Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 175368 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Tita Khalis Maryati
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2003
T40483
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dita Riana Dewi
"Skripsi ini membahas pemanfaatan perpustakaan utama Universitas Islam Negeri (UIN), Ciputat pada bulan Oktober s/d Desember 2012. Tujuannya adalah untuk mengetahui penggunaan perpustakaan seperti layanan, koleksi dan fasilitas yang ada di perpustakaan utama UIN. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan secara acak. Adapun sampel dari penelitian ini adalah pengguna perpustakaan utama UIN yaitu mahasiswa S1 UIN. Melalui metode penarikan sampel diperoleh 97 kuesioner yang valid. Hasil penelitian menyatakan bahwa 62,9% mahasiswa S1 UIN yang mengunjungi perpustakaan utama adalah mahasiswa semester 7 ke atas. Alasan kunjungan mahasiswa S1 UIN adalah untuk membaca buku, menyelesaikan tugas perkuliahan dan menggunakan fasilitas perpustakaan.

This research explains the use of the main library of the State Islamic University (UIN) in October until December 2012. The goal is to determine the use of libraries such as services, collections and facilities in the main library UIN. This research is descriptive quantitative research design. The data was collected through questionnaires by random distributed. The sample of this research is the main library users UIN by sampling method obtained 97 valid questionnaires. The results stated that 62.9% of students who visit the main library UIN is a major 7th semester students upwards. The reasons for visit are to read a book, completing assignments and use the library facilities."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S44206
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rusdi Alam
"Memasuki era keterbukaan ekonomi, di mana saat ini dunia usaha di Indonesia telah berkembang pesat, persaingan bisnis adalah suatu hal yang tidak dapat lagi dihindari oleh para pelaku usaha. Persaingan ini juga terjadi di sektor pendidikan tinggi di mana universitas saling bersaing untuk mendapatkan konsumen, dalam hal ini yang dimaksud dengan konsumen adalah mahasiswa. Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh universitas untuk bersaing adalah dengan meningkatkan kualitas produk atau jasanya. Dengan produk atau jasa yang lebih berkualitas dibandingkan para pesaingnya, diharapkan mahasiswa akan menjadi setia dan terus menggunakan program-program yang ditawarkan universitas.
Untuk mengetahui kesetiaan atau loyalitas mahasiswa, Martensen et al. (2000) menggunakan model yang dikembangkan dari model generic European Customer Satisfaction Index (ECSI) dengan variabel-variabel yang mempengaruhinya adalah citra institusi, harapan mahasiswa, persepsi kualitas faktor non-manusia, persepsi kualitas faktor manusia, persepsi nilai, kepuasan dan akhimya loyalitas mahasiswa. Dengan menggunakan model yang sama, penelitian ini mencoba menemukan variabel-variabel apa yang mempengaruhi loyalitas mahasiswa pada UIN Syarif Hidayatullah.
Penelitian ini merupakan studi kasus pada mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah dengan jumlah responden sebanyak 241 orang. Jumlah responden yang besar dikarenakan pengolahan data dilakukan dengan metode SEM (Structural Equation Modelling) menggunakan program Lisrel 8.30 dengan metode estimasi Maximum Likelihood. Model penelitian yang digunakan mengadopsi model generic European Customer Satisfaction Index (ECSI).
Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa variabel loyalitas mahasiswa dipengaruhi secara bersarna-sama oleh kepuasan mahasiswa, citra institusi dan persepsi kualitas faktor manusia. Sementara kepuasan mahasiswa itu sendiri dibentuk oleh persepsi nilai, harapan mahasiswa dan persepsi kualitas faktor non manusia. Penelitian ini juga menemukan bahwa variabel citra institusi tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap persepsi nilai mahasiswa terhadap universitas. Hal ini dapat disebabkan karena mahasiswa memiliki informasi lebih banyak untuk mengetahui citra universitas.
Hasil penelitian dapat memperlihatkan bahwa persepsi nilai secara umum akan mempengaruhi kepuasan mahasiswa. Dan pada akhirnya kepuasan mahasiswa akan mempengaruhi loyalitas mahasiswa. Apabila mahasiswa merasa sebagian besar kebutuhannya terpenuhi dan sesuai dengan harapannya, maka ia akan cenderung loyal dan diharapkan akan menggunakan kembali univesitas apabila ia ingin melanjutkan pendidikannya.

