Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 156572 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Titiek Tjahjaningsih
"ABSTRAK
Proyek implementasi Enterprise Resource Planning (ERP) di PT XYZ mencakup
modul Financial Management, Material Management, dan Human Resource
Management. Proyek dikeijakan mulai 9 Mei 2005 sampai dengan 8 Nopember
2006, dilanjutkan perpanjangan dukungan konsultan {Go Live Support Extension)
sampai dengan 8 Mei 2007.
Implementasi ERP mengintegrasikan proses bisnis dengan aplikasi pendukung
untuk mendapat manfaat: 1) Tersedianya sumber data dan informasi yang tepat
waktu dan akurat dari satu sumber, dan dapat dimanfaatkan secara bersama oleh
seluruh anggota organisasi; 2) Akuntabilitas lebih baik; 3) Kontrol terhadap
pengeluaran menggunakan fungsi “active budget checking".
Tugas Akhir ini bertujuan: 1) Menganalisa proses perubahan pada implementasi
ERP di PT XYZ, 2) Mengetahui hambatan yang dihadapi berkaitan dengan aspek
manusia, khususnya pada modul Human Resource Management; 3) Menemukan
alternatif solusi serta rekomendasi intervensi untuk mengatasi hambatan agar
memperoleh hasil lebih baik.
Dari hasil analisa berdasarkan dokumentasi dan wawancara, diperoleh kesimpulan
bahwa proses manajemen perubahan dan alih pengetahuan tidak beijalan
sempurna, sehingga belum semua fasilitas dan sub modul HRM dioperasikan.
Faktor lain yang menyebabkan implementasi ERP kurang berhasil adalah belum
ada budaya berbagi pengetahuan di lingkungan perusahaan.
Untuk menyukseskan implementasi ERP, maka 1) Manajemen atas harus mau
terlibat aktif dalam proses perubahan sebagai faktor kunci meraih sukses; 2)
Adanya tim yang solid dan tangguh dengan kepemimpinan kuat utnuk memimpin
perubahan; 3) Sistem penghargaan dan imbalan yang mampu memotivasi
perubahan; 4) Mempunyai strategi perubahan yang tepat dan konsisten
menjalankannya; 5) Membangun budaya berbagi pengetahuan dengan
memanfaatkan inisiatif manajemen pengetahuan sesuai dengan nilai-nilai
perusahaan: Saling percaya, Integritas, Peduli dan Pembelajar."
2007
T37658
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sonya Marthayori
"Penelitian ini menganalisis tentang Critical Success Factor yang berpengaruh terhadap implementasi sistem Enterprise Resource Planning (ERP) di PT XYZ dan peran stakeholder PT XYZ dalam mendukung keberadaan Critical Success Factor tersebut dilihat dari perspektif pengguna ERP di PT XYZ. Critical Success Factor dalam penelitian ini terdiri dari 13 faktor dan penulis dapatkan dari salah satu jurnal ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 13 faktor tersebut, semuanya berpengaruh terhadap implementasi ERP di PT XYZ. Penelitian juga menunjukkan bahwa peran stakeholder akan sangat menentukan keberhasilan implementasi ERP di suatu perusahaan.

This research analyzes Critical Success Factor that influence the implementation of Enterprise Resource Planning (ERP) system at PT XYZ and role of PT XYZ stakeholders in supporting the existence of these Critical Success Factor based on ERP users perspective at PT XYZ. These Critical Success Factor consist of 13 factors and obtained from one of scientific journal. This research shows that all of 13 factors had an impact on ERP implementation at PT XYZ. This research also shows that the role of stakeholders will greatly determine the success of ERP implementation in a company."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arief Rahman Ar-Ridho
"Laporan magang ini berisi pembahasan mengenai evaluasi terhadap penerapan manajemen proyek terintegrasi pada proyek implementasi sistem Enterprise Resource Planning di PT HOPE, sebuah perusahaan penyedia jasa keuangan berbasis teknologi digital di Indonesia. Proyek ini melibatkan PT INFO sebagai konsultan teknologi dan pengembang sistem ERP PT HOPE. Tujuan proyek adalah mengintegrasikan sistem informasi akuntansi PT HOPE dengan WISH Holdings Inc. sebagai entitas induk. Evaluasi dilakukan melalui penilaian terhadap kelengkapan komponen dan kesesuaian dengan tujuan setiap proses pada manajemen proyek terintegrasi. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa manajemen proyek terintegrasi telah diterapkan pada keseluruhan proyek. Namun, terdapat ketidaksesuaian pada proses pemantauan dan penutupan proyek yang berdampak pada kelancaran operasi sistem setelah Go-Live dilakukan, sehingga dirumuskan rekomendasi yang bisa diterapkan pada proyek-proyek lainnya. Bagian akhir laporan magang ini berisi refleksi diri berdasarkan pengalaman yang dijalani selama magang karya akhir serta rencana pengembangan diri usai laporan magang ditulis.

