Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 115177 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
cover
Romadhon Nuzuly
"[Telah dilakukan substitusi Ni pada senyawa perovskite La0,67Ba0,33Mn1-xNixO3 with x = 0; 0,01; 0,02; 0,03; 0,04; and 0,05 dan dikarakterisasi dengan difraksi sinar x, permagraf, dan four point probe (FPP). Semua sampel menunjukkan struktur kristal orthorombik pada suhu ruangan. Parameter kisi a, b, c cenderung konstan seiring
bertambahnya Ni pada Mn. Magnetisasi saturasi untuk semua sampel belum dapat ditentukan yang dikarenakan hasil pengukuran permagraf belum terbentuk kurva histeresis. Selain itu, nilai magnetisasi remanen untuk semua sampel bernilai nol atau tidak ada. Magnetoresistansi negatif terjadi pada x = 0 dengan rasio 15,625% dan magnetoresistansi positif terjadi pada x = 0,01 sampai dengan 0,05 dengan persentase maksimum 18,341% untuk x = 0,01.;Ni-substituted to perovskites La0,67Ba0,33Mn1-xNixO3 with x = 0; 0.01; 0.02; 0.03; 0.04; and 0.05, have been done and investigated by x-ray diffraction, permagraph,
and four point probe (FPP) measurements. All samples show an orthorhombic structure in room temperature. The cell parameter a, b, c tent to consist with increasing Ni content. Magnetization saturation for all samples can not be measure, because the hysteresis loop is not form. On the other side, magnetic remanence is zore for all samples. Negative magnetoresistance appears at x = 0 with ratio 15.625% and positive magnetoresistance appears at x = 0.01 untill 0.05 with
maximum ratio 18.341% for x = 0.01., Ni-substituted to perovskites La0,67Ba0,33Mn1-xNixO3 with x = 0; 0.01; 0.02; 0.03;
0.04; and 0.05, have been done and investigated by x-ray diffraction, permagraph,
and four point probe (FPP) measurements. All samples show an orthorhombic
structure in room temperature. The cell parameter a, b, c tent to consist with
increasing Ni content. Magnetization saturation for all samples can not be measure,
because the hysteresis loop is not form. On the other side, magnetic remanence is
zore for all samples. Negative magnetoresistance appears at x = 0 with ratio
15.625% and positive magnetoresistance appears at x = 0.01 untill 0.05 with
maximum ratio 18.341% for x = 0.01.]"
Universitas Indonesia, 2015
T43931
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ivan Fauzan
"ABSTRAK
Jakarta, sebagai kota metropolitan, terbebani oleh kegiatan sehari-hari penduduknya dan gerakan sehari-hari mereka. Kendaraan dalam jumlah besar, terutama kendaraan ringan yang bergerak menuju kawasan bisnis seperti Semanggi, telah memenuhi kapasitas jalan tol, khususnya pada jalan Tol Lingkar Dalam Kota Jakarta. Hal ini menyebabkan kemacetan di jalan tersebut. Untuk meningkatkan kapasitas dan mengurangi kemacetan, PT Jasa Marga telah menerapkan lajur contraflow yang dimulai dari km 01+600 sampai km 08+600. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari karakteristik lalu lintas dari lajur contraflow dan lajur normal sebelahnya, dengan fokus pada zona masuk dan zona tengah. Penekanan penelitian ini adalah untuk memahami kinerja dan efektivitas jalur contraflow serta efeknya terhadap jalan tol, dalam hal karakteristik lalu lintas (kapasitas, volume, kecepatan dan kepadatan). Metode penelitian ini adalah untuk membandingkan kondisi yang ada dari survei langsung dilapangan dengan standard yang ditetapkan dari Kementrian Pekerjaan Umum, MKJI (manual Kapasitas Jalan Indonesia) dan Teori Greenshield. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan lajur contraflow menurunkan derajat kejenuhan menjadi kurang dari 0,75, dengan meningkatkan kapasitas jalan secara signifikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan lajur contraflow efektif dan merupakan sarana yang sangat baik untuk mengurangi kemacetan lalu lintas.

