Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 206323 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Asrul Azis
"Usia 5 tahun merupakan failure rate yakni usia dimana banyak perusahaan kecil dan menengah mengalami kegagalan (SBA, 2011; Suryana, 2001; Lupiyoadi, 2004). Penelitian ini merupakan studi fenomena kualitatif yang bertujuan menggali faktor-faktor sukses yang berkontribusi terhadap kesuksesan perusahaan UKM dalam mengurangi tingkat kegagalan (failure rate) sekaligus meningkatkan kemampuan bertahan (survival rate) terutama dalam periode 5 tahun pertama. Perusahaan-perusahaan yang menjadi objek investigasi merupakan perusahaan keluarga, yakni perusahaan pedagangan dan jasa, perusahaan kontraktor dan fabrikasi, perusahaan jasa penyuplai tenaga kerja, perusahaan Sistem Informasi & Teknologi (IT) serta perusahaan ekspedisi dan transportasi.
Setidaknya ada 49 faktor sukses yang berhasil diidentifikasi dari proses wawancara tersebut dimana sebahagian merupakan faktor sukses yang sudah teridentifikasi pada teori atau penelitian sebelumnya, sisanya merupakan faktor sukses baru yang belum teridentifikasi pada penelitian sebelumnya. Dengan memahami faktor-faktor kunci sukses tersebut, pemilik usaha setidaknya akan memiliki panduan dalam mengurangi risiko kegagalan dan meningkatkan peluang mereka untuk sukses. Kenaikan tingkat keberhasilan UKM akan memiliki efek domino dalam menciptakan perubahan sosial yang positif dengan meningkatkan lapangan kerja, meningkatkan pendapatan penjualan, meningkatkan penerimaan pajak, dan mengurangi tingkat pengangguran. Dengan demikian akan terciptalah bisnis yang sukses berkelanjutan yang akan membawa keuntungan bagi karyawan, keluarga pengusaha, bisnis lain, masyarakat, maupun perekonomian nasional.

The first five years is the failure rate of the age in which many SME have failed (SBA, 2011; Suryana, 2001; Lupiyoadi, 2004). Quantitative studies have been carried out in relation with this issue, but more detail research in the qualitative is still insufficient in order to see this phenomenon from the perspective of business owners, especially in family businesses. This study is a qualitative study which aims to explore the phenomenon of KSF conducted by the SME?s owner to reduce the failure rate and increase survival rate, especially in the first 5 year period. The companies that are the object of investigation are family small business owners that legally entitled to operate in the territory of the Republic of Indonesia. The company is engaged in different areas of businesses, i.e: trade and services company, contractor and fabricator, manpower supply services company (outsourcing), information system and technology (IT), freight forwarders and transportation company.
There are at least 49 KSFs were identified from the interview process where some of them has been identified on previous research, the rest is the new success factors that have not been identified in previous studies or literature. By understanding the KSFs needed by SME, business owners will have guidance in reducing the risk of failure and increase their chances for success. The increase in the success rate of SMEs will have a domino effect in creating positive social change to increase employment, increase sales revenue, increase tax revenues and reduce the unemployment rate. So that it will creates a sustainable successful business that will bring benefits to employees, family businesses, other businesses, communities, and national economies.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T42540
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Weni Syamsu Dhukha
"Tesis ini membahas tentang Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap Profitabilitas pada Usaha Kecil dan Menengah Mebel dan Furnitur di Mulyoharjo Jepara. Variabel yang digunakan berdasarkan landasan teori dan penelitian-penelitian yang sebelumnya dan disesuaikan dengan kondisi di lapangan adalah internasionalisai yang diproxy dengan besarnya ekspor, ukuran usaha, lama usaha, kredit serta pemakaian internet. Hasil penelitian ini mendapatkan kesimpulan bahwa, internasionalisasi, ukuran usaha, lama usaha, kredit berpengaruh secara signifikan terhadap Profitabilitas yang diperoleh oleh unit Usaha. Sedangkan penggunaan internet tidak berpengaruh secara signifikan. Dengan demikian maka penelitian ini menyarakan agar ekspor perlu ditingkatkan, demikian pula pemberian pinjaman fasilitas kredit dari lembaga keuangan formal terutama perbankan juga perlu ditingkatkan, sedangkan penggunaan internet tidak perlu dilakukan.

