Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 149559 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Hafizha Hudaya Attahiyyat
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas terbentuknya destination image pada India melalui media
film The Best Exotic Marigold Hotel, yang memiliki tujuan untuk mengetahui dan
menguji apakah menonton film populer tertentu dapat mengubah aspek kognitif
dan afektif individu mengenai destinasi wisata yang ditampilkan dalam film
tersebut, bersamaan dengan konsep empati, familiarity dan respon konsumen
AIDA.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain eksperimental
laboratorium, partisipan pada penelitian ini adalah mahasiswa sarjana di Jakarta
berjumlah 50 orang yang sesuai dengan kriteria penelitian dan dibagi menjadi dua
kelompok secara randomisasi (kelompok kontrol dan eksperimental). Metode
analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik
parametrik untuk membuktikan hipotesa dalam penelitian ini.
Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kelompok
kontrol dan eksperimental pada variabel destination image dan familiarity.
Partisipan dalam kelompok eksperimental juga menunjukkan pengaruh secara
positif dalam keterlibatan empati mereka terhadap elemen-elemen film. Namun,
tidak ada perbedaan signifikan antara kelompok kontrol dan eksperimental pada
variabel respon konsumen. Oleh karena itu, film The Best Exotic Marigold Hotel
membantu dalam meningkatkan citra India, tetapi terbukti tidak efektif dalam
memotivasi partisipan untuk berkunjung

ABSTRACT
This research disscusses about forming destination image on India through the
feature film The Best Exotic Marigold Hotel, to assess the extent to which viewing
a specific popular feature film altered cognitive and affective images of the place
it depicted, as well as concept of empathy, familiarity and AIDA hierarchy of
effects model.
This quantitative research employed a laboratory experiment, participants were
undergraduate students in Jakarta, totaling 50 people according to the research
criteria and were divided randomly into two groups (control and experimental
groups). The data analysis methods are descriptive statistical analysis and
parametric statistical analysis to prove the hypothesis in this research.
The results showed a significant difference between the control and experimental
groups in the destination image and familiarity variables. Participants in the
experimental group also showed a postive influence in their empathy involvement
towards the elements of the film. However, there was no significant difference
between the control and experimental groups on hierarchy of effects model.
Therefore, The Best Exotic Marigold Hotel helps in enchancing the image of
India, but proved to be ineffective in motivating participants to visit India"
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
T42329
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Widita Hananingtyas
"Film-induced tourism adalah salah satu pendorong kunjungan ke suatu destinasi. Penelitian ini bertujuan untuk memahami film seperti apa yang dapat mempengaruhi intensi bepergian penontonnya. Audience involvement menjadi faktor yang diteliti untuk mengetahui aspek psikologis yang mendorong keinginan wisata setelah menonton film. Sampel yang digunakan adalah 345 responden yang sudah pernah menonton film Ada Apa dengan Cinta 2, dan dianalisis menggunakan structural equation modeling. Hasilnya menunjukkan bahwa audience involvement memiliki pengaruh positif terhadap audience travel intention tetapi destination image tidak memediasi hubungan tersebut.

Film induced tourism is one of the drivers of a visit to a destination. This study aims to understand what kind of film can affect the audiences intentions of traveling. Audience involvement becomes the factor studied to know the psychological aspect that encourages the desire to travel after watching the movie. The sample used is 345 respondents who have ever seen the movie Ada Apa dengan Cinta 2 and analyzed using structural equation modeling. The results show that audience involvement has a positive influence on the audience travel intention but the destination image does not mediate the relationship.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ni Wayan Dewi Prasatya
"Skripsi ini membahas mengenai pengaruh dari destination image negara Thailand terhadap persepsi konsumen Indonesia terhadap produk domestik Thailand, yaitu buah durian Thailand. Dengan menggunakan metode analisis statistik structural equation model menginvestigasi pengaruh destination image terhadap persepsi dan preferensi konsumen mengenai destination?s domestic product, dimana terdapat pengaruh destination familiarity pada hubungan antara destination image dan persepsi konsumen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa destiantion image negara Thailand mempengaruhi persepsi konsumen mengenai destination's domestic product secara signifikan dan positif, dimana destination familiarity tidak dapat memoderasi hubungan antara destination image dan persepsi konsumen. Pada akhirnya hubungan antara destination image dan preferensi konsumen akan dimediasi secara penuh oleh persepsi konsumen mengenai destination?s domestic product. Penelitian ini akan berguna bagi pembuat kebijakan (pemerintah) untuk memanfaatkan destination image dalam membantu meningkatkan ekspor negara.