ABSTRACT
Jakarta, as a sprawling metropolitan, is burdened with the daily activities of its population and their everyday movements. The huge amount of vehicles, especially light vehicles, moving towards the business districts such as Semanggi has filled to capacity the toll roads, more specifically the Jakarta Inner Ring Road, and thus traffic is the result. To increase the capacity and to decrease traffic, PT Jasa Marga has implemented a contraflow lane that starts from km 01+600 until km 08+600. This research is to study the traffic characteristics from the contraflow lane, with the focus at the entrance zone and the middle zone. The emphasis of this study is to understand the performance and effectivity of contraflow lane and the effect it has on the toll road in regards of the traffic characteristics (capacity, volume, speed and density). The method of this research is to compare existing conditions that is surveyed first-hand with standards set from the Public Works Minister, MKJI (Manual Kapasitas Jalan Indonesia) and Greenshield’s Theory. The result of this research shows that the implementation of a contraflow lane decreases the degree of saturation from those greater than 0.75 to less than 0.75, by significantly increasing road capacity. Thus it can be concluded that the contraflow lane is effective and is an excellent means to decrease traffic."
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S55465
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohammad Fikri Makarim
"ABSTRAK

Pemberlakuan jalur contraflow diharapkan mampu memberikan solusi kepada kurangnya kapasitas jalan pada tol dalam kota ruas cawang semanggi pada waktu peak hour. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan membandingkan kinerja karakter lalu lintas antara dua titik pengamatan yaitu titik tengah dengan titik setelah keluar jalur contraflow agar dapat diketahui efektifitas dari pemberlakuan jalur contraflow. Penelitian ini menggunakan metode survey lalu lintas dengan cara merekam kondisi lalu lintas pada titik kedua titik pengamatan untuk mendapatkan data karakteristik lalu lintas yang lebih akurat. Dilakukan analisa kinerja karakter lalu lintas hasil survey yang mengacu pada parameter acuan lalu lintas dari MKJI dan peraturan Bina Marga dan Jasa Marga serta analisa melalui hubungan karakter lalu lintas Teori Greenshields untuk menilai kinerja lalu lintas dari kedua titik pengamatan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberlakuan jalur contraflow menurunkan derajat kejenuhan dari lebih besar dari 0.75 menjadi lebih kecil dari 0.75 dengan memberikan tambahan kapasitas jalan sehingga dapat dikatakan bahwa contrfalow adalah solusi yang efektif dan layak untuk diterapkan.


ABSTRACT

Implementation of the contraflow special lane is expected to provide a solution to the lack of road capacity at the inner city highway (Cawang – Semanggi) during peak hour time. This research was conducted to find out and compare the performance of the characteristics of the traffic flow between two points of observation (middle point and the exit after the contraflow special lane) in order to know the effectiveness of the contraflow lane. This research uses traffic survey by means of recording traffic condition in both points of observation to obtain more accurate traffic characteristic data. The analysis of traffic characteristic performance is conducted by comparing the results of the survey to the traffic parameters of standards from the Indonesian Highway Capacity Manual and regulations from Bina Marga and Jasa Marga as well as the analysis through the relationship of traffic characteristics from Greenshields Theory to assess the traffic performance from both points of observation. The results show that the implementation of the special contraflow lane may decrease the degree of saturation from greater than 0.75 to less than 0.75 by giving the road additional capacity. This shows that the contraflow lane can be considered as an effective and worthy measure to ease the burden of the ever increasing number of cars passing through the toll road during peak hours.

"
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S57148
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bundjali
"ABSTRAK
Tujuan pembangunan jalan tol Jakarta - Cikampek adalah meningkatan mobilitas kendaraan pada jaringan jalan Jakarta ke Cikampek dan sebaliknya, sehingga akan diperoleh dayaguna dan hasil guna transportasi yang optimal.
Dalam perkembangan selanjutnya, di sisi kiri kanannya segera berubah menjadi kawasan industri dan perumahan yang pesat. Semua ini terjadi karena mereka mengharapkan aksesibilitas yang mudah melalui jalan tol Jakarta - Cikampek. Keberadaan jalan tol ini, selain memberikan kemudahan tetapi juga menimbulkan dampak negatif bagi penghuni sekitarnya, antara lain berupa kebisingan. Oleh karena itu yang perlu dikaji adalah seberapa besar tingkat kebisingan, faktor yang menentukan tingkat kebisingan dan dampaknya terhadap masyarakat.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghitung tingkat kebisingan, mengetahui besarnya kontribusi faktor-faktor yang menentukan kebisingan, memprediksi tingkat kebisingan dan mengetahui dampaknya terhadap masyarakat. Adapun manfaatnya adalah, sebagai bahan masukan bagi pihak terkait dalam menentukan kebijaksanaan pengelolaan pembangunan jalan tol dalam menopang pembangunan berkelanjutan. Di samping itu diharapkan menemukan model dasar dalam menentukan tingkat kebisingan yang bisa diterapkan pada seluruh jalan tol di Indonesia, khususnya yang mempunyai karakteristik sejenis.
