Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 87197 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Agustina Udayasari
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
TA2563
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Taufiq
"Pada akhir abad ke 20 gelombang pertama aplikasi internet telah merambah dunia usaha perdagangan secara elektronik (e-commerce). Didasarkan pada teknologi informasi dan komunikasi itu Pula maka sistem pendidikan modern juga telah disatukan dalarn satu media : Komputer dan Internet untuk semua proses belajar dan mengajar yang tidal( terbatas pada waktu dan jarak yang telah dikenal sebagai e-learning. Untuk mendukung dunia pendidikan di alam maya ini maka diperlukan juga Sistem Perpustakaan Online yang menyediakan informasi dan referensi secara cepat dan efisien.
Tugas Akhir ini merupakan suatu aplikasi dari Perpustakaan Online sebagai bagian dari situs e-Learning yang mencakup pembuatan database materi kepustakaan, tampilan antarmuka antara pengguna berupa menu-menu untuk link, proses interaktif antara user dengan database seperti peminjaman dan sistem denda, pengukuran response time server yang dikaitkan dengan tingkat kepuasan pengguna terhadap unjuk kerja sistem serta analisa hasil pengukuran. Program utama yang digunakan adalah PFtP sebagai bahasa serverscript dan MySQL sebagai database server. Hal yang penting dalam sintaks perpustakaan adalah pengendalian batas waktu peminjaman, sangsi atas keterlambatan dan batas-batas waktu yang digunakan balk untuk peminjaman ataupun pemesanan salinan."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
S39200
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Renhoran, Bahrun Said
"Sistem Anotasi pada model pembelajaran jarak jauh merupakan salah satu komponen yang penting. Penting karena dengan Sistem Anotasi ini, model pembelajaran jarak jauh menjadi lebih interaktif. Salah satunya adalah dapat mendptakan komunikasi antar siswa yang menggunakan Sistem Anotasi ini.
Untuk menjadikan Sistem Anotasi sebagai sistem yang baik dan dapat diimplemetasikan sesuai dengan tujuannya maka Sistem Anotasi yang juga merupakan sebuah perangkat lunak harus melalui tahapan desain yang baik dan sempuma terhadap proses-proses yang ada di dalamnya.
Descriptor lokasi merupakan salah satu komponen dari sistem anotasL Perlu untuk mendesain descriptor lokasi yang dapat menemukan dengan tepat suatu lokasi pada materl. Selain itu juga descriptor lokasi ini, harus juga dapat digunakan untuk proses algorilma reauachment ketika lokasi yang sebelurnnya teiah disimpan dalam database ternyata telah berubah.
Dalam skripsi lni Sistem Anotasi Jarkom Online menggunakan 6 (enam) buah descriplor lokasi yang saling bekerja sama untuk menemukan lokasi pada materi. Ketika terjadi perubahan pada Sistem Materi Jarkom Online maka Sistern Anotasi Jarkom Online akan melakukan algoritma reatwciunent dengan baik. Untuk melakukan algoritma reattachment dua dari descriptor lokasi yaitu posisi awal kata dan posisi akhir kata ni!ainya aka:n ditambahkan dengan 1 atau dikurangkan dengan..."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
S39221
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Skripsi ini membahas tentang Identifikasi & Pembelajaran on-line menggunakan salah satu teknik kendali intelegen, yaitu Jaringan Syaraf Tiruan (JST). JST mencoba untuk mengidentifikasi sistem SISO & MIMO dimana sistem SISO direpresentasikan oleh pressure process rig dan MIMO oleh pesawat udara Nirawak. Jaringan syaraf tiruan mencoba untuk mengidentifikasi control surface utama pesawat udara Nirawak SRITI menggunakan metode Levenberg-Marquardt. Metode Levenberg-Marquardt merupakan salah satu dari teknik optimasi pada jaringan syaraf tiruan sehingga diharapkan dengan menggunakan metode ini waktu proses dan keakuratan dapat lebih baik dari teknik kendali sebelumnya.

