Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 177305 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Suci Marliani
"Setiap organisasi harus dapat mempertahankan karyawan terbaiknya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh employer attractiveness terhadap retensi karyawan tetap Direktorat Sumber Daya Manusia PT Pertamina (Persero) di Kantor Pusat. Variabel penelitian ini adalah employer attractiveness dari Berthon, dan retensi dari Mathis dan Jackson. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan kuesioner. Sampelnya adalah 48 orang karyawan tetap PT Pertamina (Persero).di Kantor Pusat pada Direktorat Sumber Daya Manusia. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa employer attractiveness memiliki pengaruh signifikan terhadap retensi karyawan.

Every Organizations must retain their best employees. This study aims to analyze the influence of employer attractiveness of retention permanent employees in Human Resources Directorate of PT Pertamina (Persero) in Headquarters. The variables are Employer Attractiveness from Berthon et al and Retention from Mathis and Jackson. The method of the research is quantitative by using questionnaire. The sample are 48 permanent e,mployees of PT Pertamina (Persero) In The Head Office In The Directorate of Human Resources. The result indicate that employer attractiveness has a significant influence on employee retention."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
S56483
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Raedi Zulfahmi Hanifi
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari employer attractiveness terhadap intention to apply dengan menggunakan dimensi social value,market value, economic value, application value, cooperation value dan working environment. Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah generasi Y yang minimal mempunyai gelar sarjana dari 10 perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan jumlah sampel sebanyak 200 responden yang dikumpulkan dengan metode non-probability sampling. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini diolah dengan aplikasi SPSS ver. 23 menggunakan metode Multiple Regression Analysis. Hasil akhir dari penelitian ini menyatakan bahwa employer attractiveness memiliki pengaruh yang positif terhadap intention to apply secara keseluruhan dan dimensi yang paling mempengaruhi adalah social value. Economic value, cooperation value, dan working environment juga punya pengaruh positif sedangkan market value dan application value tidak mempunyai pengaruh yang signifikan.

The purpose of this research is examining the influence of employer attractiveness toward intention to apply. Further employer attractiveness dimensions breakdown of social value, market value, economic value, application value, cooperation value and working environment was used. The object or respondents that were used in this research are generation Y individuals who minimum have an undergraduate degree from top 10 reputable universities in Indonesia. This research was performed with 200 respondents that collected through non probability sampling. Data collected in this research were analyzed using multiple regression analysis with the aid of SPSS ver. 23. The final result of this research found that employer attractiveness has positive influence to intention to apply as a whole and the most impactful dimension is social value. Economic value, cooperation value, and working environment also have a positive influence while market value and application value have insignificant influence.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sesilia Dhea Ajeng Arsanti
"Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh employer brand attractiveness terhadap intensi untuk melamar pekerjaan dengan menggunakan reputasi organisasi sebagai variabel mediasi. Variabel employer brand attractiveness diukur dengan beberapa indikator dari Berthon, untuk variabel reputasi organisasi diukur menggunakan indikator dari Bergammi dan Bagozzi, dan yang terakhir untuk variabel intensi untuk melamar pekerjaan diukur menggunakan beberapa indikator dari Lievens et al. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dimana pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dengan jumlah responden terkumpul sebanyak 425 responden. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan analisis deskriptif, analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda, analisis mediasi (causal step), dan analisis sobel test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya tarik merek perusahaan mempengaruhi intensi untuk melamar pekerjaan secara signifikan; employer brand attractiveness mempengaruhi reputasi organisasi secara signifikan; dan reputasi organisasi mempengaruhi intensi untuk melamar pekerjaan secara positif. Hasil analisis mediasi menunjukkan bahwa reputasi organisasi tidak memediasi pengaruh employer brand attractiveness terhadap intensi untuk melamar pekerjaan dalam penelitian ini.

This study aims to examine of Employer Brand Attractiveness on Intention to Apply by considering organizational reputation as a mediating variable. Employer Brand Attractiveness variable is measured by several indicators from Berthon, for organizational reputation measured by several indicators by Bergammi and Bagozzi, and the last for intention to apply variable measures by several indicators from Lievens et al. The study uses quatitative approach, collecting data by distributing questionnaires with 425 respondents collected. Data analysis was done by descriptive analysis, regression analysis, mediation analysis (causal step) and sobel test analysis. The results showed that employer brand attractiveness affect intention to apply significantly; employer brand attractiveness affects organizational reputation significantly; and organizational reputation affects intention to apply significantly. Based on mediation analysis, organizational reputation does not mediate the effect of employer brand attractiveness on intention to apply."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Atikah Firdaus Bandu
"

 

Tanggung jawab sosial perusahaan telah menjadi elemen penting bagi perusahaan terkait employer branding. Dampak dari employer branding (EB) perusahaan bergantung pada bagaimana penerima informasi menafsirkan pesan atau impresi yang perusahaan lakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh sikap generasi millennial sebagai pencari kerja terkait kegiatan CSR terhadap daya tarik organisasi berbasis CSR. Peneliti melakukan studi empiris di Indonesia, mengumpulkan data dari sampel millennials yang berasal dari tiga universitas ternama. Data yang diperoleh diolah menggunakan SPSS, kemudian di analisis menggunakan model regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap generasi millennial terkait Corporate Social Responsibility memiliki pengaruh terhadap Employer Attractiveness berbasis Corporate Social Responsibility.


