiscal incentive) affected firms export decision. To strengthen the quantitative analysis, we conducted a qualitative analysis through in-depth interviews with the industrial estate top level managers and related institutions.
The results showed that firms decision to export in the industrial estate was higher than outside the industrial estates. At the national level, characteristics of the industrial estate that affected firms export decision were water source, and fiscal incentives. At the regional level, especially in the Greater Jakarta area, almost all of them were affecting unless the port capacity. Infrastructures such as electricity and water source were positively affected the firms decision to export. Agglomeration economies which were represented by the number of manufacturing firms and government fiscal policy was effective in increasing export decision of firms.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
D2562
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Emhaka Yudhistira
"Kompetisi perusahaan di pasar domestik mempunyai pengaruh terhadap performa ekspor perusahaan tersebut. Berdasarkan teori, pengaruhnya akan berbeda-beda tergantung pada tingkat efisiensi yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. Dengan menggunakan data perusahaan industri besar sedang manufaktur 2002-2014 yang diagregat ke sektor 3 digit KBLI tahun 2005, menggunakan selisih jumlah profit pertenaga kerja kelompok perusahaan pengekspor dengan jumlah profit pertenaga kerja kelompok perusahaan bukan pengekspor sebagai proksi performa eskpor serta mengontrol banyaknya pekerja perperusahaan dan penanaman modal asing, studi ini menunjukkan bahwa kompetisi domestik akan mempunyai pengaruh yang positif terhadap performa ekspor pada sektor yang mempunyai tingkat teknologi yang sedang dan rendah. Pengaruhnya akan lebih tinggi di sektor dengan teknologi rendah. Sedangkan pada sektor dengan teknologi tinggi, kompetisi domestik mempunyai pengaruh negatif terhadap performa ekspor.

Domestic competition has an influence on the export performance of the firm. Based on theory, the influence will vary depending on the level of efficiency owned by the firm. Using the data of large industrial companies currently manufacturing from 2002 to 2014 aggregated into the ISIC rev 3 3 digit sector, using the difference of profit per labor from the exporting firms with the profit per labor from non exporter firms as proxies of export performance and controlling the number of workers per firms and foreign investments, this study shows that domestic competition will have a positive influence on export performance in sectors with low and medium technology levels. The effect will be higher in the low technology sector. While in high technology sectors, domestic competition has a negative effect on export performance."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ilham Perintis
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melihat potensi partisipasi ekspor di Indonesia dengan menggunakan data Survei Industri yang dipublikasikan oleh Badan Pusat Statistik BPS untuk periode 2007-2015. Dengan data ini, penelitian ingin menginvestigasi hubungan antara leverage perusahaan manufaktur terhadap peluang berpartisipasi di pasar ekspor dengan metode regresi Logit. Analisis tidak hanya sebatas pada pembahasan untuk agregat seluruh sektor manufaktur, tetapi juga pada tingkat subsektor yang memberikan kontribusi yang besar pada PDB. Hasil estimasi Logit pada tingkat agregat sektoral menunjukkan bahwa semakin tinggi suatu perusahaan memiliki kemampuan keuangan untuk memenuhi kewajiban atau perusahaan tidak terbebani oleh beban utang yang berasal dari penggunaan leverage, perusahaan tersebut tidak terkendala secara finansial dan semakin besar peluang bagi perusahaan untuk berpartisipasi dalam pasar ekspor. Selain itu, pada tingkat subsektor manufaktur, peluang bagi perusahaan untuk memasuki pasar ekspor berbeda karena adanya heterogenitas pada karakteristik perusahaan dari subsektor terkait.