Untuk maksud tersebut, telah dilakukan penelitian terhadap tingkat kebisingan dengan menentukan titik pantau sebanyak 36 buah yang tersebar di sisi kiri dan kanan jalan tol secara merata, pada setiap ruas antar gerbang. Data sosial untuk mengetahui dampak diperoleh dari sampel yang ditentukan berdasarkan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang yang tersebar merata berdasarkan jarak dari sumber.
Metode analisis yang dipakai disesuaikan dengan tujuan yang diinginkan. Oleh karena itu, merupakan perpaduan antara beberapa metode, seperti: rata-rata, regresi berganda, trend linier, hypothesis test for two proportions from one group, chi-squared.
Temuan penelitian ini adalah : 1. Rata-rata kebisingan (total) di sisi kanan dan kiri jalan tol adalah sebesar 68,27 dB (A); 2. Tingkat kebisingan diperkirakan dipengaruhi oleh 3 faktor, yaitu volume kendaraan golongan 1, volume kendaraan golongan 2, dan kecepatan kendaraan golongan 1.
Ketiga faktor ini masing-masing mempunyai kontribusi yang cukup besar terhadap variasi naik turunnya tingkat kebisingan. Kecepatan kendaraan golongan I memberikan kontribusi paling besar terhadap perubahan tingkat kebisingan sebesar 33,45%. Setelah dilakukan pengujian terhadap variabel secara partial, maka tiga variabel Xz dan X3 dinyatakan mempunyai pengaruh yang nyata pada derajat kesalahan sebesar 0,05 (5%); 3. Secara simultan tiga variabel bebas tersebut mempunyai pengaruh yang nyata terhadap tingkat kebisingan, hal ini ditunjukkan oleh t-test yang menghasilkan nilai 114,676 lebih besar dibandingkan F-mom = 4,42. Kontribusi dari tiga variabel ini secara simultan terhadap variasi naik turunnya tingkat kebisingan (Y) adalah besar, yakni 90,69 %, dengan demikian ada sekitar 9,31 % yang dipengaruhi oleh faktor lain, selain faktor yang dianalisis dalam model ini; 4. Diperkirakan tingkat kebisingan arus lalu lintas jalan tol Jakarta - Cikampek pada tahun 2000 adalah sebesar 83,076 dB (A); dan 5. Tingkat kebisingan yang ditimbulkan oleh arus lalu lintas kendaraan di jalan tol Jakarta Cikampek ini ternyata tidak berpengaruh secara nyata. Uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang nyata antara responden yang menjawab tidak mengalami kebisingan (76 responden) dan yang menyatakan mengalami kebisingan (24 responden), sedangkan jarak sumber bunyi mempunyai pengaruh yang nyata terhadap dampak kebisingan, semakin dekat dengan jalan tol semakin besar dampak kebisingan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kebisingan akan berpengaruh secara nyata pada jarak kurang dari 40 m.

ABSTRACT
The development goal of Jakarta - Cikampek toll road is to increase mobilisation of vehicles from and to Jakarta - Cikampek road network in order to gain the transportation function and result optimally.
In the development, later, on both sides of the road is rapidly becoming industrial and housing area. All those are based on the accessibility through the toll road. The existence of this road, besides produces driving comfortable, there occurs negative impact for the community surround. Based on the fact, it is necessary to find out the noise level, determining factor of the noise, and the impact over the community.
There are four purposes of this study, they are; to count on the contribution of the noise determining factor, to predict the noise level, and the impact over the community. Whereas, the result is hopefully able to give some references to the competent institution in order to establish policy on toll road 'management in line with supporting the sustainable development. A part of it, the study is intended to discover the basic model in determining the noise level and is hopefully able to be applied entirely on toll road network in Indonesia, especially those with the similar character.
