Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 90167 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Universitas Indonesia, 2009
TA1069
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Aldo Setiawan
"Sistem identifikasi karakteristik motor DC berbasis mikrokontroler" merupakan sebuah instrumen untuk mengukur seluruh karakteristik dari motor DC (brushed). Dengan sistem yang embedded berbasis mikrokontroler yang terintegrasi, alat tersebut mampu mendapatkan seluruh karakteristik motor DC yang meliputi No load Current , Stall Current , Stall Torque ,Starting Voltage, Maximum Speed, Maximum Power, Maximum Efficiency, Motor Resistance, Motor Rating Voltage, Torque Constant, Back EMF Constant, Grafik kecepatan terhadap tegangan, Grafik torsi terhadap kecepatan, Grafik daya mekanik yang dihasilkan terhadap kecepatan, dan Grafik Respon Kecepatan Motor terhadap waktu. Untuk mendapatkan seluruh data karakteristik dari motor DC maka dilakukan pengambilan data dengan sensor gaya, sensor arus, dan rotary encoder, Dan disaat bersamaan memberikan variasi tegangan yang terukur pada motor DC yang diukur. Pengukuran pada saat kondisi kecepatan nol (stall) juga dilakukan untuk untuk mendapatkan seluruh karakteristik motor DC. Pengolahan, teknik pengambilan data, dan juga pemberian voltase pada motor DC diatur oleh mikrokontroler yang berisi algoritma teknik pengukuran dan perhitungan data yang didapatkan dari motor DC. Pembuktian kinerja alat dilakukan dengan cara melakukan pengukuran pada 3 sampel motor DC dan membandingkan dengan data referensi, sehingga disimpulkan bahwa alat mampu mendapatkan seluruh karakteristik motor DC dengan cara yang mudah dan simpel.

Dc Motor Characteristic Identification System Based on Microcontroller" is an instrument for measuring the characteristics of the DC motor (brushed). With a microcontroller-based embedded systems that are integrated, it is able to obtain all the characteristics of a DC motor which includes No load Current, Current Stall, Stall Torque, Starting Voltage, Maximum Speed, Maximum Power, Maximum Efficiency, Motor Resistance, Motor Rating Voltage, Constant Torque , Back EMF Constant, Speed vs Voltage Graph, Torque vs Speed graph, Power Output vs Speed Graph, Speed vs Time graph (Motor Respons). To get all the data characteristic of the DC motor data collection is performed using the force sensor, current sensor, and a rotary encoder, where at the same time give measurable voltage variations measured in a DC motor. Measurements at zero speed when condition (stall) are also performed to obtain all the characteristics of DC motor. Processing, data collection techniques, and also the provision of a regulated DC voltage to the motor, are controlled by a microcontroller that contains the algorithms of the measurement techniques and the calculation of data obtained from the DC motors, so that as one instrument that is able to identify the characteristics of the DC motor. Performance verification of the system is done by measuring the characteristic of 3 samples of DC Motor, and by comparing the results with reference data provided by vendor. So it can be concluded that the system that has been developed by the author is able to obtain all the characteristics of a DC motor with an easy and simple way."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2014
S55223
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hadi Wijaya
"Menurut Internatonal Standard (ISO 8713:2002) mobil listik dikenal dalam istilah Electric road vehicles yang di Amerika dikembangkan menjadi dua (2) jenis, diantaranya Zero Emission Vehicles(ZEV) dan Low Emission Vehicles (LEV). Mobil listrik yang di kategorikan menjadi Zero Emission Vehicles adalah Mobil Batterai (Battery Operate) dan Mobil Fuel cell. Sedangkan yang dikategorikan menjadi LEV adalah mobil yang sistem penggeraknya memadukan antara convensional engine dengan motor listrik (mobil Hybride).