ABSTRACT
The study aims to see the potential for export participation in Indonesia by using Industry Survey data published by the Central Statistics Agency BPS for the period 2007-2015. With this data, the study wants to investigate the relationship between leverage of manufacturing firms on the opportunities to participate in the export market with the method of Logit regression. The analysis is not only limited to the discussion at the aggregate of the entire manufacturing sector, but also at the level of the subsector that contributing to GDP. The results of logistic estimation at the sectoral aggregate level indicate that the higher a firm has the financial capacity to meet obligations or that the company is not burdened by debt arising from the use of leverage, the firms are not financially constrained and have greater opportunity for firms to participate in the export market. In addition, at the manufacturing subsector level, opportunities for firms to enter the export market are different due to the heterogeneity on firms characteristics from respective subsectors."
2019
T54567
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Edi Kiswanto
"Studi ini mengkaji peran produktivitas dalam menjelaskan perilaku ekspor perusahaan manufaktur mikro dan kecil Indonesia berdasarkan firm-level dataset dari survei manufaktur mikro dan kecil tahun 2015 (VIMK15) Badan Pusat Statistik. Dengan menggunakan model Probit dan Tobit, studi ini menganalisis peran produktivitas perusahaan, yang diproksikan dengan produktivitas tenaga kerja dan rasio output terhadap biaya, dalam menentukan partisipasi dan intensitas ekspor perusahaan. Faktor lain yang berhubungan dengan produktivitas dan karakteristik perusahaan juga digunakan sebagai variabel kontrol. Temuan dari studi ini adalah produktivitas tenaga kerja dan rasio output terhadap biaya, secara positif dan signifikan menentukan partisipasi dan intensitas ekspor meskipun marginal effect-nya kecil dalam menentukan perilaku ekspor. Selain itu, sumber daya manusia, yang diukur dengan pendidikan pimpinan perusahaan dan pelatihan ketenagakerjaan, memberikan pengaruh yang besar dalam mendorong perusahaan untuk berpartisipasi dalam pasar ekspor. Oleh karena itu, memberikan pelatihan yang sesuai dan proporsional bagi para pekerja dapat menjadi sarana untuk mendukung perkembangan perusahaan manufaktur mikro dan kecil di Indonesia.

This study examines the role of productivity in explaining Indonesian micro and small manufacturing firms export behavior based on a firm-level dataset of micro and small manufacturing survey year 2015 (VIMK15) from Statistics Indonesia. By utilizing the Probit and Tobit model, this study analyses the role of the firms productivity, which is proxied by labor productivity and output to cost ratio, on determining firms export participation and intensity. The other factor related to productivity and firms characteristic also used as control variables. This study found that labor productivity and output to cost ratio, positively and significantly determine export participation and intensity even though its marginal effect plays a minor role in the export behavior. Besides, human capital, as measured by CEO education and employment training, contributes a major impact on encouraging firms to participate in the export market. Therefore, providing appropriate and reasonable training for the employee might be a supportive tool for Indonesia micro and small manufacturing firms development."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ikhwan Prasetyo Wibowo
"Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh tingkat ekspor terhadap struktur modal perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2010-2016. Penelitian ini menggunakan rasio ekspor terhadap total penjualan perusahaan untuk mengukur tingkat ekspor perusahaan. Penelitian ini menggunakan rasio total utang terhadap total aset untuk mengukur struktur modal perusahaan. Dengan menggunakan analisis data panel, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat ekspor perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap tingkat utang perusahaan. Hal tersebut menunjukkan bahwa apabila perusahaan meningkatkan aktivitas ekspornya, maka perusahaan tersebut akan meningkatkan tingkat utangnya.

This study aims to identify the effect of export rate on capital structure of manufacturing firms listed in Indonesia Stock Exchange in period 2010 2016. This study uses export to firm rsquo s total sales ratio to measure firm rsquo s export rate. This study uses total debt to total assets ratio to measure firm rsquo s capital structure. Using panel data analysis, this study finds that export rate has a significant positive relationship with the firm rsquo s debt levels. It shows that if the firm increases its export rate, then the firm will increase its debt level."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S67273
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sipayung, Grace Dearni
"Penelitian dimaksudkan untuk mengetahui faktor dalam perusahaan manufaktur di Indonesia yang membuat mereka memilih untuk mengekspor atau tidak, dan bagaimana pengaruh tingkat faktor kemampuan pada kegiatan ekspor. Penelitian ini menggunakan data di tingkat perusahaan, yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik melalui survei yang mereka lakukan, dan dipilih variabel sebagai berikut: proporsi ekspor (sebagai variabel dependen),serta variabel produktivitas perusahaan, ukuran perusahaan, modal perusahaan, umur perusahaan, asing kepemilikan, dan daerah dari perusahaan (variabel independen). Data yang digunakan menggunakan data pada periode 2006-2011 dengan 48,134 pengamatan, berdasarkan 5 pulau terbesar di Indonesia. Analisis regresi dilakukan dengan menggunakan logit biner, dan untuk mengetahui berapa banyak persentase barang ekspor dengan menggunakan model tobit.
Hasilnya adalah bahwa faktor yang signifikan, dan positif mempengaruhi keputusan perusahaan untuk ekspor dan persentase produk yang diekspor adalah produktivitas perusahaan, kepemilikan perusahaan oleh orang asing, serta modal perusahaan. Bagi perusahaan, ukuran dan usia perusahaan memiliki hasil yang bervariasi, dan tidak sepenuhnya signifikan pada kedua model. Faktor perusahaan daerah juga sanagt mempengaruhi proporsi ekspor.

