Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 37086 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Nabil El Huseini
"ABSTRAK

Program magang merupakan salah satu strategi perusahaan untuk merekrut talent, dalam kasus ini adalah mahasiswa. Namun, terkadang mahasiswa enggan melanjutkan karir di perusahaan tersebut setelah magang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi intern intention to convert.

Variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian ini antara lain kepribadian proaktif, intern-supervisor exchange (melalui teori kepemimpinan LMX), kesempatan belajar, kepuasan magang dan intern intention to convert. Penelitian ini menggunakan metode PLS-SEM.

Responden dari penelitian ini adalah mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia sebanyak 116 orang yang pernah menjalani program magang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepribadian proaktif memberikan dampak positif terhadap intern supervisor exchange yang memediasi kepribadian proaktif dengan kesempatan belajar dan kepuasan magang. Intern-supervisor exchange juga diketahui memberikan dampak positif terhadap kesempatan belajar dan kepuasan magang tetapi tidak memberikan dampak positif terhadap intern intention to convert. Kesempatan belajar juga tidak memberikan dampak positif terhadap intern intention to convert. Namun, kepuasan magang diketahui memberikan dampak positif terhadap intern intention to convert.


ABSTRACT

Internship is part of the strategy of the company to recruit talent, particularly from undergraduate students. However, sometimes the intern is not willing to continue their career in the company after the internship. This research aims to understand factors predicting intern intention to convert to become the employees of the company.

Variables that will be involved in this research are proactive personality of the intern, intern-supervisor exchange (through LMX theory of leadership), learning opportunities, internship satisfaction, and intern intention to convert.

Participant in this research are 116 undergraduate students at Faculty of Economics in University of Indonesia who have already taken part in internship program. The data is analyzed using PLS-SEM method. The results of research shows that proactive personality is positively related to intern-supervisor exchange, which mediates proactive personality with learning opportunities and internship satisfaction. The intern-supervisor exchange was positively related to the learning opportunities and the internship satisfaction but did not relate to the intern intention to convert. The learning opportunities were also not positively related to the intern intention to convert. However, the internship satisfaction was positively related to the intern intention to convert.

"
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S56865
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tatang Aditya Firismanda
"Penelitian ini bertujuan menguji persepsi pekerja magang terkait human resources practices, intern-supervisor relationship, dan intern-coworker relationship; serta pengaruhnya terhadap person-job fit, person-organization fit, dan conversion intention. Hipotesis dikembangkan dengan teori sinyal, teori ASA (attraction, selection, attrition), dan teori pertukaran sosial. Penelitian ini menggunakan data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan secara daring. Pengumpulan sampel penelitian menggunakan metode non-probability sampling dengan jenis purposive sampling terhadap 268 mahasiswa peserta magang yang berasal dari perguruan tinggi di Indonesia. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan perangkat lunak Lisrel untuk mengetahui hubungan antarvariabel. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa persepsi positif terhadap HR practices berpengaruh terhadap person-job fit dan person-organization fit. Kemudian secara simultan, person-job fit dan person-organization fit dapat memediasi pengaruh human resources practices terhadap conversion intention. Selain itu, intern-supervisor relationship dan intern-coworker relationship juga berpengaruh positif terhadap person-organization fit. Kemudian secara simultan, person-organization fit dapat memediasi pengaruh intern-supervisor relationship dan intern-coworker relationship terhadap conversion intention. Temuan penelitian ini ditujukan untuk membantu organisasi tuan rumah ketika merancang program magang agar memaksimalkan hasil dari upaya konversi magang menjadi karyawan tetap