Recent development in competition of higher education institution implies that marry strategies is used by universities to get more student. One of the strategy used by universities is Product and Service Improvement With a better product and service than its competitor, universities hope to achieve their student loyalty.
To analyze student loyalty, Martensen et al. (2000) used a generic model developed from European Customer Satisfaction Index (ECSI) which has seven variables (institution image, student expectation, perceived quality of non human factor, perceived quality of human factor, perceived value, student satisfaction and student loyalty). With the same model, this research tried to analyze what is the variables that effect student loyalty in Syarif Hidayatullah University.
This Research is a case study of student loyalty in Syarzf Hidayatullah University Jakarta. Number of respondents is 241. Which is gathered from student of Syarif Hidayatullah University. The data analysis in this reseach uses SEM (Structural Equation Modeling) with applicable software package Lisrel 8.30. Estimation Method in analyzing the data is Maximum Likelihood.
This research concluded that student loyally variable was effected by student satisfaction, image and perceived quality of human factor. Student Satisfaction variable was effected by perceived value, perceived quality of non human factor and student expectation. This research also found that image did not have a significance effect to perceived value. The reason is because the student have more information to recognize the difference between image and the fact about the university.
This research shows that generally perceived value will effect student satisfaction and student satisfaction will effect student loyalty. If the students feel that all of their expectation were fulled they will be loyal and repeat the purchase the product and service from the university. The main point of this research is student satisfaction has a benefit for the university because it can stimulate student loyalty.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2006
T17205
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Syarif Hidayatullah
"Era globalisasi menuntut semua organisasi, baik yang berorientasi pada laba ataupun nirlaba, untuk beroperasi secara efisien dan efektif. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas organisasi mereka agar dapat terus bertahan dalam persaingan yang semakin ketat. Salah satu caranya adalah penggunaan Teknologi Informasi (TI) secara optimal. TI memberikan kemudahan untuk membuat, memproses, menyimpan dan menyebarkan informasi. TI juga memungkinkan terjadinya proses komunikasi yang sebelumnya sulit bahkan tidak mungkin dilakukan. Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta adalah perguruan tinggi yang bertugas mengembangkan ilmu agama dan ilmu umum. Meskipun bukan berorientasi pada laba, UIN tetap menghadapi persaingan dengan lembaga pendidikan tinggi lainnya, baik secara lokal, nasional, regional, maupun internasional. Untuk menghadapi persaingan tersebut, UIN berupaya untuk terus meningkatkan kualitas SDM yang ada. Untuk mewujudkan hal tersebut UIN mendirikan pusat-pusat kajian ilmu pengetahuan. Salah satu pusat kajian yang dididirikan adalah Pusat Kajian Teknologi Informasi dan Telekomunikasi (Pustikom) yang berada di bawah Fakultas Sains dan Teknologi (FST). Sebagai organisasi riset, Pustikom memerlukan sarana berupa sistem informasi yang berfungsi sebagai media komunikasi, publikasi kegiatan dan hasil penelitian. Pengembangan sistem informasi tersebut diharapkan memperhatikan dua hal, masalah biaya dan kemudahan akses terhadap sistem yang akan dikembangkan. Salah satu yang mendukung hal tersebut adalah konsep open source. Open source menganut kebebasan dalam merubah dan menyebarkan source code suatu program. Hal ini memungkinkan terlibatnya banyak pengembang dari berbagai penjuru dunia. Selain itu, open source juga mendukungpenyebaran piranti lunak secara gratis kepada setiap pihak yang ingin menggunakannya.