In this thesis , we discuss about identfication and online learning using one of kind of intelegen control technique (neural network) . neural network try to identify SISO that represented by pressure process RIG and MIMO that represented by Unmanned aerovehicle. Neural network try to identify 3 main control surface on Unmanned Aero Vehicle using levenberq marquardt algorithm. LM algorithm is one of the best, kind of neural network technique. we hope using this technique we can reduce calculation time, and can achieve more accurate result rather than previous technique."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S52537
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Indra Rahmanto
"Konsep adaptive di dalam lingkungan elearning telah memiliki berbagai macam bentuk implementasi. Salah satu bentuk implementasinya adalah pada proses evaluasi hasil pembelajaran siswa, seperti dengan melaksanakan ujian yang bersifat adaptive. Dengan menerapkan konsep adaptive di dalam proses ujian maka akan memungkinkan siswa dengan kemampuan yang berbedabeda untuk dapat memperoleh pertanyaan yang sesuai dengan tingkat kemampuannya masingmasing. Melalui adaptive assessment tingkat kemampuan siswa terhadap materi belajar yang diujikan akan dapat langsung diketahui. Pada adaptive assessment terdapat suatu proses untuk memperkirakan tingkat kemampuan siswa, dan untuk menentukan soal yang akan diberikan selanjutnya. Proses tersebut dapat melakukan estimasi kemampuan siswa berdasarkan respon jawaban siswa terhadap setiap pertanyaan yang diberikan sebelumnya. Proses kemudian diolah sedemikan rupa sehingga bisa memilih serta memberikan pertanyaan berikutnya, yang sesuai dengan estimasi tingkat kemampuan siswa tersebut.
Pada skripsi ini diimplementasikan model algoritma Computerized Classification Test (CCT) dan konsep Sequential Probability Ratio Test (SPRT). Penggunaan model CCT digunakan untuk mengklasifikasikan lulus atau tidaknya, siswa yang melaksanakan ujian dan konsep SPRT digunakan untuk pemilihan soal selanjutnya. Dengan menggunakan model algoritma CCT dan konsep SPRT, maka sistem ujian adaptif berbasis web yang dihasilkan, mampu memperkirakan tingkat kemampuan siswa dengan tingkatan soal yang terdiri dari mudah, sedang, dan susah. Sedangkan sebagai sarana evaluasi dari setiap konsep penyusunan ujian, digunakanlah Grafik pembelajaran dalam bentuk grafik batang. Dengan menggunakan grafik pembelajaran ini, pengajar dapat mengetahui kemampuan siswanya untuk mata ujian yang diujikan kepadanya. Berdasarkan hasil pengujian pada sistem adaptive assessment, waktu respon yang dihasilkan oleh sistem sebesar 0.089334 detik untuk memilih dan menampilkan soal ujian, dan sebesar 0.068622 detik untuk mengolah dan menampilkan hasil beserta dengan feedbacknya.

Adaptive Concepts in elearning environment has had various forms of implementation. One form of implementation is in the process of evaluating student learning outcomes, such as by conducting examinations that are adaptive. By applying the concept of adaptive in the examination process it will allow students with different abilities to be able to get the questions to suit their ability level. Through the adaptive assessment of students' ability levels to learn the material tested will be immediately known. In the adaptive assessment there is a process to estimate the level of student ability, and to determine the problems that will be given next. The process can make a student's ability estimate based on responses to any questions the student answers given earlier. The process then processed in such a way that it can choose and give the next question, which according to the estimation of student ability levels.
This thesis implemented the model algorithms Computerized Classification Test (CCT) and the concept of Sequential Probability Ratio Test (SPRT). The use of CCT model was used to classify whether or not graduate, students who conducted the test and SPRT concept is used for the next selection item. By using the model of the CCT and the concept of SPRT algorithm, then the system webbased adaptive test was produced, able to estimate the ability of the students with a degree a matter of easy, moderate, and difficult. Meanwhile, as a means of evaluation of each concept exam preparation, learning graph is used in the form of bar charts. By using the graph of this learning, teachers can find out the ability of students to the exam that tested him. Based on the results of testing on adaptive assessment system, the response time generated by the system amounted to 0.089334 seconds to select and display the exam, and amounted to 0.068622 seconds to process and display the results along with its feedback.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S51358
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Roberto
"ABSTRAK
Dimungkinkannya pengintegrasian teks. gambar, audio, dan video unfuk membuat dokumen multimedia; pemrograman unruk membuat dokumen mierakrfji hyperrex! dan hypermedia: dan basis jaringan Web yang Iuas dengan juraan orang pengguna dan bertambah riap hari merupakan keunikan-keunikan Web yang membuamya dapa! dipakai sebagai media pendidikan yang sangaz baik.