This study aims to examine the perceptions of internship participants regarding human resources practices, intern-supervisor relationship, and intern-coworker relationship, as well as their influence on person-job fit, person-organization fit, and conversion intention. Hypotheses were developed based on signal theory, ASA theory (attraction, selection, attrition), and social exchange theory. The study utilized primary data collected through an online questionnaire. The research sample was collected using a non-probability purposive sampling method, involving 268 internship participants from various universities in Indonesia. The collected data was then analyzed using Structural Equation Modeling (SEM) with the Lisrel software to determine the relationships between variables. The findings of this study demonstrate that positive perceptions of HR practices significantly influence person-job fit and person-organization fit. Moreover, both person-job fit and person-organization fit mediate the impact of HR practices on conversion intention. Additionally, intern-supervisor relationship and intern-coworker relationship also positively influence person-organization fit. Similarly, person-organization fit mediates the influence of intern-supervisor relationship and intern-coworker relationship on conversion intention. The findings of this research are aimed to assist the host organization when designing internship programs to maximize the outcomes of converting interns into regular employees"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nabila Netrianda Heryadi
"Pembelajaran daring akibat pandemi Covid-19 menjadi tantangan tersendiri bagi mahasiswa untuk dapat merasakan pengalaman belajar yang optimal atau flow experience. Penelitian korelasional ini hendak melihat hubungan mindfulness dan flow experience pada mahasiswa yang menjalani pembelajaran daring, serta peran mediasi dari fleksibilitas kognitif terhadap hubungan tersebut. Hasil penelitian pada mahasiswa (N=407) menggunakan alat ukur EduFlow-2, CFI, dan MAAS menunjukkan bahwa mindfulness berhubungan positif dengan flow experience (β = 0,14, SE = 0,04, t = 3,43, p<0.01, CI = [0,06-0,22) dan fleksibilitas kognitif memediasi hubungan keduanya secara parsial (β = 0,05, SE = 0,02, p<0.01, CI = [0,02-0,09]). Temuan ini membuktikan bahwa fleksibilitas kognitif memediasi hubungan mindfulness dan flow experience, namun hubungan tersebut dapat dipertahankan tanpa peran dari fleksibilitas kognitif
Due to the Covid-19 pandemic, learning is carried out online, and it challenges students to be able to experience an optimal learning experience or flow experience. This correlational study aims to identify the relationship between mindfulness and flow experience in students undergoing online learning and the mediating role of cognitive flexibility in this relationship. Involved a total of 407 college students, this study used the EduFlow-2, CFI, and MAAS measuring instruments showing that mindfulness is positively related to flow experience (β = 0.14, SE = 0.04, t = 3.43, p<0.01, CI = [0.06-0.22) and cognitive flexibility partially mediates the relationship between the two (β = 0.05, SE = 0.02, p<0.01, CI = [0.02-0.09]). These findings prove that cognitive flexibility mediates the relationship between mindfulness and flow experience, but the relationship can be maintained without the role of cognitive flexibility."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tsabita Sarah Indah Anggayasti
"Minat baca yang tinggi di Indonesia perlu dipertahankan karena merupakan indikator penting dalam pengembangan literasi dan pengetahuan masyarakat. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia menghadirkan iPusnas, sebuah aplikasi e-library yang bertujuan untuk meningkatkan akses dan minat baca terhadap literatur Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi niat penggunaan aplikasi iPusnas secara berkelanjutan. Thematic analysis terhadap ulasan pengguna di Google Play Store dilakukan untuk membangun model penelitian. Dari hasil thematic analysis, didapatkan lima variabel yaitu kualitas aplikasi iPusnas, usability, prosedur peminjaman buku, koleksi buku, dan layanan bantuan. Variabel-variabel tersebut dipetakan ke dalam konstruk DeLone & McLean, di mana kualitas aplikasi iPusnas, usability, dan prosedur peminjaman buku adalah turunan dari konstruk kualitas sistem, koleksi buku adalah turunan dari konstruk kualitas informasi, dan layanan bantuan adalah turunan dari konstruk kualitas layanan. Hasil modifikasi terhadap model DeLone & McLean tersebut diajukan sebagai model penelitian. Pendekatan kuantitatif dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Data dari 426 responden dianalisis dengan metode PLS-SEM. Setelah itu dilakukan wawancara untuk memvalidasi hasil analisis kuantitatif yang diolah menggunakan metode content analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas aplikasi, usability, koleksi buku, dan layanan bantuan memengaruhi kepuasan pengguna. Koleksi buku, kepuasan pengguna, dan manfaat bersih memengaruhi niat penggunaan berkelanjutan, sementara kualitas aplikasi, usability, dan layanan bantuan tidak. Kepuasan pengguna juga memengaruhi manfaat bersih. Penelitian ini diharapkan dapat mengisi celah penelitian mengenai iPusnas dan memberikan saran bagi pengembang aplikasi untuk perbaikan guna mendorong penggunaannya. Selain itu, karena iPusnas adalah salah satu aplikasi e-government di bidang pendidikan, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi teoretis mengenai pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan akses dan kualitas pendidikan.