Mobil Batterai (Battery Operate) dan Mobil Fuel cell sistem penggeraknya dengan menggunakan motor dc karena kecepatan mudah diatur dan mempunyai variasi kecepatan yang lebar.Tugas akhir penggerak mobil listrik ini menggunakan motor dc seri yang terdapat pada stater mobil.Sebelum digunakan menjadi motor penggerak motor stater dimodifikasi bagian luar dan lilitan didalamnya. Motor dc stater mobil mempunyai torsi yang besar dan kecepatan tinggi,tetapi mempunyai kelemahan dengan arus yang besar sehingga motor cepat panas.Pengontrolan kecepatan menggunakan mikro AVR Atmega8535 dengan mengunkan metode PWM. Untuk pensaklaran elektronis menggunakan mosfet dan relay. Perubahan jumlah kumparan dan pengecilan diameter kawat email kumparan motor dapat menaikan hambatan motor sehingga dapat mereduksi arus, sehingga motor dapat bekerja lebih lama,untuk pengotrolan kecepatan pada saklar elektronik diperlukan rangkaian snubber untuk meniadakan tegangan balik yang disebabkan oleh beban yang bersifat induktif yang merusak saklar elektronik.

Recognized as Electric road Vehicles that in America is expanded in two category such as: Zero Emission Vehicles(ZEV) dan Low Emission Vehicles (LEV). The ZEV one is knowed as battery car and fuel cell car, while the LEV one is the car with the driver is colaboration between convensional engine and electrical motor (Hybride car).
Battery and fuel cell car use DC motor as a driver because the ease of speed adjusment and have a width variation speed. This final assignment use DC motor that be in car starter. Before used as motor driver to drive motor starter, this DC motor is modified in outer edge and the winding inside. This one have a big torque and high speed, but it has a big current as a weakness so the motor will be heat quickly. The speed control use AVR Atmega8535 microcontroller with PWM method. For electronical switching use a mosfet and relay.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2008
S40439
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
"Telah dibuat sistem pengendali kecepatan putar motor dc berbasis PC menggunakan control feedback PI (Proportional Integral). Pada sistem terdapat 3 jenis gangguan yang berubah terhadap waktu, yaitu gangguan gelombang sinus, segitiga, dan kotak serta gangguan tetap yang dapat diatur. Gangguan tersebut berupa rem yang dapat dimodulasi. Penentuan konstanta pengendali PI menggunakan metode tuning Try and Error didapat nilai PB = 400, TI = 0.3S. Pengedali PI yang digunakan menerapkan metode wind up reset sehingga respon pengendalian menjadi lebih baik."
[Universitas Indonesia, ], 2006
S29268
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Leonardo Karunia Menteng
"Telah berhasil dibuat alat penjejak kurva polarisasi versus medan listrik menggunakan listrik DC untuk karakterisasi sifat listrik material. Alat ini memiliki kemampuan memberikan tegangan listrik DC ±1000V dan sistem konversi sinyal analog ke digital berkapasitas 16 bit (NI myDAQ). Alat ini bekerja secara otomatis dengan hanya menentukan batas tegangan atas dan batas tegangan bawah beserta step tegangan. Pada alat ini PC bertindak sebagai master dan rangkaian mikrokontroler sebagai slave sehingga semua pengendalian diatur di PC. Alat ini diuji dengan menggunakan sampel piezoelectric disc transducer dan kapasitor sebesar 10nF dan 330nF. Sampel diuji dengan batas atas dan batas bawah 1000 hingga -1000 dengan step 10 Hasilnya menunjukkan bahwa sampel piezoelectric disc transducer mampu menghasilkan kurva histeresis berdasarkan penjejakan yang dilakukan. Polarisasi maksimum, minimum dan remanen positif, negatif yang dihasilkan dengan kapasitor 10nf yaitu 0,0013 C/m2, -0,0013 C/m2 dan 0,0008 C/m2, -0,0007 C/m2, serta pada kapasitor 330nf dihasilkan 0,0013 C/m2, -0,0013 C/m2 dan 0,0006 C/m2, -0,0007 C/m2.