This thesis discusses factors influencing the Profitability of Small and Medium sized Furnitur in Mulyoharjo Jepara. The variables to be used are based on theoritical, previously conducted research and are adjusted to the condition of object, namely export, size of firm, age of firm, external financial and use of internet. The result of this research concludes that export, size of firm, age of firm and extemai financial significantly influence the profitability of unit of Small and Medium sized Furnitur. Meanwhile, the use of internet does not significantly influence it. Therefore, the research recommends that export should to be increased especially by expanding new export destinations. That granting of extemal financial facility from official financial institutions particulary banks should be increased and that the use of internet is not necessary."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009
T26278
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Pratita Vajar Kusuma
"Skripsi ini meneliti pengaruh faktor Karakteristik UKM, Karakteristik Wirausahawan dan Kontekstual terhadap kesuksesan usaha UKM. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian causal. Untuk menganalisis dampak dari faktor-faktor tersebut terhadap Kesuksesan Usaha digunakan Analisis Regresi Logistik yang bertujuan untuk menguji ketiga variabel tersebut, Karakteristik UKM dengan dimensi Asal Usul Usaha, Lama Beroperasi, Asal Modal dan Skala Usaha; Karakteristik Wirausahawan dengan dimensi Jenis Kelamin, Usia, Pengalaman Pekerjaan dan Pendidikan; dan Kontekstual dengan dimensi Pemasaran, Teknologi, Sumber Modal, Akses Informasi, Rencana Bisnis, Bantuan Pemerintah dan Kesiapan berwirausaha, terhadap Kesuksesan UKM. Hasil Penelitian menunjukan bahwa Variabel Karakteristik UKM dan Kontekstual tersebut berpengaruh terhadap Usaha, sedangkan variabel Karakteristik Wirausahawan tidak terbukti memiliki pengaruh signifikan terhadap kesuksesan usaha.

The purpose of this study is to examine the influence of SME's Characteristic, Entepreneur's Characteristic and Contextual Factors toward SME Success. This research is quantitative research with causal research design. Multiple regression analysis assessed the impact of SME's Characteristic which consist of SME's origin, SME's Capital source, SME's operating time and SME's SiSpearman's Rho e; Characteristic of Entrepreneur's dimension which consist of Gender, Age, Work Experience and Education; and Contextual's dimension which consist of Marketing, Technology, Capital, Information Access, Business Plan, Goverment, Entrepreneurial Readiness. The results showed that only two or tree variables (SME's Characteristic and Contextual) affected SME's success while Characteristic of entrepreneur didn't showed any affect on SME's Success."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S45476
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rifhial Fuadi
"[ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan perbedaan dalam
persiapan dan pembuatan laporan keuangan untuk Usaha Kecil dan Menengah
(UKM). Ini dilakukan berdasarkan dua kerangka akuntansi keuangan yang berlaku
secara umum untuk UKM, yaitu SAK ETAP dan IFRS for SMEs. Perusahaan Y
dipilih sebagai objek dalam penelitian ini karena termasuk ke Usaha Menengah yang
melakukan kegiatan menghasilkan dan menjual kerajinan tangan tradisional yang
berlokasi di Padang, Sumatera Barat, Indonesia. Melalui analisis perbandingan yang
dilakukan dalam penelitian ini, hasilnya menunjukan bahwa perbedaan dalam
persiapan dan pembuatan laporan keuaangan Perusahaan Y adalah dalam pengakuan
dan pengukuran metode yang digunakan untuk aset biologis dan beban bunga.
ABSTRACT
The purpose of this research is to examine the differences in the preparation
and making of the financial report in Small and Medium-Sized Enterprises (SMEs). It
is under two most generally accepted financial accounting frameworks for SMEs,
SAK ETAP and IFRS for SMEs. Company Y was chosen as the object of this
research as it is a Medium-Sized Enterprise which manufactures and sell traditional
handicraft located in Padang, West Sumatera, Indonesia. Through the comparative
analysis done in this research, the results have shown differences in the preparation
and making of Company Y?s financial report were both based on the recognition and
measurement method used for biological assets and interest expenses., The purpose of this research is to examine the differences in the preparation
and making of the financial report in Small and Medium-Sized Enterprises (SMEs). It
is under two most generally accepted financial accounting frameworks for SMEs,
SAK ETAP and IFRS for SMEs. Company Y was chosen as the object of this
research as it is a Medium-Sized Enterprise which manufactures and sell traditional
handicraft located in Padang, West Sumatera, Indonesia. Through the comparative
analysis done in this research, the results have shown differences in the preparation
and making of Company Y’s financial report were both based on the recognition and
measurement method used for biological assets and interest expenses.]"
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S62299
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dimas Benovito Kurnia
"Kemitraan adalah salah satu bentuk kerjasama atas dasar kesepakatan dan rasa saling membutuhkan dalam meningkatkan kapasitas dan kapabilitas usaha tertentu. Skripsi ini mengkaji pelaksanaan perjanjian dan pengawasan terhadap perjanjian kemitraan antara PT. Grab Teknologi Indonesia dengan mitranya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalar yuridis normatif. Has?l penelitian menemukan bahwa perjanjian kemitraan pada prinsipnya tunduk pada ketentuan perjanjian pada umumnya berdasarkan KUHPerdata. Namun selain dari pada itu tunduk juga pada ketentuan Kemitraan sebagaimana diatur dalam UU No. 20 Tahun 2008 dan PP No. 17 Tahun 2013 yang mensyaratkan bahwa usaha besar tidak boleh memiliki dan/atau menguasasi usaha menengah, mikro dan kecil atar saha menengah tidak boleh memiliki dan/atau menguasasi saha mikro dan kecil. Penelitian ini juga menemukan bahwa pengawasan kemitraan belum berjalan dengan baik dikarenakan keterbatasan anggaran dan sumber daya manusia yang ada pada KPPU. Oleh karenanya perlu adanya kerjasama antar instansi pemerintah terkait dalam pengawasan kemitraan

