Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 147496 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dino Wahyu Saputro
"ABSTRAK
Skripsi ini fokus kepada sikap pengguna perpustakaan terhadap fasilitas-fasilitas yang tersedia di Perpustakaan Universitas Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sikap pengguna mengenai keberadaan fasilitas di perpustakaan. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif, serta pengumpulan data yang dilakukan dengan menyebar kuisioner terhadap 100 responden. Hasil penelitian ini berupa nilai persetujuan yang diperoleh dari sikap pengguna terhadap keberadaan fasilitas-fasilitas dalam bentuk persentase dengan menggunakan rumus skala sikap Likert. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa persetujuan terhadap keberadaan fasilitas yang menunjang unsur pendidikan lebih tinggi dibandingkan di luar unsur pendidikan.

ABSTRACT
The focus of this thesis is user attitudes for facilities that available in University of Indonesia’s Library. The purpose of this study is to know user attitudes in using facilities that available in University of Indonesia’s Library. The research approach is quantitative method and collecting data by distributing questionnaires as much as 100 respondents. The result shown as approval value from user attitudes for the availability of facilities in percentage form with Likert’s scale technique. The conclusion shows approval for facilities that support academic vision is higher than the non-academic one."
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S55344
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Syaifuddin
"Penelitian ini memfokuskan pada pengukuran sikap pengguna dan faktor-faktor yang mempengaruhi sikap pengguna terhadap teknologi informasi di perpustakaan Universitas Brawijaya dan di perpustakaan Universitas Kristen Petra, serta menjelaskan perbedaan karakteristik pengguna dan implikasinya. Faktor-faktor yang mempengaruhi sikap terdiri dari norma subjektif; ekspose informasi, keakraban dan kebutuhan. Sedangkan karakteristik pengguna terdiri dari karakteristik keperibadian dan demografik. Analisis dilakukan pada tingkat individu, dengan metode cross sectional survey. Pengumpulan data diperoleh melalui penyebarkan kuesioner pada sampel sebanyak 142 responden, dan sebanyak 140 responden telah mengembalikan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap pengguna terhadap teknologi informasi di perpustakaan adalah postif. Sikap positif tersebut dipengaruhi oleh empat faktor yaitu norma subjektif, ekspose informasi, keakraban dan kebutuhan. Tinggi-rendahnya pengaruh empat faktor berdasarkan uji mutiple regression sebesar 26,1%. Berdasar uji elaborasi, tidak seluruh aspek keperibadian dan demografik (tingkat pengeluaran, disiplin ilmu, pola konsumsi media), memberikan sumbangan pengaruh terhadap faktor yang mempengaruhi sikap.
Sikap pengguna di Perpustakaan Universitas Brawijaya dan Perpustakaan Universitas Kristen Petra juga ada perbedaan. Perbedaan ini sebagai akibat adanya keragaman kontribusi faktor yang mempengaruhi sikap pengguna. Dua faktor (ekspose informasi dan kebutuhan) mempengaruhi sikap pengguna perpustakaan Universitas Brawijaya dan tiga faktor (norma subjektif, ekspose informasi, dan keakraban) mempengaruhi sikap pengguna perpustakaan Universitas Kristen Petra. Keragaman tersebut juga mempengaruhi tinggi rendahnya sikap pengguna, dimana skor sikap pengguna di perpustakaan Universitas Brawijaya lebih tinggi dibandingkan rata-rata skor di perpustakaan Universitas Kristen Petra.

The research is focused on the measurement of user attitude and factors influencing user attitude towards information technology in library of Brawijaya University and Petra Christian University and explaining user characteristics differences and its implication. Factors which intluence attitude consist of subjective norms, information exposure, familiarity and need. User characteristics are personality characteristic and demography. Research analyzes are conducted at individual level by using cross sectional survey method. Data collection was conducted by spreading the questionnaires to 142 respondents, and 140 questionnaires were given back.