A polarization versus electric field curve tracking device has been successfully developed using DC electricity to characterize the electrical properties of materials. This tool has the ability to provide a DC power supply voltage of ±1000V and an analog to digital signal conversion system with a capacity of 16 bits (NI myDAQ). This tool works automatically by only determining the upper voltage limit and lower voltage limit along with the voltage step. In this tool the PC acts as the master and the microcontroller circuit as the slave so that all controls are managed on the PC. This tool was tested using a piezoelectric disc transducer sample and a capacitor of 10nF and 330nF. The sample was tested with an upper limit and a lower limit of 1000 to -1000 with step 10. The results showed that the piezoelectric disc transducer sample was able to produce a hysteresis curve based on the traces performed. The maximum, minimum and remanent positive, negative polarization produced with 10nf capacitors are 0.0013 C/m2, -0.0013 C/m2 and 0.0008 C/m2, -0.0007 C/m2 and 0 0.0013 C/m2, -0.0013 C/m2 and 0.0006 C/m2, -0.0007 C/m2."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2021
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
cover
"Telah dilakukan identifikasi motor DC menggunakan PID Kontrol. Motor DC
merupakan jenis motor yang banyak digunakan di industri, elektronik dan komponen
pendukung untuk beberapa peralatan atau instrumentasi elektronik. Aplikasi industri
motor DC yang dipergunakan dalam industri pada umumnya memiliki kapasitas daya
yang relatif besar dan disesuaikan dengan beban mekanis dan volume produksi.
Identifikasi motor DC dengan sistem kontrol menggunakan PID kontroler dengan HP
besar menggunakan simulasi program komputer akan banyak membantu dalam
pengamatan karakteristik dinamis motor tersebut.. Alasan lain identifikasi motor DC
dengan program komputer adalah dapat dilakukannya proses simulasi gangguan pada
sistem tersebut tanpa harus mempertaruhkan keselamatan sistem. Dalam pembuatan
model motor DC yang optimal dalam artian mendekati karakteristik nyata."
[Universitas Indonesia, ], 2007
S29275
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Widdyharto
"Skripsi ini membahas tentang Perancangan sebuah alat transportasi publik berupa sepeda. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan sebuah produk jadi alat transportasi publik yang ramah lingkungan, hemat bahan bakar, hemat biaya, sehat, dan menjawab permasalahan kemacetan dan polusi transportasi. Sepeda ini dilengkapi dengan motor bertenaga listrik. Tidak hanya itu saja. Sepeda ini juga dilengkapi pengendali kecepatan otomatis. Dengan membaca kecepatan dari perputaran roda dan membaca berat pengendara lalu Otak dari pengendalian kecepatan otomatis menggunakan mikro kontroller ini memberikan solusi kecepatan yang otomatis dan stabil. Sistem ini mampu mengendalikan kecepatan motor listrik sederhana. Adapun bahan sumber energinya menggunakan battery liquid acid atau sel basah sel Volta atau ramah disebut accu basah. Menggunakan 12 volt 45 Ampere diharapkan cukup untuk untuk memberi pasokan energi untuk 10 jam nonstop. Sistem pengisian utama menggunakan sistem charging power supply dari jala-jala PLN dan sebagai pelengkap di pasang generator kecil pada posisi ban sepeda. Saat sepeda bergerak dengan tenaga manusia motor listrik tidak bergerak dan roda belakang sepeda bergerak. Dan saat motor listrik bergerak pedal sepeda tidak bergerak dan roda belekang bergerak. Dan dilengkapi dengan sistem pengisian tenaga matahari menggunakan solar cell.

