Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 7298 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Aris Risdiyanto
"Roket kendali RKX100-LPN saat ini menggunakan material pipa baja tahan karat tanpa sambungan ASTM A312 TP 304L sebagai tabung bahan bakar. Material ini belum pernah dikarakterisasi untuk mengetahui apakah sifat mekanis dan struktur mikronya sesuai dengan spesifikasi. Selain itu, pengaruh panas pemhakaran terhadap karakteristik material tabung belum pernah dianalisa. Untuk itu dilakukan pengujian komposisi kirma, pengujian sifat mekanis yakni pengujian tarik dan kekerasan, pengamatan mikrostruktur dengan mikroskop optik dan SEM serta pengamatan fraktografi dari sampel uji tarik terhadap material tabung bahan bakar sebelum dan sesudah pembakaran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa komposisi material ini sesuai dengan standar ASTM A312 TP 304L. Proses pembakaran tidak menyebabkanperbedaan yang berarti baik dari segi sifat mekanis aupun mikrostroktur. Sampel sebelum pemhakaran menunjutkan karakteristik sebagai berikut: kekuatan tarik maksimum 582,65 MPa, kekuatan luluh 280,5 MPa. Elongasi 46%, kekerasan 141BHN dan ukuran butir ASTM 5,53, sedangkan sampel setelah pembakaran menunjukkan data sebagai berikut: kekuatan tarik maksimum 598,74 MPa, kekuatan luluh 292,4 MPa, elongasi 49%, kekerasan 141 BHN dan ukuran butir ASTM 5,45. Pengamatan fraktografi patah tarik dari sampel sebelum dan sesudah pembakaran menujukkan kakterislik patahan yang sama yakni patah ulet.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
S41346
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1997
TA3093
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Pardede, Haposan Juliarto
"Sedang diobservasi kemungkinan mengurangi berat nosel robot yang sedang dikembangkan oleh LAPAN dengan cara menggantikan bahan grafit masif sebagai pelapis tahan panas dengan menggunakan telauk pelapisan HVOF (High Velocity Oxigen Fuel) thermal spray coating. Material pelapis HVOF yang dapat dipakai adalah WC-Co (Fungsten Carbide-Cobalt) yang merupakcm material yang memiliki kekerasan tinggi, ketahanan temperatur tinggi dan ketahanan erosi yang baik. Penelitian lni menggunakan sampel baja batangan JJS S45C yang merupakan material dasar nosel roket. proses pelapisan dilakukan dengan metode HVOF dengan variasi target katebalan lapisan sampel: 1: 200 11m. 2:400 p.m. 3:600 pm, 4: 800 pm, dan 5: 1000 p.m. Kemudian dilakukan pengnjian kakuatan adhesiflwhesi substrat dan lapison sesuai standar ASJ'M C633. Sementara itu dilakukan juga pengamatan stntktur mikro lapisan WC-Co dengan menggunakan mikroskop optik dan SEM (Scanning Electron Microscope) serta pengujian komposisi ktmia dianalisa dengan menggunakan EDS (Energy Dispersive Spectroscopy). Hasil penelilian ini menunjukkan hasi{ ketebalan rata-rata lapisan yang semakin jauh dari target dengan bertambahnya target ketebalan dalam ltitWJgan pass. Dari pengujian kekuatan adhesilkohesi lapisan tidak didapatkan kekuatan dari lapisan WC-Co karena belum ditemukan epoksi yang mampu mengangkat lapison tersebut."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
S41362
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Proses pelapisan nosel roket LAPAN selama ini dilalarkan dengan menggunakan grafit mas# Proses pelapisan yang demildan sangat tidak mengunrungkan, terutama bagi praporsi berat rakett Untuk rnenurangi ber-at strulmzr rolcet LAP/IM terutama pada bagian noselnya, dilakukan modyikasi pada proses pelapisan noseL dimana ingin dicoba dilalazkan proses pelapisan dengan menggunalcan metode thermal spray dengan telmik High Velocity Oxy-Fuel spraying Material pelapis yang digunakan untuk rnenggantikan graft adalah serbuk Tungsten Carbide Cobalt.
Penelitian difokuskan pada prases persiapan permukaan benda uji karena persiapan permukaan merupakan salah satu tahapan paling penting dalam proses pelapisan menggunakan metode thermal spray. Paola penelitian dilalcukan variasi pada telranan udara yang digunakan saat proses grit blasting dimana digunalcan telzanan uclara 1, 3, 4, dan 5 bar. Lapisan dan permukaan benda 'zgi yang dihasilkan kemudian dibandinglcan dengan benda uji yang tidak dl-grit blasting Pengujian yang dilalcukan melwuti pengujian kekasaran permukaan, kelcuatan ikatan lapisan , pengzjran kelcerasan lapisan, pengujian kamposisi kimia lapisan, dan pengamatan strukrur mila-o lapisan. Karakteristik Iapisan yang didaparkan melalui pengujian dihubungkan dengan proses persiapan permukaan yang dilalmkan.
