Ditemukan 8109 dokumen yang sesuai dengan query
Lay, M.G
Vermont Sout: Australian Road Research Board, 1985
713.099.4 LAY s
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Jähne, Johannes
[Leipzig]: Leipzig, 1964
711.73 JAH c
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Muhammad Imran Rosadin
"Saat ini kondisi lalu lintas perkotaan di Surabaya menderita kronis dan kemacetan yang parah, pembanguanan jaringan jalan tol khususnya di daerah timur Kota Surabaya sangat dibutuhkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari Skema Kerjasama Pemerintah Swasta (KPS) yang paling optimum pada jalan tol Bandara Juanda-Tanjung Perak. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini bersifat analisis deskriptif kualitatif berdasarkan data yang diperoleh. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi atau studi kepustakaan yang bersumber dari catatan, jurnal, buku, laporan dan lain sebagainya guna mendukung dan memperkuat penelitian ini. Hasil penelitian ini didapatkan skema kerjasama pemerintah swasta yang optimum adalah BOT dengan dukungan pemerintah dalam hal pembiayaan untuk pengadaan tanah.
Currently urban traffic conditions in Surabaya suffering chronic and a severe jams, pembanguanan toll road network especially in the eastern city of Surabaya is necessary. The purpose of this study was to search for Public Private partnership scheme (PPP) is the most optimum at toll road Juanda Airport- Tanjung Perak. Methods to be used in this study is the analysis descriptive of qualitative based on the data obtained. The data was collected by the method of documentation or the literature study are sourced from the records, journals, books, reports and others to support and strengthen this study. Results of this study found Public Private partnership scheme the is optimum BOT with government support in terms of financing for land acquisition."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
T29730
UI - Tesis Open Universitas Indonesia Library
Amadea Elfandari
"
ABSTRAKPada saat ini keselamatan transportasi jalan telah menjadi masalah global yang bukan hanya semata-mata masalah transportasi saja tetapi sudah menjadi permasalahan sosial kemasyarakatan. Kecelakaan lalulintas merupakan salah satu penyebab kematian utama di dunia dan jika tidak segera diatasi maka dapat diprediksikan akan menjadi penyebab kematian pada peringkat ke-5 di tahun 2030. Dengan faktor utama yang sangat mempengaruhi angka kecelakaan ini ialah faktor manusia yang memiliki pengaruh sebesar 80-90%, kemudian faktor kedua yang mempengaruhi tingginya angka kecelakaan yaitu faktor jalan dengan kondisi jalan di Indonesia yang masih banyak tidak mengikuti standar desain atau biasa disebut dengan inkonsistensi desain. Faktor jalan ini memiliki pengaruh sebesar sebesar 10-20% . Pada penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis elemen geometrik jalan lurus dan tikungan yang mempengaruhi frekuensi kecelakaan dan menganalisis hubungan antara frekuensi kecelakaan terhadap konsistensi desain geometrik jalan melalui sebuah model. Dengan mengetahui seberapa besar pengaruh konsistensi desain geometrik jalan ini terhadap frekuensi kecelakaan di harapkan dapat digunakan untuk program-program dalam mencegah terjadinya kecelakaan yang terkait dengan masalah konsistensi geometrik jalan. Model yang diperoleh juga dapat digunakan untuk alat kuantitatif evaluasi dampak konsistensi desain pada keselamatan jalan. Pendekatan regresi poisson dan regresi negatif binomial digunakan untuk pengembangan model. Diperoleh hasil akhir model dengan bentuk eksponensial dan power yang dapat merepresentasikan dampak (kecelakaan lalu lintas) dengan efektif.