High reading interest in Indonesia needs to be maintained as it is an important indicator in the development of literacy and knowledge. The National Library of the Republic of Indonesia presents iPusnas, an e-library application that aims to increase access and interest in reading Indonesian literature. This study aims to identify factors that influence the intention to use the iPusnas application on an ongoing basis. Thematic analysis of user reviews on the Google Play Store was conducted to build a research model. From the results of the thematic analysis, five variables were obtained, namely iPusnas application quality, usability, book lending procedures, book collections, and assistance services. These variables are mapped into DeLone & McLean constructs, where iPusnas application quality, usability, and book lending procedures are derivatives of system quality constructs, book collections are derivatives of information quality constructs, and assistance services are derivatives of service quality constructs. The modified DeLone & McLean model was proposed as a research model. The quantitative approach was carried out by distributing questionnaires. Data from 426 respondents were analyzed using the PLS-SEM method. After that, interviews were conducted to validate the results of the quantitative analysis, which were processed using the content analysis method. The results showed that application quality, usability, book collection, and help services affect user satisfaction. Book collection, user satisfaction, and net benefits affect continuance intention, while app quality, usability, and support services do not. User satisfaction also affects net benefits. This research is expected to fill the research gap regarding iPusnas and provide suggestions for application developers on how to improve it to encourage its use. In addition, since iPusnas is one of the e-government applications in the field of education, this research is expected to provide theoretical contributions regarding the utilization of technology to improve access and quality of education. "
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pramesti Anjani Putri
"Minat baca yang tinggi di Indonesia perlu dipertahankan karena merupakan indikator penting dalam pengembangan literasi dan pengetahuan masyarakat. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia menghadirkan iPusnas, sebuah aplikasi e-library yang bertujuan untuk meningkatkan akses dan minat baca terhadap literatur Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi niat penggunaan aplikasi iPusnas secara berkelanjutan. Thematic analysis terhadap ulasan pengguna di Google Play Store dilakukan untuk membangun model penelitian. Dari hasil thematic analysis, didapatkan lima variabel yaitu kualitas aplikasi iPusnas, usability, prosedur peminjaman buku, koleksi buku, dan layanan bantuan. Variabel-variabel tersebut dipetakan ke dalam konstruk DeLone & McLean, di mana kualitas aplikasi iPusnas, usability, dan prosedur peminjaman buku adalah turunan dari konstruk kualitas sistem, koleksi buku adalah turunan dari konstruk kualitas informasi, dan layanan bantuan adalah turunan dari konstruk kualitas layanan. Hasil modifikasi terhadap model DeLone & McLean tersebut diajukan sebagai model penelitian. Pendekatan kuantitatif dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Data dari 426 responden dianalisis dengan metode PLS-SEM. Setelah itu dilakukan wawancara untuk memvalidasi hasil analisis kuantitatif yang diolah menggunakan metode content analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas aplikasi, usability, koleksi buku, dan layanan bantuan memengaruhi kepuasan pengguna. Koleksi buku, kepuasan pengguna, dan manfaat bersih memengaruhi niat penggunaan berkelanjutan, sementara kualitas aplikasi, usability, dan layanan bantuan tidak. Kepuasan pengguna juga memengaruhi manfaat bersih. Penelitian ini diharapkan dapat mengisi celah penelitian mengenai iPusnas dan memberikan saran bagi pengembang aplikasi untuk perbaikan guna mendorong penggunaannya. Selain itu, karena iPusnas adalah salah satu aplikasi e-government di bidang pendidikan, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi teoretis mengenai pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan akses dan kualitas pendidikan.