Partnership is a form of cooperation based on agreement and to meet mutual needs in increasing the capacity and capability of certain businesses. This thesis analyzes the implementation of the agreement and the supervision of the partnership agreement between PT Grab Teknologi Indonesia and its partners. The method used in this research is juridical normative. The research found that the partnership agreement in principle is subject to the terms of the agreement in general based on the Indonesian Civil Code. However, apart from the foregoing, it is also subject to the provisions of the Partnership provisions as regulated under Law No. 20 of 2008 and PP. 17 of 2013, which set out that large-scale businesses may not own and / or control medium, micro and small-scale businesses or medium-scale businesses may not own and / or control micro and small-scale businesses. This study also found that the supervision of partnerships has not been going well due to the limited budget and human resources at KPPU. Therefore, cooperation between the relevant government agencies in monitoring partnerships is necessary"
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohammad Iqbal Alfarisi
"Penelitian ini membahas mengenai faktor-faktor yang memengaruhi akses ke jasa keuangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari World Bank Enterprise Survey dan melibatkan 881 UMKM dari sembilan provinsi di Indonesia sebagai sampel penelitian. Pengujian hipotesis dilakukan dalam menentukan determinan kesuksesan perolehan pinjaman menggunakan metode regresi logistik biner data cross-section. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyertaan laporan keuangan, pemberian jaminan, usia usaha, penjualan usaha, dan jenis kepemilikan usaha secara signifikan mampu memengaruhi akses ke jasa keuangan UMKM di Indonesia. Penelitian ini juga mendiskusikan implikasi dari hasi penelitian baik bagi pembuat kebijakan, pelaku industri, dan akademisi
This study discusses several factors that affect the access to finance among micro, small, and medium-sized enterprises (MSMEs) in Indonesia. The study utilizes secondary data from World Bank Enterprise Survey and involved 881 MSMEs from nine provinces in Indonesia as the research sample. The hypothesis testing regarding the determinants of obtaining access to external finance is carried out using the binary logistic regression and cross section data. The results of this study indicate that the financial statements lending, the provision of collateral, firm age, firm revenues, and firm ownership significantly influence access to external finance of Indonesian MSMEs. This study also discusses the implications of the results both for policy makers, industry players, and academics."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hana Nurila Alfatin
"

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen risiko dalam siklus persediaan pada perusahaan manufaktur dan bertujuan untuk memberikan rekomendasi untuk mengurangi risiko yang teridentifikasi. Penelitian ini menggunakan usaha kecil menengah sebagai studi kasus karena memiliki sumber daya yang terbatas untuk menanggapi potensi risiko yang mengancam kelangsungan bisnis. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui analisis dokumen, observasi, dan in-depth interview. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat risiko yang teridentifikasi pada siklus persediaan yang belum dimitigasi oleh pengendalian internal perusahaan. Risk maturity assessment yang dilakukan sebelum penelitian menunjukkan bahwa perusahaan berada pada tingkat risk naïve dan meningkat menjadi risk defined setelah penelitian.