The result shows that the user attitude towards information technology is positive. The attitude is influenced by four factors, they are subjective norms, information exposure, familiarity and need. The level influence of the four factors based on multiple regression test is 26.1%. Elaboration test shows that not all of the personality characteristics and demographic (the level of expenditure, knowledge speciality, the pattern of media usage) contribute to the factors influencing attitude.
There is also difference in the number of factors influence attitude in Brawijaya University Library and Petra Christian University Library. Users' attitude of Brawijaya University Library is influenced by need and information exposure while in Petra Christian University influenced by subjective norms, information exposure and familiarity. The variability also influences the level of user attitude where the score of user attitude in Brawijaya University Library is higher than the mean score in Petra Christian University Library.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2005
T37358
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lydia Fahmawati
"ABSTRAK
Skripsi ini membahas mengenai pemanfaatan Perpustakaan Universitas Indonesia
dalam menunjang proses penyusunan skripsi mahasiswa program studi Ilmu
Perpustakaan angkatan 2008 hingga penyusunan tinjauan literatur. Proses
penyusunan skripsi dalam penelitian ini terdiri atas empat tahap yaitu,
menentukan topik dan judul penelitian, menuliskan latarbelakang, merumuskan
masalah, dan memilih tinjauan literatur. Hasil Penelitian menyarankan bahwa,
agar segala fasilitas yang ada terus dikembangkan sesuai dengan perkembangan
jaman dan kebutuhan pemustaka, serta perawatan secara berkelanjutan dan
teratur; buku yang telah dikembalikan di ruang sirkulasi dengan segera mungkin
di-shelving untuk menghindari kekosongan di rak koleksi; dan pemustaka tidak
diperkenankan meletakkan sendiri buku yang telah dipakai karena akan
mengganggu proses temu kembali informasi.

Abstract
The focus of this study is the used of the Library of Universitas Indonesia in
supporting the producing process of thesis until producing literature review,
students of Library Science course of 2008. The producing process in this thesis is
consists of four steps, determining the topic and title of the research, writing
research background, formulate problems, and selecting the literature review. As
research result that for all existing facilities continue to be developed in
accordance with the changing times and needs users, as well as ongoing
maintenance and regular; books that have been restored in the circulation as soon
as possible to be shelving racks to avoid gaps in the collection; and not allowed
users to put its own books that have been used because it would interfere with the
process of information retrieval."
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S43580
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Delfi Dwijayanthi Putri
"Penelitian ini membahas tentang komunikasi efektif pustakawan terhadap kepuasan pemustakadi Perpustakaan Universitas Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hubungan komunikasi efektif pustakawan terhadap kepuasan pemustaka dan pengaruh komunikasi efektif terhadap kepuasan pemustaka di Perpustakaan Universitas Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan survei. Survei dilakukan kepada anggota aktif Perpustakaan UniversitasIndonesia. Pengumpulan data secara primer dilakukan dengan membagikan kuesioner secara online kuesioner onaline pada April sampai dengan Mei 2021 dan pengumpulan data secara sekunder dengan melakukan analisis dokumen terkait komunikasi efektif dan kepuasan pemustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada variabel komunikasi efektif indikator tindakan memiliki hasil rata-rata tertinggi sebesar 3,30 dan kesenangan memiliki rata-rata terendah sebesar 2,87 sedangkan pada variabel kepuasan pemustaka indikator kehandalan memiliki rata-rata tertinggi sebesar 3,08 dan indikator daya tanggap memiliki rata-rata terendah sebesar 2,89. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa pustakawan Perpustakaan Universitas Indonesia telah memiliki komunikasi yang efektif dan terdapat pengaruh yang signifikan dan regresi positif antara komunikasi efektif pustakawan dengan kepuasan pemustaka Perpustakaan Universitas Indonesia.