This undergraduate thesis discusses the influence of destination image of Thailand to the Indonesian consumer perception for domestic products of Thailand, Thailand?s king of fruit. Using methods of statistical analysis of structural equation modeling to investigate the influence of destination image on destination?s domestic product perception and preference, where there is a influence of destination familiarity on the relationship between destination image and destination?s domestic product perception.
The results indicate that the destination image of Thailand significantly and positively influence destination's domestic product perception, where destination familiarity can not moderate the relationship between destination image and product perception. In the end the relationship between destination image and product preference will be fully mediated by destination's domestic product perception. This study will be useful for policy makers (government) to take advantage of the destination image to increase country's exports.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S46774
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
I Gusti Ngurah Ary Wiwekananda
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh dari electronic word of mouth, destination image, destination familiarity, dan attitude toward destination di sektor pariwisata. Dalam hal ini peneliti memberikan beberapa batasan penelitian terkait objek yang akan diteliti yaitu online review dengan destinasi Lombok. Data diperoleh dengan cara menyebarkan kuesioner kepada sampel sebagai responden yang memiliki kriteria pernah membaca ulasan perjalanan online untuk destinasi Lombok dan belum pernah berkunjung ke Lombok. Teknik sampling yang digunakan yaitu non-probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Sampel yang dikumpulkan sebanyak 163 orang responden. Analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS) dan dibantu oleh software SmartPLS 3.0. Berdasarkan hasil pengolahan data ditemukan bahwa electronic word-of-mouth, destination image, destination familiarity dan attitude toward destination memiliki pengaruh yang positif terhadap travel intention seseorang terhadap destinasi Lombok, dimana variabel dengan pengaruh terbesar terhadap travel intention adalah destination image.

This study aims to determine and analyze the influence of electronic word of mouth, destination image, destination familiarity, and attitude towards destination in the tourism sector. In this case the researchers provide several limitations of research related to the object to be studied, namely online review with the destination of Lombok. Data obtained by distributing questionnaires to the sample as respondents who have criteria; have read online travel reviews for Lombok destinations and have never been to Lombok. The sampling technique used is non-probability sampling with a purposive sampling approach. Samples collected were 163 respondents. Data analysis using Partial Least Square (PLS) and assisted by Smart PLS 3.0 software. Based on the results of data processing, it was found that electronic word-of-mouth, destination image, destination familiarity and attitude toward destination have a positive influence on a person's travel intention towards Lombok destination, where the variable with the greatest influence on travel intention is the destination image."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ida Ayu Ditha Ambarawati
"Dalam situasi yang semakin kompetitif serta tantangan yang lebih besar dalam industri pariwisata, suatu destinasi memerlukan pemahaman yang baik mengenai destination image dan hubungannya dengan behavioral intention agar dapat bertahan dan sustainable di pasar yang semakin kompleks.Penelitian ini menguji dimensi dari destination image (cognitive, affective, dan unique image) terhadap behavioral intention.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada 100 wisatawan domestik di Bandung.Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan multiple regression.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dua dimensi destination image (affective and unique image) merupakan dimensi yang berpengaruh pada behavioral intention wisatawan domestik di Bandung.

The competitive situation and greater challenges within the tourism industry entail a better understanding of a destination image toward future behavioral intention to make a sustanaible position in the competitive market. This study examines the dimensions of destination image (cognitive, affective, and unique image) toward behavioral intention of domestic tourist to Bandung. This research uses a quantitative methodology using responses given by 100 domestic tourist. Analysis technique of the data used in this study is multiple regression.
The results showed that two dimensions of destination image (affective and unique image) are significant dimensions of domestic tourists‟s behavioral intention.
"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2014
S56733
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Erianti Rusydina Edward
"Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh travel constraints terhadap destination image wisata leisure di Indonesia berdasarkan persepsi international youth travelers. Travel constraints dibentuk oleh empat dimensi, yaitu unfamiliarity, interpersonal, structural, dan intrapersonal. Destination image dibentuk oleh tiga dimensi, yaitu tourism infrastructure, hospitality atmosphere, dan unique cultural attractions. Penelitian ini dilakukan terhadap 100 orang responden yang berusia 18-35 tahun serta berkewarganegaraan Kanada, Korea Selatan, dan Perancis dengan metode PLS-SEM, independent T-test, dan ANOVA. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa pertama, terdapat pengaruh yang signifikan dari travel constraints terhadap destination image wisata leisure di Indonesia. Kedua, ditemukan juga perbedaan persepsi travel constraints dan destination image wisata leisure Indonesia, yakni antara international youth travelers yang sudah dan yang belum berkunjung ke Indonesia dan antara international youth travelers dari negara Kanada, Korea Selatan, dan Perancis.