Globalization era demands all organizations, whether it is profit oriented or non-profit oriented, to operate efficiently and effectively. The purpose is to increase its quality so that it may survive in an increasingly competitive environment. One way to fulfill that is by using Information Technology optimally. Information Technology gives easier methods to create, process, store and distribute information. It also makes possible communication process that used to be difficult or even impossible. State Islamic University (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta is a higher education institution that bears the duty to develop both religious and general knowledge. Although not profit oriented, it is facing competition with other higher education institutions in a local, national, regional and international level. To cope with the competition, UIN Syarif Hidayatullah makes an ongoing effort to improve the quality of its human resources. To fulfill that, UIN has built several centers for science studies. One of them is Center for Information Technology and Telecommunication (Pustikom), which is under Faculty of Science and Technology (FST). As a research organization, Pustikom needs an information system that functions as a communication media, activity and research result publications. The development of this information system is expected to consider two things, which are finance and an easy access of the system. One thing that supports the second matter is the concept of open source. Open source holds on to the freedom in changing and distributing the source code of a particular program. This makes possible involvement of many developers from all over the world. Other than that, open source also supports free software distribution to all parties who would like to use it."
Depok: Universitas Indonesia, 2004
T40216
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muslim
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan kerja, indikator-indikator yang penentu kepuasan kerja pada pustakawan di perpustakaan utama UIN Jakarta.] ndikator-indikator tersebut terdiri dari tingat usia, jenis kelamin, masa kerja, tingkat pendidikan, upaya meraih keunggulan, sifat pekerjaan, promosi karir, kondisi kerja, administrasi dan kebijakan, rekan kerja dan penghasilan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis deskriptif dan crosstabs. Data diambil dari kuesioner, wawancara terbatas, observasi dan analisis dokumen. Sampel merupakan populasi penelitian yaitu 14 orang pustakawan di perpustakaan utama UIN Jakarta. Dari penelitian ini diketahui kepuasan kerja pustakawan adalah lemah-kuat. Sementara itu indikator-indikator karakteristik respoden tidak menjadi penentu sebagai kepuasan kerja. Disarankan bagi pemerintah, lembaga UIN dan pembuat keputusan perpustakaan Utama UIN Syarif Hidayatullah Jakarta untuk memperhatikan kepuasan kerja pustakawan dari berbagai indikator.

This study aims to know the level of job satisfaction, indicators that determine the satisfaction of the librarian in the main library of UIN Jakarta. Indicators consists of age category, sex, lifetime employment, education level, efforts to achieve excellence, the nature of employment, promotion career, working conditions, administration and policy, co-workers and revenue. This Research used this method with the quantitative analysis and descriptive cross tabs. Data took with the questionnaire, limited interviews, observation and document analysis. Research sample is a population that is 14 people librarian at the main library UIN Jakarta. From this research librarian job satisfaction in mind is weak-strong. Meanwhile, indicators of respondent characterized as not determination of satisfaction of work. Suggest to the government, institutions and decision makers at UIN and Main library to observe the satisfaction of librarian from any aspect."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2009
T25889
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
M. Sandy Pradhana Putra
"ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran yang telah dianggarkan oleh universitas kepada masing-masing fakultas. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dengan melakukan observasi, wawancara dan uji coba terhadap sistem.Hasil penelitian adalah bahwa sistem informasi rencana bisnis anggaran masih memiliki beberapa kelemahan yaitu belum adanya fungsi untuk memetakan mekanisme penarikan uang terkait realisasi anggaran dan fungsi satuan pengawas intern sebagai verifikator atas usulan perencanaan dan revisi.