 

Corporate social responsibility has become an important element for companies related to employer branding. The impact of a company's employer branding depends on how the recipient of the information interprets the message or impression from the company. The aim of this research is to examine how millennial job seekers’ attitudes toward CSR influence CSR-based employer attractiveness (EA). This research conducted an empirical study in Indonesia, collecting data from Millennials who came from the top three universities. The data processed using SPSS, then analyzed using regression model. The results indicates that the attitude of the millennial generation has an impact on CSR-based employer attractiveness.

 

"
Depok: Fakultas Ilmu Adminstrasi Universitas Indonesia , 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Amira Latifah
"Perusahaan memiliki tantangan “war for talent”, yaitu persaingan dengan perusahaan lain dalam mendapatkan SDM yang unggul. Untuk menarik calon karyawan, perusahaan harus memiliki daya tarik yang dapat meningkatkan minat pencari kerja dalam melamar pekerjaan. Selain itu, reputasi perusahaan juga dipertimbangkan oleh pencari kerja ketika ingin melamar pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh employer attractiveness terhadap intention to apply for a job dengan corporate reputation sebagai variabel mediasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei menggunakan kuesioner yang disebarkan secara online melalui google form. Jumlah sampel yang terkumpul pada penelitian ini adalah 264 sampel, yaitu mahasiswa/i S1 tingkat akhir perguruan tinggi di Indonesia yang sedang mencari tempat magang atau tempat pekerjaan. Analisis penelitian menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis regresi linear sederhana, analisis regresi linear berganda, dan analisis sobel test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa employer attractiveness berpengaruh secara signifikan terhadap intention to apply for a job dan corporate reputation. Selain itu, hasil juga menunjukkan bahwa corporate reputation berpengaruh secara signifikan terhadap intention to apply for a job. Kemudian, hasil sobel test menunjukan bahwa corporate reputation memediasi pengaruh antara employer attractiveness terhadap intention to apply for a job.

Corporates face the challenge of "war for talent", which is a competition with other corporates in obtaining superior human resources. To attract the job applicants, the corporate must have an appeal that can increase the interest of job seekers in applying for jobs. In addition, the corporate reputation also comes to consideration when they want to apply for a job. This study aims to analyze the effect of employer attractiveness on the intention to apply for a job with corporate reputation as a mediating variable. This study used quantitative approach with a survey method using a questionnaire distributed online via google form. The number of samples collected in this study were 264 samples, who are undergraduate students at the final year of college in Indonesia looking for internship programs or job vacancies. The analysis methods used in this study were descriptive statistical analysis, simple linear regression analysis, multiple linear regression analysis, and sobel test analysis. The results of this study indicate that employer attractiveness has a significant effect on intention to apply for a job and corporate reputation. Other than those, corporate reputation also has a significant effect on intention to apply for a job. Furthermore, the result of the sobel test shows that corporate reputation mediates the effect of employer attractiveness on the intention to apply for a job."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rahmadianty Gazadinda
"Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh body attractiveness perempuan terhadap pemilihan pasangan pada laki-laki dewasa muda yang bertempat tinggal dari daerah rural dan urban. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang menggunakan sudut pandang psikologi evolusi. Peneliti memberikan manipulasi body attractiveness kepada partisipan dengan cara menampilkan tubuh perempuan dengan variasi ukuran tubuh normal dan tidak normal. Variasi ukuran tubuh normal dan tidak normal ditentukan berdasarkan hasil pilot study. Partisipan penelitian ini adalah laki-laki berusia 18-25 tahun, heteroseksual, tidak sedang berpacaran, dan bertempat tinggal di wilayah rural atau urban. Pada penelitian ini, peneliti mengambil sampel partisipan sebanyak 160 orang yang bertempat tinggal di wilayah urban dan rural. Peneliti mengukur pemilihan pasangan dengan cara melihat respon partisipan pada alat ukur pemilihan pasangan yang telah dikonstruksikan oleh peneliti, yaitu keinginan atau ketidakinginannya menjadikan perempuan pada gambar tersebut sebagai pasangannya. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh body attractiveness perempuan yang signifikan terhadap pemilihan pasangan pada laki-laki dewasa muda di daerah rural dengan X2 (1, 80) = 0.045, p < 0.05, tetapi tidak pada laki-laki dewasa muda di daerah urban. Secara keseluruhan, hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh body attractiveness perempuan terhadap pemilihan pasangan pada laki-laki.

