Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 22425 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Johnson, Jeff
Amsterdam: Elsevier, 2010
005.437 JOH d
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Ednaz Hermawan
"Graphic user interface pada sebuah program komputer adalah cara berinteraksi antara komputer dengan manusia. Karena graphic user interface dibuat agar manusia dapat menggunakan komputer dengan cara yang dipahami oleh manusia, tentunya menjadi sebuah hal yang penting dalam perancangan sebuah graphic user interface sebuah program agar dapat mencapai tujuan tersebut.
Skripsi ini merancang dan menganalisa graphic user interface pada sebuah program penilai esai otomatis (Simple-O) dengan menggunakan prinsip pada ilmu interaksi manusia dan komputer serta juga akan dibahas perbandingan process time pada Simple-O berbasis algoritma GLSA murni dan GLSA Stemming.
Dari hasil penelitian yang dilakukan didapatkan hasil nilai akhir untuk bagian tampilan antarmuka sebesar 4,03 , isi sebesar 4,125, dan untuk bagian keseluruhan sebesar 4,02, serta secara keseluruhan nilai total yang didapatkan pada alat ukur kuesioner evaluasi oleh pengguna sebesar 4,06.
Hasil penelitian berupa alat ukur kuesioner skala kegunaan sistem mendapatkan nilai akhir sebesar 80,34. Serta dalam pengujian process time antara kedua algoritma yang diuji didapatkan hasil sebesar 0,30 untuk GLSA murni dan 0,51 untuk GLSA Stemming.

Graphic user interface on a computer is a way to communicate between human and computer. Graphic user interface is created for people to use computers in a way that is understood by humans, so be important to design graphic user interface that fulfill the goal of graphic useri interface.
This essay design and analyze graphic user interface on a automatic essay grader called Simple-O by using the priciple of the science of human and computer interaction, and also will discuss process time on two algorithm, between pure GLSA and GLSA Stemming.
From the result of research user evaluation conducted final value obtained for part 1 (user interface) is 4,03, part 2 (contain) is 4,125, and last part (overall) is 4,02. The total value of this measure is 4,06.
The final result from system usability scale is 80,34, and for comparison of pure GLSA and Stemming GLSA got average final value 0,30 sec and 0,51 sec.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S46057
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sarah Viarose
"ABSTRAK
Seiring dengan kebangkitan revolusi digital, inovasi GUI telah menjadi aset oleh perusahaan elektronik. Produsen perangkat keras dan perangkat lunak seperti: Apple, Samsung, Microsoft, dan perusahaan yang menggunakan ponsel aplikasi sebagai tempat mengembangkan bisnis mereka (Gojek, Grab, Lazada)) dan melindungi GUI di bawah undang-undang kekayaan intelektual sebagai desain dan program. Ada beberapa peraturan di Indonesia yang mengatur tentang perlindungan terhadap rancangan dan program yaitu UU no. 28 Tahun 2014 UU Hak Cipta, UU 31 Tahun 2000 tentang Desain Industri dan UU No. 3 tahun 2016 tentang Paten. Saat ini, peraturan tersebut tidak mengatur perlindungan GUI secara komprehensif. Ini menciptakan kebingungan bagi pemilik GUI dalam menentukan perlindungan yang paling tepat. Amerika Serikat dan Inggris Raya telah membahas perlindungan GUI sebagai desain dan sebagai program di Hukum Kekayaan Intelektual (IPR) mereka. Indonesia sebagai pasar kekayaan intelektual perlu mempertimbangkan untuk membuat lebih banyak produk hukum
spesifik untuk memberikan perlindungan GUI yang proporsional.
ABSTRACT
Along with the rise of the digital revolution, GUI innovation has become an asset by electronics companies. Hardware and software manufacturers such as: Apple, Samsung, Microsoft, and companies that use mobile applications as a place to develop their business (Gojek, Grab, Lazada)) and protect GUIs under intellectual property laws as designs and programs. There are several regulations in Indonesia that regulate the protection of designs and programs, namely Law no. 28 of 2014 on Copyright Law, 31 of 2000 on Industrial Design and Law no. 3 of 2016 concerning Patents. Currently, these regulations do not provide comprehensive GUI protection. This creates confusion for GUI owners in determining the most appropriate protection. The United States and United Kingdom have discussed GUI protection as a design and as a program in their Intellectual Property Law (IPR). Indonesia as an intellectual property market needs to consider making more legal products specific to provide proportional GUI protection."