This study aims to analyze risk management related to inventory cycle of manufacturing company and aims to provide a recommendation to mitigate the risks identified. This research used small-medium enterprise as a case study because it has restricted resources to respond potential risk that could threaten business going concern. The method used in this research is explorative qualitative method with case study approach. Data have been obtained through document analysis, observation, and in-depth interviews with parties involved in the management and operations of the company, such as General Manager, Retail Manager, Production Managers, Head of Warehouse, and Production Operators. The result shows that there are 24 operational risks identified on inventory management, including 2 risks with the category of extreme risk, 2 risks with high risk category, and 12 risks with medium risk category requiring further risk response. This research provides 3 mitigation proposals at extreme risk level, 3 mitigation proposals at medium risk level, and 7 mitigation proposals at moderate risk level recommendation to company that can be applied to mitigate risk so the company could upgrade its risk maturity level to higher level. This research also identified 12 company operations that can reduce the impact and possibility of risk. Risk maturity assessed shows that the company is on the risk naïve level and increased to risk defined level after the research.

"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tyas Ayu Widiarini
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara mengoptimalkan kinerja karyawan dengan memperbaiki dan mengaplikasikan Key Performance Indicator KPI sebagai suatu sistem penilaian kinerja karyawan pada UKM yang bergerak di bidang jasa perawatan dan perbaikan mobil yakni Bengkel XYZ. Penelitian didahului dengan pemetaan kondisi UKM yang menunjukkan bahwa terdapat kesenjangan antara kondisi aktual dengan kondisi ideal. Salah satu kesenjangan yang terdapat pada Bengkel XYZ adalah belum adanya sistem evaluasi kinerja karyawan sebagai parameter kinerja karyawan bengkel. Oleh karena itu, kegiatan business coaching ini bertujuan untuk melaksanakan implementasi praktis KPI dengan menyesuaikan situasi dan kondisi Bengkel XYZ pada saat penulisan tesis ini sedang berlangsung.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang tujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan penilaian kinerja yang dilakukan oleh Bengkel XYZ yang kemudian diakhiri dengan memberikan usulan perbaikan.Hasil penelitian menjelaskan tentang kinerja pegawai yang meliputi kedisiplinan kerja dan sikap kerja yang telah memenuhi standar minimal pelayanan. Namun, masih terdapat kelemahan pada kualitas kerja pegawai yang tidak memberikan pelayanan optimal kepada pelanggan. Dengan demikian, hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi sebuah instrumen dan petunjuk bagi bengkel untuk dapat melaksanakan penilaian kinerja untuk peningkatan kualitas melalui penggunaan KPI.

This thesis aims to recognize on how to optimize the employee rsquo s performance by improving and applying Key Performance Indicator KPI as an appraisal system of employee on small medium enterprise providing repair and maintenance for cars in XYZ Workshop. This research is preceded by mapping the condition of enterprise which shows that there are several gaps from actual condition to ideal condition. One of the gaps that occurred is XYZ Workshop does not have performance appraisal for employee as a measurement of business performance. Therefore, this business coaching aims to implement the practice of Key Performance Indicator KPI by adjusting the situation and condition of XYZ Workshop in which the research is being conducted.
The method being used is qualitative specified in descriptive qualitative aiming to recognize on the application on appraisal system conducted by XYZ Workshop finished by offering improvements. The result of this research explains the employee rsquo s performance which consists of disciplines and attitudes satisfying the minimum value of required service. However, there are several weaknesses on the quality of employee rsquo s performance which are not delivering satisfaction services to customer. Thus, the result is expected to be an instrument and guidance to apply the appraisal system for a better service through KPI usage.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T49824
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abdul Hafizh
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan Tik Tok sebagai pemasaran media sosial bagi UMKM di Jabodetabek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 responden yang memiliki usaha di Jabodetabek dan pernah memanfaatkan Tik Tok sebagai tempat pemasaran. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan uji rata-rata (mean) dan analisis bivariate dengan regresi linear sederhana menggunakan SPSS versi 22. Penelitian ini menggunakan 6 variabel independen yaitu Learning and Responsive Feedback, Limitless Shopping Benefits, Cashless, Efficient Communication, Easy Customization, dan Relation and Distribution. Hasil penelitian ini menunjukan seluruh variabel memiliki pengaruh pada penggunaan Tik Tok sebagai media pemasaran. Dengan faktor Easy Customization yang memiliki faktor paling besar. Sedangkan faktor Cashless memiliki pengaruh yang paling kecil.

