Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 86728 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ade Permana Soehardja
"Dalam memasuki era tahun 2000, penggunaan Teknologi lnformasi telah dihadapkan kepada suatu permasalahan yang cukup serius yaitu Masalah Komputer Tahun 2000 (MKT 2000) atau lebih dikenal dengan Millenium Bug, dimana adanya ketidakmampuan Teknologi Informasi baik dari sisi perangkat keras maupun perangkat lunak. Masalah tersebut berdampak kepada semua sektor industri yang ada termasuk industri percetakan, dimana Perum Peruri ada didalamnya. Oleh sebab itu, masalah tersebut harus diwaspadai karena dapat berdampak terhadap operasional maupun kualitas dari informasi yang dihasilkan. Untuk itu perlu adanya evaluasi terhadap kedua sisi perangkat tersebut. Evaluasi yang dilakukan akan diikuti dengan investasi yang memang diperlukan. Salah satu investasi yang dilakukan dapat berupa investasi proyek Downsizing Teknologi Informasi. Downsizing yang dimaksud adalah penggantian teknologi Mini Computer yang telah dimiliki dengan teknologi baru yang berukuran lebih kecil, namun memiliki kemampuan yang lebih baik yaitu teknologi ClientServer. Dengan adanya investasi proyek downsizing, perlu diadakan evaluasi yang dapat menggambarkan manfaat-manfaat yang didapat, baik yang berupa manfaat tangible maupun manfaat intangible serta nilai Return On Investment (ROI) dari investasi tersebut. Tesis ini memfokuskan pada penerapan metodologi Information Economics untuk mengukur nilai ekonomis proyek downsizing. Pada pendekatan keuangan (financial approach) dilakukan dengan mengkuantifikasi manfaat intangible seperti penghematan biaya yang timbul dari terciptanya komunikasi yang efisien dan peningkatan produktivitas para pengguna komputer. Pada pendekatan non keuangan (non financial approach) dilakukan evaluasi seperti keselarasan antara Bussines Objective Perusahaan dan Perencanaan Sistem Informasi Perum Peruri dengan proyek downsizing tersebut.

Entering the year of 2000, the use of Information Technology will be faced by a problem of the uncompliance of Information Technology in hardware and software, called as Millenium Bug. This problem has influenced all industries including Printing Industry, which Perum Peruri exists. Therefore, this problem must be anticipated, because it can influence the operational and quality of information that will be produced. For that reason there will be an evaluation in hardware and software. The evaluation will be followed by needed investments. One of these investments is The Downsizing of Technology Information, which replaces the existing (old) Mini Computer Technology with the new smaller Client-Server Technology. With this downsizing there must be an evaluation to describe the benefits, which are Intangible or Tangible Benefits and also Return On Investment (ROI) from that investment. This thesis focuses on the implementation of Information Economics Methodology to measure economics value of The Downsizing Project. In financial approach, quantification of intangible benefits produces among other, reducing of paper expenses on Value Linking with creating an efficient communication and increasing the user productivity on Value Acceleration with using the new ClientServer Technology. In financial approach, evaluation of aligning between Business Objective and Strategic Information System Planning of Perum Peruri with The Downsizing Project.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2000
T40350
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Wijisaksono
"Penerapan teknologi informasi untuk Manajemen Data Migas diharapkan dapat meningkatkan efisiensi didalam pengelolaan data serta meningkatkan produktivitas bagi para pengguna data. Manfaat-manfaat tersebut secara langsung memberikan dampak ekonomis bagi perusahaan, sehingga mudah teramati. Manfaat yang tidak secara langsung memberikan dampak ekonomis (intangible benefits) akan lebih sulit diukur. Namun untuk memberikan hasil evaluasi Return On Investment yang lebih baik dari proyek Manajemen Data Migas, maka manfaat yang bersifat intangible tersebut perlu di kuantifikasi.
Proyek akhir ini akan mengulas secara rinci komponen-komponen dari metodologi Information Economics untuk mengkuantif kasi intangible benefits, kemudian akan diterapkan untuk mengevaluasi investasi teknologi informasi pada proyek Manajemen Data Migas. Pengumpulan data akan dilakukan dengan cara pengisian kuisioner yang disertai dengan wawancara.

The implementation of information technology for Migas Data Management will improve the efficiency on data management and also increase the productivity of the geoscientist. All that benefits will give economical impact to the company directly, so it can be measured easily. Other benefits which do not directly give economical impact to the company will be more difficult to measure. But in order to get better result of Return On Investment for Migas Data Management project, the intangible benefits should be quantified.
