Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 59928 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
TA2653
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Fajar Ardiyanto Margono
"Mesin Arus Searah Tanpa Sikat (MASTS) merupakan motor arus searah yang tidak menggunakan sikat-sikat untuk komutasinya dan memiliki kecepatan yang sinkron antara medan putar stator dan rotomya. Rotor MASTS adalah magnet permanen sehingga tidak diperlukan kumparan penguat dan tidak ada arus beban yang mengalirinya. Metode pengaturan kecepatan pada MASTS ada 2 macam, yaitu pengaturan tegangan catu dan pengaturan percepatan sudut fasa (phase advance angle). Pada pengaturan percepatan sudut fasa, kecepatan optimal dapat diperoleh ketika arus dan ggl bersamaan dalam waktu atau dengan kata lain sefase. Model simulasi MASTS menggunakan SIMCAD versi 4.1 untuk prediksi unjuk kerja MASTS yang dikendalikan oleh PWM inverter. Berdasarkan simulasi diperoleh kecepatan optimal pada percepatan sudut fasa 45_ dan apabila percepatan sudut fasa terus ditingkatkan maka kecepatan akan menurun."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2005
S40082
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sitorus, P. Andeas
"Mesin Arus Search Tanpa Sikat (MASTS) merupakan motor aruas searah yang tidak menggunakan sikat-sikat untuk dan memiliki kecepatan yang sinkron antara medan putar stator dan rotornya. Rotor MASTS adalah magnet permanen sehingga tidak diperlukan kumparan penguat dan tidak ada arus beban yang mengalirinya. Pengaturan kecepatan pada MASTS dengan magnet permanen MASTS-MP) dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu tanpa umpan batik, dimana pengaturan kecepatan hanya dftentukan oleh nilai catu daya suplainya saja, dan dengan umpan balik dimana pengafuran kecepatannya selain dengan mengatur nilai cata dayanya juga dapat dilakukan dengan variasi duty-cycle dari modulasi Iebar pulsa (Pulse Width Modulatiom PWM. Pengaturan kecepatan MASTIS-MP dengan umpan batik terbagi dua, yakni umpan balik kecepatan yang bertujuan agar motor berputar sesuai dengan kecepatan rejérensf dan umpan balfk aras stator yang bertujuan agar arus pada saat motor bekerja tidak melebihi arus referensinya."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2004
S40138
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1994
S39350
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ade Rizki
"Motor arus searah tanpa sikat BLDC magnet permanen saat ini telah banyak digunakan untuk dunia industri karena performanya lebih baik daripada motor induksi. Bentuk atau Geometri serta dimensi dari bagian bagian motor adalah salah satu topik umum yang umum dibahas dan diteliti dalam riset pengembangan serta desain motor BLDC. Banyak dilakukan penelitian untuk meningkatkan kinerja dari motor BLDC. Penelitian ini bertujuan untuk mencari rancangan motor yang paling optimal.Motor BLDC menggunakan magnet permanen pada rotornya sebagai sumber medan magnetnya. Rotor sendiri dapat divariasikan.
Pada penelitian ini divariasikan desain bentuk rotor untuk desain stator yang divariasikan. Simulasi menggunakan MotorSolve untuk menganalisis grafik torsi vs speed dan PWM Analysis. Nilai torsi, efisiensi, dan daya keluaran setiap desain dibandingkan untuk mencari desain motor BLDC yang memiliki performa terbaik. Pada penelitian ini, variasi 1 membandingkan tentang ukuran slot depth terbaik, variasi 2 untuk ukuran tooth width terbaik, Dan pada desain variasi 3 dan 4 dikhususkan untuk optimasi dengan cara memotong sudut rotor.

Permanent magnet BLDC motors currently used in the industrial world because the performance is better than induction motors. The shape or geometry and the size of the BLDC motor parts are some of the most commonly researched topics in the development of BLDC motor design. Many research have been done to improve the performance of BLDC motor.This Research aims to find the most optimal design. Bldc motor use permanent magnets on the rotor as the source of the magnetic field. Rotor itself can be varied.