This study examined the effects of female body attractiveness and males’ living area on males’ young adults mate choice. This study is an experimental study which is based on evolutionary psychology theory. To examine the effects of females’ body attractiveness on males’ young adults mate choice, researchcer gave a manipulation of body attractiveness by using a woman’s picture which showed a variation of body size characteristic, which is normal and not normal. Variation of body size characteristic has been got before in pilot study. Participants of this study are man who’s about 18 to 25 years old, heterosexual, not in a romantic relationship with someone, and living in urban or rural area.Total participants in this study are 160 subjects. Researcher examined males’ mate choice by asking the participants about their willingness to mate with woman who’s in the picture. The results of this study shows that there’s a significant influence between females’ body attractiveness and males’ young adults mate choice who’s living in rural area on chi square test X2 (1, 80) = 0.045, p < 0.05, but not on the males’ young adults mate choice who’s coming from urban area. Researcher still can’t conclude the interaction effect between female body attractiveness and the origin place of male on males’ young adults mate choice because of the limitation of statistical test analysis. Overall, this study shows that there’s a significant effect between female body attractiveness on males’ young adults mate choice.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
S55858
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sesilia Dhea Ajeng Arsanti
"Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh employer brand attractiveness terhadap intensi untuk melamar pekerjaan dengan menggunakan reputasi organisasi sebagai variabel mediasi. Variabel employer brand attractiveness diukur dengan beberapa indikator dari Berthon, untuk variabel reputasi organisasi diukur menggunakan indikator dari Bergammi dan Bagozzi, dan yang terakhir untuk variabel intensi untuk melamar pekerjaan diukur menggunakan beberapa indikator dari Lievens et al. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dimana pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dengan jumlah responden terkumpul sebanyak 425 responden. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan analisis deskriptif, analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda, analisis mediasi (causal step), dan analisis sobel test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya tarik merek perusahaan mempengaruhi intensi untuk melamar pekerjaan secara signifikan; employer brand attractiveness mempengaruhi reputasi organisasi secara signifikan; dan reputasi organisasi mempengaruhi intensi untuk melamar pekerjaan secara positif. Hasil analisis mediasi menunjukkan bahwa reputasi organisasi tidak memediasi pengaruh employer brand attractiveness terhadap intensi untuk melamar pekerjaan dalam penelitian ini.
This study aims to examine of Employer Brand Attractiveness on Intention to Apply by considering organizational reputation as a mediating variable. Employer Brand Attractiveness variable is measured by several indicators from Berthon, for organizational reputation measured by several indicators by Bergammi and Bagozzi, and the last for intention to apply variable measures by several indicators from Lievens et al. The study uses quatitative approach, collecting data by distributing questionnaires with 425 respondents collected. Data analysis was done by descriptive analysis, regression analysis, mediation analysis (causal step) and sobel test analysis. The results showed that employer brand attractiveness affect intention to apply significantly; employer brand attractiveness affects organizational reputation significantly; and organizational reputation affects intention to apply significantly. Based on mediation analysis, organizational reputation does not mediate the effect of employer brand attractiveness on intention to apply."
Depok: Fakultas Ilmu Adminstrasi Universitas Indonesia , 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Audyta Tamara Maheswari
"Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dari employer branding The Ritz Carlton Jakarta, Pacific Place terhadap keinginan calon karyawan untuk melamar pekerjaan. Teori employer branding yang digunakan untuk penelitian ini yaitu teori employer branding dari Ambler dan Barrow (1996). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey menggunakan kuesioner. Penelitian ini menggunakan total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 34 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana. Data yang telah didapat kemudian diolah lebih lanjut menggunakan SPSS versi 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara employer branding yang dilakukan oleh The Ritz Carlton Jakarta, Pacific Place terhadap keinginan calon karyawan untuk melamar pekerjaan dan memiliki pengaruh dengan tingkat sedang, yaitu sebesar 56,7%.