This thesis will analyze all the components of the Information Economics method to quantify the intangible benefits.It will be used to evaluate the investment of information technology on Migas Data Management project. Data collection will be done by filling the questionaire followed by interview.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 1999
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lubis, Kenny Badjora
"ABSTRAK
Investasi pada Teknologi Informasi (TI) membutuhkan justifikasi dalam rangka mendapatkan manfaat, memaksimalkan pemakaian, dan mencegah investasi sia-sia. Ungkapan justifikasi biaya sering digunakan untuk menjelaskan analisa keuangan dari investasi TI tersebut. Penghitungan justifikasi biaya tradisional seperti Simple Return on Investment (ROD sering sekali bersifat statis, merupakan laporan sesaat yang akan menjadi sia-sia pada saat sistem diimplementasikan.
Dalam rangka mencapai hasil yang terbaik, justifikasi proyek TI harus dilakukan dengan membandingkan antara manfaat yang akan diterima dengan biaya yang dikeluarkan. Ada dua jenis manfaat yang harus diperhatikan yaitu manfaat terukur (tangible benefit) dan manfaat tak terukur (intangible benefit). Masalahnya manfaat tak terukur lebih sulit dikuantifikasikan dari pada manfaat terukur.
Information Economics (IE) diperkenalkan untuk menjawab masalah tersebut. Manfaat dan biaya dari proyek TI harus dapat dikuantifikasikan dengan berfokus kepada tingkat kenerja bisnis, total biaya TI dan resikonya. IE perlu membuat pembagian yang jelas proses pembuatan justifikasi ke dalam domain bisnis dan domain teknologi.
Tesis ini ditulis berdasarkan kepada buku Information Economics karangan Marilyn M. Parker dan kawan-kawan. Kasus yang dibahas berfokus kepada penerapan teknologi imaging pada PT. BDI. Menerapkan teknologi imaging seperti teknologi forms processing (pemroses formulir) memerlukan justifikasi yang seksama sebelum disetujui oleh manajemen. Tujuan studi kasus ini adalah bagaimana mengimplementasikan IE dalam rangka membuat jsstifikasi. Hasil yang dicapai pada studi kasus ini adalah mendapatkan angka yang dapat dibandingkan dengan proyek TI lainnya.
Daftar Acuan 1(1988), Daftar Pustaka: 14 (1989 -1997)

ABSTRACT
Investing in Information Technology (IT) required justification in order to gain benefits, maximize the usage, and avoid idle investments. The phrase cost-justification was often used to describe the financial analysis of investment in IT. Traditional cost justifications such as Simple Return on Investment (ROI) were frequently static, one time report that gather dust following system implementation.
In order to achieve best result, justifying of IT has to be made by comparing its benefits to its cost. There were two kinds of benefits, intangible and tangible benefit. The problem with intangible benefits were harder to quantify than tangible benefits.
Information Economics (IE) was introduced to overcome those problems. Benefits and cost of IT projects could be quantified by focusing on value of business performance, total IT cost and risk. IE need to make clear separating the justification process into business domain and technology domain.
This thesis was based on Information Economics written by Marilyn M. Parker et all. The case was focused on implementing imaging technology in PT. BDI. Implementing imaging technology such as forms processing technology need to justify before approved by management. The aim of the case study is how to implement IE for making cost justification of project. The result of this case study is to find a score that can be compared with other IT projects.