For the reason, it has been done through the research over the noise by placing 36 points of view spread evenly at both left and right sides of the toll road at every section from one gate to another. Social data to detect the impact that might occur is used purposive sampling method with 100 respondents spread evenly based on the distance from the source Analysis . method is applied according to intended goal based on the unification among some methods such as average, multiply regression, linear trend, hypothesis test for two proportions from one group, chi-squared. This study discovers :
1. The noise level test results that the total average noise on both left and right sides of the toll road is 68.27 dB(A);
2. It is assumed that the noise level is influenced by three main factors i.e. : a traffic volume of vehicles class l
b. traffic volume of vehicles class II
c. the speed of vehicles class 1
Each of those three factors give huge contribution over the noise level fluctuation. The speed of vehicles class I gives the highest noise level rank about 33.45 %. After examining the variable partially, the three variable X,, X2 and X3 are stated to have real influence with 0.05 (5 %) of mistake;
3. Those three independent variable simultaneously have real influence of noise level as shown that F-test resulted 114,676 points higher than F-table which is only 4.42 points. The contributions of those three variable over the noise level fluctuation (Y) simultaneously is huge, i.e. 90.69 %, and by mean 9.31 % is influenced by the other factors, excluded factors in this study;
4. It is assumed that the noise level of Jakarta - Cikampek toll road by mean year 2000 is 83.076dB (A); and
5. The level noise produced by traffic volume on Jakarta - Cikampek toll road does not really influence. Hypothesis investigation shows that there occurs the tangible difference between respondent with 'not noisy' answer (76 resp.) and `noisy' answer (34 resp.), meanwhile, source distance has real influence over noise impact, the closer to the toll road the more noise, and this study shows that the noise level will happen in the distance less than 40 m.
References : 27 (1976 - 1995).
"
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 1997
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lukman Denny Andika
"[Identifikasi hidrokarbon merupakan salah satu tujuan utama dalam
eksplorasi lapangan minyak bumi, dan perkiraan nilai saturasi merupakan salah satu bagian penting dari identifikasi hidrokarbon. Dalam penentuan perkiraan saturasi tersebut, atribut seismik dapat digunakan baik secara numerik maupun analitik. Meskipun hubungan antara atribut seismik dengan karakteristik batuan reservoar tidak dapat didefinisikan secara explisit, namun penggunaan atribut seismik ini dapat membantu dalam proses karakterisasi reservoar. Proses prediksi nilai saturasi air pada Lapangan Shinta dilakukan dengan
menggunakan transformasi log resistivitas berdasarkan persamaan Archi, dimana faktor sementasi diasumsikan sebesar 0.62, dengan eksponen sementasi yaitu - 2.15 serta faktor resistivitas air yaitu 0.04. Selanjutnya nilai saturasi air transform tersebut dijadikan sebagai target untuk penyebaran nilai saturasi fluida dengan menggunakan metode PNN (Probabilistic Neural Network). Metode ini dipilih karena memberikan korelasi yang lebih baik yaitu sebesar 68.8% dengan rata-rata error = 0.114, dibandingkan dengan Metode Multi-Layer Feed Forward (MLFN) yang memberikan nilai korelasi sebesar 50.9% serta multi-atribut sebesar 34.4%. Hasil dari penyebaran saturasi air tersebut selanjutnya diintegrasikan dengan data produksi dan dapat disimpulkan bahwa hasil penyebaran Sw telah mendekati kondisi aktual pada daerah disekitar sumur SNT-10 dan SNT-12. Hal ini ditunjukkan dengan nilai saturasi air yang dihasilkan yaitu 45-85% memiliki kesesuaian dengan profil produksi dimana kurva Water Cut dengan GOR masing-masing sumur naik secara cepat yang mengindikasikan air dan gas semakin banyak terproduksi, dibandingkan dengan minyak;Hydrocarbon identification is one of the main objectives of the Oil and Gas exploration and the estimation of saturation level is one of the important parameter to identify the possibility of hydrocarbon. The estimation of saturation value either using the numeric or the analytical method, seismic attribute coud be used. Even the relationship between seismic attribute and reservoir characterization could not be defined explicitely, but the used of this seismic atribut could give more assistance during the characterization process. Water saturation prediction in Shinta Field started with the transformation of the resistivity log using the Archi Equation, with the cementation factor (α) is 0.6, cementation exponent (m) is -2.15 and resistivity formation water (Rw) is 0.04. Furhter, this transformation result is used as the target of the fluid saturation prediction using the Probabilistic Neural Network (PNN). This method has been done through Artificial Neural Network, either using PNN method gives the better correlation i.e. 68.8% with the RMS value 0.114 compare to MLFN method which gave the correlation of 50.9% and Multi atribut with correlation level is
34.4%. Lateron, the result of Sw distribution has been integrated with production data which it can be concluded that the result has approach to the real condition of SNT-10 and SNT-12 well. It can be seen from the saturation value i.e. 45-85% which in line with the production figure, where the Water Cut and the GOR of each well has increased significantly, than oil. It can be assumed that the water and gas production are more produced compared to oil.;Hydrocarbon identification is one of the main objectives of the Oil and
Gas exploration and the estimation of saturation level is one of the important
parameter to identify the possibility of hydrocarbon. The estimation of saturation
value either using the numeric or the analytical method, seismic attribute coud be
used. Even the relationship between seismic attribute and reservoir
characterization could not be defined explicitely, but the used of this seismic
atribut could give more assistance during the characterization process.