This scribs works through about scheme one public transportation tool as bicycle. To the effect of observational it is result one product becomes public transportation tool that environmentally-friendly, penny wise fuel, cost-effective, healthy, and answering about problem stalemated and transportation pollution. Motor provedes with this bicycle gets electric power. Not only it just. This bicycle also furnished auto speed controller. With read speed of wheels rotation and reads rider then Brain weight of auto speed operation utilize micro kontroller this give auto speed solution and stable. Device this have to's analogue port digital internal. Having sizable memory. And another excesses. Its system utilize simple operation method. This system can restrain simple electric motor speed. There is source material even its energy utilizes battery liquid acid or voltaic cell wet cell or court was called by accu wet. Utilize 12 volt 45 Ampere are expected last to give energy supply for lO nonstop's hours. Main inlay system utilize charging power supply's system from jalajala PLN and as auxiliary as at little generator tide on course cycle tyre. While is moving bicycle with electric motor manpower unmovable and bicycle back wheel moves. And while electric motor moves unmovable bicycle pedal and wheeled belekang moves. And proveded with by solar power inlay system utilize cell's diesel fuel."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2010
S29490
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
M. Andri Zumain
"Konsep mobil listrik bukanlah barang baru. Seiring bertambah majunya teknologi baterai pada akhir abad ke 19, beberapa kendaraan listrik sudah mulai dibuat. Perkembangan dunia otomotif, menyebabkan peningkatan kebutuhan akan bahan bakar minyak yang dipakai sebagai bahan bakar kendaraan bermotor. Dengan kenaikan harga minyak bumi yang terus meningkat, maka pengembangan mobil listrik berpeluang besar menjadi penyelesaian masalah tersebut. Penggunaan mobil listrik dirasa efektif selain tidak menimbulkan polusi udara dan konstruksi mesinnya yang lebih sederhana. Penggunaan mobil listrik tentunya membutuhkan mesin listrik.
Pada skripsi ini telah dilakukan pembuatan mobil listrik sederhana yang menggunakan motor listrik jenis motor dc dengan magnet permanen pada statornya. yaitu motor dc, karena motor dc lebih mudah diatur kecepatan putarnya dibandingkan dengan motor ac. Disebut sebagai motor dc magnet permanen karena motor ini menggunakan dua atau lebih magnet permanen pada statornya. Sedangkan bagian motor yang berputar, atau rotor, terdiri dari lilitan yang akan terhubung pada suatu komutator mekanik melalui karbon brush.
Dengan berkembangnya teknologi baterai maka berpengaruh terhadap meningkatnya kemampuan dan kecepatan mobil listrik, karena fungsi baterai yang sangat vital sebagai sumber tenaga listrik yang dapat diisi kembali. Pada akhirnya mobil listrik ini diharapkan untuk dapat lebih cepat dan lebih bertenaga serta memiliki ketahanan (kemampuan yang lebih) dibandingkan dengan mobil konvensional berbahan bakar minyak fosil.

The concept of the electric car is not new thing. The essential battery technology was developed in the late nineteenth century and many such cars were being manufactured by 1900. The advances in the automotive technology have increased the need of the fossil fuel for the conventional vehicle. With the increased of the fossil fuel price, so the electric car developments would be the problem solver on this case. The uses of the electric car is considered as an effective way to reduce the impact of the air pollution problem and The other reason of uses of the electric vehicles is because of it has more simple machines construction. Every electric car needs an electric machine to move it on.
So that, in this final assignment is released a simple electric car which uses a dc motor with permanent magnet at its stator. The reason of uses of this motor is because the dc motor is well proven device and has been used for many years on electric car. It is called as dc motor with permanent magnet because it uses two or more permanent magnet in its stator. Mean while the rotating part or rotor consists of winding that connected to mechanical commutator through the carbon brush.
The advances in battery technology have increased the range of power and speed of the electric vehicles. Battery is considered as important component in the electric car because of its function as the source of the renewable energy. So that electric car is expected to be powerful and mechanically more dependable and durable than its fossil fuelled car equivalent.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S51119
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>