Variasi tekanan udara yang digunakan saal proses grit blasting menghasilkan kekasaran permukaan yang berbeda - beda, dimana semalzin besar telcanan udara yang digunakan malta lrekasaran permukaan yang dqueroleh sernalcin besar. Pengaruh kekasaran permukaan yang dzperoleh terhadap karalaeristilc lapisan tidal: dapat diamati dengan jelas"
[Fakultas Teknik Universitas Indonesia, Fakultas Teknik Universitas Indonesia], [2004, 2004]
S41352
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alber, Irwin E.
"This book shows step-by-step examples of the physical arguments and the resulting calculations obtained using the quick-fire method. Also demonstrate the estimation improvements that can be obtained through the use of more detailed physics-based back-of-the-envelope engineering models. These different methods are used to obtain the solutions to a number of design and performance estimation problems arising from two of the most complex real-world engineering projects : the space shuttle and the hubble space telescope satellite."
Berlin: Springer, 2012
e20401921
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Gunawan Setyo Prabowo
"ABSTRAK
Dalam tesis ini, akan dirancang sistem pengendalian gerak longitudinal dari suatu wahana roket dengan kode RKX-300 milik LAPAN dengan menggunakan pengendali logika fuzzy. Pengendalian dilakukan untuk memperoleh kestabilan pitch rate (laju sudut angguk) dan mengatur pitch attitude (posisi sudut angguk).
Dinamika roket dimodelkan dengan persamaan matematik dalam bentuk state space, model tersebut diturunkan terhadap kondisi keseimbangan trim dan mengasumsikan gangguan kecil, sehingga diperoleh model roket liner time invariant orde satu. Dengan mensubstitusikan data numerik dad karakteristik dinamika roket pada kecepatan tertentu akan diperoleh persamaan dalam bentuk numerik yang siap untuk diimplementasikan.
Bentuk numerik tersebut dapat ditransformasikan ke dalam bentuk fungsi alih (domain "s"), selanjutnya fungsi alih ini akan digunakan sebagai model yang akan diuji dalam simulasi dengan menggunakan simulink.
Selanjutnya akan dilakukan simulasi dan analisis pada kecepatan 34 m/detik untuk pendekatan model kecepatan rendah dan 170 m/detik untuk pendekatan model kecepatan tinggi. Simulasi dilakukan dengan bantuan MATLAB Simulink dan penyusunan pengendaliannya dengan MATLAB Fuzzy Toolbox.

ABSTRACT
In this thesis, will be design the longitudinal controlled movement system of LAPAN ROC-300 rocket using fuzzy logic control. The control system is used to acquire pitch rate stability and to control the pitch attitude.
Dynamic Rocket is modeled by mathematic equation in the state space model. This model is derived based on trim condition by assuming small disturbance in order to get time invariant linier rocket model in the order one.
By substitute numeric data dynamic rocket's characteristics at particular speed, we will abstain the equations in the numeric form which in ready to be implemented. This numeric form can be transformed into transfer function or "s" domain, and this transfer function will be used as a model and will be tested using the simulink program.
The simulation and analysis study will use 34 m/second for the low speed approach and 170 m/second for the high speed approach. The simulation is done with the help of MATLAB Simulink and MATLAB fuzzy toolbox.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1998
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
TA3124
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
"Sensors and Instrumentation, Volume 8. Proceedings of the 36th IMAC, A Conference and Exposition on Structural Dynamics, 2018, the eighth volume of nine from the Conference brings together contributions to this important area of research and engineering. The collection presents early findings and case studies on fundamental and applied aspects of Sensors and Instrumentation, including papers on; Sensor Applications, Accelerometer Design, Accelerometer Calibration, Sensor Technology, Energy Harvesting Technology, and Aircraft/Aerospace Technology"
Switzerland: Springer Cham, 2019
e20501126
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
"Featuring aerospace examples and applications, Reliability analysis of dynamic systems presents the very latest probabilistic techniques for accurate and efficient dynamic system reliability analysis. While other books cover more broadly the reliability techniques and challenges related to large systems, Dr Bin Wu presents a focused discussion of new methods particularly relevant to the reliability analysis of large aerospace systems under harmonic loads in the low frequency range. Developed and written to help you respond to challenges such as non-linearity of the failure surface, intensive computational costs and complexity in your dynamic system, Reliability analysis of dynamic systems is a specific, detailed and application-focused reference for engineers, researchers and graduate students looking for the latest modeling solutions.