High reading interest in Indonesia needs to be maintained as it is an important indicator in the development of literacy and knowledge. The National Library of the Republic of Indonesia presents iPusnas, an e-library application that aims to increase access and interest in reading Indonesian literature. This study aims to identify factors that influence the intention to use the iPusnas application on an ongoing basis. Thematic analysis of user reviews on the Google Play Store was conducted to build a research model. From the results of the thematic analysis, five variables were obtained, namely iPusnas application quality, usability, book lending procedures, book collections, and assistance services. These variables are mapped into DeLone & McLean constructs, where iPusnas application quality, usability, and book lending procedures are derivatives of system quality constructs, book collections are derivatives of information quality constructs, and assistance services are derivatives of service quality constructs. The modified DeLone & McLean model was proposed as a research model. The quantitative approach was carried out by distributing questionnaires. Data from 426 respondents were analyzed using the PLS-SEM method. After that, interviews were conducted to validate the results of the quantitative analysis, which were processed using the content analysis method. The results showed that application quality, usability, book collection, and help services affect user satisfaction. Book collection, user satisfaction, and net benefits affect continuance intention, while app quality, usability, and support services do not. User satisfaction also affects net benefits. This research is expected to fill the research gap regarding iPusnas and provide suggestions for application developers on how to improve it to encourage its use. In addition, since iPusnas is one of the e-government applications in the field of education, this research is expected to provide theoretical contributions regarding the utilization of technology to improve access and quality of education. "
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohammad Zahran Pratomo
"Perkembangan ekonomi dunia saat ini sedang memasuki era-Industri 4.0. Industri 4.0 tidak dapat dihadapi hanya dengan pengembangan teknologi saja, namun harus melibatkan dinamika sosial di dalamnya. Setiap perusahaan dan instansi harus menciptakan sebuah strategi dalam menghadapi era ini, tak terkecuali dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan menetapkan nilai-nilai utama yang menjadi acuan perilaku seluruh sumber daya manusia yang ada di BUMN. Nilai-nilai utama tersebut terdiri dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (AKHLAK). Pada praktiknya, AKHLAK belum diterapkan dengan baik, padahal corevalues AKHLAK ini perlu diimplementasikan oleh seluruh sumber daya manusia di BUMN. Skripsi ini meneliti faktor-faktor yang signifikan menjelaskan pengimplementasian corevalues AKHLAK pada karyawan PT TASPEN (Persero) dan untuk meneliti profil karyawan yang mempunyai pengimplementasian corevalues AKHLAK tinggi dan rendah berdasarkan faktor-faktor yang signifikan. Faktor yang digunakan dalam penelitian ini yaitu motivasi kerja, lingkungan kerja, kesejahteraan karyawan (employee’s well-being), sosialisasi, komitmen karyawan, religiusitas, stres kerja, umur, jenis kelamin, tingkat pendidikan, dan masa kerja. Metode yang digunakan dalam penyelesaian masalah penelitian ini yaitu metode Partial Least Square (PLS) dan metode Classification and Regression Tree (CART). Data yang digunakan adalah data primer sebanyak 209 karyawan PT TASPEN (Persero) yang diambil menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan motivasi kerja, sosialisasi, religiusitas, dan tingkat pendidikan dapat menjelaskan secara signifikan pengimplementasian AKHLAK. Profil karyawan yang memiliki tingkat pengimplementasian AKHLAK tinggi yaitu karyawan dengan tingkat religiusitas yang tinggi, motivasi kerja tinggi, untuk semua kategori tingkat pendidikan, dan tingkat stres. Profil karyawan yang memiliki tingkat pengimplementasian AKHLAK rendah yaitu karyawan yang memiliki religiusitas rendah dan motivasi kerja rendah.