This internship report contains discussion over the evaluation of project integration management practice within the implementation of Enterprise Resource Planning system at PT HOPE, a digital technology-based financial services provider in Indonesia. This project involved PT INFO as the technology consultant and developer of the system for PT HOPE. The objective was to integrate accounting information system between PT HOPE and Wish Holdings Inc. as its holding entity. Evaluation is performed through an assessment over component completeness and conformity with the objective of each project integration management process. The result showed that project integration management had been practiced throughout the whole project. Though a number of discrepancies were identified in the monitoring and closing processes of the project that impacted system operation after Go-Live, thus recommendations were formulated to be applicable in other projects. The last part of the report contains self-reflection based on the experiences gained during the internship accompanied by a self-development plan to be carried out after this report is completed."
2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Budi Andhita
"Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor risiko sampai dengan pemilihan strategi perlakuan risiko pada tahap implementasi sistem ERP di Perum BULOG. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis sebab akibat menggunakan fishbone diagram serta pemeringkatan risiko menggunakan Analytic Hierarchy Process AHP. Penelitian ini berhasil mengidentifikasikan sembilan belas faktor risiko pada tahap implementasi sistem ERP di Perum BULOG. Berdasar hasil evaluasi risiko, diperoleh dua faktor risiko dengan peringkat dampak tinggi, lima belas faktor risiko dengan peringkat dampak sedang, dan dua faktor risiko dengan peringkat dampak rendah. Analisis sebab akibat menggunakan fishbone diagram berhasil menemukan lima akar masalah, yaitu perencanaan strategis yang tidak efektif, rekayasa ulang proses bisnis yang tidak memadai, keahlian dan pengetahuan yang terbatas, sistem yang kompleks, dan sosialisasi yang terbatas.

The objective of this research is identify risk factors to selection of appropriate risk treatment strategies in the ERP system implementation in Perum BULOG. This research uses a qualitative approach with causal analysis using fishbone diagram and risk rating using the Analytic Hierarchy Process AHP . This research has identified nineteen risk factors of the ERP system implementation in Perum BULOG. Based on a risk assessment, there are two risk factors with high impact rating, fifteen risk factors with moderate impact rating, and two risk factors with low impact rating. Causal analysis using the fishbone diagram success to find five root of the problems, namely an ineffective strategic planning, inadequate business process reengineering, limited skills and knowledge, complexity of the system, and limited socialization."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Vannesia Mauretta
"Laporan magang ini membahas mengenai evaluasi proyek implementasi sistem enterprise resource planning (ERP) pada PT Fintech, sebuah perusahaan jasa keuangan digital. Evaluasi proyek implementasi sistem ERP dilakukan dengan mengacu pada empat kerangka model system development life cycle (SDLC), yaitu waterfall model, iterative model, spiral model, dan agile model. Evaluasi model SDLC yang sesuai dengan proyek implementasi sistem ERP pada PT Fintech dinilai berdasarkan tujuh faktor, yaitu kejelasan dari kebutuhan dan persyaratan, biaya, waktu yang diperlukan untuk pengembangan, pengintegrasian perubahan dalam kebutuhan, kompleksitas sistem, komunikasi kepada stakeholder, dan ukuran risiko proyek. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa model SDLC yang paling tepat digunakan untuk PT Fintech adalah agile model.