The Shanghai Jiao Tong University Press Aerospace Series publishes titles that cover the latest advances in research and development in aerospace. Its scope includes theoretical studies, design methods, and real-world implementations and applications. The readership for the series is broad, reflecting the wide range of aerospace interest and application, but focuses on engineering.
"
Waltham, MA: Academic Press, 2013
e20427687
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Kosma Ernanda
"Berkembang pesatnya industri teknologi kedirgantaraan di dunia saat ini memunculkan maraknya penggunaan UAV untuk melakukan berbagai aplikasi dibidang militer maupun sipil. Sama halnya dengan penerbangan pesawat komersial, pengoperasian UAV memunculkan potensi bahaya terhadap ketahanan nasional khususnya keamanan negara dan keselamatan penerbangan. Tesis ini berusaha menjelaskan bagaimana strategi pengamanan pengoperasian UAV untuk dapat memaksimalkan keuntungan dari teknologi UAV dan meminimalkan potensi ancaman dari pengoperasian UAV mendukung ketahanan nasional di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode mix methods, analisis menggunakan metode SWOT dan AHP yang didukung analisis deskriptif melalui observasi di lapangan dan wawancara mendalam kepada stakeholder yang terlibat. Pemilihan pendekatan analisis deskriptif pada penelitian ini didasarkan pada pertimbangan untuk mengetahui, memahami serta menganalisa permasalahan yang terjadi dari sudut pandang setiap pihak stakeholder. Penelitian ini berusaha untuk menanamkan pemahaman pentingnya pengaruh pelanggaran dan penyalahgunaan pengoperasian UAV terhadap ketahanan nasional di Indonesia. Berdasarkan analisis SWOT yang dikuatkan dengan keterangan informan yang terdiri dari pelaku bisnis UAV / anggota FASI, Sesdis Dispotdirgaau / Wakasekjen II FASI, Kasubdit Surta Wilhan Kemenhan, Asosiasi Pilot Drone Indonesia (APDI), Inspektor Kelaikudaraan DKPPU Kemenhub, Ketua Air and Space Law Studies Universitas Prasetiya Mulya, Kepala Hukum Komando Pertahanan Udara Nasional; Strategi pengamanan pengoperasian UAV untuk mendukung ketahanan nasional adalah berupa strategi Weaknesses-Threats, yaitu strategi yang dilakukan dengan cara meminimalkan kelemahan dan/dalam menghindari tantangan atau ancaman. Kemudian dengan analisis AHP didapatkan alternatif strategi yang paling penting untuk dijadikan prioritas berdasarkan kriteria efektifitas, efisiensi, resiko dan kelayakan adalah strategi sosialisasi, kemudian berturut-turut didukung oleh strategi revisi peraturan dan penindakan, registrasi/sertifikasi unit dan pilot UAV, dan dengan membangun sistem aplikasi untuk mempermudah pengoperasian UAV.

The rapid development of the aerospace technology industries in the world today has led to the widespread use of UAVs to carry out various applications in the military and civilian fields. As with commercial flights, the operation of the UAV raises potential hazards to national security, especially to state security and aviation safety. This thesis seeks to explain how the security strategies for operating the UAV can maximize the benefits of UAV technology and minimize the potential threats from the operation of the UAV to support national resilience in Indonesia. This study used the mix methods approach, analysis using SWOT and AHP methods supported by descriptive analysis through field observations and in-depth interviews with stakeholders involved. The selection of the descriptive analysis approach in this study is based on the consideration of knowing, understanding and analyzing the problems that occur from the perspective of each stakeholder. This research seeks to instill an understanding of the importance of the influence of violations and misuse of UAV operations on national security in Indonesia. Based on the SWOT analysis that is corroborated by the information of the informant consisting of UAV businessmen / FASI members, Secretary of the Dispotdirgaau  / FASI Deputy Secretary General, Head of Sub Directorate of Surta Wilhan Kemenhan, Indonesian Pilot Drone Association (APDI), Airworthiness Inspector DKPPU Ministry of Transportation, Chairperson of University Air and Space Law Studies Prasetiya Mulya, Chief of Law for the National Air Defense Command; The strategy to safeguard the operation of UAVs to support national resilience is in the form of a Weaknesses-Threats strategy, namely a strategy carried out by minimizing weaknesses and / in avoiding challenges or threats. Then, with AHP analysis, the most important alternative strategies to be prioritized based on criteria of effectiveness, efficiency, risk and feasibility are socialization strategies, then supported by strategies for revising regulations and enforcement, registration / certification of UAV units and pilots, and by building systems application to facilitate the operation of the UAV."
Depok: Universitas Indonesia. Sekolah Kajian Stratejik dan Global, 2018
T52448
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>