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fajar Restu Illahi
"Metode well-logging merupakan salah satu metode yang digunakan oleh geofisikawan dalam mendelineasi zona prospek hidrokarbon yang meliputi informasi lapisan dan zona penyebaran hidrokarbon. Akan tetapi dalam data well-logging acapkali nilai well-logging hilang atau tidak lengkap pada interval kedalaman tertentu akibat masalah operasional dalam proses pengeboran. Sehingga untuk mengatasi hal ini diperlukan suatu pendekatan yang dapat dilakukan dengan cepat dan tepat dengan menggunakan metode data mining. Berdasarkan komponen log yang lengkap, nilai log yang hilang dapat diprediksi dengan salah satu algoritma, yaitu regresi random forest. Algoritma ini bekerja dengan cara membuat ensemble pohon keputusan yang dimodelkan dan dilatih dengan parameter yang disesuaikan dan dikombinasikan dengan antarmuka pengguna grafis. Pengombinasian antarmuka grafis dilakukan dalam mempermudah pengguna dalam mengoperasikan dan menginterpretasikan hasil prediksi. Adapun log yang diprediksi merupakan log gamma ray (GR), log bulk density (RHOB), log neutron (NPHI), log sonic (DT), dan log deep resistivity (ILD) pada wilayah kerja Cekungan Sengkang dengan divariasikan prediksi antara per formasi dan blind well. Hasil prediksi yang dihasilkan regresi random forest dalam metode data mining menunjukkan hasil yang akurat untuk log porositas (densitas, sonic, dan neutron) dengan rentang akurasi dari 89% hingga 94%. Sedangkan untuk log lainnya seperti log gamma ray dan resistivitas diperlukan penyusunan parameter dan data latih kembali.

Well-logging method is one of the methods used by geophysicists in delineating the hydrocarbon prospect zone which includes information about layer and distribution zone of hydrocarbons. However, in well-logging data, some values ​​are often missing or incomplete at certain depth intervals due to operational problems in the drilling process. To overcome this we need an approach that can be done quickly and precisely by data mining methods. Based on the complete log component, the missing log value can be predicted using one of the algorithms, namely random forest regression. This algorithm works by creating an ensemble of modeled and trained decision trees with adjusted parameters and combined with a graphical user interface. The combination of a graphical interface is done to make it easier for users to operate and interpret the predicted results. The predicted logs are gamma ray log (GR), bulk density log (RHOB), neutron log (NPHI), sonic log (DT), and deep resistivity log (ILD) in the Sengkang Basin area with varied predictions between formation and blind well. Prediction results generated by random forest regression in the data mining method show accurate results for porosity logs with an accuracy range from 89% to 94%. Meanwhile, for other logs such as gamma ray and resistivity logs, it is necessary to compile parameters and data train."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Cox, Kevin
New York: Prentice-Hall, 1993
004.64 COX u
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Thimbleby, Harold
New York : ACM Press, 1990
005.1 THI u
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
DiMarzio, J. F.
"Create immersive, interactive environments for any platform. JavaFXTM: A Beginner?s Guide begins by explaining the technology behind JavaFX and quickly moves on to installing the JavaFX development environment and tools, including the JavaFX SDK, the Java SE JDK, and NetBeans. Then, you?ll learn how to develop desktop, browser, and mobile applications with ease. The book covers effects and transformations, animation, events, and Swing components. Techniques for creating custom nodes, embedding video and music, using JavaFX layouts, and styling with CSS are also discussed."