Attachments Reference: 1 (1988), Bibliography: 14 (1989-1997)
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 1998
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fayakhun Andriadi
"Di Indonesia, masalah Keimigrasian ditangani 'oleh Direktorat Jenderal Imigrasi dibawah Departemen Kehakiman Republik Indonesia. Secara umum, Ditjen Imigrasi RI bertanggung jawab atas lalu lintas warga negara RI maupun warga negara asing yang masuk/keluar wilayah Republik Indonesia. Keamanan Nasional menjadi prioritas utama Pemerintah RI c.q. Ditjen lmigrasi RI. Selain itu, Pemerintah RI melalui Ditjen ~migrasi RI memiliki pendapatan dari sektor Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang diperoleh dari penerbitan surat-surat yang berhubungan dengan Keimigrasian. Ditjen Imigrasi RI juga dituntut untuk memberikan pelayanan masyarakat yang lebih bai~ dan mampu meningkatkan efisiensi dan efektifitas institusi secara menyeluruh. Untuk itu diperlukan dukungan sarana dan prasarana Sistem Informasi yang memadai. Investasi Teknologi Informasi yang diterapkan di Ditjen Imigrasi RI merupakan investasi yang tidak sedikit jumlahnya, sehingga diperlukan Justifikasi I nvestasi agar dapat mengetahui gambaran re turn on investment dari investasi tersebut. Dengan bantuan metodologi Information Economics (IE) yang menggunakan pendekatan secara finansial dan non-finansial. Hal tersebut . akan dapat melengkapi gambaran mengenai return on investment dari investasi teknologi informasi di Ditjen Imigrasi RI yang disebut Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian (SIMKIM). Proyek akhir ini akan membahas secara rinci komponen-komponen dari IE, kemudian menerapkannya untuk mengevaluasi investasi teknologi informasi pada proyek SIMKIM. Pengumpulan data akan dilakukan dengan metode langsung dan tidak langsung. Data yang diperoleh kemudian akan dianalisis untuk menentukan nilai domain bisnis dan domain teknologi, sehingga dapat digunakan untuk menilai kelayakan dari proyek tersebut.

In Indonesia, immigration matters and policies are handled by the Directorate General of Immigration (DGOI) under the Ministry of Justice (MOJ). In general, DGOI is fully responsible upon the flow of Indonesia citizens as well foreign citizens coming in and out of Indonesia territory. National Security has always been the main prioritised concern of the Government of The Republic of Indonesia. Second priority but not less impo11ant is the Non-Tax State's Revenue obtained from the issuance oflmmigration related legal documents. This paper deals mostly with aspects related to the latter priority. The DGOI is also required to provide good public services that enable the institution in enhancing its efficiency and effectivity in the whole sense. Good public services entail implicitly efficiency and effectivity of the institution providing the services. With such tasks on its shoulder, the DGOI certainly needs adequate supporting means and facilities including a comprehensive Management Information System. For this system, the Government of Indonesia has to invest in the appropriate Information Technology (IT) considerably. Such substantial investment will require investment justification based on its economic benefit represented by Return of Investment (ROI) measure. Through the help of Information Economics (IE) methodology, financial and non-financial approaches can be made to substantiate the investment feasibility by means of ROI indicator. IT that is invested in the DGOI of the Republic of Indonesia is formulated and referred to as Management Information System for Immigration (SHvlKIM). This final project deals in details components of IE, then applies it to evaluate investment scheme upon IT of SIMKIM. Data collection is performed by means of direct and indirect methods. Collected data then shall be analysed to determine values upon business and technology domains such that the values can be used to judge the feasibility of the said project.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2000
T40241
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arya Ambara Jaya
"ABSTRAK
Persaingan di industri migas untuk meningkatkan efisiensi biaya operasi dan investasi sangat ketat. Masalah ini tidak hanya disebabkan oleh ketidakpastian harga migas, tetapi juga oleh rendahnya tingkat efisiensi perusahaan-perusahaan migas. Masalah ini berpengaruh pada investasi di VICO dimana setiap investasi, termasuk investasi teknologi informasi, memerlukan evaluasi dan justifikasi yang lebih kuat agar dapat disetujui oleh manajemen.
Fokus pembahasan tesis ini adalah penerapan metodologi Information Economics untuk mengevaluasi biaya dan manfaat investasi proyek VICOPIMS (VICO Pipeline Information Management System). Pada analisis manfaat tangible, dievaluasi manfaat pengurangan biaya langsung. Pada analisis manfaat quasi tangible, dievaluasi efek investasi teknologi informasi pada kinerja bisnis. Pada analisis manfaat intangible, dievaluasi keselarasan antara business objective dan VICO Information Technology Strategic Plan dengan VICOPIMS. Kontribusi terbesar VICOPIMS terdapat pada manfaat quasi tangible value linking, yakni peningkatan akurasi corrosion analysis yang dapat mencegah kebocoran pipa.
Information Economics adalah sekumpulan teknik perhitungan untuk mengkuantifikasi manfaat tangible, quasi tangible dan intangible dari suatu investasi pada proyek teknologi informasi. Teknik tersebut terdiri atas cost-benefit analysis, value, linking, value acceleration, value restructuring, innovation valuation, business domain value, dan technology domain value.

ABSTRACT
Competition in oil and gas industry to increase efficiency of operational expense and investment is tough. This problem is happened not only due to uncertainty of oil-gas price, but also due to low efficiency level of oil-gas companies. This problem has influenced VICO investment so all investments, including information technology investment, need stronger justification to have management approval.