ABSTRACTAt present, road transport safety has become a global problem that is not only a matter of transportation but has become a social problem. Traffic accidents are one of the leading causes of death in the world and if they are not addressed immediately, they can be predicted to be the cause of death in the 5th rank in 2030. With the main factor that greatly affects the number of accidents is human factors that have an influence of 80-90 %, then the second factor that affects the high number of accidents is the road factor with road conditions in Indonesia, which are still many that do not follow the design standards or commonly called design inconsistencies. This road factor has an effect of 10-20%. This study aims to analyze the geometric elements of straight roads and bends that affect the frequency of accidents and analyze the relationship between frequency of accidents to the consistency of the geometric design of the road to the through a model. By knowing how much influence the consistency of the geometric design of this road on the frequency of accidents is expected to be used for programs in preventing accidents associated with the problem of geometric consistency of the road. The model obtained can also be used for quantitative tools to evaluate the impact of design consistency on road safety. The Poisson regression approach and binomial negative regression are used for model development. Obtained the final model with exponential and power forms that can effectively represent the impact (traffic accident)."
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Iwan Hermawan
"Infrastruktur jalan tol menjadi salah satu pendorong pertumbuhan perekonomian yang positif salah satunya di Indonesia. Salah satu infrastruktur tersebut berada di Pulau Sumatera. PT Hutama Karya sebagai Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) pada Tol Trans Sumatera memiliki tanggung jawab pemenuhan Standar Pelayanan Minimum (SPM) jalan tol, untuk itu maka diusulkan untuk mengganti sistem pembayaran jalan tol saat ini menjadi nir-sentuh dengan Multi Lane Free Flow (MLFF). Untuk mengetahui persepsi penerimaan masyarakat dan mengidentifikasi perbandingan terhadap kedua sistem pembayaran tersebut peneliti menggunakan metode Technology Acceptance Model (TAM). Penelitian ini dilakukan dengan metode survei di 3 kota besar Sumatera yaitu, Aceh, Pekanbaru, dan Palembang dengan total 400 sampel. Dari hasil survei dengan video stimuli untuk kedua metode pembayaran didapatkan bahwa perceived ease of use berpengaruh positif terhadap perceived usefulness dan attitude towards use. Attitude towards use berpengaruh positif terhadap behavior intention sementara terdapat perbedaan pengaruh cost dan risk terhadap behavior intention. Pada pembayaran sentuh, cost tidak berpengaruh terhadap behavior intention sedangkan risk berpengaruh negatif. Di sisi lain, pada pembayaran nir-sentuh, risk tidak berpengaruh terhadap behavior intention, sedangkan cost berpengaruh negatif terhadap behavior intention. Melalui pengujian Mann-Whitney U juga terdapat perbedaan signifikan pada behavior intention, dimana masyarakat cenderung berniat menggunakan sistem pembayaran nir-sentuh.
Toll road infrastructure is one of the drivers of positive economic growth, including in Indonesia. One of these infrastructures is on the island of Sumatra. PT Hutama Karya as a Toll Road Business Entity (BUJT) of Trans Sumatra Toll Road has responsibility of fulfilling the Minimum Service Standards (SPM) for toll roads, for this reason it is proposed to replace the current toll road payment system to be contactless with Multi Lane Free Flow (MLFF). To determine the perception of public acceptance and identify comparisons of the two payment systems, researchers used the Technology Acceptance Model (TAM) method. This research was conducted using a survey method in 3 major cities in Sumatra, namely, Aceh, Pekanbaru, and Palembang with a total of 400 samples. From the survey results with video stimuli for both payment methods, it was found that perceived ease of use has a positive effect on perceived usefulness and attitude towards use. Attitude towards use has a positive effect on behavior intention while there are differences in the effect of cost and risk on behavior intention. For touch payments, cost has no effect on behavior intention while risk has a negative effect. On the other hand, for contactless payment, risk has no effect on behavior intention, while cost has a negative effect on behavior intention. Through Mann-Whitney U testing, there is also a significant difference in behavior intention, where people tend to intend to use contactless payment systems."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Gultom, Ricky Janus Mangapul
"Aktifitas penggunaan jalan di Jakarta nyaris selalu penuh-padat, maka elemen waktu menjadi suatu tantangan dalam pelaksanaan kegiatan penanganan jalan. Untuk itu perlu dilakukan penanganan jalan dengan cepat, tepat, dan mantap tanpa mengganggu mobilitas arus lalu-lintas dalam waktu yang lama terutama di daerah simpang dan jalan yang volume arus lalu-lintasnya selalu padat. Oleh karena itu, Dinas Bina Marga Provinsi DKI Jakarta selaku penyelenggara jalan melakukan kegiatan penanganan jalan baik berupa perbaikan kerusakan jalan maupun peningkatan jalan yang berada di lokasi strategis dengan menggunakan material beton cepat keras (rapid-setting concrete) sehingga lalu-lintas dapat kembali normal dalam waktu hitungan jam dan berdampak minimal terhadap mobilitas masyarakat maupun kelangsungan kegiatan perekonomian. Di sisi lain dengan durasi waktu pekerjaan yang relatif singkat dan situasi kondisi pekerjaan di waktu malam sampai dengan dini hari, dan dengan lingkungan lalu lintas yang relatif masih cukup ramai, tentunya menjadi tantangan bagi para pihak yang terlibat langsung untuk selalu memastikan terpenuhinya aspek Keselamatan & Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L) pada pelaksanaan kegiatan penanganan jalan tersebut.