The development of the global economy is currently entering the era of Industry 4.0. Industry 4.0 cannot be faced only with technological development, but must involve social dynamics in it. Every company and agency must create a strategy in dealing with this era, including Badan Usaha Milik Negara (BUMN) by establishing main values that become the reference for the behavior of all human resources in BUMN. These corevalues consist of Trustworthy, Competent, Harmonious, Loyal, Adaptive, and Collaborative (AKHLAK). In practice, AKHLAK has not been implemented properly, even though the corevalues of AKHLAK need to be implemented by all human resources in BUMN. This thesis examines the significant factors explaining the implementation of AKHLAK corevalues on PT TASPEN (Persero) employees and to examine the profile of employees who have implementation corevalues high and low are based on significant factors. The factors used in this study are work motivation, work environment, employee welfare, socialization, employee commitment, religiosity, work stress, age, gender, education level, and years of service. The methods used in solving this research problem are the Partial Least Square (PLS) method and the Classification and Regression Tree (CART) method. The data used is primary data of 209 PT TASPEN (Persero) employees taken using purposive sampling. The results showed that work motivation, socialization, religiosity, and education level can significantly explain the implementation of AKHLAK. The profile of employees who have a high level of implementation of AKHLAK are employees with high level of religiosity, high work motivation, for all categories of educational levels, and work stress levels. The profile of employees who have a low level of implementation of AKHLAK are employees who have low religiosity and work motivation."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ibnu Handono Putra
"Program magang dapat menjadi ajang rekrutmen dan seleksi yang memberikan data mengenai kemampuan calon karyawan dalam menghadapi pekerjaan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk memahami faktor-faktor yang dapat mempengaruhi intensi mahasiswa magang untuk melamar pekerjaan sebagai karyawan tetap pada perusahaan tempat ia magang setelah ia lulus dari perguruan tinggi. Dengan mengadopsi kerangka teoretik the theory of planned behavior, penelitian ini bertujuan untuk menguji variabel kepuasan magang, norma subyektif dan efikasi diri sebagai prediktor intensi mahasiswa melamar di perusahaan magang. Hasil data dari 261 mahasiswa/i di Indonesia menunjukkan bahwa kepuasan magang dan norma subyektif memprediksi secara positif dan signifikan intensi mahasiswa melamar pekerjaan di tempat magang. Sementara efikasi diri tidak ditemukan kemampuan prediksinya terhadap intensi konversi. Implikasi dan saran kemudian dibahas untuk penelitian selanjutnya serta implikasi praktis untuk organisasi.

Internship program can be a way for companies to do a recruitment and selection process that captures applicants abilities in dealing with everyday task at work typically. This research aims to understand factors that can influence the intention to apply for a job at the company they worked before as an intern, shortened as student intern intention to convert, after they graduate from the university. Drawing on the theory of planned behavior, internship satisfaction, subjective norm, and general self-efficacy were examined as predictors of student intern intention to convert. Data from 261 university students in Indonesia showed that internship satisfaction and subjective norm predicted student intern intention to convert. Contrary to our expectation, general self-efficacy did not predict student intern intention to convert. Further theoretical and practical implications are discussed.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ansari Sofjan
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2009
T39152
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fikra Shafna
"Aplikasi cloud Point of Sale (POS) merupakan teknologi yang terlibat dalam melakukan pencatatan penjualan, pembayaran, serta proses yang berkaitan di dalamnya dengan memanfaatkan penyimpanan data di internet. Kegunaan dari aplikasi cloud POS memberikan manfaat yang cukup besar bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam menjalankan usahanya. Dengan mengintegrasikan teori technology affordance dan teori Unified Theory of Acceptance and Use of The Technology 2 (UTAUT2), penelitian ini mengidentifikasi faktor-faktor technology affordance dari aplikasi cloud POS dan faktor-faktor yang memengaruhi intensi penggunaan aplikasi cloud POS pada pelaku UMKM. Penelitian ini dilakukan dengan mixed-method. Penelitian kualitatif dilakukan dengan melakukan wawancara bersama 10 narasumber pelaku UMKM yang telah menggunakan aplikasi cloud POS. Pengolahan data kualitatif dilakukan dengan menggunakan grounded theory. Kemudian, dilanjutkan dengan penelitian kuantitatif dilakukan dengan menyebarkan kuesioner online dengan 243 responden pelaku UMKM yang telah menggunakan aplikasi cloud POS dan diolah dengan metode Structural Equation Model Partial Least Square (PLS-SEM). Penelitian ini berhasil mengidentifikasi technology affordance aplikasi cloud POS berupa monitorability, recordability, transactionability, decision supportability, dan accessibility. Melalui uji PLS-SEM, penelitian ini menunjukkan jika performance expectancy, effort expectancy, facilitating condition, social influence, dan price value memengaruhi intention to adopt. Selain itu, ditemukan juga bahwa pelaku UMKM di Indonesia masih kurang sadar terkait adanya risiko dari penggunaan teknologi cloud.