New York: McGraw-Hill, 2011
005.133 DIM o
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Djody Putra Pohandi
"Pengujian usability merupakan suatu cara sistematik untuk mengamati pengguna ketika mencoba untuk menggunakan suatu produk atau sistem digital, dan kemudian mengumpulkan informasi secara spesifik apakah produk tersebut mudah atau sulit untuk digunakan. Penelitian awal menunjukkan bahwa pada studi kasus aplikasi X, aplikasi X masih mendapatkan penilaian yang kurang memuaskan dari pengguna dan hasil pengujian usability menunjukkan bahwa aplikasi X belum dapat diterima berdasarkan parameter penilaian dan masih terdapat kekurangan. Pada penelitian ini, dilakukan perancangan prototype suatu aplikasi jual beli cryptocurrency baru berdasarkan hasil evaluasi dari studi kasus aplikasi X, dengan menggunakan metode Goal-Directed Design. Perancangan dilakukan dengan menggunakan beberapa teori desain lainnya seperti Jakob’s Law, Friction, Threshold, dan Transition. Setelah itu, dilakukan pengujian kembali usability testing terhadap prototype rancangan desain aplikasi baru tersebut yang bertujuan untuk melihat perbandingan hasil usability testing dari prototype aplikasi baru dengan aplikasi X. Hasil dari penelitian ini adalah rekomendasi rancangan tampilan user interface dan user experience dari suatu aplikasi jual beli cryptocurrency.

Usability testing is a systematic way to observe users when they are trying to use a product or a digital system, and then gathering an information specifically about whether the product is easy or difficult to use. Preliminary research shows that in the case study of X application, the X application still gets an unsatisfactory rating from the users and the usability testing results indicate that application X has not been accepted based on the assessment parameters and there are still shortcomings in the application. In this study, a prototype design of a new cryptocurrency trading application was carried out based on the evaluation of the usability testing result of the X application case study, by using the Goal-Directed Design Method. The design conducted by using several of the design theories such as Jakob’s Law, Friction, Threshold, and Transition. After that, a usability testing was carried out again on the prototype of the new application design which aims to compare the usability testing results of the new applications prototype with the X applications. The result of this research is the design of user interface and user experience of a cryptocurrency trading application."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Qalbun Salim Buanaputra
"Software product line engineering (SPLE) merupakan paradigma perangkat lunak yang digunakan untuk memproduksi berbagai varian perangkat lunak dengan waktu dan biaya yang efektif. Penelitian sebelumnya telah mengembangkan Prices-IDE, yaitu sebuah integrated development environment (IDE) yang menghasilkan aplikasi web menggunakan paradigma SPLE. Aplikasi web tersebut dihasilkan secara otomatis (generated) menggunakan plugin UI Generator pada PRICES-IDE yang menerima model interaction flow modeling language (IFML) untuk dihasilkan menjadi aplikasi React. Aplikasi yang dihasilkan secara otomatis tersebut belum memiliki user interface (UI) yang dapat dikustomisasi secara lengkap. Penelitian sebelumnya telah berhasil mengembangkan mekanisme kustomisasi tema warna pada aplikasi. Namun, mekanisme kustomisasi tersebut belum dapat dilakukan pada aspek UI lainnya, seperti layout halaman dan bentuk komponen. Penelitian ini mengusulkan mekanisme kustomisasi UI yang terintegrasi pada Prices-IDE dengan menyediakan variasi template UI yang adaptif dengan fitur aplikasi. Mekanisme kustomisasi UI dilakukan dengan memvariasikan kode template projek React yang digunakan serta memvariasikan aturan code generator yang digunakan dalam UI Generator. Variasi tersebut dipaketkan menjadi pilihan template UI yang dapat dipilih pengguna ketika menggunakan UI Generator. Agar penambahan variasi baru dapat dilakukan dengan mudah, dilakukan refactoring terhadap UI Generator sehingga penambahan variasi baru tidak mengubah kode yang sudah diimplementasi sebelumnya. Hasil implementasi mekanisme kustomisasi kemudian dianalisis dan dievaluasi dengan melakukan studi kasus pada aplikasi Amanah, yaitu sebuah layanan aplikasi untuk menghasilkan aplikasi web bagi organisasi nirlaba. Setelah itu, evaluasi dilakukan menggunakan six quality criteria serta kemudahan untuk menjalankan mekanisme kustomisasi. Berdasarkan hasil studi kasus dan evaluasi, disimpulkan bahwa mekanisme kustomisasi dapat memvariasikan tampilan UI dari fitur aplikasi dan terintegrasi dengan plugin UI Generator dalam Prices-IDE.