This study aims to determine the factors that influence the use of Tik Tok as social media marketing for MSMEs in Jabodetabek. This study uses a quantitative approach with data collection techniques through distributing questionnaires. The sample used in this study amounted to 100 respondents who have businesses in Jabodetabek and have used Tik Tok as a marketing place. The analysis technique used is descriptive analysis with mean test and bivariate analysis with simple linear regression using SPSS version 22. This study uses 6 independent variabels, namely Learning and Responsive Feedback, Limitless Shopping Benefits, Cashless, Efficient Communication, Easy Customization, and Relation and Distribution. The results of this study indicate that all variabels have an influence on the use of Tik Tok as a marketing medium. With the Easy Customization factor that has the biggest factor. Meanwhile, the Cashless factor has the least effect."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Renata Ratnasari
"Lima tahun pertama pernikahan merupakan periode yang membutuhkan penyesuaian diri.Dalam periode ini individu dan pasangan rentan mengalami konflik karena menghadapi berbagai perbedaan nilai, pandangan, persespi hingga kebiasaan. Kerentanan terhadap konflik berkontribusi menambah tekanan yang dialami oleh individu dalam menyesuaikan diri terhadap kehidupan pernikahan. Dalam periode penyesuaian ini, salah satu faktor protektif individu dalam menghadapi tekanan, yaitu mindfulness. Salah satu mekanisme yang menjembatani hubungan antara mindfulness dan penyesuaian pernikahan diduga melalui penerapan strategi konflik baik secara konstruktif maupun destruktif. Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah strategi konflik konstruktif maupun destruktif memediasi hubungan antara mindfulness trait dengan penyesuaian pernikahan. Partisipan penelitian berjumlah 150 orang (74% perempuan; M = 27,49, SD = 2,4). Penyesuaian pernikahan diukur melalui DAS, mindfulness diukur menggunakan MAAS, dan strategi konflik diukur melalui RPCS. Melalui analisis mediasi, ditemukan adanya hubungan mediasi antara mindfulness dan penyesuaian pernikahan secara penuh melalui strategi konflik konstruktif (a1b = 0,334; SE = 0,148; 95%; CI [0,06 , 0,65]) dan strategi konflik destruktif (a2b = 0,137; SE = 0,07; 95%; CI [0,03 , 0,30]). Hal ini menunjukkan  peran strategi konflik berbasis mindfulness khususnya, berkolaborasi dalam pemecahan masalah bersama pasangan dan penurunan reaktivitas emosi, berperan penting terhadap penyesuaian pernikahan di lima tahun pertama.  

The first-five years of marriage is a period that requires adjustment. In this period, individuals and spouse more likely to argue during this time because of differences  values, opinions, perceptions, and habits. The vulnerability of conflict increased the pressure on individuals attempting to adjust to married life. During the adjustment period with the spouse, one of the individual protective factors in dealing with pressure is mindfulness. One of the mechanisms bridging the relationship between mindfulness and marital adjustment is postulated to be through the application of conflict strategies both constructively and destructively. This study aims to see whether constructive or destructive conflict strategies mediate the relationship between the mindfulness and marital adjustment. There were 150 study participants (74% female; M = 27,49, SD = 2,4). Marital adjustment was measured through DAS, mindfulness was measured using MAAS, and conflict strategies were measured through RPCS. Through mediation analysis, it was found that there was a mediation relationship through a constructive conflict strategy (a1b1 = 0,334; SE = 0,148; 95%; CI [0,06 , 0,65]) and destructive conflict strategy (a2b2 = 0,137; SE = 0,07; 95%; CI [0,03 , 0,30]). This shows that the role of mindfulness-based conflict strategies, particularly collaboration in solving problems with the spouse and the decreasing emotional reactivity, play an important role in the marriage adjustment in the first five-years."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>