Dalam sislem befajar jarakjauh berbasis Web, Web dimanfaallcan daiam pembuatan homepage kelas yang berisi informasi maleri pelajaran dan pendidik. komunikasi kelas, tugas dan res, maleri pelcjaran di kelas, demonstrasi animasi video alan audio, dan mareri rejerensi.
Sisrem Tugas (Web-As.signmem9 sebagai salah sam melode evaluasi pada sisrem belajar jaralcjauh berbasis Web merupakan .sebuah sisrem anrarmuka di Web sebagai sarana bagi pendidilc dan siswa untuk berinteralcsi tenlang lugas. Melalui Sisrem Tugas. pendidik dapar mengiryformasikan tugas (deslcripsi lugas, sisrem penilaian tugas, barns walcru penyerahan lugas. dan nilai maksimum tugas); melampirkan (uploaay _/Tie yang berkairan derzgan rugas; mengambil (downloanb _file yang diserahkan si.;-wa; dan memberikan penilaian lugas Gzilai tugas dan /fomenrar lerhadap hasif zugas) dan siswn dapal melihat informasi tugas; mengambi! (download) _/Yle yang dilanyuirkan pendidik; menyerahkar: (up/oar# jfle hasil pekezjaan mgas; dan melfhal has!! penilaian iugas. Kesemuanya dilakukan secara Ierimegrasi sehingga mavuyemen data dan pengaturan tugas menjadijauh lebih ejisien.
Tujuan penulisan .vkrrpsi ini adalah membua! rancangan dan irrynlementasi program Sistem Tugas (Web-A.s'signmenU. Umuk impfementasi szlstem, di sisi server, scrap! PHP digunalcan unmk pemrograman dan apiikasi MySQL unluk mancyemen data. Sislem ini diharap/can bermarjaat unruk melenglcapi perancangan dan penerapan sebuah sisrem beiajar jaralcjauh berbasis Web di Iingkuugan /campus di masa depan.

"
2001
S39934
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
TA2294
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Agustina Udayasari
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
S39787
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Luhur Bayuaji
"Proses belajar jarak jauh, atau yang lebih dikenal dengan sebutan distance learningatau distance education telah banyak diaplikasikan pada sistem pembelajaran didunia.Perkembangan distance learning meningkat pesat seiring dengan perkembangan fungsi Internet dalam kehidupan manusia. Proses perubahan sistem pembelajaran dari cara konvensional ke sistem distance learning bukan rnerupakan hal yang mudah. Banyak faktor yang harus diperhitungkan dalam perancangan sistem distance learning.
Pada skripsi ini akan disampaikan proses perancangan dan implementasi perancangan sistem distance learning yang digunakan pada mata kuliah Dasar Komputer. Sistem distance learning pada mata kuliah Dasar Komputer diberi nama Daskom On-Line. Dalam merancang Daskom On-Line dilibatkan banyak faktor yang mempengaruhinya, seperti lingkungan, perlengkapan, user management, sekuritas dan online assessment.
Rancangan Daskorn On-Line diimplementasikan pertama kali pada peserta mata kuliah Dasar Komputer Jurusan Elekfro Fakultas Teknik Universitas Indonesia tahun ajaran 2000/2001. Proses implementasi yang dilakukan dimulai dari registrasi user account, pengaksesan materi, online assessment dan evaluasi. Analisa tingkat keberhasilan rancangan dan implementasi Daskom On-Line dilakukan setelah seluruh proses selesai dilakukan. Hal yang dianalisa meliputi kesiapan materi, bentuk tampilan, tingkat pemahaman, tingkat kenyamanan dan efektifitas dari Daskom On-Line. Analisa digunakan untuk melihat keberhasilan implementasi Daskom On-Line berdasarkan tujuan perancangannya, serta berguna untuk pengembangan selanjutnya."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2001
S39096
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>