Traffic activities in Jakarta were almost always crowded, so the time element becomes a challenge in the implementation of road improvement activities. For this reason, it is necessary to handle road improvement quickly, precisely, and steadily without disturbing the mobility of traffic flows for a long time, especially in intersection areas and roads where the volume of traffic flow is always dense. Therefore, the Department of Public Roads, Jakarta Provincial Government as the public road operator carries out road handling activities in the form of repairing damaged roads and improving roads in strategic locations using rapid-setting concrete so that traffic can return to normal within a short period of time in hours and has a minimal impact on community mobility and the continuity of economic activity. On the other hand, with the relatively short duration of work and the situation of working conditions at midnight until the early morning, and also within a relatively busy traffic environment, it is certainly a challenge for the parties directly involved to always ensure that the Health, Safety & Environment (HSE) aspects are fulfilled in the implementation of this road handling activities."
Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
PR-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Erwin Frizi
"Skripsi ini membahas mengenai persekongkolan tender yang dapat menyebabkan persaingan usaha tidak sehat terjadi. Mengambil kasus tender penanganan jalan dan jembatan Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat Tahun Anggaran 2009 dimana telah diputus bersalah oleh Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) tetapi diputuskan tidak bersalah oleh Mahkamah Agung (MA). Untuk membahas permasalahan ini, menggunakan penelitian hukum normatif dengan analisis yuridis-normatif. Hasil dari penelitian ini adalah analisis dari Putusan KPPU No. 34/KPPU-L/2009 dan Putusan MA No. 38 K/Pdt.Sus/2012 dalam memutus perkara Tender Penanganan Jalan dan Jembatan Kabupaten Bima Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahun Anggaran 2009 bahwa KPPU dan MA pun masih adanya kekurangan dalam memutuskan perkara ini.
This thesis discusses the bid rigging which can lead to unfair competition case. Taking the case of roads and bridges tender handling Bima district, West Nusa Tenggara Fiscal Year 2009 which had been found guilty by KPPU but was found not guilty by the Supreme Court (MA). Normative study and legal-normative juridical analysis will be used to address this issue. The results of this study is an analysis of the Commission's Decision No. 34/KPPU-L/2009 and MA No 38 K/Pdt.Sus/2012 in deciding the case Tender Management Roads and Bridges Sector Bima Highways Department of Public Works Bima district, West Nusa Tenggara Fiscal Year 2009 that the Commission and the MA is still wrong in deciding this case."
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2014
S57034
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Hindle, Brian Paul
London: B.T. Batsford Ltd, 1993
625.7 HIN r
Buku Teks SO Universitas Indonesia Library
Owen, Wilfred
Washington, DC: Brookings Institution, 1951
388.1 OWE t
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Stevenson, Maggie
Singapore: Page one Publishing, 2002
R 729 STE a
Buku Referensi Universitas Indonesia Library