Water saturation prediction in Shinta Field started with the transformation
of the resistivity log using the Archi Equation, with the cementation factor (α) is
0.6, cementation exponent (m) is -2.15 and resistivity formation water (Rw) is
0.04. Furhter, this transformation result is used as the target of the fluid saturation
prediction using the Probabilistic Neural Network (PNN). This method has been
done through Artificial Neural Network, either using PNN method gives the better
correlation i.e. 68.8% with the RMS value 0.114 compare to MLFN method
which gave the correlation of 50.9% and Multi atribut with correlation level is
34.4%.
Lateron, the result of Sw distribution has been integrated with production
data which it can be concluded that the result has approach to the real condition of
SNT-10 and SNT-12 well. It can be seen from the saturation value i.e. 45-85%
which in line with the production figure, where the Water Cut and the GOR of
each well has increased significantly, than oil. It can be assumed that the water
and gas production are more produced compared to oil.;Hydrocarbon identification is one of the main objectives of the Oil and
Gas exploration and the estimation of saturation level is one of the important
parameter to identify the possibility of hydrocarbon. The estimation of saturation
value either using the numeric or the analytical method, seismic attribute coud be
used. Even the relationship between seismic attribute and reservoir
characterization could not be defined explicitely, but the used of this seismic
atribut could give more assistance during the characterization process.
Water saturation prediction in Shinta Field started with the transformation
of the resistivity log using the Archi Equation, with the cementation factor (α) is
0.6, cementation exponent (m) is -2.15 and resistivity formation water (Rw) is
0.04. Furhter, this transformation result is used as the target of the fluid saturation
prediction using the Probabilistic Neural Network (PNN). This method has been
done through Artificial Neural Network, either using PNN method gives the better
correlation i.e. 68.8% with the RMS value 0.114 compare to MLFN method
which gave the correlation of 50.9% and Multi atribut with correlation level is
34.4%.
Lateron, the result of Sw distribution has been integrated with production
data which it can be concluded that the result has approach to the real condition of
SNT-10 and SNT-12 well. It can be seen from the saturation value i.e. 45-85%
which in line with the production figure, where the Water Cut and the GOR of
each well has increased significantly, than oil. It can be assumed that the water
and gas production are more produced compared to oil., Hydrocarbon identification is one of the main objectives of the Oil and
Gas exploration and the estimation of saturation level is one of the important
parameter to identify the possibility of hydrocarbon. The estimation of saturation
value either using the numeric or the analytical method, seismic attribute coud be
used. Even the relationship between seismic attribute and reservoir
characterization could not be defined explicitely, but the used of this seismic
atribut could give more assistance during the characterization process.
Water saturation prediction in Shinta Field started with the transformation
of the resistivity log using the Archi Equation, with the cementation factor (α) is
0.6, cementation exponent (m) is -2.15 and resistivity formation water (Rw) is
0.04. Furhter, this transformation result is used as the target of the fluid saturation
prediction using the Probabilistic Neural Network (PNN). This method has been
done through Artificial Neural Network, either using PNN method gives the better
correlation i.e. 68.8% with the RMS value 0.114 compare to MLFN method
which gave the correlation of 50.9% and Multi atribut with correlation level is
34.4%.
Lateron, the result of Sw distribution has been integrated with production
data which it can be concluded that the result has approach to the real condition of
SNT-10 and SNT-12 well. It can be seen from the saturation value i.e. 45-85%
which in line with the production figure, where the Water Cut and the GOR of
each well has increased significantly, than oil. It can be assumed that the water
and gas production are more produced compared to oil.]"