This thesis focuses on implementation of Information Economics methodology to evaluate the cost and benefit of VICOPIMS (VICO Pipeline Information Management System) project investment. In tangible benefit analysis, evaluation is done on direct cost reduction. In quasi tangible benefit analysis, evaluation is done on information technology investment effects on the business performance. In intangible benefit analysis, evaluation is done on alignment between business objective and VICO IT Strategic Plan with VICOPIMS. The major contribution of VICOPIMS is found on quasi tangible value linking benefit, i.e. increasing corrosion analysis accuracy that prevents pipeline leakage.
Information Economics consists of measurement tools to quantify the tangible, quasi tangible, and intangible benefit of information technology investment. The tools are costbenefit analysis, value linking, value acceleration, value restructuring, innovation valuation, business domain value, and technology domain value."
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2001
T40524
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ramsi Irian
"Teknologi Informasi (TI) khususnya pengolahan data (data processing) merupakan alat yang sangat penting (vital tool) dalam pengelolaan bisnis eksplorasi minyak dan gas bumi (migas). Pemanfaatan TI yang tepat, akan secara langsung meningkatkan produktifitas dan kinerja (peifonnance) perusahaan. Dalam unit organisasi eksplorasi migas, TI bukan merupakan bisnis inti (core business) sehingga dari Sumber Daya Manusia (SOM) yang ada, tidak ada seorangpun yang memiliki kapasitas kemampuan sebagai spesialis TI ataupun berpengalaman lama dalam pengolahan data berbasis komputer. Sehubungan dengan bisnis inti dari unit organisasi, maka yang mereka mili. Perusahaan memiliki organisasi TI pada divisi lain, namun terbentur pada birokrasi dan kulturnya, organisasi TI tersebut tidak dapat berperan dalam menunjang pengadaan dan pemeliharaan TI secara korporat. Setelah TI diimplementasikan, ternyata kinerja unit organisasi belum berjalan secara optimal. Ada 3(tiga) permasalahan utama yaitu: fleksibilitas kinerja organisasi, formasi keahlian SDM dalam struktur organisasi, dan strategi TI yang layak dalam mendukung proses bisnis organisasi Melalui outsourcing TI, diharapkan pengolahan data akan memperoleh hasil yang optimal dan memenuhi target kuantitas sehingga setiap orang dapat melakukan pekerjaan sesuai profesinya, yang pada gilirannya akan menghasilkan keuntungan sebesar-besarnya bagi perusahaan. Studi ini dilakukan pada suatu proyek TI khususnya pengolahan data pada unit organisasi perusahaan migas. Pada proyek ini dilakukan studi kelayakan implementasi perangkat pengolahan data dari segi manajemen perangkat keras (jumlah, kapasitas, dll) dan perangkat lunak (jumlah lisensi, SDM terlibat, pemenuhan kebutuhan pelanggan, dll). Pada akhir proyek disarankan jenis implementasi TI yang dilakukan, apakah dilakukan outsourcing sebagian (SOM, perangkat, manajemen, dsbnya) atau seluruhnya. Ada tiga definisi outsourcing IT yang dikemukakan oleh Lacity & Hirschheim yaitu; body shop outsourcing, project management outsourcing dan total outsourcing. Body shop outsourcing dilakukan dalam jangka waktu pendek, misalkan mengontrak programmer. Project management outsourcing melibatkan penggunaan outsources untuk mengembangkan new system, support terhadap aplikasi, handle disaster recovery, memberikan training atau network managing. Total outsourcing memakai fasilitas manajemen perusahaan outsources. Untuk memenuhi sasaran diatas, perancangan outsourcing dimulai dari studi pustaka mengenai strategi TI dan kelayakan investasi TI dengan metoda information economics. Selanjutnya dilakukan analisis terhadap organisasi yang menerapkan TI, dan dilanjutkan evaluasi serta perhitungan perhitungan investasi TI dengan metoda tersebut. Sumber data diperoleh melalui dokumen-dokumen dalam bentuk laporan dan mengamati secara Jangsung dalam organisasi. Manfaat dari penulisan ini adalah memahami teknologi dapat meningkatkan daya saing perusahaan, bagaimana mengelola suatu proyek TI dalam suatu organisasi bisnis dan dapat dipergunakan sebagai salah satu cara menilai layak tidaknya suatu investasi TI."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2000
T40235
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Agusta Rinaldi