ABSTRACT
The purpose of this research is to understand the effectiveness and efficiency of budget usage accounted by university for each faculty. The research method used in this research is descriptive analysis by doing observation, interview and testing in the system.The result of the study suggest that the budget business plan information system still has some drawbacks, such as the lack of functionality to map the mechanism of money withdrawal related to the realization of budget and internal supervisor unit function as a verifier for the proposed planning and revision."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abdul Manar
"Knowledge management merupakan suatu pendekatan terpadu untuk mengelola pengetahuan baik pengetahuan eksplisit maupun tacit. Pendekatan knowledge management dalam pengelolaan dan pemanfaatan modal pengetahuan di perpustakaan digital ialah meliputi penyediaan sumberdaya dan infrastruktur bagi proses penciptaan pengetahuan, pengadaan, penyaringan, pengorganisasian dan penyebarannya kepada pengguna, dengan berhasis teknologi informasi, serta menciptakan lingkungan yang kondusif untuk kolaborasi dan berbagi pengetahuan dengan sesama guna meningkatkan corporate IQ dan kemampuan pribadi serta perkembangan pengetahuan terus-menerus. Penelitian ini bertujuan: pertama, ingin mengetahui proses pengelolaan modal pengetahuan dengan pendekatan knowledge managemenet yang meliputi proses penciptaan, pengadaan, penyaringan, dan penyebaran pengetahuan di IndonesiaDL'N. Kedua, mengetahui bagaimana modal pengetahuan khususnya yang eksplisit yang telah dikelola tersebut dimanfaatkan oleh pemakai melalui suatu jaringan perpustakaan digital IndonesiaDLN. Ketiga, mengetahui faktor¬faktor pendukung dan penghambat dalam pengelolaan dan pemanfaatan modal pengetahuan dengan pendekatan knowledge management di IndonesiaDLN. Penelitian yang dilakukan pada bulan Mei sampai dengan Oktober 2001 ini menggunakan pendekatan kualitatif, di mana peneliti terlibat langsung dalam kegiatan para pekerja pengetahuan untuk melakukan pengamatan, observasi dan wawancara serta memanfaatkan data sekunder untuk pengumpulan data. Analisis data menggunakan model triangulasi, di mans data yang diperoleh dikonfirmasikan kembali kepada sumber data dan kepada teori ilmiah yang ada. Data kemudian dideskripsikan, disintesakan, lalu dibuat hipotesa-hipotesa, selanjutnya dirumuskan suatu temuan sehagai teori grounded, yaitu teori yang dibangun berdasarkan data dari lapangan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan kenowedge management sangat efektif untuk: meningkatkan akumulasi modal pengetahuan yang bisa dimanfaatkan bersama. Setiap partner yang tergabung dalam IndonesiaDLN bisa meningkatkan modal pengetahuannya sampai ribuan kali lipat yang diperoleh dari sating berbagi pengetahuan melalui frame work perpustakaan digital. Juga tumbuhnya kesadaran partner untuk berbagi pengetahuan. Tapi masih ditemukan adanya hambatan-hambatan: yaitu belum meratanya tingkat kesadaran partner untuk berbagi pengetahuan dan masih adanya kelemahan SDM, pengadaan infrastruktur, dan belum adanya kemauan bersama suatu institusi"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2006
T37187
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Atiqah
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh tanggung jawab sosial universitas dan tata kelola universitas terhadap citra UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Indikator tanggung jawab sosial universitas terdiri dari tanggung jawab ekonomi, tanggung jawab hukum, tanggung jawab etika dan dan tanggungjawab filantropi. Indikator tata kelola universitas terdiri dari transparansi, akuntabilitas, tanggungjawab, independensi, kewajaran dan partisipasi. Indikator citra terdiri dari reputasi, kepribadian, nilai etika dan identitas korporasi. Sampel penelitian meliputi sivitas akademik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mahasiswa, dosen dan karyawan. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa tanggung jawab sosial universitas berpengaruh terhadap citra UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan tata kelola universitas berpengaruh terhadap citra UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

ABSTRACT
This research aims to examine that University Social Responsibility (USR) and Good University Governance (GUG) influence toward image of UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Indicator of USR include economic responsibilities, legal responsibilities, ethical responsibilities and philanthrophic responsibilities. Indicator of GUG include transparation, accountability, responsibility, independency, fairness and participation. Indicator of Image include Reputation, Personality, ethical/value and corporate identity. Sample of this research include civitas academic of UIN Syarif Hidayatullah Jakarta include student, lecturer and officer. Technic analysis data use multiple linear regression. Results of this research as partial provide evidence that University Social Responsibility influence toward image of UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, and Good University Governance influence toward image of UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
"
Jakarta: Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 2019
657 ATB 12:2 (2019)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Nurhayati
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2003
T40373
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Fauzie
"Tesis ini membahas pengaruh antara motivasi dan kompensasi terhadap kinerja pegawai perpustakaan di lingkungan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dalam fungsinya untuk melayani kebutuhan pengguna perpustakaan, demi mengembangkan penggunaan lembaga perpustakaan sebagai pusat ilmu pengetahuan yang bermanfaat untuk pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa motivasi dan kompensasi
pegawai sangat mempengaruhi kinerja pegawai perpustakaan di lingkungan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersamasama. Juga penilitian ini menyarankan bahwa lembaga harus menerapkan kebijakan pengembangan pegawai, memberikan penghargaan dan hukuman kepada pegawai sesuai dengan tugas dan fungsi yang dijalankannya, perbaikan dalam melaksanakan pemberian kompensasi serta kebijakan-kebijakan dalam memberikan promosi secara nyata kepada pegawai perpustakaan demi meningkatkan kinerja pegawai secara maksimal.

The writer analyzes the influence of motivation and compensation to the librarian performance in library UIN Syarif Hidayatullah Jakarta in its function to serve the needs of library users, in order to develop the use of the library as the central institution of knowledge that are useful for education, research and dedication to the community. This research is quantitative descriptive method. The result of this
research is that the librarian compensation and motivation influence the librarian performance in the library UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, either individually or together. This research also suggests that institutions should implement the policy of librarian development, and give the reward and the penalty to the librarian in accordance to their duties and functions, improve the provision of compensation
and policies campaign to librarian significantly in order to increase librarian performance maximum."
2009
T26160
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>