This research discusses the effective communication of librarians on user satisfaction at the University of Indonesia Library. The purpose of this research was to identify the relationship between effective communication of librarians on user satisfaction and the effect of effective communication on user satisfaction at the University of Indonesia Library. This research uses a quantitative approach by using a survey. The survey was conducted to active members of the University of Indonesia Library. Primary data collection is done by distributing online questionnaires online from April to May 2021 and secondary data collection is by analyzing documents related to effective communication and user satisfaction. The results showed that on the effective communication variable, the action indicator had the highest average result of 3.30 and pleasure had the lowest average of 2.87, while the reliability indicator for the user satisfaction variable had the highest average of 3.08 and the power indicator. responsiveness has the lowest average of 2.89. The conclusion of this study is that the librarians of the University of Indonesia Library have had effective communication and there is a significant influence and positive regression between the effective communication of librarians and the satisfaction of the users of the University of Indonesia Library."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Regina Syafinas
"Skripsi ini membahas persepsi pemustaka terhadap layanan Perpustakaan Universitas Katolik Atma Jaya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui persepsi pemustaka terhadap layanan, koleksi, sumber daya manusia, sarana dan prasarana serta harapan pemustaka untuk kemajuan layanan Perpustakaan Universitas Katolik Atma Jaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei.
Hasil penelitian ini persepsi pemustaka terhadap layanan adalah baik dengan skor 2,83. Persepsi pemustaka terhadap koleksi adalah baik dengan skor 2,77. Persepsi pemustaka terhadap sumber daya manusia adalah baik dengan skor 2,84. Persepsi pemustaka terhadap sarana dan prasarana adalah baik dengan skor 2,78. Rentang untuk kategori baik adalah 2,6-3,3. Harapan pemustaka adalah sebanyak 17,1% mengaharapkan untuk memperbaiki sarana internet agar server yang digunakan tidak mudah down, 16,2% mengharapakan untuk memperluas ruang baca, dan 8,6% mengharapkan untuk memperbanyak koleksi.

This thesis is studying about users perception to Universitas Katolik Atma Jaya library service. The purpose of this study is to understand user perception about the service, collection, librarians, facilities and infrastructure, and user expectation for Universitas Katolik Atma Jaya library service progress. The research uses quantitative approach with survey method.
The results of this research is user perception about the service is good with a score of 2,83. User perception about the collection is good with a score of 2,77. User perception about the librarians is good with a score of 2,84. Range for good category is 2,6-3,3. User perception about the facilities and infrastuructue is god with a score 2,78. The user expectation is 17,1% expecting the internet can more better, 16,2% expecting to expand the reading room, and 8,6% expecting to expand the collection.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S46758
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fauzano Rahmatul Mukhlisin
"Perpustakaan perguruan tinggi merupakan perpustakaan yang terdapat di perguruan tinggi yang berguna untuk mewujudkan Tri Dharma perguruan tinggi. Perpustakaan memiliki beberapa layanan yang diberikan kepada pengguna seperti koleksi, layanan referensi, internet, dan lain sebagainya. Layanan yang terdapat di Perpustakaan perguruan tinggi harus menunjang kebutuhan pengguna yakni civitas akademika perguruan tinggi. Pelayanan yang maksimal dari perpustakaan pengguna yang hadir akan merasa puas, dan pengguna perpustakaan akan hadir dan bertambah jumlahnya. Selain layanan koleksi dan referensi terdapat beberapa indikator yang menentukan tingkat kepuasan pengguna terhadap perpustakaan, seperti sarana dan prasarana serta pustakawan. Sarana dan prasarana yang baik akan dapat menambah tingkat kepuasan pengguna terhadap perpustakaan. Namun faktor yang paling penting untuk membangun tingkat kepuasan pengguna berasal dari pustakawan. Pustakawan perlu menciptakan hubungan yang baik dengan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna terhadap layanan Perpustakaan FKIP UHAMKA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah survei, dan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada 70 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik slovin dan menggunakan skala likert. Penelitian ini mengusulkan agar Perpustakaan FKIP UHAMKA untuk terus meningkatkan kepuasan penggunanya dengan menambah koleksi, sarana dan prasarana, serta pustakawan untuk tetap ramah kepada pengguna.