This research explores the influence of travel constraints toward destination image for leisure travel in Indonesia perceived by international youth travelers. Travel constraints are formed by for dimensions, which are unfamiliarity, interpersonal, structural, and intrapersonal. Destination image are formed by for dimensions, which are tourism infrastructure, hospitality atmosphere, and unique cultural attractions. A survey was conducted among 100 international youth travelers from Canada, South Korea, and France. The methods used in this research are PLS-SEM, independent T-test, and ANOVA. The findings of this research concluded that there is significant influence of travel constraints toward destination image for leisure travel in Indonesia. Moreover, there is different perception for travel constraints and destination image for leisure travel in Indonesia between international youth travelers who have been and have not been to Indonesia and also between international youth travelers from Canada, South Korea, and France.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S57654
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dewi Agustin Pratama Sari
"Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh travel motivation dan destination image terhadap intention to visit halal destinaton yang dimoderasi oleh novelty seeking behavior. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan responden sebanyak 229 wisatawan nusantara. Peneliti menggunakan survey online sebagai cara memperoleh responden. Data diolah dengan menggunakan Equation Structural Modelling.
Berdasarkan hasil penelitian maka diketahui bahwa faktor yang signifikan dan berhubungan positif terhadap intention to visit halal destination hanya travel motivation dan affective destination image. Untuk faktor lainnya tidak signifikan terhadap intention to visit halal destination. Selain itu, dalam penelitian ini juga diketahui adanya pengaruh moderasi baik dari cognitive destination image maupun affective destination image, meskipun begitu kedua variabel tersebut memiliki hasil pengaruh yang berbeda.

The purpose of this study is to understand the effect of travel motivation and destination image to intention to visit halal destination. This study also use novelty seeking behavior as moderating variable. This researh is quantitative research with 229 respondents. Researcher use online survey to get respondents. The data is processed by using Equation Structural Modeling.
The result of the research is only travel motivation and affective destination image that significant and positively related to intention to visit halal destination. The other factors not significant to intention to visit halal destination. In addition, in this study also known the influence of moderation both from cognitive destination image and affective destination image, although both variables have different effects.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T52050
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Winina Fitri
"ABSTRAK
Perkembangan sektor pariwisata di tanah air, membuat tiap daerah pariwisata berkompetisi untuk mendapatkan wisatawan sebanyak-banyaknya. Untuk mewujudkan hal tersebut, daerah pariwisata harus memahami terlebih dahulu Citra Destinasi serta pengaruhnya terhadap Kepuasan Wisatawan dan Word of Mouth. Penelitian ini menguji apakah terdapat pengaruh antara Citra Destinasi terhadap Word of Mouth melalui Kepuasan Wisatawan dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan data dilakukan melalui metode survei dengan membagikan kuesioner secara online kepada 250 wisatawan domestik yang mengunjungi Kota Singkawang dalam 6 bulan terakhir (November-April). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Citra Destinasi terhadap Word of Mouth yang dimediasi oleh Kepuasan Wisatawan. Selain itu, penelitian ini juga menunjukan bahwa terdapat pengaruh langsung antara Citra Destinasi terhadap Word of Mouth, Citra Destinasi terhadap Kepuasan Wisatawan dan Kepuasan Wisatawan terhadap Word of Mouth.
Perkembangan sektor pariwisata di tanah air, membuat tiap daerah pariwisata berkompetisi untuk mendapatkan wisatawan sebanyak-banyaknya. Untuk mewujudkan hal tersebut, daerah pariwisata harus memahami terlebih dahulu Citra Destinasi serta pengaruhnya terhadap Kepuasan Wisatawan dan Word of Mouth. Penelitian ini menguji apakah terdapat pengaruh antara Citra Destinasi terhadap Word of Mouth melalui Kepuasan Wisatawan dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan data dilakukan melalui metode survei dengan membagikan kuesioner secara online kepada 250 wisatawan domestik yang mengunjungi Kota Singkawang dalam 6 bulan terakhir (November-April). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh Citra Destinasi terhadap Word of Mouth yang dimediasi oleh Kepuasan Wisatawan. Selain itu, penelitian ini juga menunjukan bahwa terdapat pengaruh langsung antara Citra Destinasi terhadap Word of Mouth, Citra Destinasi terhadap Kepuasan Wisatawan dan Kepuasan Wisatawan terhadap Word of Mouth.