The purpose of this research is to analyze the effect of The Ritz Carlton Jakarta, Pacific Place‟s employer branding (from Ambler and Barrow, 1996) on intention to apply for a job. Employer branding theory used for this study is the theory of employer branding from Ambler and Barrow (1996). This research uses a quantitative research through questionnaire method. This research uses total sampling with a sample size of 34 respondents. The data analysis technique used in this study is a simple linear regression. Once the data have been obtained, then processed further using SPSS version 17. Results showed that there iseffectofemployer branding done by The Ritz Carlton Jakarta, Pacific Place on prospective employees intention to apply for a job and have a moderate effect on 56,7%."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2014
S55683
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yasmin Naila Rachmat
"Employer attractiveness berarti daya tarik tempat pemberi kerja yang mana menjadi salah satu kekuatan agar tempat kerja tersebut dapat bersaing di tengah talent war utamanya di era pasca pandemi. Penelitian ini membahas mengenai analisis studi komparatif dari employer attractiveness dari tech startup, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan instansi pemerintah pusat sebagai tiga jenis perusahaan yang telah mengalami transformasi hingga kini di era pasca pandemi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pengambilan data menggunakan kuesioner. Pengambilan sampel menggunakan metode quota sampling atas dua kelompok sampel yang terkumpul 136 responden mahasiswa Universitas Indonesia dan 131 responden mahasiswa Universitas Bina Nusantara. Analisis data dalam penelitian ini meliputi analisis statistik deskriptif, uji Kruskal-Wallis, dan uji Mann-Whitney. Data penelitian diolah menggunakan menggunakan software IBM SPSS Statistics 22. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat employer attractiveness atas ketiga objek penelitian dengan yang tertinggi hingga terendah adalah tech startup, BUMN, dan instansi pemerintahan pusat. Hasil perbandingan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat employer attractiveness pada ketiga objek penelitian. Selain itu, perbandingan employer attractiveness tiap objek penelitian pada dua kelompok responden menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang tidak signifikan pada employer attractiveness tech startup dan terdapat perbedaan signifikan pada employer attractiveness BUMN dan employer attractiveness instansi pemerintahan pusat.

Employer attractiveness means the attractiveness of the place of employment which is one of the strengths so that the workplace can compete in the midst of talent wars, especially in the post-pandemic era. This research discusses a comparative study analysis of the employer attractiveness of tech startups, State-Owned Enterprises (BUMN), and central government agencies as three types of companies that have undergone transformation until now in the post-pandemic era. The approach used in this research is quantitative research with data collection using a questionnaire. Sampling using the quota sampling method for two sample groups collected 136 respondents of University of Indonesia students and 131 respondents of Bina Nusantara University students. Data analysis in this study includes descriptive statistical analysis, Kruskal-Wallis test, and Mann-Whitney test. The results of this study indicate that there are differences in the level of employer attractiveness of the three research objects with the highest to the lowest being tech startups, BUMN, and central government agencies. The research data was processed using IBM SPSS Statistics 22 software. The comparison results show that there are differences in the level of employer attractiveness in the three research objects. In addition, the comparison of employer attractiveness of each research object in two groups of respondents shows that there is an insignificant difference in the employer attractiveness of tech startups and there is a significant difference in the employer attractiveness of SOEs and the employer attractiveness of central government agencies."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Astrid K Rahardaya
"Employee engagement atau keterlibatan karyawan merupakan salah satu persoalan yang sering dihadapi oleh perusahaan. Suatu perusahaan dapat mencapai tujuan dan kesuksesannya, salah satunya karena kinerja karyawan. Maka dari itu, perusahaan harus berupaya untuk dapat mempertahankan karyawannya agar tetap loyal dengan membuat karyawan merasa terlibat. Dalam mencapai employee engagement, terdapat beberapa factor yang diduga mempengaruhinya, yaitu internal communication satisfaction, corporate culture, perceived organizational support, dan employer branding. Penelitian ini meneliti mengenai bagaimana keterlibatan keempat factor tersebut dalam mempengaruhi employee engagement. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner secara online. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah convenience sampling dengan subjek merupakan karyawan PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) yang berjumlah 266 responden. Hasil penelitian didapatkan bahwa hanya internal communication satisfaction dan corporate culture yang berpengaruh positif signifikan terhadap employee engagement sedangkan perceived organizational support dan employer branding tidak berpengaruh terhadap employee engagement. Selain itu, pada uji koefisien determinasi, keseluruhan variabel independen terbukti memiliki kontribusi pengaruh terhadap variabel dependen sebesar 62,9%, sedangkan lainnya sebanyak 37,1% dipengaruhi faktor lain di luar variabel independen dalam penelitian ini

Employee engagement is one of the problems that are often faced by companies. A company can achieve its goals and success, one of which is because of employee performance. Therefore, companies must strive to be able to keep their employees loyal by making employees feel involved. In achieving employee engagement, there are several factors that are thought to influence it, namely internal communication satisfaction, corporate culture, perceived organizational support, and employer branding. This study examines how the involvement of these four factors in influencing employee engagement. This research is a quantitative research by distributing online questionnaires. The sampling technique used was convenience sampling with the subject being PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) employees, totaling 266 respondents. The results showed that only internal communication satisfaction and corporate culture had a significant positive effect on employee engagement, while perceived organizational support and employer branding had no effect on employee engagement. In addition, in the coefficient of determination test, all independent variables proved to have an influence contribution to the dependent variable by 62.9%, while 37.1% were influenced by other factors outside the independent variables in this study."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>