This study is required to capture what factors in the manufacturing firms in Indonesia that make them choose to export or not, and how the influence of factors proficiency level on export activities. Using data at the enterprise level, obtained from the Central Bureau of Statistics through surveys that they do, then obtained variables as follows: export proportion (as the dependent variable), then the firm productivity, firm size, firm capital, firm age, foreign ownership , and the area of the firm (independent variables). The data used are also using data from 2006 to 2011 using 48.134 observations, based on 5 biggest island in Indonesia. Regression analyzes were performed using binary logit, and to know how much percentage of goods exported by using tobit models.
The result is that a significant factor, and positively influence the company's decision to export and the percentage of exported products is the productivity of the company, the company's ownership by foreigners, as well as the capital of the company. For a company, the size and age of the company have varying results, and not entirely significant in both models. Factors area companies also considerably stimulus the proportion of exports.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T45042
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Friska Sari Ronadiba
"Berdasarkan teori perdagangan intemasional, terdapat hubungan antara keunggulan komparatif terhadap permintaan suatu produk di suatu negara. Suatu negara melakukan perdagangan intcmasional dengan negara lainnya karena dua hal, yaitu perbedaan sumber daya dan kemampuan berpnoduksi, serta tujuan untuk mencapai skala ckonomi (Krugman and Obstfeld, 1994). Berdasarkan pemikiran tersebut, peningkatan ekspor dapm dilakukan apabila suatu negara memiliki produk-produk yang kompetitii Dalam rangka mencapai pertumbuhm ekonomi, perubahan struktur produksi berdasarkan permintaan dalam negeri dan peluang perdagangan internasional sangatlah diperlukan. Proses pembahan tersebut akan mengikutsertakan kontribusi Sektor industri dan pexalihan keterganhmgan akan ekspor produk-produk primer ke produk-produk manuihktur sebaga suatu sumber devisa bagi negara. [nduslri manufaktur potensi lmtuk dikembangkan dalam sektor ekonomi di suatu negara. Namun, pnoduk-produk manufaktur Indonesia kuxang merniliki daya saing di pasar dunia sampai saat Antisipasi dapat dilakukan melalui divemitikasi pasar ekspor sehingga peningkatan ekspor non-migas, khususnya produk manufaktur, dapat dilakukan dengan m buka kesempatan terhadap pasar-pasar bam atau yang' disebut dengan pasar ?non-tradisionali Promosi ekspor merupakan salah satu diantara beberapa faktor penentu yang mempengaruhi peningkatan ekspor manufakmr Indonesia. Revealed Comparative Advantage (RCA) dan Export Specializaiion Index (ESD dapat dignnakan untuk mencari produk-produk yang memiliki keunggulan komparatigdaya saing di dunia dan beberapa pasar non-iradisional (Afrika Selatnn, Brazil, dan Bulgaria). Disamping itu, Matrix Mandeng Competitiveness Matrix juga dapat digunakan untuk menganalisa posisi pasar suat produk dalarn rangka menentukan strategi promosi ekspor
According to the international trade theory, comparative advantage has a relation to the demand for a product in one country. There are two reasons why some cormtries do intemational trade. First, every country has diH`erent resources and producing capability. Second, some countries have the objective to achieve economics of scale. The di&`ererrt of resources was caused trading between two countries, and each country take gain from trade (Krugman and Obstfeld, 1994). Base on this concept, export performance will increase if a country has many competitive products. In order to create the economic growth. it is needed a change of production structure based on domestic demand and intemational trade opportunity. The changing process will involve a contribution of industry sector and a switchover of primary products export dependency to manufacturing products as a source of foreign exchange. Manuiircturing industry has a potential to be developed in economic sector in a cormtry. However, the Indonesia?s manufacturing products are still not competitive yet in global market until now. Anticipation can be done through export market diversification so that it should be opened for other markets that called as ?non-traditional? markets in order to increase Indonesia?s oil and gas exports, especially manufacturing products. Furthermore, trade promotion is one of the determinant factors that influence the increasing of Indonesia manufactming export product. Revealed Comparative Advantage (RCA) and Export Specially Index (ESI) are found usetirl to measure Indonesia?s Comparative Advantage level in the world and some non-traditional markets (South Africa, Brazil, and Bulgaria). Moreover, Matrix Mandeng Competitiveness Matrix is also usefirl to analyze the market position of the products concerned and decision of promotion strategy."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2008
T-pdf
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Bayu Sulistiantoro
"ABSTRAK
Penelitian ini mengestimasi pengaruh perubahan tarif barang jadi dan tarif bahan baku yang diukur dengan menggunakan rata-rata tertimbang tarif Most Favored Nation MFN dan tarif preferensi terhadap produktivitas perusahaan manufaktur. Hasil estimasi dengan menggunakan unbalanced data panel perusahaan manufaktur di Indonesia periode 2007 hingga 2014 menunjukkan bahwa tarif barang jadi tidak berdampak signifikan terhadap produktivitas perusahaan sedangkan penurunan tarif bahan baku dapat meningkatkan produktivitas perusahaan. Hasil yang sama juga diperoleh jika pengukuran tarif barang jadi dan tarif bahan baku diukur dengan menggunakan tarif MFN sebagaimana penelitian pada umumnya.