The college library which located in universities is a vital actor in Nourishing the internalization of the Tri Dharma of higher education. The library has several services provided to users such as collection services, reference services, internet. Services included in college libraries must support the needs of users, namely the college academics. With maximum service from the library, users presence will be satisfied, and library users attendance will increase in number. In addition to collection and reference services, there are indicators which determine the level of user satisfaction with the library itself. Indicator such as facilities and infrastructure as well as librarians. Good facilities and infrastructure will lead to improvement of user satisfaction. Moreover, the most important factor to build user satisfaction comes from the librarians. Librarians need to maintain healty relationships with the users. This thesis aims to determine the level of user satisfaction with library services of FKIP UHAMKA. The research method used is a quantitative. The type of research used is a survey, and the technique of collecting data uses a questionnaire distributed to 70 respondents. Sampling uses slovin techniques and uses a Likert scale. This thesis suggests that FKIP UHAMKA improving their collections, facilities and infrastructure, and librarians performance to increase user satisfaction."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Tidak dapat disangkal lagi bahwa pada awal millenium ketiga peran teknologi informasi sangat besar dalam kehidupan manusia. Hampir seluruh aspek kehidupan manusia memerlukan bantuan teknologi Berbicara informasi, tidak terkecuali bidang perpustakaan. teknologi informasi, ada dua hal besar yang terlibat di dalamnya, yaitu komputer komputer ini dan komunikasi. Di dunia perpustakaan di Indonesia penggunaan sudah sangat meluas. Hal ini dapat diketahui dari hasil survei Tim Otomasi melaksanakan perpustakaan di Indonesia sudah Institut Pertanian Bogor, bahwa 92,6 sehari-hari, menggunakan walaupun sebagian masih terbatas hanya untuk administrasi pekerjaannya komputer dalam perkantoran saja. mempengaruhi teknologi informasi kini lebih hebat lagi dalam Perkembangan internet ini aspek komputer dan komunikasi teknologi intemet. Dalam teknologi berkembangnya kehidupan manusia dengan sekaligus menyatu. Menurut Campbell, pada awal tahun 1996, 45% dari perpustakaan umum di Amerika Serikat memiliki akses ke Internet. Saat ini jumlah itu sudah lebih dari 75%. Di negara lain, seperti Inggris, jumlah perpustakaan dengan akses Internet tidak Bagaimanapun, jelas sekali bahwa Internet sebanyak di Amerika Serikat. dipandang sebagai peralatan perpustakaan yang berguna dan pemakaiannya di perpustakaan akan terus berkembang. "
FP2T 1:2 (2002)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Gusti Nita Amalia
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengidentifikasi bagaimana peran pustakawan dalam Pengembangan koleksi di Perpustakaan Fasilkom UI, serta mengidentifikasi kendala dalam dalam pelaksanannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Informan dalam penelitian ini adalah Pustakawan Perpustakaan Fasilkom UI.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pustakawan selain melakukan kegiatan pengembangan koleksi sesuai dengan prosedur, mereka juga proaktif dalam pelaksanaan kegiatan dan menunjukan ciri pustakawan yakni mendidik, memimpin, mengevaluasi dan mengorganisasi. Kendala yang dihadapi pustakawan diantaranya lamanya pengiriman bahan perpustakaan beserta human error.

This study aims to determine and identify the role of librarians in the procurement of University of Indonesia’s Faculty of Computer Science Library, as well as to identify the obstacles in its implementation. This study used a qualitative approach with case study method. Informants in this study are the librarians of The University of Indonesia’s Faculty of Computer Science Library.