This internship report discusses the evaluation of an enterprise resource planning (ERP) system implementation project at PT Fintech, a digital financial services company. Evaluation of the ERP system implementation project is carried out by referring to the four frameworks of the system development life cycle (SDLC) model, namely the waterfall model, iterative model, spiral model, and agile model. The evaluation of the SDLC model in accordance with the ERP system implementation project at PT Fintech was assessed based on seven factors, namely clarity of needs and requirements, cost, time required for development, integration of changes in requirements, system complexity, communication to stakeholders, and project risk measures. The evaluation result shows that the most appropriate SDLC model for PT Fintech is the agile model."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Aji Artanto
"Karya akhir ini membahas tentang pembuktian kelayakan proyek implementasi dan pengembangan sistem aplikasi ERP di PT. XYZ, dilihat dari pandangan keuangan. Proyek implementasi dan pengembangan sistem aplikasi ERP tersebut dijabarkan melalui cash inflow, cash outflow, depresiasi, proyeksi cash flow sebagai komponenkomponen perhitungan NPV dan IRR. Kedua metode tersebut adalah metode yang digunakan untuk melakukan pengukuran apakah layak atau tidaknya suatu proyek implementasi sistem aplikasi ERP di Perusahaan selama pengembangan dan lima tahun setelahnya terhitung setelah sistem aplikasi tersebut digunakan secara operasional. Dari hasil analisis dengan menggunakan kedua metode tersebut, proyek implementasi dan pengembangan sistem aplikasi tersebut layak untuk dijalankan.

This thesis discusses about the feasibility of the ERP application systems development project at PT. XYZ from the financial outlook. To measure the feasibility study in this project, NPV and IRR are the main method will be used. Those two method were used for establishing the project whether it is feasible or not. The main component for calculating the NPV and IRR includes cash inflow, cash outflow, depreciation, cash flow projections. Based on observations and calculations, the ERP implementation and development project in the Company is feasible."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2010
T28225
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Gede Raditia Sakha Dhipa
"Implementasi sistem ERP di PT XYZ pada awalnya memiliki harapan untuk melakukan simplifikasi terhadap pulau-pulau aplikasi dan mencapai value chain alignment dalam hal proses distribusi media dari berbagai penerbit di Indonesia. Namun, berdasarkan dokumen business blueprint PT XYZ diketahui bahwa manfaat dari implementasi sistem ERP dirasa kurang maksimal, dari 135 business blueprint yang rencananya akan terpenuhi melalui penerapan sistem ERP hanya 57 yang berhasil terpenuhi. Salah satu penyebab kurang maksimalnya manfaat dari implementasi sistem ERP tersebut dadalah rendahnya tingkat penerimaan pengguna akhir terhadap sistem ERP.
Dalam penelitian ini dibangun model teoritis yang menjelaskan penerimaan pengguna akhir terhadap sistem ERP. Model yang digunakan dalam penelitian ini merupakan adaptasi dari model Technology Acceptance Model (TAM) yang dikembangkan oleh Davis (1986). Kemudian dilakukan penyebaran kuesioner kepada 350 responden yang merupakan pengguna sistem ERP di PT XYZ. Data yang dikumpulkan dari kuesioner kemudian digunakan untuk menguji kerangka pemikiran atau hipotesis- hipotesis dengan menggunakan tahapan pada Structural Equation Modeling (SEM).
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa variabel-variabel pada Technology Acceptance Model (TAM) yang mempengaruhi penerimaan pengguna terhadap implementasi sistem ERP di PT XYZ adalah Perceived Usefulness, Attitude Towards System Use, dan Perceived Ease of Use yang dipengaruhi oleh dua variabel lain yaitu User Involvement dari perspekti individu dan Training dari perspektif organisasi.

Implementation of ERP systems in PT XYZ initially had hopes to make simplification towards the islands of application and achieve value chain alignment in terms of the distribution of media from various publishers in Indonesia. However, based on the business blueprint document of PT XYZ is known that the benefits of implementing ERP systems is considered less than the maximum, of 135 business blueprint which planned to be met through the implementation of ERP systems, only 57 were successfully met. One of the things that cause the benefit of the implementation of ERP system become less maximum is the low level of end-user acceptance of the ERP system.
In this study constructed a theoretical model that describes the end-user acceptance of the ERP system. The model used in this study is an adaptation of the model of the Technology Acceptance Model (TAM) developed by Davis (1986). Then conducted questionnaires distribution to 350 respondents who are the users of ERP systems in PT XYZ. Data collected from the questionnaire were then used to test the framework or hypotheses using the stages on Structural Equation Modeling (SEM).
Based on the results of this study it can be concluded that the variables on the Technology Acceptance Model (TAM) that affect the user’s acceptance of the ERP system implementation in PT XYZ is Perceived Usefulness, Attitude Towards System Use, and Perceived Ease of Use which is influenced by two other variables, namely the User Involvement from the perspective of individuals and Training from the perspective of the organization.
"
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2014
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nisrina Aulia Rachmanti
"Laporan magang ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan prosedur perikatan asurans selain audit atau reviu atas informasi keuangan historis pada implementasi sistem Enterprise Resource Planning (ERP) modul Financial Accounting SAP oleh PT XYZ. PT XYZ selaku konsultan dari klien, menggunakan kontrak pekerjaan antara klien dengan penyedia jasa sebagai basis dalam melakukan penilaian dan untuk pemberian rekomendasi. Analisis prosedur perikatan asuransi selain audit atau reviu atas informasi keuangan historis disesuaikan dengan standar yang berlaku, yaitu International Standard on Assurance Engagement (ISAE) 3000 yang dikeluarkan oleh Internal Federation of Accountants (IFAC) atau di Indonesia aturan ini diadopsi menjadi Standar Perikatan Asurans (SPA) 3000 yang ditetapkan oleh Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI). Selain standar tersebut, juga berlaku aturan dalam pelaksanaan audit sistem informasi yaitu Standar Audit Sistem Informasi (SASI) yang dikeluarkan oleh Ikatan Auditor Sistem Informasi Indonesia (IASII). Dari hasil observasi yang penulis lakukan, implementasi sistem ERP modul financial accounting menggunakan produk SAP dengan jenis S/4 HANA yang berbasis cloud serta dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan prosedur yang dilakukan oleh PT XYZ telah sesuai dengan standar terkait yaitu SPA 3000 dan Standar Audit Sistem Informasi - IASII.