ABSTRACT
This study estimates the effect of changes in the output tariffs and input tariffs as measured by the weighted average of Most Favored Nation MFN tariffs and preferential tariffs on firm productivity in manufacturing industry. Estimation result using unbalanced panel data manufacturing firms in Indonesia from 2007 to 2014 indicates that the output tariffs does not have a significant impact on firm productivity while decreasing input tariffs can increase the productivity of the firm. Similar result also obtained if the measurement of output tariffs and input tariffs is measured by MFN tariffs."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T52658
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gilbert Christian Bela
"Performa ekspor merupakan isu yang ditekuni oleh pemilik perusahaan dan pemerintah. Salah satu alternatif dalam upaya meningkatkan ekspor melalui inovasi adalah melalui inovasi pemasaran. Studi ini berusahan menjawab pertanyaan “apakah inovasi pemasaran mempengaruhi perilaku ekspor?” pada perusahaan di Indonesia menggunakan data dari World Bank Enterprise Survey tahun 2015.Metode yang digunakan dalam meneliti perilaku ekspor perusahaan adalah menggunakan model logit untuk probabilitas ekspor dan model tobit untuk intensitas ekspor perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif antara inovasi pemasaran dengan perilaku ekspor yang efeknya menjadi semakin besar apabila perusahaan berinovasi di bidang inovasi lain selain dari inovasi pemasaran. Karakteristik perusahaan lainnya seperti besar perusahan, umur perusahaan, dan kepemilikan asing juga ditemukan signifikan dalam meningkatkan probabilitas ekspor dan intensitas ekspor, sementara R&D ditemukan hanya signifikan dalam mempengaruhi probabilitas saja.

Export performance has been a concern for many firm owners and policymakers. One such way to increase export is through innovation, in particular marketing innovation. This study attempts to answer the question “does marketing innovation affects export behaviour?” for Indonesian firms using the data from 2015 World Bank Enterprise Survey. We tried to estimate export behaviour by using logit and tobit model for export probability and export intensity respectively. The results of this study shows a positive association between marketing innovation and export behaviour, which effect could also be strengthened when the firm also innovated in another type of innovation. Other firm characteristic such as firm size, age, and foreign ownerships was found to be significant in increasing both export probability and intensity, while R&D only on the former.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>