The results of this study indicate that the librarians, in addition to conducting procurement activities in accordance with established procedures, they are also became proactive in the implementation of the collection procurement activities and shows the librarian characteristics such as educating, leading, evaluating, and coordinating functions. The problems that are faced by the librarians are the duration of delivery of library materials and human error.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2016
S65477
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Syifa Salsabila Putri
"Penelitian ini merupakan analisis terhadap representasi perpustakaan akademik dalam novel dengan genre fiksi fantasi-sejarah berjudul Babel karya R.F. Kuang. Dalam novel ini banyak peristiwa yang terjadi di perpustakaan di Universitas Oxford. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggambaran konsep, fungsi dan peranan perpustakaan akademik sebagai pusat kegiatan keilmuan dan aktivitas nonakademik mahasiswa dalam novel Babel. Penelitian menggunakan metode analisis isi kualitatif milik Mariette Bengtsson terhadap teks novel. Pengumpulan data dilakukan dengan cara membaca secara ekstensif, dan menggarisbawahi kalimat atau paragraf yang sesuai dengan fokus penelitian. Hasil penelitian menemukan bahwa perpustakaan dalam novel Babel merupakan perpustakaan riset milik fakultas yang termasuk ke dalam kategori perpustakaan akademik. Perpustakaan memiliki fungsi dan peranan dalam mendukung kegiatan akademik mahasiswa melalui pemanfaatan ruang perpustakaan yang digambarkan sebagai learning commons, co-working space, dan makerspace, sehingga menjadi pusat kegiatan keilmuan dan praktik para akademisi. Namun ditemukan bahwa perpustakaan tidak bersikap netral dalam memberikan pelayanan dan cenderung membatasi cakupan penelitian mahasiswa dan pembatasan akses informasi dari publik. Selain itu, pemanfaatan ruang perpustakaan juga digunakan untuk kegiatan di luar lingkup akademis, seperti sebagai tempat pusat pengembangan ilmu dan pemanfaatan kekuatan ajaib; tempat pergerakan sosial berlangsung, dan pusat pergerakan aktivisme mahasiswa. Representasi perpustakaan dalam novel ini dipengaruhi oleh latar belakang sejarah dan pendidikan serta imajinasi penulis dalam menyampaikan kritik terhadap dunia pendidikan dan lembaga informasi di lingkungan akademik. Dapat disimpulkan bahwa berdasarkan perspektif penulis, perpustakaan direpresentasikan sebagai pusat kegiatan keilmuan dan akademik mahasiswa, serta sebagai tempat yang terlibat secara langsung dalam kehidupan politik mahasiswa dan menjadi pusat pergerakan mahasiswa.

This study analyzes the representation of academic libraries in the historical-fantasy fiction novel ‘Babel’ by R.F. Kuang, where most of the stories are set in the libraries of Oxford University. It aims to understand how the concepts, functions, and roles of the academic library as centres of scholarly activities and student activities are portrayed in the novel. The research method used   a qualitative content analysis by Mariette Bengtsson. Data was collected through extensive reading and underlining sentences or paragraphs that match the research focus. The results found that the libraries in the novel are the faculties research library which counted in an academic libraries category. The library provided support for student academic activities by being portrayed as a learning commons, co-working space, and makerspace; hence they became the center of scholarly activities for scholars. However, the libraries are portrayed as being not neutral in providing services and tend to limit the scope of student research and public access to information. Otherwise, the library as spaces also used for non-academic activities, such as a source of production and knowledge development center of magical powers; where social movements take place, and the center of student activism movements. The study found that the representation of the library in this novel was influenced by historical and educational background and the author's imagination to deliver critiques towards the academic world and its information institutions. Therefore, based on the author’s perspective, the library is portrayed as a center for scholarly activities and a place directly involved in student political life as it becomes the center of student movements."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Brophy, Peter
London: Facet, 2005
027.7 BRO a
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>