"Sebagai tindak lanjut dari rencana bisnis Bank BNI pasca restrukturisasi, peningkatan porsi bisnis ritel, dalam hal ini bisnis kartu kredit merupakan bagian penting yang membutuhkan dukungan teknologi informasi yang intensif. Sejalan dengan itu, pembentukan Divisi Pengelolaan Bisnis Kartu selanjutnya disebut BNIPBK, sebagai penanggung jawab pelaksanaan bisnis kartu kredit memperlihatkan keseriusan Bank BNI untuk terjun di dalam bisnis ini. Dalam perjalanannya BNI-PBK telah mengimplementasikan perangkat lunak Vision Plus, selanjutnya disebut V+, yang kemudian digantikan perannya oleh Card Link, selanjutnya disebut CL. Yang menarik adalah rentang waktu penggantian antara perangkat lunak yang satu dengan lainnya terbilang relatif cukup pendek. Dikaitkan dengan aspek bisnis dan aspek teknologi, studi kasus ini akan membahas keputusan penggantian perangkat lunak tersebut dari sudut pandang Information Economics (IE). Penggunaan Traditional Cost Benefit Analysis (TCBA) dirasakan belum cukup akurat untuk dapat mengevaluasi dampak yang ditimbulkan atas investasi teknologi informasi. Faktor adanya intangible benefit merupakan suatu hal yang harus mendapatkan pertimbangan tersendiri. Hal ini terlihat dengan perolehan skor dari proyek V+ yang secara finansial lebih besar biaya yang dibutuhkan dibandingkan dengan proyek CL. Proyek V+ mendapatkan nilai 146,51 sedangkan proyek CL memperoleh nilai 122,96.

As a follow-up to the post-restructurization business plan, the increase of retail business portion, especially credit card business is the most important part that needs an intensive support from the information technology department. In line with the concept, the establishment of credit card division, called BNI-PBK that is m charge of credit card management, marks the Bank's seriousness in the business.
In its development, BNI-PBK has implemented The Vision Plus software, later known as V +, as its production software which was replaced by Cardlink, later called CL. The interesting part is the replacement time difference between one software to the other one which is relatively short.
Related to the business and technology aspects, this case study discusses the decision on changing that particular software based on Information Economics (IE) point of view. The calculation using the traditional cost benefit analysis (TCBA) is assumed to be insufficiently accurate in order to evaluate the effects that are caused by the information technology investment. The intangible benefit factor is one thing that needs its own consideration. It is shown by V+ project which is financially have a larger cost items compare with CL project. The final score for V+ project is 146,51 where CL project has 122,96.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2002
T40499
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alfred Christyadi W.
"Investasi Teknologi Infonnasi (TI) membutuhkan banyak pertimbangan sebelum diimplementasikan. Investasi ditujukan terutama untuk membuat suatu analisa keuangan yang tepat dalam rangka mendapatkan manfaat, memaksimalkan penggunaan, dan mengurangi investasi yang sia-sia. Perhitungan dan analisa tradisional seperti Return On InvestmentfROl), Internal Rate Of Return (IRR) dan Net Present Value (NPV) sering tidak dapat menggambarkan dengan baik hasil analisa tersebut.
Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, maka analisa proyek tersebut dilakukan dengan membandingkan antara manfaat yang diterima dengan biaya yang yang dikeluarkan. Ada dua jenis manfaat yaitu manfaat terukur (tangible benefit) dan tidak terukur (intangible benefit) yang relatif lebih sulit untuk dihitung dan dikuantifikasi.
Karena itu dipergunakan Information Economics dimana manfaat dan biaya harus dapat dikuantifikasikan dengan berfokus pada kinerja bisnis, total biaya TI dan resikonya. Dalam metode INFORMATION ECONOMICS ada pembagian yang jelas dalam proses perhitungan ke dalam domain bisnis dan domain, teknologi.
Metode ini diperkenalkan oleh Marylin M. Parker dan kawan-kawan seperti tertulis dalam buku Information Economics karangan Marilyn M. Parker dan kawan-kawan. Kasus berfokus pada penerapan call center untuk membantu tugas Customer Service di Bank Danamon Sentra Kartu. Tujuan studi kasus ini adalah mengimplementasikan Information Economics dalam melakukan penilaian serta analisa yang mendalam, sehingga hasil yang dicapai pada studi kasus ini untuk membandingkan antara proyek TI yang satu dengan yang lainnya.