Cloud Point of Sale (POS) application is a technology that is involved in recording sales, payments, and processes related to it by utilizing data storage on the internet. The use of the cloud POS application provides considerable benefits for Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs) in running their business. By integrating technology affordance and Unified Theory of Acceptance and Use of The Technology 2 (UTAUT2), this study identifies the technology affordance factors of the cloud POS application and the factors that influence the intention to use the cloud POS application among MSME actors. This research was conducted with mixed-methods. Qualitative research was conducted by interviewing 10 MSME actors who have used the cloud POS application. Qualitative data processing is done by using grounded theory. Then, it was followed by quantitative research conducted by distributing online questionnaires with 243 MSME respondents who had used the cloud POS application and processed it using the Structural Equation Model Partial Least Square (PLS-SEM) method. This research successfully identifies the technology affordance of the cloud POS application in the form of monitorability, recordability, transactionability, decision supportability, and accessibility. Through the PLS-SEM test, this research shows that performance expectancy, effort expectancy, facilitating condition, social influence, and price value affect the intention to adopt. In addition, it was also found that MSME actors in Indonesia are still not aware of the risks associated with using cloud technology."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ratna Sari Hardiani
"Eklampsi adalah penyebab kedua tingginya Angka Kematian Ibu di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman dan persepsi ibu yang pernah mengalami eklampsi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengambilan partisipan dengan purposive sampling, sebanyak 7 partisipan yaitu ibu dengan riwayat persalinan dengan eklampsi berpartisipasi dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam dan catatan lapangan (fieldnote). Analisis data dengan menggunakan langkah-langkah dari Colaizzi.
Pada penelitian ini teridentifikasi 9 tema utama, yaitu: gejala fisik sesaat sebelum eklampsi, keluhan yang dirasakan saat serangan awal eklampsi, keluhan yang dirasakan setelah eklampsi, sumber dukungan sosial yang diterima, bentuk dukungan sosial yang diterima, makna kejadian eklampsi bagi ibu, pelayanan petugas pasca eklampsi, harapan terhadap pelayanan kesehatan, harapan terhadap kehidupan kedepan.
Hasil penelitian menyarankan pengidentifikasian kebutuhan ibu sedini mungkin diharapkan dapat mengurangi kendala, mengatasi resiko kekambuhan, dan meminimalkan dampak dari eklampsi yang dialami oleh ibu, terutama dampak psikologis.

Eclampsia is the second cause of maternal mortality in Indonesia. The aim of this study is to gain a thorough understanding the experiences and perceptions of mothers who had suffered from eclampsia at RSUP Fatmawati Jakarta. This research is a qualitative phenomenological study. Participants were selected with purposive sampling, use in-depth interviews and observation techniques (fieldnote). Seventh women who had experienced eclampsia at RSUP Fatmawati were interviewed. Data were analyzed using the steps of Colaizzi.
There is nine themes that identified in this research, including: physical complaint before eclampsia, complaints that is felt when the initial attack of eclampsia, a complaints that is felt after eclampsia, the sources of social support, the form of social support, the meaning of eclampsia for mothers, the service of health care provider in the post-eclampsia period, mother's expectations on health services, mother's expectations on the future life.
The results suggest that early identification of mother's needs can reduce the barriers, to prevent the risk of eclampsia recurrence, and minimizing the impact of eclampsia to mothers, especially the psychological impact.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2010
T28433
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>