Based on this study the shape of rotor varied, but the shape of stator varied too. The simulation used MotorSolve. Value of the torque, efficiency, Output Power each design compared for searching the best performance BLDC Design Motor. Based on this study, Variation 1 compares the best slot depth size, variation 2 for best tooth width size, And on design variations 3 and 4 is devoted to optimization by cutting rotor angle.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S66874
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fitriana
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1999
S38567
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"S'ebuah simulasi sislem pengaturan kecepatan motor arts searah dengan jenis penguatan terpisah yang dipergunakan pada sebuah container crane berkapasilas 30 ton akan dianalisa dalam tulisan ini. Analisa dilakukan dengan mengambil data pada simulasi tersebut berupa parameter parameter tegangan lilitan, arus lilitan, kecepatan motor, daya motor, oarsi motor dan arus medan. Selanjutnya dilakukan penghitungan parameter parameter tersebut secara perhitunngan teoritis urrtuk data pembanding. Selain itu juga dilakukan pengukuran pada alat yang sesungguhnya untuk mendapatkan parameter-parameter yang sama dengan yang diperoleh dan simullasi. Pengambilan data dilakukan lerhadap sistem untuk beberapa variasi kecepatan dan beban dengan tujuan untuk mengetahui karakleristik sistem dalam interval pemakaiannya. Dari hasi1 simulasi, pengukuran dan perhitungan dibandingkan dan dianalisa mengenai pengaruh parameter-parameter tersebut terhadap kecepatan dan beban motor. Proses pembandingan dilakukan dengan membuat grafik karakterirlik dari data yang diperaleh yang dibuat dalam satu grafik. Dari grafik tersebut terlihat adanya kesamaan karakierislik khususnya pada grafik daya dan torsi untuk nilai 0 -- 15 ton dan 0 - 350 rpm sedangkan unluk nilai 15 - 30 ton dan 350 - 2090 rpm ter jadi tidal beda sebesar 3 - 5 %. Dari arralisa yang dibuat, perbedaan tersebut masih dapat ditoleransi sehingga dari karakteristik yang diperoleh tersebut proses kontrol pada sistem pengaturan kecepatan motor dc dapat dipahami, sehingga unluk mendapatkan variasi kecepatan motor dengan beban yang hervariasi dapat dengan mudah dilakukan."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2000
S39827
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ridwan Gunawan
"ABSTRAK
Pengontrolan kecepatan putaran motor arus searah dapat dilakukan dengan pengaturan tegangan jangkar motor menggunakan DC-Chopper. Pengontrolan siklus kerja DC-Chopper yang berarti pengaturan tegangan jangkar motor dan pengaturan parameter-parameter umpan balik motor yang dibutuhkan dalam Pengontrolan dilakukan langsung oleh komputer digital (direct digital control} melalui perangkat antar-muka Analog-Digital dan Digital-Analog dibantu oleh perangkat keras tambahan lainnya. Untuk mendapatkan hasil yang optimum, selain didekati dengan analisis matematis, juga dilakukan uji-coba dengan membuat simulasi sistem kontrol motor arus searah."
Lembaga Penelitian Universitas Indonesia, 1994
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1992
S37969
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Mikrokontroler dizaman dijital ini bukan lagi sesuatu yang aneh dan
mungkin bukan lagi menjadi sesuatu yang rumit bagi segolongan orang. Dengan
mikrokontroler, perancangan suatu sistem kontrol akan menjadi lebih sederhana
dan relatif murah.
Pengaturan jumlah putaran motor arus searah dengan kecepapan
konstan berbasis mikrokontroller dapat dilakukan dengan mudah, baik dari
disain rangkaian pengaturannya maupun operasinya.
Pada simulasi sistem mikrokontroller untuk pengaturan jumlah putaran
motor searah ini akan diuji banyaknya putaran dan delay time motor
berdasarkan nilai setting (referensi) yang ditetapkan, dimana pengaturan
kecepatannya didasarkan pada pengaturan tegangan terminal yang diberikan ke
motor. Namun variasi tegangan terminal yang diberikan ke motor ini juga
berpengaruh terhadap posisi stop motor, sehingga bila diinginkan penyimpangan
posisi stop dari titik acu (slip) yang kecil diperlukan pengaturan tegangan yang
presisi."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
S39278
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>