Investing in Information Technology (IT) required many consideration before implemented. Investing in IT also required some justification especially to make the right financial analysis to gain benefits, maximise the usage, and minimise the fiatile investments. Traditional cost-justification such as Return On Investment (ROI), internal rate of return (IRR) dan net present value (NPV) were not represents well the result of analysis.
To reach the best result, the project analysis has to be made by comparing between the benefit and cost. There were two kinds of benefits, tangible and intangible benefit. The intangible benefits were difficult to calculate and quantify.
Because of that Information Economics is used, benefit and cost can be quantify by focusing on business performance, total cost and risk, in information economics method there a clear separation in justification into business domain dan technology domain.
This information economics method was introduced by Marilyn M. Parker and friends in Information Economics book. This case focusing on implementing call center to support the customer service job on Bank Danamon Card Center (Sentra Kartu Kredit Danamon). The purpose of this case study is implementing information economics in justifying and analyzing the project.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 1999
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hery
"ABSTRAK
Teknologi informasi merupakan salah satu alat untuk meningkatkan produktivitas perusahaan serta meningkatkan daya saing perusahaan. Tetapi tidak jarang investasi teknologi informasi malah menjadi pengeluaran yang sia-sia. Untuk itu perlu dilakukan justifikasi finansial. Penghitungan justifikasi tradisional seperti traditional cost-benefit analysis masih beluin optimal. Pada penghitungan traditional cost-benefit analysis ada manfaat yang tidak bisa dikuantifikasi secara finansial, karena banyak manfaat penerapan TI dalam perusahaan bersifat intangible.
Information economics yang diperkenalkan oleh Marylin M. Parker menjawab masalah tersebut. Melalui teori ini maka manfaat dan biaya proyek TI dapat dikuantifikasi, dengan menambahkan nilai-nilai yang diperoleh misalnya peningkatan kinerja sebuah fungsi, percepatan perolehan hasil suatu fungsi, peningkatan produktivitas dan sebagainya kedalam manfaat. Disamping itu juga dapat dilakukan pengkajian terhadap faktor-faktor business domain dan technology domain.
Tesis ini menerapkan konsep information economics dalam mengevaluasi proyek penerapan Intranet di BTN. Hasil dari pengamatan dapat diketahui bahwa proyek Intranet BTN memiliki nilai yang strategis bagi BTN dalam menghadapi pesaingnya. Dan juga merupakan proyek yang strategis bagi pengembangan bisnis di STN.

ABSTRACT
The information technology is one of the instruments to increase the business productivity and business competition. However, the investment of information technology sometimes can become worthless. Therefore, we must make a financial justification. The traditional justification such as traditional cost-benefit analysis is not yet optimal because there exists a benefit which cannot he financially quantified or intangible.
The information economics introduced by Marylin M. Parker solves this problem. Using her theory the benefit and cost of the information technology project can be quantified, by adding the values that we have got such as the intensification performance of a function, the product acceleration of a function, increasing the productivity, et cetera into benefit. Besides, we can also study about the factors of the business domain and technology domain.
In this thesis we report the application of the information economics concept to evaluate the use of the Intranet in BTN. The result of this application shows that the Intranet project yields a competitive advantage for BTN to face its competitors and this project is strategic to develop business in BTN.
"
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 1998
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Benny Heru Cahyono
"SPI dibentuk dalam struktur pengendalian intern BUMN, sebagai bagian dari upaya pemerintah meningkatkan daya pengawasan pimpinan perusahaan atas operasi perusahaan, sehingga perusahaan mengarah pada pencapaian tujuan utama perusahaan yaitu sebagai sumber pendapatan negara dan agen pembangunan. Dalam membina penerapan SPI, Pemerintah mengeluarkan peraturan-peraturan, instrukti, dan melalui BPKP menerbitkan Pedoman Pemeriksaan. Tetapi keberhasilan penerapan SPI dalam struktur pengendalian intern BUMN juga sangat bergantung pada kesadaran serta dukungan manajemen perusahaan dan anggota SPI, serta kompetensi anggota SPI itu sendiri. Kesimpulan skripsi ini adalah anggota SPI belum dianggap dan menganggap dirinya sebagai profesional yang harus memiliki keahlian dan pengalaman dalam pemeriksaan dan pengawasan. Ketentuan Pemerintah dan Norma yang berlaku dianggap sebagai standar maksimal, padahal mengingat karakteristik operasi tiap-tiap BUMN berbeda dan Norma bersifat umum, maka seharusnya Norma diperlakukan sebagai standar minimal."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1995
S19001
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>