Universitas Indonesia, 2015
T44244
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tri Tjahjono
Bandung: Lubuk Agung, 2011
363.125 TRI a
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
M. Guntur Ariadi
"Pada tahun 1995 - 1997, setiap 3 hari rata-rata terjadi 12 kasus kecelakaan lalu lintas (laka lantas), dengan 4 orang luka berat, dan 1 orang meninggal dunia. Keadaan ini mencerminkan kurangnya kualitas pelayanan lalulintas jalan tol Jakarta-Cikampek.
Dengan asumsi bahwa tingkat pelayanan akan semakin baik; pertama, jika kuantitas dan kualitas kecelakaan dan korban yang terjadi semakin rendah; kedua, jika petugas semakin cepat datang memberikan pertolongan. Oleh karena itu penelitian ini difokuskan kepada kedua hal tersebut, dengan harapan dapat ditemukan ide untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui pengamatan terlibat pasif, dilengkapi wawancara dengan pedoman, dilaksanakan di kantor PT Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek dan instansi terkait, dari akhir Desember 1997 hingga Mei 1998.
Penyebab laka lantas dapat digolongkan faktor manusia sebagai pengemudi yang melanggar aturan lalu lintas, misalnya melanggar batas kecepatan, mengemudi dalam keadaan lelah dan kemudian mengalami laka lantas. Faktor berikutnya kendaraan bermotor yang tidak memenuhi kelaikan jalan dan faktor jalan tol serta lingkungannya. Pemantapan pelayanan keselamatan lalu lintas pencegahan laka lantas dilakukan dengan menangani faktor penyebab tersebut secara terpadu dan maksimal oleh instansi terkait, sehingga merupakan suatu sistem keselamatan lalu lintas.
Dari penelitian diperoleh gambaran antara lain: PT Jasa Marga melaksanakan program pembangunan dan pemeliharaan jalan tol, perbaikan dan pemeliharaan serta penambahan kelengkapan jalan dan manajemenjalan termasuk program manajemen lalu lintas secara maksimal, dengan hasil faktor jalan dan lingkungannya menjadi faktor penyebab yang relatif kecil yaitu 2% atau 6 kejadian (selama penelitian dari Januari - April 1998).
Kegiatan penegakan hukum belum dapat menangani semua pelanggaran penyebab laka lantas di semua ruas jalan pada sepanjang waktu, menyebabkan faktor pengemudi sebagai penyebab laka lantas sebanyak 62 % atau 210 kejadian (Januari - April 1998). Kelemahan lainnya adanya kendaraan bermotor yang memasuki jalan tol dalam kondisi tidak laik jalan menyebabkan laka lantas sebanyak 36 % atau 124 kejadian (Januari - April 1998).
Upaya untuk meningkatkan pelayanan lalu lintas khususnya pemantapan pelayanan keselamatan lalu lintas di jalan tol Jakarta-Cikampek diarahkan pertama, meningkatkan keterpaduan instansi terkait yang dimulai dengan melakukan pengumpulan dan penganalisaan terhadap kasus laka lantas yang terjadi untuk memperoleh faktor penyebabnya, dan menjadikan hasil analisis tersebut sebagai bahan koordinasi. Kedua, setiap instansi terkait menggunakan hasil analisis tersebut sebagai umpan balik untuk meningkatkan kinerjanya. Ketiga, masing-masing instansi terkait menangani faktor penyebab secara maksimal sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing, sehingga semua kegiatan terpadu sebagai suatu sistem.
Sebagai contoh adalah khusus untuk Polri dalam rangka mengatasi ketidak mampuannya untuk menindak semua jenis pelanggaran penyebab laka lantas, serta dalam rangka meningkatkan frekuensi kehadiran dengan maksud dapat menimbulkan faktor pencegahan pengemudi untuk melanggar penyebab laka lantas, perlu melakukan kegiatan antara lain: peningkatan frekwensi patroli PRC dan pengawasan menetap dilokasi rawan, melengkapi petugas dengan alat pemantau kecepatan, berita Acara Cepat atau melakukan revisi terhadap tilang agar PRC dapat menindak pelanggaran penyebab kecelakaan diluar pasal tilang, melaksanakan pemeriksaan terhadap pengemudi yang beresiko mengakibatkan kecelakaan karena lelah atau mengantuk saat dinihari memasuki gerbang tol Cikampek."
Depok: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 1998
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1984
S17262
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>