This report aims to evaluate the implementation of assurance engagements procedures other than audits or reviews of historical financial information on the implementation of the Enterprise Resource Planning (ERP) Financial Accounting module SAP system by PT XYZ. PT XYZ as the client`s consultant, uses a work contract between the client and the service provide as a foundation to valuate and to give recommendations. The analysis of assurance engagement procedures other than audits or reviews of historical financial information is adjusted to applicable standards, namely the International Standards
on Assurance Engagement (ISAE) 3000 issued by the Internal Federation of Accountants (IFAC) or in Indonesia this rule was adopted as the Standar Perikatan Asurans (SPA) 3000 set by Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI). In addition to these standards, an implementation of technology audit also applies, namely Standar Audit Sistem Informasi (SASI) issued by Ikatan Auditor Sistem Informasi Indonesia (IASII). From the analysis that the author made, the implementation of ERP financial accounting module uses SAP product type S/4 HANA cloud based and it can be concluded that overall the procedures performed by PT XYZ complies with related standards, namely SPA 3000 and Standar Audit Sistem Informasi - IASII.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Rezi Eka Putra
"ABSTRACT
This study aims to determine the effect of the critical success factor in the implementation of enterprise resource planning (ERP) and company performance study at PT Angkasa Pura II (Persero). Critical success factor was measured by using a variable business process reengineering (BPR), education and training (DIKLAT), and support suppliers (VENDOR) towards success ERP implementation (KIMP). The company's performance is measured by looking at the net benefit of implementing ERP systems for companies (NETB). The result of Lisrel 8.8 has an analysis that shown to business process reengineering (BPR = 2.41), education and training (DIKLAT = 5.53), support suppliers (VENDOR = 4.30) has a positive influence on the successful implementation of ERP (KIMP), and the successful implementation of ERP (KIMP = 10.10) positively influences to net benefit of implementing ERP systems for companies (NETB)."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2018
657 ATB 11:2 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Arry Septian
"Tingginya resiko kegagalan terkait proyek implementasi enterprise system menimbulkan perhatian khusus untuk faktor-faktor kesuksesan implementasi Enterprise Resource Planning (ERP). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dari budaya organisasi terhadap implementasi ERP. Data empiris telah dikumpulkan dengan menggunakan survei kuisioner yang dibagikan ke para pengguna ERP di salah satu perusahaan keluarga di Indonesia. Ada satu dimensi budaya organisai, dari total enam dimensi, yang memiliki pengaruh signifikan terhadap kesuksesan implementasi ERP. Sistem tertutup perusahaan berpengaruh negatif terhadap kesuksesan implementasi ERP. Hasil dari penelitian ini akan berguna bagi PT ABC dalam rangka menyusun strategi implementasi ERP ke depannya.

The high risk of failure associated with enterprise system implementation projects raise special attention to success factor in Enterprise Resource Planning (ERP) implementation. The aim of this paper is to analyze the influences of organizational culture on ERP implementation. Empirical data was collected using a survey questionnaire which was distributed to ERP users in one of the Indonesian family owned company. There is one dimension of organizational culture, out of six, which have significant influences to ERP implementation success. The organization?s closed system is negatively contributes to ERP implementation success. The outcomes of this study are useful to PT ABC as they would be able to strategize future ERP implementation."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>