ABSTRACT
The development of the tourism sector in the country, making each area of tourism compete to get as many tourists as possible. To realize this, the tourism region must first understand the Destination Image and its influence on Tourist Satisfaction and the Word of Mouth. This study examines whether there is an influence between Destination Image on Word of Mouth through Tourist Satisfaction with quantitative approach. Data was collected through a survey method by distributing questionnaires online to 250 domestic tourists who have visited Singkawang City in the past 6 months (November-April). The data analysis technique used in this study is path analysis. The results showed that there was an influence of Destination Image on Word of Mouth mediated by Tourist Satisfaction. In addition, this study also shows that there is a direct influence between Destination Image on Word of Mouth, Destination Image on Tourist Satisfaction and Tourist Satisfaction on Word of Mouth."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adika Putera Setyahadi
"ABSTRAK
siIndustri perfilman sudah menjadi bagian yang tidak asing lagi bagi masyarakat. Terus munculnya film box office menjadikan peneliti tertarik untuk mengambil film sebagai tema penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari film terhadap pembentukan imej tempat yang menjadi latar tempat filmnya serta kemudian menimbulkan intensi untuk mengunjungi lokasi tersebut. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 347 responden berusia minimal 16 tahun yang pernah menonton sepuluh judul film horror ataupun romantis yang ditentukan oleh peneliti dalam kurun waktu enam bulan terakhir. Analisis data dilakukan menggunakan analisis deskriptif dan partial least squares menggunakan Smart PLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa imej yang terbentuk pada film horror tidak berpengaruh positif terhadap sikap untuk mengunjungi tempat yang menjadi latar di film tersebut sedangkan pada film romantic imej yang terbentuk berpengaruh positif terhadap sikap untuk mengunjungi tempat yang menjadi latar di film tersebut.

ABSTRACT
AbstractFilm industry has now become familiar and prominent in the ears of modern people. Continous premieres of box office films peaked interest to make film as the main theme of this research. The purpose of the research is to see how far films can influence the image of a place used in the backgrounds and if those locations be picked later on as a destination to go. Data are collected through spreading questionnaires to 347 respondents whose age range starts from 16 years old, having watched ten selected tittles of both romantic and horror films in the span of last six months. Data analysis is conducted using descriptive analysis and partial least squares with Smart PLS 3.0. The result shows that image shaped by horror films are not positive towards intention to visit the place chosen as the background, wheras romantic films provide positive image and results to attitude towards visiting the place shown in the film.
"
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Adhinta Najza
"Pariwisata memiliki peran penting dalam pembangunan sosio-ekonomi negara-negara di seluruh dunia dimana sektor ini secara langsung menyumbang sekitar 7,6% PDB dunia. Namun terdapat beberapa faktor menyebabkan sektor pariwisata mengalami penurunan, seperti adanya faktor eksternal, Pandemi Covid-19, persaingan yang semakin ketat, dan sebagainya, sehingga bagaimana menarik wisatawan untuk berkunjung atau berkunjung kembali menjadi landasan bagi negara untuk meningkatkan sektor pariwisatanya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tourist motivation dan destination image terhadap willingness to revisit dengan tourist satisfaction sebagai mediasi (studi kasus pada wisatawan Labuan Bajo). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebar secara daring. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 165 wisatawan Labuan Bajo dengan teknik non-probability jenis purposive sampling. Data diolah menggunakan software SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tourist motivation dan destination image berpengaruh langsung dan positif terhadap willingness to revisit. Lebih lanjut, terdapat pengaruh positif signifikan pada hubungan tourist motivation dan destination image terhadap willingness to revisit melalui tourist satisfaction sebagai mediasi.

Tourism has an important role in the socio-economic development of countries around the world where this sector directly contributes around 7.6% of world GDP. However, there are several factors that cause the tourism sector to experience a decline, such as external factors, the Covid-19 pandemic, increasingly fierce competition, and so on, so that attracting tourists to visit or revisit is the basis for the country to improve its tourism sector. Therefore, this research aims to analyze the influence of tourist motivation and destination image on willingness to revisit with tourist satisfaction as mediation (case study of Labuan Bajo tourists). This research uses a quantitative approach with data collection techniques using questionnaires distributed online. The sample in this study was 165 Labuan Bajo tourists using a non-probability purposive sampling technique. The data was processed using SmartPLS 4 software. The research results showed that tourist motivation and destination image had a direct and positive effect on willingness to revisit. Furthermore, there is a significant positive influence on the relationship between tourist motivation and destination image on willingness to revisit through tourist satisfaction as mediation."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>