Software Product Line Engineering (SPLE) serves as a paradigm to develop multiple software variants while optimizing time and costs. Previous researches introduce Prices-IDE, an integrated development environment (IDE) that uses SPLE to automate web application generation via UI Generator plugin. The plugin accepts Interaction Flow Modeling Language (IFML) models as an input to generate React applications. However, these auto-generated applications lack comprehensive User Interface (UI) customization. Although prior studies have already implemented color theme customizations, extending the customization to other UI aspects, such as layout and component structure, has not yet been implemented. This study proposes an integrated UI customization mechanism within Prices-IDE, providing adaptive UI template variations that aligns with generated application features. The mechanism involves providing multiple variations of React project template and diversifying UI Generator’s code generation rules, packaged as selectable options for users. UI Generator is also refactored so that the addition of new variations will not alter existing code. Evaluation is done through case study using Amanah, a service providing web application for non-profit application. UI Generator is also evaluated and analyzed through six quality criteria and usability assessment. This study concludes that the proposed customization mechanism can be used to diversify UI appearance and integrate smoothly with Prices-IDE’s UI Generator."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alisha Yumna Bakri
"Software Product Line Engineering (SPLE) merupakan paradigma untuk mengem- bangkan aplikasi perangkat lunak berbasis platform dan kustomisasi masal. SPLE memanfaatkan commonality antar aplikasi yang termasuk dalam satu product line dan secara sistematis mengatasi variability antar aplikasi-aplikasi tersebut. SPLE digunakan dalam mengembangkan Amanah, layanan aplikasi untuk menghasilkan situs web bagi organisasi nirlaba secara otomatis. Penelitian terdahulu mengembangkan front-end Amanah menggunakan dua plug-in: UI Generator dan FeatureIDE-WinVMJ Composer. UI Generator merupakan plug-in untuk mentransformasi pemodelan abstrak user inter- face dengan Interaction Flow Modelling Language (IFML) menjadi aplikasi React yang dipakai sebagai front-end Amanah. Namun, pemodelan IFML ini belum menerapkan konsep SPLE secara tepat karena prinsip commonality dan variability belum diterapkan antar tur Amanah. Penelitian ini mengusulkan pengubahan pemodelan IFML dengan menerapkan konsep Delta-Oriented Programming (DOP). Dengan menerapkan DOP, UI Generator juga akan diubah agar dapat mentransformasi IFML berbasis DOP. Di sisi lain, plug-in FeatureIDE-WinVMJ Composer digunakan untuk menghasilkan aplikasi back-end serta menu dan rute halaman pada aplikasi front-end. Namun, hal ini melanggar prinsip Separation of Concern sehingga dalam penelitian ini menu dan rute halaman akan diintegrasikan ke plug-in UI Generator. Perubahan pemodelan IFML dan UI Generator dianalisis dan dievaluasi dengan six quality criteria dan functional testing. Hasil dari analisis dan evaluasi menunjukkan bahwa pemodelan IFML dan UI Generator terbaru telah menerapkan konsep SPLE secara tepat serta menu dan rute halaman berhasil terintegrasi pada UI Generator.

Software Product Line Engineering (SPLE) is a paradigm to develop software applica- tions using common platform and mass customization. SPLE uses commonality between software applications in a product line and systematically handles its variability. SPLE paradigm is used to develop Amanah, a service to generate websites for non-pro t organizations automatically. Previous studies have succeeded to develop Amanah’s frontend using two plugins: UI Generator and FeatureIDE-WinVMJ Composer. UI Generator is a plugin to transform an abstract user interface model using Interaction Flow Modelling Language (IFML) to React application. However, the commonality and variability concept in SPLE that exists between Amanah’s features have not been implemented in this IFML model. This study proposed a change to the IFML model to implement SPLE correctly by applying Delta-Oriented Programming (DOP) concept. With DOP applied in IFML, the UI Generator also needs to be changed so that it can transform the IFML-DOP model. On the other hand, FeatureIDE-WinVMJ Composer is a plugin to generate backend application and also menu and routes in the frontend application. This two process violates Separation of Concerns Principle so this study will integrate the menu and routes generation to UI Generator. The changes made in both IFML model and UI Generator are analyzed and evaluated with six quality criteria of SPLE and functional testing. The result shows that the modi ed IFML and UI Generator has implemented SPLE correctly and the integration of menu and routes has been applied successfully in UI Generator."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>